Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 107052 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Fakhri Mubin Asyraf
"ABSTRACT
Skripsi ini membahas mengenai minat baca anak pada pola asuh orangtua di Kelurahan Margahayu, Bekasi Timur. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan minat baca anak dengan penerapan pola asuh orangtua. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Hasil dari penelitian ini menggambarkan bahwa jenis pola asuh yang menunjukkan kondisi sesuai untuk minat baca anak adalah pola asuh otoritatif. Orangtua yang menggunakan pola asuh otoritatif akan menyediakan bahan bacaan berkualitas kepada anaknya seperti buku bergambar, komik, buku fiksi, dan biografi yang sesuai dengan usia anak. Dengan memberikan bahan bacaan ini akan merangsang rasa ingin tahu anak sehingga mereka tertarik untuk membaca buku. Kondisi lingkungan seperti adanya Taman Bacaan Masyarakat atau lokasi tempat tinggal yang dekat dengan perpustakaan daerah juga menjadi faktor pendukung perkembangan minat baca anak. Pada pola pengasuhan otoritatif orangtua memberikan perhatian dan kasih sayang secara langsung sehingga anak berkembang menjadi pribadi yang memiliki rasa percaya diri, penurut, dan menghargai orang lain. Sehingga orangtua dapat lebih efektif dalam meningkatkan minat baca anak.

ABSTRACT
This thesis discusses about the chlidrens reading interest through parenting in the Margahayu village, East Bekasi. This study aims to describe the childrens reading interest through the implementation of parenting. The research is qualitative research with case study method. The result of this study illustrate that kind of parenting that shows the state according to childrens reading interest is authoritative parenting style. Parents who use authoritative parenting will provide quality reading materials to their children such as picture books, comics, fiction, and biography that suits the childs age. By providing reading materials will stimulate the curiosity of children so that they are interested in reading a book. Environmental conditions such as the Community Library or the location of a place to stay that is close to local libraries also a factor supporting the development of childrens reading interest. In authoritative parenting parents give attention and affection in person the child will develop into a person who has confidence, obedient, and respect for others. So that parents can be more effective in improving childrens reading interest.
"
2016
S64516
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2005
S8657
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Shinta Silviana
"Skripsi ini membahas mengenai pola asuh para orangtua yang menggunakan Perpustakaan Anak Rimba Baca sebagai upaya dalam menumbuhkan minat baca anak mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pola asuh orangtua ketika berada di perpustakaan dan di rumah, dan mengidentifikasi faktor-faktor yang menentukan pola asuh orangtua. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan jenis pola asuh orangtua merupakan pola asuh demokratis. Oleh karena jenis pola asuh tersebut, maka pola asuh orangtua ketika berada di perpustakaan ialah dengan memberikan kepercayaan kepada staf perpustakaan untuk membantu menumbuhkan minat baca anak melalui kegiatan perpustakaan. Sedangkan di rumah, para orangtua memberikan pengasuhan dengan meluangkan waktu untuk membacakan buku.

This undergraduate thesis discusses on parenting pattern that use at Perpustakaan Anak Rimba Baca as an effort to excite children’s reading interest. The purpose of this research are to identify the parenting at library and at home, and for identify the factors to determine the parenting. This type of research is qualitative research with case study method. The result of this research indicates that the type of parenting id authoritative parenting. Therefore, that type of parenting, the pattern of parenting when the parent at library is gives confidence to library staff in order to help increasing reading interest by library activity. Whereas, at home, parents can take some time to read their children a book."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2013
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fathima Asyahidatu Zahra
"ABSTRAK
Air limbah domestik (grey water) merupakan air limbah yang dihasilkan oleh kegiatan manusia yang salah satu sumbernya adalah dari kegiatan mandi, cuci, dan kakus. MCK Plus adalah salah satu program sanitasi berbasis masyarakat sebagai usaha peningkatan akses masyarakat terhadap air bersih dan fasilitas sanitasi yang layak, berupa sarana umum untuk memfasilitasi kegiatan mandi, cuci, dan kakus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik air limbah efluen instalasi pengolahan air limbah (IPAL) eksisting MCK Plus dan mengetahui tingkat efektifitas sistem lahan basah buatan dalam mendaur ulang air yang keluar dari IPAL tersebut. Penelitian bersifat eksperimental berskala pilot, berupa sistem pengolahan lanjutan dengan lahan basah buatan sistem aliran bawah permukaan bermedia serbuk arang dengan waktu tinggal satu hari dan ditanami Canna indica dan Pontederia sp. Penelitian ini menunjukkan bahwa sistem ini dapat menurunkan kadar BOD, amonia, nitrit, nitrat, total nitrogen, dan COD secara berturut-turut sebesar 93,4%, 90,64%, 98,47%, 90,3%, 90% dan 97,35%, dan berdasarkan parameter diatas dapat memenuhi kualitas air dengan peruntukkan sebagai air baku air minum, pengairan tanaman, perikanan dan peternakan.

