Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 106648 dokumen yang sesuai dengan query
cover
R. Fadhil Danahiswara Prasidya
"[ABSTRAK
Skripsi ini membahas tentang seleksi vendor di Exxon Mobil, awalnya kriteria seleksi hanya berdasar pada harga penawaran, dan peneliti merasa bahwa ini kurang objektif dalam memilih vendor. Peneliti melakukan diskusi terarah dengan pihak ExxonMobil untuk menentukan kriteria apa saja yang dapat dijadikan acuan untuk memilih vendor dan dihasilkan lima kriteria dan sepuluh sub-kriteria lalu ditentukanlah bobotnya dengan pendekatan AHP. Penilaian vendor dilakukan dengan skoring berdasarkan data performansi historis. Vendor yang mendapatkan nilai paling besar adalah yang menjadi pemenang, dalam penelitian ini dikhususkan pada pengadaan barang kimia. Diharapkan supplier yang terpilih merupakan supplier yang paling berkompeten dan mampu mendukung kelancaran kegiatan operasional perusahaan. Pada penelitian ini juga terdapat implikasi manajerial serta saran untuk penelitian selanjutnya.
Skripsi ini membahas tentang seleksi vendor di Exxon Mobil, awalnya kriteria seleksi hanya berdasar pada harga penawaran, dan peneliti merasa bahwa ini kurang objektif dalam memilih vendor. Peneliti melakukan diskusi terarah dengan pihak ExxonMobil untuk menentukan kriteria apa saja yang dapat dijadikan acuan untuk memilih vendor dan dihasilkan lima kriteria dan sepuluh sub-kriteria lalu ditentukanlah bobotnya dengan pendekatan AHP. Penilaian vendor dilakukan dengan skoring berdasarkan data performansi historis. Vendor yang mendapatkan nilai paling besar adalah yang menjadi pemenang, dalam penelitian ini dikhususkan pada pengadaan barang kimia. Diharapkan supplier yang terpilih merupakan supplier yang paling berkompeten dan mampu mendukung kelancaran kegiatan operasional perusahaan. Pada penelitian ini juga terdapat implikasi manajerial serta saran untuk penelitian selanjutnya.

ABSTRACT
;This paper discusses the selection of vendors in Exxon Mobil, the selection criteria initially just based on the offer price, and researchers feel that this is less objective in selecting a vendor. Researchers focused discussions with Exxon Mobil to determine what criteria can be used as a reference for selecting vendors and produced five criteria and sub-criteria last ten weight was determined with AHP approach. Vendor assessment is done by scoring based on data from historical performance. Vendors who receive the greatest value is that the winner, in this study is devoted to the procurement of chemical goods. It is hoped that the selected supplier is a supplier of the most competent and capable of supporting the smooth operations of the company . In this study, there is also a managerial implications and suggestions for further
, This paper discusses the selection of vendors in Exxon Mobil, the selection criteria initially just based on the offer price, and researchers feel that this is less objective in selecting a vendor. Researchers focused discussions with Exxon Mobil to determine what criteria can be used as a reference for selecting vendors and produced five criteria and sub-criteria last ten weight was determined with AHP approach. Vendor assessment is done by scoring based on data from historical performance. Vendors who receive the greatest value is that the winner, in this study is devoted to the procurement of chemical goods. It is hoped that the selected supplier is a supplier of the most competent and capable of supporting the smooth operations of the company . In this study, there is also a managerial implications and suggestions for further
]
"
2015
S60259
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Arif Indracahya
"ABSTRAK
PT. Firmenich Indonesia adalah salah satu perusahaan multinasional yang bergerak pada bisnis perisa makanan dan wangi-wangian. Produk yang dihasilkan oleh perusahaan ini terdiri dari produk yang dihasilkan dari proses produksi di dalam pabrik PT. Firmenich Indonesia, juga produk yang berupa produk trading yang dibeli oleh perusahaan melalui cabang perusahaan yang berada di luar negeri. Permasalahan yang terjadi adalah tidak tercapainya target tingkat kepuasan pelanggan dalam tiga tahun belakangan ini dan juga pembelian produk barang jadi (trading) yang tidak sesuai dengan kebutuhan atau permintaan pelanggan. Untuk dapat mencapai target tersebut, digunakan pendekatan metoda klasifikasi ABC dan metoda Kraljic dalam menentukan strategi manajemen rantai pasok. Setelah melakukan klasifikasi produk dengan metoda ABC, kemudian dilanjutkan dengan metoda Kraljic yang bermaksud untuk mengkelompokkan produk ke dalam matriks 2x2 dengan dua dimensi yang dijadikan sebagai acuan atau patokan, yakni Supply Risk dan Profit Impact. Pengelompokkan ini adalah untuk memudahkan manajer atau manajemen agar dapat lebih fokus terhadap produk yang mempunyai dampak besar terhadap Profit atau keuntungan perusahaan serta melihat resikonya dari sudut pandang Supply Risk dan langkah apa yang harus diambil terhadap produk-produk tersebut. Dari penelitian, ada 44 (empat puluh empat) jenis produk yang mempunyai resiko sangat besar terhadap Profit maupun Supply Risk.

