Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 105598 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Ulfa Nur Fajriyah
"ABSTRAK
Artikel ini tentang pergeseran pola konsumsi pada masyarakat urban kelas menengah, yang merupakan hasil dari adanya transportasi online sebagai alternatif penyedia layanan konsumsi karena permasalahan di perkotaan dan kemudahan bertransaksi. Pergeseran pola konsumsi tersebut berupa metode pembayaran dan berubahnya makna leisure pada masyarakat. Studi sebelumnya mengemukakan belanja online dan lingkungan sosial menggeser pola konsumsi masyarakat. Penulis sependapat dengan studi sebelumnya dari Lunn Suman, 2002; Keisidou, Sarigiannidis Maditinos, 2011; Dini Hidayat, 2013 dan Delormier, Frohlich Potvin, 2009; Johnston, Rodney Szabo, 2012; Sebayang, Yusuf Priyatama, 2011, namun penulis melengkapi dengan konsep transportasi online. Penulis berargumen terjadinya pergeseran pola konsumsi karena adanya transportasi online dan berubahnya makna leisure. Pergeseran pola konsumsi tersebut terjadi karena adanya transaksi dengan metode pembayaran non-tunai pada aplikasi transportasi online. Begitu juga pada perubahan makna leisure, terlihat dari masyarakat melakukan leisure dengan tujuan ldquo;to see rdquo; menjadi ldquo;to be seen rdquo; setelah menggunakan transportasi online. Studi ini menggunakan kasus pada masyarakat perumahan Pesona Khayangan, Depok, Jawa Barat yang merupakan perumahan kelas menengah. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif data primer yaitu pada perempuan dewasa berkeluarga yang melakukan kegiatan harian di rumah, observasi serta data sekunder yaitu dengan menggunakan studi-studi sebelumnya.

ABSTRACT
This article is about shifting consumption patterns in middle class urban communities, which is the result of online transport as an alternative to consumption service providers due to urban problems and ease of transactions. The shift in consumption pattern is in the form of payment method and changing the meaning of leisure in society. Previous studies have suggested online shopping and social environment are shifting people 39 s consumption patterns. The author agrees with previous studies from Lunn Suman, 2002 Keisidou, Sarigiannidis Maditinos, 2011 Dini Hidayat, 2013 and Delormier, Frohlich Potvin, 2009 Johnston, Rodney Szabo, 2012 Sebayang, Yusuf Priyatama, 2011, but the authors complete with the concept of online transportation. The authors argue that there is a shift in consumption patterns due to online transport and the changing of leisure meaning. This shift in consumption patterns occurs because of transactions with non cash payment methods in online transport applications. Likewise in the change in the meaning of leisure, seen from the public to do leisure with the goal of to see to to be seen after using the online transport. This study uses cases in residential communities Khayangan Enchantment, Depok, West Java which is a middle class housing. Methods in this study using qualitative methods of primary data that is in adult married women who perform daily activities at home, observation and secondary data that is by using previous studies."
2017
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Helen Burhan
"Layanan ride sourcing atau lebih dikenal sebagai layanan taksi online semakin populer sebagai pelengkap sarana angkutan umum bagi masyarakat. Hal ini menyebabkan pertumbuhan jumlah armada yang bergabung dalam perusahaan platform atau operator penyedia layanan taksi online juga kian membesar. Jika pertumbuhan jumlah armada ini tidak dibatasi, maka masalah kemacetan yang sudah ada di Kota Jakarta saat ini bisa tambah memburuk. Sementara dari segi operasional, layanan taksi online masih dikatakan belum efektif, hal ini bisa dilihat dari waktu tunggu penumpang yang masih cukup tinggi dan adanya sistem surge pricing, yaitu tarif pelayanan lebih tinggi dari tarif biasanya karena tingginya permintaan layanan kendaraan sedangkan ketersediaan kendaraan sedikit.
