Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 222645 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Dwi Artanti Setyorini
"ABSTRAK
Tesis ini membahas tentang proses pengadaan barang dan jasa pada Institusi Pendidikan X. Penyediaan kebutuhan barang dan jasa secara cepat dan tepat waktu sebagai penunjang dalam kegiatan operasional dan pengajaran sangatlah penting. Sistem informasi pengadaan barang dan jasa diharapkan akan mempermudah dalam proses pengadaan barang dan jasa. Analisis dan perancangan sistem informasi pengadaan barang dan jasa Institusi Pendidikan X menggunakan metode FAST Framework for the Application of System Thinking . Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis permasalahan dan kebutuhan yang diinginkan oleh stakeholder menghasilkan rancangan sistem yang sesuai dengan kebutuhan proses bisnis dan stakeholder.

ABSTRACT
Focus of this study is the procurement of goods and services at an Educational Institution X. A timely procurement process to support operational and academic activity is very crucial. The procurement information system is expected to ease the process of procurement. The Analysis and design of procurement information system at Educational Institution X is employed using FAST Framework for the Application of System Thinking method. This study shows that the analysis of the problem and identification of users rsquo requirement of the expected system are necessary to produce system design that meets the requirement of business process and stakeholders."
2015
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Siti Chairunnisa
"Dalam era industri yang terus berkembang, pertumbuhan pasar Teknologi Informasi dan Komunikasi (ICT) mendorong organisasi untuk mengintegrasikan sistem guna memvisualisasikan data secara efektif dan mendukung pengambilan keputusan yang lebih cerdas. Sistem Informasi (SI) diakui sebagai komponen kunci bagi keberhasilan organisasi, dengan manajemen strategis SI/TI yang sangat penting guna menjamin efektivitas dan efisiensi pemanfaatannya. Penelitian ini terfokus pada perencanaan strategis SI/TI dalam konteks PT XYZ, mengatasi beberapa tantangan seperti kurangnya analisis pada strategi SI/TI dan kurangnya fokus pada perencanaan strategi arsitektur enterprise sistem informasi. Melalui pendekatan kualitatif dan pengumpulan data primer melalui wawancara, penelitian ini menganalisis situasi SI/TI saat ini dan mengusulkan rekomendasi strategis yang sejalan dengan visi dan misi perusahaan. Analisis tematik, Business Model Canvas, Value Chain, PESTEL, SWOT, Critical Success Factors, dan McFarlan Strategic Grid diterapkan untuk memahami berbagai perspektif strategis. Keselarasan antara bisnis dan sistem informasi diidentifikasi sebagai kunci untuk mencapai tujuan bisnis secara efektif dan efisien. Hasil penelitian menyajikan rencana strategis SI/TI implementatif untuk PT XYZ, yang terdiri atas rekomendasi strategi SI, strategi TI, dan strategi manajemen SI/TI.

In an era of continuously evolving industries, the growth of the Information and Communication Technology (ICT) market urges organizations to integrate systems to effectively visualize data and support smarter decision-making. Information Systems (IS) are acknowledged as a key component for organizational success, with strategic IS/IT management being crucial to ensure its effectiveness and efficiency. This research focuses on the strategic planning of IS/IT within the context of PT XYZ, addressing challenges such as the lack of analysis on IS/IT strategies and insufficient focus on the strategic planning of enterprise information system architecture. Through a qualitative approach and primary data collection via interviews, the study analyzes the current situation of IS/IT and proposes strategic recommendations aligned with the company's vision and mission. Thematic analysis, Business Model Canvas, Value Chain, PESTEL, SWOT, Critical Success Factors, and McFarlan Strategic Grid are applied to understand various strategic perspectives. The alignment between business and information systems is identified as key to achieving business goals effectively and efficiently. The research results present an implementable strategic plan for IS/IT at PT XYZ, comprising recommendations for IS strategy, IT strategy, and IS/IT management strategy."
