Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 156951 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Elva Rahmah
"ABSTRACT
This research specifically aims to determine the role of leadership in encouraging organizations in implementing the principles of TQM in the Universitas Negeri Padang Library Descriptive research method with qualitative approach. Data collection through observation, interview and document analysis. Subjects in this study are leaders, sub-heads, events, facts, documents and various forms of efforts, programs or library activities. The object of this research is leadership in TQM which is implemented in Universitas Negeri Padang Library. The results of research related to the role of leadership in the library of universities can be seen from (1) the leader develops the vision and sets the direction and strategy of the college library to produce the changes needed to achieve the vision; (2) the leader communicates the goals to be achieved through statements and deeds to anyone who may be required to give eject to the formation of team that understands the vision and strategy of college library; (3) leaders provide motivation for library librarians and librarians; and (4) the leader must be able to create the desired change of the user and is very useful for the progress of the college library through the provision of new services desired by the user and the new approach in working relationships that help the college libraries compete."
Pekanbaru: Fakultas Ilmu Budaya Universitas Lancang Kuning Pekanbaru, 2017
020 JPB 4:2 (2017)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Robbins, Stephen P.
Jakarta: Erlangga , 2002
302.35 ROB p
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Zahratul Mirza
"Penelitian ini bertujuan melihat peran pemimpin dan tipe organisasi dalam perkembangan sebuah organisasi koperasi yang dilihat dengan menggunakan tipe organisasi normative-utilitarian menurut Amitai Etzioni. Sebagai suatu organisasi skala kecil, koperasi membutuhkan banyak aspek yang saling mendukung demi keberlangsungannya. Beberapa diantaranya adalah partisipasi anggota, kualitas pengelola dan anggota, aspek modal usaha dan kualitas managerial. Koperasi tidak hanya berperan sebagai organisasi bisnis tetapi juga organisasi sosial tentu saja banyak aspek-aspek sosial yang berperan di samping aspek managerial yang telah disebutkan sebelumnya, yaitu aspek tradisi dan budaya lokal masyarakat, dan modal sosial. Aspek-aspek tersebut telah dikonfirmasi oleh penelitian sebelumnya bahwa memiliki dampak positif pada keberlangsungan sebuah organisasi koperasi. Keberadaan aspek yang telah disebutkan sebelumnya akan kurang maksimal jika pemimpin dari organisasi tersebut tidak berperan aktif dalam keberlanjutan koperasi yang kemudian juga didukung dengan tipe organisasi yang tepat. Berdasarkan temuan penelitian yaitu pemimpin yang mendorong karyawannya untuk terus berkembang dan juga tipe organisasi yang dibentuk oleh pemimpin merujuk pada tipe organisasi normative-utilitarian sangat efektif untuk diterapkan di organisasi koperasi. Pemimpin yang menerapkan pengendalian dan penghargaan pada karyawan yang merujuk pada tipe organisasi normative- utilitarian berpotensi untuk dapat menrtabilkan kebutuhan organisasi dan juga kebutuhan karyawan. Penelitian ini dilakukan di Koperasi Kasih Indonesia di daerah Cilincing, Jakarta Utara. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah wawancara mendalam dan observasi. Dalam melakukan wawancara mendalam, peneliti memilih informan dengan teknik purposive sampling.
Abstract This study examines the role of the leader and the type of organization in the development of a union organization that is viewed by using normative-utilitarian type of organization according to Amitai Etzioni. As a small-scale organization, unions need a lot of aspects of mutual support towards continuity. Some of them are members of participation, quality managers and members, aspects of venture capital and managerial qualities. Unions not only act as a business organization but also the social organization, of course many social aspects that play a role in addition to the managerial aspect previously mentioned, the traditions and cultural aspects of the local community, and social capital. These aspects have been confirmed by previous studies that have a positive impact on the sustainability of a union organization. Based on research findings that leaders who encourage their employees to continue to grow and also the type of organization that was formed by leaders refer to the normative-utilitarian type of organization is very effective for application in the union organization. Leaders who implement the control and rewards to employees who refer to the normative-utilitarian type of organization have the potential to be able to stabilize the organization's needs and also the needs of employees. This research was conducted in Koperasi Kasih Indonesia in the area Cilincing, North Jakarta. Data collection techniques used are in-depth interviews and observation. In conducting in-depth interviews, the researchers chose the informant by purposive sampling technique."