Untuk mengatasi permasalahan meningkatnya jumlah armada taksi online dan juga masalah operasional pada layanan taksi online, penelitian ini bertujuan mengembangkan skema sharing platform untuk mengoptimalkan penggunaan layanan ride splitting pada layanan taksi online. Layanan ride splitting merupakan layanan ride sourcingdimana satu pengemudi (kendaraan) dapat melayani minimal dua pesanan customer sekaligus dalam satu kali perjalanan. Jumlah penumpang dalam satu pesanan customer bisa lebih dari satu orang, akan tetapi semua penumpang dalam satu pesanan customer tersebut mempunyai lokasi asal dan tujuan yang sama. Sementara itu, skema sharing platform atau resource sharing pada layanan ride sourcing adalah suatu skema dimana customer yang memesan layanan kendaraan dari platform A dapat dilayani oleh kendaraan dari platform B, begitu juga sebaliknya, dengan profit sharing yang telah ditentukan sebelumnya.
Model optimasi penggunaan layananan ride splitting dengan menerapkan skema sharing platform yang dikembangkan menggunakan bentuk New Modified Maximum Weighted Bipartite Matching, sedangkan metode penyelesaiannya menggunakan Greedy Heuristic Method. Fungsi tujuan dari model optimasi tersebut yaitu memaksimumkan nilai bobot yang merupakan rasio antara profit yang diperoleh operator dan pengemudi dengan konversi nilai uang dari waktu tunggu penumpang. Nilai bobot yang maksimum disini berarti memaksimumkan profit sekaligus meminimumkan waktu tunggu penumpang.
Untuk menguji model optimasi yang dikembangkan dilakukan simulasi dengan mempertimbangkan beberapa scenario. Skenario tersebut terkait dengan nilai faktor profit sharing , tarif perjalanan yang dikenakan operator per customer, serta kondisi lalu lintas berupa kecepatan tempuh perjalanan. Berdasarkan hasil simulasi diperoleh bahwa layanan ride splitting yang menerapkan skema sharing platform dengan memperoleh hasil yang lebih baik bila dibandingkan dengan layanan tanpa skema. Nilai 95% artinya operator kendaraan awal yang dipesan oleh customermemperoleh profit sharing sebesar 5% dari operator kendaraan yang ditugaskan melayani customer dengan adanya sharing platform. Hasil yang lebih baik pada simulasi tersebut ditunjukkan dengan perolehan nilai bobot yang lebih besar sekitar 4,5% - 25,3 %, total profit dari operator dan pengemudi yang lebih besar sekitar 15,91% – 48,9%, waktu tunggu dari customer yang lebih kecil sekitar 1,9% - 13,7% dan jumlah pasangan ride splitting yang lebih besar sekitar 8,57%- 12,85%.

Ride sourcing services, or more famously known as online taxi services, is getting more popular as a complement of public transportation for the community. This has caused the growth in the number of fleet joining the platform company or the online taxi company to also increase. If the growth in the number of fleet is not regulated, the traffic issues currently already existing in Jakarta can get even worse. On the other hand, from the operational point of view, online taxi services is deemed as not yet effective; which can be seen from the long waiting time for the passengers and the surge pricing system that occurs when the demand for the vehicle is higher than the number of vehicles available.
To solve issues of the increasing number of online taxi fleet and also the operational issues in the online taxi services, this study aims to develop a sharing platform scheme to optimize the use of ride splitting service in online taxi services. Ride splitting services is a ride sourcing service where one vehicle can serve at least two request customers at one trip. The number of passengers per customer can be more than of one person, but all the passengers in one request customer have the same origin and destination. On the other hand, sharing platform scheme or resource sharing in ride sourcing services is a scheme where a customer ordering vehicle service from platform A can be served by vehicle from platform B, and the other way around, with a predetermined profit sharing applied.