ABSTRAK
Domestic wastewater (greywater) is wastewater generated by human activities such as bathing, washing, and toilet. MCK Plus is one of the community-based sanitation program as an attempt to increase people's access to clean water and proper sanitation facilities. MCK Plus is a public facility to facilitate the activities of bathing, washing, and toilet. This research aims to determine the characteristics of the wastewater effluent from MCK Plus existing wastewater treatment plant (WWTP) and determine the effectiveness of constructed wetland system for recycling the wastewater. This is a pilot-scale experimental research with an advanced treatment system in the form of subsurface flow constructed wetlands system with charcoal powder, with one day residence time and planted with Canna indica and Pontederia sp. This study shows that this system can reduce levels of BOD, ammonia, nitrite, nitrate, total nitrogen, dan COD by 93.4%, 90.64%, 98.47%, 90.3%, 90%, and 97.35% respectively. Based on the above parameters, the water can meet the quality for drinking water, irrigation, fisheries and livestock."
2015
S59490
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Simanjuntak, Mangara
"Terjadinya krisis moneter yang terus berkepanjangan hingga saat ini, telah menambah jumlah angka kemiskinan di Indonesia. Krisis tersebut selain berdampak pada perubahan tatanan dalam segala aspek kehidupan bermasyarakat maupun bernegara. Badan Pusat Statistik (2000) mencatat, dalam kurun waktu 1997-1999 angka pengangguran terbuka naik dari 4,79% menjadi 6,4%, suatu gambaran kenaikan yang relatif tajam. Kondisi ini telah membuat jumlah kelompok miskin semakin bertambah seperti pada tahun 1998 jumlah kelompok miskin sebanyak 34,5 juta menjadi 49,5 juta jiwa pada tahun 1999. Bahkan diprediksikan pada tahun 2001 penduduk miskin meningkat menjadi 80 juta-an jiwa (30%). Sebenarnya pemerintah telah melakukan berbagai program pembangunan yang bertujuan menanggulangi kemiskinan seperti program TAKESRA, KUKESRA, KUT, IDT, dengan pendekatan sentralistik dan top-down yang kurang memperhatikan kondisi daerah.
Untuk mengatasi dampak krisis ekonomi tersebut terhadap masyarakat miskin, maka pemerintah melakukan berbagai program seperti Jaring Pengaman Sosial (JPS), Pemberdayaan Daerah dalam Mengatasi Krisis Ekonomi (PDMKE), maupun bantuan sembako melalui pasar murah. Semuanya lebih bersifat darurat dan mengarah pada pola konsumtif. Berkaitan dengan masalah kemiskinan tadi, pemerintah melakukan perubahan pendekatan dengan menganut pendekatan "pemberdayaan" yang lebih berorientasi pada peningkatan kemampuan masyarakat miskin dengan penguatan institusi lokal. Salah satu program yang dimunculkan adalah "Program Penanggulangan Kemiskinan di Perkotaan" (P2KP) sebagai program pemberdayaan masyarakat miskin, agar mereka dapat menolong dirinya sendiri (self-help).
