Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 205627 dokumen yang sesuai dengan query
cover
M. Sandy Pradhana Putra
"ABSTRAK
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas dan efisiensi penggunaan anggaran yang telah dianggarkan oleh universitas kepada masing-masing fakultas. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif analisis dengan melakukan observasi, wawancara dan uji coba terhadap sistem.Hasil penelitian adalah bahwa sistem informasi rencana bisnis anggaran masih memiliki beberapa kelemahan yaitu belum adanya fungsi untuk memetakan mekanisme penarikan uang terkait realisasi anggaran dan fungsi satuan pengawas intern sebagai verifikator atas usulan perencanaan dan revisi.

ABSTRACT
The purpose of this research is to understand the effectiveness and efficiency of budget usage accounted by university for each faculty. The research method used in this research is descriptive analysis by doing observation, interview and testing in the system.The result of the study suggest that the budget business plan information system still has some drawbacks, such as the lack of functionality to map the mechanism of money withdrawal related to the realization of budget and internal supervisor unit function as a verifier for the proposed planning and revision."
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nashrul Hakiem
"Pandemi COVID-19 telah memberikan dampak berbagai bidang kehidupan dunia termasuk Indonesia yang dimulai sejak Maret 2019. Salah satu dampak nyata adalah disrupsi teknologi informasi yang begitu cepat daripada yang diprediksikan sebelumnya karena keharusan mengikuti protokol kesehatan physical distancing, sehingga penggunaan teknologi informasi menjadi suatu keniscayaan. Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta juga mengikutinya dengan menjalankan kebijakan Work from Home (WFH) serta Pendidikan Jarak Jauh (PJJ). UIN Jakarta sudah mempunyai aplikasi Academic Information System (AIS) berbasis web dalam media pembelajarannya. Saat ini juga sudah ada Mobile AIS berbasis Android untuk Pengguna Mahasiswa, akan tetapi belum ada aplikasi AIS berbasis mobile untuk pengguna Dosen. Tujuan praktek keinsinyuran ini adalah rekayasa perangkat lunak Mobile AIS berbasis Android untuk pengguna Dosen Modul Agenda Perkuliahan serta Absensi Dosen dan Mahasiswa yang terintegrasi dengan AIS untuk mendukung PJJ. Bahasa pemrograman yang digunakan adalah Kotlin Android sedangkan metode pengembangan sistem menggunakan model Waterfall. Mobile AIS untuk Dosen berbasis Android sudah lolos uji unit (unit testing) dan sistem (system testing) menggunakan metode black box testing.

The COVID-19 pandemic has impacted various fields of life in the world including Indonesia, which began in March 2019. One of the real impacts is the disruption of information technology so quickly than previously predicted due to the necessity to follow physical distancing health protocols, so the use of information technology is a necessity. Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta also followed it by implementing the Work from Home (WFH) and distance learning policies. UIN Jakarta already has a web-based Academic Information System (AIS) application as e-learning. There is also an Android-based AIS Mobile for Students, but there is no mobile-based AIS application for Lecturers. The purpose of this research is to develop an Android-based AIS Mobile software for Lecturers with the Lecture Journal Menu including Lecturer and Student Attendance which is integrated with AIS to support distance learning. The programming language used is Kotlin Android while the system development method uses the Waterfall model. Mobile AIS for Android-based lecturers has passed the unit testing and the system testing using the black box method."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2020
PR-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Azwar
"Tesis ini membahas kemampuan mahasiswa Jurusan Ilmu Perpustakaan dan Informasi (JIP) UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta angkatan 2007 dalam menelusuri dan mengevaluasi informasi berbasis internet. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan kuesioner sebagai instrument penelitian.
Hasil penelitian ini menunjukkan kemampuan mahasiswa dalam menelusuri dan mengevaluasi informasi berbasis internet cukup rendah yang berarti kemampuan literasi informasi mereka juga cukup rendah. Berdasarkan hasil penelitian ini penulis menyarankan bahwa Jurusan Ilmu Perpustakaan dan Informasi bekerja sama dengan perpustakaan utama UIN Syarif Hidayatullah perlu lebih meningkatkan program literasi informasi dengan mengadakan seminar dan pelatihan; perlunya memasukkan pendidikan literasi informasi ke dalam kurikulum baik di dalam Jurusan Ilmu Perpustakaan maupun di jurusan lainnya; dan perlunya tambahan SDM yang berkualitas yang siap mengajarkan dan mensosialisasikan program literasi informasi.