The optimized model of ride splitting service usage by applying sharing platform scheme is developed using the New Modified Maximum Weighted Bipartite Matching form, while the solving method is using Greedy Heuristic Method. The objective function of the optimized model is to maximize the weighted value which is the ratio between profit earned by the operator and money conversion of the passenger’s waiting time. Maximum weighted value means maximizing the profit and minimizing the waiting time.
To test the optimized model developed, we do a simulation which takes into consideration several different scenarios. Those scenarios are related to factor values of profit sharing , travel rate difference charged by the operator per customer, and paying attention to the existing traffic condition. The simulation shows that ride splitting services applying sharing platform scheme with 95% gets better results than services without scheme. The value of 95% means initial operator requested by the customer gets 5% of profit sharing from the operator whose vehicle is actually serving the customer with sharing platform. The better results from the simulation are the higher weighted value of 4.5% - 25.3%, higher total profit of the operator and drivers of 15.91%-48.9%, and shorter customer waiting time of 1.9%-13.7% and bigger number of matchs of 8.57%-12.85%.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2021
D-pdf
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Adliah Rusydina
"ABSTRAK
Tingginya permintaan jasa transportasi perkotaan menjadi peluang bagi perusahaan untuk mendapatkan customer. Kunci utama bagi perusahaan untuk dapat mempertahankan dan meningkatkan hubungan dengan pelanggan yaitu customer satisfaction. Penelitian ini menggunakan metode structural equation modeling dengan pengolahan data dari 1200 responden pengguna jasa taksi Blue Bird, Express dan Taxiku di Jadetabek. Hasil penelitian ini menunjukkan faktor yang berpengaruh besar pada setiap taksi adalah company image. Untuk itu perusahaan perlu mempertimbangkan faktor company image dan beberapa faktor yang signifikan dalam meningkatkan customer satisfaction dan mendapatkan customer loyalty.

ABSTRACT
The high demand of urban transport services has become an opportunity for companies to gain customers. The important key for company in maintaining and improving customer relationship is customer satisfaction. The samples of this research are 1200 taxi users of Blue Bird, Express, and Taxiku in Jadetabek. Structural equation modeling is used for data processing and analyzing. The result of this study indicates that company image has the strongest impact. Thus, companies need to consider company image and other several significant factors to increase customer satisfaction and earn customer loyalty."
2014
S56134
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Andika Ridho Ramadani
"Kereta rel listrik kini menjadi sarana transportasi pilihan dari masyarakat Jabodetabek dalam kehidupan sehari-hari. Namun besarnya kebutuhan sarana transportasi kereta rel listrik diimbangi dengan kebutuhan energi listrik yang cukup besar dalam penggunaan kesehariaannya. Sehingga diperlukannya evaluasi konsumsi energi dari kereta commuter line. Pada penelitian ini penulis melakukan simulasi kereta commuter line dengan data kecepatan sebenarnya dari kereta rute Jakarta Kota – Tanjung Priok, menghitung konsumsi energi yang dibutuhkan dari kereta dengan hasil profil kecepatan simulasi, mengoptimalkan konsumsi energi yang dibutuhkan kereta dengan program dinamis. Kemudian membandingkan hasil konsumsi energi dengan konsumsi energi optimal. Hasil efisiensi yang didapatkan dari konsumsi energi optimal sebesar 31 % untuk rute Jakarta Kota – Kampung Bandan, 20 % untuk rute Kampung Bandan – Ancol dan untuk rute Ancol Tanjung Priok sebesar 13 %.

