Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 142048 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Auvia Yufial Muna
"Penelitian ini membahas iklim komunikasi organisasi pada masa pandemic COVID-19 di
Perpustakaan Umum Kab Cirebon. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui iklim
komunikasi yang ditinjau berdasarkan lima dimensi iklim komunikasi dan alur komunikasi.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Pengumpulan
data dilakukan pada Maret 2021 hingga Mei 2021 dengan metode observasi, wawancara
mendalam dan analisis dokumen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa iklim komunikasi
organisasi pada masa pandemic COVID-19 di perpustakaan sangat didukung oleh keterbukaan
dan keterusterangan (tidak ada yang ditutup-tutupi antar pegawai, semua berlangsung secara
transparan dan terbuka), dukungan (pimpinan selalu mengajak diskusi bawahannya untuk
mengevaluasi atau sekadar bertanya progress hingga kendala di lapangan), partisipasi dalam
pembuatan keputusan (melibatkan semua pihak terutama yang menyangkut program kerja di
lapangan). Hanya saja kurang didukung oleh kepercayaan (masih ada beban pekerjaan
diberikan pada orang tertentu yang lebih dipercaya oleh pimpinan) dan tujuan kinerja tinggi
(semua anggota mengupayakan tercapainya tujuan kinerja, hanya saja belum adanya poster
tercetak di gedung perpustakaan untuk sekadar pengingat dan memotivasi pegawainya). Hasil
penelitian ini juga menunjukkan perubahan praktik kerja di masa pandemi tidak mengubah cara penyampaian pesan dalam komunikasi organisasi di perpustakaan, semua pegawai yang bekerja dari rumah akan dipanggil ke kantor jika diperlukan membahas pekerjaan/berdiskusi.

This research discussed organizational communication climate during the COVID-19 period
of Cirebon Regency Public Library. The purpose of this research was to understand the
communication climate of the library based on five dimensions of communication climate by
Redding and also communication flow. This research uses a qualitative approach with a case
study method. Data was collected from March 2021 until May 2021 by observation, in-depth
interviews, and document analysis. The results indicated that the organizational
communication climate during the COVID-19 pandemic in the Cirebon Regency Public Library
is strongly supported by openness and sincerity (nothing is hidden between employees,
everything happens transparently and openly), supportiveness (the leader always invite his
subordinates to discuss the evaluation or simply ask about progress and obstacles in their
work), and participation in decision making (it always involve all parties, especially the
technical issues involved in field work program). However, the library’s communicational
climate is less supported by trust from leader (there is still a workload given to certain people who are more trusted by the leader) and high performance goals (all members strive to achieve
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2021
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Yanwal Sekar Rarasati
"Penelitian ini membahas tentang jaringan komunikasi Perpustakaan Riset BPK RI dalam memberikan layanan perpustakaan di masa pandemi COVID-19. Pandemi COVID-19 yang terjadi di Indonesia hampir dua tahun ini telah mengubah metode dan budaya kerja dengan adanya fenomena bekerja dari rumah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi jaringan komunikasi di Perpustakaan Riset BPK RI ditinjau dari pola komunikasi dan peran individu serta faktor yang mempengaruhinya dalam rangka memberikan layanan perpustakaan di masa pandemi COVID-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dari Februari hingga April 2022 melalui wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Informan penelitian dipilih berdasarkan metode purposive sampling. Dari penelitian ini dapat diketahui bahwa pola komunikasi yang terbentuk di Perpustakaan Riset BPK RI adalah Pola All Channel. Selain itu, peran yang muncul dalam jaringan komunikasi adalah Gate Keeper, Opinion Leaders, Bridges, dan Cosmopolites. Dapat disimpulkan bahwa peran individu dalam membangun jaringan komunikasi di Perpustakaan Riset BPK RI adalah saling mendukung dalam memberikan layanan yang lebih inovatif dengan memperhatikan kebutuhan pemustaka di masa pandemi COVID-19. Adapun saran dari penelitian ini adalah Perpustakaan Riset BPK RI dapat terus meningkatkan keterlibatan pegawai perpustakaan dalam pertimbangan pembuatan keputusan, sehingga Perpustakaan Riset BPK RI dapat memberikan layanan perpustakaan di masa pandemi COVID-19 dengan memperhatikan peran individu serta pola jaringan komunikasi.

