Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 37511 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Gregory, Vicki L., 1950-
New York: Neal-Schuman , 2011
025GREC001
Multimedia  Universitas Indonesia Library
cover
Gregory, Vicki L., 1950-
New York : Neal-Schuman Publishers, 2011
025.21 GRE c
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Stueart, Robert D.
Littleton : Libraries Unlimited , 1981
025.1 STU l
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Lina Rosidinawati
"Skripsi ini membahas mengenai pengembangan layanan multimedia yang terdapat di Perpustakaan Bank Indonesia dilihat dari pengembangan koleksi, fasilitas dan perangkat pendukung, sumber daya manusia, pengelolaan koleksi, dan sistem layanan yang diterapkan. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dengan pendekatan kualitatif.
Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan analisis dokumen. Informan dalam penelitian ini adalah Kepala Unit dari Perpustakaan Umum dan Perpustakaan Riset serta para petugas perpustakaan yang memberikan layanan multimedia.
Dari hasil penelitian diketahui bahwa pengembangan layanan multimedia telah dilaksanakan oleh Perpustakaan Bank Indonesia baik dari sisi pengembangan koleksi, fasilitas dan perangkat pendukung , pengelolaan koleksi, maupun sistem layanan. Namun penyediaan sumber daya manusia untuk menunjang pemberian layanan belum dilaksanakan oleh perpustakaan Bank Indonesia.

This research discusses the development of multimedia services in the Library of Bank Indonesia focused on the collection development, facilities and supporting devices, human resources, collection management, and the system services implementation. This study is a qualitative research with case study method.
Data collection methods used in this study were interviews, observation and document analysis. The informants in this study were the Head Unit of the Public Library and Research Libraries and the librarians who work for multimedia services.
The survey results revealed that the development of multimedia services have been implemented by Bank Indonesia Library in terms of collection development, facilities and supporting devices, collection management, and system services. However, the provision of human resources to support the provision of library services have not been implemented by Bank Indonesia Library.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2013
S46132
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Aqilla Nanda Viary
"Penelitian ini membahas mengenai penerapan fungsi manajemen dalam manajemen perpustakaan yang dilakukan oleh Perpustakaan BNN. Sebagai perpustakaan yang berdiri dalam suatu instansi pemerintah perlu adanya manajemen yang baik dalam mengelola perpustakaan untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Dengan menggunakan dasar teori menurut George R. Terry mengenai Fungsi Manajemen (POAC) diharapkan dapat menjadi gambaran bagaimana penerapan fungsi manajemen perpustakaan yang dilakukan oleh Perpustakaan BNN. Penelitian ini menggunan metode wawancara dengan pustakawan di Perpustakaan BNN mengenai manajamen perpustakaan yang dilakukan berdasarkan fungsi manajemen perpustakaan. Hasilnya menunjukkan bahwa hanya fungsi pelaksanaan yang dipraktikkan dengan baik, namun fungsi manajemen perpustakaan lain seperti perencanaan, penggerak dan pengendalian di Perpustakaan BNN belum dilakukan secara efektif.

This study discusses the application of management functions in library management carried out by the BNN Library. As a library that stands in a government agency, it is necessary to have good management in managing the library to achieve the desired goals. By using the theoretical basis according to George R. Terry regarding Management Functions (POAC) it is hoped that it can be an illustration of how the implementation of library management functions carried out by the BNN Library. This study uses an interview method with librarians at the BNN Library regarding library management which is carried out based on the library management function. The results show that only the implementation function is well practiced, but other library management functions such as planning, organizing and controlling at the BNN Library have not been carried out effectively."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2022
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Chicago: American Library Association, 1995
026 LAMA
Majalah, Jurnal, Buletin  Universitas Indonesia Library
cover
Giesecke, Joan
"What does it take to succeed as a library manager? Librarian, author, and management expert Joan Giesecke builds from years of experience and research to answer this question with practical and innovative strategies geared toward helping you to set goals for your department and deliver first-rate library services."
Chicago: [American Library association, American Library association], 2001
e20436326
eBooks  Universitas Indonesia Library
cover
Karina Oktavianti Putri
"Artikel ini bertujuan untuk mengidentifikasi kondisi koleksi fisik, bangunan dan lingkungan di Perpustakaan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) selama pandemi covid-19, serta faktor yang merusak fisik koleksi. Survei kondisi koleksi dilakukan untuk menilai koleksi yang memerlukan penanganan dan perawatan terlebih dahulu agar dapat dimanfaatkan dalam waktu yang lama. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa survei lapangan dan wawancara. Survei dilakukan di Perpustakaan BPPT pada tanggal 11 Juni 2021 dengan menerapkan protokol kesehatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi koleksi fisik Perpustakaan BPPT yang memerlukan penanganan dan perawatan adalah koleksi buku terbitan lama. Faktor yang menyebabkan kerusakan berasal dari faktor eksternal diantaranya suhu dan kelembaban relatif, intensitas cahaya, hama dan serangga, jamur, serta perilaku manusia. Dapat disimpulkan bahwa sebagian koleksi fisik di Perpustakaan BPPT memang sudah mengalami beberapa kerusakan bahkan sebelum masa pandemi covid-19. Namun, selama pandemi berlangsung perpustakaan tidak melakukan perawatan koleksi secara teratur dan tidak adanya peminjaman koleksi fisik. Sehingga kerusakan pada koleksi yang ada sebelumnya bertambah.