Electric trains are now the preferred means of transportation for the Jabodetabek people in their daily lives. However, the need for electric rail transportation facilities with the need for electrical energy is quite large in daily use. So, it is necessary to evaluate the energy consumption of commuter line trains. In this study, the author simulates a commuter line train with the actual data speed of the Jakarta Kota – Tanjung Priok train route and calculates the energy consumption required from the train with the simulation speed profile results, optimizing the energy consumption needed by the train with a dynamic program. Then compare the results of energy consumption with energy consumption optimally. The efficiency results obtained from the optimal energy consumption are 31% for the Jakarta Kota – Kampung Bandan route, 20% for the Kampung Bandan – Ancol route, and for the Ancol Tanjung Priok route 13%."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rifi Fazrina Djuuna
"Transport consumption has rapidly increased in conjunction with urban expansion. It is widely claimed through compact city hypothesis that individuals transport consumption could be more efficient as urban form changes. However, this evidence only seemed to work for the case of developed countries. This paper would like to investigate the relationship between urban form and transport consumption in developing country, particularly Indonesia. In general, this study suggests that compact city hypothesis is rejected for the case of Indonesia, because transport consumption tend to increase as population density grew. Specifically, due to endogeneity of urban form, this research relies on IV TSLS analysis to obtain unbiased estimates. Main IV TSLS results verify that the correlation between urban form and transport consumption tend to form U-shaped relationship–after reaching a certain point, transport consumption tend to increase as population density grew.

Konsumsi transportasi meningkat cukup tinggi sejalan dengan ekspasi wilayah perkotaan. Berdasar compact city hypothesis, konsumsi transportasi individu seharusnya menjadi lebih efisien saat struktur wilayah perkotaan berubah. Namun, hipotesis ini hanya berpengaruh pada kasus negara-negara maju. Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi hubungan antara bentuk wilayah perkotaan dan konsumsi transportasi di negara berkembang, khususnya Indonesia. Secara umum, penelitian ini menunjukkan bahwa compact city hypothesis tidak terjadi pada kasus Indonesia, sebab konsumsi transportasi cenderung meningkat saat kepadatan penduduk meningkat. Secara spesifik, akibat adanya endegenitas bentuk wilayah perkotaan, penelitian ini menggunakan analisis IV TSLS dalam memperoleh hasil yang tidak bias. Hasil utama IV TSLS menunjukkan bahwa korelasi antara bentuk wilayah perkotaan dan konsumsi transportasi cenderung berbentuk U–setelah mencapai titik tertentu, konsumsi transportasi cenderung meningkat saat kepadatan penduduk bertambah."
Depok: Fakultas Eknonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
T52805
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nurwanti Dwi Agustin
"Program Jak Lingko sebagai integrasi antar moda transportasi umum hadir sebagai salah satu upaya Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk memberikan pelayanan transportasi publik yang lebih baik. Salah satu armada angkutan umum yang terintegrasi dengan Jak Lingko yang dibahas dalam skripsi ini yaitu mikrotrans Jak Lingko di Wilayah Jakarta Timur selama pandemi COVID-19, armada angkutan ini sama halnya dengan angkutan kota (angkot), tetapi memiliki berbagai layanan modern. Meskipun memiliki berbagai layanan modern, masih sering ditemukan permasalahan pada layanan mikrotrans Jak Lingko di Jakarta Timur. Berdasarkan fenomena tersebut, maka peneliti melakukan penelitian yang berjudul “Analisis Mikrotrans Jak Lingko di Wilayah Jakarta Timur selama Pandemi COVID-19”. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas pelayanan mikrotrans Jak Lingko di Kota Jakarta Timur selama pandemi COVID-19. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik kuantitatif. Berdasarkan analisis data yang dilakukan, kualitas pelayanan mikrotrans Jak Lingko tergolong tinggi melalui perhitungan nilai rata-rata setiap dimensinya. Kualitas pelayanan mikrotrans Jak Lingko di Kota Jakarta Timur selama pandemi COVID-19 yang sudah baik juga didukung oleh hasil perhitungan Customer Satisfaction Index (CSI) yang masuk dalam kategori cukup puas dengan nilai 63%. Maka dapat disimpulkan bahwa kualitas pelayanan mikrotrans Jak Lingko di Kota Jakarta Timur selama pandemi COVID-19 yang sudah baik dan masyarakat sudah cukup puas terhadap kinerja layanannya, akan tetapi pihak mikrotrans Jak Lingko masih perlu untuk terus memperbaiki layanannya.