ABSTRACT
PT. Firmenich Indonesia is one of the multinational companies in the flavors and fragrances industry. The company has two products categories which one product is being locally manufactured and the other one is purchase from other firmenich affiliates in overseas which called trading product. The company has problems in achieving the target of customer satisfaction level. This level is always below management’s target. Purchases of product are also not based on the customers’ needs or demands. In order to achieve the target, two methods which are ABC classification and also Kraljic method are used to determine the supply chain management strategy. After classifying the product using ABC method, Kraljic method groups the products into a 2x2 matrix uses two dimension matrixes as references, called Supply Risk and Profit Impact. The purpose of this grouping is to facilitate the manager or management to focus on the products that will immensely impact the company profit as well as the supply risk. Consequently, management can evaluate the possible actions taken. From this research, there are 44 items identified to have a great impact on supply risk as well as profit impact."
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Soegeng Wijaya
"Penelitian ini mendiskusikan sebuah studi analisis perbandingan logistik reverse dan logistik forward dari sudut pandang biaya sebuah module jenis 5B yang dimiliki oleh PT.TMMIN. Tujuan dari studi ini untuk membandingkan performance module returnable packaging 5 B RR terhadap module disposable 5B 1-Way yang digunakan oleh PT.TMMIN per satu unit modulenya dalam satu kali rotasi dan perbandingan investasinya selama 6 tahun untuk mengekspor komponen engine ke STM. Metode yang digunakan adalah dengan pendekatan total cost of ownership yaitu dengan melihat biaya-biaya relevan yang terkait dengan implementasi 1 unit module 5B RR dan 5B 1-Way. Hasilnya menunjukkan module 5B RR memiliki TCO 30 % lebih tinggi dibandingkan dengan TCO module 5B 1-Way. Hasil identifkasi biaya dengan pendekatan TCO kemudian dikombinasi dan dihitung dengan menggunakan analisis NPV selama 6 tahun untuk melihat kelayakan investasinya. Hasilnya membuktikan investasi module 5B RR bisa menghemat biaya hingga 50% dari investasi module 5B 1-Way.

