Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 182149 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Valdi Sina Ilman
"ABSTRAK
Seiring dengan berkembangnya organisasi dan bisnis saat ini, perusahaan
membutuhkan suatu evaluasi performa untuk mengetahui apakah kinerja mereka
sudah sesuai dengan harapan stakeholder internal maupun eksternal. Pengukuran
performa tersebut juga dapat mengetahui keadaaan perusahaan saat ini sehingga
akan digunakan oleh top management dalam menentukan strategi yang tepat bagi
perusahaan. MBNQA merupakan suatu bingkai kerja yang mengarahkan
manajemen agar sesuai dengan keinginan pelanggan dan karyawan melalui
manajemen aktif dari service quality dan performa. MBNQA terdiri dari tujuh
aspek yaitu Leadership, Strategic Planning, Customer Focus, Measurement
Analysis and Knowledge Management, Workforce Focus, Process Management
dan Result (Outcomes). Pada tesis ini dilakukan studi mengenai pengaruh penerapan
MBNQA pada performa organisasi di industri hilir gas bumi di indonesia. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa 6 kriteria MBNQA yang terdiri dari Leadership,
Strategic Planning, Customer Focus, Measurement Analysis and Knowledge
Management, Workforce Focus, Process Management tidak berpengaruh
signifikan terhadap Result (Outcomes). Salah satu faktor yang menyebabkan hal
tersebut adalah Environment, Relationship and Challanges. Seperti diketahui saat
ini terjadi penurunan harga minyak dan gas bumi di seluruh dunia yang
menyebabkan performa perusahaan menjadi tidak maksimal. Untuk itu perlu
dilakukan penelitian lebih lanjut apabila kondisi global minyak dan gas dunia
kembali normal untuk mengonfirmasi hasil penelitian ini

ABSTRACT
Along with the development of organizations and businesses today, companies need a
performance evaluation to determine whether their performance is in accordance with
internal and external stakeholder expectations. The performance measurements could also
find out the circumstances of companies today that will be used by top management in
determining the right strategy for the company. MBNQA is a framework that directs
management to fit the desires of customers and employees through active management of
service quality and performance. MBNQA consists of seven aspects: Leadership,
Strategic Planning, Customer Focus, Measurement Analysis and Knowledge
Management, Workforce Focus, Process Management and Result (Outcomes). In this
thesis, a study concerning the impact of MBNQA on the performance of the organization
in the downstream gas industry in Indonesia. The results showed that the 6 criterias of
MBNQA consisting of Leadership, Strategic Planning, Customer Focus, Measurement
Analysis and Knowledge Management, Workforce Focus, Process Management
Performance have no significant effect on Result (Outcomes). One of the factors that
cause this is Environment, Relationship and Challanges. As is known at this time decline
in the price of oil and gas around the world that led to the company's performance to be
not optimal. For that we need to do further research if global conditions of oil and gas the
world returns to normal to confirm these results"
2016
T45723
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Iskandar Sadikin
Bandung: Lembayung Center Indonesia, 2010
658.562 ISK b
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Shodiq
"Menghadapi era globalisasi dan liberalisasi perdagangan yang mengarah pada pembentukan pasar bebas bersama dunia menuntut standardisasi produk sebagaimana ditetapkan WTO. Dalam kondisi seperti ini hanya produk dan jasa bermutulah yang akan memenangkan persaingan dan mempertahankan posisinya di pasar.
Total Productive Maintenance (TPM) bermaksud untuk menciptakan kepuasan konsumen dan kepuasan karyawan. Sasaran ini dilakukan dengan cara memperbaiki kondisi perusahaan. Yang dimaksud dengan memperbaiki kondisi perusahaan disini ialah merubah atau meningkatkan sumber daya manusianya melalui pendidikan dan pelatihan. Pendidikan dan pelatihan yang dimaksud adalah mendidik orang agar mampu meningkatkan kondisi peralataan, perbaikan bahan dan perbaikan sistem. Dengan perbaikan kondisi perusahaan berupa man, machine, material & method, maka akan mampu menghasilkan tujuan kongkrit yaitu Productivity, Quality, Cost, Delivery, Safety environment & Mental.
