Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 118053 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Dherlirona
Jakarta: Salemba Medika, 2019
610.73 DHE u
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Dian Anggraini Aprillia
"Neuropsikologi ialah ilmu yang mempelajari hubungan antara fungsi otak dan tingkah laku. Neuropsikologi berhubungan dengan pemahaman, pengujian dan juga pengobatan perilaku yang secara langsung berhubungan dengan fungsi otak. A.R. Luria sebagai seorang neuropsikolog, mengembangkan sekelompok prosedur penilaian kualitatif yang dinilai sangat efelctif dalam mengidentiiikasi dan menentukan disfimgsi otak pada orang dewasa. Golden, Hammelce dan Purisch menyempumakan teknik Luria dengan membuat Luria-Nebraska Neuropsyohological Battery (LNNB)_ LNNB memilild 13 skala, dimana salah satunya adalah Skala Mcmori. Pcncliti tertarik mengadaptasi Skala Memori karena memori merupakan pusat dari iimgsi kognitif dan karakterisitik dari perilaku manusia Selain itu memori berhubungan langsung dengan proses belajar dan merupakan landasan untuk memahami perilaku dan pemikiran manusia Untuk menghasilkan alat ukur yang balk diperlukan syarat-syarat tertentu. Suatu tes dapat dikatakan baik bil tes tersebut reliabei, valid dan memiliki norma baku. Oleh karena ilu, penelitian memfolcuskan pada uji reliabilitas, uji validitas dan pembuatan nonna. Penelitian clilakukan pada kelompok partisipan mahasiswa S-l Regular Fakultas Psikologi Universitas Indonesia. Jumlah partisipan 30 orang denan rentang usia 19 - 24 tahun. Uji reliabilitas dilakukan dengan metode koefisicn Alpha., didapatkan koefisien Alpha sebesar 0.34. Koefisien Alpha ini tidak signifikan. Hal ini menunjukkan bahwa Skala Memori LNNB memiliki konsistensi intcmal yang rendah dan item-itemnya kurang homogen, Rendahnya konsistensi intemal dari Skaia Memori LNNB disebabkan oieh sedikitnya jumlah item dan sampel yang homogen.
Uji validitas dilakukan dengan mctode criterion prediction validation dcngan tcknik concurren! validation dan kriteria yang digunakan adalah previously available test, yaitu Wechsler Memory Scale I yang sama-sama mengukur fungsi memori. Hasil korelasi yang didapat adalah signifikan Ini berarti Skala Memori LNNB valid daiam mengukur fungsi memori. Norma dibuat dengan menggunakan nonna dalam kelompok dengan transformasi linear dengan tcknik T score. Pada penyusunan nonna, jumlah partisipan yang sedikit membuat skor tjdak menyebar sccara proporsional. Norma yang disusun juga hanya dapat diaplikasikan pada sampel normal saga.
Untuk selanjutnya disarankan melalcukan uji coba terhadap partispan yang terdiri dari mereka yang masuk dalam kategori nominal dan mereka yang mengalami gangguan neurologis. Hal ini berguna untuk meningkatkan variabiiitas skor sehingga dapat meningkatkan reliabilitas Skala Memori LNNB. Dengan partisipan yang beragam maka dapat dibuat nonna gabungan, sehingga dapat diketahui posisi skor individu yang normal dan posisi skor individu yang mengalami gangguan neurologis dan yang mengalami gangguan psikiairi. Validasi metode lain contrasted group juga perlu dilakukan untuk melihat apakah Skala Memori LNNB mampu membedakan mereka yang masuk dalam kategori normal dengan mereka yang mengaiami gangguan neurologis."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2005
TA34186
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Dian Anggraini Aprillia
"ABSTRAK
Neuropsikologi ialah ilmu yang mempelajari hubungan antara fungsi otak dan tingkah laku. Neuropsikologi berhubungan dengan pemahaman, pengujian dan juga pengobatan perilaku yang secara langsung berhubungan dengan fungsi otak. A.R. Luria sebagai seorang neuropsikolog, mengembangkan sekelompok prosedur penilaian kualitatif yang dinilai sangat efektif dalam mengidentifikasi dan menentukan disfungsi otak pada orang dewasa. Golden, Hammeke dan Purisch menyempurnakan teknik Luria dengan membuat Luria-Nebraska NeuropsychologicaI Battery (LNNB). LNNB memiliki 13 skala, dimana salah satunya adalah Skala Memori. Peneliti tertarik mengadaptasi Skala Memori karena memori merupakan pusat dari fungsi kognitif dan karakterisitik dari perilaku manusia. Selain itu memori berhubungan langsung dengan proses belajar dan merupakan landasan untuk memahami perilaku dan pemikiran manusia.