The Jak Lingko program as an integration between modes of public transportation is present as one of the efforts of the DKI Jakarta Provincial Government to provide better public transportation services. One of the public transportation fleets that is integrated with Jak Lingko discussed in this final project is the Jak Lingko microtrans in the East Jakarta Region during the COVID-19 pandemic, this transportation fleet is the same as city transportation (angkot), but has various modern transportation modes. service. Despite having a variety of modern services, problems are still often found in Jak Lingko's microtrans service in East Jakarta. Based on this phenomenon, the researcher conducted a study entitled "Analysis of Jak Lingko Microtrans in the East Jakarta Region during the COVID-19 Pandemic". This study aims to analyze the quality of Jak Lingko microtrans services in East Jakarta City during the COVID-19 pandemic. Data collection techniques in this study using quantitative techniques. Based on the data analysis conducted, the quality of Jak Lingko's microtrans services is classified as high through the calculation of the average value of each dimension. The good quality of Jak Lingko's microtrans services in East Jakarta City during the COVID-19 pandemic is also supported by the results of the Customer Satisfaction Index (CSI) calculation which is included in the fairly satisfied category with a score of 63%. So it can be concluded that the quality of Jak Lingko microtrans services in East Jakarta City during the COVID-19 pandemic was good and the public was quite satisfied with the performance of its services, but Jak Lingko microtrans services still needed to be improved."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ahmad Fadli
"ABSTRAK
Layanan ojek online saat ini memainkan peran besar dalam menghubungkan komuter dengan stasiun-stasiun KRL yang tersebar di wilayah Jabodetabek. Hal ini disebabkan oleh kesulitan aksesibilitas KRL sehingga membutuhkan mode akses untuk mencapai stasiun. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kelayakan operasi transportasi ojek online sebagai angkutan pengumpan atau mode akses stasiun KRL berdasarkan kepuasaan komuter. Selain itu, penelitian ini juga menyelidiki bagaimana persepsi komuter pada konektivitas angkutan massal KRL serta niat dalam penggunaan kedua transportasi tersebut dimasa depan. Data dikumpulkan dari 402 komuter di Stasiun Gondangdia dan dianalisis menggunakan structural equation modelling untuk menguji dua hipotesis penelitian. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kepuasaan komuter terhadap harga, informasi dan kenyamanan serta keamanan ojek online memiliki pengaruh positif terhadap sikap konektivitas angkutan massal KRL dan niat penggunaan dimasa depan. Dimana ojek online mayoritas digunakan oleh komuter yang berasal dari daerah sekitar 1 sampai 2 kilometer dari stasiun. Oleh karena itu, kebijakan perbaikan terkait layanan ojek online diusulkan dengan tujuan untuk meningkatkan kinerja angkutan massal.

ABSTRACT
Online motorcycle taxi services are presently playing a major role in linking commuters with KRL stations spread across the Jabodetabek region. This is due to the difficulty of KRL accessibility so that it requires access mode to reach the station. This study attempts to investigate the potential of online motorcycle-taxi as well as determine the influences of commuter perceptions on online motorcycle-taxi service to the attitudes on mass transit connectivity and the behavioral intention in usage of KRL and online motorcycle-taxi as a feeder. Data were gathered from 402 Gondangdia Station commuters and analyzed using structural equation modeling to test two study hypotheses. The findings of this research show that commuter satisfaction has a beneficial impact on the attitude of KRL mass transportation connectivity and future use intentions. Therefore, improvement policies regarding online motorcycle taxi service must be carefully drawn with the purpose of enhancing the performance of mass transit.
