Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 83409 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Archifihan Millenadya Handoko
"Pandemi global Covid-19 mengharuskan karyawan untuk bekerja dari rumah. Hal ini membuat karyawan menjadi terpapar technostress. Hal tersebut dikarenakan mereka harus selalu terhubung dan menerima informasi melalui teknologi informasi dan komunikasi (TIK) setiap saat. Tidak jarang, karyawan terpapar TIK dengan berlebihan sehingga menyebabkan job burnout akibat kelelahan fisik dan emosional dan juga penarikan diri dari pekerjaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah technostress dapat memprediksi tingkat job burnout yang dialami oleh karyawan, khususnya pada saat pandemi ini. Analisis data menggunakan regresi berganda dilakukan pada 257 karyawan yang menggunakan TIK dalam pekerjaannya setiap hari. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dua dimensi technostress, yaitu technostress creator dan technostress inhibitor dapat memprediksi job burnout pada karyawan. Technostress creators secara positif signifikan dalam memprediksi job burnout karyawan ( B = 0,32, SE = 0,24, p <0,01), sedangkan technostress inhibitor juga ditemukan secara negatif signifikan dalam memprediksi job burnout karyawan (B = -0,34, SE = 0,07, p <0,01). Besarnya effect size pada penelitian ini adalah sebesar 15%, artinya 15% varians job burnout dapat dijelaskan oleh technostress creators dan technostress inhibitor secara bersamaan. Penelitian ini berkontribusi pada penelitian technostress dengan menunjukkan peran technostress dalam memprediksi munculnya job burnout pada karyawan. Implikasi praktis dalam penelitian ini juga dapat digunakan sebagai pertimbangan organisasi agar dapat melakukan pencegahan terbentuknya technostress agar tidak lebih lanjut menimbulkan job burnout pada karyawan.

The global Covid-19 pandemic requires employees to work from home which makes them exposed to technostress. It is because they must always be connected and receive information through information and communication technology (ICT) at all times. It is then not uncommon for employees to be exposed to excessive ICT, causing job burnout due to physical and emotional exhaustion and disengagement from work. This study aims to understand whether technostress can predict the level of job burnout experienced by employees, especially during this pandemic. Data analysis using multiple regression was carried out on 257 employees who use ICT in their work every day. The results showed that that two dimensions of technostress, namely technostress creators and technostress inhibitors, can predict job burnout. Technostress creator was positively significant in predicting job burnout in employees (ß = 0.23, SE = 0.24, p = <0.01). Technostress inhibitors was negatively significant in predicting job burnout in employees (ß = -0.33, SE = 0.07, p= <0.01). The effect size in this study was 15%, meaning that 15% of job burnout variance can be explained by Technostress creators and Technostress inhibitors simultaneously. This study contributes to technostress research by showing the role of technostress in predicting job burnout in employees. Practical implications in this study can also be used as an organizational consideration to prevent the establishment of technostress from causing job burnout in employees further."
Depok: Universitas Indonesia Fakultas Psikologi, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Aunia Yasyfin
"Penggunaan teknologi selama pandemik COVID-19 berpotensi mengakibatkan stres pada karyawan. Stres ini dapat memengaruhi kepuasan kerja mereka. Penelitian ini akan melihat hubungan antara technostress creators dan technostress inhibitors pada kepuasan kerja karyawan. Berdasarkan teori Job Demand-Resources, peneliti berasumsi bahwa teknostres dapat menjadi tuntutan dan sumber daya bagi karyawan. Technostress inhibitors merupakan sumber daya yang dapat meningkatkan kepuasan kerja, sedangkan kepuasan kerja tersebut menurun karena adanya tuntutan dari technostress creators. Oleh karena itu, peran technostress inhibitors sangat penting untuk tetap menjaga tingkat kepuasan kerja karyawan. Partisipan pada penelitian ini berjumlah 255 karyawan dengan rentang usia 20-64 tahun yang sehari-hari menggunakan teknologi untuk bekerja. Penelitian ini merupakan penelitian cross sectional dengan teknik non-probability sampling untuk pemilihan partisipan. Alat ukur yang digunakan adalah Technostress Scale (Ragu-Nathan et al., 2008) dan Global Job Satisfaction dari Hackman & Oldham (1980) yang diadaptasi oleh Luthans (2006). Seluruh alat ukur telah di translasi ke Bahasa Indonesia dan memiliki konsistensi internal yang baik (kepuasan kerja; α dan ω = 0,80, technostress inhibitors; α dan ω = 0,81, technostress creator; α = 0,73 dan ω = 0,67). Pengumpulan data dilakukan secara daring menggunakan software SurveyMonkey. Korelasi Pearson menunjukkan bahwa hubungan technostress creators dan kepuasan kerja tidak signifikan (r = 0,02, p = 0,35), namun terdapat korelasi positif signifikan antara technostress inhibitors dengan kepuasan kerja (r = 0,26, p = 0,00). Effect size menunjukkan koefisien sebesar 0,07, sehingga dapat disimpulkan bahwa varians kepuasan kerja dapat dijelaskan oleh technostress inhibitors dan technostress creator. Technostress inhibitors terbukti memengaruhi kepuasan kerja karyawan secara positif. Hasil penelitian dapat dijadikan acuan bagi penelitian selanjutnya dan menjadi catatan bagi perusahaan untuk mendukung karyawan agar mampu beradaptasi dengan adanya kemajuan teknologi saat ini.

