Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 139828 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Felix Lomewa
"ABSTRAK
Belum ada peraturan yang mengharuskan perusahaan di luar industri keuangan
dan perbankan untuk menerapkan manajemen risiko, karenanya saat ini PT XYZ
belum memiliki pengukuran risiko khususnya risiko operasional. Namun perusahaan
menyadari bahwa retail minimarket modern yang dikelolanya memiliki
potensi risiko operasional yang besar yang mungkin dihadapinya di kemudian
hari, maka ada keinginan kuat dari perusahaan untuk menerapkan manajemen
risiko. Penelitian ini dilakukan untuk mengidentifikasi, mengukur cadangan
kerugian risiko operasional (operational Value at Risk), dan memitigasi risiko operasional
yang mungkin dialami oleh PT. XYZ. Dari proses indentifikasi ditemukan
bahwa risiko operasional yang paling signifikan terhadap bisnis perusahaan adalah
risiko hilangnya persediaan barang dagangan di toko ritel minimarket. Pengukuran
OpVaR dilakukan dengan menggunakan metode loss distribution approach menghasilkan
angka sebesar Rp. 11.885.041.054 dan dinyatakan valid setelah dilakukan
backtesting.

ABSTRACT
There are no regulations requiring companies outside the financial and banking
industry to implement risk management, hence the current PT. XYZ does not have
a particular risk measurement of operational risk. However, the company realized
that retail modern minimarket has great potential operational risks that may be encountered
in the future, then there is a strong desire of companies to implement risk
management. This study was conducted to identify, measure operational risk loss
reserves or Operational Value at Risk, and mitigate operational risks that may be
experienced by PT. XYZ. From the identification process, this study finds that the
most significant operational risks to the company?s business is the risk of loss of
merchandise supply in a retail minimarket store. OpVaR measurements performed
using the loss distribution approach amounted to IDR 11,885,041,054 and declared
valid after backtesting."
2016
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Aryo Candra Hilali
"Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis perhitungan pencadangan kerugian risiko operasional dari salah satu perusahaan jasa sewa kendaraan dan apakah analisis tersebut dapat diterapkan di perusahaan tersebut untuk perhitungan risiko. Penelitian ini dilakukan dengan menghitung nilai Operational Value at Risk (OpVaR) di PT. KLM. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kerugian operasional selama 26 bulan mulai dari Januari 2018 hingga Februari 2020. Penelitian ini menggunakan metode loss distribution approach-aggregation dalam menghitung nilai risiko operasional.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai OpVaR pada PT. KLM yang telah dinyatakan valid setelah backtesting selama periode 1 tahun mulai dari Januari hingga Desember 2019 yaitu nilai OpVaR terendah sebesar Rp91.053.721 dan nilai OpVaR tertinggi sebesar Rp104.550.879. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan pemahaman tambahan mengenai masalah operasional dan nilai kerugian operasional yang mungkin dihadapi perusahaan jasa sewa kendaraan, sehingga dapat digunakan untuk perencanaan, serta memberikan opsi mitigasi yang dapat diterapkan oleh perusahaan untuk meminimalkan potensi kerugian operasional yang dihadapi.

The purpose of this research is to analyze the operational risk loss reserve of a car rental company and whether it can be applied within the company to measure the risks. This research is conducted by measuring Operational Value at Risk (OpVaR) from PT. KLM. The data used in this research is the operational losses in PT. KLM for the past 26 months starting from January 2018 to February 2020. This research uses loss distribution approach-aggregation method in measuring the operational risk. The results indicate that the value of OpVaR at PT. KLM that has been declared valid after backtesting during the 1-year period from January to December 2019 consists of the lowest OpVaR value of IDR 91.053.721 and the highest OpVaR value of IDR 104.550.879. This research is expected to provide additional understanding of operational problems and the amount of risk that might be faced by car rental companies, so that it can be used in its planning, as well as providing mitigation options that can be applied by the companiy to minimize potential operational risk losses that encountered."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Azam Prakoso
"Manajemen risiko operasional penting dilakukan untuk memberikan peringatan terkait munculnya risiko. Manajemen risiko operasional yang dilakukan saat ini belum terintegrasi dengan baik antar divisi di perusahaan. Risiko operasional yang signifikan saat ini di lokasi tambang Kalimantan Selatan ialah risiko produktivitas yang berkaitan dengan minimnya ketersediaan bahan bakar dan risiko proses berkaitan dengan material jalanan yang buruk dan kondisi cuaca. Penanganan risiko yang dilakukan ialah mengupayakan pengadaan tangki bahan bakar yang lebih besar dan penyediaan alat. Peran manajemen risiko operasional saat ini belum maksimal yang disebabkan oleh minimnya kesadaran risk owner untuk melakukan manajemen risiko.
Terdapat pendekatan manajemen risiko yakni COSO Enterprise Risk Management yang menekankan bahwa risiko harus dikelola oleh seluruh pihak di perusahaan dan harus sesuai dengan tujuan perusahaan yang hendak ingin dicapai Dengan menggunakan pendekatan COSO Enterprise Risk Management, terdapat beberapa elemen yang belum terlaksana dengan baik yakni internal environment dimana masih rendahnya komitmen dari risk owner untuk mengelola risiko. Komponen control activities dan monitoring juga belum dilakukan dengan baik karena rendahnya proses dokumentasi dari penanganan risiko serta pengawasan yang kurang efektif.