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2016
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Stamatis, Diomidis H.
"As a society, we tend to reward problem solvers, rather than those who prevent problems at their source. In other words, we focus on after-the-fact occurrences (appraisal activities) instead of trying to eliminate these occurrences (preventing activities). Discussing and evaluating the core requirements of quality efficiency and improvement, 10 Essentials for High Performance Quality in the 21st Century proposes an approach to help shift the paradigm of quality from appraisal mode to preventing mode.
Identifying 10 steps readers can follow to optimize the quality of products and improve customer satisfaction, the book explains the rationale behind each of the steps in separate chapters. It addresses specific quality issues in six different sectors of the economy and provides statistics, tables, and figures from various organizations that support the need for a paradigm shift."
Boca Raton: CRC Press, 2012
658STAE001
Multimedia  Universitas Indonesia Library
cover
Stamatis, Diomidis H.
"Contents: The need for quality performance -- Leadership -- Execution -- Innovation -- People and quality -- Time management -- Engagement -- Team building -- Quality operating system -- Advanced quality planning.
"
Boca Raton: CRC Press, 2012
658.4013 STA t
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Ghalih Pringgo Mukti
"Skripsi ini membahas mengenai model superleadership Dahlan Iskan yang diterapkan semasa kepemimpinan di PT Perusahaan Listrik Negara yang berorientasi pada pemberdayaan pegawai dan perubahan BUMN tersebut. Teori utama yang digunakan adalah teori Superleadership dari Charles C. Manz dan Henry P. Sims Jr . Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan pos positivis dengan teknik pengumpulan data kualitatif, melalui wawancara mendalam sebagai data primer dan biografi sebagai data sekunder.
Hasil penelitian menunjukan bahwa Dahlan Iskan mampu memicu self-leadership dalam setiap jenjang seperti yang dijelaskan dalam teori Superleadership, yaitu memimpin individu untuk memimpin diri sendiri, memimpin tim untuk self leadership, memimpin budaya organisasi untuk self-leadership. Upaya yang dilakukan dengan mencontohkan perilaku kepemimpinan yang memberdayakan pegawai, dan tim kerja seperti membangun antusiasme, membangun kepercayaan pada generasi muda untuk memimpin, konsisten menerapkan perilaku kepemimpinan postif lainnya hingga menciptakan budaya organisasi.

A Thesis discusses about Dahlan Iskans Superleadership Model that was applied during his leadership in PT Perusahaan Listrik Negara which oriented to empowerment of employee and change that BUMN. Charles C. Manz and Henry P. Sims Jr. Superleadership theories used as the main theory. This research uses post positivist approach with qualitative data collecting technique, through indepth interview as a primer data and biography as the sekunder data.
The result from the research shows that Dahlan Iskan could triggering self-leadership in each stage such the explanation of leadership theory before, namely individual leadership to lead themself, lead a team to self-leadership, lead organizationanl culture to self-leadership. The efforts made by practicing leadership behavior that empower employee and team, such as build enthusiasm, build trust young generation to lead, and consistently apply another positive leadership behaviors, to create a culture of the organization.
"
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2015
S61166
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rozali Kholid
"Skripsi ini membahas tentang Implementasi Total Quality Management (TQM) dalam Manajemen Perpustakaan di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Musi Banyuasin. Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui seperti apa strategi implementasi, mengetahui faktor penghambat dan pendukung, serta mengetahui langkah-langkah perpustakaan dalam meningkatkan kualitas jasa pelayanan pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Musi Banyuasin. Jenis penelitian yang digunakan adalah data kualitatif
yang merupakan data berupa penjelasan tentang hal-hal yang berkaitan dengan implementasi Total Quality Management (TQM) dalam manajemen perpustakaan di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Musi Banyuasin. Metode pengumpulan data pada penelitian ini berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan pada penelitian ini yaitu, kepala perpustakaan, Kasubag pengolahan bahan dan data pustaka serta pelaporan, dan lima orang pemustaka perpustakaan Musi Banyuasin. Hasil penelitian ini menunjukkan strategi implementasi Total Quality Management (TQM) di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Musi Banyuasin dengan cara menerapkan prinsip-prinsip dari teori Hensler dan Brunell yang terdiri dari kepuasan pelanggan (pemustaka), respek terhadap setiap orang, manajemen berdasarkan fakta, dan perbaikan bersinambungan. Sedangkan upaya meningkatkan kualitas jasa pelayanan berdasarkan teori Goetsch dan Davis yang terdiri dari fokus pada pelanggan, perpustakaan meningkatkan kualitas jasa pelayanan, komitmen jangka panjang, kerja samatim, pendidikan dan pelatihan, kebebasan terkendali. Faktor penghambat dan pendukung diantaranyayaitu dana, dukungan pemerintah, program pelatihan, dan promosi."