Current usage of technologies during the COVID-19 pandemic may potentially cause employees’ stress. The stress then may influence their job satisfaction. This study investigated the relationship between technostress creators and technostress inhibitors on employees’ job satisfaction. Based on the Job Demands-Resources theory, we suggested that technostress can become both demands and resources for employees. Technostress inhibitors are a resource that can increase job satisfaction. However, job satisfaction decrease due to demands from technostress creators. Therefore, the role of technostress inhibitors is very important to maintain the level of job satisfaction among employees. Participants in this study were 255 employees aged 20-64 years who technologies for work in daily basis. This study is a cross-sectional study design with a non-probability sampling technique for participant selection. The measurements used were the Technostress Scale Ragu-Nathan et al. 2008) and Global Job Satisfaction (Hackman & Oldham, 1980 - adapted by Luthans (2006). All measurements were translated into Bahasa Indonesia and reliable (job satisfaction; α and ω = 0,80, technostress inhibitors; α and ω = 0,81, technostress creator; α = 0,73 and ω = 0,67). Data collection was collected online using SurveyMonkey software. Pearson's correlation showed that the relationship between technostress creators and job satisfaction was not significant (r = 0.02, p = 0.35). However, a significant positive correlation evidenced between technostress inhibitors and job satisfaction (r = 0.26, p = 0, 00). The effect size showed a coefficient of 0.07. It can be concluded that the variance of job satisfaction can be explained by both technostress inhibitors and technostress creators. Technostress inhibitors have been shown positively affect employee job satisfaction. This finding then can be used as a reference for further research particularly to provide a suggestion for the organisation to support employees to adapt with current technologies."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Reza Gifari Akbar
"Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh job demand dan polychronicity terhadap burnout yang dimediasi oleh multitasking pada pekerja periklanan di wilayah Jabodetabek. Terdapat tujuh hipotesis yang dirumuskan dalam studi ini. Dengan menggunakan pendekatan Structural Equation Modelling (SEM), penelitian ini mengumpulkan data dari 209 responden yang bekerja di agensi periklanan di Jabodetabek. Hasil penelitian menunjukkan bahwa job demand memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap multitasking dan burnout pada pekerja agensi periklanan di Jabodetabek. Selain itu, polychronicity juga memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap multitasking dan burnout pada pekerja agensi periklanan di wilayah tersebut. Lebih lanjut, variabel multitasking diketahui memediasi hubungan antara job demand dan polychronicity terhadap burnout pada pekerja agensi periklanan di Jabodetabek. Kesimpulannya, penting bagi perusahaan untuk memperhatikan tingkat job demand dan polychronicity dari pekerja mereka, terutama di agensi periklanan di Jabodetabek, untuk mengendalikan tingkat multitasking dan burnout pekerja.