Untuk menghasilkan alat ukur yang baik diperlukan syarat-syarat tertentu. Suatu tes dapat dikatakan baik bila tes tersebut reliabel, valid dan memiliki norma baku. Oleh karena itu, penelitian memfokuskan pada uji reliabilitas, uji validitas dan pembuatan norma. Penelitian dilakukan pada kelompok partisipan mahasiswa S-l Reguler Fakultas Psikologi Universitas Indonesia. Jumlah partisipan 30 orang dengan rentang usia 19 - 24 tahun. Uji reliabilitas dilakukan dengan metode koefisien Alpha, didapatkan koefisien Alpha sebesar 0.34. Koefisien Alpha ini tidak signifikan. Hal ini menunjukkan bahwa Skala Memori LNNB memiliki konsistensi internal yang rendah dan item-itemnya kurang homogen. Rendahnya konsistensi internal dari Skala Memori LNNB disebabkan oleh sedikitnya jumlah item dan sampel yang homogen.
Uji validitas dilakukan dengan metode criterion prediction validation dengan teknik concurrent validation dan kriteria yang digunakan adalah previonsly available tesi, yaitu Wechsler Memory Scale I yang sama-sama mengukur fungsi memori. Hasil korelasi yang didapat adalah signifikan, ini berarti Skala Memori LNNB valid dalam mengukur fungsi memori. Norma dibuat dengan menggunakan norma dalam kelompok dengan transformasi linear dengan teknik T score. Pada penyusunan norma, jumlah partisipan yang sedikit membuat skor tidak menyebar secara proporsional. Norma yang disusun juga hanya dapat diaplikasikan pada sampel normal saja.
Untuk selanjutnya disarankan melakukan uji coba terhadap partispan yang terdiri dari mereka yang masuk dalam kategori ?normal? dan mereka yang mengalami gangguan neurologis. Hal ini berguna untuk meningkatkan variabilitas skor sehingga dapat meningkatkan reliabilitas Skala Memori LNNB. Dengan partisipan yang beragam maka dapat dibuat norma gabungan, sehingga dapat diketahui posisi skor individu yang ?normal? dan posisi skor individu yang mengalami gangguan neurologis dan yang mengalami gangguan psikiatri. Validasi metode lain contrasted group juga perlu dilakukan untuk melihat apakah Skala Memori LNNB mampu membedakan mereka yang masuk dalam kategori ?normal? dengan mereka yang mengalami gangguan neurologis."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2005
T38040
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Luki Dian Purnamasari
"Motivasi dipengaruhi oleh faktor instrinsik dan ekstrinsik. Salah satu faktor intrinsik adalah pengetahuan, Pengetahuan yang baik tentang bahaya osteoporosis, dapat memperkuat motivasi untuk melakukan upaya pencegahan osteoporosis sedini mungkin, terlebih pada mahasiswi kesehatan yang telah terpapar dengan ilmu kesehatan sehari-harinya.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi ada tidaknya pengaruh antara lamanya telah terpapar ilmu kesehatan dengan motivasi mencegah osteoporosis pada mahasiswi tingkat akhir dengan mahasiswi tingkat awal S-1 reguler FIK-UI. Penelitian ini dilakukan di FIK-UI dengan mengambil responden mahasiswi reguler angkatan 2005 dan 2008 sebanyak 97 orang dengan metode simple random sampling.
Desain penelitian yang digunakan adalah deskriptif korelatif dengan distribusi frekuensi dan uji Chi Square untuk menganalisis hubungan antar variabel.
Hasil penelitian ini menyimpulkan ada pengaruh yang cukup signifikan antara telah lamanya terpapar ilmu kesehatan dengan motivasi mencegah osteoporosis pada mahasiswi keperawatan (p value= 0,002 < α= 0,05).
