Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 133916 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Budi Dwinanto
"BMKG mempunyai fungsi pelayanan dan penyediaan informasi di bidang Meteorologi, Klimatologi, Kualitas Udara dan Geofisika (MKKuG), pengelolaan data dan informasi yang baik akan menjadi fokus utama dalam aktivitas bisnis BMKG. Untuk mendukung hal tersebut, dibutuhkan infrastruktur jaringan komunikasi Local Area Network dan Wide Area Network yang dapat diandalkan dalam melakukan analisa data dan penyebaran informasi publik. Untuk mendapatkan kualitas kinerja sistem jaringan komunikasi yang sesuai standar ideal menurut TIPHON, maka penulis mengusulkan model kerangka kerja terintegrasi yang terdiri dari : elemen End-User yaitu mengukur kepuasan pelanggan, elemen aplikasi yaitu mengukur nilai QoS pada sistem jaringan BMKG, elemen sistem yaitu mengusulkan rekomendasi topologi, elemen investasi yaitu menganalisis investasi berbasis dampak dan elemen hardware yaitu memilih perangkat melalui standar yang terbaik. Dari hasil pembahasan didapatkan bahwa kerangka kerja ini bisa menjadi acuan untuk standarisasi karena mengedepankan aspek analisis investasi yang dapat meminimalisir kerugian ekonomi terhadap bencana dan aspek standar perangkat terbaik. Setiap elemennya saling berhubungan dalam meningkatkan kualitas suatu jaringan dengan porsinya masing – masing, namun memang pada kerangka kerja ini dibatasi tidak sampai pada elemen uji model dan evaluasi, meskipun begitu kerangka kerja ini dapat dijadikan menjadi SOP (Standar Operasional Prosedur) sebagai acuan dalam pembangunan dan pengembangan suatu sistem di BMKG

BMKG has a service function and information in Meteorology, Climatology, Air Quality and Geophysics (MKKuG). Good data and information management can focus on business activities to produce fast, precise, accurate, wide-coverage information and easy to understand. This condition can support a reliable and speedy Local Area Network (LAN), and Wide Area Network (WAN) communication infrastructure is needed to support the performance of BMKG employees in analyzing data and disseminating public information. To get the quality of the communication network system performance according to the ideal standard according to TIPHON, the authors propose an integrated framework model consisting of End-User elements that measure customer satisfaction, application elements that measure the QoS value on the BMKG network system, system elements that propose recommendations topology, the investment element is analyzing impact-based investments, and the hardware element is choosing the device through the best standards. The discussion results found that this framework can be a reference for standardization because it prioritizes aspects of investment analysis that can minimize economic losses to disasters and aspects of the best standard equipment. Each element interconnected in improving the quality of a network with their respective portions. However, this framework is limited not to model testing and evaluation elements, even though this framework can be used as an SOP (Standard Operating Procedure) as a reference in development and implementation. Development of a system at BMKG"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2021
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Budi Dwinanto
"Sebagai organisasi yang mempunyai fungsi pelayanan dan penyediaan informasi di bidang Meteorologi, Klimatologi, Kualitas Udara dan Geofisika (MKKuG), pengelolaan data dan informasi yang baik akan menjadi fokus utama dalam aktivitas bisnis BMKG guna menghasilkan informasi yang cepat, tepat, akurat, luas cakupannya dan mudah dipahami. Untuk mendukung hal tersebut, dibutuhkan infrastruktur jaringan komunikasi Local Area Network (LAN) dan Wide Area Network (WAN) yang dapat diandalkan dan memiliki kecepatan yang dapat menunjang kinerja pegawai BMKG dalam melakukan analisa data dan penyebaran informasi publik. Untuk mendapatkan kualitas kinerja sistem jaringan komunikasi yang lebih baik dan sesuai standar ideal menurut TIPHON, maka penulis mengusulkan model kerangka kerja terintegrasi yang terdiri dari : elemen End-User yaitu dengan mengukur kepuasan pelanggan, elemen aplikasi yaitu dengan cara mengukur nilai QoS pada sistem jaringan BMKG, elemen sistem yaitu dengan mengusulkan rekomendasi topologi, elemen investasi yaitu dengan menganalisis investasi berbasis dampak dan elemen pemilihan perangkat keras yaitu dengan memilih perangkat melalui standar yang terbaik. Dari hasil pembahasan didapatkan bahwa kerangka kerja ini bisa menjadi acuan untuk standarisasi meningkatkan kualitas jaringan karena mengedepankan aspek analisis investasi yang dapat meminimalisir kerugian ekonomi terhadap bencana dan aspek standar perangkat terbaik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa nilai investasi dengan topologi yang diusulkan dengan kerangka kerja terintegrasi memberikan nilai manfaat terhadap meminimalisir kerugian ekonomi terhadap dampak bencana, Dengan kata lain dapat juga dikatakan bahwa dengan usulan kerangka kerja terintegrasi ini dapat menghasilkan outcome peningkatan kinerja sistem jaringan terutama di BMKG dengan setiap elemennya saling berhubungan dalam meningkatkan kualitas suatu jaringan dengan porsinya masing – masing, namun memang pada kerangka kerja ini dibatasi tidak sampai pada elemen uji model dan evaluasi, meskipun begitu kerangka kerja ini dapat dijadikan menjadi SOP (Standar Operasional Prosedur) sebagai acuan dalam pembangunan dan pengembangan suatu sistem di BMKG.