TPM merupakan " people oriented system", sehingga dalam melakukan evaluasi pelaksanaan program TPM di Pabrik Pengerolan Baja Lembaran Dingin PT.Krakatau Steel ini hal yang cukup panting untuk diperhatikan dan dijadikan bahan evaluasi antara lain adalah bagaimanakah mereka mendesain, mengorganisasi dan mengelola TPM serta bagaimana mereka mendesain pelatihan TPM yang melibatkan seluruh level karyawan dengan tujuan untuk memberikan pengetahuan dasar mengenai TPM serta apakah implementasi TPM ini juga mempertimbangkan aspek-aspek lingkungan kerja serta kesejahteraan dan kepuasan karyawan.
Oleh karenanya alat ukur yang paling tepat dalam melakukan assesment ini adalah Assesment Tool: Human Resources Focus dari MBNQA (Malcolm Baldrige National Quality Award): 2000 Criteria For Performance Excellence.

The terms of globalization and free trading are the two things that always come up and closely related to the way we are living at this age. The simple meaning of the globalization it self is "oneness" of the world, whereas in term of business perspective this oneness leads to standardizing of the product especially for the quality. International bodies for monitoring standard of the product were established such as World Trade Organization (WTO). All these bodies will make sure by issuing the license that such product is exempted to be traded in the international market otherwise no space for the inferior product. It is simply because, the only superior product which is sustain at very high competitive environment.
The product with high quality as requirement of production and also to satisfy the need of the customers and at the same time, employee's oriented approach. Employees as a main factor of production will determine the up and down of the industry. It is obvious, the quality of product are only produced by those who have talent, skill and knowledgeable workers. For this reason, the enhancement of the employees' skills and talent are indispensable ingredient that cannot be avoided by the company. This can be achieved by means provide training course for the employees. The type of the training it self should be comprehensive program to do the job more effective and efficient. In short, the aim of the TPM (Total Productive Maintenance) is encompassing the whole aspect of production such as man, machine, material and method which will lead to ultimate achievement of productivity, quality, cost, delivery, Safety environment & Mental.
TPM is a "people oriented system", so that in the process of evaluating the program of TPM at Cold Rolling Mill PT. Krakatau Steel, it is a very important matter to be taken into consideration and attention which is later it is needed as means of evaluation how they are designing, organizing and managing the TPM which are involving all the management level in the organization for the reason of giving the basic knowledge toward the TPM, moreover, the implementation of TPM is also going to take consideration about working environment aspects and satisfaction of employees. Therefore, the exact tools in doing the assesment are Human resources focus of MBNQA (Malcolm Baldrige National Quality Award): 2000 Criteria for Performance Excellence."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2002
T7504
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Intan Purbosani
"ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh rancangan ulang nilai bobot masing-
masing kriteria penilaian kinerja Malcolm Baldrige National Quality Award 2009-
2010 sehingga lebih sesuai untuk kultur industri jasa konstruksi. Metode penelitian menggunakan proses hierarki analisis konvensional (AHP) dan Fuzzy
AHP untuk memverifikasi perhitungan sebelumnya. Dari hasil penelitian
didapatkan adanya perbedaan dengan bobot kriteria asli Malcolm Baldrige
khususnya pada kategori fokus pelanggan diperoleh bobot sebesar 360 poin, kategori hasil 225 poin, dan kategori kepemimpinan sebesar 195 poin. Hal ini menunjukkan kuatnya dominasi pelanggan, hasil dan kepemimpinan dalam kultur proyek pada perusahaan kontraktor sehingga lebih merepresentasikan bobot kriteria penilaian MBNQA untuk industri jasa konstruksi.

Abstract
This study aims to obtain redesign the weight of each performance appraisal criteria Malcolm Baldrige National Quality Award 2009-2010 making it more
suitable for construction services industry. Research methods using conventional AHP and re-validated by the method of Fuzzy AHP. From the results obtained the
difference weighting of Malcolm Baldrige genuine criteria in particular on the customer focus category by 360 points, results category by 225 points, and
leadership category for 195 points. This shows the strong dominance of the customer, the project culture and leadership in the contracting firm that represents
suitable MBNQA criteria weight for construction services industry."
2011
T29930
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Burhan Lumban Gaol
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2005
T41206
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dewi Sri Rachmawati
"Latar Belakang: Rumah Sakit dituntut untuk tetap mampu meningkatkan pelayanan yang lebih bermutu dan terjangkau oleh masyarakat agar terwujud derajat kesehatan yang setinggi-tingginya. Rumah sakit dituntut untuk memberikan pelayanan yang bermutu dan lebih memperhatikan konsumen. Pelayanan kesehatan yang bermutu adalah pelayanan kesehatan yang dapat memuaskan pemakai jasa kesehatan, sesuai tingkat kepuasan rata-rata penduduk. Kinerja rawat inap RSUD Mampang Prapatan belum optimal sehingga diperlukan identifikasi akar permasalahan, agar upaya optimalisasi mutu kinerja RSUD Mampang Prapatan sesuai dengan kebutuhan.
