Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 211420 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Rizki Amalia Darin
"Industri Pariwisata memiliki tiga komponen utama yang harus diperhatikan, yaitu atraksi, amenitas dan aksesibilitas. Penyandang disabilitas dalam kedudukanya sebagai konsumen memiliki beberapa jenis motivasi yang menggerakkan mereka untuk berwisata. Penelitian ini menganalisis aksesibilitas yang dirasakan dari industri pariwisata dan hubungannya terhadap motivasi perjalanan wisata sebagai anteseden partisipasi wisata yang pernah mereka lakukan serta sebagai hal yang memprediksi intensi perjalanan wisata yang ingin mereka lakukan di masa yang akan datang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah non-probability dengan metode snowball sampling. Sebanyak 150 kuesioner disebarkan melalui platform Google Form dan 125 responden penyandang disabilitas berusia di atas 18 tahun yang pernah melakukan perjalanan wisata ke obyek-obyek wisata di DKI Jakarta dalam kurun waktu satu tahun terakhir berhasil dikumpulkan. Desain penelitian ini bersifat konklusif-deskriptif, kemudian data yang telah didapat diolah menggunakan metode Structural Equation Modelling (SEM). Hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa aksesibilitas yang dirasakan oleh penyandang disabilitas memiliki pengaruh langsung terhadap partisipasi dan intensi traveling mereka, dan diantaranya terdapat pengaruh tidak langsung melalui motivasi intrinsik, motivasi yang teridentifikasi dan motivasi yang berasal dari eksternal.

The Tourism Industry has three main components that must be considered, these are attractions, amenities and accessibility. Persons with disabilities in their position as consumers have several types of motivation that move them to leisure travel. This study analyzes the perceived accessibility of the tourism industry and its relationship to travel motivation as an antecedent of leisure travel participation they have ever done and as a predictor of the intentions of leisure travel they want to do in the future. The sampling technique uses the non-probability snowball sampling method and total of 150 questionnaires have distributed via the Google Form platform and 125 respondents with disabilities over the age of 18 who have traveled to tourism attractions in DKI Jakarta in the past one year were successfully collected. The design of this research is conclusive-descriptive, the obtained data is processed using the Structural Equation Modeling (SEM) method. The results find that accessibility perceived by persons with disabilities has a direct effect on their participation and traveling intentions, and among them there are indirect effects through intrinsic motivation, identified motivations and introjected/external motivation.
"
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nur Adinda Kurnia Rachmawati
"Industri pariwisata halal mengalami pertumbuhan yang signifikan dan menjadi segmen penting dalam industri pariwisata global. Hal ini didorong oleh meningkatnya populasi Muslim dan daya beli mereka yang memperkuat permintaan akan layanan wisata yang sesuai dengan nilai-nilai Islam. Wisatawan muslim Indonesia di usia 17-64 tahun menjadi pasar yang potensial bagi destinasi wisata asing. Penelitian ini bertujuan melihat faktor-faktor yang mempengaruhi niat wisatawan muslim Indonesia dalam melakukan perjalanan wisata luar negeri ke negara ramah muslim. Desain penelitian ini adalah deskriptif, menggunakan metode PLS-SEM dengan software SmartPLS3. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner melalui Google Form. Kriteria responden meliputi Warga Negara Indonesia (WNI), beragama Islam, berusia minimal 17 tahun, dan pernah melakukan perjalanan wisata ramah Muslim ke luar negeri dalam lima tahun terakhir. Dari 350 sampel yang telah diteliti, ditemukan bahwa destination image, emotional value, dan functional value memberikan pengaruh langsung terhadap intention to engage in muslim-friendly travel. Emotional value tidak memediasi hubungan antara Islamic attributes terhadap intention to engage in muslim-friendly travel, tetapi scepticism dan functional value memediasi hubungan antara Islamic attributes terhadap intention to engage in muslim-friendly travel. Scepticism memiliki pengaruh negatif terhadap intention to engage in muslim-friendly travel.

The halal tourism industry is experiencing significant growth and has become an important segment in the global tourism industry. This is driven by the increasing Muslim population and record purchasing power which strengthens the demand for tourism services that are in line with Islamic values. Indonesian Muslim tourists aged 17-64 years are a potential market for foreign tourist destinations. This research aims to look at the factors that influence the intentions of Indonesian Muslim tourists to travel abroad to Muslim-friendly countries. The design of this research is descriptive, using the PLS-SEM method with SmartPLS3 software. Data collection was carried out by distributing questionnaires via Google Form. Respondent criteria include Indonesian citizens (WNI), Muslim, at least 17 years old, and have taken a Muslim-friendly tourist trip abroad in the last five years. Of the 350 samples that were studied, it was found that destination image, emotional value, and functional value had a direct influence on intention to engage in Muslim-friendly travel. Emotional value does not mediate the relationship between Islamic attributes and intention to engage in Muslim-friendly travel, but skepticism and functional value mediate the relationship between Islamic attributes and intention to engage in Muslim-friendly travel. Skepticism has a negative influence on intention to engage in Muslim-friendly travel."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Oka A. Yoeti
Jakarta: Pradnya Paramita, 1990
338.479 1 OKA t
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Oka A. Yoeti
Bandung: Angkasa, 1994
338.4 OKA p
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Oka A. Yoeti
Jakarta: Pradnya Paramita, 1997
338.479 1 OKA p
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
"Prospek pariwisata di pasar global kedepan semakin bagus.Menurut World Tourism Organissation (WTO),industri pariwisata dunia diperkirakan akan terus bertumbuh mencapai 4,3 persen per tahun sampai tahun 2020...."
