Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 148513 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Novi Muharam
"Rekayasa nilai adalah aplikasi metodologi nilai pada suatu proyek atau layanan yang telah direncanakan atau dikonsepkan untuk mencapai peningkatan nilai. Metode rekayasa nilai dipilih karena mempunyai kelebihan dalam hal mengendalikan biaya dengan menggunakan pendekatan dengan cara menganalisis nilai terhadap fungsinya tanpa menghilangkan kualitas serta reliabilitas yang diinginkan. Penelitian ini membahas mengenai peningkatan pemanfaatan gas bumi untuk sektor transportasi di Jakarta menggunakan metode rekayasa nilai dengan mengimplementasikan kebutuhan pengembangan unit SPBG yang berdampak langsung pada keekonomian investasi SPBG dan usulan skema bisnis yang menarik bagi investor. Parameter yang paling berpengaruh dalam hal pemanfaatan gas bumi untuk sektor transportasi dengan menggunakan fast diagram adalah ketersediaan infrastruktur gas dan pasar penggunan BBG sampai dengan menentukan keekonomian harga jual BBG. Dengan infrastruktur SPBG yang kuat, pasar BBG yang kompetitif serta skema bisnis yang jelas tentunya akan menarik minat investor. Untuk memenuhi kondisi tersebut, beberapa parameter harus dipenuhi, yaitu harga pokok gas maksimal sebesar USD 4,3/mmbtu + Rp 750/m3, utilitas volume penjualan minimum 70% dari kapasitas dan harga jual BBG minimum sebesar Rp 4.087/Lsp serta usulan skema bisnis yang cocok untuk meningkatkan pemanfaatan gas bumi di sektor transportasi bagi semua stakeholder di Jakarta adalah menggunakan model bisnis jasa kompresi dan biaya marketing.

Value engineering method is a value method application that is applied on a project or a service that has underwent planning or conceptualized in order to achieve greater leverage. Value engineering method was chosen because it has a greater advantage in controlling costs using an approach via function analysis without relinquishing the quality as well as the reliability needed. This research discuss the raise of natural gas utilization for the transportation sector in Jakarta using value engineering method by implementing the requirements of gas station development, which not only directly affects the investment economics of gas station but also how the business scheme draws the attention of investors. The parameter with the most influence in natural gas utilization for the transportation sector is the availability of gas infrastructure, the gas fuel market, and gas fuel pricing. With strong gas station infrastructure, competitive gas fuel market, and clear business scheme, the level of attractiveness will surely increase among investors. In order to fulfill the aforementioned conditions, a few parameters must be satisfied, which are maximum feed gas price is USD 4,3/mmbtu + Rp 750/m3, the minimum sales volume utilization is 70% and minimum gas fuel retail price is Rp 4.087/Lsp (Lsp ≈ Nm³). Furthermore, the most suitable business scheme for all stakeholders in order to increase the natural gas utilization for the transportation sector in Jakarta is the compression fee & marketing fee business model.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2015
T43484
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Hibrah
"Tesis ini membahas tentang analisa rekayasa nilai pada desain fasilitas produksi gas alam dengan menggunakan tiga opsi desain pada Lapangan X dengan tujuan mendapatkan nilai kriteria desain yang paling optimal. Kriteria desain yang digunakan adalah modal awal CapEx, Net Present Value NPV, Internal Rate of Return IRR, lama waktu, resiko keselamatan dan lingkungan, dan fleksibilitas pengembangan. Hasil analisa rekayasa nilai metode paired comparison perbandingan dipadankan menunjukkan bahwa Opsi A yang menggunakan fasilitas produksi fix platform memiliki nilai NPV yang lebih baik 43,537,469.58 dibanding opsi yang memiliki NPV terkecil, dengan IRR 19 dan Pay Out Time POT selama 5 tahun.

This thesis discusses an analysis of value engineering for natural gas production facitlity with three design options of Field X development to get the optimal design criteria value. The design criteria used for this analysis are capital expenditure CapEx, net present value NPV, internal rate of return IRR , project schedule, safety and environment risk, and expansion flexibility. Value engineering paired comparison method result that Option A with the fix platforms has the best NPV of 43,537,469.58 more than the least NPV from other option , with the IRR value of 19 and Pay Out Time POT 5 years.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2017
T47401
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sianipar, Helena
"Penggunaan teknik dan metode yang dapat menghasilkan pengurangan biaya semaksimal mungkin dengan tetap memelihara kualitas serta fungsi yang diinginkan merupakan hal yang sangat penting dalam pengendalian biaya proyek. Salah satu metode yang bisa diterapkan adalah dengan value engineering. Metode pada value engineering dikenal dengan jobplan, pada jobplan terdapat lima fase yaitu: fase informasi, fase spekulatif/ kreatif, fase analisis, fase rekomendasi dan fase pelaporan. Pada penelitian ini dilakukan analisa value engineering untuk menentukan elemen struktur pendukung. Hasil penelitian adalah terpilih material dinding GRC Board, plafond triplek dan atap genteng keramik natural mardional.

