Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 34030 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Zuwesty Eka Putri
"ABSTRACT
Dharmawanita UIN Syarif Hidayatullah Jakarta is an activity forum that aims to develop the creativity, expertise of female employees and the wife of an employee of the Syarif Hidayatullah UIN Jakarta. Some activities managed by Dharmawanita are business units engaged in food and beverage providers in the canteen and catering to the academic community of UIN Syarif Hidayatullah in particular and the community in general. The purpose of this study was to obtain empirical evidence related to factors that influence customer satisfaction or customers who use products of the Dharmawanita business unit of UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. In addition, this study also aims to analyze the factors that determine consumer purchasing decisions. The results showed that the factors that influence the level of customer satisfaction are: physical appearance, service, menu, taste, and price. Then, factors that influence consumer purchasing decisions whether inside or outside the campus environment are: menu, taste, and price."
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, 2018
657 ATB 11:2 (2018)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Rusdi Alam
"Memasuki era keterbukaan ekonomi, di mana saat ini dunia usaha di Indonesia telah berkembang pesat, persaingan bisnis adalah suatu hal yang tidak dapat lagi dihindari oleh para pelaku usaha. Persaingan ini juga terjadi di sektor pendidikan tinggi di mana universitas saling bersaing untuk mendapatkan konsumen, dalam hal ini yang dimaksud dengan konsumen adalah mahasiswa. Salah satu cara yang dapat dilakukan oleh universitas untuk bersaing adalah dengan meningkatkan kualitas produk atau jasanya. Dengan produk atau jasa yang lebih berkualitas dibandingkan para pesaingnya, diharapkan mahasiswa akan menjadi setia dan terus menggunakan program-program yang ditawarkan universitas.
Untuk mengetahui kesetiaan atau loyalitas mahasiswa, Martensen et al. (2000) menggunakan model yang dikembangkan dari model generic European Customer Satisfaction Index (ECSI) dengan variabel-variabel yang mempengaruhinya adalah citra institusi, harapan mahasiswa, persepsi kualitas faktor non-manusia, persepsi kualitas faktor manusia, persepsi nilai, kepuasan dan akhimya loyalitas mahasiswa. Dengan menggunakan model yang sama, penelitian ini mencoba menemukan variabel-variabel apa yang mempengaruhi loyalitas mahasiswa pada UIN Syarif Hidayatullah.
Penelitian ini merupakan studi kasus pada mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah dengan jumlah responden sebanyak 241 orang. Jumlah responden yang besar dikarenakan pengolahan data dilakukan dengan metode SEM (Structural Equation Modelling) menggunakan program Lisrel 8.30 dengan metode estimasi Maximum Likelihood. Model penelitian yang digunakan mengadopsi model generic European Customer Satisfaction Index (ECSI).
Hasil pengolahan data menunjukkan bahwa variabel loyalitas mahasiswa dipengaruhi secara bersarna-sama oleh kepuasan mahasiswa, citra institusi dan persepsi kualitas faktor manusia. Sementara kepuasan mahasiswa itu sendiri dibentuk oleh persepsi nilai, harapan mahasiswa dan persepsi kualitas faktor non manusia. Penelitian ini juga menemukan bahwa variabel citra institusi tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap persepsi nilai mahasiswa terhadap universitas. Hal ini dapat disebabkan karena mahasiswa memiliki informasi lebih banyak untuk mengetahui citra universitas.
Hasil penelitian dapat memperlihatkan bahwa persepsi nilai secara umum akan mempengaruhi kepuasan mahasiswa. Dan pada akhirnya kepuasan mahasiswa akan mempengaruhi loyalitas mahasiswa. Apabila mahasiswa merasa sebagian besar kebutuhannya terpenuhi dan sesuai dengan harapannya, maka ia akan cenderung loyal dan diharapkan akan menggunakan kembali univesitas apabila ia ingin melanjutkan pendidikannya.

Recent development in competition of higher education institution implies that marry strategies is used by universities to get more student. One of the strategy used by universities is Product and Service Improvement With a better product and service than its competitor, universities hope to achieve their student loyalty.