Metode: Penelitian kuantitatif dengan kuisioner oleh 149 responden danpenelitian kualitatif dengan 17 informan, data dikumpulkan menggunakan wawancara mendalam, investigasi dokumen, observasi dan kuisioner yang didasarkan pada 7 kriteria Malcolm Balridge, yaitu kepemimpinan, perencanaan strategis, fokus pada pasien, konsumen lain dan pasar, pengukuran, analisis dan pengetahuan manajemen, fokus staf, manajemenproses dan hasil kinerja organisasi.
Hasil: Hasil analisis mutu kinerja rawat inap di RSUD Mampang Prapatandengan penilaian kriteria Malcolm Balridge adalah 506,5. Nilai tersebutmasuk dalam kisaran nilai 476-575 dengan average value yang dapatdijelaskan melalui organisasi untuk menunjukan pendekatan yang sistematis,efektif dan responsif terhadap persyaratan sub kategori dalam garis besar,tetapi deployment bervariasi dibeberapa bidang atau unit kerja. Variabel yangsudah memenuhi kriteria adalah variabel fokus tenaga kerja SDM danvariabel fokus operasional.
Kesimpulan: Pemahaman teori Malcolm Balridge adalah penting untukmembuat kerangka manajemen organisasi terintegrasi dengan hasil kinerja yang jelas dan terukur. Demi meningkatkan mutu pelayanan kesehatan diperlukan komitmen yang kuat dari pimpinan dan petugas Rumah Sakit agar dapat melakukan perbaikan secara terus menerus dengan melakukan pencarian akar masalah dan menemukan solusi yang tepat.

Background: Hospital is required to remain capable of improving services that aremore qualified and affordable by the community to realize the highest degree of health. Hospital is required to provide a good quality service and more attention to consumers. A good health quality service is the service that can satisfy healthcare users, according to the level of average satisfaction of the community. Inpatient performance of RSUD Mampang Prapatan is not optimal yet that it isnecessary to identify the source of problem, in order to optimize the quality of RSUD Mampang Prapatan performance in accordance with the needs.
Method: Quantitative research with questionnaire by 149 respondents and qualitative research from 17 informants, data collected by in depth interview, document investigation, observation and questionnaire based on 7 criteria ofMalcolm Balridge, namely leadership, strategic planning, focus on patient, otherconsumer and Market, measurement, analysis and knowledge management, staff focus, management process and organizational performance outcomes.
Result: The quality analysis result of inpatient performance at RSUD Mampang Prapatan by the criteria of Malcolm Balridge is 506,5. The value falls within the 476-575 value range with an average value that can be explained through the organization to demonstrate a systematic, effective and responsive approach to sub category requirements in outline, but deployment varies across multiple fieldsor work units. Variables that have met the criteria are employment focus HR andoperational focus variables.
Conclusion: Theory understanding of Malcolm Balridge's is important, to createan integrated organizational management framework to have a clear andmeasurable performance outcomes. A strong commitment from the leaders andofficers of the Hospital is required to improve continuously the quality of healthservice and looking for the source of the problem and find the right solution.
"
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2017
T47572
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Jamaluddin Lendang
"Organisasi yang menghasilkan suatu produk seperti jasa, memerlukan suatu evaluasi berupa penilaian mandiri (self assessment) yang dapat meningkatkan kualitas pelayanan secara terus-menerus (continous improvement) sehingga didapatkan kualitas pelayanan yang tinggi dan sesuai dengan tuntutan zaman. Salah satu penilaian keberhasilan suatu organisasi adalah hasil kinerja yang optimal yang diukur berdasarkan target-target yang ditentukan organisasi itu sendiri. Peneliti menggunakan 7 (tujuh) kriteria yang terdapat dalam Malcolm Baldrige Health Care Criteria for Performance Excelence untuk mengetahui mutu organisasi Direktorat Bina Upaya Kesehatan Rujukan tahun 2014. Metode penelitian adalah mix methode dengan sequential eksplanatory design.