Operational risk management is necessary to provide a warning related to the emergence of risk. Operational risk management these day do not well integrated among all divison in the company. Significabt operational risks that present at the mine site in South Kalimantan is productivity risk associated with the lack of availability of the fuel and material risks associated with the poor road and weather condition. Mitigation risks undertaken is seeking procurement of larger fuel tank and adding tools. The role of operational risk management is currently not maximized due to lack of awareness from risk owner to perform risk management.
There is a risk management approach, the COSO Enterprise Risk Managemet which emphasizes that the risks should be managed by the whole company and must be in accordance with the company?s goals are going to be achieved. Based on the COSO Enterprise Risk Management approach, there are some element that have not done well that is low commitment from the owner to manage the risk. Also control and monitoring activities have not done well because of poor documentation process related to risk mitigation and ineffective monitoring.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
S44914
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nurdin Kosasih
"Risiko adalah suatu kejadian atau tindakan yang berdampak negatif terhadap kemampuan lembaga untuk mencapai tujuan dan menentukan strategi. Salah satu pendekatan untuk mengukur risiko operasional adalah Advanced Measurement Approach (AMA), dimana bank diperkenankan untuk mengolah data internal dengan model yang dikembangkan secara internal. Dengan metode Loss Distribution Approach di AMA, bank mengestimasi dua fungsi distribusi probabilitas, yaitu distribusi frekuensi kerugian dan distribusi severitas kerugian tahunan pada setiap risiko. Selanjutnya, kedua fungsi distribusi tersebut digabungkan menjadi distribusi majemuk untuk menentukan value at risk masingmasing risiko menggunakan simulasi Monte Carlo pada tingkat kepercayaan 99,9%. Nilai risiko yang mungkin terjadi diluar estimasi distribusi severitas dapat mempengaruhi value at risk, sehingga dapat mempengaruhi prediksi rencana bisnis untuk tahun yang akan datang. Metode One-Class Support Vector Machine (SVM) dapat digunakan untuk mendeteksi data outlier tersebut. Dalam beberapa kasus, metode statistik tidak dapat mendeteksi data outlier. Selain itu, dalam menentukan data outlier tergantung pada seberapa penting informasi yang diperlukan dari data outlier tersebut, sehingga penentuannya bersifat subjektif. Adapun tujuan simulasi pada tulisan ini adalah melakukan analisis penggunaan metode One-Class SVM dalam mendeteksi outlier pada distribusi severitas dan pengaruh outlier pada perhitungan value at risk. Dari hasil analisis diperoleh data outlier yang mempengaruhi perhitungan value at risk.

