Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 11630 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Rinandityo
"ABSTRAK
Kursi roda merupakan alat transportasi utama bagi para penyandang cacat, khususnya yang memiliki kesulitan dalam berjalan. Pengembangan desain pada kursi roda merupakan hal yang patut dilakukan agar penyandang cacat agar dapat lebih mandiri dalam melakukan aktivitasnya. Contohnya adalah dengan mengembangkan kursi roda manual dengan system motor listrik yang portable, sehingga kursi roda yang manual bisa digerakan dengan bantuan energy listrik.
Pengembangan yang dilakukan pada penulisan skripsi ini adalah dengan menganalisis sistem motor elektrik untuk penggerak kursi roda portable atau juga disebut portable electric front wheel for wheelchair. Sistem terdiri dari is BLDC motor, controller, battery, dan throttle. Analisis yang dilakukan dengan motor listrik yang digunakan adalah saat kondisi tanpa beban, dengan beban pada throttle yang berbeda, dan pengereman dengan kecepatan yang berbeda. Tujuannya untuk mendapatkan konsumsi energy dan profil kecepatan dari prototype.
Konsumsi energy dari setiap perubahan tingkat throttle dari ¼ ke full yang didapatkan adalah 10.80 Wh/km, 19.14 Wh/km, 19.43 Wh/km dan 25.98 Wh/km. Dengan range jarak maksimum 88.91 km, 50.16 km, 49.41 km, dan 36.96 km. Jarak pengereman dari prototype pada kecepatan 5 km/jam adalah 1.02 m dan pada 15 km/jam adalah 1.60 m.

ABSTRAK
Wheelchair is one of the major transportation means for people with disability, especially people with difficulties with walking. Development in designing of wheelchair is something have to do so disabled people can be more independent to do their activity. For example, designing manual wheelchair with portable electric motor system, so the wheelchair can operate with the help of electricity.
The development this paper aims is analize electric motor system for portable wheelchair drive, or in this case portable electric front wheel for wheelchair. The motor system consists of, BLDC motor, controller, battery, and throttle. The analysis with the electric motor consist of motor with no load, motor with load at different level of throttle, and braking distance with different speed. The purpose of the analysis is to find energy consumption and velocity profile of the prototype.
Energy consumption with different level of throttle from level ¼ to full is 10.80 Wh/km, 19.14 Wh/km, 19.43 Wh/km and 25.98 Wh/km. With maximum range of use 88.91 km, 50.16 km, 49.41 km, and 36.96 km. Braking distance of prototype with speed 5 km.h is 1.02 m and for 15 km/h is 1.06 m"
2016
S63182
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Arief Kurnia Nandipinta
"ABSTRAK
Alat Portable electric front wheel for wheelchair ini dirancang untuk memberikan mobilitas lebih bagi pengguna kursi roda manual. Dengan menyambungkan kursi roda dengan sebuah roda yang memiliki HUB mottor maka kursi roda manual akan diberikan mobolitas layaknya mobility scooter. Agar alat dapat disambungkan dengan kursi roda ukuran apapun, maka diperlukan rancangan frame yang fleksibel dan dapat siatur sesuai kebutuhan. Mengingat pengguna alat adalah mereka yang memiliki disabilitas maka pengaturan tersebut harus bisa dilakukan dengan mudah untuk mereka. Penelitian dilakukan dengan membuat rancangan frame dan melakukan analisis terhadap kelayakan dari frame hasil rancangan. Analisais dilakukan pada kekuatan frame untuk melihat apakah kekuatan frame sudah mencukupi untuk besar gaya yang bekerja padanya. Prototipe juga direalisasikan dan diujo performanya. Dari hasil pengujian tersebut didapat baha protipe masih memiliki beberapa kekurangan yang perlu dikembangkan lagi dengan penelitian lebih lanjut. Untuk penelitian lebih lanjut akan baik jika dilakukan optimasi terhadap rancangan yang sudah ada untuk mengatasinya.

ABSTRACT
The portable electric front wheel for wheelchair device is designed to give more mobilitty to manual wheelchair users. By connecting the wheelchair to a wheel with a HUB motor installed on it, tthe manual wheelchair gains the mobility the likes of a mobility scooter. So that the frame can universally be used on any wheelchair, no matter the size, the frame for this device needs to be flexile and adjustable to suit the needs of the user. Remembering the user will be people with disability, the adjustment the mechanism for the adjustments need to be easy to use for them. The research is done by designing the frame and analysing wheter or not the design is strong enough for use. The result of the analysis shows that the currentt design of the fram is still overdesigned. For further research it would be benefitial to an optimization of the current design to fix the problem."