This thesis discusses the ability of students of library and information science (LIS) department, Syarif Hidayatullah State Islamic University (UIN), Jakarta who were enrolled in 2007, in searching and evaluating internet-based information. This research uses a quantitative approach with a questionnaire as the research instrument.
The result shows that the students ability in searching and evaluating internet-based information is low which means that their information literacy is also low. Based on this research's result the writer suggests that LIS department of UIN should collaborate with UIN's central library to increase the frequency of information literacy programs, by holding more seminars and workshops; the writer also suggests the need to include information literacy education in the curriculum of LIS department, and in other departments too. Both LIS department and UIN central library need to have additional qualified human resources who are ready to teach and to socialize information literacy programs.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2011
T29268
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Muhamad Ali
"This field project is aimed to observe and study strategic aspect of the development of an educational institution, that is, the State Institute for Islamic Studies (LAIN) Syarif Hldayatuliah Jakarta, by utilizing strategic concepts and analyses generally used in private firms. Firstly, I will describe brief history and present condition of the IAIN Jakarta to give an introductory perspective of the institution. Secondly, in the main section, I shall look at it from the strategic management perspective: its formulation, implementation, and evaluation. In this regard, I will use some tools of analysis such as SWOT analysis, core competence analysis, competitive advantage analysis, and Balanced Scorecard analysis. In relation to this, the integral view of strategy, structure, and culture will also be examined. Finally, I attempt to concentrate on the actions which could be implemented operationally in central support functions and in decentralization mechanisms as conclusion."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 1999
T-150
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Wenni Syafitri
"Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau (UIN Suska Riau) memiliki Unit Pelaksana Teknis (UPT) yang bergerak pada bidang IT yaitu Pusat Teknologi Informasi dan Pangkalan Data (PTIPD). Sistem informasi akademik (SIMAK) sebagai penggerak visi dan misi organisasi memiliki data mahasiswa, dosen, nilai, matakuliah dan lain sebagainya. Sebagai sistem yang penting, SIMAK dituntut memberikan yang terbaik kepada organisasi. Beberapa waktu yang lalu, SIMAK sering menjadi sasaran serangan keamanan informasi, salah satunya SQL Injection. Oleh karena itu dibutuhkan manajemen risiko keamanan informasi.
Penelitian ini menggunakan kerangka kerja National Institute of Standards and Technology (NIST 800-30) untuk melakukan manajemen risiko khususnya keamanan informasi. Pengumpulan data dilakukan dengan dua cara yaitu primer dan sekunder. Pengumpulan data awal primer berdasarkan wawancara melalui email, hal ini dilakukan karena keterbatasan tempat dan waktu. Pengumpulan data awal sekunder diperoleh dari akses terhadap laman situs organisasi seperti: www.uin-suska.ac.id dan puskom.uin-suska.ac.id. Pengumpulan data primer lanjutan dengan wawancara dan observasi secara langsung. Pengumpulan data sekunder lanjutan yang diambil berupa proses bisnis, inventaris perangkat keras dan lunak, keluhan user, topologi jaringan dan lain sebagainya.
Berdasarkan penelitian, ditemukan 15 kontrol yang berisiko tinggi dan 75 yang berisiko rendah. PTIPD mengambil 15 kontrol berisiko tinggi dan 15 kontrol yang berisiko rendah. Kontrol yang diambil diharapkan dapat meminimalisir risiko yang telah diidentifikasi. Kontrol dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan dan pengambilan keputusan pihak manajemen demi kemajuan IT di UIN Suska Riau.

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau (UIN Suska Riau) has a Technical Implementation Unit (UPT) which operates in IT, Centre of Information Technology and Data Base (PTIPD). Sistem informasi akademik (SIMAK) as an activator of vision and mission of the organization has such as students data, lecturer data, grades, courses, and etc. As an important system, SIMAK demands to give the best to organization. Last time, SIMAK was often target of information security attacks, SQL Injection. To solve the issue we need information security risk management.
