Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 165742 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Jusa Junaedi
"Skripsi ini membahas mengenai persepsi pustakawan perguruan tinggi terhadap tindakan plagiarisme. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi pustakawan Universitas Indonesia terhadap tindakan plagiarisme dan upaya pencegahan yang dilakukan oleh mereka untuk membantu sivitas akademika dalam mencegah tindakan tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Adapun pemilihan informan berdasarkan metode purposive sampling dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan analisis dokumen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pustakawan Universitas Indonesia memiliki kesamaan persepsi terhadap tindakan plagiarisme. Selain itu, mereka juga telah melakukan beberapa upaya yang dapat mendukung sivitas akademika dalam mencegah tindakan tersebut.

This undergraduate thesis discusses perception of academic librarian towards plagiarism. This research aims to know the perception of librarians of Universitas Indonesia towards plagiarism and prevention efforts undertaken by them for helping sivitas akademika in preventing that action. This research uses qualitative approach with case study method. Selection of informants based on purposive sampling method with data collection techniques through observation, interviews and document analysis. Result of this research shows that librarians of Universitas Indonesia have similarity perception towards plagiarism. In addition, they have also made several efforts which can help sivitas akademika in preventing that action.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2017
S70003
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Anon Mirmani
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 1999
LP-Pdf
UI - Laporan Penelitian  Universitas Indonesia Library
cover
Umar Falahul Alam
"Kajian pelaksanaan program Literasi Informasi di Program Studi Bahasa Inggris Jurusan Tadris Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo dilakukan melalui metode studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Tujuan penelitian adalah untuk menunjukkan efektivitas pelaksanaan program Literasi Informasi tersebut dalam meningkatkan kemampuan literasi informasi mahasiswa. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa program Literasi Informasi memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap peningkatan kemampuan literasi informasi mahasiswa, sehingga mata kuliah literasi informasi ini pertama, perlu dilanjutkan, kedua, menjadi program UPT Perpustakaan sebagai kegiatan ekstra kurikuler yang wajib diikuti oleh semua mahasiswa IAIN Walisongo atau bahkan menjadi mata kuliah dasar di IAIN Walisongo.

The study on the implementation of Information Literacy Program in English Language Studies of the Tarbiyah Faculty, IAIN Walisongo is conducted by using case study method with qualitative approach. The aim of this study is to demonstrate the effectiveness of Information Literacy Program in improving students' information literacy skills. The result of the study concludes that Information Literacy Program has a very significant impact. It is suggested, firstly, that this program needs to be continued, secondly that it becomes a library compulsory extra curricular program for all students, moreover it becomes a credited program/subject in IAIN Walisongo.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2009
T37487
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
New York: Routledge, 2008
025.567 7 INT
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Syed Afdhal Harits Assegaf
"Penelitian ini didasari oleh fenomena pentingnya mengunjungi perpustakaan. Perpustakaan memiliki dampak yang positif menunjang proses belajar pada mahasiswa dengan tujuan meningkatkan kemampuan literasi, membantu kegiatan belajar seperti diskusi dan penyelesaian tugas-tugas karena perpustakaan dianggap sebagai pusat informasi di kampus.
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan hubungan antara kecemasan perpustakaan dan performa akademis. Alat ukur kecemasan perpustakaan "Library Anxiety Scale" (LAS) yang dikembangkan oleh Bostick (1993) yang terdiri dari 32 item dan responden sebanyak 193 mahasiswa dari Fakultas Psikologi Universitas Indonesia dengan teknik pengambilan data melalui accidental sampling.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hipotesis null diterima (r= .034, p <.05), yang berarti tidak terbukti hubungan signifikan antara kecemasan perpustakaan dengan Performa akademis. Implikasi dari hasil penelitian ini adalah mampu menjelaskan kecemasan perpustakaan di fakultas psikologi terhadap perpustakaan psikologi universitas indonesia. Hasil penelitian juga menjelaskan secara kualitatif bagaimana respon yang muncul dari bentuk kecemasan perpustakaan yang kemudian berimplikasi pada performa akademis.

This study is based on the phenomenon of the importance of visiting the library. Libraries have a positive impact on student learning support with the aim of improving the literacy skills, helping and learning activities such as discussions and completion of tasks because the library is considered as an information center on campus.
This study aims to clarify the relationship between library anxiety and academic performance. Measuring tool library anxiety "Library Anxiety Scale" (LAS) developed by Bostick (1993), which consists of 32 items and the respondent as many as 193 students from the Faculty of Psychology, University of Indonesia with the data collection technique through accidental sampling.
The results showed that the null hypothesis is accepted (r = .034, p <.05), which means not proved a significant association between library anxiety with academic performance. The implication of this study is able to explain library anxiety in the psychology department of the library of the university psychology Indonesia. The results also explain qualitatively how the responses that emerged from the shape library anxiety that then has implications for academic performance.
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2016
S62031
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Byrd, Patricia
Englewood Cliffs: Prentice-Hall, 1981
R 025.5677 BYR g
Buku Referensi  Universitas Indonesia Library
cover
Muldian
"Promosi layanan perpustakaan adalah salah satu langkah praktis yang dapat dilakukan perpustakaan untuk meningkatkan pemanfaatan dan pelayanan perpustakaan, yang pada akhirnya akan meningkatkan pula citra dan apresiasi masyarakat terhadap perpustakaan. Promosi jasa layanan perpustakaan pada perpustakaan perguruan tinggi, dalam hal ini Perpustakaan FEUI Kampus UI Depok, dapat menjadi titik temu antara perpustakaan sebagai pemberi jasa dengan sivitas akademika sebagai pemakai jasa.
Penelitian ini menggambarkan bagaimana peran pustakawan, dalam hal ini staf Perpustakaan FEUI melakukan kegiatan promosi jasa layanan perpustakaan dalam upaya meningkatkan layanan kepada pengguna perpustakaan. Dalam penelitian ini juga mengkaji kegiatan promosi apa saja yang sesuai dengan perpustakaan perguruan tinggi dan juga menjelaskan keterlibatan dan partisipasi lenbaga induk, dalam hal ini perguruan tinggi."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 1998
S15571
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yanni Karina
"Skripsi ini membahas persepsi pemustaka perpustakaan Universitas Indonesia yang merupakan mahasiswa D3, S1 dan S2 Universitas Indonesia angkatan 2010 - 2013 tentang kinerja OPAC. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan analisis deskriptif. Pemustaka ternyata memiliki persepsi bahwa OPAC adalah alat penelusuran yang berfungi mempercepat penelusuran dibandingkan dengan menggunakan metode lain, dan karena itu menuntut agar OPAC menyediakan fitur yang sesuai untuk mempercepat penelusuran. Hasil penelitian menyarankan agar koneksi internet di perpustakaan UI ditingkatkan kekuatannya, pembaharuan dan penyederhanaan interface OPAC, adanya pelatihan penggunaan OPAC selain pada orientasi perpustakaan, adanya pustakawan di daerah komputer OPAC, dan sinkronisasi data koleksi yang ada dengan jajaran koleksi.