Hasil analisis bivariat menunjukkan hubungan yang kuat dan berpola positif antara hasil kinerja organisasi dengan enam kriteria Malcolm Baldrige. Sedangkan hasil analisis multivariat menunjukkan empat kriteria yang positif dan satu kriteria negatif yang dapat menjelaskan hasil kinerja organisasi sebesar 65,7% sementara satu kriteria tidak masuk dalam pemodelan.
Hasil kinerja Direktorat Bina Upaya Kesehatan Rujukan termasuk dalam range sangat rendah. 3 permasalahan yang masih yang menonjol antara lain organisasi belum menetapkan sasaran, tujuan dan ukuran kinerja (key perfomance indicator) dalam perencanaan organisasi; belum menetapkan visi, misi dan nilai-nilai organisasi serta perencanaan belum disusun berdasarkan periode jangka panjang dan jangka pendek. Permasalahan tersebut dapat diselesaikan jika direktur dan pimpinan organisasi segera menetapkan visi, misi dan nilai-nilai organisasi, menyusun perencanaan strategis sesuai dengan tugas dan fungsi organisasi serta berdasarkan periode jangka panjang dan jangka pendek.

Organizations that produce a product such as services, requires an evaluation of a self-assessment to improve service quality continuously to obtain a high quality of service and in accordance with the demands of the times. One of the assessment of an organization's success is the result of optimal performance as measured by the target-the specified target organization itself. Researchers are using seven (7) criteria contained in the Malcolm Baldrige Health Care Criteria for Performance Excelence to determine the quality of the organization of the Refferal Health Directorate Building Effort, 2014. Research method is the sequential explanatory mixed method design.
The results of the bivariate analysis showed a strong association between positive and patterned organizational performance results with the six criteria of the Malcolm Baldrige. While the results of the multivariate analysis showed four positive criteria and negative criteria that one can explain the results of the organization's performance by 65.7%, while the criteria are not included in the modeling.
The results of the performance of the Refferal Health Directorate Building Effort references included in the very low range. 3 problems that still stand out among other organizations have not set goals, objectives and performance measures (key perfomance indicators) in the planning of the organization; has not set a vision, mission and values of organization and planning has not been prepared based on a period of long-term and short-term. These problems can be solved if the director and the head of the organization immediately set the vision, mission and values of the organization, strategic planning in accordance with the duties and functions of the organization as well as by long-term period and the short-term.
"
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2014
T41938
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Meily Arovi Qulsum
"Akreditasi Puskesmas adalah pengakuan yang diberikan oleh lembaga independen penyelenggara akreditasi yang ditetapkan oleh Menteri Kesehatan setelah memenuhi standar akreditasi. Tahun 2015-2016 jumlah Puskesmas di Provinsi Jawa Timur yang capaian akreditasi kab kota terbanyak adalah Kota Surabaya sebanyak 20 (8,3). Kinerja Puskesmas dapat diukur dengan menggunakan Malcolm Baldrige. Penelitian ini adalah kuantitaif dengan desain penelitian cross sectional dengan model rancangan pre test-post test design, dengan total populasi menjadi total sampel yaitu 20 Puskesmas. Pengumpulan data dengan menggunakan standar instrumen akreditasi Puskesmas yang sudah dipadankan dengan 6 kriteria Malcolm Baldrige.
Hasil penelitian Hasil dari penelitian pengaruh status akreditasi terhadap kinerja Puskesmas dengan menggunakan teori Malcolm Baldrige dari 6 kriteria hanya 1 yang berpengaruh yaitu fokus operasi dan yang lainnya tidak berpengaruh, kriteria kepemimpinan kesimpulannya ada penurunan kinerja Puskesmas dengan p value 0,245, perencanaan startegis penurunan dengan p value 0,525, fokus pelanggan penurunan dengan p value 0,207, pengukuran, analisis dan manjemen informasi penurunan dengan p value 0,349, fokus SDM penurunan dengan p value 0,960 dan fokus operasi tidak ada penurunan yang siginifikan dengan p value 0,040.
Kesimpulan hasil penelitian didapatkan bahwa kinerja Puskesmas pada setiap status akreditasi mengalami penurunan pada saat post test. Perlu adanya pemahaman yang sama terkait proses akreditasi dengan penyelenggaraan pelayanan kesehatan di Puskesmas, antara Kementerian Kesehatan, Dinas Kesehatan Provinsi dan Kabupaten Kota serta Puskesmas.