To do information security risk management in particular, the research uses framework of the National Institute of Standards and Technology (NIST 800-30). Data collection divide in to two ways: primary and secondary. To collect the beginning primary data based on interviews via email, it is done because of limitations of space and time. The beginning of secondary data collection get organization's website pages: www.uin-suska.ac.id and puskom.uin-suska.ac.id. Advanced primary data collection by interviews and direct observations. Advanced secondary data taken based on business processes, hardware and software inventory, user complaints, network topology and etc.
Based on research, is defined 15 high risk control and 75 low control. PTIPD define 15 high risk control and 15 low control. The research expected to minimize identified risk control. Control also can be used to consider and to manage decisions for making IT development at Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
"
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2014
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Tita Khalis Maryati
Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2003
T40483
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Basyira Sabita
"Klinik Vocation Wellness Center Universitas Indonesia (VWC UI) merupakan klinik rehabilitasi medik yang berada di bawah naungan Program Studi Vokasi UI. Klinik VWC UI menghadapi permasalahan terkait kompleksitas proses bisnis dan dokumen rekam medis. Sistem yang ada saat ini belum bisa membantu tenaga kesehatan di VWC UI untuk menyelesaikan pekerjaan terkait proses bisnis dan dokumen rekam medis (Perceived Usefulness). Upaya digitalisasi rekam medis yang sebelumnya pernah dilakukan pun belum dapat membuahkan hasil karena penggunaannya yang sulit (Perceived Ease of Use). Permasalahan kompleksitas dan risiko-risiko dari dokumen rekam medis yang masih berbentuk fisik menghambat dan mengurangi efisiensi pelaksanaan operasional klinik (Perceived Efficiency). Penelitian ini bertujuan untuk membangun sebuah sistem informasi kesehatan untuk membantu klinik VWC UI dalam menghadapi permasalahan yang dialami. Penelitian ini menggunakan metodologi Design Science Research (DSR) dalam pengembangannya. Tahapan DSR yang dilakukan dalam penelitian ini adalah awareness of problem, suggestion, development, evaluation, dan conclusion. Manfaat dari penelitian ini adalah proses pengelolaan layanan kesehatan klinik VWC UI yang lebih mudah dan efisien dari saat ini. Permasalahan dari klinik diidentifikasi dengan melakukan studi literatur, wawancara, observasi, dan analisis proses bisnis klinik saat ini. Dari temuan masalah, Sistem Informasi Klinik VWC UI dibuat sebagai usulan solusi. Pengembangan SIK ini dilakukan dengan metode prototyping, yang dilanjutkan dengan evaluasi kuesioner Usability Testing (UT), User Acceptance Test (UAT), dan evaluasi Post-Study System Usability Questionnaire (PSSUQ) dengan evaluasi kuantitatif tambahan. Pada evaluasi UAT, terdapat satu skenario yang tidak sukses dalam pengujiannya, yang selanjutnya diperbaiki sebelum pelaksanaan UAT responden lain. Tingkat pengalaman pengguna dari hasil evaluasi UT sudah baik terlihat dari rata-rata waktu pelaksanaan skenario yang singkat dan tingkat kesulitan skenario yang rendah. Kemudian, hasil evaluasi sistem secara keseluruhan dari instrumen PSSUQ dan kuantitatif tambahan secara berurutan adalah 1,75 dan 1,676. Hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa sistem yang dikembangkan dapat mendukung penyelesaian pekerjaan (Perceived Usefulness) dengan baik, memiliki fitur yang mudah dipahami (Perceived Ease of Use), dan meningkatkan efisiensi (Perceived Efficiency) operasional klinik.

