Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 149125 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Anisa Kuswandari Banuwa
"[ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah melihat efektivitas program SRSD (Self-Regulation
Strategy Development) berdasarkan metakognisi untuk meningkatkan
keterampilan menulis karangan pada siswa sekolah dasar. Intervensi yang
dirancang ini diharapkan dapat membantu siswa mengembangkan kemampuannya
dalam meregulasi proses menulis karangan secara mandiri. Penelitian ini
menggunakan single subject design dengan melibatkan satu orang partisipan,
yaitu siswa perempuan berusia 11 tahun yang memiliki kecerdasan di atas ratarata
(Skala Wechsler), namun kesulitan dalam menulis karangan. Intervensi dibagi
ke dalam 10 sesi dengan durasi 60 menit pada setiap sesinya. Setelah dilakukan
analisis perbandingan hasil pre-test dan post-test, ditemukan bahwa model SRSD
yang diberikan efektif dalam mengembangkan kemampuan metakognisi, baik
dalam hal planning maupun reviewing dan meningkatkan keterampilan menulis
karangan.

ABSTRACT
The purpose of this study was to know the effectiveness of SRSD program (Self-
Regulation Strategy Development) based on metacognition in improving story
writing skills on elementary students. This intervention expected to help
elementary students to develop their skill in regulating writing process
independently. This study is a single subject research with one student involved.
Participant is an eleven years old girl with an above average intelligent quotient
(Wechsler Scale), but having problem in story writing. This intervention was
given in ten session and 60 minutes for each session. Qualitative analysis was
applied to measure changes of writing score before and after the intervention. The
result of this study shows that SRSD model is effective in developing
metacognition, not only planning but also reviewing and improving story writing
skills., The purpose of this study was to know the effectiveness of SRSD program (Self-
Regulation Strategy Development) based on metacognition in improving story
writing skills on elementary students. This intervention expected to help
elementary students to develop their skill in regulating writing process
independently. This study is a single subject research with one student involved.
Participant is an eleven years old girl with an above average intelligent quotient
(Wechsler Scale), but having problem in story writing. This intervention was
given in ten session and 60 minutes for each session. Qualitative analysis was
applied to measure changes of writing score before and after the intervention. The
result of this study shows that SRSD model is effective in developing
metacognition, not only planning but also reviewing and improving story writing
skills.]"
2016
T45326
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Tarigan, Henry Guntur
"Abstraksi
Keterampilan berbahasa mencakup empat segi, yaitu keterampilan menyimak, keterampilan berbicara, keterampilan membaca, dan keterampilan menulis. Bagi para guru, para pemimpin, dan para sarjana, keterampilan berbahasa sungguh sangat penting, turut menentukan peningkatan karier dan profesi mereka dalam masyarakat. Buku ini disusun dengan tujuan menanamkan pentingnya menulis dalam kehidupan dan dapat membantu untuk meningkatkan daya menulis."
Bandung: CV Angkasa, 2013
411 TAR m
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Jakarta: UI Publishing, 2020
372.623 PRA
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
"Ketrampilan menulis (writing) merupakan keterampilan yang penting untuk mengungkapkan gagasan kepada pembaca. Untuk itu perlu dilakukan upaya-upaya peningkatan kreativitas serta kemampuan pembelajar dalam proses pembelajaran keterampilan menulis salah satunya melalui penelitian tindakan...."
2008
370 JPUNP 30:2 (2008)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Basturi Hasan
Yogyakarta: Graha Ilmu, 2016
808.066 BAS r
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
I Gusti Ngurah Agung
"ABSTRAK
This paper presents short notes and comment on the problems of a scientist in writing and publishing a book in his/her field of majoirty or interest, either in exact (mathematical, statistical, and technical) sciences or social-economics, supported by my observation. Based on my observation and experiences, a scientist has lack of interest in writing a text or reference book, because of (i). The problem with the publisher, (ii) the capability and willingness of the scientist to present special and unique materials compare to other books, and (iii) lack of willingness of other scientists in using the book at least for a reference of their lecturers."
Jakarta: The Ary Suta Center, 2019
330 ASCSM 44 (2019)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Ayu Utami
"Ada banyak cara untuk mulai belajar atau mulai menulis, atau mulai belajar menulis. Kali ini, Mari mulai dengan intuisi. Teori menyusul. Mari mulai dengan bermain. Aturan menyusul. Kosongkan pikiran kita dari beban pedoman dan nilai-nilai (segala hal itu akan datang pada waktunya). Tarik nafas dalam panjang duduk santai, kalau perlu lakukan sedikit peregangan, terutama untuk leher, bahu, dan lengan agar kamu sudah rileks. Mari iseng-iseng mencoba menulis tanpa rencana. Pejamkan mata dan abrakada kita mulai dengan kata aku atau kamu atau iya. Buka mata dan coba tulis satu paragraf awal sebuah cerita yang dimulai dengan salah satu kata ganti tadi tak usah panjang-panjang. Katakanlah satu paragraf yang terbentuk dari sekitar 10 kalimat. Buku Menulis Kreatif dan Berpikir Filosofis ini akan mengajarkanmu menulis mulai dari awal. Buku ini berisi materi-materi, antara lain: 1. Mulai dari intuisi, baru beranjak pada abstraksi. 2. Dimulai dan diakhiri dengan latihan. 3. Memberi latihan berpikir filosofis dalam terapan di dalam cerita (karya sastra) 4. Cocok untuk menulis sebagai sarana menemukan dan mengaktualisasikan diri yang otentik. 5. Membuktikan bahwa kita bisa menulis tanpa harus punya ide yang jelas untuk mulai (sebab menulis justru merupakan proses penjernihan ide). Buku ini sangat cocok bagi kamu yang ingin jadi penulis tapi bingung memulainya dari mana."
Jakarta: KPG (Kepustakaan Populer Gramedia), 2021
808.06 AYU m
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Ayu Utami
Jakarta: KPG (Kepustakaan Populer Gramedia), 2017
808.06 AYU m
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Jung, Yeonkwon
Australia: Cengage Learning, 2017
808.066 JUN p
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Ayu Utami
Jakarta: KPG (Kepustakaan Populer Gramedia), 2017
808.06 AYU m
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>