This research discusses a study of comparative analysis of reverse logistics and logistics forward from the viewpoint of costs a module type 5B owned by PT TMMIN The purpose of the study is to compare the performance module returnable packaging 5B RR of disposable module 5B 1 Way used by PT TMMIN per one unit of module in a single rotation and comparison of its investments over the last 6 years to export components engine to STM The method used is to approach the total cost of ownership that is by looking at the relevant costs associated with the implementation of unit module 5B RR and 5B 1 Way The results show module 5B RR have TCO 30 higher compared to the TCO module 5B 1 Way The result of cost identification with TCO approaching is combined and calculated using the NPV analysis for 6 years to see the feasibility of its investments The results prove the investment module 5B RR could save cost up to 50 of the investment module 5B 1 Way."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2013
S53030
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Maya Hana
"ABSTRAK
Pemanasan global, emisi karbon, dan menipisnya sumber daya alam telah menandai perubahan signifikan dalam cara industri memenuhi permintaan pasar. Dalam konteks ini penghijauan rantai pasokan telah mendapatkan perhatian para praktisi di banyak negara. Menurut laporan World Resources Institute pada 2014 rangking Indonesia sebagai negara penghasil emisi karbon (CO2) tertinggi dunia di bawah China, Amerika Serikat, Uni Eropa, India, dan Rusia. Total emisi karbon yang dihasilkan Indonesia adalah 2,05 miliar ton. Pemerintah juga telah mengatur regulasi terkait ini. Penelitian ini mendorong industri untuk memperluas sudut pandang kepedulian lingkungan dengan menerapkan konsep green supply chain management yang menekankan industri untuk menggunakan supplier yang juga memiliki kepedulian terhadap lingkungan. Industri kaca harus mulai memikirkan bahwa semua material yang diperoleh yang berasal dari supplier telah menerapkan green process. Hal tersebut tercermin dalam adanya kriteria pemilihan green supplier dalam seleksi supplier. Metode Analytical Hierarchy Process (AHP) digunakan untuk pembobotan dan perangkingan alternatif kriteria dalam pemilihan supplier yang menerapkan green process dan ramah lingkungan. Supplier dengan bobot prioritas tertinggi dipilih sebagai pemasok terbaik

ABSTRACT
Global warming, carbon emissions, and depletion of natural resources have marked significant changes in the way industry meets market demand. In this context, greening the supply chain has gained the attention of practitioners in many countries. According to the report the World Resources Institute in 2014 ranked Indonesia as the worlds highest carbon emitter (CO2) under China, the United States, the European Union, India and Russia. The total carbon emissions produced by Indonesia are 2.05 billion tons. The government has also regulated these related regulations. This research encourages industry to expand the viewpoint of environmental concern by applying the green supply chain management concept which emphasizes the industry to use suppliers who also have environmental concerns. The glass industry must begin to think that all materials obtained from suppliers have implemented a green process. This is reflected in the existence of green supplier selection criteria in supplier selection. The Analytical Hierarchy Process (AHP) method is used for weighting and ranking of alternative criteria in selecting suppliers that implement green processes and are environmentally friendly. The supplier with the highest priority weight is chosen as the best supplier
"
2019
T53791
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Matondang, Deborah Putri
"Pemborosan inventory disebabkan karena tidak adanya koordinasi dalam sistem Supply Chain Management. Koordinasi antara vendor dan buyer dapat mengurangi biaya inventory dalam sistem. Dengan metode joint economic lot size akan ditentukan lot produksi dan lot order yang optimal bagi vendor dan buyer. Dalam penelitian ini juga diusulkan penerapan metode quantity discount. Dari penelitian ini diperoleh nilai lot produksi dan lot order optimal serta nilai quantity discount. Selain itu, diperoleh juga perbandingan besarnya biaya inventory model independen dengan model koordinasi. Pengaruh perubahan parameter terhadap perilaku model diteliti dengan sensitivity analysis terhadap beberapa parameter kunci.

The problem of inventory loose is caused by non co¬ordination in the Supply Chain Management. Co¬ordination between vendor and buyer could minimize inventory cost in the system. Joint economic lot size method will determined the optimal lot production and lot order for vendor and buyer. This research also propose the quantity discount method. From this research, the joint economic lot size production and order and the value of the quantity discount are obtained. Also, the differences of inventory cost between independent model and co¬ordination model are obtained. Finally, A sensitivity analysis is performed to explore the effect of key parameters. "
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2011
S24
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Aufi Shabrina
"