Jakarta: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2024
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Shafira Dika Rana Putri
"Perjalanan bisnis merupakan segmen pariwisata yang diproyeksikan akan terus meningkat dan memiliki kontribusi terhadap industri pariwisata yang cukup signifikan. Implementasi sistem informasi yang mendukung proses customer relationship management (CRM) dan transformasi digital proses penjualan dapat dilakukan untuk memastikan keberlangsungan segmen ini. Penelitian ini bertujuan untuk merancang proses bisnis penjualan segmen business-to-business (B2B) pada salah satu online travel agent (OTA) yang menginkorporasikan sistem informasi CRM dan merancang sistem informasi terintegrasi untuk pengumpulan dan pengelolaan data klien selama proses penjualan. System Development Lifecycle (SDLC) digunakan untuk menganalisis kebutuhan sistem pada proses penjualan segmen B2B dan merancang sistem informasi. Hasil dari perancangan didapatkan sistem informasi yang terdiri dari tiga sistem, yaitu sistem manajemen klien, sistem manajemen perjanjian, dan sistem manajemen pembayaran. Sistem informasi yang dirancang mengubah proses bisnis penjualan pada tahap Akuisisi dan On-boarding. Perubahan proses bisnis penjualan dan fitur sistem informasi yang dirancang mampu meningkatkan dan mempermudah penyimpanan dan pengelolaan data serta mengotomatisasi proses persetujuan dokumen.

Business travel is a tourism segment that is projected to continue to increase and has a significant contribution to the tourism industry. The implementation of an information system that supports the customer relationship management (CRM) process and the digital transformation of the sales process can ensure the sustainability of business travel segment. This study aims to redesign the business-to-business (B2B) sales business process of an online travel agent (OTA) to incorporates a CRM information system and designs an integrated information system for the collection and management of client data during the sales process. The System Development Lifecycle (SDLC) is used to analyze system needs in the B2B sales process and design the information systems. The results of the design obtained an information system consisting of three systems, namely client management system, contract management system, and payment management system. The designed information system changes the sales business process at the Acquisition and On-boarding stages. The features of the designed information system and the changes in sales business processes are able to improve and facilitate data storage and management and automate the document approval process."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Suhadi Lili
"Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) mempunyai visi untuk "mewujudkan pendidikan tinggi yang bermutu serta kemampuan ilmu pengetahuan (iptek) dan inovasi untuk mendukung daya saing bangsa. Makna daya saing bangsa tersebut adalah kontribusi iptek dan pendidikan tinggi dalam perekonomian yang ditunjukkan oleh keunggulan produk teknologi hasil litbang yang dihasilkan oleh industri/perusahaan yang didukung oleh lembaga litbang (LPNK, LPK, Badan Usaha, Perguruan Tinggi) dan tenaga terampil pendidikan tinggi. Direktorat Jenderal Sumber Daya Iptek dan Dikti (Ditjen SDID) adalah satu unit organisasi di dalam Kemenristekdikti menetapkan sasaran strategis meningkatnya relevansi, kualitas, dan kuantitas sumber daya iptek dan pendidikan tinggi.
Namun, strategi bisnis dan strategi sistem informasi (SI) / teknologi informasi (TI) yang ada di Ditjen SDID belum mendukung aspek relevansi, terutama dalam aspek keekonomian. Ada kelebihan sekaligus kekurangan produksi sarjana dari pendidikan tinggi bila dibandingkan dengan kebutuhan tenaga kerja yang berimplikasi pada rendahnya efisiensi pendidikan tinggi dalam mendukung perekonomian.
