Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 93841 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Sulaiman Alizulfiqar
"Kualitas infrastruktur jalan Indonesia hanya menempati peringkat ke-64 dari 137 negara yang diteliti. Peringkat tersebut tertinggal dari Singapura yang menempati peringkat ke-2, Malaysia ke-23, Brunei Darussalam ke-33, Thailand ke-59. Kendala kurang optimalnya infrastruktur disebabkan permasalahan ketersediaan dan pemeliharaan infrastruktur jalan berdasarkan aspek berkelanjutan.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis indikator infrastruktur jalan di Indonesia berdasarkan aspek berkelanjutan dan mengevaluasi pengaruh masing-masing indikator terhadap variabel dari infrastruktur jalan berkelanjutan menurut persepsi antara Aparatur Sipil Negara ASN dan kontraktor terhadap indikator infrastruktur jalan baik dari segi eksisting maupun dari segi harapan.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tinjauan pustaka untuk mendapatkan variabel dan indikator. Selanjutntya metode survei dilakukan untuk melihat persepsi ASN dan kontraktor terhadap variabel dan indikator tersebut. Analisis menggunakan Structural Equation Modeling SEM dengan pendekatan Partial Least Square dengan menggunakan software SmartPLS 3.0.
Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa ASN menyatakan bahwa untuk kondisi eksisting infrastruktur jalan, indikator penerangan jalan adalah yang paling berpengaruh dengan ditunjukkan nilai loading factor terbesar yaitu sebesar 0.904, sedangkan untuk harapan dari infrastruktur jalan, indikator proses peninjauan lingkungan adalah yang paling berpengaruh dengan ditunjukkan dengan nilai loading factor terbesar yaitu 1.000.
Kontraktor menyatakan bahwa untuk kondisi eksisting infrastruktur jalan, indikator proses peninjauan lingkungan adalah yang paling berpengaruh dengan ditunjukkan dengan nilai loading factor terbesar yaitu sebesar 1.000, sedangkan untuk harapan dari infrastruktur jalan, bahwa indikator akses pejalan kaki, sepeda, dan angkutan umum adalah yang paling berpengaruh dengan ditunjukkan dengan nilai loading factor terbesar yaitu 1.000.

The quality of Indonesia 39 s road infrastructure is ranked only 64th out of 137 countries studied. The ranking left behind of Singapore placed second, Malaysia on 23rd , Brunei Darussalam on 33rd , and Thailand on 59th. The constraints of less optimal infrastructure due to problems of availability and maintenance of road infrastructure based on sustainable aspects.
This study aims to analyze indicators of road infrastructure in Indonesia based on sustainable aspects and evaluate the correlation of each indicator to the variables of sustainable road infrastructure according to the perception between the civil servant and the contractor on the road infrastructure indicator either from the existing condition or the expectation condition.
The method used in this research is literature review to get the variables and indicators. Furthermore, the survey method is conducted to see the perceptions of civil servant and contractors on these variables and indicators. Analysis using Structural Equation Modeling SEM with Partial Least Square approach using SmartPLS 3.0 software.
From the result of the research, it is concluded that civil servant stated that for the existing condition of road infrastructure, indicator of street lighting is the most correlated with indicated by the biggest loading factor factor that is equal to 0.904, while for the expectation from road infrastructure, environmental assessment process indicator is the most correlated with indicated by the largest loading factor value is 1,000.
The contractor stated that for the existing condition of road infrastructure, the environmental review process indicator is the most correlated with the largest loading factor value of 1,000, while for the expectation from the road infrastructure that pedestrian, bicycle and public transportation access indicators are the most correlated as indicated by the largest loading factor value of 1,000.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2018
T51610
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Farrel Alonzo Hamid
"Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang paling berpengaruh terhadap keputusan pembelian rumah oleh konsumen di wilayah Jabodetabek serta merumuskan strategi pemasaran bagi sebuah perusahaan properti di Jakarta Selatan agar dapat terus bersaing dan mempertahankan nilai penjualan. Data pada penelitian ini dikumpulkan menggunakan kuesioner untuk pengolahan data menggunakan metode partial least squares-structural equation modeling (PLS-SEM) dan dengan melakukan wawancara mendalam kepada pihak perusahaan untuk perumusan strategi pemasaran. Berdasarkan hasil penelitian ini, didapatkan faktor yang berpengaruh secara terhadap keputusan pembelian rumah, yaitu trust, environment, characteristics, attitude, dan legality, serta lima usulan alternatif strategi pemasaran yang dapat dilakukan, yaitu peningkatan nilai brand equity, perbaikan fasilitas proyek, skema promo baru, dan kerja sama dengan pihak eksternal.