This study discusses the communication network at Perpustakaan Riset BPK RI in providing library services during the COVID-19 pandemic. The COVID-19 pandemic has occurred in Indonesia for almost two years and has changed work methods and culture with the phenomenon of working from home. The purpose of this study was to identify the communication network in Perpustakaan Riset BPK RI in terms of communication patterns and individual roles as well as the factors that influence such communication in order to provide library services during the COVID-19 pandemic. This research uses a qualitative approach with a case study method. Data collection was carried out from February to April 2022 through interviews, observations, and document analysis. Research informants were selected based on purposive sampling method. From this research, it can be seen that the communication pattern formed in Perpustakaan Riset BPK RI is the All-Channel Pattern. In addition, the emerging roles in the communication network are Gate Keepers, Opinion Leaders, Bridges, and Cosmopolites. It can be concluded that the role of individuals in building communication network at the Perpustakaan Riset BPK RI is to support each other in providing more innovative services by paying attention to the needs of users during the COVID-19 pandemic. The suggestion from this research is that Perpustakaan Riset BPK RI can continue to improve and maintain the involvement of library employees in decision-making considerations, so that the library can provide library services during the COVID-19 pandemic by taking into account the individual roles as well as the communication network patterns."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2022
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Chris Elvyn Martua S
"Artikel ini membahas mengenai pemanfaatan Instagram dalam layanan perpustakaan umum di masa pandemik COVID-19. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui survey. Survey dilakukan kepada pengguna jasa layanan Perpustakaan Umum Daerah Jakarta Selatan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa perpustakaan melakukan layanan menggunakan media sosial Instagram. Instagram perpustakaan umum melakukan layanan informasi dan juga melakukan promosi layanan rekreasi yang dilakukan secara digital. Layanan informasi yang baik adalah layanan informasi yang dikemas secara menarik dari aspek audio dan visual (gambar & warna). Lebih dari 50% responden setuju bahwa narasi (caption),gambar, dan warna dapat mempermudah dalam memahami layanan informasi. Sebanyak 50% lebih responden menyatakan bahwa layanan informasi mempengaruhi pengguna dalam memahami informasi dan fenomena atau isu yang sedang terjadi.

This article discusses the use of Instagram in public library services during the COVID-19 pandemik. This research is quantitative research surveys as methods to collect data. The survey was conducted to users of the South Jakarta Regional Public Library service. The results of this study show that the library performs services using Instagram social media. Public library Instagram performs information services and also promotes recreational services that are done digitally. A good information service is an information service that is attractively packaged from the audio and visual aspects (images &colors). More than 50% of respondents agreed that narration (caption), images, and colors can make it easier to understand information services. More than 50% of respondents stated that information services influence users in understanding information and current phenomena or issues."
Depok: Fakultas ilmu Pengetahuan Budaya, 2021
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Gultom, Lorsiani
"PT. GTA Indonesia pada Mei 2011 secara resmi mengumumkan perihal perusahaan tersebut diakuisisi oleh Kuoni Destination Management. Perihal akuisisi menimbulkan asumsi ? asumsi negatif mengenai akan adanya Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) dan perampingan departemen. Sejak diumumkannya akuisisi, PT. GTA Indonesia mengalami turn over karyawan/ti yang cukup tinggi yakni sebesar 36%. Adapun communication tool yang digunakan management selama proses akuisisi hingga integrasi yakni one way communication dengan media email.
Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh strategi komunikasi organisasi terhadap iklim komunikasi organisasi. Sampel penelitian adalah karyawan/ti PT. GTAIndonesia sebanyak 40 orang dengan masa kerja minimal dua tahun. Pendekatan penelitian adalah kuantitatif yang bersifat eksplanatif. Hasil penelitian ini adalah adanyapengaruh dari strategi komunikasi organisasi terhadap iklim komunikasi organisasi.

PT. GTA officially announced the acquisition by Kuoni Destination Management on May 2011. However, the acquisition causes negative perceptions among the staff, such as : staff termination and department termination. Since the acquisition, staff resignation was increase for 36%. Management was using one way communication with email as the communication tool to convey the information about the acquisition.
This research tried to find out the influence of organizational communication strategy towards organizational communication climate. The sample is 40 employees who?s been worked for more than two years in PT.GTA Indonesia. The research method using quantitative and explanative. The result of this research conclude there is an influence of organizational communication strategy towards organizational communication climate.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2012
S-Pdf
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Amalia Nurma Dewi
"[ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan kegiatan promosi di
Perpustakaan Umum Kabupaten Purbalingga, sebagai bagian dari kegiatan
komunikasi perpustakaan kepada masyarakat penggunanya, yang dilakukan
dengan cara memahami tiap tahapan promosi yang dilakukan oleh perpustakaan.
Alasan tahapan tersebut dilakukan, hambatan yang dihadapi dalam setiap tahapan,
hasil yang didapatkan, evaluasi keseluruhan tahapan promosi serta kemampuan
staf perpustakaan dalam menjalankan tiap tahapan promosi. Penelitian ini
dilakukan dengan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa pada tahap pra promosi Perpustakaan Umum
Kabupaten Purbalingga tidak mengawali kegiatannya dengan memahami
karakteristik masyarakat pengguna, akibatnya pada tahap eksekusi promosi, pesan
dan saluran promosi yang diberikan tidak mampu mengenai masyarakat pengguna
secara efektif. Pada tahap pasca promosi pihak perpustakaan tidak melakukan
evaluasi dan tidak mampu mengembangkan kegiatan promosi. Kemampuan staf
dalam tiap tahapan promosi juga belum memadai, staf cenderung pasif, kurang
komunikatif, dan kurang menghargai masyarakat pengguna, kondisi yang
demikian menyebabkan pelaksanaan kegiatan promosi di Perpustakaan Umum
Purbalingga belum bisa memberikan hasil yang diinginkan.