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan strategi bisnis dan strategi SI/TI yang selaras dalam mencapai tujuan dan sasaran strategis Ditjen SDID dan Kemenristekdikti, yang diwujudkan dengan melakukan perencanaan strategis sistem informasi. Penelitian dilakukan dengan melakukan analisis bisnis eksternal dan internal menggunakan metode value chain, 5-competitive forces, dan SWOT. Pendekatan yang dilakukan adalah dengan menelaah penelitian-penelitian terdahulu dalam hal peran, strategi dan perubahan/disrupsi pendidikan tinggi dalam mendukung daya saing bangsa, kemudian memvalidasi opsi-opsi yang dihasilkan kepada pejabat eselon I dan II di Ditjen SDID. Selanjutnya, analisis SI/TI eksternal dan internal dilakukan dengan melakukan analisis portofolio aplikasi eksisting, polesei Pangkalan Data Dikti serta praktek-praktek TI terbaik dalam pendidikan tinggi. Strategi digital Ditjen SDID dilakukan dengan kerangka kerja strategi sistem informasi bisnis dan tool business dependency network, dengan memperhatikan sumber daya SI/TI saat ini untuk membentuk portofolio aplikasi di masa yang akan datang serta peta jalan untuk mewujudkannya. Diharapkan dari penelitian ini, dapat diusulkan menjadi bagian dari rencana strategis Ditjen SDID tahun 2020-2025 dan bagi para eksekutif dapat mendorong pemikiran-pemikiran kreatif untuk menghasilkan strategi yang unggul.

ABSTRACT
The Ministry of Research, Technology, and Higher Education (MoRTHE) has a vision to realize qualified higher education, and science & technology capability and innovation to support national competitiveness. The national competitiveness means the contribution of science, technology, and higher education in economy that is indicated by technology products superiority which are produced by industries that are supported by research and development institutions, and high-skilled workforce. The Directorate General of Science, Technology, and Higher Education Resources is an organization unit within The Ministry of Science, Technology, and Higher Education. The organization unit has established a strategic goal of increasing the relevancy, quality, and quantity of science, technology, and higher education resources.
However, the directorate general strategies on business and information system (IS) / information technology (IT) had not been spotting the relevancy aspect, especially on its economic impact. There was overproduction of graduates over its demand in some fields. There was also shortage of graduates in certain fields. Thus, the condition implied inefficiency of higher education system in promoting economy.
This action research is aimed to align business and IS/IT strategies with the organization`s strategic goals and objectives. The research was done by committing an information system strategic planning. At the preliminary stage, some planning methodologies were evaluated and Peppard & Ward methodology has been selected. According to the methodology, internal and external business environment analyses were conducted using value chain method, Porter`s 5-competitive forces and SWOT analysis. Further literature reviews were needed to construct a model on how higher education can promote competitiveness, global trends, changes, and disruptions, to shape Indonesia`s higher education future. Then, internal and external IS/IT environment analyses were done by application portfolio analysis, Indonesia higher education database (PDDIKTI) policy review, and IT best practices in higher education review. Business information system strategy framework and business dependency network tool were used to formulate business information system strategy.
The result of the research is a future application portfolio, roadmap, and IS management strategy that has better control to the ultimate goal of national competitiveness, human capital oriented, and better utilization of higher education resources in all segments. Hopefully, the result would be incorporated as a part into the next 5-year period strategic plan of the organization and will unleash creative ideas of the executives using the IS/IT solution."
Jakarta: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2020
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Recker, Jan
"This book introduces higher-degree research students and early career academics to scientific research as occurring in the field of information systems and adjacent fields, such as computer science, management science, organization science, and software engineering. Instead of focusing primarily on research methods as many other textbooks do, it covers the entire research process, from start to finish, placing particular emphasis on understanding the cognitive and behavioural aspects of research, such as motivation, modes of inquiry, theorising, planning for research, planning for publication, and ethical challenges in research. Comprehensive but also succinct and compact, the book guides beginning researchers in their quest to do scholarly work and to assist them in developing their own answers and strategies over the course of their work.
Jan Recker explains in this book the fundamental concepts that govern scientific research and then moves on to introduce the basicsteps every researcher undertakes: choosing research questions, developing theory, building a research design, employing research methods, and finally writing academic papers. He also covers essentials of ethical conduct of scientific research. This second edition contains major updates on all these elements plus significant expansions on relevant research methods such as design research and computational methods, a rewritten and extended chapter on theory development, and expansions to the chapters on research methods, scientific publishing, and research ethics. A companion website provides pedagogical materials and instructions for using this book in teaching."
