Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 116546 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Nur Khayati
"Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh efikasi diri guru, dan kreativitas guru terhadap inovasi guru serta efikasi diri terhadap kreativitas guru dalam pembelajaran di sekolah. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri di Kecamatan Cikarang Utara Kabupaten Bekasi. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan teknik analisis jalur. Sampel penelitian sebanyak 123 guru yang dipilih menggunakan teknik acak sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) efikasi diri memiliki pengaruh langsung positif terhadap inovasi guru; 2) kreativitas berpengaruh langsung positif terhadap inovasi guru; dan 3) efikasi diri berpengaruh langsung positif terhadap kreativitas guru. Simpulan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa inovasi guru dalam pembelajaran di sekolah dapat ditingkatkan melalui efikasi diri dan kreativitas."
Depok: Badan Penelitian dan Pengembangan Depdiknas, 2015
370 JPK 21:3 (2015)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Gunawan Setiadi
"Pendidikan memegang peranan penting dalam mengembangkan kreativitas siswa. Iklim sekolah kreatif dan efikasi diri guru merupakan faktor utama yang dapat memengaruhi perkembangan kreativitas siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh efikasi diri guru dalam memediasi iklim sekolah kreatif dan perilaku guru membina kreativitas pada siswa sekolah dasar. Penelitian dilakukan kepada 118 guru sekolah dasar di Jabodetabek. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah CFTI Scales (Soh, 2000), R-SLEQ (Johnson et al., 2007), dan I-TSES (Rahayu & Wangid, 2021). Hasil penelitian menunjukkan terdapat full mediation pada hubungan iklim sekolah kreatif dan perilaku guru membina kreativitas siswa yang dimediasi oleh efikasi diri guru. Hal ini menunjukkan bahwa iklim sekolah kreatif dapat memengaruhi perilaku guru membina kreativitas apabila dimediasi oleh efikasi diri guru. Implikasi dari penelitian menekankan bahwa sekolah harus membentuk iklim pembelajaran kreatif dan guru perlu memiliki efikasi diri yang baik agar dapat mengembangkan kreativitas siswa.

Education plays a vital role in developing students' creativity. Creative school climate and teacher self-efficacy are the main factors that can influence the development of student creativity. This study aims to determine the effect of teacher self-efficacy in mediating creative school climate and creativity fostering teacher behavior in elementary school students. The study was conducted on 118 elementary school teachers in Jabodetabek. The measuring instruments used in this study are CFTI Scales (Soh, 2000), R-SLEQ (Johnson et al., 2007), and I-TSES (Rahayu & Wangid, 2021). The results showed that there was full mediation in the relationship between creative school climate and creativity fostering teacher behavior mediated by teacher self-efficacy. This shows that creative school climate can creativity fostering teacher behavior when mediated by teacher self-efficacy. The implication of the study emphasizes that schools should establish a creative learning climate and teachers need to have good self-efficacy in order to develop students' creativity."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sri Mujiati
"Menjadi guru sekolah dasar merupakan salah satu profesi yang menantang dengan tingkat tuntutan sosial emosional yang tinggi. Mereka dituntut untuk dapat menampilkan kompetensi sosial emosional. Kenyataannya, masih banyak ditemukan guru yang belum menampilkan kompetensi sosial emosional yang memadai sesuai harapan. Untuk itu penelitian dilakukan untuk mengidentifikasi faktor yang berperan dalam mengembangkan kompetensi sosial emosional guru sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana peran kepuasan kebutuhan psikologis dasar guru dan efikasi diri guru terhadap kompetensi sosial emosional mereka. Sebanyak 483 guru sekolah dasar mengisi Social Emotional Competencies Teacher Rating Scale (SECTRS), Basic Psychological Need Satisfaction Scale - Work (BPNSS - Work), dan Indonesian Version - Teachers Sense of Efficacy Scale (I-TSES). Hasil menunjukan bahwa terdapat peran kepuasan kebutuhan psikologis dasar guru (R2=0,571, F(1,481)=649,826, p<0,001) dan efikasi diri guru (R2=0,372, F(1,481)= 284,758, p<0,001) terhadap kompetensi sosial emosional. Efikasi diri guru mempunyai peran yang lebih besar terhadap kompetensi sosial emosional guru dibandingkan kepuasan kebutuhan psikologis dasar guru. Hasil penelitian ini memiliki implikasi praktis bagi guru, sekolah, maupun pemerintah dalam penyusunan program intervensi untuk mendukung pengembangan kompetensi sosial emosional guru sekolah dasar. Pengembangan kompetensi sosial emosional guru dapat diarahkan pada pengembangan efikasi diri guru disamping memastikan kepuasan kebutuhan psikologis dasar mereka.