Achieve its objectives and execute its strategies. One approach to measure operational risk is the Advanced Measurement Approach (AMA), which allows banks to process internal data with internally developed models. Under the Loss Distribution Approach in AMA, the bank estimates two distribution functions of the annual loss data to generate compound distribution to determine value at risk of each risk using Monte Carlo simulation at 99.9% confidence level. The risk amount that may occur outside of the estimated loss severity distribution can affect the value at risk, so that it can affect the prediction of business plan for the next years. In some cases, statistical methods cannot detect outliers and its determination is relatively subjective. The purpose of the simulations in this paper is to perform analysis of the use of One-Class SVM in detecting outliers in the loss severity distribution and the effect of the outliers on the value at risk. As a result, the outliers have successfully been detected in the loss severity distribution and there is the effect of the outliers on the value at risk."
Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2014
T39348
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Widya Oktavia Rahmawati
"ABSTRAK
Risiko atau gangguan dapat terjadi ketika sebuah perusahaan mengerjakan kegiatan operasionalnya dan dapat mempengaruhi kinerja yang diberikan kepada konsumen. Dalam penelitian sebelumnya telah banyak penelitian yang mempelajari tentang berbagai kondisi yang dihadapi oleh perusahaan baik secara internal, eksternal maupun tentang hubunganya dengan para konsumen yang dapat memberikan dampak, baik positif maupun negatif terhadap kinerja perusahaan 3PL. Risiko atau gangguan dapat terjadi ketika mereka melakukan kegiatan operasionalnya, baik risiko atau gangguan dalam hal memberikan orientasi kepada konsumennya, kualitas hubungan antara 3PL dengan konsumennya ataupun dalam hal manajemen kargo. Studi ini merupakan sebuah studi deskriptif yang akan mempelajari hubungan antara orientasi konsumen, kualitas hubungan serta manajemen kargo berdasarkan persepsi PT. 123 selaku konsumen dari 3PL PT. XYZ serta bagaimana hubungan antara ketiga variabel tersebut. Pengujian hipotesis menggunakan analisis jalur dimana hasil pengujian hipotesis didapatkan bahwa ada pengaruh antara kualitas hubungan dan manajemen kargo terhadap kinerja PT XYZ namun untuk variabel orientasi konsumen tidak memiliki pengaruh terhadap kinerja PT XYZ

ABSTRACT
Risk or disruption can occur when a company works on its operations and can affect the performance into customer. In previous studies, there have been many studies that study the various conditions faced by companies both internally, externally and about their relationships with consumers which can have an impact, both positively and negatively on the performance of 3PL companies. Risks or disruptions can occur when they carry out their operational activities, either risk or disruption in terms of providing orientation to their customers, the quality of the relationship between 3PL and its customers or cargo management. This study is a descriptive study which study the relationship between consumer orientation, relationship quality and cargo management based on the perception of PT. 123 as the consumer of the 3PL PT. XYZ and how the relationship between the variables is. Hypothesis testing uses path analysis where the results of testing the hypothesis found that there is an influence between relationship quality and cargo management on the performance of PT XYZ but for consumer orientation variables does not have an influence on the performance of PT XYZ."
2019
T53466
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Gregorius Stefanus
"Dengan dilakukannya manajemen risiko pada suatu proyek, maka tingkat keberhasilannya akan semakin tinggi. Pada penelitian ini, manajemen risiko dilakukan dengan identifikasi serta analisis risiko menggunakan teknik analisis lingkungan sistem distribusi Premium di Indonesia dan analisis peta aliran distribusi Premium di Indonesia yang dilakukan dengan diskusi bersama para ahli. Selanjutnya, risiko tersebut dievaluasi menggunakan metode simulasi Monte Carlo dengan bantuan perangkat lunak Crystal Ball Ver. 11.1, dan hasilnya berupa grafik perkiraan serta data statistik signifikansi risiko. Dari penelitian ini didapatkan penurunan risiko distribusi Premium di Indonesia dengan menangani risiko yang sensitivitasnya paling tinggi, yaitu keadaan sarana pendukung distribusi seperti jalan raya, jembatan maupun dermaga, serta keadaan alat distribusi Premium itu sendiri (truk tangki juga kapal tangker).

By applying risk management on a project, then its success rate will be improved. In this research, risk management was started by identification and analysis by surroundings system analysis technique and flow map analysis of Premium distribution in Indonesia that was helped by experts. Next, those risks were evaluated using Monte Carlo Simulation, using Crystal Ball Ver. 11.1, and the results are probability graphics and risk significance statistic data. From this research, risk reduction of Premium distribution in Indonesia can be achieved by managing the most sensitive risk, which is the condition of support facilities for distribution such as roadway, bridge and port, then also the condition of the distribution equipment itself (tank truck also tanker ship)."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2012
S1361
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Feriyanti Nalora
"Risiko operasional adalah salah satu risiko yang cenderung sulit untuk diantisipasi dan dampaknya seringkali di luar perkiraan bank. Pengukuran Value at Risk (VaR) menjadi penting agar bank dapat menghitung beban modal untuk risiko operasional sesuai dengan profil risikonya. Tesis ini membandingkan perhitungan VaR risiko operasional pada PT Bank ABC dengan dua metode yaitu Monte Carlo Simulation dan Extreme Value Theory. Berdasarkan backtesting terhadap kedua metode tersebut, pengukuran risiko operasional pada Bank ABC lebih realistis jika menggunakan Monte Carlo Simulation.

