Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 20667 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Marie, Georgianna
"Every organization is in danger of losing employee knowledge. Knowledge management helps your organization obtain and transfer valuable information before it walks out the door. This Infoline presents and easy-to-follow four-step plan to capture and transfer the crucial knowledge of your employees. You will learn how to identify critical knowledge and who has it, select methods for documenting and capturing knowledge, capture skills and knowledge, and transfer the knowledge to the employees who need it."
Alexandria, Virginia: American Management Association, 2009
e20441852
eBooks  Universitas Indonesia Library
cover
Newman, Amy
"Capturing and using all the knowledge and expertise in an organization is the ultimate goal for performance professionals. This Infoline offers a great starting point for your journey by defining knowledge management and posing key questions to help you identify the intellectual capital you need manage. It introduces the new roles, opportunities, and the baseline technology need to begin this daunting task. Key sidebars include an organizational analysis for knowledge management, 12 ways to measure intellectual capital, a planning worksheet, and a listing of competencies to manage knowledge."
Alexandria, VA: [American Society for Training & Development Press, American Society for Training & Development Press], 1999
e20428852
eBooks  Universitas Indonesia Library
cover
Gherardi, Silvia
Oxford: Blackwell Publhiser, 2006
658.403 GHE o
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Riza Harmonika
"Knowledge management (KM) atau pengelolaan pengetahuan adalah suatu hal yang sangat penting bagi organisasi. Melalui hal tersebut, organisasi dapat menciptakan dan memelihara competitive advantage. Penerapan KM dapat menumbulkan dampak yang positif bagi organisasi. Beberapa dampak KM yang dapat diidentifiksi adalah: dampak pada orang, kegiatan usaha organisasi, produk,dan performa organisasi. Dengan sistem informasi yang didesain secara istimewa untuk mengelola pengetahuan, suatu perbaikan bisa dibuat di dalam aktivitas pengelolaan pengetahuan. Pendekatan ini dapat menyebabkan timbulnya dampak KM yang lebih besar di kegiatan usaha organisasi. Sebagai hasil, sistem KM, sebagai alat yang mengotomatkan aktivitas pengelolaan pengetahuan, dikebangkan dan dipakai oleh organisasi.
Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa beberapa pelaksanaan sistem KM gagal mencapai tujuan yang diharapkan. Hal tersebut menyebabkan organisasi tidak dapat memperoleh keuntungan dari pelaksanaan KM. Oleh karena itu, untuk dapat mempertahankan keuntungan dari KM sistem, diperlukan suatu penilai terhadapnya kinerja sistem KM dan dampaknya pada kegiatan usaha organisasi. Berhubungan dengan hal tersebut, skripsi dibuat untuk mengukur kinerja sistem KM dan dampaknya pada kegiatan usaha organisasi dengan menggunakan model tertentu dalam lingkup yang spesifik.
Skripsi ini memuat studi mengenai banyak sedikitnya performa sistem KM dapat mempengaruhi kegiatan usaha organisasi. Studi ini menggunakan Bank X sebagai bahan studi kasus. Metode analisa yang dipakai di dalam studi adalah structural equation modelling (SEM). Melalui analisa, dampak dari kinerja sistem KM terhadap kegiatan usaha organisasi dapat diukur. Dalam hal ini, pengukuran sistem KM terdiri dari pengukuran kerterkaitan, kualitas dan ketersediaan sistem. Sedangakn keefektifan, efisiensi, dan keinnovatifan dipakai sebagai alat ukur untuk kinerja kegiatan usaha organisasi.

Knowledge management (KM) is essential for organisation to create and sustain its competitive advantage. The implementation of KM can create extensive impacts for organisation. Several KM impacts that can be identified are: impact on people, organisational process, product, and organisational performance. With a properly designed information system, that is specially constructed to manage knowledge, some improvement can be made inside the knowledge management activities. This approach is able to generate a larger KM impact in the organisation. As result, KM system, as tool that automates knowledge management activities, has been developed and used by organisation.
Previous researches show that some of the implementations of KM system fail to meet the expected objective. Consequently, organisation cannot gain benefits from its KM system. Therefore, to be able to sustain benefits from KM system, organisation needs to conduct assessment against its KM system. In relation to that this paper tries to measure the impact of KM system performance on organisational process performance with a custom model in specific domain.
