Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 126986 dokumen yang sesuai dengan query
cover
""Munasabah" is a correlation between a sentence and another sentence in a Quranic verse; between a sentence and another sentence in Quranic Verses and between a "surah" and another "surah". "
297 TURAS 12 (1-3) 2006
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Sary Nadhifah Choirunnisa
"Penelitian ini dilatar belakangi karena pada Q.S. Al-Insān tidak ada asimilasi progresif seperti yang terjadi pada surat-surat lainnya. Maka penelitian ini merumuskan bunyi huruf konsonan apa saja yang mengalami asimilasi dalam Q.S. Al-Insān dan bagaimana kaitannya dengan kaidah ilmu tajwid. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses asimilasi yang terjadi pada Q.S. Al-Insān agar bisa membacanya dengan benar sesuai dengan kaidah tajwid. Sumber data utamanya adalah ayat Q.S. Al-Insān, buku, dan artikel yang relevan. Adapun metode yang digunakan penulis dalam melakukan penelitian ini adalah metode studi pustaka dengan pendekatan kualitatif. Teori yang digunakan adalah teori asimilasi oleh Lina (2019). Pada Q.S. Al-Insān, penulis menemukan asimilasi homorgan regresif pada huruf vokal tanwin atau konsonan ن/n/ yang berdekatan dengan س/s/, ك/k/, ق/q/, ف/f/, ج/j/, ث/ṡ/, د/d/, ط/ṭ/, ز/z/, dan ش/sy/ yang terkait dengan hukum tajwid ikhfa; dan asimilasi total regresif pada huruf vokal tanwin atau konsonan ن/n/ atau ل/l/ yang berdekatan dengan ب/b/, ر/r/, م/m/, ن/n, و/w/, ي/y/,د/d/, س/s/, ط/ṭ/, dan ظ/ẓ/ yang terkait dengan hukum tajwid iqlab, idgām bilagunnah, idgām bigunnah, dan idgām syamsiyyah.

This research is motivated because in Q.S. Al-Insān there is no progressive assimilation as occurs in the other suras. So this research formulates what consonant sounds are assimilated in Q.S. Al-Insān and how it relates to the rules of the science of recitation. The purpose of this study was to determine the assimilation process that occurred in Q.S. Al-Insān in order to be able to read it correctly in accordance with the rules of recitation. The main data source is the Q.S. Al-Insān, books and relevant articles. The method used by the author in conducting this research is a literature study method with a qualitative approach. The theory used is the assimilation theory by Lina (2019). In Q.S. Al-Insān, the author found regressive homorgan assimilation in tanwin vowels or consonants ن/n/ near س/s/, ك/k/, ق/q/, ف/f/, ج/j/, ث/ṡ/, د/d/, ط/ṭ/, ز/z/, and ش/sy/ related to tajwid law ikhfa; and total regressive assimilation of tanwin vowels or consonants ن/n/ or ل/l/ near ب/b/, ر/r/, م/m/, ن/n, و/w/, ي/y/,د/d/, س/s/, ط/ṭ/, dan ظ/ẓ/ related to tajwid law iqlab, idgām bilagunnah, idgām bigunnah, and idgām syamsiyyah.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2022
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Fajar Adi Santosa
"Tujuan dari penulisan ini adalah untuk mengetahui lebih mendalam hubungan antara bahasa Arab dan al-Qur'an. Dengan metode kajian pustaka, penulis menggunakan buku Fi Al-Syi'r al-Jahili karya Thaha Husein sebagai bahan utama kajian. Dalam bukunya Thaha Husein meragukan validitas eksistensi Sastra Jahiliyah dan meragukan cerita-cerita yang terdapat dalam al-Qur'an. Padahal di satu sisi validitas sastra Jahiliyah digunakan sebagai data dalam kodifikasi bahasa Arab dan acuan dalam mentafsir ayat-ayat al-Qur'an yang multi-interpretasi. Pendapat tersebut menimbulkan perdebatan diantara para sastrawan, menuai kritik keras dari para ulama dan menyita perhatian para pemikir.
Kesimpulan dari polemik tersebut adalah para pengamat sastra dan para perawi sastra sepakat bahwa keraguan pada sebagian sastra Jahiliyah tidak berarti menegasikan keseluruhan validitas sastra Jahiliyah. Hal tersebut juga sekaligus mematahkan pendapat secara ilmiah yang meragukan orisinilitas Al-Qur'an.