Vocation Wellness Center Universitas Indonesia (VWC UI) is a medical rehabilitation clinic directly managed by The Vocational Education Program of Universitas Indonesia. The VWC UI clinic faces problems related to the complexity of business processes and medical record documents. The current system has not been able to help health workers at VWC UI to complete work related to business processes and medical record documents (Perceived Usefulness). Previous efforts to digitize medical records have not been able to produce results due to their difficult use (Perceived Ease of Use). Problems of complexity and risks from medical record documents that are still in physical form hinder and reduce the efficiency of clinic operations (Perceived Efficiency). This research aims to build a health information system to help the VWC UI clinic in dealing with the problems experienced. This research uses the Design Science Research (DSR) methodology in its development. Problems from the clinic were identified by conducting literature studies, interviews, observations, and analyzing the clinic's current business processes. From the problem findings, the VWC UI clinical information system was created as a proposed solution. The development of this clinical information system was carried out using the prototyping method, followed by Usability Testing (UT) evaluation, User Acceptance Test (UAT), and Post-Study System Usability Questionnaire (PSSUQ) evaluation with additional quantitative evaluation. There was one scenario that was not successful in the UAT which was subsequently corrected before conducting other respondents’. The UT result shows that the usability level is good as proven by the quick average completion time and the low scenario difficulty score. Then, the overall system evaluation scores from the PSSUQ and additional quantitative instruments are respectively 1.75 and 1.676. The results of this study proved that the developed system can support the completion of work (Perceived Usefulness) better, has features that are easy to use (Perceived Ease of Use), and increases the efficiency (Perceived Efficiency) of the clinic’s operations."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Indri Klarissa Ramadhanti
"Klinik Vocation Wellness Center Universitas Indonesia (VWC UI) merupakan klinik rehabilitasi medik yang berada di bawah naungan Program Studi Vokasi UI. Klinik VWC UI menghadapi permasalahan terkait kompleksitas proses bisnis dan dokumen rekam medis. Sistem yang ada saat ini belum bisa membantu tenaga kesehatan di VWC UI untuk menyelesaikan pekerjaan terkait proses bisnis dan dokumen rekam medis (Perceived Usefulness). Upaya digitalisasi rekam medis yang sebelumnya pernah dilakukan pun belum dapat membuahkan hasil karena penggunaannya yang sulit (Perceived Ease of Use). Permasalahan kompleksitas dan risiko-risiko dari dokumen rekam medis yang masih berbentuk fisik menghambat dan mengurangi efisiensi pelaksanaan operasional klinik (Perceived Efficiency). Penelitian ini bertujuan untuk membangun sebuah sistem informasi kesehatan untuk membantu klinik VWC UI dalam menghadapi permasalahan yang dialami. Penelitian ini menggunakan metodologi Design Science Research (DSR) dalam pengembangannya. Tahapan DSR yang dilakukan dalam penelitian ini adalah awareness of problem, suggestion, development, evaluation, dan conclusion. Manfaat dari penelitian ini adalah proses pengelolaan layanan kesehatan klinik VWC UI yang lebih mudah dan efisien dari saat ini. Permasalahan dari klinik diidentifikasi dengan melakukan studi literatur, wawancara, observasi, dan analisis proses bisnis klinik saat ini. Dari temuan masalah, Sistem Informasi Klinik VWC UI dibuat sebagai usulan solusi. Pengembangan SIK ini dilakukan dengan metode prototyping, yang dilanjutkan dengan evaluasi kuesioner Usability Testing (UT), User Acceptance Test (UAT), dan evaluasi Post-Study System Usability Questionnaire (PSSUQ) dengan evaluasi kuantitatif tambahan. Pada evaluasi UAT, terdapat satu skenario yang tidak sukses dalam pengujiannya, yang selanjutnya diperbaiki sebelum pelaksanaan UAT responden lain. Tingkat pengalaman pengguna dari hasil evaluasi UT sudah baik terlihat dari rata-rata waktu pelaksanaan skenario yang singkat dan tingkat kesulitan skenario yang rendah. Kemudian, hasil evaluasi sistem secara keseluruhan dari instrumen PSSUQ dan kuantitatif tambahan secara berurutan adalah 1,75 dan 1,676. Hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa sistem yang dikembangkan dapat mendukung penyelesaian pekerjaan (Perceived Usefulness) dengan baik, memiliki fitur yang mudah dipahami (Perceived Ease of Use), dan meningkatkan efisiensi (Perceived Efficiency) operasional klinik.