Jakarta: Pusat Jasa Perpustakaan dan Informasi, 2022
020 VIS 24:2 (2022)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Tarigan, Rostiana
"Entry barrier is decrease progressively in era globalization. Because of that quality of product and sen/ice must been takencare. Total of Quality Management ( TQM) represent management quality of service which cannot be disregarded, considering society claim govemment organization have to become servant, government organization must became steward to serve entrepreuner and society because our entrepreneur and society want get service from government organization quick, accurate and trusted.
National Agency of Drug and Food Control (NADFC) since year 2001 have
intended to implement good service program which in line with TQM, but in its applying still face some constraint so that good service able to satisfied customer/ client not yet fully can be executed.
To know how far applying of TQM and constraints faced and why service not doing better its need research scientifically.
Leadership, Komitmen, Process and Product in Organization is to represent very important organizational pillar in applying of TQM (ISO 9000). which must evaluate continually that because of staff and head in band quality control of narcotic and psikotropic are beiing sample population I tne research each officer work with profesional speed, credible as according to organizational culture of NADFC so satisfaction of customer/client can be reach.
Sampel determined with technique of Non Probability Sampling Purposive That mean Sampel have been determined owning certain specification and strata with use kuesioner.That kuesioner are full with quesition and andswer with use likert scale disseminating containing kuesioner of question with answer by using
likert scale, result of kuesioner analysed correlationly doubled regresi and constructively SPSS program 11.5
Result of research to Leadership factors, Komitmen, Process and Product in Organization is to represent Organizational Pillar according to in TQM theory have strong relation with Satisfaction of customerlclient, and although in general the quality of service have good but still a lot need improvement and repair. From is fourth of the factor which most having an effect on is leadership
Constraints which still faced among others is Leadership which not yet is fully executed second, total quality execution still not yet fully become head komitmen head and staf that still found by oflioer give less dissatisfactory and non professional service to the customer/ client, third is less looked after by is
facilities and basic facilities so that not yet futilled of short examination time According to TQM theory tht is new paradigm, head have to assume subordinate is cutomer/client which must be listened by sigh and hislits suggestion so that reaching of communications which either through horizontal and is vertical.Thats fourth of factor above in the reality most having an effect
on in satisfaction of customer/client is leadership. lf leadership have been executed bette, officer will work hardly and hold responsible and have komitmen to be able to fulfill short time which specified by NADFC and service as according to quality service so that can reach by satisfaction in NADFC."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2005
T21638
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Riangga Aji Prasetyo
"Pemerintah Indonesia telah menaikkan harga BBM melalui Keputusan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Nomor 218.K/MG.01/MEM.M/2022. Hal ini merespons kenaikan anggaran subsidi energi sebesar Rp502,4 triliun. Selain itu, kondisi geopolitik dunia yang penuh ketidakpastian, misalnya perang antara Rusia dan Ukraina yang sangat mempengaruhi harga komoditas energi di pasar dunia. Hal inilah yang melatarbelakangi pemerintah mengubah konsumsi bahan bakar menjadi energi listrik. Penggunaan energi listrik pada skenario optimis mencapai 409 TWH pada tahun 2030, sedangkan pada skenario moderat diperkirakan penggunaan listrik pada tahun 2030 mencapai 390TWH dibandingkan tahun 2021 sebesar 253-256 TWH. Melihat kondisi tersebut, sektor