To analyze student loyalty, Martensen et al. (2000) used a generic model developed from European Customer Satisfaction Index (ECSI) which has seven variables (institution image, student expectation, perceived quality of non human factor, perceived quality of human factor, perceived value, student satisfaction and student loyalty). With the same model, this research tried to analyze what is the variables that effect student loyalty in Syarif Hidayatullah University.
This Research is a case study of student loyalty in Syarzf Hidayatullah University Jakarta. Number of respondents is 241. Which is gathered from student of Syarif Hidayatullah University. The data analysis in this reseach uses SEM (Structural Equation Modeling) with applicable software package Lisrel 8.30. Estimation Method in analyzing the data is Maximum Likelihood.
This research concluded that student loyally variable was effected by student satisfaction, image and perceived quality of human factor. Student Satisfaction variable was effected by perceived value, perceived quality of non human factor and student expectation. This research also found that image did not have a significance effect to perceived value. The reason is because the student have more information to recognize the difference between image and the fact about the university.
This research shows that generally perceived value will effect student satisfaction and student satisfaction will effect student loyalty. If the students feel that all of their expectation were fulled they will be loyal and repeat the purchase the product and service from the university. The main point of this research is student satisfaction has a benefit for the university because it can stimulate student loyalty.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2006
T17205
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yunita Ratnasari
"RS Syarif Hidayatullah sejak tahun 2018 telah bergabung dengan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Status Rumah Sakit berubah dari yang semula Yayasan menjadi Unit BLU dari UIN Syarif Hidayatullah. Beberapa masalah muncul antara lain mengenai pengadaan, keuangan dan kepegawaian. Masalah-masalah yang muncul dalam suatu kebijakan dapat menunjukkan apakah buruk dalam formulasi kebijakan, ketidaktepatan implementasi, rendahnya efektivitas evaluasi, atau kurang mendukungnya berbagai aktor serta faktor eksternal dan internal yang berperan dalam tahapan pengembangan kebijakan. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan framework siklus kebijakan. Hasil penelitian didapatkan formulasi kebijakan bersifat top down, Rumah Sakit tidak banyak dilibatkan. Pada proses adopsi, saat ini baru terbentuk pedoman pengadaan barang dan jasa, pedoman kepegawaian dan keuangan belum terbentuk. Pada implementasi, Renstra baru belum ada, SPM sudah ada, namun monitoring belum dilakukan secara optimal. Hanbatan yang dialami antara lain adanya perbedaan pemahaman antara Rumah Sakit dengan UIN dalam komunikasi. Dalam sumber daya, ada kekosongan SDM di jajaran manajemen dan belum adanya pedoman kepegawaian. Dalam sumber daya financial, kurangnya fleksibilitas keuangan RS. Dalam birokrasi, Rumah Sakit belum tercantum dalam statuta UIN Syarif Hidayatullah.

Syarif Hidayatullah Hospital since 2018 has joined UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. The status of the hospital changed from what was originally a Foundation to a BLU Unit of UIN Syarif Hidayatullah. Several problems arose among others regarding procurement, finance and staffing. Problems that arise in a policy can indicate whether it is bad in policy formulation, imprecise implementation, low effectiveness of evaluation, or lack of support for various actors and external and internal factors that play a role in the policy development stage. This research is a qualitative research with a policy cycle framework. The results showed that the policy formulation was top down, hospitals were not involved much. In the adoption process, currently only guidelines for the procurement of goods and services have been formed, and personnel and financial guidelines have not yet been formed. In implementation, the new Strategic Plan does not yet exist, SPM already exists, but monitoring has not been carried out optimally. The obstacles experienced include differences in understanding between hospitals and UIN in communication. In terms of resources, there is a vacancy in human resources in management and there is no staffing guideline. In terms of financial resources, the lack of financial flexibility of hospitals. In the bureaucracy, hospitals have not been listed in the statutes of UIN Syarif Hidayatullah."