ABSTRACT
The aim of this thesis is to understand the promotion made by the Public
Library in Purbalingga; the promotion is divided into three steps: pre promotion,
execution and post promotion. The thesis investigates every step of promotion
concerning their rationale, evaluates the results of each step, also focusing on the
difficulties of staff and their abilities. The thesis uses a case study method
combined with a qualitative approach. The result is that the pre promotion step
does not entail a careful understanding of the library user?s characteristics; the
execution step cannot reach the users effectively through the right channels and
messages. Concerning the post promotion step the library doesn?t evaluate and
develop their promotion activities. The thesis relates these findings to lack of
abilities of the staff in every step of promotion; the staff has poor communication
skills, they are too passive, and, also, they lack a clear understand of who their
(potential) users are. The Public Library in Purbalingga cannot achieve their
expected results.;The aim of this thesis is to understand the promotion made by the Public
Library in Purbalingga; the promotion is divided into three steps: pre promotion,
execution and post promotion. The thesis investigates every step of promotion
concerning their rationale, evaluates the results of each step, also focusing on the
difficulties of staff and their abilities. The thesis uses a case study method
combined with a qualitative approach. The result is that the pre promotion step
does not entail a careful understanding of the library user?s characteristics; the
execution step cannot reach the users effectively through the right channels and
messages. Concerning the post promotion step the library doesn?t evaluate and
develop their promotion activities. The thesis relates these findings to lack of
abilities of the staff in every step of promotion; the staff has poor communication
skills, they are too passive, and, also, they lack a clear understand of who their
(potential) users are. The Public Library in Purbalingga cannot achieve their
expected results., The aim of this thesis is to understand the promotion made by the Public
Library in Purbalingga; the promotion is divided into three steps: pre promotion,
execution and post promotion. The thesis investigates every step of promotion
concerning their rationale, evaluates the results of each step, also focusing on the
difficulties of staff and their abilities. The thesis uses a case study method
combined with a qualitative approach. The result is that the pre promotion step
does not entail a careful understanding of the library user’s characteristics; the
execution step cannot reach the users effectively through the right channels and
messages. Concerning the post promotion step the library doesn’t evaluate and
develop their promotion activities. The thesis relates these findings to lack of
abilities of the staff in every step of promotion; the staff has poor communication
skills, they are too passive, and, also, they lack a clear understand of who their
(potential) users are. The Public Library in Purbalingga cannot achieve their
expected results.]"
2015
T44618
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fariz Miharja
"Skripsi ini membahas mengenai jaringan komunikasi organisasi yang terdapat di Perpustakaan Indonesia Raya dalam rangka memberikan layanan informasi. Jaringan komunikasi organisasi tersebut terbentuk karena adanya pertukaran pesan antar peran atau posisi pegawai. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Perpustakaan Indonesia Raya, yang merupakan perpustakaan di bawah lembaga pemerintah dikelola oleh Sekretariat Jenderal Indonesia Raya.
Temuan penelitian menunjukkan bahwa jaringan komunikasi muncul dalam bentuk tugas pembuatan kliping koran, rapat rabuan, dan kunjungan bawahan ke ruang atasan. Melalui proses sosial, jaringan komunikasi organisasi di Perpustakaan tersebut dibangun oleh nilai keterbukaan dan ketulusan. Nilai tersebut muncul berdasarkan kepentingan atasan yang ingin dihormati oleh bawahannya, dan bawahan yang memiliki kepentingan ingin dihargai oleh atasannya berdasarkan peran atau posisinya. Jaringan komunikasi organisasi di perpustakaan tersebut dalam rangka memberikan layanan informasi ditentukan oleh peran Susan sebagai pemimpin pendapat. Peran tersebut menyatukan simpul-simpul jaringan.
Kesimpulannya adalah jaringan komunikasi organisasi di Perpustakaan Indonesia Raya dibangun oleh nilai keterbukaan dan ketulusan melalui komunikasi di antara atasan dan bawahan. Adapun saran yang diajukan adalah adanya peningkatan interaksi di antara atasan maupun bawahan, peningkatan ketegasan atasan terhadap bawahan, dan atasan membuat peninjauan ulang terhadap struktur organisasi perpustakaan.