Switzerland: Springer Cham, 2021
e20549819
eBooks  Universitas Indonesia Library
cover
Ahmad Abdulghoni
"Pemantauan dan evaluasi pengadaan barang dan jasa diperlukan dalam mendukung kinerja Unit Layanan Pengadaan (ULP) Sekretariat Jenderal Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Untuk memudahkan dalam pemantauan dan evaluasi layanan pengadaan diperlukan adanya sistem informasi yang dapat mendukung ketersediaan data dan informasi sesuai kebutuhan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan suatu prototipe sistem informasi berupa aplikasi komputer di Unit Layanan Pengadaan (ULP) Sekretariat Jenderal Kementerian Kesehatan dalam melakukan pemantauan dan evaluasi layanan pengadaaan.
Penelitian pengembangan sistem ini dilakukan dengan metode kualitatif, yaitu pengumpulan data dan informasi dilakukan melalui studi dokumen, observasi maupun wawancara mendalam. Informasi yang diperoleh menjadi dasar dalam pembuatan rancangan sistem dengan menggunakan pendekatan pengembangan sistem System Development Life Cycle (SDLC) yang menggabungkan antara model Iterative dan Incremental yang meliputi tahap analisis, perancangan, pengkodean dan uji coba sistem dengan simulasi prototipe aplikasi.
Telah dihasilkan prototipe aplikasi sistem informasi pemantauan dan evaluasi layanan pengadaan berbasis web. Sistem tersebut mempermudah dalam pengumpulan data, pengelolaan data serta penyampaian laporan kegiatan pengadaan kepada pihak terkait. Sistem informasi pemantauan dan evaluasi di Unit Layanan Pengadaan Sekretariat Jenderal Kementerian Kesehatan ini dapat diimplementasikan dengan ketersediaan sarana pendukung yang ada. Perlu komitmen manajemen melalui kebijakan yang mengatur implementasi sistem serta perlunya kegiatan sosialisasi dan pelatihan bagi pihak-pihak terkait kegiatan pengadaan untuk penggunaan aplikasinya.

Monitoring and evaluation of procurement of goods and services needed to support the performance of the Procurement Services Unit (ULP) Secretariat General of the Ministry of Health of the Republic of Indonesia. To facilitate the monitoring and evaluation of procurement of necessary services information system that can support the availability of data and information as needed. This study aims to develop a prototype information system in the format of computer applications in the Procurement Services Unit (ULP) Secretariat General of the Ministry of Health in monitoring and evaluating of procurement services.
Systems development research was conducted with qualitative methods, that the collection of data and information through the study of documents, observation and interviews. The information obtained being the basic in designing the system used in the development of the System Development Life Cycle (SDLC) that combines the Iterative and the Incremental Models that include the analyzing phases, designing, coding and system testing by simulating a prototype application.
Has produced a prototype information system for monitoring and evaluation of web-based procurement services. Such systems facilitate the data collection, data management and reporting of procurement activities to related parties. Monitoring and evaluation of information systems at the Procurement Services Unit Secretary General of the Ministry of Health can be implemented by the availability of existing support facilities. Need the management?s commitment in implementing of the system and it also needs such a socialization and training for the relevant parties to use the application for their procurement activities.