BMKG has a service function and information in Meteorology, Climatology, Air Quality and Geophysics (MKKuG). Good data and information management can focus on business activities to produce fast, precise, accurate, wide-coverage information and easy to understand. This condition can support a reliable and speedy Local Area Network (LAN), and Wide Area Network (WAN) communication infrastructure is needed to support the performance of BMKG employees in analyzing data and disseminating public information. To get the quality of the communication network system performance according to the ideal standard according to TIPHON, the authors propose an integrated framework model consisting of End-User elements that measure customer satisfaction, application elements that measure the QoS value on the BMKG network system, system elements that propose recommendations topology, the investment element is analyzing impact-based investments, and the hardware element is choosing the device through the best standards. The discussion results found that this framework can be a reference for standardization because it prioritizes aspects of investment analysis that can minimize economic losses to disasters and aspects of the best standard equipment. Each element interconnected in improving the quality of a network with their respective portions. However, this framework is limited not to model testing and evaluation elements, even though this framework can be used as an SOP (Standard Operating Procedure) as a reference in development and implementation. Development of a system at BMKG. "
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2021
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Slamet Pranoto
"Penelitian ini berfokus pada peningkatan kualitas jaringan High Speed Downlink Packet Access (HSDPA) dalam industri telekomunikasi. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan kualitas jaringan HSDPA dan kepuasan pelanggan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah melalui penerapan siklus DMAIC pada Six Sigma dan Importance Performance Analysis (IPA) sebagai kontrolnya. Dari hasil analisis didapat Call Setup Success Rate (CSSR) merupakan parameter Critical to Quality pada HSDPA dengan kualitas terendah. Hasil penelitian memberikan perubahan rata-rata CSSR dari 98,44% menjadi 99,43% dan level sigmanya dari 3,6<σ<3,7 menjadi σ > 4,0. Dan dari hasil pengukuran IPA menunjukan nilai performansi 3,62 melebihi nilai kepentingan 3,56 yang artinya pelanggan puas, sehingga perbaikan tadi sekaligus memberikan hasil baik pada perusahaan.

This study focus on quality improvement of High Speed Downlink Packet Access (HSDPA) network in telecommunication industry. The purpose of this study is to improve quality of HSDPA network and customer satisfaction. The research method used in this reaseach is through implementation of Six Sigma DMAIC cycle and Importance Performance Analysis (IPA) as control. From analysis is found that Call Setup Success Rate (CSSR) as Critical to Quality parameter on HSDPA with lowest quality. The result give the average change in CSSR from 98,44% to 99,43% and sigma level from 3,6<σ<3,7 to σ > 4,0. And the result of IPA measurement show performance score is 3,62 greater than importance score 3,56 that mean the customer is satisfied, so that the improvement was at the same time provide good results on that company."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2013
T35075
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sagala, Jakson Harianto Johannes
"Teknologi End to End QoS Quality of Services adalah teknologi pemrioritasan trafik pada jaringan IP Internet Protocol dan solusi bagi permasalahan delay yang ditimbulkan oleh karakteristik jaringan IP. Dalam pengembangannya, dihasilkan fitur pemrioritasan terhadap layanan data, yaitu THP/ARP Traffic Handling Priority/Allocation Retention Priority dan dikontrol oleh perangkat PCRF Policy and Charging Rule Function untuk mekanisme pentarifan.PT. XL Axiata belum melihat teknologi End to End QoS sebagai faktor utama dalam mempertahankan kualitas jaringan dan solusi utama akan tren penurunan pertumbuhan pendapatan yang diakibatkan peralihan penggunaan layanan konvensional SMS dan suara menjadi layanan OTT Over The Top . Hal ini terlihat dari belum adanya perencanaan mekanisme perawatan teknologi End to End QoS dan belum dimanfaatkannya fitur THP/ARP pada produk PT. XL Axiata saat ini. Padahal fitur THP/ARP bisa dimanfaatkan untuk mengembangkan bisnis layanan data PT. XL Axiata, dimana kontribusi layanan data masih kecil untuk pendapatan PT. XL Axiata yaitu hanya sekitar 18 .Analisa strategi penerapan End to End QoS menggunakan teori manajemen strategi, yang dilakukan dengan mengidenfikasi faktor terkait teknologi ini di internal maupun eksternal, kemudian dipetakan menggunakan analisa SWOT Strengths, Weaknesses, Opportunities, and Threats dan QSPM Quantitative Strategic Planning Matrix untuk menentukan strategi utama dan pendukung.Berdasarkan hasil analisa SWOT, PT. XL Axiata berada di Kuadran I. Menurut Pearce and Robinson 1998 , perusahaan pada kuadran tersebut mempunyai posisi strategis yang baik dan disarankan menggunakan strategi progresif, artinya PT. XL Axiata dalam kondisi prima dan mantap, sehingga sangat dimungkinkan untuk terus berekspansi, bertumbuh dan meraih kemajuan secara maksimal.Agar penerapan strategi progresif berjalan dengan baik, diperluka perawatan teknologi End to End QoS yang baik. Dari hasil analisa SWOT yang dikombinasikan dengan QSPM, didapatkan bahwa mekanisme perawatan berkala berdasarkan kombinasi periode waktu tertentu atau pertumbuhan jaringan mendapatkan nilai yang lebih besar dibandingkan opsi tanpa perawatan dan perawatan berdasarkan periode waktu atau pertumbuhan jaringan saja.