This thesis discusses the organization's communications network contained in the library of Indonesia Raya in order to provide information services. That organizational communication network formed by the exchange of messages between role and position of employee. This study used a qualitative approach with case study method. Data collection methods that used in this study were interviews, observations, and document analysis. Library of Indonesia Raya, which is a library under a government institution, is administered by the Secretariat General of Indonesia Raya.
The research findings indicate that the communication network emerged in the form of newspaper clippings task, Wednesday’s meetings, and visits of subordinates to the superior. Through the social process, organizational communication networks in the library was built by the values of transparency and sincerity. Values are emerging based on the interests of superior who want to be respected by his subordinates, and subordinates who have interest to be appreciated by their superior based on the role or position. Organizational communication networks in the library in order to provide the information specified by Susan's role as an opinion leader. That role brings together the network nodes.
The conclusion is an organizational communication network in the library of Indonesia Raya was built by the value of transparency and sincerity through communication between superior and subordinates. The suggestions that can be given are the increased interaction between superior and subordinates, the assertiveness increased of superior to subordinates, and superiors make a review of the organizational structure of the library.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2013
S45433
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Salsabilah Safitri
"Selama pandemic Covid-19 layanan perpustakaan antara pustakawan dan pengguna dilakukan secara daring, mengalami sejumlah masalah dalam komunikasi. Tulisan ini mengenai proses komunikasi antara pustakawan dengan guru dan murid. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah pustakawan, guru dan murid SMA Kolese Gonzaga. Teknik pengumpulan data dilakukan pada bulan Maret 2022 sampai Mei 2022 melalui observasi, wawancara dengan format interview. Teknik analisis data berupa teori analisis pengkodean (coding) terdiri dari tiga bagian utama, yaitu: pengkodean terbuka (open coding), pengkodean aksial (axial coding) dan pengkodean selektif (selective coding). Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi pustakawan dengan guru dan murid dilakukan sebaik-baiknya untuk menunjang kurikulum pembelajaran sekolah. Terdapat banyak proses komunikasi yang dilakukan pustakawan melalui banyak media, terutama media elektronik WhatsApp dan Email.

During the pandemic Covid-19, information communication in the school library faced some gaps in its communication between librarians and students upon information. This study shows the process of information communication between librarians and students being overcome using social media. The method used in this research is a case study method with a qualitative approach. Informants in this study were librarians, teachers and students of SMA Kolese Gonzaga. Data collection techniques were carried out from March 2022 to May 2022 through observation, interviews with interview format. The data analysis technique in the form of coding analysis theory consists of three main parts, namely: open coding, axial coding and selective coding. The results showed that the librarian's communication with teachers and students was carried out as well as possible to support the school's learning curriculum. There are many communication processes carried out by librarians through social media, especially electronic media WhatsApp and Email to disseminate information."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2022
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Surya Rangga
"ABSTRAK
Skripsi ini membahas mengenai representasi perpustakaan umum dan fungsi
perpustakaan umum yang terdapat dalam novel Libri di Luca. Penelitian ini adalah
penelitian yang menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian
semiotik serta analisis sintagmatik dan paradigmatik Roland Barthes yang
dikembangkan dari teori Ferdinand de Saussure. Analisis sintagmatik digunakan
untuk meneliti hubungan yang hadir secara bersamaan, sedangkan analisis
paradigmatik digunakan untuk meneliti hubungan yang hadir dan tidak hadir dalam
teks melainkan dalam pikiran pembaca teks. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa
novel Libri di Luca menggambarkan fungsi perpustakaan umum sebagai fungsi
rekreasi, informasi, dan fungsi perpustakaan umum yang digunakan sebagai tempat
pertemuan.