This research aims to evaluate the influence of job demand and polychronicity on burnout mediated by multitasking in advertising workers in the Jabodetabek area. There are seven hypotheses formulated in this study. Using a Structural Equation Modeling (SEM) approach, this research collected data from 209 respondents who worked at advertising agencies in Jabodetabek. The research results show that job demand has a significant positive influence on multitasking and burnout in advertising agency workers in Jabodetabek. Apart from that, polychronicity also has a significant positive influence on multitasking and burnout in advertising agency workers in the region. Furthermore, the multitasking variable is known to mediate the relationship between job demand and polychronicity on burnout among advertising agency workers in Jabodetabek. In conclusion, it is important for companies to pay attention to the level of job demand and polychronicity of their employees, especially in advertising agencies in Jabodetabek, to control the level of employee multitasking and burnout."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Ihsan Mustika
"Badan Usaha Milik Negara (BUMN) berperan penting dalam memastikan stabilitas dan pengendalian perekonomian Indonesia, terutama sebelum dan sesudah pandemi COVID-19. Pandemi COVID-19 telah mempercepat digitalisasi kegiatan sektor publik dan swasta di Indonesia dan negara lain. Untuk beradaptasi dengan percepatan digitalisasi akibat pandemi, BUMN harus terus tumbuh dan berkembang untuk mencapai target dan tujuannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Technostress, Perceived Organizational Support (POS), Total Reward Systems (TRS), dan Work-Life Balance (WLB) terhadap Job Performance, dimediasi oleh Employee Wellbeing (studi pada karyawan BUMN). Pendekatan kuantitatif menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) dengan jumlah sampel 263 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Employee Wellbeing sepenuhnya memediasi hubungan antara variabel yang diteliti dan Job Performance. Penelitian ini memberikan wawasan berharga bagi perusahaan dalam memahami faktor-faktor yang mempengaruhi Employee Wellbeing dan kinerja pekerjaan, menyoroti Perceived Organizational Support yang dirasakan sebagai pendorong utama dengan dimediasi Employee Wellbeing. Temuan ini menekankan pentingnya melibatkan semua generasi secara efektif, terutama Generasi Y dan Generasi Z, di dalam BUMN untuk mengoptimalkan kinerja dan mencapai kesuksesan organisasi.

State-Owned Enterprises (SOEs) play a crucial role in ensuring stability and control in Indonesia's economy, especially before and after the COVID-19 pandemic. The COVID-19 pandemic has accelerated the digitization of public and private sector activities in Indonesia and other countries. To adapt to the accelerated digitization caused by the pandemic, SOEs must continue to grow and develop to achieve their targets and goals. This study aims to investigate the impact of Technostress, Perceived Organizational Support (POS), Total Reward Systems (TRS), and Work-Life Balance (WLB) on Job Performance, mediated by employee well-being (studies of SOEs employee). A quantitative approach using Structural Equation Modeling (SEM) was employed with a sample size of 263 respondents. The results show that employee well-being fully mediates the relationship between the variables studied and Job Performance. This research provides valuable insights for companies in understanding the factors that affect employee well-being and Job Performance, highlighting the role of Perceived Organizational Support as a key driver through its impact on employee well-being. The findings emphasize the significance of effectively engaging all generations, particularly Generation Y and Generation Z, within SOEs to optimize Job Performance and achieve organizational success."
Depok: Fakultas Ekonomi dan BIsnis Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Diva Arum Pratami Martias
"Tidak ada yang lebih penting dalam kehidupan kerja karyawan organisasi pelayanan kemanusiaan atau sama pentingnya dengan efektivitas penggunaan personel dalam suatu organisasi selain kepuasan kerja. Kepuasan kerja menjadi fundamental untuk kesejahteraan karyawan, keberlangsungan organisasi, dan layanan kesejahteraan. Tujuan dari penelitian ini adalah memberikan gambaran pengaruh work life balance dan burnout terhadap tingkat kepuasan kerja karyawan organisasi pelayanan kemanusiaan yang ada di Organisasi Pelayanan Kemanusiaan X. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif berjenis basic research secara deskriptif dan cross-sectional research yang dilakukan pada bulan Januari-Juli 2024 dengan metode pengumpulan data survei dan teknik sensus/total sampling sebanyak 30 orang karyawan. Hasil dari penelitian secara parsial berhasil membuktikan hipotesis adanya pengaruh work life balance terhadap kepuasan kerja secara positif dan signifikan sebesar 0.571 dan p-value sebesar 0.000, yang menyatakan karyawan dengan work life balance tinggi cenderung memiliki kepuasan kerja yang tinggi juga. Dan adanya pengaruh burnout terhadap kepuasan kerja secara positif dan signifikan sebesar 0.635 dan p-value sebesar 0.000, yang menyatakan karyawan dengan burnout tinggi cenderung memiliki kepuasan kerja yang tinggi. Penelitian ini diharapkan dapat berkontribusi memberikan perkembangan informasi terkait pengaruh work life balance dan burnout terhadap tingkat kepuasan kerja dalam bekerja pada organisasi pelayanan kemanusiaan untuk kemudian dapat menjadi bahan pertimbangan dalam melakukan intervensi sosial.

