Ditemukan 4969 dokumen yang sesuai dengan query
Yogyakarta: Unit Informasi Inovasi Proses Pembelajaran (UI2P2) UGM, 2004
LGM 1:1 (2004)
Majalah, Jurnal, Buletin Universitas Indonesia Library
"The research purpose was to describe the succesulness of Realistic Mathematic Education Model which was based on the completion aspect of students' learning result, students' actively level, teacher's ability to manage learning, and students' response toward the model applied in this research. This research was conducted toward the third year students of SD Islam Terpadu which consist of 25 students. In gathering data, pen and paper test technique was used to measure students' achievement. Observation was done to know the students' activities and teacher's ability in manage learning. Questioner was also given to know the students' perceptions toward the model applied. Statistic and descriptive analysis were used to analyze the data. The research finding showed that the students' activities were not effective, while the teacher's ability in managing learning was effective. In the end, standard for students' achievement were not reached. On the other hand, students' responses toward the model applied were positive."
JPUT 12:1 (2011)
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library
Pasat Agustiana
"Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model mitigasi bencana terhadap ketahanmalangan siswa. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan posttest only control group design. Populasi penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri yang berjumlah 336 orang di kawasan rawan bencana di kabupaten Buleleng tahun ajaran 2011/2012. Sampel penelitian berjumlah 48 orang yang ditentukan dengan teknik group random sampling. Siswa kelompok eksperimen diberi pembelajaran dengan model mitigasi bencana, sedangkan siswa kelompok kontrol dibelajarkan dengan model belajar konvensional. Data dalam penelitian ini adalah data kuantitatif berupa pemahaman IPA yang dikumpulkan dengan test objektif dan data ketahanmalangan yang dikumpulkan melalui kuesioner. Data pemahaman dan ketahanmalangan siswa dianalisis dengan statistik inferensial, yaitu MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman dan ketahanmalangan siswa yang diajar dengan model pembelajaran mitigasi bencana lebih baik daripada pemahaman siswa yang diajar dengan model pembelajaran konvensional.
"
Singaraja: Lembaga pendidikan tenaga kependidikan Universitas pendidikan Ganesha, 2013
370 JPP 46:2 (2013)
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library
Toeti Soekamto
Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, 1992
370.733 TOE p
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Dewi Murniati
"Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran matematika realistik yang teruji validitas, kepraktisan dan efektivitasnya dalam upaya meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa SMP kelas VII. Model pengembangan yang digunakan adalah model Plomp yang terdiri atas lima taha, yaitu (1) investigasi awal, (2) desain, (3) realisasi, (4) tes, evaluasi, dan revisi, dan (5) implementasi. Subjek coba pada uji perorangan, kelompok kecil dan uji lapangan adalah siswa SMPN 2 Semarapura yang masing-masing berjumlah 3, 12, dan 30 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran tergolong kriteria baik yang telah memenuhi persyaratan validitas dan kepraktisan. Implementasi perangkat pembelajaran matematika realistik juga efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa SMP sebagai subjek coba."
Singaraja: Lembaga pendidikan tenaga kependidikan Universitas pendidikan Ganesha, 2013
370 JPP 46:2 (2013)
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library
I Gede Ratnaya
"Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas siswa, meningkatkan hasil belajar, dan mendeskripsikan tanggapan siswa terhadap implementasi model kooperatif tipe 'group investigation' (GI) pada pembelajaran Matematika. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII IA SMA Lab. Undiksha semester ganjil tahun pelajaran 2011/2012 dengan jumlah siswa sebanyak 35 orang. Data aktivitas siswa, hasil belajar siswa, dan tanggapan siswa dianalisis secara deskriptif."
Singaraja: Lembaga pendidikan tenaga kependidikan Universitas pendidikan Ganesha, 2013
370 JPP 46:2 (2013)
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library
I Gede Astawan
"Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar dan kemampuan memecahkan masalah serta mendeskripsikan respons siswa. Subjek penelitian adalah siswa kelas X MM1 SMK Negeri Denpasar sebanyak 32 orang. Tindakan berupa model pembelajaran teknik gasing. Tindakan ini dilakukan sebanyak dua siklus. Data aktivitas belajar dikumpulkan dengan lembar observasi, data kemampuan pemecahan masalah dikumpulkan dengan tes kemampuan pemecahan masalah, dan data respons siswa dikumpulkan dengan angket. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif. "
Singaraja: Lembaga pendidikan tenaga kependidikan Universitas pendidikan Ganesha, 2013
370 JPP 46:2 (2013)
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library
"Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan komunikasi matematik siswa SMP dengan menerapkan pembelajaran kontekstual berbasis potensi pesisir (CCTL). Penelitian dilaksanakan pada siswa kelas VIII SMPN 1 Kapontori dan SMPN 1 Batauga Sulawesi Tenggara, Indonesia. Pada setiap sekolah diambil dua kelas (eksperimen dan kontrol) secara acak. Siswa kelas eksperimen mendapat pembelajaran CCTL dan siswa kelas kontrol kemampuan komunikasi matematik, lembar observasi, dan hasil wawancara dengan siswa dan guru. Data dianalisis secara deskriptif dan inferensial dengan menggunakan uji-t dan ANAVA dua jalur. Hasil analisis data menunjukkan bahwa pembelajaran CCTL secara signifikan lebih efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematik siswa daripada pembelajaran konvensional."
FKP 30:1 (2010)
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library
Depok: Universitas Indonesia, 2006
R 378.17 MOD
Buku Referensi Universitas Indonesia Library
Depok: Universitas Indonesia, 2004
R 378.17 MOD
Buku Referensi Universitas Indonesia Library