ABSTRACT
This thesis discusses the representation of a public library and it?s function found in
the novel Libri di Luca. This research uses qualitative approach with semiotic
research method and Roland Barthes syntagmatic and paradigmatic analysis which
are developed from Ferdinand de Saussure?s Theory. The syntagmatic analysis is
used to analyse the relation that was concurrently present, whereas the paradigmatic
analysis is used to analyse the relation that is not present in the text but in the mind of
the readers. The result of this research indicates that the novel Libri di Luca describes
the public library?s function as a recreation, information, and as a meeting place.;;"
2015
S65364
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Abdi Mubarak Syam
"Penelitian ini membahas tentang “Komunikasi Antarbudaya Pustakawan dan Pengguna” di Perpustakaan Umum Kota Medan, tujuannya adalah untuk memahami komunikasi antarbudaya terjadi antara pustakawan dan pengguna dan juga mengetahui
faktor yang menghambat jalannya komunikasi antarbudaya antara pustakawan dan pengguna di perpustakaan tersebut agar komunikasi dapat terjalin dengan baik tanpa adanya kesalahpahaman yang disebabkan oleh perbedaan budaya, sehingga kebutuhan informasi pengguna tercukupi.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi, yaitu menggambarkan fenomena pustakawan dalam melayani pengguna yang memiliki latar belakang budaya yang berbeda sebagai pengalaman hidupnya, selain itu fenomena tersebut memiliki keunikan dan perbedaan dari setiap individu sehingga melalui pendekatan fenomenologi ini diharapkan memperoleh pemahaman yang mendalam tentang pengalaman pustakawan dalam berkomunikasi dan melayani pengguna yang berbeda latar belakang budaya
Hasil yang dicapai adalah ditemukannya faktor penghambat seperti penafsiran gaya berbicara (logat) yang dinilai keras oleh sebagian pengguna kepada pustakawan begitu juga sebaliknya, dan adanya unsur diskriminatif terhadap salah satu marga atau etnis tertentu.

This research discusses about “Intercultural Communication Librarians and Users” in Public Library Medan. The goal is to understand intercultural communication that happen between librarians and users and also determine the factors that obstruct intercultural communication between librarians and users in the library so that communication can be established without misunderstanding caused by cultural differences so that the users’s information needs met. This study is qualitative research with phenomenological approach, which describes the phenomenon of librarians in serving users who have different cultural
backgrounds as the experience of his life, other than that the phenomenon has a uniqueness and diversity of each individual so through a phenomenological approach is expected to a gain a deep understanding of the experience of librarians in communicating and serving users with different background culture.
The result is the discovery of inhibitng factors such as the interpretation of the style of speech (accent) were rated harsh for some users to the librarian and vice versa, and the discriminatory element to one clan or ethnic origin.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2016
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Abdi Mubarak Syam
"Penelitian ini membahas tentang "Komunikasi Antarbudaya Pustakawan dan Pengguna" di Perpustakaan Umum Kota Medan, tujuannya adalah untuk memahami komunikasi antarbudaya terjadi antara pustakawan dan pengguna dan juga mengetahui faktor yang menghambat jalannya komunikasi antarbudaya antara pustakawan dan pengguna di perpustakaan tersebut agar komunikasi dapat terjalin dengan baik tanpa adanya kesalahpahaman yang disebabkan oleh perbedaan budaya, sehingga kebutuhan informasi pengguna tercukupi.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi, yaitu menggambarkan fenomena pustakawan dalam melayani pengguna yang memiliki latar belakang budaya yang berbeda sebagai pengalaman hidupnya, selain itu fenomena tersebut memiliki keunikan dan perbedaan dari setiap individu sehingga melalui pendekatan fenomenologi ini diharapkan memperoleh pemahaman yang mendalam tentang pengalaman pustakawan dalam berkomunikasi dan melayani pengguna yang berbeda latar belakang budaya.
Hasil yang dicapai adalah ditemukannya faktor penghambat seperti penafsiran gaya berbicara (logat) yang dinilai keras oleh sebagian pengguna kepada pustakawan begitu juga sebaliknya, dan adanya unsur diskriminatif terhadap salah satu marga atau etnis tertentu.

This research discusses about "Intercultural Communication Librarians and Users" in Public Library Medan. The goal is to understand intercultural communication that happen between librarians and users and also determine the factors that obstruct intercultural communication between librarians and users in the library so that communication can be established without misunderstanding caused by cultural differences so that the users's information needs met.
This study is qualitative research with phenomenological approach, which describes the phenomenon of librarians in serving users who have different cultural backgrounds as the experience of his life, other than that the phenomenon has a uniqueness and diversity of each individual so through a phenomenological approach is expected to a gain a deep understanding of the experience of librarians in communicating and serving users with different background culture.
The result is the discovery of inhibitng factors such as the interpretation of the style of speech (accent) were rated harsh for some users to the librarian and vice versa, and the discriminatory element to one clan or ethnic origin.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2016
T45435
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>