Nothing is more important in the work lives of employees of human service organizations or as important to the effective use of personnel in an organization than job satisfaction. Job satisfaction is fundamental to employee welfare, organizational sustainability, and welfare services. This study aims to provide an overview of the influence of work life balance and burnout on the level of job satisfaction of employees of human service organizations at Human Service Organization X. This study uses a quantitative approach in the form of descriptive basic research and cross-sectional research which was conducted in January-July 2024 using survey data collection methods and census techniques/total sampling of 30 employees. The study's results partially proved the hypothesis that there is a positive and significant influence of work life balance on job satisfaction of 0.571 and a p-value of 0.000, which states that employees with high work life balance tend to have high job satisfaction too. And there is a positive and significant influence of burnout on job satisfaction of 0.635 and a p-value of 0.000, which states that employees with high burnout tend to have high job satisfaction. It is hoped that this research can contribute to the development of information regarding the influence of work life balance and burnout on the level of job satisfaction in working in humanitarian service organizations which can then be used as material for consideration in carrying out social interventions."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhamad Fachri Maldini
"Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat peran burnout sebagai mediator pada hubungan antara job insecurity (ketidakamanan pekerjaan) dan task performance (kinerja tugas). Partisipan penelitian ini adalah pekerja perusahaan swasta yang berjumlah 106 orang. Penelitian ini menggunakan kuesioner Job Insecurity Scale dan Task Performance Scale yang diadaptasi oleh Piccoli et al., (2017), serta Maslach Burnout Inventory-General Scale yang dikembangkan oleh Maslach et al., (1996). Hasil dari penelitian menunjukan bahwa burnout dapat memediasi secara parsial hubungan antara ketidakamanan pekerjaan dan kinerja tugas.

The purpose of this study is to investigate the role of burnout as a mediator between job insecurity and task performance. The sample for this study is collected from 106 private company employees. This study is conducted by using Job Insecurity Scale and Task Performance Scale which was adapted by Piccoli et al., (2017), and Maslach Burnout Inventory - General Scale which was developed by Maslach et al., (1996). The result shows that burnout partially mediate the relationship between job insecurity and task performance."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Naufal Tirta Gustama
"Turnover masih menjadi permasalahan utama bagi setiap perusahaan. Banyak faktor yang menyebabkan hal tersebut salah satunya kualitas pekerjaan yang buruk serta kelelahan emosional yang dialami para karyawan. Sehingga secara tidak langsung kepuasan kerja karyawan menjadi terpengaruh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari perceived job quality dan burnout terhadap intention to stay yang dimana hubungannya akan dimediasi oleh job satisfaction dengan menggunakan metode Structural Equation Modeling (SEM). Data penelitian diperoleh dari 382 karyawan perusahaan yang berdomisili di Indonesia melalui kuesioner yang disebar secara daring. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perceived job quality memiliki pengaruh positif terhadap intention to stay, sedangkan burnout memiliki pengaruh negatif terhadap intention to stay. Selain itu dikarenakan terdapat hubungan langsung dan tidak langsung yang berasal dari perceived job quality dan burnout terhadap intention to stay, ditemukan bahwa job satisfaction dapat memediasi hubungan dari ketiga variabel tersebut.

