Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 152601 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Nailah Azkiya
"ABSTRAK
Alzheimer atau kepikunan merupakan bagian dari demensia, gejala kehilangan ingatan yang menjadi salah satu penyebab gangguan keterampilan berbahasa. Penelitian ini menganalisis struktur wacana dan kohesi dalam narasi yang diujarkan oleh pengidap Alzheimer. Tujuannya adalah menjelaskan struktur naratif dan pemarkah kohesi yang yang mereka ujarkan. Dengan menggunakan metode kualitatif, penelitian dilakukan terhadap lansia pengidap Alzheimer yang tinggal di Panti Sosial Tresna Werdha Budi Mulia 1, Jakarta Timur. Data dikumpulkan dengan melakukan wawancara terbuka kepada para lansia pengidap Alzheimer pada beberapa tingkatan keseriusan berdasarkan hasil Mini Mental Status Exam (MMSE), yaitu lansia pengidap Alzheimer ringan dan Alzheimer berat. Untuk memunculkan narasi, responden diberi sebuah pertanyaan sebagai pemicu untuk bercerita, yaitu "Bagaimana Anda bertemu dengan pasangan hidup Anda."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2020
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Rizma Angga Puspita
"ABSTRAK
Tesis ini membahas penggunaan alat-alat kohesi leksikal pada tuturan anak-anak di daerah Pati, Jawa Tengah, yang memperoleh paparan dua bahasa, yakni bahasa Jawa dan bahasa Indonesia. Pertanyaan yang akan dijawab dalam penelitian ini adalah 1 bagaimana penggunaan alat kohesi leksikal dalam membentuk hubungan kohesif antarbagian pada struktur narasi lisan berbahasa Indonesia; 2 bagaimana penggunaan jenis-jenis alat kohesi leksikal yang ditemukan; dan 3 apa yang memengaruhi penggunaan-penggunaan alat kohesi leksikal tersebut. Partisipan di dalam penelitian ini adalah anak-anak Pati N=51 yang bersekolah di SD kelas 1, 2, dan 3, dengan rentang usia 6;0-9;0. Penelitian ini menggunakan teknik elisitasi dengan instrumen utama berupa film bisu The Pear Story. Peneliti menggunakan bahasa Indonesia dalam instruksinya. Penelitian ini didukung oleh observasi dan kuesioner penggunaan bahasa. Analisis kualitatif dan kuantitatif digunakan untuk melihat kecenderungan dalam penggunaan alat kohesi leksikal. Dari hasil analisis ditemukan bahwa anak-anak tersebut, terutama anak kelas 3, sebagian dapat menggunakan alat kohesi leksikal untuk menghubungkan antarbagian dalam struktur narasi. Akan tetapi, ada juga anak, terutama anak kelas 1 dan 2, yang belum mampu. Repetisi ditemukan paling dominan di antara penggunaan alat kohesi leksikal yang lain, yaitu hiponimi, hipernimi, sinonimi, dan antonimi. Alat kohesi leksikal, selain sebagai penghubung antarbagian dalam struktur, juga digunakan untuk mengoreksi ujaran, mencari kata yang spesifik, dan berpikir. Hal-hal terkait temuan penggunaan alat kohesi leksikal tersebut dipengaruhi oleh perkembangan bahasa anak, paparan dua bahasa dari lingkungan, dan metode penelitian.
ABSTRACT
The thesis discusses the use of cohesive devices in children rsquo s narratives in the area of Pati, Central Java, who are exposed to two languages, Javanese and Indonesian. The questions to be addressed are 1 how the use of lexical cohesion devices creates the connection between elements of narrative 2 how children use of lexical cohesion devices and 3 what influences the use of such lexical cohesion devices. The participants in this study are elementary school children in Pati N 51 of the first, second, and third grade, their age range are 6 0 to 9 0. This research uses elicitation technique with silent film The Pear Story as the main instrument. Instructions are given in Indonesian. This study is supported by observations and parental questionnaires of language use. Qualitative and quantitative analyses are used to see tendencies of the use of lexical cohesion devices. It is found that these children, especially 3rd graders, could use lexical cohesion devices to creates cohesive the narrative structure. However, there are also children, especially children of grade 1 and 2, who have not been able yet to create it. Repetition is found to be the most dominant lexical cohesion devices among the others. Lexical cohesion devices are also used to correct speech, to show that they search for specific words and think. The findings of the use of such lexical cohesion devices are influenced by the stage of their languae development, the exposure of two languages of the environment, and the method of the research. "
2018
T49448
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dimas Andi Shadewo
"Skripsi ini membahas analisis struktur wacana meme internet berdasarkan aspek makrostruktur, suprastruktur, dan kohesi dengan menggunakan metode kualitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah 15 meme internet yang berasal dari media sosial Instagram. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa makna global yang terdapat pada suatu meme internet tidak hanya diperoleh melalui penelusuran hubungan unsur verbal dan nonverbal saja, melainkan juga penelusuran terkait unsur-unsur yang berasal dari luar meme internet. Proses produksi meme internet pada dasarnya selalu diawali dengan penyediaan gambar tertentu kemudian dilanjutkan dengan pemberian teks yang disesuaikan dengan kebutuhan pembuatnya. Sementara itu, penggunaan alat-alat kohesi tertentu mencerminkan karakteristik yang dimiliki meme internet, seperti teks yang dibuat seringkas mungkin serta adanya upaya pelibatan partisipan agar pesan yang terkandung dalam meme internet cepat tersampaikan.

