Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 147711 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Ofila Irhamna
"Kualitas merupakan elemen kunci yang tidak dapat diabaikan dalam persaingan dan merupakan salah satu masalah penting bagi keberhasilan perusahaan, termasuk dalam perusahaan konstruksi. Di sisi lain, jika kebijakan manajemen mutu tidak dilaksanakan atau partisipasi terbatas akan berdampak negatif terhadap daya saing perusahaan. Pencapaian kinerja dapat lebih baik jika penerapan manajemen mutu terpadu didukung oleh perusahaan. Gugus Kendali Mutu GKM telah ditemukan menjadi teknik sederhana dan produktif dari Total Quality Management TQM dan diusulkan dapat diterapkan dalam perusahaan konstruksi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keefektifan gugus kendali mutu terhadap kinerja perusahaan konstruksi di Indonesia. Regresi digunakan untuk menganalisis efek hubungan antara tujuan gugus kendali mutu terhadap kinerja perusahaan konstruksi dengan aplikasi SPSS 22. Berdasarkan analisis data yang diperoleh dari survei, disimpulkan bahwa tujuan gugus kendali mutu berpengaruh terhadap variabel kinerja perusahaan konstruksi di Indonesia sebesar 61.

Quality is a key element that can not be ignored in the competition and is one of the critical issues for the success of the company, including in the construction industry. On the other hand, if the quality management policy is not implemented or limited participation will both negatively affect the management of the project and competitiveness of the firms. This will also decrease the survival potential of construction firms within the industry. Achievement of performance can be better if the implementation of integrated quality management is supported by the company. Quality Control Circle QCC has been found to be a simple and productive technique of Total Quality Management TQM and is proposed to be applicable in construction companies. This study aims to determine the effect of quality control group objectives on the performance of construction companies in Indonesia. Regression was used to analyze the effect of the relationship between the objectives of the quality control group on the performance of the construction company with software SPSS 22. Based on the data analysis obtained from the survey, it was concluded that the objective of the quality control circle influenced the performance variable of construction companies in Indonesia by 61.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2018
T51595
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Barra, Ralph
New York: McGraw-Hill, 1983
658.403 6 BAR p
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Albani Musyafa
"Peran mandor konstruksi dalam jasa konstruksi di Indonesia sangat penting dalam pengendalian mutu dan proses konstruksi. Peran yang penting tersebut harus didukung kompetensi yang memadai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi mandor konstruksi dan pengaruhnya terhadap kinerja mutu pelaksanaan konstruksi. Data dikumpulkan dengan kuisioner dan pengolahan data/ analisa dilakukan dengan software SPSS.
Hasil penting dari penelitian ini adalah berupa: model diskriminan untuk memprediksi kinerja mutu mandor, dan pengelompokan variabel kompetensi mandor konstruksi. Hasil tersebut sangat bermanfaat bagi masyarakat jasa konstruksi di Indonesia baik: praktisi: akademisi; maupun asosiasi profesi yang terkait dengan keberadaan mandor konstruksi."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2003
T14672
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Linda Wieke Noviyanti
"Pelaksanaan keselamatan pasien oleh mahasiswa masih belum optimal sehingga diperlukan peningkatan peran pembimbing klinik melalui penerapan quality circle. Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi pengaruh penerapan quality circle dalam meningkatkan pelaksanaan keselamatan pasien mahasiswa (pengetahuan, sikap, dan tindakan). Desain penelitian menggunakan quasi experiment pre test and post test nonequivalent control group design dengan sampel 34 mahasiswa keperawatan kelompok intervensi dan 34 mahasiswa kelompok kontrol di dua rumah sakit yang berbeda. Intervensi dilakukan dengan diterapkannya quality circle oleh pembimbing klinik yang berfokus pada permasalahan keselamatan pasien. Teknik sampling menggunakan consecutive sampling. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan yang bermakna pada pengetahuan dan tindakan keselamatan pasien mahasiswa (p<0,001; α=0,05). Kesimpulan penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh penerapan quality circle terhadap pelaksanaan keselamatan pasien. Rekomendasi penelitian ini adalah perlunya pemanfaatan dan pengembangan teknik problem solving quality circle untuk mengoptimalkan pelaksanaan keselamatan pasien.