This study aims to analyze the most influential factors in the decision-making process of home purchases by consumers in the Jabodetabek area and formulate marketing strategies for a real estate company in South Jakarta to remain competitive and maintain sales value. Data for this research were collected using questionnaires for the data processed using the partial least squares-structural equation modeling (PLS-SEM) method, and in-depth interviews were conducted with company representatives to formulate a marketing strategy. Based on the findings of this study, the factors influencing house purchase decisions were identified as trust, environment, characteristics, attitude, and legality. Additionally, five alternative marketing strategy proposals were suggested, including enhancing brand equity, improving project facilities, introducing new promotional schemes, and collaborating with external parties."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Paramitha Mansoer
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor-faktor kualitas dan harga dalam mempengaruhi kesetiaan pelanggan dengan menggunakan Structural Equation Modeling (SEM). Pengambilan data dilakukan kepada pengguna traditional airlines dan low-cost carrier sebagai responden. Faktor-faktor kualitas dan harga yang digunakan dalam penelitian ini adalah penawaran penerbangan (offer of flights and destination), pengalaman pembelian tiket (ticket purchase experience), pengalaman di bandara (airport experience), pengalaman dalam penerbangan (flight experience), kehandalan layanan (service reliability) dan harga (price).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor yang terbukti mempengaruhi kesetiaan pelanggan pada pengguna traditional airlines adalah penawaran penerbangan (offer of flights and destination), pengalaman dalam penerbangan (flight experience) dan kehandalan layanan (service reliability). Sedangkan faktor-faktor yang terbukti mempengaruhi kesetiaan pelanggan pada pengguna low-cost carrier adalah pengalaman di bandara (airport experience), kehandalan layanan (service reliability) dan harga (price).

The purpose of this research is to identify factors that influence motivation of cycling by using Structural Equation Modeling (SEM). The data is taken from traditional airlines and low-cost carrier users. Factors used in this research are offers of flight and destination, ticket purchase experience, airport experience, flight experience, service reliability, and price.
The result of the research on traditional airlines users show that offers of flight and destination, flight experience, and service reliability positively influence customer loyalty. While the low-cost carrier users show that airport experience, service reliability, and price have the positive influence to customer loyalty.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2011
S1135
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Romadhani Ardi
"Tesis ini berupaya membuat rancangan model TQM di perguruan tinggi Indonesia. Dimensi mutu yang menyusun fondasi TQM divalidasi dan dianalisis keterkaitan di dalamnya. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah Structural Equation Modeling terhadap data yang diambil dari 251 mahasiswa tahun terakhir di FTUI.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 6 dimensi mutu yang menyusun bangunan TQM di perguruan tinggi, yaitu dimensi Komitmen Pimpinan Dekanat, Komitmen Pimpinan Departemen, Kegiatan Perkuliahan, Fasilitas Kampus, Sikap Positif yang Diterima, dan Umpan Balik. Kemudian, model keterkaitan yang dirancangan dinyatakan valid untuk menunjukkan hubungan antar dimensi mutu dan hubungan antar dimensi mutu dengan kepuasan mahasiswa FTUI.