Turnover is still a major problem for every company. Many factors can cause it, one of which is poor work quality and emotional exhaustion experienced by employees. So indirectly, employee job satisfaction is affected. This study aims to determine the effect of perceived job quality and burnout on intention to stay in which the relationship will be mediated by job satisfaction using the Structural Equation Modeling (SEM) method. Research data were obtained from 382 company employees who are domiciled in Indonesia through a questionnaire distributed online. The results showed that perceived job quality has a positive effect on intention to stay, while burnout has a negative effect on intention to stay. In addition, because there are direct and indirect relationships that originate from perceived job quality and burnout to intention to stay, it was found that job satisfaction can mediate the relationships of these three variables."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Novelia Dinda Putri Alamsyah
"Berdasarkan data dari Rumah Sakit yang beroperasi di Riau, didapatkan bahwa perawat kontrak memiliki Job Performance yang rendah. Selain itu, penelitian memberikan informasi bahwa Subjective Well-being perawat memiliki skor yang rendah. Dalam hal ini, terdapat kemungkinan bahwa Job Insecurity dan Burnout yang dialami oleh Perawat Kontrak merupakan penyebabnya didukung oleh beberapa penelitian terdahulu. Penelitian ini dilakukan untuk membahas pengaruh Job Insecurity dan Burnout terhadap Subjective Well-being dan Job Performance pada Perawat Kontrak di Rumah Sakit dengan menggunakan variabel moderasi berupa Psychological Capital karena mengacu pada penelitian-penelitian sebelumnya yang menyebutkan bahwa Psychological Capital mampu mengurangi Job Insecurity yang diterima dan juga akan berpengaruh pada penurunan Burnout. Penelitian ini akan dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan sampel penelitian berupa perawat kontrak yang bekerja di Rumah Sakit yang beroperasi Riau. Analisis data melibatkan uji reliabilitas, uji validitas, uji deskriptif, dan Structural Equation Modeling (SEM) dengan menggunakan software SmartPLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Job Insecurity dan Burnout terbukti berpengaruh secara negatif signifikan terhadap Job Performance dengan cara menurunkan Subjective Well-being dari Perawat kontrak. Selain itu, dimensi-dimensi dari variabel Psychological Capital seperti Hope dan Resilience diketahui mampu menurunkan dampak negatif yang di sebabkan oleh Job Insecurity dan Burnout terhadap Subjective Well-being dan Job Performance perawat kontrak. Dilain sisi dimensi Self-efficacy hanya mampu menurunkan dampak negatif dari Burnout terhadap variabel lainnya sedangkan Optimism hanya mampu menurunkan dampak negatif Job Insecurity terhadap variabel lainnya.

Based on data from hospitals operating in Riau, it was found that contract nurses have low Job Performance. In addition, research provides information that nurses' Subjective Well-being has a low score. In this case, there is a possibility that Job Insecurity and Burnout experienced by Contract Nurses is the cause supported by several previous studies. This research was conducted to discuss the effect of Job Insecurity and Burnout on Subjective Well-being and Job Performance in Contract Nurses at Hospitals by using a moderating variable in the form of Psychological Capital because it refers to previous studies which stated that Psychological Capital is able to reduce Job Insecurity received and will also affect the decrease in Burnout. This research will be conducted using a quantitative approach with research samples in the form of contract nurses who work in hospitals operating in Riau. Data analysis involved reliability tests, validity tests, descriptive tests, and Structural Equation Modeling (SEM) using SmartPLS software. The results showed that Job Insecurity and Burnout proved to have a significant negative effect on Job Performance by reducing the Subjective Well-being of contract nurses. In addition, the dimensions of the Psychological Capital variables such as Hope and Resilience are known to be able to reduce the negative impact caused by Job Insecurity and Burnout on Subjective Well-being and Job Performance of contract nurses. On the other hand, the Self-efficacy dimension is only able to reduce the negative impact of Burnout on other variables, while Optimism is only able to reduce the negative impact of Job Insecurity on other variables.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Siahaan, Debora Uliana
"Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) selama pandemi COVID-19 meningkat, khususnya untuk membantu karyawan mengerjakan pekerjaannya. Berdasarkan literatur sebelumnya, penggunaan TIK dalam dunia kerja berpengaruh negatif pada karyawan, antara lain dapat menimbulkan stres (technostress) dan memengaruhi keterikatan kerja. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana hubungan kedua konstruk dari technostress, yaitu technostress creators dan technostress inhibitors, dengan keterikatan kerja. Penelitian menggunakan teori Job Demands – Resources untuk menguji technostress creators dalam memprediksi keterikatan kerja dengan hubungan yang negatif dan technostress inhibitors dalam memprediksi keterikatan kerja dengan hubungan yang positif. Penelitian merupakan penelitian korelasional dengan sampel karyawan di Indonesia (N=256) yang menggunakan TIK ketika bekerja sehari-hari. Data diambil melalui penyebaran kuesioner daring yang berisikan alat ukur UWES-9 (Schaufeli et al., 2006) untuk mengukur keterikatan kerja dan technostress scale (Ragu-Nathan et al., 2008). Hasil analisis menunjukkan bahwa technostress creators tidak mampu memprediksi keterikatan kerja, sedangkan technostress inhibitors mampu memprediksi keterikatan kerja secara positif. Keduanya secara bersama mampu memprediksi 11% variansi dari keterikatan kerja (F (2,253) = 16,19, p < 0,01, R2 = 0,11). Implikasi dari hasil penelitian adalah organisasi dapat menyediakan layanan bantuan teknis dan pelatihan pengadopsian TIK terbaru yang dipakai untuk bekerja. Pada tingkatan individual, karyawan dapat menetapkan batasan dalam pekerjaan dan rumah, serta menambah pengetahuan tentang pengaplikasian TIK.