"
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2012
T31507
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Darell Hendry
"Chatbot sebagai asisten virtual yang digunakan oleh suatu instansi dapat memberikan manfaat bagi penggunanya. Dengan adanya chatbot, pengguna dapat berbicara langsung kepada chatbot melalui pesan singkat, yang kemudian sistem secara spontan mengidentifikasi intent pesan tersebut dan merespons dengan tindakan yang relevan. Sayangnya, cakupan pengetahuan chatbot terbatas dalam menangani pesan oleh pengguna yang semakin bervariasi. Dampak utama dari adanya variasi tersebut adalah adanya perubahan pada komposisi label intent. Untuk itu, penelitian ini berfokus pada dua hal. Pertama, pemodelan topik untuk menemukan intent dari pesan pengguna yang belum teridentifikasi intent-nya. Kedua, pemodelan topik digunakan untuk mengorganisasi intent yang sudah ada dengan menganalisis hasil keluaran model topik. Setelah dianalisis, terdapat dua kemungkinan fenomena perubahan komposisi intent yaitu: penggabungan dan pemecahan intent, dikarenakan terdapat noise saat proses anotasi dataset orisinal. Pemodelan topik yang digunakan terdiri dari Latent Dirichlet Allocation (LDA) sebagai model baseline dan dengan model state-of-the-art Top2Vec dan BERTopic. Penelitian dilakukan terhadap dataset salah satu e-commerce di Indonesia dan empat dataset publik. Untuk mengevaluasi model topik digunakan metrik evaluasi coherence, topic diversity dan topic quality. Hasil penelitian menunjukkan model topik BERTopic dan Top2Vec menghasilkan nilai topic quality 0.036 yang lebih baik dibandingkan model topik LDA yaitu -0.014. Terdapat pula pemecahan intent dan penggabungan intent yang ditemukan dengan analisis threshold proporsi.

Chatbot, as a virtual assistant used by an institution, can provide benefits for its users. With a chatbot, users can speak directly to the chatbot via a short message, which then the system spontaneously identifies the intent of the message and responds with the relevant action. Unfortunately, the scope of chatbot knowledge is limited in handling messages by an increasingly varied user. The main impact of this variation is a change in the composition of the intent label. For this reason, this research focuses on two things. First, topic modeling to find intents from user messages whose intents have not been identified. Second, topic modeling is used to organize existing intents by analyzing the output of the topic model. After being analyzed, there are two possible phenomena of changing intent composition: merging and splitting intents because there is noise during the annotation process of the original dataset. The topic modeling used consists of Latent Dirichlet Allocation (LDA) as the baseline model and the state-of-the-art Top2Vec and BERTopic models. The research was conducted on one dataset of e-commerce in Indonesia and four public datasets. The evaluation metrics of coherence, topic diversity, and topic quality were used to evaluate the topic model. The results showed that the BERTopic and Top2Vec topic models produced a topic quality value of 0.036, better than the LDA topic model, which was -0.014. There are also intent splitting and intent merging found by proportion threshold analysis."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universita Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Agustinus Aditya Pratama
"ABSTRAK
Dalam melakukan praktisi bisnis, akan adanya tujuan perusahaan untuk menambah profit dan meningkatkan angka pertumbuhan dari tahun ke tahun. Namun dalam menggapai tujuan perusahaan, segala aktivitas harus berbanding lurus dengan nilai-nilai etika dan kemanusiaan. Tesis ini dibuat untuk melihat dan menganalisa sudah tercapainya nilai-nilai etika dan kemanusiaan pada saat maskapai Qantas Australia berpoperasi di tahun 2019 ini.

ABSTRACT
In conducting business, the corporate goal of the company usually towards to the increase of profits and increase in growth rate from year to year. But in achieving company goals, all activities must be directly proportional to ethical and humanitarian values. This thesis was made to see and analyze the achievement of ethical and humanitarian values when the Qantas airline of Australia operates in 2019."