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2021
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Elliza Muhammad, Author
"Islam sebagai agama besar telah melekat pada diri sebagian besar masyarakat Indonesia. Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa kemajuan Islam akan berdampak signifikan bagi kemajuan masyarakat Indonesia sehingga perkembangan pendidikan tinggi Islam di Indonesia patut untuk diteliti. Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui proses modernisasi pendidikan tinggi Indonesia dilihat dari perkembangan pendidikan tinggi Islam dan proses perubahan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jakarta menjadi Universitas Islam Negeri (UIN) Jakarta dengan menggunakan metode penelitian sejarah. Sumber-sumber data untuk penelitian ini didapat dari buku-buku yang relevan dan arsip-arsip yang ditemukan di UIN Jakarta dan Arsip Nasional Republik Indonesia. Sebagai proyek percontohan modernisasi pendidikan tinggi islam, Perubahan IAIN Jakarta menjadi UIN Jakarta telah merealisasikan reintegrasi keilmuan antara ilmu umum dan ilmu agama. Walaupun belum sempurna, penambahan fakultas, jurusan dan perubahan kurikulum mengarah menuju hal baik yang dapat menunjang kemajuan masyarakat islam dan negara Indonesia.

Islam as the mean religion was inherent in the majority of Indonesian people, it's undeniable that the Islamic improvement will have a significant impact for the development of Indonesian society. Therefore, the development of Islamic higher education in Indonesia deserves to be researched. This study aimed to understand the modernization process of Islamic higher education in Indonesia that seen from the transformation process of the Jakarta State Islamic Institute (IAIN) into the Jakarta State Islamic University (UIN) by using historical research method. The sources of data for this research come from relevant books and archives that found in UIN Jakarta and the National Archives of the Republic of Indonesia. As a pilot project for the modernization of Islamic higher education, the changes of IAIN Jakarta to UIN Jakarta has objectified the reintegration of knowledge between science and religion. Although it's has not perfect yet, the addition of faculties, departments and curriculum change is leading to good things that can support the advancement of Islamic society and Indonesia.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2015
S59818
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dita Riana Dewi
"Skripsi ini membahas pemanfaatan perpustakaan utama Universitas Islam Negeri (UIN), Ciputat pada bulan Oktober s/d Desember 2012. Tujuannya adalah untuk mengetahui penggunaan perpustakaan seperti layanan, koleksi dan fasilitas yang ada di perpustakaan utama UIN. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner yang disebarkan secara acak. Adapun sampel dari penelitian ini adalah pengguna perpustakaan utama UIN yaitu mahasiswa S1 UIN. Melalui metode penarikan sampel diperoleh 97 kuesioner yang valid. Hasil penelitian menyatakan bahwa 62,9% mahasiswa S1 UIN yang mengunjungi perpustakaan utama adalah mahasiswa semester 7 ke atas. Alasan kunjungan mahasiswa S1 UIN adalah untuk membaca buku, menyelesaikan tugas perkuliahan dan menggunakan fasilitas perpustakaan.

This research explains the use of the main library of the State Islamic University (UIN) in October until December 2012. The goal is to determine the use of libraries such as services, collections and facilities in the main library UIN. This research is descriptive quantitative research design. The data was collected through questionnaires by random distributed. The sample of this research is the main library users UIN by sampling method obtained 97 valid questionnaires. The results stated that 62.9% of students who visit the main library UIN is a major 7th semester students upwards. The reasons for visit are to read a book, completing assignments and use the library facilities."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2013
S44206
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Safirah Pramarta
"[Skripsi ini menggambarkan bagaimana Jabatan Fungsional Pustakawan dipahami
dan diterapkan oleh pustakawan di Pusat Perpustakaan UIN Syarif Hidayatullah
Jakarta, serta mencari tahu apa saja kendala yang dihadapinya. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik
pengambilan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan studi
literatur. Penelitian dilakukan pada bulan Maret-Juni 2015 di Pusat Perpustakaan
UIN Jakarta. Hasil penelitian menjelaskan bahwa pustakawan Pusat Perpustakaan
UIN Jakarta belum memahami secara menyeluruh mengenai Jabatan Fungsional
Pustakawan. Meskipun begitu, pihak perpustakaan telah mendukung penerapan
Jabatan Fungsional Pustakawan tersebut dengan beberapa cara. Namun, dalam
penerapannya terdapat beberapa kendala yang bersifat internal dan ekternal;This thesis describes how Librarian Functional Position is understood and
implemented by librarians in UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Central Library.