This research discusses about internet meme discourse structure analysis based on macrostructure, superstructure, and cohesion aspects using qualitative method. The data used in this study are 15 internet memes derived from social media Instagram. The results of this study indicate that the global meaning contained in an internet meme is not only obtained through the searching of verbal and nonverbal elements only, but also the search related elements derived from outside the internet meme. The process of meme internet production basically always begins with the provision of certain images and then followed by giving the text tailored to the needs of the producer. Meanwhile, the use of certain cohesion tools reflects the characteristics of the internet meme, such as the text that is made as concise as possible and the involvement of participants to the message contained in the internet meme quickly conveyed.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2017
S70471
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fitriana Ferhadija Yasid
"Penelitian ini membahas penggunaan alat kohesi gramatikal pada wacana naratif lisan yang dituturkan anak usia prasekolah 4 mdash;6 tahun . Penelitian ini dilakukan untuk melihat pengaruh gender pada penggunaan alat kohesi gramatikal anak usia prasekolah. Subjek penelitian ini adalah 28 anak perempuan dan laki-laki yang bersekolah di Taman Kanak-kanak Bogor. Data penelitian ini adalah tuturan narasi oleh subjek penelitian berdasarkan buku cerita bergambar tanpa tulisan. Data tersebut diperoleh melalui Teknik elisitasi produksi. Selain itu, terdapat pula data berupa gambaran demografis subjek dan orang tua subjek yang didapatkan dari kuesioner. Perbandingan penggunaan alat kohesi gramatikal dianalisis secara statistik dan dikaitkan dengan sejumlah teori mengenai pemerolehan bahasa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat kecenderungan berbeda pada anak perempuan dan laki-laki dalam memproduksi alat kohesi gramatikal. Akan tetapi, perbedaan kecenderungan tersebut tidak signifikan.

This research analyzed the use of grammatical cohesion devices in narrative discourse between Girls and Boys in preschool age. This research is done to see how gender could affect preschool kids in using grammatical cohesion device. The subjects of this research are 28 girls and boys who attended Bogor Kindergarten. The data used in this research is narratives speech that were told by the kids based on wordless picture story book which obtained by using elicited production task technique. Other than that, there were also demographic visual of the subject and their parents based on the questionnaire that given before. The comparison between subject rsquo s use of grammatical cohesion device were analyzed statistically and linked to several theories about language acquisition and gender studies. The result shows that there are several trends in the use of grammatical cohesion device between girls and boys. However, the statistical analysis indicates that the difference is not significant."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2017
S69944
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Innova Safitri Suprapto Putri
"Skripsi ini membahas struktur wacana naratif dan unsur penghubung yang menjadi faktor keutuhan wacana bahasa Isyarat. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan menganalisis video bahasa Isyarat tentang tuturan dongeng Kelinci dan Kura-kura yang disampaikan oleh dua informan Tuli penutur jati bahasa Isyarat Jakarta. Tujuan penelitian ini adalah menguraikan struktur wacana naratif dan unsur penghubung wacana dari unsur kohesif dan unsur topik komen atas data yang sudah diambil dan ditranskripsikan. Berdasarkan variabel struktur yang diberikan oleh Labov dan Waletzky 1967 , wacana naratif bahasa Isyarat memiliki kesesuaian dari segi strukturnya. Dalam hal keutuhan wacana, terdapat kesesuaian dengan aspek-aspek yang diajukan oleh Schembri dan Johnston 2007 dalam menganalisis unsur kohesif dan topik komen. Unsur topik komen sebagai keutuhan wacana naratif terlihat dalam kesinambungan topik. Unsur kohesif dan topik komen dalam wacana naratif oleh penutur Isyarat ditandai dengan gerakan manual dan gerakan nomanual.