Being an elementary school teacher is a challenging profession with a high level of social emotional demands. They are required to be able to perform social emotional competencies. In reality, there are still many teachers who do not perform adequate social emotional competencies as expected. Based on this situation, research was conducted to identify the factors that play a role in the development of elementary school teachers' social emotional competencies. This study tries to investigate the role of teachers' basic psychological needs satisfaction and teachers' self-efficacy on their social emotional competencies. A total of 483 elementary school teachers filled out Social Emotional Competencies Teacher Rating Scale (SECTRS), Basic Psychological Need Satisfaction Scale - Work (BPNSS - Work), and Indonesian Version - Teachers Sense of Efficacy Scale (I-TSES). The results showed that teachers’ basic psychological needs satisfaction (R2=0,571, F(1,481)=649,826, p<0,001) and teachers’ self-efficacy (R2=0,372, F(1,481)= 284,758, p<0,001) play a  role in teachers’ social and emotional competencies. Teachers’ self-efficacy has a greater contribution in elementary school teachers' social emotional competencies than teachers' basic psychological needs satisfaction. The results of this study have practical implications for teachers, schools and the government in designing interventions program to support the development of elementary school teachers’ social emotional competencies. The development of teachers' social emotional competencies can be directed at developing teachers' self-efficacy as well as ensuring the satisfaction of their basic psychological needs.
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2024
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Andini Hasby
"Kompetensi sosial emosional merupakan salah satu kemampuan yang dibutuhkan oleh guru dalam menyiapkan siswa yang kompeten secara sosial emosional untuk menghadapi berbagai tantangan di abad 21. Dalam mengembangkan kompetensi sosial emosional pada guru, persepsi guru terhadap iklim sekolah dan tingkat efikasi diri guru menjadi faktor yang mendukung hal tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mencari efek mediasi yang dimiliki oleh efikasi diri guru terhadap hubungan antara persepsi iklim sekolah dan kompetensi sosial emosional guru. Partisipan pada penelitian ini berjumlah 493 guru sekolah dasar di Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan alat ukur Social Emotional Competencies-Teacher Rating Scale untuk mengukur kompetensi sosial emosional guru, Revised-School Level Enviromental Questionnaire untuk mengukur persepsi iklim sekolah, dan Teachers’ Sense of Efficacy Scale versi bahasa Indonesia untuk mengukur efikasi diri guru. Analisis regresi Hayes dilakukan terhadap penelitian ini dan ditemukan bahwa terdapat mediasi parsial untuk variabel efikasi diri guru terhadap hubungan persepsi iklim sekolah dan kompetensi sosial emosional guru pada dimensi teacher-student relationships dan emotion regulation. Hasil temuan ini membuktikan bahwa persepsi positif guru terhadap iklim sekolah dan efikasi diri guru berperan dalam meningkatkan kompetensi sosial emosional pada guru sekolah dasar.

Social-emotional competence is one of the abilities required by teachers to prepare students who are socially and emotionally competent to face various challenges in the 21st century. In developing social-emotional competence in teachers, teachers' perceptions of the school climate and the level of teacher self-efficacy become factors that support this. This study aims to find the mediating effect of teacher self-efficacy on the relationship between perceptions of the school climate and the social-emotional competence of teachers. The participants in this study were 493 elementary school teachers in Indonesia. This research is quantitative in nature, using the Social Emotional Competencies-Teacher Rating Scale (SECTRS) to measure teachers' social-emotional competence, the Revised-School Level Environmental Questionnaire (R-SLEQ) to measure perceptions of the school climate, and the Teachers’ Sense of Efficacy Scale in the Indonesian language (I-TSES) to measure teacher self-efficacy. Regression analysis, specifically Hayes' method, was applied to this research, and it was found that there is partial mediation for the variable of teacher self-efficacy in the relationship between perceptions of the school climate and teachers' social-emotional competence in the dimensions of teacher-student relationships and emotion regulation. These findings demonstrate that positive perceptions of the school climate and teacher self-efficacy play a role in enhancing social-emotional competence in elementary school teachers."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2024