Peneliti menyarankan pada penelitian berikutnya dibahas pula mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi masing-masing kelompok dalam melakukan upaya pencegahan osteoporosis.

Motivation has been influenced by internal and external factors. The internal factor for instant the deepness of health insight. The good insight about the osteoporosis dangerous, will be force his motivation to prevent osteoporosis in the early age, especially among the students of Nursing Faculty, who has been studied the health science daily.
The objective of this research is to identify the impact of the length of health study on prevent osteoporosis motivation among regular students 2005 as a last grade and 2008 as a first grade of Nursing Faculty University of Indonesia. Respondent are regular women students in Nursing Faculty University of Indonesia with 97 persons by using simple random sampling.
Research design uses descriptive correlation and Chi-square test to analyze correlation between two variables.
The result of this research has proven that the length of the health study has a positive impact to their motivation on prevent osteoporosis significantly (p value= 0,002 < α= 0,05).
Researcher suggests for the future research to emphasis on factors whose influence the motivation of each group to prevent osteoporosis.
"
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2009
TA5812
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Rizka Nur Farida
"Anemia merupakan masalah yang banyak dialami oleh wanita di Indonesia. Akibat terburuk yang dapat ditimbulkan oleh anemia adalah kematian pada ibu melahirkan. Mahasiswi merupakan kelompok wanita usia subur yang memasuki usia pernikahan sehingga kasus anemianya dapat menjadi parah saat hamil nanti akibat kebutuhan besi yang meningkat. Beberapa penelitian juga menunjukkan jumlah kasus anemia pada mahasiswi cukup tinggi. Tujuan penelitian ini adalah untuk meneliti gambaran serta determinan anemia pada mahasiswi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia. Penelitian ini dilakukan dengan cross sectional, dengan sampel 152 mahasiswi S1 reguler angkatan 2009-2011.
Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa sebanyak 84,9% responden menderita anemia. Hasil analisis bivariat dengan uji chi square didapatkan bahwa status tempat tinggal, uang jajan, pola menstruasi, konsumsi makanan kaya besi hem, konsumsi makanan kaya besi non hem, konsumsi vitamin C, dan frekuensi minum teh tidak berhubungan secara statistik dengan anemia. Namun demikian, beberapa variabel seperti uang jajan ≥ Rp.262.500 ,tempat tinggal di rumah orangtua/keluarga, konsumsi ati ayam, udang, ayam, buah pepeya ≥ 1 kali/minggu memiliki kecenderungan memproteksi terhadap kejadian anemia walaupun tidak signifikan secara statistik.

Anemia is a problem which the most experienced by woman in Indonesia. The worst result of the anemia is the death of mother giving birth. College girl is women of fertile age who entered the age of marriage so that anemia cases can be severe while pregnant later due to increased iron needs. Some studies have also found a high degree of anemia cases in the college girl. The purpose of this research is to examine an overview as well as a determinant of anemia on college girl Faculty of Public Health University of Indonesia. This research was conducted with a cross sectional study with 152 samples of reguler undergraduate college student year of 2009-2011.
The result of bivariat analysis by chi square test got that residence, pocket money, menstruation status, consumption of heme iron-rich foods, consumption of non heme iron-rich foods, consumption of vitamin C-rich foods and frequency of tea consumption unconnected statistically with anæmia. Meanwhile, some variable which is pocket money ≥ Rp.262.500, residence in parents home, consumption of chicken liver, shrimp, chicken, papaya ≥ 1 time/week tend to protect from anemia eventhough they are not statistically connected.
"
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2012
S-Pdf
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Jakarta: Program Studi Ilmu Keperawatan. FKUI, 1987
R 378.101 LOK l
Buku Referensi  Universitas Indonesia Library
cover
Hesti Wihandini
"Kegiatan belajar di perguruan tinggi tentu berbeda dengan jenjang pendidikan sebelumnya. Pada tingkatan ini, seorang individu dituntut untuk mandiri baik secara finansial maupun emosional (Papalia & Olds, 1992). Inilah yang tak sedikit memotivasi mahasiswa untuk kuliah sekaligus bekerja, apalagi untuk mereka yang sudah berkeluarga. Mahasiswa yang kuliah sekaligus bekerja mempunyai waktu yang lebih singkat untuk belajar dan menyeimbangkan aspek-aspek dalam kehidupannya. Karena ketika ia kuliah sekaligus bekerja ada sisi positif dan negatif yang akan ia alami.
