Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 159928 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Widya Andini
"Dalam menghadapi persaingan bisnis yang ada, bank XYZ perlu meningkatkan kinerja organisasinya saat ini yang salah satunya dipengaruhi oleh pengelolaan SDM. Penelitian ini dilakukan pada Direktorat A Bank XYZ dan terdiri dari dua studi, yaitu studi korelasi dan studi intervensi. Studi korelasi bertujuan untuk mengetahui hubungan antara komitmen afektif dan perilaku kewargaan antarpribadi. Penelitian dilakukan kepada 40 karyawan direktorat A dengan menggunakan TCM Employee Commitment Survey oleh Mayer dan Allen (2004) dan Interpersonal Citizenship Scale oleh Settoon & Mossholder (2002).
Hasil dari penelitian tersebut menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara komitmen afektif dan perilaku kewargaan antarpribadi (r= 0,38, r2= 0,14, p< 0,05). Berdasarkan hasil tersebut dilakukan studi kedua, yaitu studi intervensi berupa pelatihan untuk meningkatkan komitmen afektif kepada 5 orang karyawan Direktorat A Bank XYZ. Hasil evaluasi menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan yang signifikan (Z= -2,03, p< 0,05) pada karyawan sebelum dan sesudah diberikan pelatihan. Hasil evaluasi level tiga yang dilakukan setelah 2 bulan pelatihan belum menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada komitmen afektif (Z = -0,85, p > 0,05) dan perilaku kewargaan antarpribadi yang dimiliki karyawan (Z= -1,34, p> 0,05), meskipun penilaian perilaku dari rekan dan atasan langsung menunjukkan bahwa karyawan memenuhi lebih dari 90 persen perilaku yang ditentukan.

To deal with existing business competition, Bank XYZ need to improve the performance of their organizations today, one of which is influenced by HR management. This research was conducted at Directorate A of Bank XYZ and consisted of two studies, namely correlation studies and intervention studies. The correlation study aims to determine the relationship between affective commitment and interpersonal citizenship behavior. The first study conducted on 40 employees of directorate A using the TCM Employee Commitment Survey by Mayer and Allen (2004) and the Interpersonal Citizenship Scale by Settoon & Mossholder (2002).
The results of this study indicated that there was a significant relationship between affective commitment and interpersonal citizenship behavior (r = 0.38, r2 = 0.14, p <0.05). Based on these results, an intervention study was conducted in the form of a training program to increase affective commitment to 5 employees of Directorate A, Bank XYZ. The evaluation results showed a significant increase in employees' knowledge (Z = -2.03, p <0.05) before and after training. The results of level three evaluation, which was conducted after two months of training have not shown a significant increase in affective commitment (Z = -0.85, p> 0.05) nor interpersonal citizenship behavior owned by employees (Z = -1.34, p> 0,05), although behavioral assessments from colleagues and direct supervisors indicate that employees fulfill more than 90 percent of the specified behavior.