2019
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Ratna Maulidiyah
"Pada saat ini, Pangkalan Data Pendidikan Tinggi PD Dikti menghimpun semua data dari perguruan tinggi, salah satunya adalah data akademik. Data akademik yang dibutuhkan oleh PD Dikti antara lain data program studi, mahasiswa, dosen, mata kuliah, proses pembelajaran, dan proses evaluasi. Namun, perguruan tinggi yang berbeda-beda memiliki sistem yang berbeda-beda sehingga data yang tersedia juga berbeda-beda baik dalam hal kelengkapan, format, dan lain-lain. Selain itu, sistem informasi akademik yang dimiliki perguruan tinggi saat ini umumnya memiliki kekurangan yaitu kesulitan mengetahui beban kerja dosen dan belum dapat menggambarkan secara keseluruhan performa akademik mahasiswa seperti IPK dan masa studi. Penelitian ini membandingkan sistem informasi akademik yang dimiliki oleh UI, ITS, dan ITK. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk memetakan data yang tersedia pada sistem informasi akademik perguruan tinggi dengan kebutuhan data PD Dikti. Pengumpulan data dengan observasi dari tiga sistem informasi akademik yang dibandingkan sehingga menghasilkan daftar fitur yang ada pada masing-masing sistem. Selain itu juga dilakukan analisis dokumen sehingga dapat diketahui alur proses bisnis dari sistem akademik. Pada tahap analisis, dihasilkan gambaran dari sistem yang sudah ada dan sistem yang diusulkan dengan menggunakan pemodelan UML. Nilai tambah dari sistem yang diusulkan antara lain mampu mengetahui beban kerja akademik dosen serta memberikan early warning mengenai banyaknya mahasiswa yang terancam DO dan banyaknya beban kerja dosen yang melebihi batas. Sistem yang diusulkan juga dapat memudahkan dosen ketika melakukan perubahan nilai dan memudahkan mahasiswa yang mengajukan permohonan transkrip resmi. Pada tahap desain, dihasilkan tampilan fitur-fitur pada sistem yang diusulkan, misalnya dashboard yang menampilkan data jumlah mahasiswa, IPK, masa studi, dan data dosen untuk rektor, dekan, dan ketua departemen. Selain itu, terdapat early warning yang dapat membantu dalam pengambilan keputusan, misalnya dalam menentukan kebutuhan dan alokasi dosen. Penelitian ini menghasilkan sistem informasi akademik yang generik serta pemetaan antara data akademik yang dibutuhkan oleh PD Dikti dengan data yang ada pada sistem informasi akademik yang diusulkan.

Currently, Pangkalan Data Pendidikan Tinggi PD Dikti collects all data from universities, one of them is academic data. The academic data required by PD Dikti are data of study program, student data, lecturer data, course data, learning process, and evaluation process. However, different universities have different systems so that the data available also vary both in terms of completeness, format, and so on. In addition, academic information systems owned by universities are generally have weaknesses such as difficult to know the workload of lecturers and can not describe the overall academic performance of students, for example GPA and study period. This study compares the academic information system owned by UI, ITS, and ITK. This study also aims to map between available data on academic information system of higher education with the data required by PD Dikti. Data collection is done by observation of three academic information systems that are compared to produce list of features that exist on each system. In addition, document analysis is also done to know business processes of the academic system. In analysis phase, the existing system and proposed system are depicted using UML modeling. Added value of the proposed system is able to know academic workload of lecturers, provide early warning about the number of students who may drop out and the number of lecturer workload that exceeds the limit. The proposed system can also facilitate lecturers when making changes to student rsquo;s mark and facilitate students who apply for official transcripts. At the design stage, display of features of the proposed system, such as a dashboard showing the number of students, GPA, study period, and lecturer data for rector, dean, and department chairman. In addition, there are early warning that can assist in decision-making, for example in determining the needs and allocation of lecturers. This research results a generic academic information system and mapping of the academic data required by PD Dikti with the available data on the proposed system."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2018
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Sitindaon, Romauly Magdalena
"Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis dan perancangan sistem informasi administrasi impor berupa rancangan aplikasi yang dapat menghubungkan antara sistem perusahaan dengan Bea Cukai agar dapat meminimalkan kegiatan yang bersifat manual dan berulang, yang pada akhirnya dapat menghasilkan data yang akurat. Penelitian ini merupakan studi kasus pada PT. X, dengan menggunakan metododologi Framework for the Application of System Thinking FAST. Hasil penelitian ini yang berupa rancangan aplikasi yang menghubungkan sistem PT. X dengan Bea Cukai apabila diimplementasikan akan berdampak pada efisiensi proses administrasi impor.

This study aims to perform analysis and design of import administration information system in the form of application design that can connect between the company systems with the system of Customs in order to minimize activities that are manual and repetitive, which in turn can produce accurate data. This research is a case study at PT. X, using the Framework for the Application of System Thinking FAST methodology. The results of this study in the form of application design that connects the system of PT. X with Customs if implemented will have an impact on the efficiency of the import administration process."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2017
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>