This study deals with the narrative structure and connecting elements of narrative discourse in Jakarta Sign Language JakSL . There are two methods used in this study, descriptive and qualitative. This study aims to describe the narrative superstructure and connecting elements of narrative discourse mdash focusing on cohesive and topic comment mdash from the data. The data are taken from transcription of two narrative signing videos about fable mdash The Hare and The Tortoise mdash narrated by JakSL signers. Between the theories about narrative structure by Labov dan Waletzky 1967 , research by Schembri dan Johnston 2007 and analysis of the data, there are compatibility of aspects in narrative superstructure. Moreover, it appears that manual and non manual sign are used to mark the connecting elements of narrative discourse in cohesive aspects and topic comment. Topic comment aspect is constantly delivered in topic continuity to demonstrate the unity of narrative discourse.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2016
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Hanung Wahyuning Linuwih
"Al-Asbun adalah sebuah buku karya Pidi Baiq yang memiliki keistimewaan format yang mengandung nilai paradoks yang membuatnya berbeda dengan buku humor pada umumnya. Paradoks tersebut dinilai sulit dipahami sehingga memungkinkan timbulnya pertanyaan mengapa buku ini dapat dikategorikan sebagai buku humor. Oleh karena itu, penelitian melalui aspek linguistik ini dilakukan dengan harapan mampu menjawab pertanyaan tersebut. Pertama, untuk melihat bagaimana format tersebut membentuk humor dalam wacana, penelitian ini menggunakan salah satu bab dari Al-Asbun yang dianggap dapat mewakili keseluruhan buku, yakni "Rapia". Selain suprastruktur format, penelitian dilakukan untuk melihat faktor lain yang mungkin dapat memunculkan humor, yakni suprastruktur naratif dan gaya bahasa. Teori yang digunakan untuk penelitian ini adalah teori suprastruktur format berupa iluminasi yang dinyatakan oleh Ann dan McGlynn, suprastruktur naratif oleh Labov dan Waletzky dan teori mengenai gaya bahasa Keraf. Kesimpulannya, suprastruktur format, suprastruktur naratif, dan gaya bahasa merupakan faktor-faktor yang membentuk humor dalam wacana "Rapia" sebagai perwakilan dalam buku Al-Asbun sehingga buku tersebut dapat diberi label sebagai buku humor.

Al-Asbun is a book by Pidi Baiq which has a distinctive format that contains paradox that makes it different from the books of humor in general. The paradox is considered difficult to understand so it brings the question of why this book can be categorized as a humor book. Therefore, research through the linguistic aspect of this is done with the hopes of answering the question. First, to see how the format form of humor in discourse, this study using one of the chapters of Al-Asbun which is considered to represent the entire book, entitled "Rapia". In addition to the superstructure of the format, the research done to see other factors that may bring humor, which are the superstructure of narrative and style. The theory that is used for this research is the theory of superstructure form in the form of illumination expressed by Ann and McGlynn, superstructure narrative by Labov and Waletzky and stylistic theory by Keraf. In conclusion, the superstructure form, superstructure narrative and style are all factors that make up the humor in discourse "Rapia" as a representative in the book Al-Asbun so that the book can be labeled as a book of humor.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2016
S64800
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Amanda
"Gender merupakan salah satu topik atau kajian yang menarik untuk dibahas dan diteliti. Hal ini terbukti dengan banyaknya penelitian terdahulu yang mengkaji topik mengenai gender, mulai dari gender yang dikaitkan dengan karya sastra sampai pada pembahasan gender yang dikaitkan dengan bahasa. Dalam penelitian ini, gender akan diteliti hubungannya dengan penggunaan bahasa tulis (narasi). Bahasa tulis atau narasi yang akan di kaji lebih dikhususkan pada penggunaan kohesi gramatikal antara remaja laki-laki dan perempuan dalam bernarasi. Penelitian yang dilakukan ini bertujuan untuk melihat bagaimana penggunaan bahasa khususnya penggunaan kohesi gramatikal antara remaja lakilaki dan perempuan, serta melihat apakah ada perbedaan dalam penggunaan kohesi gramatikal antara kedua kategori responden.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan. Responden dalam penelitian ini adalah remaja berusia 15-17 tahun yang duduk di bangku sekolah menegah atas. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tulisan atau narasi yang dibuat oleh responden. Ada sekitar 43 narasi yang menjadi data dalam penelitian ini. Hasil atau kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah terdapat perbedaan penggunaan kohesi gramatikal (khususnya perbedaan dalam jumlah rerata) dalam narasi milik responden laki-laki dan perempuan. Kohesi gramatikal dalam narasi milik responden perempuan cenderung lebih banyak ditemukan dibandingkan kohesi gramatikal dalam narasi milik responden laki-laki. Namun, perbedaan jumlah rerata yang terjadi ini tidak menunjukkan angka perbedaan yang besar. Jadi dapat dinyatakan bahwa perbedaan penggunaan kohesi antara responden laki-laki dan responden perempuan dalam penelitian ini tidak signifikan.