330 IKB 5:2 (2008)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Muchamad Zaenuri
Yogyakarta: Explore, 2018
910 MUC t
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Savitri Puspitaayu
"Tesis ini membahas mengenai pelaksanaan ecotourism yang terjadi di Thailand. Seiring perkembangan pariwisata dunia dan dengan telah dimasukkannya sektor pariwisata dalam agenda 21, membuat pemerintah Thailand semakin giat untuk membangun sektor pariwisatanya. Apalagi sektor pariwisata adalah sektor andalan bagi pemasukan negara dan telah melampaui komoditas ekspor tradisional mereka.
Permasalahan yang diteliti adalah mengenai pelaksanaan ecotourism dalam industri pariwisata intemasional di Thailand. Dalam upaya untuk mengeliminasi dampak negatif akibat pariwisata massal (mass tourism), kemudian muncul apa yang disebut sebagai pariwisata alternatif. Pariwisata alternatif ini kemudian menjadi suatu solusi untuk mencegah kerusakan lingkungan yang lebih buruk. Bentuk pariwisata dengan memperhatikan unsur lingkungan ini kemudian dikenal dengan Ecotourism.
Jenis wisata ini termasuk suatu bentuk pariwisata alternatif yang bertanggung jawab terhadap pelestarian lingkungan alam dan dalam pengembangan nilai-nilainya. Ecotourism merupakan istilah berkonotasi pariwisata berwawasan lingkungan alam, yaitu sebagai perjalanan wisata ke area alam yang dilakukan dengan tujuan mengkonservasi lingkungan dan melestarikan kehidupan dan kesejahteraan penduduk setempat.
Demikian juga dengan Thailand, yang memiliki potensi wisata alam yang bermasa depan cerah, pemerintah kemudian menggiatkan bentuk pariwisata ini. Dalam menjalankan ecotourismnya, pemerintah memerlukan suatu jalinan kerjasama, baik dengan investor lokal maupun asing (MNCs). Peran MNCs dalam penulisan ini adalah untuk melihat sejauh mana MNCs memahami perkembangan ecotourism di Thailand, dengan kata lain apakah MNCs tersebut mendukung atau tidak mendukung ecotourism tersebut. Dari hal tersebut diharapkan akan dapat terlihat kekuatan sebagai keuntungan dan kelemahan sebagai tantangan.
Dalam penulisan tesis ini, penulis menemukan beberapa definisi mengenai ecotourism, dari beberapa pendapat, yaitu yang dikemukakan oleh Ceballos-Lascurain, David Fennel dan Eagles, The International Ecotourism Society, dan The Commonwealth Department of Tourism of Australia, kemudian ditanik kesimpulan yaitu, ecotourism adalah suatu jenis pariwisata yang berpijak dan berdasar pada ketertarikan alam yang masih asli, menjadi suatu perjalanan yang bertanggung jawab dengan menikmati dan menghargai alam, mempromosikan dan menggalakkan konservasi, dengan mengikutsertakan dan memberdayakan masyarakat lokal secara ekonomi sekaligus mempertahankan dan melestarikan kebudayaan setempat.
Dan dalam menjawab permasalahan, penulis kemudian memaparkan apakah ecotourism itu, dan bagaimana peran pemerintah, peran MNCs dilihat dari pembangunan pariwisata di negara berkembang, yaitu Thailand dan implementasi dari ecotourism dengan memasukkan peran MNCs dan menghubungkannya dengan komponen-komponen yang ada dalam ecotourism.
Pada akhirnya, hasil dari pembahasan ini adalah bahwa ecotorism yang telah dijalankan di Thailand dapat berjalan dengan baik dengan melihat keberadaan MNCs sebagai salah satu faktor pendukung dari suksesnya pelaksanaan ecotourism. "
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2001
T13345
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
"Advances in Hospitality and Leisure delivers refreshing insights from a host of scientific studies in the domains of hospitality, leisure and tourism."
United Kingdom: Emerald, 2017
e20469277
eBooks  Universitas Indonesia Library
cover
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>