The use of Information and Communication Technology (ICT) during the COVID-19 Pandemic has increased, especially to help employees do their tasks. Based on previous literatures, the use of ICT has negative impacts in the work-field, for instance, it can cause stress (technostress) dan affect job engagement. This study aims to examine the relationship between two constructs of technostress, namely technostress creators and technostress inhibitors, and job engagement. This study uses Job Demands-Resources theory to test if technostress creators negatively predicts job engagement; and technostress inhibitors positively predicts job engagement. This study is a correlational research with a sample of employees in Indonesia (N=256) who use ICT when working on a daily basis. The data were collected through online survey containing the UWES-9 (Schaufeli et al., 2006) to measure job engagement and technostress scale (Ragu-Nathan et al., 2008). The results indicated that technostress creators did not predict job engagement, whereas technostress inhibitors predicted job engagement positively. Together, both predictor variables predicted 11% variance of job engagement (F (2,253) = 16,19, p < 0,01, R2 = 0,11). The implication of this study is that organizations can provide help-desk service and training of the newest ICT adoption for work-related tasks. On an individual level, employees can set boundaries in using ICT after work hours and increase computer literacy."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Doni Darwin
"Pemulihan ekonomi negara melalui peneriman perpajakan menjadi sangat penting untuk mencegah adanya krisis dan mengembalikan kondisi perekonomian. Kinerja Direktorat Jenderal Pajak mengalami peningkatan selama dua tahun terakhir dalam hal penerimaan negara, namun dengan adanya pandemi Covid-19 yang mengakibatkan adanya disrupsi tatanan baru dalam bekerja, terdapat fenomena baru seperti faktor work-life balance, meningkatnya job stress, menurunnya job satisfaction, burnout dan dampaknya terhadap job performance pegawai Direktorat Jenderal Pajak. Penelitian ini bertujuan untuk melihat dampak dari disrupsi yang ada pada masa transisi setelah pandemi Covid-19 kepada pegawai sektor publik, khususnya Direktorat Jenderal Pajak melalui kuesioner secara daring kemudian diolah dan dianalisis menggunakan Structural Equation Modelling (SEM). Hasil penelitian memberikan gambaran bahwa work-life balance tidak berpengaruh terhadap job performance, sedangkan job stress, dan job satisfaction memiliki pengaruh positif, sementara burnout memiliki pengaruh negatif terhadap job performance. Selain itu, job satisfactiondan burnout mampu menjadi variabel mediasi yang memperkuat hubungan variabel penelitian job stress dan job performance, namun tidak memiliki efek yang signifikan pada hubungan antara work-life balance dan job performance.

The performance of the Directorate General of Taxes has increased over the last two years in terms of state revenues, but with the Covid-19 pandemic which resulted in the disruption of the new work order, there are new phenomena such as increased stress, decreased job satisfaction, burnout, and its impact on the job performance of the Directorate General of Taxes employees. This study aims to see the impact of disruption during the transition period after the Covid-19 pandemic on public sector employees, especially the Directorate General of Taxes through online questionnaires which are then processed and analyzed using Structural Equation Modeling (SEM). The results of the study provide an illustration that work-life balance, does not affect job performance, while job stress, job satisfaction and burnout have a significant influence, both positively and negatively on job performance. In addition, job satisfaction and burnout can become mediating variables that strengthen the relationship between job stress and job performance, while they have little to no effect in relationship between work-life balance and job performance."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>