This thesis tried to design TQM model in Indonesian higher education. Quality dimensions that construct TQM foundation were validated and the relationships among quality dimensions were analyzed. Structural Equation Modeling was used to investigate the data obtained from 251 last year student in Engineering Faculty.
The results showed that there six quality dimensions that construct the TQM model, i.e. Commitment of Faculty Management, Commitment of Department Management, Course Delivery, Campus Facilities, Courtesy, and Customer Feedback&Improvement. The results also revealed that the relationship model was valid to explain the relationships among quality dimensions and between quality dimension and students' satisfaction.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2011
T29731
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Melia Sari
"ABSTRAK
Layanan Smart Home merupakan sebuah produk perusahaan telekomunikasi yang terbilang cukup baru di Indonesia. Smart Home sendiri adalah sebuah hunian yang dilengkapi dengan ICT sehingga peralatan di rumah dapat dikendalikan, dipantau, dan dikontrol dari jarak jauh melalui aplikasi pada perangkat seperti smart phone dan komputer.Penetrasi layanan Smart Home di Indonesia tahun 2018 terbilang cukup rendah yaitu 1,1 . Tetapi, jika dilihat dari penetrasi internet di Indonesia yang mencapai lebih dari 50 dan penjualan IoT yang terus meningkat, Indonesia merupakan pasar yang potensial bagi layanan Smart Home.Penelitian diawali dengan mengetahui persepsi masyarakat terhadap layanan Smart Home. Model yang digunakan adalah VAM Value-based Adoption Model yang memiliki dua variabel utama yaitu Benefit dan Sacrifice. Selanjutnya, data yang diperoleh diolah dengan menggunakan metode SEM Structural Equation Modelling . Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel yang memenuhi syarat C.R > 1.96 dan P di bawah 0,5, sehingga memiliki pengaruh paling signifikan terhadap minat masyarakat mengadopsi layanan Smart Home adalah Technicality dan Perceived of Value.

ABSTRACT
Smart Home service is a product of telecommunication company which is quite new in Indonesia. Definition of Smart Home is a home equipped with ICT allowing appliances monitored and controlled remotely through an application on devices such as smart phone and computer.Smart Home service penetration in Indonesia is low enough with 1.1 . percentage However internet penetration in Indonesia reached more than 50 and IoT Smart Home components sales keeps increasing making Indonesia a potential market for Smart Home service.The purpose of this research is to analyze the adoption of Smart Home service in Indonesia. First step of the study is defining public perception about Smart Home service by using VAM Value based Model Does . VAM has two main variables, Benefit and Sacrifice. The next step is processing the data collected using SEM Structural Equation Modelling . The results showed variables qualified by the given condition C.R 1.96 and P 0,5, which means that the most significant variables to Smart Home Adoption Intention are Technicality and Perceived of Value."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2018
T50610
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Jefry Marihut Tandy
"Modifikasi dan konstruksi proyek EPC migas onshore brownfield melibatkan banyak komponen mulai dari engineering, material, sampai kepada metode konstruksi yang kritikal yang meningkatkan unsur risiko. Studi ini bertujuan untuk mengidentifikasi risiko yang terjadi dan pengaruh dominan terhadap kinerja waktu dengan menggunakan metode Structural Equation Modeling (SEM). Studi ini juga memberikan peta alur risiko untuk variabel risiko dominan yang digunakan untuk menganalisis lebih jauh akar permasalahan dan dampaknya.
Hasil dari analisis ini menuntun kepada tindakan evaluasi terhadap kriteria kualifikasi tender EPC pada proyek migas yang memerlukan perbaikan pada kriteria manajemen proyek, project execution plan, kualifikasi personel dan pengalaman kontraktor dalam eksekusi proyek onshore.