2016
S63392
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yogi Gunawan Atmawijaya
"Transportasi adalah bagian penting dalam kehidupan setiap manusia. Kebutuhan akan transportasi untuk berpidah tempat berlaku bagi semua orang tanpa terkecuali, termasuk para penyandang disabilitas. Di Indonesia sendiri, hak asasi tersebut diatur pada UU No. 39 tahun 1999 Pasal 7 poin 1 dimana dikatakan “Setiap warga negara Indonesia berhak untuk secara bebas bergerak, berpindah, dan bertempat tinggal dalam wilayah negara Republik Indonesia”. Selain aman, hemat energi, dan mudah dirawat, yang terpenting kendaraan untuk penyandang tuna daksa haruslah mudah untuk digunakan. Salah satu yang dapat memudahkan pengguna kendaraan ini adalah akses masuk yang mudah, nyaman dan tidak memerlukan usaha yang besar. Dalam perancangan ini, diasumsikan pengguna memiliki massa 100 kg dan kursi roda dalam keadaan standar memiliki massa 20 kg. Sistem Automatic Wheelchair Loading ini dibagi menjadi 2 bagian yaitu sistem door lifter dan sistem pembukaan pintu. Untuk sistem door lifter dipilih aktuator linear dengan panjang stroke 350 mm dan dapat memberi gaya sebesar 800 N. aktuator linear tersebut dapat digerakan dengan kecepatan linear sebesar 18 mm/s sehingga pintu dapat naik atau turun dalam ±19,5 detik. Untuk sistem pembukaan pintu dipilih aktuator linear dengan panjang stroke 400 mm dan dapat memberi gaya sebesar 1500 N. aktuator linear tersebut dapat digerakan dengan kecepatan linear sebesar 6 mm/s sehingga pintu dapat naik atau turun dalam ±67 detik.

Transportation is an essential component of all human lives. Everyone, including those with disabilities, requires transportation to get from one location to another. These human rights are governed in Indonesia by Law No. 39 of 1999, Article 7 point 1, which states that "every Indonesian citizen has the right to freely migrate, move, and remain within the territory of the Republic of Indonesia." Vehicles for individuals with disabilities must be easy to operate, in addition to being safe, energy efficient, and simple to maintain. Easy, comfortable entrance that does not need much effort is one of the features that may make things easier for people of this transportation. In this design, it is assumed that the user weighs 100 kg and that the wheelchair weighs 20 kilograms in its standard state. The door lifter system and the door opening system comprise the Automatic Wheelchair Loading system. A linear actuator with a stroke length of 350 mm and a force of 800 N is chosen for the door lifter system. The linear actuator has a linear speed of 18 mm/s and can move the door up or down in 19.5 seconds. For the door opening system, a linear actuator with a stroke length of 400 mm is chosen and can provide a force of 1500 N. The linear actuator has a linear speed of 6 mm/s and can move the door up and down in ±67 seconds."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Atika Nusya Puteri
"Analisis Situasi: Masyarakat Indonesia menjadi lebih sadar akan pentingnya mengekspresikan kepribadian masing-masing lewat apa yang mereka kenakan. Hal ini memicu pasar fashion di Indonesia untuk terus berkembang baik dalam lingkup lokal maupun dunia. Namun sayangnya kemunculan ini tidak didukung penuh oleh media fashion di Indonesia. Sehingga masyarakat pun terbiasa memanfaatkan media sosial untuk mendapatkan informasi mengenai trend fashion lokal. Maka dari itu, situs The Local Front berusaha menjawab kebutuhan tersebut. Selain memberikan informasi dan berita yang dibutuhkan konsumen hal ini juga dapat membangun fashion scene di Indonesia. Manfaat dan Tujuan Pengembangan Prototipe.
Manfaat bagi khalayak: Sebagai wadah informasi mengenai trend fashion lokal di Indonesia dan dikemas dengan pembahasan yang mendalamManfaat bagi pengelola: Sebagai sarana dalam menyampaikan informasi yang mengedukasi target sasaran mengenai fashion dan trend mode lokal di Indonesia.
