Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh entrepreneurial learningdan social supportterhadap entrepreneurial intentionpada mahasiswa yang telah mempelajari mata kuliah entrepreneurship di Institut Pertanian Bogor, Institut Teknologi Bandung, dan Universitas Indonesia. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah survei dengan menyebarkan kuesioner kepada mahasiswa dari tiga perguruan tinggi tersebut dengan total sampel sebanyak 165 responden. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan analisis regresi berganda hierarkis. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan dari entrepreneurial learning dan social support terhadap entrepreneurial intention dan dimediasi oleh theory of planned behavior yang terdiri dari attitude towards entrepreneurship,subjective norms, dan perceived behavioral control.
This study aims to determine the effect of entrepreneurial learning and social support on entrepreneurial intention in students who have studied entrepreneurship courses at Bogor Agricultural University, Bandung Institute of Technology, and University of Indonesia. The data collection technique used was a survey by distributing questionnaires with a total sample of 165 respondents. Hypothesis testing is done by using hierarchical multiple regression analysis. The results of this study indicate that there is a significant influence of entrepreneurial learning and social support on entrepreneurial intention and is mediated by the theory of planned behavior consisting of attitude towards entrepreneurship, subjective norms, and perceived behavioral control.
Â
"Isu kesenjangan dan ketimpangan serta lambatnya laju pertumbuhan ekonomi di Indonesia menjadi pemicu pemerintah untuk mengakselerasi pembangunan infrastruktur dan untuk menopangnya, anggaran bagi pembangunan infrastruktur terus dinaikkan setiap tahun. Naiknya anggaran infrastruktur tentu akan mendapat perhatian dari perusahaan yang bergerak di bidang tersebut, sehingga penting bagi perusahaan untuk mengembangkan kemampuan opportunity seeking dan advantage seeking secara bersamaan untuk mempertahankan keunggulan kompetitifnya, dimana konsep ini dikenal dengan istilah strategic entrepreneurship. Perusahaan besar tidak cukup jika hanya mengembangkan kemampuan advantage seeking tetapi juga harus mengembangkan opportunity seeking secara bersamaan. Oleh karena itu, penelitian ini mengkaji fakto-faktor yang dapat mengoptimalkan proses opportunity seeking di PT Waskita Karya Tbk sebagai salah satu perusahaan besar di Indonesia yang bergerak di bidang konstruksi. Penelitian ini menguji hipotesisnya dengan menggunakan SEM PLS. Penelitian ini berimplikasi secara teoritis dan manajerial. Secara teoritis, penelitian ini berkontribusi memperkaya konsep strategic entrepreneurship dan secara manajerial memberikan arah kepada manajer dalam menerapkan strategic entrepreneurship . Dengan demikian tingkat manajerial dapat menciptakan faktor-faktor pendukung yang kuat dalam rangkat meningkatkan kinerja perusahaan.
Issues of inequality and the slow pace of economic growth in Indonesia are the trigger for the government to accelerate infrastructure development and to support it, the budget for infrastructure development continues to be increased every year. The increase in the infrastructure budget will certainly get the attention of companies engaged in this field, so it is important for companies to simultaneously develop the ability of opportunity seeking and advantages seeking to maintain their competitive advantage, where this concept is known as strategic entrepreneurship. Established companies are not enough if they only develop the ability of advantage seeking but also have to develop opportunity seeking simultaneously. Therefore, this study examines the factors that can optimize the opportunity seeking process at PT Waskita Karya Tbk as one of the major companies in Indonesia engaged in construction. This study tested the hypothesis by using PLS SEM. This study has theoretical and managerial implications. Theoretically, this research contributes to enriching the concept of strategic entrepreneurship and managerially giving direction to managers in implementing strategic entrepreneurship. Thus the managerial level can create strong supporting factors in the ranks to improve the companys performance.
"