Operational risk in banking is one of the most difficult risk to anticipate and its impact to bank?s losses sometimes unpredictable. Measuring Value at Risk (VaR) then become important to enable bank to calculate capital charges for operational risk in accordance with its risk profile. This research attempts to compare between Extreme Value Theory method and Monte Carlo Simulation to calculate operational risk capital charge in PT Bank ABC. Based on backtesting procedures, it reveals that Monte Carlo Simulation is more suitable for Bank ABC's risk profile."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2012
T32194
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Ferren Alwie
"ABSTRACT
Memberikan proteksi terhadap kemungkinan terjadinya kerugian merupakan hal yang sangat penting dalam setiap perusahaan asuransi. Perusahaan asuransi dapat mengestimasi semua risiko yang mungkin dihadapi dengan alat ukur risiko. Value-at-Risk merupakan salah satu alat ukur risiko dalam industri asuransi, yang didefinisikan sebagai kuantil dari distribusi total kerugian. Sebagai kuantil, dapat menjadi kurang representatif apabila terdapat banyak nilai kerugian yang melebihi dikarenakan informasi kerugian pada ekor kanan distribusi tidak tergambarkan dengan baik. Untuk itu, diperkenalkan Tail Value-at-Risk yang merata-ratakan besarnya kerugian yang lebih besar daripada. Penggunaan membantu perusahaan untuk memperoleh gambaran mengenai modal yang harus disiapkan untuk mengatasi risiko yang dapat terjadi. Estimasi risiko yang lebih baik juga dapat dilakukan dengan memanfaatkan teori kredibilitas, yang mengombinasikan risiko individu dan risiko kelompok pemegang polis dengan bobot tertentu. Bobot yang tepat diperoleh melalui peminimuman antara parameter yang memprediksi kerugian di masa depan dan penaksirnya. Secara umum, penelitian ini membahas mengenai model berdasarkan teori kredibilitas Bühlmann beserta penaksir dari parameter-parameter model tersebut. Risiko individu direpresentasikan dengan individu, sementara risiko kelompok direpresentasikan dengan rata-rata individu dalam suatu kelompok. Penerapan model ini dilakukan dengan menggunakan data klaim dari salah satu perusahaan asuransi di Indonesia.

ABSTRACT
Providing protection against losses is important issue in every insurance company. Insurance company could estimate all risks which must be faced by risk measures. Value-at-Risk as one of risk measures that is used in insurance industry, is defined as quantile of aggregate losses distribution. As a quantile, could be less representative if there are losses which far exceed because losses in the right tail distribution cannot be well-explained. For this reason, which averages losses that are greater than was introduced. Using, insurance company could obtain approximation of capital needed due to certain losses which possibly happen. Better risk estimation could also be obtained by credibility theory, which combines both individual and group risk information with certain weights. The proper weights are obtained by minimizing the expected squared error between parameter used to predict future losses and its estimator. In general, Credible model based on credibility theory and the parameters estimator will be derived in this research. Individual risk is represented by certain policyholders meanwhile, group risk is represented by average of every policyholders. Numerical simulation based on one of the insurance companys claim data in Indonesia will also be demonstrated."
2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dedy Ghozim Herdiyanto
"Penelitian ini membahas penerapan manajemen risiko pada pelaksanaan proyek konstruksi di PT ABC. Proyek konstruksi memiliki risiko yang besar dikarenakan besarnya nilai kontrak, kompleksitas pekerjaan dan banyaknya pihak yang terlibat. Proyek memiliki sifat yang unik dan memiliki ciri khas spesifik yang membedakan satu proyek dengan proyek lainnya. PT ABC memiliki masalah dalam mengerjakan suatu proyek konstruksi yang berujung pada dispute dan kenaikan biaya konstruksi. Pada proyek konstruksi lainnya, PT ABC tidak dapat menyelesaikan proyek karena terkendala kondisi tanah. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dan bersifat kualitatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk melakukan penilaian risiko operasional pada pelaksanaan proyek konstruksi serta membuat mitigasi atas risiko kunci proyek konstruksi. Penelitian ini tidak hanya membuat daftar risiko proyek konstruksi tetapi juga melakukan penilaian atas risiko yang signifikan dalam pelaksanaan proyek konstruksi yang memiliki sifat khusus dalam setiap proyek. Penilaian risiko operasional berdasarkan probabilitas terjadinya suatu risiko dan dampak yang terdiri dari empat aspek yaitu; Biaya, Waktu, Kualitas dan Keselamatan Kerja. Penelitian ini membagi risiko operasional proyek konstruksi ke dalam beberapa kategori. Hasil penelitian menemukan top ten risiko yang memiliki risk significance index terbesar terdiri dari empat contractor related, tiga consultant related dan satu dari owner related, project related dan external related. Mitigasi yang dapat dilakukan oleh PT ABC yaitu memilih proyek yang sesuai dengan kompetensi perusahaan serta dapat bekerjasama dengan partner yang sudah berpengalaman dalam pelaksanaan sebuah proyek.

