Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 163416 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Tri Cahyaningsih
"Penelitian ini membahas tentang penerapan Sistem Informasi Kelola UI di Lingkungan Universitas Indonesia khususnya pada Unit Kerja Direktorat Pendidikan dan Fakultas-fakultas yang berhubungan dengan Direktorat Pendidikan melalui sistem Kelola UI. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan bagaimana penerapan Sistem Informasi Kelola UI pada Direktorat Pendidikan Pusat Administrasi Universitas Indonesia PAUI dan keterkaitannya dengan bisnis proses Direktorat Pendidikan PAUI. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif dengan desain eksplanatif. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data adalah melalui penyebaran kuesioner dan wawancara mendalam serta studi literatur. Analisis penerapan sistem Kelola UI ini menggunakan best practice COBIT 4.1. Fokus Penelitian ini terdapat pada 3 Domain COBIT 4.1 yaitu: Plan Organize PO, Acquire Implement AI, dan Deliver Support DS. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara keseluruhan penerapan sistem informasi Kelola UI sudah berjalan baik dan sesuai harapan Direktorat Pendidikan PAUI.

This study discusses the implementation of Information System Kelola UI in the University of Indonesia, especially in the Unit of the Directorate of Education and Faculties related to the Directorate of Education through system information Kelola UI. The aims of this study is to explain how the implementation of Information System Kelola UI at the Directorate of Education, University Central Administration Universitas Indonesia PAUI, related to the business process at Directorate of Education PAUI. This research uses quantitative approach method with explanative design. The data are collected through the questionnaires, in depth interviews and literature studies. The analysis of this study is using best practice COBIT 4.1. This research focuses on 3 domains of COBIT 4.1 Plan Organize PO, Acquire Implement AI, and Deliver Support DS. The results showed that overall implementation of information systems Kelola UI has been running well and as expected at Directorate of Education PAUI."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2017
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Deni Andrias
"Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kinerja Manajemen dan Penerapan Sistem Keselamatan Kebakaran pada Bangunan Gedung di Kawasan Kampus Universitas Indonesia, Depok dengan metode penelitian Semi Kuantitatif dan desain Deskriptif Analitik. Evaluasi dilakukan berdasarkan kesesuaian 12 safety parametes dan persyaratan tambahan pada NFPA 101A: Alternate Approaches to Life Safety dengan standar NFPA 101: Life Safety Code. ®. Variabel yang dianalisis adalah komponen Manajemen, Penerapan Sistem Keselamatan dan Proteksi Kebakaran. Hasil penelitian menunjukan kinerja sistem keselamatan kebakaran cenderung kurang baik, hal tersebut dipengaruhi manajemen yang kurang baik, hasil evaluasi dimaksudkan untuk tindak lanjut perbaikan dan peningkatan kinerja sistem keselamatan kebakaran yang diterapkan.

This research is aimed to evaluate the performance of management and the application of the Fire Safety Systems Building in the area of University of Indonesia, Depok, by Semi-Quantitative research methods Descriptive Analytical design. The evaluation is based on conformity 12 safety parameters and the additional requirements in NFPA 101A: Alternate Approaches to Life Safety standards NFPA 101: Life Safety Code. ®. The variables analyzed were components of Management, Implementation of Safety and Fire Protection Systems. The results showed the performance of fire safety systems tend to be less good, it is influenced by poor management, the results of the evaluation is intended for the follow-up fixes and performance improvements of are applicable fire safety systems are applicable."
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2014
T41949
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Diah Muharomi
"Penelitian ini membahas tentang Kepuasan Pegawai Atas Pemberian Insentif Kehadiran Kerja Pusat Administrasi Universitas PAU Universitas Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kepuasan pegawai atas pemberian insentif kehadiran kerja Pusat Administrasi Universitas PAU Universitas Indonesia. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui penyebaran kuisioner yang didukung dengan wawancara mendalam dengan responden, dan studi kepustakaan. Teori yang digunakan adalah milik Stephen Robbins tentang kepuasan kerja yaitu variabel equitable rewards. Tujuan penelitian bersifat deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa pegawai puas atas pemberian insentif kehadiran kerja sebesar Rp. 500,000,-/bulan di PAU Universitas Indonesia. Walaupun begitu masih ada satu indikator tentang kebijakan mengenai insentif kehadiran kerja yang tingkat kepuasannya masih rendah.