Menurut Santrock (1990), ketika seorang mahasiswa sekaligus bekerja, sisi negatif yang akan ia alami adalah bahwa ia akan mengalami kesulitan dalam menyeimbangkan tuntutan kuliah dan kerja. Namun sisi positifnya menurut Greenberger dan Steinberg (dalam Santrock, 1990) ketika seorang mahasiswa kuliah sekaligus bekerja ia akan mempunyai pemahaman lebih mengenai dunia kerja, cara memperoleh dan mempertahankan pekerjaan dan cara mengatur uang. Selain itu juga membantu mengalokasikan waktu dan kebanggaan terhadap hasil dan evaluasi.
Mahasiswa yang dapat mengelola waktu dengan baik menurut penelitian Macan, dkk (1990) memiliki perfoma yang lebih baik hasilnya, dan kepuasan kerja, tidak bingung dalam menjalankan peran dan dapat mengurangi beban kerja, sehingga dapat menyelesaikan pekerjaan termasuk dalam penyelesaian tugas kuliah.
Menurut Macan, dkk (1990) , ketika seorang mahasiswa tidak dapat mengatur waktu, hal itu adalah penyebab rendahnya prestasi belajar karena ia sulit membagi waktu untuk belajar dan mengerjakan tugas kuliah, istirahat, olah raga dan mengerjakan tugas kantor. Jadi terlihat manajemen waktu punya peran penting dalam hal ini. Dengan adanya manajemen waktu yang baik diharapkan seorang mahasiswa bekerja menjadi lebih baik terhadap komitmen tugasnya (Task Involved).
Penelitian ini berusaha mengungkap hubungan antara manajemen waktu beserta keempat aspeknya yaitu perencanaan, prioritas, delegasi dan disiplin diri dengan lamanya waktu digunakan untuk bekerja dan hubungan antara manajemen waktu beserta keempat aspeknya dengan komitmen terhadap tugas. Alat pengukuran yang digunakan dalam penelitian ini adalah 1) Time Problems Inventory yang diadaptasi dari alat ukur pemanfaatan waktu Albert. A. Canfield (1987), 2) sedangkan untuk mengukur orientasi gol digunakan alat ukur orientasi belajar dari teori Ames & Archer (1988). Jenis pemilihan sampel dalam penelitian ini purposive sampling, yaitu sampel dipilih berdasarkan tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian. Pengambilan data dilakukan secara massal dengan sampel sejumlah 51 orang bertempat di Gedung D lantai 2 mang 201-202 pada saat ujian Diagnostik IV sekitar pukul 18.30 WIB.
Hasil yang didapat dalam penelitian ini adalah 1) tidak ada hubungan yang signifikan antara manajemen waktu dengan perencanaan, prioritas, disiplin diri dan manajemen waktu dengan lamanya waktu digunakan untuk bekerja, 2) ada hubungan negatif dan signifikan antara aspek delegasi dengan lamanya waktu digunakan untuk bekerja, 3) ada hubungan yang negatif dan signifikan antara aspek perencanaan, prioritas dalam manajemen waktu dan manajemen waktu itu sendiri dengan komitmen terhadap tugas, 4 ) tidak ada hubungan yang signifikan antara aspek delegasi dan disiplin diri dalam manajemen waktu dengan komitmen terhadap tugas 5) tidak ada hubungan yang signifikan antara manajemen waktu dengan keempat aspeknya dengan komitmen terhadap ego. Sebagai hasil tambahan, dari penelitian ini ternyata didapat 1) tidak ada perbedaan dalam manajemen waktu beserta keempat aspeknya dengan tingkat semester, 2) tidak ada perbedaan dalam aspek perencanaan dan prioritas dalam manajamen waktu antara pria dan wanita.
Penulis beralasan bahwa dalam penelitian ini ada variabel-variabel ternyata tidak berhubungan dikarenakan, 1) jumlah sampel yang kurang variatif sehingga penelitian kurang tajam mengungkap perbedaan yang ada, 2) jumlah item yang kurang banyak sehingga kurang dalam mengungkap variabel yang hendak diukur, 3) adanya variabel tertentu dalam hal ini panjang waktu bekeija yang tidak dikontrol.