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2019
T53983
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Bunga Indira Artha
"Perilaku membantu rekan kerja di luar uraian pekerjaan utama berdampak positif pada pencapaian organisasi. Perilaku ini dalam penelitian psikologi industri sebagai perilaku kewargaan antarpribadi. Perilaku kewargaan antarpribadi merupakan tindakan karyawan yang bukan merupakan bagian dalam uraian tugas utamanya yang difokuskan untuk membantu menyelesaikan permasalahan pribadi atau menyelesaikan tugas rekan kerja. Untuk itu dilakukan penelitian guna mengetahui faktor yang berhubungan dengan perilaku tersebut. Kepedulian empatik merupakan salah satu faktor penting yang berhubungan dengan munculnya perilaku kewargaan antarpribadi. Kepedulian empatik adalah respons emosional belas kasih dan keprihatinan yang dialami karyawan ketika melihat rekan kerja yang sedang membutuhkan. Penelitian ini merupakan penelitian terapan yang terdiri dari Studi 1 dan Studi 2. Studi 1 dilakukan untuk mengetahui hubungan antara kepedulian empatik dan perilaku kewargaan antarpribadi pada karyawan Direktorat A Bank XYZ. Data dikumpulkan dari 40 karyawan menggunakan kuesioner yang terdiri atas Interpersonal Citizenship Behavior Scale (Settoon & Mossholder, 2002) dan Empathic Concern Subscale dari Intepersonal Reactivity Index (Davis,1980). Diketahui terdapat hubungan positif yang signifikan antara kepedulian empatik dan perilaku kewargaan antarpribadi (r = 0,54, p < 0,01). Hasil Studi 1 ditindaklanjuti melalui Studi 2 dengan melaksanakan pelatihan Empathy at Work. Berdasarkan evaluasi terhadap lima peserta diketahui program ini efektif. Terdapat peningkatan yang signifikan pada pemahaman peserta mengenai kepedulian empatik (Z = -2,03, p < 0,05). Peserta juga menunjukkan sikap yang lebih positif terhadap kepedulian empatik (Z = -2,06, p < 0,05) dan perilaku kewargaan antarpribadi (Z = -2,03, p < 0,05). Berdasarkan pengamatan rekan kerja dan atasan langsung diketahui peserta mampu menunjukkan kepedulian empatik dan perilaku kewargaan antarpribadi dengan memenuhi lebih dari 60 persen indikator perilaku yang diharapkan.

Helping coworkers outside ones main job description has a positive impact on organizational achievement this behavior in industrial psychology research known as interpersonal citizenship behavior. Interpersonal citizenship behavior is an employees activities that are not part of their main tasks, focused on helping to solve personal problems or complete the work of colleagues. For this reason, research is conducted to determine the factors associated with these behaviors. Empathic care is an important factor related to the emergence of interpersonal citizenship behavior. Empathic care is the emotional response of compassion and concern experienced by employees when they see colleagues in need. This research is applied research consisting of Study 1 and Study 2. Study 1 was conducted to determine the relationship between empathic concern and interpersonal citizenship behavior among XYZ Bank Directorate A employees. Data were collected from 40 employees using a questionnaire consist of the Interpersonal Citizenship Behavior Scale (Settoon & Mossholder, 2002) and the Empathic Concern Subscale of the International Reactivity Index (Davis, 1980). There is a significant positive relationship between empathic care and interpersonal citizenship behavior (r = 0,54, >p <0,01). Study 1 results were followed up through Study 2 by conducting Empathy at Work training. Based on the evaluation of five participants, it was found that the program was effective. There was a significant increase in participants understanding of empathic care (Z = -2.03, p <0.05). Participants also showed a more positive attitude towards empathic care (Z = -2.06, p <0.05) and interpersonal citizenship behavior (Z = -2.03, p <0.05). From the observations of coworkers and direct supervisors, the research found that participants were able to demonstrate empathic concern and interpersonal citizenship behavior by meeting more than 60 percent of expected indicators."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2019
T54025
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Artisita Rochmi
"Sebagai pelopor bank syariah di Indonesia, Bank XYZ sedang menghadapi penurunan kinerja bank yang memperlihatkan kurangnya komitmen karyawan terhadap organisasi. Kepemilikan pekerjaan adalah salah satu prediktor yang berhubungan dengan komitmen afektif karyawan. Penelitian ini terdiri dari Studi 1 dan Studi 2. Studi 1 berupa penelitian korelasi dilakukan untuk melihat hubungan antara kepemilikan pekerjaan dan komitmen afektif pada 40 karyawan di Direktorat HC Bank XYZ menggunakan kuesioner dari TCM Employee Commitment Survey yaitu Affective Commitment Subscale (Meyer & Allen, 2004) dan Job-based Psychological Ownership Scale (Brown, Pierce, & Crossley, 2014). Studi ini menunjukkan ada hubungan antara kepemilikan pekerjaan dan komitmen afektif (r=.60, p<.05). Berdasarkan hasil tersebut, kemudian ditindaklanjuti dengan Studi 2 yaitu pemberian program intervensi pelatihan My Job and I yang bertujuan untuk meningkatkan rasa memiliki terhadap pekerjaan sehingga komitmen afektif karyawan menjadi lebih kuat. Peneliti melakukan intervensi kepada empat orang karyawan yang memiliki kepemilikan pekerjaan yang rendah. Hasil menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan terkait kepemilikan pekerjaan (Z=-2.375, p<.05). Namun demikian, hasil evaluasi level tingkah laku belum menunjukkan peningkatan kepemilikan pekerjaan dan komitmen afektif yang signifikan saat sebelum dan sesudah intervensi pelatihan. 