Globalisasi di era yang semakin maju tanpa adanya pembatasan pergerakan telah mendorong pergerakan barang. Perkembangan pergerakan barang mendorong pertumbuhan permintaan akan kegiatan jasa logistik. Di antara lapangan usaha yang berkembang di Indonesia, industri jasa logistik memiliki peluang pertumbuhan yang paling tinggi diantara lapangan usaha lainnya. Pada saat yang sama, perkembangan proses bisnis berpotensi berada dalam ketidakpastian dan meningkatkan risiko gangguan. Oleh karena itu, perusahaan industri jasa logistik memerlukan strategi rantai pasok yang tangguh untuk membantu perusahaan bertahan dari segala kemungkinan risiko yang dapat merugikan perusahaan. Studi ini bertujuan untuk mengembangkan struktur strategi supply chain resilience yang relevan untuk industri jasa logistik di Indonesia. Data diambil dari tinjauan pustaka untuk mendapatkan daftar pendek awal dari strategi ketahanan rantai pasok yang ada. Kemudian strategi dinilai dan divalidasi oleh enam pakar logistik dari industri, asosiasi industri, dan akademisi. Selanjutnya, skor dianalisis menggunakan indeks validitas isi-item (I-CVI) dan statistik kappa (K) yang dimodifikasi. Dan bantuan dari metode Interpretive Structural Modelling (ISM) dana analisis MICMAC untuk menyusun strategi dalam bentuk struktural hierarki. Penelitian ini menghasilkan 16 strategi dari 3 dimensi, dan struktur strategi yang dapat digunakan oleh industri jasa logistik untuk mencapai sistem ketahanan rantai pasoknya.


Globalization in an increasingly advanced era without any restrictions on movement has encouraged the movement of goods. The development of the movement of goods encourages growth in demand for logistics services activities. Among the growing business fields in Indonesia, the logistics services industry has the highest growth opportunity among other business fields. At the same time, developments in business processes have the potential to be in a state of uncertainty and increase the risk of disruption. Hence, logistics service industry companies need a resilient supply chain strategy to help companies survive all possible risks that can harm the company. This study aims to develop a relevant supply chain resilience strategy for the logistics services industry in Indonesia. The data is taken from the literature review to obtain an initial shortlist of existing supply chain resilience strategies. Then strategies were assessed and validated by six logistic experts from industry, industry associations, and academic. Next, the scores were analyzed using the item-content validity index (I-CVI) and the modified kappa (K) statistic. And an approach of Interpretive Structural Modelling (ISM) method and MICMAC analysis to develop strategies in a hierarchical structural form. This research resulted in 16 strategies from 3 dimensions, and the strategic structure that can be used by the logistics services industry to achieve its supply chain resilience system.

"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Wanda Adelina
"ABSTRAK
Pada skripsi ini dibahas mengenai pemilihan strategi green supply chain management
(GSCM) untuk PT. XYZ dengan menggunakan metode Analytical Network Process (ANP).
GSCM dilakukan sebagai upaya mengurangi dampak lingkungan dari aktivitas-aktivitas yang
dilakukan perusahaan. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi kriteria dan
subkriteria pemilihan strategi GSCM dan menganalisis pemilihan strategi GSCM yang sesuai
untuk PT.XYZ. Melalui penelitian ini akan terbentuk jaringan ANP yang terdiri dari 6
kriteria dan 29 subkriteria yang terkumpul berbagai studi literatur dan pendapat para pakar.
Dari 6 kriteria terdapat 1 kriteria yang berisi strategi GSCM, yaitu terdiri dari risk-based
strategy, efficiency-based strategy, innovation-based strategy, dan closed loop strategy.
Metode ANP memudahkan pemilihan strategi GSCM yang kompleks melalui proses yang
terstuktur dengan mempertimbangkan perspektif konsep ramah lingkungan dari para pakar
dan perusahaan. Melalui penelitian ini ditemukan bahwa innovation-based strategy sebagai
strategi green supply chain management yang paling tepat dan sesuai untuk PT.XYZ