Moreover, this thesis also examines the problems faced in the process. The
research applied qualitative approach using case studies method. The sampling
techniques used are interview, observation, and literature review. The research
was conducted between March ? June 2015 in UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Central Library. The result shows that the Librarian Functional Position has not
been understood comprehensively by librarians in UIN Syarif Hidayatullah
Jakarta Central Library. However, the library has supported the implementation of
Librarian Functional Position by using some ways. Unfortunately, some internal
and external problems occurred in the implementation process;This thesis describes how Librarian Functional Position is understood and
implemented by librarians in UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Central Library.
Moreover, this thesis also examines the problems faced in the process. The
research applied qualitative approach using case studies method. The sampling
techniques used are interview, observation, and literature review. The research
was conducted between March ? June 2015 in UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Central Library. The result shows that the Librarian Functional Position has not
been understood comprehensively by librarians in UIN Syarif Hidayatullah
Jakarta Central Library. However, the library has supported the implementation of
Librarian Functional Position by using some ways. Unfortunately, some internal
and external problems occurred in the implementation process, This thesis describes how Librarian Functional Position is understood and
implemented by librarians in UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Central Library.
Moreover, this thesis also examines the problems faced in the process. The
research applied qualitative approach using case studies method. The sampling
techniques used are interview, observation, and literature review. The research
was conducted between March – June 2015 in UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Central Library. The result shows that the Librarian Functional Position has not
been understood comprehensively by librarians in UIN Syarif Hidayatullah
Jakarta Central Library. However, the library has supported the implementation of
Librarian Functional Position by using some ways. Unfortunately, some internal
and external problems occurred in the implementation process]"
2015
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Safirah Pramarta
"ABSTRAK
Skripsi ini menggambarkan bagaimana Jabatan Fungsional Pustakawan dipahami dan diterapkan oleh pustakawan di Pusat Perpustakaan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, serta mencari tahu apa saja kendala yang dihadapinya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan studi literatur. Penelitian dilakukan pada bulan Maret-Juni 2015 di Pusat Perpustakaan UIN Jakarta. Hasil penelitian menjelaskan bahwa pustakawan Pusat Perpustakaan UIN Jakarta belum memahami secara menyeluruh mengenai Jabatan Fungsional Pustakawan. Meskipun begitu, pihak perpustakaan telah mendukung penerapan Jabatan Fungsional Pustakawan tersebut dengan beberapa cara. Namun, dalam penerapannya terdapat beberapa kendala yang bersifat internal dan ekternal.

ABSTRACT
This minithesis describes how Librarian Functional Position is understood and implemented by librarians in UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Central Library. Moreover, this thesis also examines the problems faced in the process. The research applied qualitative approach using case studies method. The sampling techniques used are interview, observation, and literature review. The research was conducted between March ? June 2015 in UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Central Library. The result shows that the Librarian Functional Position has not been understood comprehensively by librarians in UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Central Library. However, the library has supported the implementation of Librarian Functional Position by using some ways. Unfortunately, some internal and external problems occurred in the implementation process.