Saran-saran yang diajukan dalam penelitian ini berkenaan dengan 1) jumlah sampel yang harus diperbanyak, 2) jumlah item yang juga harus diperbanyak, menghindari uji coba terpakai, 3) ada batas waktu kritis dalam kemampuan manajemen waktu dalam hal ini 20 jam per minggu."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2001
S3029
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Jakarta: FMIPA UI, 1989
R 378.19 Uni b
Buku Referensi  Universitas Indonesia Library
cover
Bainar
"Belakangan ini, penggunaan Statistika dalam penelitian ilmu-ilmu sosial?ekonomi sudah menjadi bagian penting dalam menjelaskan fenomena-fenomena sosial ekonomi. Sejauh mana intensitas penggunaan statistika sebagai alat analisis, yang dilihat dari segi jenis-jenis alat analisis, bentuk-bentuk kekeliruan penggunaan alat analisis, dan hubungannya dengan nilai mata kuliah statistika dan Nilai Mutu Rata-Rata mahasiswa di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Swadaya Jakarta, menjadi suatu kajian yang cukup menarik.
Hasil penelitian menunjukan intensitas penggunaan statistika sebagai alat analisis dalam penelitian, ternyata masih rendah, dan ada kecenderungan semakin kompleks alat analisis yang digunakan semakin banyak kekeliruan dilakukan. Meskipun tidak ada hubungan antara nilai mata kuliah statistika dan Nilai Mutu Rata-Rata, namun rendahnya kualitas penguasaan dan pemahaman ilmu statistika dan ilmu-ilmu terkait dengan penelitian, diduga menjadi penyebab rendahnya intensitas penggunaan statistika sebagai alat analisis dan tingginya tingkat kekeliruan penggunaan metode-metode statistika dalam menganalisis data hasil penelitian.

The finally of day, used the Statistic in social and economics research was be important to description of social and economics phenomena?s. How far used intensity of statistics as tools of analysis, the mistake in applied and relevancy with numeric of graduate of statistics and Value of Average Quality at Student of High School of Economic Swadaya in Jakarta is the interesting research.
The result of this research are; The low intensity of used statistics analysis in their research, and there is trend that to be complex of used statistic analysis, to be high of the mistake in used them. The lower of ability to understanding the statistical science and others is correlated by the result of this research."
Depok: Lembaga Penelitian Universitas Indonesia, 2004
AJ-Pdf
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Bainar
"Belakangan ini, penggunaan Statistika dalam penelitian ilmu-ilmu sosial?ekonomi sudah menjadi bagian penting dalam menjelaskan fenomena-fenomena sosial ekonomi. Sejauh mana intensitas penggunaan statistika sebagai alat analisis, yang dilihat dari segi jenis-jenis alat analisis, bentuk-bentuk kekeliruan penggunaan alat analisis, dan hubungannya dengan nilai mata kuliah statistika dan Nilai Mutu Rata-Rata mahasiswa di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Swadaya Jakarta, menjadi suatu kajian yang cukup menarik.
Hasil penelitian menunjukan intensitas penggunaan statistika sebagai alat analisis dalam penelitian, ternyata masih rendah, dan ada kecenderungan semakin kompleks alat analisis yang digunakan semakin banyak kekeliruan dilakukan. Meskipun tidak ada hubungan antara nilai mata kuliah statistika dan Nilai Mutu Rata-Rata, namun rendahnya kualitas penguasaan dan pemahaman ilmu statistika dan ilmu-ilmu terkait dengan penelitian, diduga menjadi penyebab rendahnya intensitas penggunaan statistika sebagai alat analisis dan tingginya tingkat kekeliruan penggunaan metode-metode statistika dalam menganalisis data hasil penelitian.

The finally of day, used the Statistic in social and economics research was be important to description of social and economics phenomena's. How far used intensity of statistics as tools of analysis, the mistake in applied and relevancy with numeric of graduate of statistics and Value of Average Quality at Student of High School of Economic Swadaya in Jakarta is the interesting research.
The result of this research are; The low intensity of used statistics analysis in their research, and there is trend that to be complex of used statistic analysis, to be high of the mistake in used them. The lower of ability to understanding the statistical science and others is correlated by the result of this research."
Jakarta: Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Swadaya Jakarta, 2004
AJ-Pdf
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>