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nazlatan Ukhra Kasuba
"Penelitian ini bertujuan mengeksplorasi bagaimana peran mediasi efikasi diri guru PAUD pada kreativitas guru PAUD dan pengelolaan kelas guru PAUD di daerah 3T di Maluku Utara, yaitu Kepulauan Sula dan Pulau Taliabu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kombinasi jenis eksplanatori desain berurutan .Teknik sampling dalam penelitian kuantitatif menggunakan teknik multistage random sampling dengan pengumpulan data menggunakan self-inventory instrument yang disebar pada partisiapan penelitian sebanyak 147 guru PAUD. Hasil penelitian kuantitatif yang dianalisa dengan metode jalur mediasi PROCESS MACRO Hayes menggunakan SPSS menunjukan kreativitas guru memiliki hubungan positif dengan pengelolaan kelas guru dengan koefiesien korelasi langsung sebesar 0.362 dan P= 0.001 serta peran mediasi efikasi diri guru dalam kreativitas dan pengelolaan kelas bersifat positif dengan koefisien korelasi mediasi sebesar 0.123 dengan koefisien total sebesar 0.485 yang menyimpulkan efikasi diri secara teoretis positif berperan sebagai mediator. Selanjutnya, hasil wawancara dengan teknik purposive sampling dimana jumlah partisipan yaitu 10 guru PAUD, menunjukkan bahwa guru yang memiliki kreativitas yang tinggi diiringi dengan efikasi diri cenderung akan memiliki kemampuan mengelola kelas yang sangat baik. Dalam pandangan Islam, hubungan ketiga variabel ini diperkuat oleh nilai-nilai Islam seperti Taqarrub, Tawakkal, Ihsan dan menyertakan etika serta moral yang baik.

This research aims to explore the mediating role of self-efficacy in the relationship between creativity and classroom management among early childhood education (ECE) teachers in the 3T (underdeveloped, frontier, and outermost) regions of North Maluku, specifically in the Sula and Taliabu Island. The research method used is a combination of sequential explanatory design.The sampling technique in the quantitative research used multistage random sampling, with data collection using a self-inventory instrument distributed to 147 ECE teacher participants. The quantitative research results, analyzed using the PROCESS MACRO Hayes mediation method with SPSS, showed that teacher creativity has a positive relationship with classroom management, with a direct correlation coefficient of 0.362 and P=0.001. The mediating role of teacher self-efficacy in creativity and classroom management is positive, with a mediation correlation coefficient of 0.123 and a total coefficient of 0.485, indicating that self-efficacy theoretically positively acts as a mediator. Furthermore, the results of interviews using purposive sampling with 10 ECE teachers show that teachers with high creativity accompanied by self-efficacy tend to have excellent classroom management abilities. From the Islamic perspective, the relationship among these three variables is reinforced by Islamic values such as Taqarrub, Tawakkal , Ihsan, and incorporating good ethics and morals."
Jakarta: Sekolah Kajian Stratejik dan Global Universitas Indonesia, 2024
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
"Pengembangan kewirausahaan sekolah merupakan trend baru yang mendukung pengembangan satuan pendidikan di berbagai tingkatan . Hal ini di dasarkan pada realitas bahwa semangat dan jiwa wirausaha tidak hanya dimiliki oleh pengusaha tetapi juga sem7ua orang yang - minimal - mampu berpikir kreatif dan bertindak inovatif untuk meningkatkan nilai tambah (manfaat) dari hasil usahanya...."
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Dhea Rizky Ardini
"Penelitian ini bertujuan untuk melihat peran efikasi-diri inovasi sebagai variabel mediator dalam hubungan antara aktivitas belajar formal maupun informal terhadap perilaku kerja inovatif karyawan. Studi kuantitatif ini dilakukan terhadap 165 responden menggunakan metode accidental sampling dengan menyebarkan kuesioner daring. Adapun karakteristik sample adalah karyawan/karyawati yang bekerja di area Jabodetabek dengan rentang usia 24 – 44 tahun, masa kerja minimal 1 tahun di tempat kerja saat ini dan pendidikan terakhir minimal S1. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah Alat Ukur Aktivitas Belajar Formal, Alat Ukur Aktivitas Belajar Informal, Skala Efikasi-Diri Inovasi dan Alat Ukur Perilaku Kerja Inovatif. Metode penelitian ini menggunakan metode survei. Untuk pengolahan data menggunakan analisa regresi mediasi dengan aplikasi statistik SPSS 25. Hasil analisis data menunjukkan bahwa efikasi diri inovasi memediasi sebagian hubungan antara aktivitas belajar formal dan informal dengan perilaku kerja inovatif. Hasil penelitian ini mengindikasikan adanya manfaat positif dari efikasi-diri inovasi dalam hubungan antara aktivitas belajar formal dan informal terhadap perilaku kerja inovatif.