Proses pemberdayaan ini menekankan kepada proses memberikan atau mengalihkan sebagian kekuasaan, kewenangan, kekuatan dan meningkatkan kemampuan masyarakat miskin agar mereka lebih berdaya. Dengan kata lain proses pemberdayaan ini harus mampu menyerap aspek-aspek pemberdayaan dalam setiap kegiatan pelaksanaan P2KP seperti (1) perencanaan program tumbuh dari KSM; (2) KSM sebagai aktor utama pelaksana program ; (3) adanya partisipasi dan swadaya KSM; dan; (4) Implementasi program lebih mengutamakan proses daripada hasil.
Bila dikaitkan dengan konsep pemberdayaan tadi, maka permasalahan dalam pelaksanaan P2KP sebagai pemberdayaan masyarakat miskin adalah "apakah sudah terserap aspek-aspek pemberdayaan dan sasaran program adalah orang miskin?. Permasalahan ini memunculkan pertanyaan penelitian yaitu: (1) Aspek-aspek pemberdayaan apa yang diserap dalam pelaksanaan P2KP; (2) Bagaimana proses pemberdayaan masyarakat miskin; (3) Peranan fasilitator dalam proses pemberdayaan masyarakat miskin; (4) Hambatan apa yang dijumpai dan usaha mengatasinya.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif untuk menghasilkan informasi-informasi tentang data-data proses pemberdayaan masyarakat miskin yang dilaksanakan melalui P2KP. Pemilihan informan dilakukan ,dengan metode "purposive sampling" yang meliputi Kabid.Pemberdayaan Ekonomi Bapade, Kasi Kesos, Sekretaris kelurahan, Faskel, Ketua BKM, Ketua KSM Cemara V dan anggota maupun Ketua KSM Papaya dan anggota. Untuk mendapatkan informasi dari informan penelitian ini melakukan wawancara mendalam, observasi dan studi dokumentasi.
Dari hasil penelitian di lapangan menunjukkan bahwa terdapat aspek-aspek pemberdayaan dalam P2KP sebagai salah satu kebijakan penanggulangan kemiskinan. Tetapi pada tataran implementasi di lapangan penerapan aspek-aspek pemberdayaan dalam pelaksanaan P2KP di Kelurahan Margahayu masih rendah. Ini dapat dilihat dari dominannya fasilitator, RW/RT maupun pengurus BKM dalam pembentukan dan pemilihan pengurus kelompok, perencanaan program/pembuatan proposal usaha serta perguliran dana. Dalam tataran ini KSM hanya pelaksana pasif tanpa ikut terlibat. Sasaran program belum mengakses kelompok miskin yang mengalami kerentanan sosial dan ketidakberdayaan, karena 90 % dari anggota KSM adalah warga masyarakat yang telah memiliki usaha awal walaupun masih disebut "warga miskin".
Dalam tataran pelaksanaan P2KP yang terjadi adalah pemberdayaan program pada tingkat BKM. Ini dilihat dari upaya-upaya pencapaian target ekonomis saja yang selalu mengutamakan hasil daripada proses. Pada hal dalam kebijakan makronya, kegiatan P2KP tidak hanya bersifat ekonomis, tetapi juga bersifat sosial seperti peningkatan SDM masyarakat miskin.
Berdasarkan temuan lapangan yang direkomendasikan adalah: BKM dalam perguliran dana P2KP lebih memberdayakan masyarakat miskin dengan cara merubah kebijakannya yang lebih memprioritaskan warga yang telah memiliki usaha awal ke arah masyarakat miskin yang memerlukan bantuan usaha modal. Hal ini agar sasaran program P2KP sebagai upaya pengentasan kemiskinan dapat terwujud. Selain orientasi ekonomi, proses perguliran dana juga dapat diarahkan pada kegiatan sosial seperti upaya peningkatan SDM serta pemberian beasiswa SD terhadap anak-anak dari keluarga miskin. Untuk meningkatkan kemampuan fasilitator dalam pengembangan masyarakat perlu upaya peningkatan pengetahuan tentang teknik-teknik pengembangan masyarakat melalui pelatihan-pelatihan yang berkaitan dengan teknik pendampingan masyarakat serta dilanjutkan dengan peninjauan lapangan."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2002
T7136
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Akhirul
"Skripsi ini membahas mengenai kegiatan pola asuh orang tua terhadap pengembangan minat baca dalam rangka mendukung tujuan Pemerintah untuk mengembangkan minat baca. Penelitian ini merupakan penelitian Kualitatif dengan pendekatan studi Etnografi. Temuan penelitan menunjukan bahwa sifat orang tua sangat berpengaruh dengan pengembangan minat baca anak. Orang tua pada masyarakat pesisir sebagian besar merupakan orang tua yang cuek dan tidak ingin diganggu kehidupan pribadinya dengan si anak. Namun, tidak sedikit juga orang tua yang peduli dengan perkembangan minat baca si anak tersebut.