ABSTRACT
This study elaborates business strategy selection for green supply chain management for
PT.XYZ via Analytical Network Process. GSCM is initiated as a response to reduce
environmental impacts from industrial activities. The purposes of this study are identifying
criteria and sub criteria in selecting GSCM Strategy and analyzing a suitable GSCM strategy
for PT.XYZ. This study proposes ANP network of 6 criteria and 29 sub criteria, which
collected from literature review and experts judgement. One from six criteria contains GSCM
strategy choices which are risk-based strategy, efficiency-based strategy, innovation-based
strategy, dan closed loop strategy. ANP solves complex GSCM strategy-selection by using
more structured process and considering green perspectives from experts and PT.XYZ. The
result from this research is innovation-based strategy as the most suitable and proper green
supply chain management strategy for PT.XYZ"
2016
S62676
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Agust Achirudin
"PT. Pola Gondola Adiperkasa (PT PGA) adalah perusahaan swasta yang bergerak dalam bidang building maintenance unit atau biasa disebut dengan gondola system yaitu suatu alat bantu angkut untuk pekerja membersihkan bagian luar dari high rise building (gedung bertingkat tinggi). Sejalan dengan kesadaran akan pentingnya pemeliharaan dari suatu gedung bertingkat tinggi, membawa alat ini menjadi kebutuhan pokok pada setiap gedung. Alat ini dibuat berdasarkan pesanan, yang desainnya disesuaikan dengan arsitcktur gedung dimana alat tersebul akan dipasang, sehingga tidak ada kesamaan antara satu gondola satu gedung dengan gondola system di gedung lainnya. Dalam melakukan kegiatan usahanya, aktifitas utama perusahaan ini adalah membuat desain, merakit dan memasang gondola system di lapangan. Adapun untuk peiaksanaan produksi komponcn maupun unit gondola dilakukan olch produsen yang merupakan pemasok bagi perusahaan. Dengan jumlah dan kemampuan pemasok lokal yang terbatas, tingkat ketidakpastian pasokan menjadi tinggi, yang mengakibatkan keteriambatan penyerahan gondola. Sebaliknya Para pemasok Iuar negeri mempunyai kemampuan yang sangat baik. Perbedaan karaktcr pemasok ini mencerminkan perbedaan tingkat uncertainty pada sisi supply. Dengan berpedoman pada Hau L. Lee's Uncertainty framework, diketehui model supply chain yang sesuai dengan karakteristik produk gondola ada dua yaitu efficient supply chain untuk imported permanent gondola dan risk-hedging supply chain untuk lokal permanent dan temporary gondola. Model supply chain ini merupakan slrategi bersaing perusahaan dalam memenuhi permintaan. Untuk dapat menjadi model supply chain yang unggul, maka hares diteliti setiap aktifitas pada supply chain supaya tidak ada kegiatan yang menghambat proses supply chain sccara keseluruhan.
Melalui penelitian aktifitas saat ini, diketahui terdapat lima proses yang menjadi faktor penentu keberhasilan proses supply chain PT. PGA. Kelima faktor terscbut adalah proses engineering, fabrikasi, assembly, delivery dan insialasi. Dari kclima faktor ini. aktilitas pada proses engineering menjadi dasar dalam mcnetukan konligurasi supply chain perusahaan. Aktifitas engineering yang dimaksud adalah pembuatan gambar fabrikasi. Output dari proses engineering ini menjadi faktor penentu dalam meningkatkankan kinerja supply chain, karcna dengan gambar fabrikasi, perusahaan dapat rnembagi unit gondola menjadi bagian-bagian yang Icbih kecil berupa komponenkomponen. Dengan demikian akan memudahkan dalam rnendapatkan pasokan dan pemasoknya.
Keterlambatan penyelcsaian pckerjaan saat ini sebesar 32,5% discbabkan olch kurangnya kemampuan supply chain balk dalam proses engineering, produksi serta terbatasnya jumlah pemasok. Melalui perbaikan pada proses engineering dalam pembuatan gambar fabrikasi yang dilanjutkan dengan konfigurasi supply chain yang bar,. memungkinkan ditingkatkannya kapasitas, kualitas produksi dan jumlah pemasok schingga keterlambatan dapat ditekan menjadi 10% dari total proyek yang harus diselesaikan. Perubahan pola aktilitas ini, dimana sclanjutnya unit gondola di standarisasikan dan dibuat dalam bentuk komponen-komponen yang kemudian dirakit oleh perusahaan maka kegiatan ini memerlukan lebih hanyak sumber daya dari pada sebelumnya. Oleh sebab itu, perusahaan harus mempersiapkan sumherdaya untuk proses perakitan sehingga seluruh proses supply chain dapat bcrjalan sebagaimana yang diinginkan.