"
2015
S61471
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ayu Pradipta Wijayanti Hapsari Putri
"ABSTRAK
Analisis Perhitungan Kapitasi pada Klinik Pelayanan KesehatanMasyarakat KPKM UIN Syarif Hidayatullah Jakarta rdquo;Universal Health Coverage merupakan sebuah target berskala nasional yangbertujuan agar tercapainya pemerataan pelayanan kesehatan bagi seluruh lapisanmasyarakat. KPKM Renijaya merupakan klinik pratama yang bertujuan tidak hanyasebagai layanan kesehatan tetapi juga sebagai saran pendidikan, penelitian danpengabdian masyarakat dibidang kesehatan, untuk itu KPKM Renijaya perlu untuk ikutserta pada program JKN.Penelitian ini bertujuan untuk menghitung biaya investasi, biaya operasional danbiaya pemeliharaan KPKM Renijaya, menghitung output pelayanan yang ada di KPKMRenijaya, menghitung besaran satuan aktual dan normatif, menghitung besaran kapitasiKPKM Renjaya serta upaya apa yang dapat dilakukan untuk meningkatkan efisiensi diKPKM Renijaya, saat bergabung dengan JKN.Penelitian ini dilaksanakan di KPKM Renijaya pada Januari ndash; Juni 2018. Jenispenelitian ini adalah deskriptif analisis yaitu dengan menggunakan data sekunder yaitudata keuangan KPKM Renijaya dan data rate utilisasi dari BPJS Kesehatan. Analisabiaya dalam penelitian ini menggunakan doubel distribution.Hasil dari penelitian ini di dapatkan total biaya investasi sebesar Rp. 786.221.689,biaya operasional Rp. 974.854.775 dan biaya pemeliharaan Rp. 25.000.000. Jumlahoutput pelayaan yang ada dalam penelitian ini disesuaikan dengan Permenkes No. 52Tahun 2016 diantaranya konsultasi, obat, pembersihan luka, inject, hecting,premedikasi, tambal gigi dan scalling. Besaran kapitasi di KPKM Renijaya berdasarkanjenis layanan sebesar Rp. 11.131, tarif kapitasi tersebut diatas tarif kapitasi KPKMRenijaya, untuk itu perlu uapaya agar KPKM Renijaya dapat bertahan di era JKNdengan cara rate utilisasi KPKM Renijaya mencapai 155-160 perbulan dengan peserta178.700 peserta. Upaya lainnya dengan mengoptimalkan aset medis melalui bermitradengan institusi lain atau menyewakan alat investasi.Kata Kunci : Kapitasi, Biaya Satuan Aktual, Biaya Satuan Normatif.

ABSTRACT
Capitation Calculation Analysis at Public Health Service Clinic KPKM UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Universal Health Coverage is a national scale target that aims to achieveequitable health services for all levels of society. KPKM Renijaya is a pratama clinicthat aims not only as health services but also as education advice, research andcommunity service in the field of health, therefore KPKM Renijaya need to participatein JKN program.This study aims to calculate the investment cost, operational cost andmaintenance cost of KPKM Renijaya, calculate the output of services available inKPKM Renijaya, calculate the actual and normative units, calculate the capability ofKPKM Renjaya and what efforts can be done to improve efficiency in KPKM Renijaya,when joining JKN.This research was conducted at KPKM Renijaya in January June 2018. Thisresearch type is descriptive analysis that is by using secondary data that is financial dataof KPKM Renijaya and data rate utilization from BPJS Health. Cost analysis in thisresearch using doubel distribution.The results of this study in obtaining the total investment cost of Rp.786.221.689, operating expenses Rp. 974,854,775 and maintenance cost Rp.25,000,000. The number of enrichment outputs in this study is adjusted according toPermenkes. 52 of 2016 including consultation, medicine, wound cleaning, inject,hecting, premedication, patching of teeth and scalling. The amount of capitation inKPKM Renijaya by type of service is Rp. 11.131, the above mentioned capitation tariffis KPKM Renijaya 39 s capitation tariff, therefore it is necessary for the KPKM Renijayato survive in the era of JKN by means of the utilization rate of KPKM Renijayareaching 155 160 per month with 178,700 participants. Other efforts by optimizingmedical assets through partnering with other institutions or leasing investment tools.Keywords Capitation, Actual Cost of Unit, Normative Unit Cost."
2018
T49811
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Jakarta: UIN Jakarta Press, 2002
378.15 PRO
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>