Vocation Wellness Center Universitas Indonesia (VWC UI) is a medical rehabilitation clinic directly managed by The Vocational Education Program of Universitas Indonesia. The VWC UI clinic faces problems related to the complexity of business processes and medical record documents. The current system has not been able to help health workers at VWC UI to complete work related to business processes and medical record documents (Perceived Usefulness). Previous efforts to digitize medical records have not been able to produce results due to their difficult use (Perceived Ease of Use). Problems of complexity and risks from medical record documents that are still in physical form hinder and reduce the efficiency of clinic operations (Perceived Efficiency). This research aims to build a health information system to help the VWC UI clinic in dealing with the problems experienced. This research uses the Design Science Research (DSR) methodology in its development. Problems from the clinic were identified by conducting literature studies, interviews, observations, and analyzing the clinic's current business processes. From the problem findings, the VWC UI clinical information system was created as a proposed solution. The development of this clinical information system was carried out using the prototyping method, followed by Usability Testing (UT) evaluation, User Acceptance Test (UAT), and Post-Study System Usability Questionnaire (PSSUQ) evaluation with additional quantitative evaluation. There was one scenario that was not successful in the UAT which was subsequently corrected before conducting other respondents’. The UT result shows that the usability level is good as proven by the quick average completion time and the low scenario difficulty score. Then, the overall system evaluation scores from the PSSUQ and additional quantitative instruments are respectively 1.75 and 1.676. The results of this study proved that the developed system can support the completion of work (Perceived Usefulness) better, has features that are easy to use (Perceived Ease of Use), and increases the efficiency (Perceived Efficiency) of the clinic’s operations."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Apandaoswalen, autho
"Terdapat kebijakan baru untuk program studi sarjana Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, yaitu pelaksanaan tugas akhir menjadi wajib dilakukan untuk angkatan 2018 ke atas dan dapat dilakukan secara mandiri atau berkelompok dengan jumlah anggota maksimum 3 orang. Kebijakan tersebut menjadi alasan utama dibutuhkannya proses pengembangan lebih lanjut Sistem Informasi Sidang Tugas Akhir Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia (SI Sidang) agar dapat menangani tugas akhir kelompok. Requirements gathering dilakukan dengan melakukan Joint Application Development (JAD) meetings dengan pengguna dan product owner. Metode agile software development dan JAD digunakan untuk mengembangkan aplikasi SI Sidang. Setelah aplikasi dikembangkan, evaluasi dilakukan untuk menilai kualitas aplikasi yang dikembangkan. Proses evaluasi dilakukan dengan metode User Acceptance Test (UAT).  Berdasarkan evaluasi yang telah dilakukan, sistem berhasil memberikan hasil yang sesuai dengan ekspektasi yang telah ditentukan.

There is a new policy for undergraduate programs at the Faculty of Computer Science, University of Indonesia. Thesis is mandatory for class of 2018 and above. It can be done individually or in groups with a maximum number of 3 members. This change of policy is the main reason for further development of Information System for Final Project of the Faculty of Computer Science, University of Indonesia (SI Sidang) in order to be able to handle group theses. Joint Application Development (JAD) meetings were conducted in order to gather requirements from users. JAD and Agile Software Development were used to develop SI Sidang. After the development of SI Sidang, an evaluation is carried out to assess the quality of the developed application. The evaluation process was carried out by using the User Acceptance Test (UAT) method. Based on the evaluation, the system has succeeded in providing results in accordance with predetermined expectations."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Riris Tua Christin
"Tujuan penelitian ini adalah untuk melakukan analisis dan perancangan sistem informasi untuk penyusunan rencana anggaran work program and budget pada kontraktor kontrak kerja sama minyak dan gas bumi dengan menggunakan metode Framework for the Application of System Technique (FAST). Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa pengembangan sistem informasi untuk penyusunan rencana anggaran dapat membantu proses pengumpulan dan pengolahan data, sehingga dapat meningkatkan efisiensi proses penyusunan dan kualitas dari rencana anggaran yang dihasilkan.

The objective of this qualitative study is to perform analysis and analysis and design of information system to develop budget planning of Work Program & Budget oil and gas production sharing contract contractor using the Framework for the Application of System Technique (FAST) method. This study concluded that information system design to develop budget plan can support data collecting and processing in order to improve the budget development efficiency and budget quality."
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>