ketenagalistrikan akan mengalami pertumbuhan yang luar biasa. Permasalahan terkait keselamatan ketenagalistrikan, baik dari segi instalasi, kualitas produk dan material, hingga sistem manajemen penyedia jasa dan produsen material ketenagalistrikan, harus menjadi prioritas utama dalam pengembangan industri. PT XYZ Sebagai LPK yang terakreditasi menerapkan sistem manajemen mutu berdasarkan ISO 9001 yang merupakan bagian dari standar ISO 9000 yang erat kaitannya dengan TQM. TQM telah menarik perhatian karena dampaknya yang signifikan terhadap kinerja. Penelitian ini mempelajari korelasi antara praktik TQM dan Kinerja Organisasi (OP) pada PT XYZ, untuk memberikan data bagi manajemen PT XYZ dalam mengembangkan kebijakan untuk menjaga keunggulan kompetitif mereka. Pengumpulan data akan dilakukan dengan menggunakan metode survei kemudian diolah menggunakan metode SEM untuk mengetahui hubungan antar variabel. Penelitian yang dilakukan pada tahun 2024 menunjukkan hasil bahwa TQM sebagai serangkaian kegiatan mempunyai dampak langsung dan positif terhadap OP. Nilai Loading menunjukkan korelasi yang kuat antara implementasi TQM dengan OP.

Indonesian government has increased fuel prices through Decree 218.K/MG.01/MEM.M/2022. This is in response to an increase in the energy subsidy budget of IDR 502.4 trillion. Apart from that, current world geopolitical conditions which has greatly influenced the price of energy commodities on the world market. This is made government start to change fossil fuel usage into electrical energy. Electrical energy use in the optimistic scenario reaches 409 TWH in 2030 compared to 2021 of 253-256 TWH, the result is electricity sector will experience extraordinary growth. Issues related to electricity safety, in terms of installation, product and material quality, of service providers and electricity material producers , must be a top priority in industrial development. Nowadays TQM has attracted attention because of its significant impact on performance. This research studies the correlation between TQM practices and Organizational Performance(OP) at PT XYZ, to provide data for PT XYZ management in developing policies to maintain their competitive advantage. Research conducted in 2024 shows the results that TQM as a series of activities has a direct and positive impact on OP."
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2024
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Suwondo
"Total Quality Management (TQM) merupakan sistem manajemen yang mengangkat kualitas sebagai strategi usaha dan berorientasi kepada kepuasan pelanggan dengan cara melibatkan pelanggan dan se1uruh.anggota organisasi. Total berarti seluruh sisteng Quality berarti karekteristik memenuhi kebutuhan pelanqgan dan Management berarti proses komunikasi dua arah.
Biasanya TQM di-implementasikan pada bidang manufaktur, dan kita akan mencoba apakah TQM bisa di-implementasikan pada bidang pendidikan yang sudah banyak dipraktekkan di luar negeri (Inggris, Amerika dan Jepang).
TQM dapat dicapai melalui pendekatan sbb:
~ Fokus pada pelanggan (mahasiswa).
~ Memiliki obsesi yang tinggi terhadap kualitas.
~ Menggunakan pendekatan ilmiah dalam mengambil keputusan dan pemecahan masalah.
~ Memiliki komitmen jangka panjang.
~ Membutuhkan kerjasama tim (teamwork)
~ Memperbaiki proses secara berkesinambungan.
~ Menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan.
~ Memberikan kebebasan yang terkendali.
~ Memiliki kesatuan tujuan.
~ Adanya keterlibatan dan pemberdayaan karyawan.
TQM pada proses belajar-mengajar memfokuskan perhatian pada fungsi manajemen untuk mengubah usaha dosen dan mahasiswa selalu belajar. Kekuatan model belajar-mengajar TQM yaitu malalui pertemuan yang berkelanjutan, penciptaan kelompok belajar, penggunaan kerjaeama, perbaikan yang berkelanjutan, melihat umpan balik, pembagian tanggungjawab dan pembekalan pengajar.
Diharapkan dengan Cara ini akan memberikan kontribusi pada pengembangan kualitas mahasiswa, lulusan, pengajar (dosen), dan secara umum kualitas institusi. "
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1996
S36662
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>