Using technic and method which can result cost reduction as useful as possible by mantaining constantly its quality and function is an important thing in cost control project. One of the method can be used is value engineering. Value engineering methodology known as jobplan, were consist of five phases, those are: information phase, speculative/ creative phase, analysis phase, recommendation phase and presentation phase. This research apply value engineering to determine support structure element. The result are GRC Board, plywood and ceramic natural mardional roof selected as replacement material."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2011
S50688
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
"Soekarno - Hatta Airport is the main gateway for international flights, particularly to Greater Jakarta. Currently, it serves more than 44 million passengers per year which causes accessibility problems due to the high volurne of vehicles. Toll Road still becomes the main access to the airport and in peak hours. these high volunics of vehicles create congestion leading to time travei uncertainty. Soel"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
"Sunda Strait Bridge (SSB) is one of the mega-intifastructure projects offered by the Indonesian governrneni' and is expected to contribute to national economic growth by bridging cconofnic connectivity between two major islands in Indonesia. At tirst, SSB construction was ot`t`ered as a USS lt) Billion project in Etll 0 and revised into a USS 25 billion project with additional scope of work, i.e. industrial area development along the site, in 20li. Yet, it was still unattractive to private investors due to lacleing of technical and Hnancial feasibility. Thus, Value Engineering (VE) approach is used to increase and improve the project’s teasibility by generating innovative ideas. Innovation through additional 'ninctions lor Sunda Strait Bridge development is comprising of: 1) Development of renewable energy-based power plant by using tidal and wind power; 2) Integration of oil and gas pipelines; (3) Fiber optic pipelines; 4) Tourism Development in Sangiang Island which may be accessed by using either road bridge or hanging train; 5) Development of industrial area. The life cycle cost analysis by IRR and NPV approaches confirmed that Sunda Strait Bridge development with additional functions increased the intcmal late of return of the overall project up to 7.26% and had a positive NPV value."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Mohamad Zulkarnain
"Proyek pembangunan kereta api ekspres bandara Soekarno Hatta sebagai proyek KPS yang melibatkan pihak swasta, memerlukan biaya investasi yang sangat besar. Hal ini menyebabkan kurangnya minat pihak swasta, sehingga perlu upaya inovatif dan kreatif dalam perencanaan pembangunan agar diperoleh hasil yang dapat menarik minat investor untuk ikut serta dalam pembiayaan proyek. Salah satu upaya adalah dengan melakukan pemilihan teknologi perkeretaapian untuk mendapatkan konsep desain yang optimal. Teknologi yang akan diterapkan dalam pembangunan infrastruktur kereta api ekspress bandara dapat memberikan dampak terhadap proses dan biaya pada saat pembangunan itu sendiri ataupun kemudahan proses dan biaya perawatan dan operasional yang diperlukan pada masa konsesi dan sesudahnya. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi jenis-jenis teknologi dan melakukan kajian terhadap teknologi yang akan yang akan dipilih untuk digunakan dalam pembangunan kereta api ekspres Bandara Interasional Soekarno Hatta. Metode yang digunakan adalah value engineering dengan analisa life cycle cost untuk mengetahui dampak pemilihan teknologi terhadap optimasi biaya investasi. Hasil dari penelitian ini adalah teknologi komponen infrastruktur yang dipilih memberikan dampak nilai NPV dan IRR yang paling besar diantara pilihan teknologi lainnya.

Express railway construction projects Soekarno Hatta airport as PPP projects involving private parties, requires a very large investment costs. This leads to lack of interest of private parties, so we need innovative and creative efforts in development planning in order to obtain results which can attract investors to participate in financing the project. One of the efforts is to conduct selection of railway technology to obtain optimal design concept. The technology will be applied in the construction of the airport express railway infrastructure can have an impact on the process and cost during the construction process itself, nor the ease and cost of maintenance and operations needed in the concession period and thereafter. This study aimed to identify the types of technology and a review of the technology that will be selected for use in the construction of an express railway of Soekarno Hatta International Airport. The method used is value engineering with the life cycle cost analysis to determine the impact of technology on the selection of the investment cost optimization. The selected infrastructure components technology impact the NPV and IRR of the most substantial among other technology options."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2013
T39021
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Tambunan, Harry S.
"Biaya konstruksi saat ini semakin lama semakin menanjak dengan cepat, maka kontraktor dituntut untuk dapat menekan biaya konstruksi seminimal mungkin yaitu dengan melakukan Value Engineering (VE). Value Engineering mempunyai rencana kerja yang merupakan suatu rencana yang pasti dari langkah-langkah atau tahapan yang tersusun secara sistematik untuk mempermudah melakukan studi VE. Tahapan dalam proses penerapan terdiri dari 7 tahap yaitu tahap pemilihan tim, pengumpulan informasi, sumbang saran, evaluasi alternatif-alternatif, mengembangkan alternatif-alternatif, rekomendasi dan implementasi.
Pada penelitian ini dilakukan analisa variabel-variabel yang terdapat dalam masing-masing tahapan terhadap kinerja biaya proyek dengan menggunakan bantuan program komputer SPSS 10.1 untuk melihat korelasinya.
Kinerja biaya proyek memiliki korelasi dengan variabel-variabel pengetahuan / keahlian anggota tim VE dalam mengembangkan ide-ide VE (tahap pemilihan tim), membuat alternatif-alternatif dari metode konstruksi yang dapat menghemat biaya (tahap sumbang saran). Terbukti variabel-variabel tersebut mempunyai hubungan linier dengan tingkat korelasi yang sangat kuat dengan kinerja biaya dibandingkan dengan variabel-variabel yang lain. Variabel lain yang belum teridintifikasi tetapi mempengaruhi kinerja biaya adalah variabel pemilihan alternatif-alternatif yang mempunyai kemungkinan besar dalam penghematan biaya (tahap evaluasi alternatif-alternatif).
Pengetahuan / keahlian anggota tim dalam mengembangkan ide-ide VE adalah sangat penting, karena salah satu kunci keberhasilan dari VE adalah bagaimana keahlian (Expert) seseorang dalam mengembangkan ide-ide.