Modification and constructing EPC oil & gas onshore brownfield comprises many components such as: engineering, materials, and critical construction methods which are certainly increasing risks during project execution. These study aims to investigate risks occur and dominant effect to project time performance using Structural Equation Modelling (SEM).
This paper shall provide risk path mapping for dominan risks which shall be used to identify root cause and the consequences.
The result of this analysis leads to improvement at criterion of EPC project tender qualification especially at project management, project execution plan, personnel qualification and contractor experiences for onshore project.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2016
T52657
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Doria Marselita
"ABSTRAK
Teknologi eSIM dibeberapa negara sudah diimplementasikan pada beberapa perangkat vendor seperti Apple dan Samsung. ITU mengatakan bahwa penyebaran secara luas eSIM dan Remote Provisioning akan menjadi enabler suatu disruption karena kelebihan yang dimiliki teknologi eSIM tersebut. Oleh karena itu Dengan adanya eSIM dikawatirkan akan meningkatkan potensi churn rate yang tinggi. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui faktor adopsi eSIM yang akan berpotensi mempengaruhi peningkatan churn rate. Model yang dibuat dengan mengambil Faktor adopsi dari metode VAM dan penelitian sebelumnya yang menganalisa efek dari kebijakan Mobile number Portability terhadap Intensitas switching pelanggan. Setelah Model dianalisa didapatkan faktor adopsi perceived usefulness of ESIM (PUESIM), perceived fee of eSIM (PFESIM) dan perceived technically of ESIM (PTE) menjelaskan sekitar 55.6% ATTESIM, dan attitude towards ESIM (ATTESIM) dan perceived technically of ESIM (PTESIM) bersama-sama menjelaskan sekitar 55.3% ESIM-induced self-efficacy (ESIMSEF). Model yang diusulkan memprediksi nilai switching intention SINT R2 hanya 41.9% intensi switching yang meyebabkan meningkatkan potensi churn rate pelanggan seluler. Hal ini disebabkan karena beberapa faktor diantaranya adalah masih adanya switching barrier orang untuk beralih oleh yang bisa perceived switching cost yang masih tinggi tidak mampu meningkatkan itensi orang untuk beralih

ABSTRACT
ESIM technology in several countries has been implemented on several device vendors such as Apple and Samsung. ITU said that the widespread deployment of eSIM and Remote Provisioning would become an enabler of a disruption due to the advantages possessed by the eSIM technology. Therefore, it is feared that with eSIM will increase the potential for high churn rates. The purpose of this study is to determine the eSIM adoption factors that will potentially affect the increase in churn rate. The model is created by taking the adoption factor from the VAM method and previous research that analyzes the effect of the Mobile number Portability policy on customer switching intensity. After the Model has been analyzed, the adoption of perceived usefulness of ESIM (PUESIM), perceived fee of eSIM (PFESIM) and perceived technic of ESIM (PTEIM) factors explain about 55.6% ATTESIM, and attitude towards ESIM (ATTESIM) and perceived technically of ESIM (PTESIM) together explain about 55.3% ESIM-induced self-efficacy (ESIMSEF). The proposed model predicts the value of SINT R2 switching intention is only 41.9% switching intentions which causes a potential increase in cellular customer churn rate. This is due to several factors including the existence of switching barriers for people to switch by those who can still feel the high switching costs that are not able to increase people's intention to switch.
"
2020
T55313
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Renata Early Setiawan
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa sajakah yang mempengaruhi kepuasan pelanggan pada minuman kesehatan RTD khususnya Adem Sari Ching Ku serta perumusan rekomendasi strategi pemasaran yang dapat diimplementasikan untuk memperluas pangsa pasar Adem Sari Ching Ku. Data pada penelitian ini dikumpulkan menggunakan kuesioner untuk pengolahan data menggunakan metode covariance based-structural equation modeling (CB-SEM) dan dengan melakukan wawancara kepada ahli untuk menentukan nilai kepentingan dari setiap faktor yang akan dianalisis menggunakan importance – performance matrix. Berdasarkan hasil CB-SEM, didapatkan bahwa harga merupakan variabel yang paling berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan. Sedangkan menurut importance – performance analysis, harga dan promosi merupakan indikator yang masuk ke dalam zona perbaikan. Oleh karena itu, dirumuskan empat rekomendasi strategi untuk meningkatkan kepuasan pelanggan Adem Sari Ching Ku, yaitu dengan kolaborasi dengan influencer, meluncurkan produk baru dengan varian rasa yang berbeda dan rendah gula, mengubah desain kemasan, dan membuat promo spesial melalui media sosial.