This study discusses about Employee Satisfaction on Job Incentives Attendance in The University Central Administration PAU , University of Indonesia. This study aims to analyze employee satisfaction on job attendance incentives The University Central Administration PAU , University of Indonesia. The approach used in this study is a quantitative approach to data collection through questionnaires that are supported by in depth interviews with respondents, and literature study. The theory used is the property of Stephen Robbins on job satisfaction is the variable equitable rewards. The purpose of research is descriptive. The results showed that employees satisfied with job incentives attendance of Rp. 500.000, month in PAU University of Indonesia. However there was one indicator of the job incentives attendance policies regarding job satisfaction."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2016
S66300
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Irwan Kurnia Andrianto
"Sistem Informasi Biological Diversity Universitas Indonesia adalah suatu sistem untuk mensurvei seluruh tanaman/tumbuhan yang berada di Kampus Baru Universitas Indonesia di Depok. Proses pencatatan informasi dapat dilakukan dengan melibatkan mahasiswa baru Universitas Indonesia untuk membuat daftar tanaman yang ada diseluruh kawasan kampus yang luanya mencapai 320 hektar. Setiap mahasiswa mendapatkan tugas untuk mensurvei tanaman dengan luas 100 m2. Pembagian letak koleksi untuk survei yang dilakukan oleh mahasiswa dapat dimasukkan ke sistem dan dilihat dari peta tanaman. Sistem dapat digunakan untuk menentukan koordinat X dan Y untuk posisi survei setiap mahasiswa. Dalam sistem informasi biological diversity ini menggunakan Google Earth untuk memvisualisasikan peta. Metodologi yang digunakan dalam pelaksanaan sistem informasi ini adalah Proses Model Waterfall dan menggunakan Unified Modeling System (UML) untuk pemodelannya. Untuk implementasi dilakukan dengan menggunakan script language PHP versi 5.2.9 + PEAR dan basis datanya menggunakan MySQL-phpMyAdmin versi 3.1.3.1. Sistem informasi biological diversity ini berjalan dengan baik (rata-rata skala 3 dari skala 4). Untuk mahasiswa berpendapat bahwa tampilan untuk koleksi, family, genus, nama tanaman, detail koleksi, peta tanaman menilai menilai sistem informasi baik (rata-rata skala 3 dari skala 4).

Biological Diversity Information system of University of Indonesia is a system for surveying the whole plants in the New Campus of University of Indonesia in Depok. The process of information record can be done by involving the new students of University of Indonesia to create a list of plants in a particular area. For example, every student got a duty to survey the plant with an area of 100 m2. The distribution of location assign to students can be seen done use the system and can be inputted the system and can be viewed using the map of plant. This system determines X and Y coordinates for each student. In this Biodiversity Information System we use Google Earth to visualize the map. The methodology used in the implementation of information system is the waterfall process model and use Unified Modeling Language (UML) for modeling. The system is implemented using the scripting language PHP version 5.2.9 + PEAR and MySQL-database using phpMyAdmin version 3.1.3.1. The testing of the system by the users record the data collections of the plant based on the coordinates in the campus area generate some response. Of the common visitor response to the biological diversity of information systems that the avarage user rate is good enough (the average scale of 3 on the scale 4). For students argued that the display for the collection, family, genus, plants name, details of collections, maps crop information system to assess rate is good enough (the average scale of 3 on the scale 4)."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2011
T30803
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Astina Atikah Sultan
"Skripsi ini membahas tentang rancangan sistem informasi rekam medis di Pusat Kesehatan Mahasiswa Universitas Indonesia (PKM UI). Tujuan dari skripsi ini adalah merancang sistem informasi rekam medis elektronik di PKM UI yang bermanfaat untuk menghasilkan informasi yang valid, lengkap, dan tepat waktu serta untuk mendukung peningkatan pelayanan pasien di PKM UI. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. dan rancangan sistem dilakukan dengan menggunakan tahapan System Development Life Cycle (SDLC). Hasil dari penelitian ini berupa rancangan sistem informasi rekam medis elektronik di PKM UI.

This thesis discusses the design of medical record information systems in the Student Health Center University of Indonesia (PKM UI). The purpose of this thesis is to designing a system of electronic medical record information to generate a valid and comprehensive information on time and to support the improvement of patient care at PKM UI. This study focused on qualitative methods and design of information system is done by using the System Development Life Cycle (SDLC). The results of this study is the design of an electronic medical record information systems in PKM UI."
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2012
S-Pdf
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Saifuloh
"Penelitian ini mengenai penerapan sistem tata persuratan Universitas Indonesia pada tiga fakultas. skripsi ini akan membahas tentang penerapan Sistem Tata Persuratan UI dan hubungannya dengan sistem pemberkasan pada unit kerja di tiga fakultas. Tujuannya ialah untuk mendapatkan gambaran mengenai penerapaan Sistem Tata Persuratan UI dengan pemberkasan dokumen pada unit kerja di tiga fakultas yang dilakukan oleh staf sekertaris fakultas. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain deskriptif dengan metode studi kasus.
Hasil penelitian menunjukan bahwa staf sekertaris fakultas masih melakukan kegiatan tata persuratan mengikuti kebiasaan yang mereka lakukan selama ini. Staf sekertaris fakultas yang menangani persuratan secara teknis yang berhubungan langsung dengan surat keluar dan masuk pada sekertaris fakultas belum memiliki pengetahuan secara mendalam di bidang kearsipan. Maka perlu dilakukan sosialisasi bagi para staf berupa pelatihan yang berkesinambungan.