Tujuan: Menjadi situs yang memberikan informasi, wawasan dan hasil analisis trend yang dapat digunakan target sasaran untuk memperluas pemahaman mengenai trend fashion lokal.
Prototipe yang Dikembangkan: Situs The Local Front akan menyajikan hasil pengamatan mengenai trend fashion lokal di Indonesia. Target khalayak adalah pengguna internet yang aktif mengikuti perkembangan trend,berusia 19-25 tahundengan SES A dan B.
Evaluasi: Media pre-test dilakukan menyebar kuisioner online kepada 30 responden setelah membaca konten prototipe. Evalusi input akan dilaksanakan dalam Rapat Redaksi dengan menganalisa hasil laporan tiap divisi dan jumlah pengiklan Evaluasi output akan dilakukan pemantauan khusus akan dilakukan pada situs ini melalui web statistic, yakni traffic, page view, share, subscribe dan jumlah comment untuk melihat trend dan minat pengunjung situs. Evaluasi outcome dilakukan dengan menyebarkan kuesioner yang meninjau pada evaluasi kehadiran situs sesuai dengan tujuan awalnya. "
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2016
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
John Patrick Anhar
"Perkembangan teknologi kendaraan dapat memberikan manfaat yang besar khususnya bagi penyandang tuna daksa yang memiliki keterbatasan mobilitasnya. Metode transportasi yang banyak tersedia bagi penyandang disabilitas ialah menggunakan transportasi umum. Berdasarkan [1], masih banyak fasilitas transportasi umum yang kurang memadai bagi penyandang disabilitas. Kendaraan disabilitas dirancang sebagai solusi dari permasalahan ini & menjadi opsi bagi penyandang disabilitas untuk bertransportasi. Automatic wheelchair loading merupakan fitur untuk memudahkan akses kursi roda ke kendaraan disabilitas. Dengan fitur ini, kendaraan tidak memerlukan ramp dengan dimensi panjang yang besar untuk memenuhi batasan sudut maksimum ramp bagi akses kursi roda sebesar 6° yang ditentukan Keputusan Menteri PU No. 468/KPTS/1998. Struktur telah didesain untuk menahan beban pengemudi beserta kursi roda & memperoleh safety factor melebihi 2. Body kendaraan merupakan komponen esensial dari suatu kendaraan yang membentuk keseluruhan kabin kendaraan. Body kendaraan disabilitas dirancang untuk dipasang pada chassis kendaraan dengan konstruksi body on frame. Body kendaraan disabilitas telah dirancang & memiliki nilai koefisien drag sebesar 0,39. Mekanisme penguncian posisi kursi roda diperlukan untuk memastikan kursi roda tidak bergeser ketika kendaraan berjalan. Dari simulasi didapat bahwa mekanisme penguncian posisi kursi roda yang dirancang dapat menahan posisi kursi roda ketika kendaraan berakselerasi dengan percepatan maksimumnya serta melalui tanjakan dengan kemiringan 10%.

The development of vehicle technology can provide great benefits, especially for physically disabled people who have limited mobility. The most widely available method of transportation for persons with disabilities is using public transportation. Based on [1], there are still many public transportation facilities that are inadequate for persons with disabilities. Disabled vehicles are designed as a solution to this problem & as an option for people with disabilities to transport. Automatic Wheelchair Loading is a feature to facilitate wheelchair access to disabled vehicles. With this feature, the vehicle does not need a ramp with a large length dimension to meet the maximum ramp angle limit for wheelchair access of 6° as stipulated in the Decree of the Minister of Public Works No. 468/KPTS/1998. The structure has been designed to withstand the load of the driver and wheelchair & obtain a safety factor of more than 2. Vehicle body is an essential component of a vehicle that forms the entire vehicle cabin. Disabled vehicle bodies are designed to be mounted on the chassis of the vehicle with a body on frame construction. The body of the disabled vehicle has been designed & has a drag coefficient value of 0,40. A wheelchair position locking mechanism is required to ensure the wheelchair does not shift when the vehicle is moving. From the simulation, it is found that the designed wheelchair position locking mechanism can hold the wheelchair position when the vehicle accelerates to its maximum acceleration and through an incline with a slope of 10%."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Radyatra
"Sebuah prototipe untuk Mesin PCR yang portabel, terjangkau, dan mudah digunakan telah dikembangkan oleh Universitas Indonesia untuk melakukan DNA Polymerase Chain Reaction (PCR). Studi ini membantu dalam pengembangan perangkat semacam itu agar menjadi Mesin PCR yang efektif dan reliable. Reliability perangkat semacam itu harus diukur dan dipahami untuk memastikan peforma yang optimal dan masa pakai yang tepat. Tujuan dari makalah ini adalah untuk secara khusus melihat sistem Thermal Cycler mesin, sistem di mana kemungkinan kegagalannya paling tinggi. Memahami karakteristik Thermal Cycler dapat membantu menghadirkan perangkat yang lebih baik secara keseluruhan, karena sistem ini menjadi garis keturunan dari keseluruhan proses PCR. Reliability sistem akan ditentukan melalui uji performa dan endurance di mana Thermal Cycler akan terus dipantau dan dianalisis untuk memberikan gambaran mengenai cara kerja perangkat ini, sehingga dapat di upgrade, didesain ulang, atau disiapkan langsung untuk penggunaan komersial.