"
2019
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Najmi Aliya
"Ride-hailing merujuk pada proses di mana penumpang memesan layanan transportasi ke tujuan tertentu melalui aplikasi di ponsel mereka, yang kemudian dijawab oleh pengemudi yang tersedia dengan harga yang disepakati. Salah satu aplikasi ride-hailing yang unik dalam pendekatan bisnisnya adalah inDrive yang memberikan kebebasan kepada pengguna untuk menentukan tarif perjalanan mereka. Terdapat beberapa faktor yang mendukung pengguna untuk menggunakan aplikasi ride-hailing dan salah satu faktor yang terpenting adalah keamanan. Berdasarkan hasil Survei Nasional Pelecehan Seksual di Ruang Publik, 4,79% responden mengalami pelecehan saat menggunakan layanan transportasi online. Temuan ini menjadi alasan utama dilakukannya penelitian ini dimana digunakan pendekatan mixed methods research yang menggabungkan metode kualitatif dan kuantitatif. Metode kualitatif melibatkan wawancara daring, sementara metode kuantitatif melibatkan penyebaran kuesioner daring. Dalam penelitian ini, pendekatan User-Centered Design (UCD) digunakan untuk pengembangan desain fitur keamanan aplikasi inDrive yang berupa high-fidelity prototype. Analisis hasil dari kedua tahap tersebut menunjukkan skor SUS sebesar 75,6 dalam evaluasi kuantitatif dari tahap usability testing dan beberapa saran serta pendapat dalam evaluasi kualitatif. Pada tahap akhir penelitian, dibentuk kesimpulan dan juga saran untuk penelitian selanjutnya. Hasil desain antarmuka yang diusulkan tim peneliti dapat digunakan inDrive untuk meningkatkan keamanan, mempertahankan kepercayaan dan kepuasan pengguna, serta memperkuat posisi aplikasi di pasar.

Ride-hailing refers to the process in which passengers book transportation services to specific destinations through mobile applications, which are then responded to by available drivers at agreed-upon prices. Ride-hailing application that has a unique business approach is inDrive, which allows users to determine their own fare for the journey. There are several factors that support users in using ride-hailing applications, with one of the most important factors being safety. Based on the results of the National Survey on Sexual Harassment in Public Spaces, 4.79% of respondents experienced harassment while using online transportation services. This finding serves as the primary reason for conducting this research, which utilizes a mixed methods research approach that combines qualitative and quantitative methods. The qualitative method involves online interviews, while the quantitative method involves the distribution of online questionnaires. In this study, the User-Centered Design (UCD) approach is used for the development of inDrive application's security feature design, in the form of a high-fidelity prototype. The analysis of the results from both stages indicates a System Usability Scale (SUS) score of 75.6 in the quantitative evaluation of the usability testing stage, as well as several suggestions and opinions in the qualitative evaluation. In the final stage of the research, conclusions and recommendations for further research are formulated. The proposed interface design results by the research team can be utilized by inDrive to enhance security, maintain user trust and satisfaction, and strengthen its position in the market."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
"The 1970's and 1980's witnessed both substantial conceptual and practical interest in paratransit across Europe and North America, as well as widespread implementation of paratransit services and strategies. Subsequently, the trajectory of paratransit (also often referred to as flexible transport systems) has waned, to the point where it is frequently relegated to a very narrow niche (often related to special needs) in the spectrum of collective transport services. More recently, technological advances have made feasible new and / or improved approaches for organizing and delivering local passenger transportation. With practice, policy and research in paratransit now being impacted by these developments, a new set of possibilities is emerging. Some practitioners have forged ahead over the past decade and implemented services and organizational models that show the way forward for what is possible, sometimes without the benefit of the most advanced available technologies. This book draws on a selection of papers presented at the International Paratransit Conference in Monterey in October 2014 to capture these exciting developments."