Performance Cost Of Industrial Building in Jabotabek AreaConstruction cost increases rapidly recent days. It demands contractor to reduce construction cost as minimize as it can by doing value engineering. Value engineering has certain job plan which include systematic phases to easier to study VE, steps of application process consist of seven phase which are team selection, information gathering, brainstorming, evaluating alternatives.
Research is done to analyze variables in every phase to project cost performance by using computer program SPSS 10.1 to assist the correlations.
Project cost performance has correlations to variables like VE team knowledge to develop VE ideas (team selection phase) and making alternatives from construction method which reduces cost (brainstorming phase). It has proven that the two above variables has strongly linear relation to correlations to cost performance compared to another variables. Another variable which has not identified yet but influence cost performance is evaluating alternatives variable which has big probability to reduce cost (evaluating alternatives phase).
Team member knowledge to develop VE ideas is very important because one of the succeed VE key is team member expertise to develop ideas."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2002
T9218
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Heller, Edward D.
Reading, Mass.: Addison-Wesley, 1971
658.155 2 HEL v
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Gustiadi Prakoso
"Kebutuhan suatu perusahaan untuk meningkatkan mutu dari suatu produk atau jasa serta kepuasan pelanggan semakin besar akibat terbukanya perdagangan bebas dalam era globalisasi yang terjadi belakangan ini. Namun dalam prosesnya seringkali timbul berbagai masalah yang dapat dirangkum sebagai masalah dana atau biaya. Dalam penelitian - penelitian sebelumnya masalah - masalah yang timbul lebih dikembangkan lagi menjadi sesuatu yang dapat disebut biaya yang tidak diperlukan (unnecessary cost) dalam suatu proyek konstruksi. Dari hasil penelitian dengan metode studi kasus maupun melalui pengamatan, diketahui bahwa metode VE dapat menghemat biaya dari suatu proyek. Meskipun terjadi perubahan atau penggantian komponen dalam melakukan metode tersebut, namun dari aspek kualitas hal tersebut juga menjadi perhatian. Jadi metode VE bukanlah suatu usaha menghemat dengan hanya mengganti komponen menjadi lebih murah dan bukan pula suatu usaha mengoreksi desain."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2009
S50445
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Farid
"Penerapan value engineering pada design konseptual jembatan selat sunda telah menghasilkan beberapa inovasi. Inovasi-inovasi ini dibuat untuk menarik pihak investor untuk menananamkan modalnya di projek jembatan selat sunda. Salah satunya adalah pembangunan infrastruktur energy yang meliputi tidal energy, wind energy, serta pipa minyak & gas. Pembangunan infrastruktur energy ini adalah untuk memanfaatkan berbagai macam potensi sumber daya yang berada di sekitar daerah jembatan selat sunda. Semua jenis projek tersebut kemudian di analisis menggunakan skema Life Cycle Cost dengan menggunakan parameter kelayakan nilai Internal Rate of Return (IRR), Net Present Value ( NPV ) serta B/C ratio. Hasil analisis menunjukan bahwa projek-projek yang akan dibangun memenuhi semua parameter kelayakan tersebut, kecuali untuk wind energy pada scenario 1 dengan harga listrik Rp.410 / kwh.

Application of Value Engineering to the sunda strait bridge (SSB) conceptual design have generated some innovations in term of function. These are created to attract the private sector to invest their money on this project. Including the development of tidal energy, wind energy, and oil & gas pipeline along the bridge which is aim to utilize the potential resources around it. Furthermore, its project will be analyzed using Life Cycle Cost scheme with the following parameters; Internal Rate of Return (IRR), Net Present Value (NPV), and B/C ratio. Analysises show that all project comply with the parameters that have been defined, except to wind energy in scheme 1 with cost of electricity is Rp.410 / kwh."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2013
S45959
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>