Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 123447 dokumen yang sesuai dengan query
cover
"TK Hidayatullah merupakan salah satu lembaga pendidikan ternama di daerah Banyumanik Semarang, namun pembelajaran yang diselenggarakan dirasa masih kurang berhasil karena guru tidak menggunakan media yang mendukung. Hal ini menyebabkan hasil belajar siswa kurang maksimal. Oleh karena itu perlu adanya pemecahan masalah yaitu dengan menggunakan media pembelajaran yang efektif dan mudah didapat seperti Multimedia Pembelajaran Interaktif (MPI). Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran hasil belajar siswa dan mendeskripsikan kendala yang muncul pada saat kegiatan pembelajaran dengan menggunakan MPI. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas. Subyeknya adalah guru dan siswa TK HIdayatullah Banyumanik Semarang yang berjumlah 50 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan catatan lapangan. Selama menggunakan MPI, keterlaksanaan pembelajaran mengalami peningkatan dengan rata-rata nilai siklus I adalah 90,62% dan siklus II meningkat menjadi 93,75%. Nilai ketercapaina pelaksanaan pembelajaran siklus I rata-rata 82,9 dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 93,7. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan dengan nilai ketuntasan klasikal 77,5% pada siklus I dan pada siklus II meningkat menjadi 92,5%. Kendala yang ditemukan dapat diatasi oleh peneliti dengan baik. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa MPI dapat meningkatkan hasil belajar siswa TK Hidayatullah."
TEKNODIK 19:1 (2015)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
"Many challenges must be faced by thr GOI in developing the program, nowadays the Government of Indonesia (GOI) through Early Childhood Education (ECE) Department has been enhacing early childhood education programs for 0 to 8 year old children. The major challenges are children access to early childhood education services and quality of early childhood education programs. Considering the challenges, the United States Agency for International Development (USAID) in partnership with Indonesia's Ministry Ministry of National Education is currently implementing a small scale interactive audio instruction (IAI) pilot program targeting 5-6 year olds and their teachers in seven provinces. The program can simultaneously lead activities to kindergarten children and teachers as well as train the teachers, who don't have early childhood education background, and how to create high qualityactivities for children. Because of its' simple technology, the program can be applied in various Indonesia district condition. This paper explores the potential role a simple technology can play in assisting the government meet its early childhood education goals and discusses whether something as commonplace as a CD player or radio, when coupled with a proven education methodology, could present a cost effective way to achieving quality at scale."
JPUT 10:2 (2009)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
"Tujuan penelitian ini adalah membandingkan penggunaan multimedia secara presentasi terhadap penguasaan konsep dan KPS pada konsep sistem pertahanan tubuh melalui penggunaan multimedia secara tutorial dan presentasi. Penelitian ini merupakan Quasy eksperiment dengan desain pre-test post-test, nonequivalent multiple group design. Digunakan dua kelas perlakuan masing-masing untuk kelas tutorial dan presentasi. Instrumen yang digunakan meliputi pokok uji penguasaan konsep, pokok uji KPS, angket dan wawancara. Hasil menunjukkan adanya perbedaan penguasaan konsep pada kedua kelas perlakuan. Akan tetapi perlakuan yang diberikan tidak menunjukkan adanya perbedaan terhadap KPS siswa. Kemampuan komunikasi yang diukur untuk menunjukan tidak adanya, sedangkan kemampuan prediksi yang diukur menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan."
JPUT 13:1 (2012)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Sinaga, Andromeda Valentino
Universitas HKBP Nonmensen, 2017
050 VISI 25:2 (2017)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Nunik Palupi Nindyasari
"
ABSTRAK
Dengan masuknya era baru berkomputasi, melalui multimedia sekarang telah dapat membuat orang dapat berinteraksi dengan komputer. Interaksi antara manusia dengan komputer mengalami kemajuan besar dengan diintegrasikannya lebih Bari satu media, tidak hanya media teks, tetapi juga media lainnya dalam sistem komputer. Sistem komputer multimedia pada dasamya bertujuan untuk memperbaiki cara berkomunikasi manusia dengan komputer. Sistem ini memberi tambahan kemampuan pada komputer untuk dapat mengakomodasi interaksi yang berlangsung dalam komunikasi tersebut.
Mulai dari penerapannya dalam dunia sains untuk mengenali masukan dari sensor yang bcrbeda-beda, sistem multimedia menjangkau ke masyarakat leas dan dipakai dalam aplikasi yang sangat beragam, mulai dari pendidikan, sistem basis data interaktif, hingga sebagai alat hiburan.
Dalam skripsi ini akan dibuat prototype penerapan sistem multimedia dalam bidang pendidikan. Teknologi Multimedia mengilhami untuk belajar dengan aktif dengan membiarkan pelajar atau mahasiswa berpartisipasi dalam proses bclajar mengajar. Dalam skripsi ini juga dibuat suatu contoh perangkat lunak multimedia pada bidang pendidikan komputer yaitu mata kuliah dasar komputer, dimana mahasiswa dapat langsung belajar mata kuliah melalui komputer.
"
1997
S38899
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
"Geometry is a basic mathematical concept studied at all education levels. However empirical evidence suggests there are many students who have difficulties learning geometry. One of many factors that enhances the success of students' understanding of geometry is students' sense of spatial ability. Seeking ways to support students' development of spatial sense, researchers studied the impact of Computer-Based Interactive Multimedia Instruction. This study was quasi experimental in nature with Pretest and Post-test Control Group Design. The participants of the study were second grade students of two public junior high schools that were classified as schoolsof high and middle level ranking, in Bandung. The instruments utilized in this study consisted of prior mathematical skill test (KAM) and spatial sense ability test. The results suggested that: (1a) generally the students' spatial sense ability and learning independency were enhanced using Computer-Based Interactive Multimedia Instruction, compared with conventional learning; (1b) there were no differences in the enhancement achievements between students' spatial sense ability and conventional learning related to school ranking level; (1c) according to KAM, there were significant enhancements of students' spatial sense ability between high, middle, and low KAM; (2) There is no interaction of effect between learning (CBIM and CVL) and school level to the enhancement of ability of students' spatial sense. (3) There is no interaction of effect between learning (CBM and CVL) and KAM to the enhancement of ability of students's spatial sense."
IJE 7:2 (2014)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Collins, Janet
London: Routledge, 1997
371.102 COL t
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
cover
cover
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>