As a pioneer of Islamic banks in Indonesia, Bank XYZ is facing a decline in bank performance that shows a lack of employee commitment to the organization. Job ownership is one of predictors that explain relationship with affective commitment. This research consisted of two study, correlational and intervention study. Correlational study examined the relationship between job ownership and affective commitment at Human Capital Directorate Bank XYZ. This study involved 40 employees, measurement instruments used TCM Employee Commitment Survey of Affective Commitment Subscale (Meyer & Allen, 2004) and Job-based Psychological Ownership Scale (Brown, Pierce, & Crossley, 2014). Result showed the significant relationship of job ownership and affective commitment (r=.60, p<.05). Based on first study result, researcher fined an appropriate intervention called My Job and I training to increase job ownership that impacted the affective commitment enhancement. Next we conducted job ownership improvement program for the employee that has minimum score of job ownership and the one-group pre-test post-test design for the second study (intervention). Result showed a significant difference mean score in knowledge evaluation (Z=-2.375, p<.05). However, the result of behavioural evaluation have not shown significant job ownership and affective commitment before and after the intervention. "
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2019
T54030
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Azka Shabran Jamiila
"Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan tingkat kohesivitas kelompok dengan tingkat social loafing pada mahasiswa. Studi-studi terdahulu tentang faktor yang mempengaruhi social loafing terbagi menjadi tiga, yaitu (1) studi-studi dengan fokus kohesi tugas; (2) studi-studi dengan fokus kohesi sosial; dan (3) studi-studi dengan focus kohesivitas kelompok. Social loafing dalam studi ini dilihat dari aspek sosial dan aspek tugas melalui kohesivitas kelompok. Dalam penelitian ini tingkat kohesivitas kelompok berupa individual attraction to group dan group integration akan dilihat hubungannya dengan tingkat social loafing mahasiswa Universitas Indonesia. Penelitian ini dilakukan menggunakan survei kepada 148 mahasiswa D3/D4/S1 Universitas Indonesia Angkatan 2019-2022 serta menggunakan quota sampling. Hasil penelitian ini menunjukan adanya hubungan antara tingkat kohesivitas kelompok dengan tingkat social loafing. Kohesivitas kelompok berupa individual attraction to group dan group integration memiliki hubungan signifikan yang berkorelasi negatif dengan tingkat social loafing mahasiswa Universitas Indonesia. Korelasi negative ini menunjukan semakin tinggi tingkat kohesivitas kelompok yang dimiliki, maka semakin rendah tingkat social loafing mahasiswa Universitas Indonesia.

This study aims to analyze the relationship between the level of group cohesiveness and the level of social loafing among students. Previous studies on factors that influence social loafing are divided into three, namely (1) studies with a focus on task cohesion; (2) studies with a focus on social cohesion; and (3) studies with a focus on group cohesiveness. Social loafing in this study is seen from social aspects and task aspects through group cohesiveness. In this study the level of group cohesiveness in the form of individual attraction to group and group integration will be seen in relation to the level of social loafing of University of Indonesia students. This research was conducted using a survey of 148 D3/D4/S1 students at the University of Indonesia Class of 2019-2022 and using quota sampling. The results of this study indicate that there is a relationship between the level of group cohesiveness and the level of social loafing. Group cohesiveness in the form of individual attraction to group and group integration has a significant relationship that is negatively correlated with the level of social loafing of University of Indonesia students. This negative correlation shows that the higher the level of group cohesiveness, the lower the level of social loafing of University of Indonesia students."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Mhd. Thaufik Furqan Geldorry
"Metafora adalah alat bantu komunikasi berupa representasi yang memiliki peranan dalam pengolahan informasi. Menurut pendekatan embodied cognition peranan tubuh, interaksi sosial, dan lingkungan mempengaruhi kognisi seseorang. Dalam kognisi suatu konsep (misalnya power dan SSE) diolah dalam bentuk representasi mental (misalnya representasi vertikal dan informasi diri). Berdasarkan pendekatan psikologi evolusioner, ditemukan bahwa status sosial ekonomi (SSE) memiliki pengaruh yang berbeda terhadap daya tarik pada pria dan wanita. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur apakah letak gambar, yang merupakan representasi atas power, dan informasi SSE gambar memiliki pengaruh yang berbeda terhadap daya tarik fisik lawan jenis antara pria (n = 25) dan wanita (n = 43).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan dari letak gambar, SSE, dan jenis kelamin terhadap daya tarik fisik. Selain itu terdapat pengaruh interaksi antara letak gambar, jenis kelamin gambar, dan jenis kelamin partisipan. Hasil ini mendukung temuan sebelumnya mengenai pemilihan pasangan menurut pendekatan evolusioner dan studi representasi vertikal. Penelitian ini juga menemukan bahwa SSE secara dominan mempengaruhi penilaian terhadap daya tarik fisik individu.