This study discusses risk management in the construction project in PT ABC. Construction projects are risky due to big contract value, work complexity and many parties involved. Projects have unique characteristics that distinguish one project from another. PT ABC has problems in working on a construction project which leads to a dispute and increases in construction costs. In another construction project, PT ABC was unable to complete a project due to soil conditions. This research uses a qualitative case study method. The purpose of this study is to assess an operational risk on the implementation of construction projects and make mitigation of key risks. Operational risk assessment is based on the probability of a risk and impact that consist of four aspects; Cost, Time, Quality and Safety. This study divided the operational risks of construction projects into seven categories. The results of the study found that the top ten risks that have the biggest risk significance index consist of four related contractors, three related consultants and one related owner, project related and external related. Mitigation that can be carried out by PT ABC is choosing projects that are in accordance with company competencies and find experienced partners in implementing construction projects."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2021
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Herison Metinaro
"ABSTRAK
Tesis ini membahas mengenai analisis risiko operasional khususnya risiko
teknologi informasi pada PT. XYZ menggunakan metode Cause-Effect. Metode
Cause-Effect merupakan metode penilaian risiko yang menggunakan logika
hubungan sebab-akibat (cause-effect) dalam menentukan kemungkinan risiko
yang dapat terjadi. Implementasi ISO 27001 pada bagian Teknologi Informasi PT.
XYZ menghasilkan profil risiko Teknologi Informasi yang menjadi dasar
pelaksanaan Sistem Manajemen Keamanan Informasi. Penelitian ini
menggunakan profil risiko bagian Teknologi Informasi PT. XYZ sebagai dasar
untuk melakukan kuantifikasi penilaian risiko operasional menggunakan metode
Cause-Effect. Kuantifikasi risiko operasional PT. XYZ dimulai dengan melakukan
dekomposisi dan membentuk submodel profil risiko teknologi informasi yang ada.
Berdasarkan parameter risiko yang ada pada Kebijakan PT. XYZ, kemudian
dilakukan simulasi kuantifikasi risiko dengan pendekatan Loss Distribution
Approach - Aggregation model untuk memberikan gambaran kerugian finansial
yang dapat terjadi.

ABSTRACT
This thesis analyze the operational risk specifically information
technology risk at PT. XYZ using Cause-Effect method. Cause-Effect method is a
risk assessment method that uses a logic of causality relationship in determining
the possible risks that can occur. Implementation of ISO 27001 at the Information
Technology unit of PT. XYZ generate risk profiles that is used as the basis of the
Information Technology Security Management System implementation. This
study uses the risk profile of Information Technology unit PT. XYZ as the basis
for quantifying operational risk assessment using the Cause-Effect method. PT.
XYZ's operational risk quantification begins by decomposing and forming
submodel of technology risk profile information. Based on the risk parameters
that exist in PT. XYZ's risk management policy, risk quantification simulations
using Loss Distribution Approach - Aggregation model can be done to provide
illustrations on financial loss that may occur."
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>