A prototype for a portable, affordable, and user-friendly PCR Machine has been developed by the University of Indonesia to perform DNA Polymerase Chain Reaction (PCR). This study helps in the development of such a device for it to become an effective and reliable PCR Machine. It is imperative that the reliability of such a device is measured and understood to ensure an optimal performance and lifetime. The goal of this paper is to specifically look at the Thermal Cycler system of the machine, the system in which the probability of failure is the highest. Understanding the characteristics of the Thermal Cycler may help bring a better overall device, as this system becomes the bloodline of the whole Polymerase Chain Reaction process. The reliability of the system will be determined through performance and endurance tests where the Thermal Cycler be constantly monitored and analyzed to paint a picture of working of this device, so that it may be upgraded, redesigned, or presented as is for commercial use."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2021
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Felix
"Tujuan utama dari studi ini adalah untuk mengembangkan sebuah bentuk Thermal cycler yang efektif dan ramah pengguna untuk melaksanakan polymerase chain reaction (PCR) untuk DNA. Karya tulis ini meneliti kemampuan untuk memanufaktur Thermal cycler dengan metode konvensional dan komponen yang umum tersedia untuk mencapai hasil kinerja yang efektif dengan biaya produk yang rendah dibandingkan model yang tersedia secara komersial. Umumnya, thermal cycler menggunakan blok pemanas perak yang berfungsi sebagai wadah pemanas untuk mencapai perbuahan temperatur yang cepat dan keseragaman suhu, tapi Lab-on-a-chip (LoC) dari Polydimethylsiloxane (PDMS) digunakan dibandingkan perak untuk mencapai sifat biocompatibility dengan beragam sampel. Komputer mini Raspberry-Pi digunakan sebagai pengendali untuk mencapai kinerja kendali yang diperlukan sembari menyediakan ruang untuk pengembangan lebih lanjut. Karakterisasi dari proses pemanasan dan PCR dilakukan untuk memagami fenomena perpindahan panas dan kecepatan siklus suhu dalam lingkungan PDMS. Karya tulis ini juga menyertakan analisa dari kecepatan siklus berkaitan dengan parameter kendali dari Thermal cycler yang sudah diproduksi. Pada akhirnya, karakterisasi dan hasil analisa akan menunjukkan kemampuan performa yang telah dicapai thermal cycler.

The ultimate goal of this study is to develop an effective and user-friendly form of Thermal cycler to perform DNA Polymerase Chain Reaction (PCR). This paper research the ability to manufacture a Thermal cycler using conventional methods and readily available components to achieve an effective performance result with low production cost compared with commercially available counterparts. Commonly, Thermal cycler use silver heating block to act as a heating vessel for samples to achieve fast temperatur changes and uniformity in temperatur, but Polydimethysiloxane (PDMS) lab-on-a-chip (LoC) is utilized in contrast to silver as heating vessel in this study to achieve biocompatibility with various samples. Raspberry-Pi pocket computer was utilized as a controller to achieve the necessary control with room for future capabilities addition and improvement. Characterization of the heating and PCR processes was done to understand the heat transfer phenomenon and thermal cycling speed in PDMS environment. This paper also includes analysis of the cycle speed in correspond to the control parameters of the manufactured Thermal cycler. Ultimately, the characterization and analysis results will show the achieved performance capabilities of the Thermal cycler.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Boca Raton: CRC Press, 2009
621.319 ELE
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
851.1 D 21 t
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Conrad, Joseph, 1857-1924
New York : The Viking Press, 1947.
823.9 C 314 p
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>