PT Pola_ Gondola Adiperkasa (PT PGA) is a privately owned company that produces building maintenance unit, or more commonly known as gondola system, a support system which assist workers to clean the outside of a high rise building. In line with the awareness of the importance of a high rise building maintenance, this product becomes a necessity in each building. The product is made based on order, to suit the architecture design of the building where the unit is to be installed, therefore the design of each gondola is not identical between one gondola for one building with the gondola of another building. The main activity of PT PGA is in designing, assembling and installing gondola system. The production of the component and the gondola unit is done by producer or supplier of P1' PGA. The small number of local supplier and their limited ability has caused high uncertainty in the supply and often lateness in the completion of the unit. On the other hand, overseas suppliers have better ability to supply the unit. The difference in the characteristic of the supplier reflects the difference in the uncertainty from the supply side. With reference to Hau L. Lee's "Uncertainty Frameworks", it is known that there are 2 (two) supply chain model that fit the characteristic of the gondola products, that is: efficient supply chain for imported permanent gondola and risk-hedging supply chain for local permanent and temporary gondola. These supply chain model become P7' PGA's competitive strategy in meeting demand. 'I'o become a competitive supply chain, each activity in the supply chain must be carefully examined to ensure that no activity is hampering the supply chain process as a whole.
Based on the careful examination of the current process, it is known that there are 5 (five) process which determine the success of P'1' PGA's supply chain process. These five processes are: engineering, fabrication, assembly, delivery and installation. From these five processes, the activity in the engineering process determine the configuration of the supply chain of the company. The engineering activity mentioned here is the drawing of the fabrication of the gondola unit. The output of this engineering process become the determining factor in the improvement of the performance of the supply chain, because based on the fabrication drawing, the company can then split the gondola unit into smaller components, and hence made it easier to find supply and the supplier.
Delay in the completion of work is caused 32.5% by the inadequacy of the supply chain, be it in the engineering process, production or the limitation in the number of supplier. Improvement of the engineering process, that is in the drawing of the fabrication and then continued with new configuration of the supply chain, may make it possible to improve the capacity, quality of production and the number of supplier involved, therefore delay can be minimized to 10% from the total project that must be completed. These changes in activity, where a gondola unit is standardized and made from components which then assembled by the company requires more resources than previously. Therefore the company must prepare enough resources to process the assembly so that the whole supply chain process can work as expected.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2006
T18246
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Aisya Zahra
"

Distribution Requirement Planning (DRP) merupakan metode untuk menangani persediaan dalam suatu jaringan distribusi yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan permintaan serta menentukan kebutuhan untuk mengisi kembali persediaan pada masing-masing pusat distribusi. Permasalahan yang terjadi pada sistem distribusi PT XYZ, produsen serta distributor air minum dalam kemasan, muncul akibat adanya selisih antara permintaan dengan pengiriman aktual yang dilakukan kepada agen. Selain itu, perusahaan juga mengalami pengeluaran biaya distribusi yang tinggi. Kedua permasalahan tersebut terjadi karena adanya fluktuasi permintaan produk dan belum adanya sistem distribusi yang baik. Sistem distribusi yang baik mampu melakukan peramalan permintaan serta melakukan perencanaan persediaan guna memenuhi kebutuhan konsumen per periodenya. Metode yang tepat digunakan dalam menyelesaikan permasalahan ini adalah DRP, dengan tahapan pertama yaitu melakukan peramalan permintaan enam periode kedepan dengan hasil yang paling akurat yaitu pada peramalan metode linear. Kemudian dilanjutkan dengan penentuan metode lot sizing dalam pembuatan DRP yaitu metode Lot for Lot (LfL) dan Least Unit Cost (LUC) dengan total biaya terendah sebesar Rp115,605,334 selama periode enam bulan. Penerapan metode DRP pada kedelapan agen mampu mengurangi total biaya yang dikeluarkan sebesar Rp74,388,066 atau sebesar 39,15%. Selain itu, permintaan konsumen dari masing-masing agen juga dapat terpenuhi pada tiap periodenya.