Kesimpulan penelitiannya adalah bahwa pola asuh orang tua untuk mengembangkan minat baca terutama pada masyarakat pesisir masih dalam tahap pengembangan dan dapat dikatakan sebagai pengembangan secara lambat, karena karakteristik homogen masyarakat pesisir yang hampir sebagian besar terlalu fokus untuk mencari nafkah dibandingkan dengan mengembangkan minat baca untuk anak.

The undergraduate thesis discusses about parenting style on reading interest development to support the Government's intention to develop reading interest. This study is a qualitative research with Ethnographic study approach. Research findings indicate that parent’s natures are very influential in the development of child's interest in reading. Older people in coastal communities are mostly ignorant parents and do not want to be bothered with the child's personal life. However, many parents are concerned too with the development of the child's interest in reading.
The result of the study shows that parenting parents to develop interest in reading, especially in coastal communities are still in the development stage and can be said as slow development, because the characteristics of coastal communities whom mostly are too focused to make a living than developing child’s interest in reading.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2013
S45789
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yulia Annisa
"Penelitian ini membahas mengenai minat baca anak jalanan di KOPPAJA Klender, Jakarta Timur serta upaya yang dilakukan oleh komunitas dalam meningkatkannya. Masalah yang diangkat dalam penelitian ini ialah minat membaca anak di KOPPAJA terkait dengan aktivitas sehari ? hari mereka di jalan dalam memenuhi kebutuhan ekonomi keluarga. Penelitian ini bertujuan untuk memahami minat membaca anak jalanan yang didukung oleh adanya fasilitas, koleksi, serta program yang dibuat oleh KOPPAJA Klender, Jakarta Timur. Metode penelitian yang digunakan ialah kualitatif dengan teknik studi kasus. Peneliti menyimpulkan bahwa keberadaan KOPPAJA sangatlah penting karena merupakan sarana pembentukan kebiasaan membaca bagi anak-anak jalanan di Klender, Jakarta Timur.

This study discusses about reading interest of street children in KOPPAJA Klender, East Jakarta and efforts community to improve it. The issues raised in this research children reading interest at KOPPAJA related to their daily activities in the street to meet the economic necessity of a family. This study attempt to understand reading interest of street children who supported by facilities, collection, and program made by KOPPAJA. In this study, researcher use the qualitative method which is case study method. The researcher concluded that the existance of KOPPAJA is very important because it is a means of reading habit formation for street children in Klender, East Jakarta."
2016
S62481
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nisa Prianti Yasti
"Penelitian ini membahas mengenai minat baca anak di Sekolah Citra Alam Jakarta. Masalah yang dibahas dalam penelitian ini yaitu minat baca anak pada usia masa tengah dan akhir yang berusia 8 ndash; 10 tahun yang memiliki nilai Bahasa Indonesia tertinggi dan terendah di kelas berdasarkan aspek-aspek minat baca anak yaitu keterampilan membaca, ketertarikan anak dalam membaca, lingkungan, tingkat ekonomi, tempat tinggal, usia, dan gender. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi minat anak dalam membaca di Sekolah Citra Alam.
Pendekatan penelitian yang digunakan ialah kualitatif dengan metode studi kasus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa lingkungan dan ketersediaan bahan bacaan merupakan faktor dominan yang memengaruhi minat baca anak. Sedangkan untuk aspek tingkat ekonomi tidak berpengaruh terhadap minat baca anak di Sekolah Citra Alam.

This study discusses the children's interest in the Sekolah Alam Jakarta. Issues discussed in this research that children's interest in ages past middle and end were aged 8 10 years have a value of Indonesian highs and lows in the classroom based on aspects of children's interest in which reading skills, child's interest in reading, the environment, economic level, place of residence, age, and gender. This study aimed to analyze the factors that affect a child's interest in reading in the Sekolah Citra Alam.