Gender is one of the topics or study that interest to be discussed and researched. This is evidenced by the many previous studies that already examine the topic of gender, ranging from gender are associated with literature until topics of gender that is associated with language. In this research, gender will be examined based on relation with use of written language (narrative). Written language or narrative that will be examined more specifically in the use of grammatical cohesion between boys and girls in make a narrative. This research aims to see how the use of language, especially the use of grammatical cohesion between boys and girls, and see whether there are differences in the use of grammatical cohesion between the two categories of respondents.
In this research, method that used is field research. Respondents in this study were adolescents aged 15-17 years old in level senior high schools. The resource that used in this research is the text or narration made by the respondent. There are about 43 narrative that becomes the data in this researches. Results or conclusions obtained from this research is there are differences in the use of grammatical cohesion (especially the difference in the average) in the narration of the respondents belong to men and women. Grammatical cohesion in the narration belongs female respondents tend to be more easy to found than grammatical cohesion in the narration belongs to male respondents. However, differences in the mean number that happen does not show a large difference figures. So, it can be stated that the differences in the use of cohesion among male respondents and female respondents in this research is not significant.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2014
S61236
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
cover
"[Tulisan ini meneliti keutuhan Lembar Kerja Siswa (LKS) dalam analisis kohesi dan koherensi. Tujuan tulisan ini adalah memaparkan suprastuktur, kohesi, dan koherensi pada wacana yang terdapat pada LKS, serta memaparkan keterkaitan antara soal dengan wacana dalam kajian koherensi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Hasil penelitian ini adalah LKS ini memiliki suprastruktur yang konsisten; masih terdapat penggunaan ejaan yang salah; penggunaan kohesi yang ditemukan adalah repetisi, substitusi, elipsis, referensi, dan konjungsi; wacana di dalam LKS sudah koheren; dan sebagian soal tidak berkaitan dengan wacana.
;This study examines on the discourse wholeness of Lembar Kerja Siswa (LKS) through cohesion and coherence analysis. The purpose of this study is to describe the superstructure, cohesion, and coherence of the discourse and to explain the correlation between questions and discourse examined through coherence approach. Result of the study shows that the LKS superstructures are consistent; there are noticeable misspellings; noticeable usages of cohesion are repetition, substitution, ellipsis, reference, and conjunction; the discourses are coherent; and some of the questions are not related to the discourses’ content.;This study examines on the discourse wholeness of Lembar Kerja Siswa (LKS) through cohesion and coherence analysis. The purpose of this study is to describe the superstructure, cohesion, and coherence of the discourse and to explain the correlation between questions and discourse examined through coherence approach. Result of the study shows that the LKS superstructures are consistent; there are noticeable misspellings; noticeable usages of cohesion are repetition, substitution, ellipsis, reference, and conjunction; the discourses are coherent; and some of the questions are not related to the discourses’ content.;This study examines on the discourse wholeness of Lembar Kerja Siswa (LKS) through cohesion and coherence analysis. The purpose of this study is to describe the superstructure, cohesion, and coherence of the discourse and to explain the correlation between questions and discourse examined through coherence approach. Result of the study shows that the LKS superstructures are consistent; there are noticeable misspellings; noticeable usages of cohesion are repetition, substitution, ellipsis, reference, and conjunction; the discourses are coherent; and some of the questions are not related to the discourses’ content.;This study examines on the discourse wholeness of Lembar Kerja Siswa (LKS) through cohesion and coherence analysis. The purpose of this study is to describe the superstructure, cohesion, and coherence of the discourse and to explain the correlation between questions and discourse examined through coherence approach. Result of the study shows that the LKS superstructures are consistent; there are noticeable misspellings; noticeable usages of cohesion are repetition, substitution, ellipsis, reference, and conjunction; the discourses are coherent; and some of the questions are not related to the discourses’ content., This study examines on the discourse wholeness of Lembar Kerja Siswa (LKS) through cohesion and coherence analysis. The purpose of this study is to describe the superstructure, cohesion, and coherence of the discourse and to explain the correlation between questions and discourse examined through coherence approach. Result of the study shows that the LKS superstructures are consistent; there are noticeable misspellings; noticeable usages of cohesion are repetition, substitution, ellipsis, reference, and conjunction; the discourses are coherent; and some of the questions are not related to the discourses’ content.]"
Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2014
S58376
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>