Puskesmas accreditation is recognition given by an independent institution that organizes accreditation determined by the Minister of Health after meeting accreditation standards. In 2015-2016 the number of Puskesmas in East Java Province which achieved the highest accreditation of districts cities was Surabaya (20, 8.3). The performance of the Puskesmas can be measured using Malcolm Baldrige. This research is quantitative with crosssectional research design with a pre-test-post-test design model, with the total population being a total sample of 20 health centers. Data collection using standard Puskesmas accreditation instruments that have been matched with 6 criteria of Malcolm Baldrige.
The results of the study the effect of accreditation status on the performance of Puskesmas using Malcolm Baldrige theory of 6 criteria only 1 influential namely the focus of operations and the other did not influence, the conclusion of leadership criteria was a decrease in Puskesmas performance with p value 0.245, strategic planning decreased with p value 0.525, customer focus decreases with p value 0.207, measurement, analysis and management of information decreases with p value 0.349, focus on human resources decreases with p value 0.960 and focus of operations there is no significant decrease with p value 0.040.
Conclusion of research results shows that performance The Puskesmas at each accreditation status decreased during the post test. There needs to be a common understanding regarding the process of accreditation by organizing health services in Puskesmas, between the Ministry of Health, Provincial and District City Health Offices and Puskesmas.
"
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2018
T53873
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Hafizh Ramdansyah
"Pengusahaan dan pemanfaatan dari gas bumi harus dilaksanakan secara arif dan bijaksana bagi sebesar-besarnya kemakmuran rakyat. Dengan diberlakukannya Undang-undang Nomor 22 Tahun 2001 tentang Minyak dan Gas Bumi dapat dikatakan terjadi perubahan fundamental dalam kegiatan usaha hilir gas bumi di Indonesia. Paradigma pemanfaatan dan usaha gas bumi dalam industri hilir sebagai ujung tombak dalam pelaksanaan energi nasional perlu diimbangi dengan melakukan pengaturan secara menyeluruh atau memberi gambaran dari sisi pasokan dan pengaturan sumber, kesiapan infrastruktur dan transportasi atau pendisrtibusian gas bumi. Hal ini disebabkan bahwa akan adanya pula tuntutan dari lingkungan global untuk menerapkan sistem perdagangan bebas antar negara, sehingga dapat menciptakan keadaan usaha yang terbuka dan berdaya saing. Hal ini terlihat nyata pada semangat liberalisasi dengan terbukanya peran serta swasta dalam industri gas bumi secara nasional setelah disahkannya Undang-Undang tersebut. Pada dasarnya liberalisasi membutuhkan dua hal yaitu persaingan usaha yang sehat dan mekanisme pasar. Untuk dapat kondisi persaingan usaha yang sehat perlu dibentuk suatu equal playing field, karena bila terjadi persaingan tanpa ada kesetaraan yang ada adalah dominasi oleh pihak yang memiliki kekuatan. Pelaksanaan kegiatan usaha hilir gas bumi melalui persaingan usaha yang sehat merupakan sebuah fenomena yang positif dalam rangka perwujudan pembanguan ekonomi secara menyeluruh, sehingga kompetisi yang timbul dari persaingan akan berimbas terhadap kesejahteraan masyarakat.

The exploitation and utilization of natural gas need to be wisely implemented for the greatest prosperity of the citizens. After Law No. 22 2001 on Oil and Gas was enacted, there has been a fundamental change in the downstream sector activities of natural gas industry in Indonesia. The paradigm of natural gas utilization and business in the downstream sector as a spearhead in the implementation of the national energy needs to be balanced by making a comprehensive arrangement or providing a big picture of supply side and source arrangements, infrastructure and transportation readiness or natural gas distribution. This is because there will be demands from the global environment to implement a free trade system among countries in order to create an open and competitive business. It is evident in the spirit of liberalization which private sector given opportunity to participate in the gas industry after Law No. 22 2001 was passed. Basically liberalization requires two things fair business competition and market mechanism. Fair business competition can only be realized by forming an equal playing field. If there is a competition without equality, so there will be a domination by party which has power. The implementation of downstream sector activities of natural gas industry through fair business competition is a positive phenomenon in the realization of economic development as a whole, so that competition arising from the rivalry will affect the community rsquo s welfare."
Depok: Fakultas Hukum Universitas Indonesia, 2017
T48588
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Brown, Mark Graham
Boca Raton: CRC Press Taylor &Francis Group, 2008
658.314 2 BRO b
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>