The focus of this study is to explain the preception of the user of Ilbrary of Universitas Indonesia have about OPAC. The user consist of the vocation, undergraduate and graduate student from 2010 – 2013 batch. This is a quantitative research with descriptive approach. The user perceive the OPAC as an helpful tools to fasten the process of searching the information they need compared to other methods, and therefore demand for the suitable feature to fasten search result in OPAC. The result suggest that the library strenghten the internet connection inside the library, redesigning and simplifying of OPAC interface, conduct OPAC guidance class other than library orientation, providing librarians around OPAC, and synchronizing OPAC’s collection data with the collection in shelves."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2014
S57537
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Aradichi Prihandana
"Skripsi ini membahas mengenai persepsi pustakawan di Perpustakaan Kementerian Sosial Republik Indonesia terkait dengan pemahaman dan implementasi terhadap kegiatan pengatalogan yang dilakukan di Perpustakaan Kementerian Sosial Republik Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode fenomenologi.
Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa secara keseluruhan pustakawan di Perpustakaan Kementerian Sosial Republik Indonesia memahami akan pentingnya kegiatan pengatalogan di Perpustakaan Kementerian Sosial Republik Indonesia, namun pada praktiknya mereka kurang memahami bagaimana melakukan proses pengatalogan sesuai dengan standar yang ada, sehingga kegiatan pengatalogan yang dilakukannya tidak berjalan secara maksimal.

The focus of this research is to discuss about The Perception of the Librarian in the Indonesian Ministry of social regarding to comprehension and implementation towards cataloging activities that is done in the Library of Indonesian Ministry of Social. This research uses qualitative approach and Phenomenology Method.
The result of this research is to conclude that overall of the librarian in the Social Ministry of the Republic of Indonesia understand the importance of cataloging in the Library of Social Social Ministry of the Republic of Indonesia, however,practically they do not really understand how to process standard cataloging system, as a result, the cataloging does not work well.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2013
S46861
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Purba, Debora Eflina
"Skripsi ini mengenai persepsi staf pengajar terhadap tugas dan status pustakawan di perpustakaan perguruan tinggi di Fakultas Sastra, FISIP dan Fakultas Psikologi-Ul. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan persepsi staf pengajar terhadap pentingnya perpustakaan fakultas bagi mereka, menggambarkan persepsi staf pengajar terhadap tugas pustakawan, persepsi staf pengajar terhadap status pustakawan, dan kontak/hubungan yang terjadi antara pustakawan fakultas dan staf pengajar di ketiga fakultas tersebut di atas. Teknik pengumpalan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan kuesioner, yang dibagikan langsung kepada staf pengajar yang menjadi sampel penelitian. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah accidental sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 72 responden yang diteliti, per_sepsi mereka terhadap pentingnya perpustakaan bagi penelitian dan pengajaran mereka cukup baik. Staf pengajar di FS Iebih menghargai koleksi perpustakaannya dibanding staf pengajar di FISIP dan F-Psi. Persepsi staf pengajar terhadap tugas pustakawan pada umumnya positif walaupun staf pengajar yang mengerti tugas-tugas seorang pustakawan jumlahnya hanya sebagian dari seluruh responden. Persepsi staf pengajar yang mengerti dan yang tidak mengerti ada perbe-daan tugas pustakawan dan non pustakawan di perpustakaan tidak berbeda jauh, dan staf pengajar di FS dalam beberapa hal lebih mengerti tugas-tugas seorang pustakawan. Persepsi staf pengajar terhadap status pustakawan pada umwnnya positif, sebagian staf pengajar setuju jika pustakawan memiliki status dan kedudukan yang sama dengan staf pengajar. Staf pengajar yang menyetujui per_samaan status dan kedudukan antara pustakawan dan staf pengajar lebih besar jumlahnya di FS (73,91% staf pengajar FS setuju tentang hal ini). Sebagian be_sar staf pengajar (81,94%) menganggap pustakawan sebagai profesional. Kon_tak/hubungan antara pustakawan dan staf pengajar belum berjalan efektif. Pada umumnya staf pengajar merasa tidak pernah mendapat informasi buku-buku baru di perpustakaan, belum ada kontak dalam Pendidikan Pemakai, dan jarang sekali terjadi kontak dalam hal pemilihan dan pengembangan koleksi dan pembuatan kebijakan untuk perpustakaan."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 1996
S15280
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>