United Kingdom: Emerald, 2016
e20469406
eBooks  Universitas Indonesia Library
cover
Yosy Rosalyn Widodo
"ABSTRAK
Kelelahan pada pengemudi taksi dapat menyebabkan terjadinya kecelakaan lalu-lintas. Selain itu juga dapat menurunkan produktivitas kerja. Berdasarkan data kehadiran pengemudi di perusahaan taksi ?X? di Jakarta, dapat dilihat bahwa angka absensi bulan Mei 2015 sebesar 17,5%.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan derajat kelelahan dan selisih rerata waktu reaksi dengan jadwal hari kerja pada pengemudi taksi beserta faktor risiko individu (umur, kebiasaan merokok, kebiasaan olahraga, IMT, ukuran lingkar pinggang) dan faktor risiko pekerjaan (shift kerja, masa kerja, lama kerja, lama istirahat, dan jumlah kilometer).
Penelitian ini dilakukan pada bulan September 2015 di perusahaan taksi ?X? di Jakarta dengan jumlah responden 93 orang. Derajat kelelahan diukur menggunakan KAUPK2, sedangkan selisih rerata waktu reaksi didapatkan dari penghitungan rerata waktu reaksi setelah mengemudi dikurangi rerata waktu reaksi sebelum mengemudi. Responden yang dianalisis mengenai selisih rerata waktu reaksinya adalah pengemudi yang derajat kelelahannya termasuk dalam kategori ?tidak lelah?. Penelitian ini bersifat analitik observasional dengan menggunakan desain penelitian potong lintang komparatif.
Sebagian besar derajat kelelahan pengemudi taksi termasuk kategori ?tidak lelah? (91,2%) dan tidak terdapat hubungan yang bermakna secara statistik antara jadwal kerja terhadap kelelahan kerja. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan kelelahan kerja antara pengemudi jadwal 2-1 dan jadwal 3-1. Secara statistik dari 93 responden yang derajat kelelahannya termasuk dalam kategori ?tidak lelah?. ternyata 46 orang (49,5%) mengalami pemanjangan selisih rerata waktu reaksi. Titik potong data selisih rerata waktu reaksi dari 93 responden didapatkan dari penghitungan persentil 50, diperoleh angka 43,79 ms. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pemanjangan selisih rerata waktu reaksi dengan nilai titik potong 43,79 ms pada hampir sebagian besar pengemudi yang secara subyektif tidak merasakan kelelahan. Hal ini juga terlihat dari adanya selisih rerata waktu reaksi yang bermakna antara pengukuran waktu reaksi sebelum dan setelah mengemudi.

ABSTRACT
Fatigue condition on taxi driver can cause traffic accident. It also lowered work productivity. Based on May 2015 absenteeism data of ?X? taxi company in Jakarta, there was 17,5% drivers were absent on duty. This research aims to compare fatigue degrees and the difference of average reaction time between driver?s schedule 2-1 and 3-1 on taxi drivers with the following individual risk factors (age, smoking, sport, BMI, and waist circumference) and working risk factors ( shift of work, length term of work, duration of driving on duty, duration of rest on duty, and length of kilometer on duty).
This research was held in one of taxi?s company in Jakarta on September 2015 with 93 respondents. Fatigue degrees was measured by KAUPK2 and the difference of average reaction time was calculated by subtraction between before and after driving mean reaction time. The difference of average reaction time analysis was made only for the drivers who was in ?not tired? category based on fatigue degrees. It is an analytic observational study with comparative cross sectional method.
Most of the taxi drivers (92,1%) were in ?not tired? fatigue degree and there was no statistically association between taxi driver?s schedule and fatigue condition. So, it was no difference fatigue condition between drivers with 2-1 and 3-1 schedule. Statistically there was 49,5% drivers who was in ?not tired? category but did have lengthening in the difference of average reaction time. The difference of average reaction time?s cut off point was made by percentiles 50 which result was 43,79 ms. The conclusion is there was a lengthening in the difference of average reaction time with 43,79 ms cut off point among subjectively ?not tired? drivers. It also reflected on there was statistically association between the difference before and after driving mean reaction time.
"
Jakarta: Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, 2016
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>