The approach used in this study is qualitative case study method. The results of this study indicate that the environment and the availability of reading materials is the dominant factor affecting children's interest. As for the aspects of economic levels do not affect the children's interest in the Sekolah Citra Alam.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2016
S66156
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Shifa Syahidatul Wafa
"Ibu bekerja pada umumnya memiliki waktu yang terbatas untuk berinteraksi dengan anaknya padahal anak usia prasekolah sedang mengalami puncak perkembangan kognitif. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kekuatan dan arah hubungan antara pola asuh ibu bekerja dengan perkembangan kognitif anak usia prasekolah. Desain penelitian yang digunakan adalah Cross Sectional yang melibatkan 45 responden ibu bekerja beserta anaknya di dua TK di Kelurahan Cipayung Jakarta Timur dengan teknik Cluster Sampling.
Hasil uji Korelasi Rank Spearman menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang lemah dan negatif antara pola asuh otoriter (r= -0,071) dan permisif (r= -0,164) dengan perkembangan kognitif anak usia prasekolah, namun terdapat hubungan yang lemah dan positif antara pola asuh demokratis (r= 0,036) dengan perkembangan kognitif anak usia prasekolah. Penelitian ini merekomendasikan kepada praktisi kesehatan untuk memberikan informasi kepada ibu yang bekerja tentang jenis pola asuh yang dapat mendukung perkembangan kognitif anak.

Most of working mothers have limited time to interact with their children while preschool-aged children reach their peak cognitive development. This research is aimed to identify the power and the linear relationship between parenting styles and cognitive development of preschool-aged children. Design used in this research is Cross Sectional which took 45 respondents of working mothers and their children in kindergartens at administrative village of Cipayung East Jakarta as the sample of the study who were chosen by using Cluster Sampling technique.
The result of Spearman’s Rank Correlation test showed there were weak and negative correlation between authoritarian parenting (r= -0,071) and permissive parenting (r= -0,164) with the cognitive development of preschool-aged children, however there were weak and positive correlation between authoritative parenting (r= 0,036) and the cognitive development of preschool-aged children. This research is recommended to the health practitioner to give information to working mothers about the type of parenting styles that can support children’s cognitive development.
"
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2015
S59807
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Novia Dwi Indaryani
"Artikel ilmiah ini membahas mengenai jenis pola asuh orang tua yang berprofesi guru terhadap pengembangan minat baca anak di kompleks guru Pelabuhan Ratu. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Kualitatif dengan pendekatan studi Etnografi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pendidikan orang tua, profesi orang tua dan lingkungan di sekitar anak (keluarga) berpengaruh dalam meningkatkan minat minat baca anak. Orang tua yang berprofesi sebagai guru menggunakan jenis pola asuh otoritatif (authorative parenting) dalam membangun minat baca anak. Mereka membebaskan anaknya untuk memilih apa yang mereka minati namun dengan batasan-batasan atau peraturan yang sudah disepakati terlebih dahulu. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa pola asuh orang tua dalam membangun minat baca anak di lingkungan kompleks guru Pelabuhan Ratu dapat dikategorikan cukup baik dalam arti para orang tua peduli dengan minat baca dan mendukung anak dengan melengkapi fasilitas seperti bahan bacaan yang sesuai dengan usia anak sehingga anak dapat menyukai kegiatan membaca.

The undergraduate thesis discusses about the type of parenting of parents working as teachers in relation to the development of chidrens reading interest at Kompleks Guru Pelabuhan Ratu. This is a qualitative research with ethnographic study approach. The result show that parents education background, profession, and childrens surrounding environment (family) are advancing childrens reading interest. Parents working as teachers use authoritative parenting method in building childrens reading interest. They let their children free to choose any reading materials they are interested in yet with boundaries or rules which have been agreed beforehand. The conclusion from this research is parentings style on increasing of children reading interest in environment of Kompleks Guru Pelabuhan Ratu are quite good in the sense of parents concerned with reading and supporting the child?s with facilities such as reading material according with age so that the child can love reading."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2015
S61103
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>