Implementation of patient safety by nursing students is still not optimal so that the necessary increase in clinical instructor role through the application of quality circles. The purpose of this study to identify the effect of the application of quality circles in enhancing the implementation of patient safety of students (knowledge, attitudes, and skills). Quasi-experimental research design using pretest and posttest nonequivalent control group design with a sample of 34 nursing students of intervention group and 34 students of control group in two different hospitals. The intervention is done with the implementation of quality circle by clinical instructor that focuses on patient safety issues. The results showed an increase was significant in nursing student?s knowledge and actions of patient safety (p <0.001; α = 0.05). Conclusions of this study shows there are significant effect of the quality circle on the implementation of patient safety. Recommendations of this study is the need to utilize and develop quality circle as problem solving techniques to optimize the implementation of the patient safety.
"
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2016
T46664
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Abdul Rauf Gaffar
"Dalam proses manajemen jasa konstruksi terdapat tahapan prakualifikasi, pra tender dan tender. Faktor-faktor tersebut merupakan proses penentuan kontraktor pemenang lelang oleh pemilik proyek. Proses tersebut membutuhkan kriteria pemilihan kontraktor oleh pemilik proyek berdasarkan Undang-undang dan literatur yang ada. Penerapan faktor-faktor kriteria pemilihan kontraktor yang berperan dalam menentukan kontraktor mempengaruhi keberhasilan proyek dari faktor kinerja mutu. Dengan penerapan kriteria pemilihan akan memberikan konstribusi yang sangat besar terhadap keberhasilan pencapaian kinerja mutu yang optimal.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi variabel kriteria pemilihan kontraktor yang paling berpengaruh dalam pemilihan kontraktor dalam proses pelelangan dan pengaruh kriteria pemilihan kontraktor terhadap kinerja mutu. Studi penelitian ini dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada responden yang sudah memiliki pengalaman dalam menangani proses pelelangan pada instansi pemerintah dan data yang diperoleh dilakukan analisis dengan menggunakan analisis statistik. Dari hasil analisa statistik dengan menggunakan metode Konkordasi Kendall diperoleh variabel dengan urutan ranking teratas adalah "ketersediaan pendanaan", "keahlian kontraktor bekerja sama dengan pemilik proyek, konsultan, pemerintah dan masyarakat", "penawaan kontraktor secara terperinci merupakan harga bersaing. Dan dengan menggunakan metode analisis regresi diperoleh 3 (tiga) variabel bebas dalam kriteria pemilihan kontraktor yang berpengaruh terhadap kinerja mutu yaitu "pengetahuan kontraktor tentang disain yang dapat dibangun", "kontraktor punya nama besar" dan "ketersediaanperalatan.

In course of construction service management there are step of prequalify, pre of tender and tender. The factors represent process determination of winner contractor auction by owner. The process require criterion election of contractor by owner the project of pursuant Law and of literature existing Applying of criterion factors election of contractor which play a part in to determine contractor influence efficacy of project by performance factor quality. With applying of election criterion will give very big role to efficacy of attainment the performance quality for optimalized.
Intention of this research is to identify criterion variable election of most having an effect on contractor in election of contractor in course of auction and influence the criterion election by contractor to performance quality. This Research study is conducted by propagating quesioner to responder which have owned experience in handling auction process at governmental institution and obtained to be data analyse by using statistical analysis. From result of statistical analysis by using method of "Konkordasi KendallTM obtained by variable with sequence of ranking therefor with "availibility of financing", "membership of contractor cooperate within the owner project, consultant, governmental and society", " offer of contractor detailedly represent price compete. And by using method analyse regresi obtained 3 three free variable in criterion election of contractor having an effect on to performance quality of that is "knowledge of contractor about designed able to be woke up", " contractor have big name" and "availibility of equipments".
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2004
T14993
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Benny Hariara
"Tidak bisa kita pungkiri pada masa sekarang ini kualitas sangat dibutuhkan didalam setiap industri konstruksi. Setiap orang menginginkan bahwa konstruksi yang telah mereka beli atau investasikan memiliki umur yang cukup panjang sehingga target keuntungan mereka telah tercapai sebelum masa pakai dari konstruksi itu berakhir. Untuk dapat memastikan bahwa umur pakai dari konstruksi itu sesuai dengan yang telah mereka perhitungkan maka dibutuhkan suatu parameter yang disebut dengan mutu. Mutu dari konstruksi yang baik tentu saja akan menjamin usia pakai dari konstruksi itu. Kepastian mutu dari setiap material yang dipakai oleh industri konstruksi sangat menentukan mutu dari konstruksi itu sendiri PT. PPI (Pacific Prestress Indonesia) adalah salah satu perusahaan yang bergerak didalam bidang penyedia material berbahan beton yang menggunakan ISO 9001: 2000 sebagai jaminan akan kualitas produk yang mereka buat. Mutu dan pelayanan adalah sarana untuk mencapai kepuasan dan ikatan dengan pelanggan. Tujuan keseluruhan bisnis bukanlah untuk menghasilkan produk atau jasa yang bermutu, atau memberikan pelayanan yang prima. Tujuan utama adalah menghasilkan pelanggan yang puas dan setia yang akan terus menjalin bisnis. Oleh karena itu, memberikan mutu yang tinggi dan pelayanan yang prima adalah suatu keharusan apabila ingin mencapai tujuan utama: pelanggan yang puas dan setia. Dari hasil yang didapat dalam menerapkan ISO 9001: 2000, faktor sumber daya manusia merupakan faktor utama dalam kesulitan menjalankan segala persyaratan yang ada dalam ISO 9001: 2000, faktor sumber daya manusia ini yang lama-kelamaan membentuk suatu budaya organisasi perusahaan menjadi kurang peduli akan pentingnya menjalankan semua persyaratan yang ada dalam ISO 9001: 2000.