This paper describes a study to the extent of knowledge management system performance is able to influence organisational process performance. The study uses Bank X as case study. The analysis method used in the study is structural equation modelling (SEM) which provides more complete result for this matter. Through the analysis, the influence of knowledge management system performance on organisational process performance can be identified. In the specified case, the measurement of KM system concludes of system relevancy, quality and availability. Where effectiveness, efficiency, and innovativeness are used as measurement variables by the organisational process performance."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2008
S-Pdf
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Trisa Diptami P.
"Dynamic capability merupakan salah satu pendorong kemampuan perusahaan melalui performa inovasi sebagai prediktor penting bagi keberlanjutan organisasi, tetapi penelitian yang menghubungkan strategic flexibility dan organizational creativity sebagai anteseden performa inovasi organisasi masih terbatas. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui hubungan innovation performance dengan knowledge management, strategic flexibility, serta organizational creativity pada UKM khususnya di Provinsi Bali dalam innovation performance saat pandemi Covid-19. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan berupa kuesioner yang disebarkan kepada 431 manajer UKM. Teknik pengolahan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu partial least square – structural equation modelling (PLS-SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa UKM yang memanfaatkan pengetahuan pada standar kinerja, perencanaan strategi bisnis yang baik, serta memiliki ide yang cukup berbagai akan menghasilkan produk yang dapat memberikan kontribusi besar bagi industri dalam memenuhi kebutuhan pelanggan. Namun, manajer perlu melakukan diskusi antar karyawan berkaitan dengan pekerjaan mereka, membuat strategi dalam menghadapi pesaing bisnis, serta menerapkan kreativitas mereka untuk dapat bersaing dengan merek terkemuka di industri.

Dynamic capability is one of the drivers of company capabilities through innovation performance as a significant predictor of organizational sustainability. However, research linking strategic flexibility and organizational creativity as antecedents of organizational innovation performance is still limited. The purpose of this study was to determine the relationship between innovation performance and knowledge management, strategic flexibility, and organizational creativity in SMEs, especially in the Province of Bali in innovation performance during the Covid-19 pandemic. The research method used in this research is quantitative research with data collection techniques used in the form of questionnaires distributed to 431 UKM managers. The data processing technique used in this study is partial least square–structural equation modelling (PLS-SEM). The results of the study show that SMEs that utilize knowledge of performance standards, good business strategy planning, and diverse ideas will produce products that can make a major contribution to the industry in meeting customer needs. However, managers need to hold discussions among employees regarding their work, make strategies in dealing with business competitors and apply their creativity to compete with the leading brands in the industry."
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
San Francisco : John Wiley & Sons, 2004
658.403 8 LEA
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
""This reference set demonstrates exhaustively the many applications, issues, and techniques applied to the science of recording, categorizing, using and learning from the experiences and expertise acquired by the modern organization"--Provided by publisher."
New Jersey: IGI Global, 2012
R 658.3124 ORG I
Buku Referensi  Universitas Indonesia Library
cover
"makalah ini mengelaborasi aktivitas knowledge management pada perpustakaan Badan Litbang dan Diklat (BalitbangDiklat) Kementrian agama. sebagai lembaga riset, Balitbangdiklat menghasilkan banyak kajian dan penelitian yang menjadi pengetahuan berharga bagi masyarakat luas. Aset pengetahuan yang dimiliki lembaga riset ini bermula dari pengetahuan dan pengalaman yang dimiiki individu peneliti yang menghasilkan karya atau hasil penelitian bagi institusinnya yang kemudian dikelola oleh institusinya. Pengelolaan pengetahuan tersebut melalui infrastruktur yang dibangun mulai dari proses organisasi, sisstem, dan metode yang digunakan. Praktek knowledge management pada perpustakaan Balitbangdiklat meliputi kegiatan menciptakan pengetahuan baru, mengumpulkan dan mengolah pengetahuan baru , melakukan pendokumentasian dan pemeliharaan pengetahuan, serta menyebarkan dan berbagi pengetahuan secara menyeluruh di perpustakaan. Aktivitas yang dilakukan untuk menyebarkan dan berbagi pengeatahuan adalah dengan melakukan tatap muka, diskusi dan dialog terbuka , baik secara langsung maupun dengan memanfaatkan teknologi informasi. akhirnya pengetahuan yang implisit atau tacit dan telah dipublikasikan mampu dicapture oleh perpustakaan Batlitbangdiklat guna kepentingan bersama."
020 VIS 17:3 (2015) (2)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Lambe, Patrick
Oxford: Chandos Publishing, 2007
658.4038 LAM o
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Cavaleri, Steven
Amsterdam: Elsevier / Butterworth-Heinemann : Knowledge Management Consortium International Press, 2005
658.4 CAV k
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>