This article aims to identify the condition of physical collections, buildings and the environment in the Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi Library (BPPT) during the covid-19 pandemic, as well as factors that damage the physical collections. A survey of the condition of the collection is carried out to assess the collections that require treatment and care first so that they can be used for a long time. This research is qualitative research with data collection techniques in the form of a field survey and interviews. The survey was conducted at the BPPT Library on June 11, 2021 by implementing health protocols. The results showed that the condition of the physical collection of the BPPT Library that requires handling and maintenance is a collection of old published books. Factors that cause damage come from external factors including temperature and relative humidity, light intensity, pests and insects, fungi, and human behavior. It can be concluded that some of the physical collections in the BPPT Library have indeed suf ered some damage even before the covid-19 pandemic. However, during the pandemic the library did not carry out regular collection maintenance and there was no borrowing of physical collections. So that the damage to the existing collection increases."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2021
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Greenwich, Connecticut: JAI Press, 1986
R 025.343 2 ADV I
Buku Referensi  Universitas Indonesia Library
cover
Mohamad Rifqi Farhan Anwar
"Kualitas layanan perpustakaan merupakan bagian utama dari manajemen perpustakaan karena kualitas merupakan faktor penting dalam kepuasan pengguna dalam mendukung keberhasilan layanan perpustakaan. Oleh karena itu, perlu juga menjaga kualitas layanan yang diberikan oleh perpustakaan; salah satu caranya adalah dengan mengevaluasi layanan perpustakaan. Evaluasi layanan perpustakaan berdasarkan perspektif pengguna diperlukan karena kualitas layanan harus dinilai oleh mereka yang menerima layanan (service is in the eyes of the beholder). Selain itu, dengan adanya pandemi saat ini, pustakawan dituntut untuk lebih berhati-hati dalam memberikan pelayanan dengan mengutamakan keselamatan dan kesehatan pengguna. Penelitian ini menggunakan LIBQUAL+TM untuk mengevaluasi layanan yang diberikan oleh Perpustakaan Universitas Indonesia. LIBQUAL+TM adalah metode yang dapat mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan perpustakaan dari sudut pandang pengguna; hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan yang diberikan oleh Perpustakaan Universitas Indonesia masih di bawah harapan 104 pengguna. Dengan demikian, penelitian ini diharapkan dapat menjadi masukan yang dapat digunakan pustakawan untuk meningkatkan pelayanannya

The quality of library services is an integral part of library management because quality is an essential factor in user satisfaction in supporting the success of library services. Therefore, it is also necessary to maintain the quality of services provided by the library; one way is by evaluating library services. Evaluation of library services based on the user’s perspective is necessary because the quality of service must be assessed by those who receive the service (service is in the eyes of the beholder). Furthermore, due to the current pandemic, librarians are required to be more careful in providing services by prioritizing the safety and health of users. This study uses LIBQUAL+TM to evaluate the services provided by Universitas Indonesia Library. LIBQUAL+TM is a method that can identify the strengths and weaknesses of a library from the user’s perspective; the study results show that the services provided by the Universitas Indonesia Library are still below the 104 user’s expectations. Thus, this study provides input that librarians can use to improve their services."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2022
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>