This research is about the application of correspondences system in three faculties at University of Indonesia (UI). This thesis will discuss about the implementation of UI correspondences system and its relation to filing system in work units at three faculties. The purpose of this thesis is to get an overview about the application of UI correspondences system and its relation to filing system in work units at three faculties which are done by the secretary staff of the faculty. This research is a qualitative research with descriptive design of case study method.
The result showed that the secretary staff of the faculty is still doing correspondences activities by following correspondences procedures habits which they have done so far. The secretary staff of the faculty who is handling technical correspondences that related to incoming letters and outgoing letters in secretariat faculty still not have deep knowledgeable in archives management. Therefore, it is necessary to give socialization such as continuing training for all staff.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2011
S459
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Putri Ariska Dewi
"Penelitian ini membahas mengenai persepsi risiko kebakaran pegawai Pusat Administrasi Universitas Indonesia yang beraktivitas di gedung Rektorat Universitas Indonesia setiap hari kerja. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif berdesain cross sectional dengan sampel sebanyak 240 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan persepsi risiko kebakaran pegawai sudah baik berdasarkan faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi risiko kebakaran. Dalam penelitian ini, secara khusus dianalisis hubungan faktor-faktor tersebut dalam mempengaruhi persepsi risiko kebakaran pegawai.
Hasil analisis menunjukkan bahwa faktor jenis kelamin, pengalaman menghadapi kebakaran, pelatihan menghadapi kebakaran, kondisi emosional pegawai ketika terjadi kebakaran, pengaruh perilaku orang lain dalam mencegah dan menanggulangi kebakaran, dan tingkat lantai pegawai bekerja memiliki hubungan yang signifikan terhadap persepsi risiko kebakaran. Sementara itu, faktor-faktor lainnya yaitu usia, pendidikan terakhir, pengetahuan mengenai kebakaran, kepercayaan pada pihak berwenang yang menanggulangi kebakaran, kredibilitas informasi kebakaran, lingkungan fisik gedung, dan peran sosial tidak mempengaruhi persepsi risiko kebakaran pegawai secara signifikan.

This study discussed the risk perception of Central Administration Staff of The University of Indonesia in facing fire if happening in Rectorate Building of the University of Indonesia. The design of this study uses a descriptive quantitative method with a cross sectional approach and the total sample is 240 respondents.
The results of this study conclude that fire risk perception on the staff has been good generally based on the factors which influence the perception. It also proves that factors which influence the fire risk perception significantly are gender, fire experiences, fire training, emotional states, the behavior of others, and floor level. However, other factors do not influence the fire risk perception such as age, education, fire knowledge, trust in authorities, fire information credibility, physical environment, and social role.
"
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Adhitya Rahman Dwitomo
"ABSTRAK
Kebutuhan akan listrik di zaman modern ini tidak terpisahkan dari kehidupan manusia. Gedung Pusat Administrasi Rektorat Universitas Indonesia yang diresmikan pada tahun 1987 merupakan gedung yang diperuntukkan untuk ruang kantor, ruang rapat, yang didalamnya terdapat berbagai peralatan listrik, seperti komputer, AC, lampu, dan lain sebagainya. Mengingat sudah diresmikan sejak 30 tahun yang lalu sehingga dirasa sangat perlu untuk dilakukan audit kualitas daya listrik gedung ini untuk mengetahui kondisi panel dan juga kondisi kualitas daya listrik gedung Pusat Administrasi Universitas serta memberikan suatu rekomendasi agar kualitas daya listrik sesuai dengan standar yang diizinkan. Hasil pemantauan menunjukkan bahwa kondisi panel harus mengalami perbaikan, pergantian, dan juga perawatan. Hasil pengukuran menunjukkan beberapa parameter kualitas daya memenuhi standar seperti tegangan pada rentang 366.49-403.04 V, frekuensi pada rentang 49,7 ndash;50,4 Hz, dan temperatur panel memiliki selisih suhu 0-10 C sedangkan beberapa tidak memenuhi standar seperti harmonik dimana IHDi orde 3 bernilai diatas 4 dan faktor daya kurang dari 0,85 sehingga perlu dilakukan pemasangan single-tuned pasif filter.