Metaphor is a communication tool that has a role of representation in information processing. According to embodied cognition approach, body, social interaction, and environment affect a person's cognition. In the cognition, abstract concepts (e.g. power and SSE) is processed in the form of mental representations (e.g. vertical representation and personal information). Based on the approach of evolutionary psychology, found that social economic status (SSE) has a different effect on the attractiveness in men and women (e.g. , Buss, 1989; Meier & Dionne, 2009). This study aimed to measure whether the location of the picture, which is a representation of power, and images SSE information have a different effect on the physical attractiveness of the opposite sex between men (n = 25) and women (n = 43).
Results of this study indicate that there is significant influence of the location of the picture, SSE, and sex on physical attractiveness. These results support previous findings regarding mate selection according to the evolutionary approach and the off-line vertical representation studies. This study also found that, the SSE is predominantly affecting the assessment of individual physical attractiveness.
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2013
S53390
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Susilo
"Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh work engagement dan resistensi perubahan (resistance to change) dengan komitmen afektif untuk perubahan (affective commitment to change) dan intervensi yang dapat dilakukan untuk meningkatkan komitmen afektif untuk perubahan. Penelitian dilakukan pada perusahaan yang bergerak di layanan kebandaraan dengan partisipan dikhususkan pada karyawan operasional yang melibatkan sebanyak 260 karyawan. Pengambilan data partisipan dilakukan melalui kuesioner daring dengan kuesioner yang terdiri atas komitmen afektif untuk perubahan, resistensi perubahan dan work engagement. hasil analisis data menunjukkan bahwa resistensi perubahan memiliki hubungan negatif dan signifikan dengan komitmen afektif untuk perubahan. Work engagement juga memiliki hubungan yang positif dan signifikan dengan komitmen afektif terhadap perubahan. Dari hasil regresi didapatkan bahwa pada penelitian ini, pengaruh resistensi perubahan dengan komitmen afektif untuk perubahan lebih besar dibandingkan dengan pengaruh work engagement. Pada penelitian ini, intervensi pelatihan komunikasi perubahan telah dilakukan pada karyawan operasional (22 orang) dengan hasil menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan perubahan organisasi secara signifikan melalui evaluasi level 2.