Distribution Requirement Planning (DRP) is a method for handling inventory procurement in a distribution network to determine the demands and needs to replenish at each distribution center. Problems that occur in the distribution system of PT XYZ, a bottled water company, arise due to differences between customer demand and the actual deliveries made towards agents. Moreover, the company is also facing fairly high distribution costs. Both of these problems are caused by demand fluctuations and a lack of distribution system. A good distribution system is defined by the capability to forecast demands and plan inventories to meet customer needs. The method used to solve the problem is DRP, with the first phase being to forecast the demand for the next six periods with the linear forecasting method that generates the most accurate forecast values. Followed by determining the lot sizing with Lot for Lot (LfL) and Least Unit Cost (LUC) methods that produce the lowest total cost of Rp115,605,334 over a six-month period. The application of the DRP method to the eight agents was able to decrease the total costs by Rp74,388,066 or 39.15%. Furthermore, the demands from each agent will also be fulfilled for each period.

"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Firani Maussandy Hidayat Abbas
"Tren peningkatan market pada industri FMCG menyebabkan meningkatnya volume barang yang harus dikirim ke pelanggan. Seiring meningkatnya volume pengiriman barang, maka dibutuhkan pula aktivitas logistik yang besar. Namun dengan biaya logistik yang tinggi, membuat perusahaan harus meningkatkan efisiensi untuk dapat terus bersaing dalam industri nasional. Oleh karena itu, diperlukan perencanaan aktivitas outbound logistik yang mengatur pergerakan finished goods dari pabrik hingga sampai ke pelanggan.
Penelitian ini mengembangkan model matematis untuk meminimalkan biaya outbound logistik dengan metode mixed integer linear programming dan diterjemahkan ke dalam bentuk model komputer dengan bahasa pemrograman Lingo 17.0. Biaya outbound logistik mencakup biaya penyimpanan, biaya bongkar muat, biaya truk, dan biaya shuttle.
Hasil dari penelitian 12 periode ini yaitu didapatkan total biaya outbound logistik yang menurun jika dibandingkan dengan total biaya outbound logistik sebelumnya dengan rata-rata penurunan mencapai 39,76% untuk setiap periodenya. Selain itu, model ini juga menunjukkan peningkatan penggunaan tipe truk dengan kapasitas besar sehingga jumlah truk menurun dengan rata-rata penurunan mencapai 39,10% untuk setiap periodenya dan utilisasi truk meningkat dengan rata-rata peningkatan mencapai 15,21% untuk setiap periodenya.

The increasing market trend in the FMCG industry causes an increase in the volume of goods that must be sent to customers. Along with the increase in the volume of shipping goods, it is also required a greater logistics activities. However, with high logistics costs, companies must increase efficiency to be able compete in the global market. Therefore, it is necessary to plan outbound logistics activities that regulate the movement of finished goods from the factory to the customers.
This study developed a mathematical model to minimize outbound logistics costs based on mixed integer linear programming approach and translated into computer model using Lingo 17.0 programming language. Outbound logistics costs include storage costs, loading and unloading costs, truck costs, and shuttle costs.
The results of this 12-period study showed that the total outbound logistics costs decreased when compared to the previous total outbound logistics costs with an average of 39.76% for each period. In addition, this model also shows an increase usage of large capacity trucks so that the number of trucks decreases by an average of 39.10% for each period and truck utilization increases with an average of 15.21% for each period.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>