The purpose of this research is to observe deeper the relationship between Arabic and Al-Qur'an. By using library study method, researcher chooses Thaha Husein's book entitled Fi Al-Syi'r al-Jahili as the main corpus of the research. In the book, Husein doubts the existential validity of Jahiliyah literature and the existing stories in Al-Qur'an. In fact, in one side, the validity of Jahiliyah literature is used as data in Arabic codification and as references in interpreting Qur'anic verses, which are actually multi-interpretation. Husein's opinion causes debate to appear between many literalists, sharp criticisms are flowing from many ulamas, and these absorb the attention of many philosophers.
The conclusion of the polemic is; literary critics and literalists come to an agreement that the doubtfulness to some Jahiliyah literatures does not negate the entire validity of Jahiliyah literature. This agreement also, scientifically, breaks the opinion that questions the originality of Al-Qur'an.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2013
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
"Before the presence of Islam as a holy religion, the Arabs were known as adopting the belief of paganism and Jahiliyya' but they had striking faculty to portray life and nature in the_form of literary works, though in the absence of the value of 'Ilahiyah . Luterature in this era was not completely rejected by Islam but it was manipulated with the Islamic teaching and utilized in the mission to spread the Islamic religion. Literature which has been manipulated by the Quranic teaching is then called Islamic Literature. This article will discuss the characteristics of Islamic Literature."
410 JLS 4:2 (2004)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Maman Lesmana
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2010
492.7 MAM b (1);492.7 MAM b (2);492.7 MAM b (2)
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Khalafullah, Muhammad A.
Jakarta: Paramadina, 2002
297.122 KHA at
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Sukron Kamil
Jakarta: Rajawali, 2009
892.7 SUK t
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Fauzan Muslim
Jakarta: Penaku, 2016
892.7 FAU s
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Haniatur Rosyidah
"Kata علم /'alima/ dan عرف /'arafa/ secara leksikal memiliki kesamaan makna yakni 'mengetahui', tetapi, keduanya juga memiliki perbedaan makna. Dalam penelitian ini akan dilakukan kajian kontrastif dua kata tersebut dalam Al-Qur'an Al-Karim dari sudut pandang analisis semantik-leksikal. Kajian Kontrastif tersebut mencakup persamaan dan perbedaan makna علم /'alima/ dan عرف /'arafa/ dalam Al-Qur'an Al-Karim. Tujuan penulis adalah menjelaskan persamaan serta perbedaan makna علم /'alima/ dan عرف /'arafa/ dalam Al-Qur'an Al-Karim. Metode yang digunakan dalam penyusunan skripsi ini adalah metode kualitatif dengan studi pustaka.
Analisis dilakukan dengan mencari persamaan serta perbedaan makna علم /'alima/ dan عرف /'arafa/ dalam Al-Qur'an Al-Karim yakni dengan mengkontraskan antarderivasi dua kata tersebut yang memiliki kesamaan pola. Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa kata علم /'alima/ dan عرف /'arafa/ dalam Al-Qur'an Al-Karim dengan pola sama secara kontrastif memiliki perbedaan dan persamaan makna masing-masing, baik secara tekstual maupun kontekstual.

Lexically, علم /'alima/ and عرف /'arafa/ words have the same meaning of 'know', but, they also have different meanings. In this study will discusses about the contrastive of علم /'alima/ and عرف /'arafa/ in Al-Qur'an Al-Karim with semantic-lexical review. The contrasting include similarities and differences in the meaning of علم /'alima/ and عرف /'arafa/ in Al-Quran Al-Karim. The author's purpose is to explain similarities and differences in the meaning علم /'alima/ and عرف /'arafa/ in Al-Quran Al-Karim. The method used in this paper is a qualitative method with literature study.
The analysis is done by looking for similarities and differences meaning علم /'alima/ and عرف /'arafa/ in Al-Quran Al-Karim between derivative word which contrasts with the two words that have the same pattern. From this study, it can be concluded that contrastively, علم /'alima/ and عرف /'arafa/ in Al-Qur'an Al-Karim with same pattern have similarities and differences in their meaning, both textual and contextual.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2015
S61469
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sangidu
Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 2018
892.7 SAN s
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>