This study was aimed to determine the influence of work engagement and resistance to change on affective commitment to change and training intervention design to enhance affective commitment to change. The research was conducted at airport services company with participants of operational employees as 260 employees. The data was collected by online questionnaire with a questionnaire consisting of affective commitment to change, resistance to change and work engagement. The results showed resistance to change has a significant negative relationship with affective commitment to change. Work engagement also has a significant positive relationship with affective commitment to change. In this study, the result using regression show that resistance to change was better effect on affective commitment to change than work engagement. Following this study the intervention was done for operational employees (22 peoples) on change communication, and the results showed that change communication intervention increased knowledge of organizational change significantly through evaluation level 2."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2019
T53166
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Firmanto Agung Purawan
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 1994
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Kurrota A`Yuni
"Pengembangan organisasi merupakan usaha yang dilakukan untuk mencapai efektivitas organisasi. Penelitian ini merupakan bagian dari usaha pengembangan organisasi dengan melakukan dua studi, yang terdiri dari studi 1 dan studi 2. Studi 1 merupakan penelitian korelasional yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara motivasi membantu dan perilaku kewargaan antarpribadi. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah Interpersonal Citizenship Behavior Scale (Setton & Mossholder, 2002) dan Motivation to Help Scale (Weinstein & Ryan, 2010) dengan partisipan sebanyak 40 karyawan Direktorat HC. Hasil dari penelitian ini di dapatkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan positif antara motivasi membantu dan perilaku kewargaan antarpribadi (r=0,40, p<0,05) dan motivasi otonom juga memiliki hubungan yang positif signfikan dengan perilaku kewargaan antarpribadi (r=0,39, p<0,05). Namun, tidak terdapat hubungan yang positif signifikan antara motivasi terkontrol dan perilaku kewargaan antarpribadi (r=0,26, p>0,05). Hasil dari penelitian korelasi kemudian ditindak lanjuti dengan studi 2 yang merupakan program intervensi yang bertujuan untuk meningkatkan motivasi membantu pada karyawan Direktorat HC Bank XYZ dengan berfokus pada motivasi otonom yang diikuti oleh lima orang karyawan. Berdasarkan hasil evaluasi pada program intervensi didapatkan bahwa terdapat peningkatan pada skor rata-rata perilaku kewargaan antarpribadi sebelum dan sesudah pelatihan (Z=-2.02, p<0,05). Namun, tidak terdapat peningkatan pada skor rata-rata motivasi membantu sebelum dan sesudah pelatihan (Z=-0,37, p>0,05). Berdasarkan pengamatan rekan kerja dan atasan diketahui bahwa peserta mampu menunjukkan perilaku motivasi membantu dan perilaku kewargaan antarpribadi dengan memenuhi > 90 persen perilaku yang disyaratkan.

Organizational development is an effort to achieve organizational effectiveness. This research is part of organization development by conducting two studies consisting od study 1 and study 2. Study 1 is a correlational study that aims to find out the relationship between motivation to help and interpersonal citizenship behavior. The instruments used in this study were Interpersonal Citizenship Behavior Scale (Setton & Mossholder, 2002) and Motivation to Help Scale (Weinstein & Ryan, 2010). The respondents were 40 employees from HC Directorate. The results in study 1 showed there were a significant positive relationship between motivation to help and interpersonal citizenship behavior (r=0,40, p<0,05) and autonomous motivation also had a significant positive relationship with interpersonal citizenship behavior(r=0,39, p<0,05). However, there is no significant relationship between controlled motivation and interpersonal citizenship behavior (r=0,26, p>0,05). Followed by study 2; intervention program that aim to increase employees motivation to help in HC Directorate of the XYZ Bank. Furthermore, the intervention program study conducted on five employees showed the result that there was an increase in the average score of interpersonal citizenship behavior before and after training (Z=-2.02, p<0,05). However, there was no increase in the mean score of motivation to help before and after training (Z=-0,37, p>0,05). Based on observations of coworkers and supervisor, its known that participants are able to show motivation to help behavior and interpersonal citizenship behavior by fulfilling more than 90 percents of the required behavior."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2019
T53982
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Vanessa Maudy Putri