This study aims to examine the role of innovation self-efficacy as a mediator in the relationship between formal and informal learning activities on employees' innovative work behavior. This quantitative study was conducted on 165 respondents using the accidental sampling method by distributing online questionnaires. The characteristics of respondents are employees who work in the Jabodetabek area with an age range of 24-44 years, a minimum 1 year of working experience in current company and has at least Strata-1 educational background. The measuring instruments used in this research are the Formal Learning Activity Scale, the Informal Learning Activity Scale, the Innovation Self-Efficacy Scale and the Innovative Work Behavior Scale. This research uses a survey method. For data processing using mediation regression analysis with the application of SPSS 25 statistics. The results of data analysis show that innovative self-efficacy partially mediates the relationship between formal and informal learning activities with innovative work behavior. The result of this study implies the benefits of innovative self-efficacy in the relationship between formal and informal learning activities on innovative work behavior."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2021
PR-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
JPK 17(1-2)2011
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
"The Japanase style comics began its popularity in Indonesia in 1991. The Indonesians are attracted to the translated Japanese comics and Japanese style drawing. This phenomenon is visible according to the increasing numbers of schools and books which offer courses on Japanese style comic's creation. In order to join in a comic competition, a comic artist has to deliver great efford and motivation. Effort and motivation are important part in self-efficacy. This research is a qualitative description study and the data were gathered through depth-interview which was delivered to five experienced comic artist whose comics have been published. The research results showed that personal and others' experiences are the most unfluential factor for self-efficacy. Most comic artists perceived that their starting point and or deeper self-efficacy were from others' success. Other's failure (as models), however, also shape the artist's get less social persuasion as another factor of self-efficacy. Temporarily though, the artists' self-efficacy also shaped by physical and psychological situations. Further considerations are advisable for diverse artists and delivery of this research findings to young comic artist to improve their self-efficacy efficiently."
PSJUILP 1:3 (2010)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Pramwidya Mazmur Novia
"Masa remaja adalah masa untuk memilih dari berbagai macam pilihan yang berkaitan dengan karier masa depan. Salah satunya adalah memilih peminatan di SMA yang dalam kurikulum 2013 dilakukan pada waktu siswa duduk di kelas 10. Proses memilih peminatan erat kaitannya dengan efikasi diri pengambilan keputusan karier. Salah satu faktor yang dapat membantu siswa untuk dapat mencapai efikasi diri pengambilan keputusan karier adalah persepsi siswa mengenai dukungan sosial yang didapatkan dari guru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan persepsi mengenai dukungan dari guru, yaitu guru bidang studi dan guru BP/BK, dengan efikasi diri pengambilan keputusan karier pada siswa SMA kelas 10. Partisipan penelitian ini terdiri dari 200 orang siswa SMA kelas 10 di Depok yang telah memilih peminatan.Persepsi dukungan guru diukur menggunakan Teacher Support Scale dari McWhirter (1997, dalam Metheny, McWhirter, & O’Neil, 2008) dan efikasi diri pengambilan keputusan karier diukur dengan Career Decision Self-Efficacy Scale dari Taylor dan Betz (1983, dalam Taylor & Betz, 2006) yang telah diadaptasi dan dimodifikasi oleh peneliti. Korelasi antara persepsi dukungan guru, baik guru bidang studi maupun guru BP/BK, dengan efikasi diri pengambilan keputusan karier menunjukkan hasil yang signifikan. Hasil akan didiskusikan lebih lanjut.

Adolescence is a time to choose from a wide variety of career options related to the future. One of them is to choose a specialization in high school which in the Kurikulum 2013 performed when students sitting in 10th grade. The process of selecting specialization is closely related to career decision-making self-efficacy. One of the factors that can help adolescents reach their career decision-making self-efficacy is the perception of students regarding social support obtained from the teacher. The purpose of this study was to determine the relationship of perceived support from teachers, which is divided as subject teachers and schoolcouselors, with the career decision-making self-efficacy on 10th grade students in high school. The participants of this study are 200 10th grade students in senior high school in Depok who have chosen specialization. Perceived teacher support was measured using the Teacher Support Scale from McWhirter (1997, in Metheny, McWhirter, & O'Neil, 2008 ), and career decision-making self-efficacy was measured using the Career Decision Self -Efficacy Scale from Taylor and Betz (1983, in Taylor & Betz, 2006) which has been adapted and modified by the researcher. The correlation between perceived teacher support, both subject teachers and school-counselors, with career decision-making self-efficacy showed significant results. The results will be discussed further.
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2014
S53178
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>