We can not deny that, at this time, quality is very needed in every construction industry. Every people wants that the construction that they have buy or invest have long enough lifespan so their profit target have been reach before the construction age is ended. To make sure that the lifespan of the construction agree with the lifespan that they have counted so its need a parameter called quality. The quality of good construction will guarantee the lifespan of the construction. Quality assurance of every material used in construction industry affected the construction quality itself. PT. PPI (Pacific Prestress Indonesia) is one of a company that moves to supply concrete material that using ISO 9001: 2000 as a guarantee of their product. Quality and service is a medium to reach satisfaction and bond with customer. The whole purpose of business is not to make a qualified product or service, or giving the first-rate service. The main purpose is to make a satisfied and loyal customer that will always build business. So, giving the high qualified of product and first-rate service is a must if we want to reach the main purpose: a satisfied and loyal customer. From the result of applying ISO 9001: 2000, human resource factor is the, main factor of the difficulty of approaching all the condition written in ISO 9001: 2000, this human resource factor eventually make an organizational behavior becoming less aware of approaching all the condition written in ISO 9001: 2000."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2006
S35311
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Gisti Ayu Pratiwi
"Produktivitas, keselamatan, pengiriman, semangat kerja, dan kualitas adalah aspek penting yang harus diperhatikan oleh organisasi untuk memenangkan keunggulan kompetitif di semua lini bisnis. Selain itu, penerapan manajemen mutu dan kebijakan manajemen karyawan yang buruk akan berdampak negatif terhadap kinerja karyawan dan kinerja perusahaan. Moral karyawan dan pencapaian kinerja karyawan akan lebih baik jika perusahaan mendukung penerapan manajemen kualitas yang terintegrasi. Keunggulan kompetitif dan dukungan karyawan dapat dimiliki dengan menerapkan kaidah Manajemen Mutu Terpadu (MMT). Gugus Kendali Mutu (GKM) adalah salah satu aspek dari filosofi Manajemen Mutu Terpadu yang memiliki dampak signifikan pada peningkatan kinerja perusahaan, kinerja karyawan, dan membangun lingkungan yang positif.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh implementasi GKM terhadap moral karyawan dan kinerja karyawan di Indonesia. Selain itu, penelitian ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan terhadap perusahaan terkait pentingnya penerapan GKM dalam lingkungan perusahaan. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah MANOVA, yang digunakan untuk menganalisis pengaruh hubungan antara tujuan GKM pada moral karyawan dan kinerja karyawan secara empiris, serta dilakukan pemodelan penelitian untuk mengetahui pengaruh masing - masing indikator terhadap variabel masing - masing.
Berdasarkan analisis data yang diperoleh dari survei, disimpulkan bahwa implementasi GKM berpengaruh terhadap moral karyawan dan kinerja karyawan secara empiris dan parsial. Dengan nilai pengaruh secara parsial dari GKM terhadap moral karyawan sebesar 51% dan pengaruh GKM terhadap kinerja karyawan sebesar 47,5%, dengan nilai pengaruh indikator terhadap variabelnya sebesar lebih dari 70%.

Productivity, safety, delivery, employee morale, and quality is an important aspect that has to be concerned by the organization to win the competitive advantage in all Business fields. Furthermore, poor implementation of quality management and employee management policy will negatively impact employee performance and also company performance. Employee morale and employee performance will be better if the company supports the implementation of integrated quality management. Competitive advantage and employee support can be achieved by Total Quality Management (TQM) implementation. Quality Control Circle (QCC) is one aspect of the Total Quality Management (TQM) philosophy that has a significant impact on improving company performance, employee performance, and build a positive environment.
This study aims to determine the effect of quality control circle on employee morale and employee performance in Indonesia. This study also wants to give knowledge to the company how important the implementation of QCC. MANOVA was conducted to analyze the effect of the relationship between the objectives of QCC on employee morale and employee performance empirically, as well as research modeling to determine the effect of each indicator on each variable.
Based on the data analysis obtained from the survey, it was concluded that the objective of the QCC influenced the employee morale and company performance empirically and partially. With the partial effect value of QCC on employee morale of 51% and the effect of QCC on employee performance of 47,5%, with the value of the influence of indicators on the variable of more than 70%.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia , 2020
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Jahn, Bart
New York: McGraw-Hill , 1995
690.806 JAH m
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Era Islami
"Construction industry is one of the most important sectors in Indonesia. Nowadays, this sector still gets several problems that require improvement to achieve sustainability in globalization world. To fix internal factor deviation is a required initial step, because the internal factor is formed from company itself and could be controlled by company organization, such as management, human resources, financial and machine. The better approach to increase the performance in Construction Company is to identify and analyze the influence of internal factors to sustainability. Company sustainability is one of important indicators for company success.
The objective of this research is to identify internal factors, which could influence the performance of company sustainability. From field survey or questionnaire distribution and statistics analysis, to be found the most important internal factor in successful of sustainability. This research shows that the management and human resources factors are the important internal factor in sustainability. Therefore, good controlling in the internal factors will increase company successful in sustainability."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2006
T16079
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>