This study aims to determine what factors influence customer satisfaction in RTD health drinks, especially Adem Sari Ching Ku, and formulate recommendations for marketing strategies that can be implemented to expand the market share of Adem Sari Ching Ku. Data in this study were collected using a questionnaire for data processing using the covariance based-structural equation modeling (CB-SEM) method and by conducting interviews with experts to determine the importance of each factor to be analyzed using the importance - performance matrix. Based on the results of CB-SEM, it was found that price is the variable that has the most influence on customer satisfaction. Meanwhile, according to the importance - performance analysis, price and promotion are indicators that fall into the improvement zone. Therefore, four recommended strategies were formulated to increase customer satisfaction of Adem Sari Ching Ku, namely by collaborating with influencers, launching new products with different flavors and low sugar, changing the packaging design, and creating special promos through social media. "
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2025
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ario Teguh Prasetya
"Peningkatan rasio kewirausahaan di berbagai sektor pada penduduk usia produktif dapat mendorong pertumbuhan ekonomi. Pertumbuhan ini juga dapat membantu mengurangi permasalahan sosial yang ada. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan mendukung program perusahaan rintisan atau startup. Di Indonesia, startup sudah ada dimana-mana dalam satu dekade terakhir. Namun, terlepas dari potensi yang dapat dihasilkan, startup-startup tersebut menghadapi berbagai permasalahan yang menghalangi mereka untuk tumbuh dan berkembang, seperti kehabisan modal dan terbatasnya akses terhadap pendanaan, masalah keterampilan dan pengetahuan, masalah regulasi, dan kesalahan strategis. Dengan menggunakan Structural Equation Model, penelitian dilakukan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang dapat mendukung startup yang dan berkelanjutan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel yang mempunyai pengaruh signifikan terhadap Sustainable Business Startups adalah Business Environment, Network, Startup Internal Factors, dan Training Programs dari inkubator bisnis. Hasil ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman para pengambil kebijakan dalam pengambilan keputusan.

Increasing the ratio of entrepreneurship in various sectors among the productive age population could encourage the economic growth. This growth can also help reduce existing social problems. One of the ways that can be done is by supporting startup programs. In Indonesia, startups have been everywhere in the last decade. However, despite the potential that can be generated, these startups encounter various problems that prevent them from growing and developing, such as running out of capital and limited access to funding, skills and knowledge problems, regulatory issues, and strategic errors. Using Structural Equation Model, research was carried out to identify factors that can support successful and sustainable startups. Result shows that the variables that have a significant influence on Sustainable Business Startups are Business Environment, Network, Startup Internal Factors, and Training Programs from business incubator. These results could improve current understanding of the policymakers in decision making."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2024
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Diane Marlina
"Kemajuan dan kesuksesan sebuah perusahaan secara tidak langsung dipengaruhi oleh kepuasan akan gaji yang dirasakan para pekerjanya. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh variabel laten keselamatan kerja dan kenyamanan kerja yang memiliki indikator pembentuk bersama terhadap kepuasan akan gaji karyawan PT XYZ di Jakarta dengan menggunakan Structural Equation Model (SEM) untuk variabel laten dengan indikator bersama. Pengolahan data menggunakan perangkat lunak MINITAB untuk konversi data dan AMOS 5.0 untuk SEM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kenyamanan kerja secara langsung mempengaruhi kepuasan seseorang akan gaji yang diterimanya. Sedangkan, keselamatan kerja tidak secara langsung mempengaruhi kepuasan seseorang akan gaji yang diterimanya. "
Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2007
S27685
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>