ABSTRACT
The need for electricity in modern times is inseparable from human life. The University of Indonesia Administration Building Rectorate which was inaugurated in 1987 is a building dedicated to office space, meeting rooms, in which there are many electrical appliances, such as computers, air conditioners, lights, and so forth. Given that it was inaugurated since 30 years ago so it is necessary to audit the electrical power of the building and the condition of the electrical power of the University Administration Center building and provide a recommendation that the quality Of electric power in accordance with the options allowed. Monitoring results indicate that the panel condition must undergo repair, replacement, and maintenance. The measurement results show that some power quality parameters meet such as voltages in the 366.49 403.04 V range, frequencies range from 49.7 to 50.4 Hz, and panel temperatures have a temperature difference of 0 10 C whereas some do not meet the standards As harmonics where IHDi 3rd order is above 4 and power factor is less than 0.85 so it is necessary to install a passive single tuned filter."
2017
S68285
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Putu Kriswidianto Saputra
"Skripsi ini membahas tentang gap analisis sistem proteksi kebakaran yang ada di Gedung Pusat Administrasi Universitas Indonesia pada tahun 2017. Penelitian ini merupakan penelitan deskriptif analitik dengan variable yang diteliti adalah sistem proteksi kebakaran pasif konstruksi bangunan, kompartemen, sarana jalan keluar, tangga darurat, pintu darurat, dan petunjuk jalan keluar dan sistem proteksi kebakaran aktif sprinkler, alarm, detektor, APAR, dan hidran.
Hasil penelitian menunjukan rata-rata 83 kondisi aktual sesuai dengan peraturan dan masih ada 17 gap dengan peraturan. Standar yang diguakan adalah Peraturan Menteri Pekerjaan Umum No.26/PRT/M/2008, Keputusan Menteri Negara Pekerjaan Umum Nomor 10/KPTS/2000, Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi No.4 tahun 1980, NFPA 13, dan NFPA 72. Dan juga dilakukan perhitungan waktu evakuasi disetiap lantai gedung.

This study discussed about gap analysis of fire protection system in Administration Center Building of University of Indonesia in 2017. This research is analytic descriptive research. The variables studies were passive fire protection system building construction, compartment, means of egress, emergency stairs, emergency doors, and exit sign and active fire protection system sprinklers, fire alarms, detectors, fire extinguisher, and hydrants.
Results showed that an average of 83 is in accordance with the regulation and there were still 17 gap with regulation. The standard used is Peraturan Menteri Pekerjaan Umum No.26 PRT M 2008, Keputusan Menteri Negara Pekerjaan Umum Nomor 10 KPTS 2000, Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi No.4 tahun 1980, NFPA 13, and NFPA 72. And also calculated of evacuation time in every floor of building.
"
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2017
S69018
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nurul Aini
"Penelitian ini bertujuan untuk mendorong organisasi mewujudkan Tata Kelola TI yang Baik (Good IT Governance) dengan menunjukkan area prioritas yang harus diperbaiki oleh manajemen dan mengusulkan program kerja pada Inspektorat Utama. Obyek penelitian adalah BPS, selaku entitas dimana proses bisnisnya menggunakan tehnologi informasi menjadi suatu hal yang tidak dapat dihindari lagi. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan analisis deskriptif dengan memberikan analisa gambaran audit dan peranan audit internal dalam mewujudkan tata kelola yang baik . Hasil penelitian menunjukkan terdapat korelasi antara penilaian COBIT 5 dengan hasil audit BPK. Sehingga atas kondisi tersebut peneliti memberikan saran kepada
manajemen untuk menyusun rencana aksi dalam menindaklanjuti audit sekaligus memperbaiki tata kelolanya dan program kerja kepada Inspektorat Utama untuk mendorong organisasi menjalankan tugas dan fungsinya yang akhirnya berdampak pada terwujudnya Tata Kelola TI yang baik.

This study aims to encourage organizations for implementing IT Governance through the priority areas for improvement by management and propose working plan for Internal Auditor. The research object is Statistic Indonesia (Badan Pusat Statistik), as an entity where
the business process using information technology is inevitable. This research is qualitative with descriptive analysis by giving description audit information system and role of internal audit to supporting IT Governance. The results show that Statistic Indonesia (BPS) has generally shows unclear commitment in IT governance implementation based on the COBIT 5 framework. In addition, there is a correlation between assessments COBIT 5 with audit
information system, which audit finding likely related to weakness of domain apply no fully base on COBIT 5. This research aims to recommend management to improving governance and optimizing internal control. to support IT Governance.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>