"Untuk dapat merasa bahagia, kemampuan individu dalam melakukan inhibitory control terhadap informasi negatif yang tidak relevan sangatlah penting. Namun, kondisi emosional yang bersifat sementara seperti mood dan perubahan afek positif dikenal dapat memengaruhi performa fungsi kognitif ini. Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara inhibitory control dan tingkat kebahagiaan dengan mood dan perubahan afek positif sebagai moderator. Sebanyak 119 partisipan yang sehat mental berusia 18 - 35 tahun (M = 21,5 tahun) berpartisipasi dalam penelitian ini. Sejumlah 59 partisipan menerima induksi mood positif dan 60 orang menerima induksi mood netral. Tingkat kebahagiaan diukur menggunakan Subjective Happiness Scale (Lyubomirsky & Lepper, 1999), mood diukur menggunakan The Positive and Negative Affect Schedule (Watson et al., 1988), sedangkan perubahan afek positif diukur dari selisih penilaian afek positif sebelum (Pre PA) dan setelah (Post PA) induksi mood dilakukan. Performa inhibitory control untuk informasi negatif diukur menggunakan tugas Negative Affective Priming. Hasil analisis moderasi dengan PROCESS model 2 menunjukkan bahwa performa inhibitory control untuk informasi negatif adalah prediktor positif dan signifikan untuk tingkat kebahagiaan. Mood memoderasi secara signifikan hubungan antara performa inhibitory control terhadap informasi negatif dan tingkat kebahagiaan, tetapi perubahan afek positif tidak memoderasi hubungan ini. Selain itu, berdasarkan analisis moderasi PROCESS model 1, pada kondisi mood netral, terdapat korelasi positif antara inhibitory control untuk informasi negatif dan tingkat kebahagiaan. Sebaliknya, pada kondisi mood positif, terdapat korelasi negatif antara inhibitory control untuk informasi negatif dan tingkat kebahagiaan. Temuan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa dinamika hubungan antara performa inhibitory control dalam menghambat informasi negatif dan tingkat kebahagiaan dipengaruhi oleh mood partisipan.

Largely influenced by moodIn order to be happy, it is important to hone the ability to inhibit irrelevant negative information. However, temporary emotional states such as mood and changes in positive affect are known to affect the performance of inhibitory control. The current study aimed to examine the moderating roles of mood and changes in positive affect on the relationship between inhibitory control and happiness. A total of 119 mentally healthy participants aged 18-35 years (M = 21.5 years) participated in this study. Fifty-nine participants received positive mood induction and 60 participants received neutral mood induction. Happiness was measured using the Subjective Happiness Scale (Lyubomirsky & Lepper, 1999), mood was measured using The Positive and Negative Affect Schedule (Watson et al., 1988), while changes in positive affect was measured by calculating the difference between the levels of positive affect before (Pre PA) and after (Post PA) the mood induction procedure. Inhibitory control performance for irrelevant negative information was measured using Negative Affective Priming Task. The results of the moderation analysis using PROCESS model 2 showed that inhibitory control performance for negative information was a significant and positive predictor for happiness. Interestingly, mood significantly moderated the relationship between inhibitory control for negative information and happiness, but changes in positive affect did not moderate this relationship. Based on analysis using PROCESS model 1, in neutral mood condition, there was a positive correlation between inhibitory control for negative information and happiness. Conversely, in positive mood condition, there was a negative correlation between inhibitory control for negative information and happiness. Thus, the findings of this study suggest that the relationship between inhibitory control for irrelevant negative information and happiness is largely influenced by mood."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Novianthi Dian Purnamawati
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efek mediasi komitmen afektif pada hubungan persepsi karyawan terhadap dukungan organisasi dan intensi meninggalkan organisasi. Sampel penelitian melibatkan 96 Customer Service Officer CSO inbound Contact Center X Jakarta yang bergerak di bidang jasa layanan kebutuhan daya listrik. Data dianalisa dengan menggunakan Hayes rsquo;s PROCESS macro. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komitmen afektif terbukti memediasi hubungan antar kedua variabel tersebut. Dengan demikian, intervensi terhadap peningkatan persepsi terhadap dukungan organisasi perlu dilakukan agar dapat meningkatkan komitmen afektif dan menurunkan intensi meninggalkan organisasi. Bentuk rancangan yang disusun berupa peningkatan keterampilan atasan dalam memberikan umpan balik kinerja efektif untuk CSO inbound.
This study aims to investigate the mediating effect of affective commitment in the relationship between perceived organizational support and turnover intention. Data were collected from inbound Customer Service Officer CSO Contact Center X Jakarta which operating in service of electricity needs N 96 . Data were analyzed using Hayes PROCESS macro. Results showed that affective commitment mediated the relationship on that two variables so one practice to increase perceived organizational support is offered in order to increase affective commitment and reduce turnover intention. The intervention was designed to increase supervisor skill in giving effective performance feedback for inbound CSOs."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2017
T48001
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>