Technology of End to End QoS Quality of Services is a traffic prioritization technology in IP Internet Protocol based network and the solution for delay problem caused by IP network characteristics. In its development, THP ARP Traffic Handling Priority Retention Priority Allocation feature is used for data services prioritization and controlled by the PCRF Policy and Charging Rule Functin for the pricing mechanism.PT. XL Axiata have not seen the End to End QoS technology as a key factor in maintaining the network quality and the main solution for revenue growth decreasing trend as result of displacement use of conventional services SMS and voice into OTT over The Top services. This is evident from the lack of planing for maintenance mechanism for End to End technology and THP ARP feature have not been exploited on the PT. XL Axiata 39 s product. Though the THP ARP feature can be used to develop PT. XL Axiata data services business, while the contribution of data services is only about 18 for revenue of PT. XL Axiata.Implementation strategy of End to End QoS analysis using strategy management theory, by identifying associated internal and external factors with the technology, then map it to SWOT Strengths, Weaknesses, Opportunities, and Threats and QSPM Quatitative Strategic Planning Matrix analysis to determine primary and supporting strategies.Based on the result of the SWOT analysis, PT. XL Axiata is in Quadrant I and according to Pearce and Robinson 1998 , companies that are in the quadrant has a good strategic position ans suggested using a progressive strategic, meaning PT. XL Axiata in prime conditio and steady, so it is possible to continue to expand, growing, and achive the maximum progress.In order to make the progressive strategy implementation running well, it requires good maintenance of End to End QoS technology. The result of SWOT combined with QSPM analysis is the regular maintenance mechanism based on the combination of a specific time period or network growth gain greater value than no maintenance option, and maintenance options based on the time period only or network growth only."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sagala, Jakson Harianto Johannes
"ABSTRAK
Teknologi End to End QoS (Quality of Services) adalah teknologi pemrioritasan
trafik pada jaringan IP (Internet Protocol) dan solusi bagi permasalahan delay
yang ditimbulkan oleh karakteristik jaringan IP. Dalam pengembangannya,
dihasilkan fitur pemrioritasan terhadap layanan data, yaitu THP/ARP (Traffic
Handling Priority/Allocation Retention Priority) dan dikontrol oleh perangkat
PCRF (Policy and Charging Rule Function) untuk mekanisme pentarifan.
PT. XL Axiata belum melihat teknologi End to End QoS sebagai faktor utama
dalam mempertahankan kualitas jaringan dan solusi utama akan tren penurunan
pertumbuhan pendapatan yang diakibatkan peralihan penggunaan layanan
konvensional (SMS dan suara) menjadi layanan OTT (Over The Top). Hal ini
terlihat dari belum adanya perencanaan mekanisme perawatan teknologi End to
End QoS dan belum dimanfaatkannya fitur THP/ARP pada produk PT. XL Axiata
saat ini. Padahal fitur THP/ARP bisa dimanfaatkan untuk mengembangkan bisnis
layanan data PT. XL Axiata, dimana kontribusi layanan data masih kecil untuk
pendapatan PT. XL Axiata yaitu hanya sekitar 18%.
Analisa strategi penerapan End to End QoS menggunakan teori manajemen
strategi, yang dilakukan dengan mengidenfikasi faktor terkait teknologi ini di
internal maupun eksternal, kemudian dipetakan menggunakan analisa SWOT
(Strengths, Weaknesses, Opportunities, and Threats) dan QSPM (Quantitative
Strategic Planning Matrix) untuk menentukan strategi utama dan pendukung.
Berdasarkan hasil analisa SWOT, PT. XL Axiata berada di Kuadran I. Menurut
Pearce and Robinson (1998), perusahaan pada kuadran tersebut mempunyai posisi
strategis yang baik dan disarankan menggunakan strategi progresif, artinya PT.
XL Axiata dalam kondisi prima dan mantap, sehingga sangat dimungkinkan untuk
terus berekspansi, bertumbuh dan meraih kemajuan secara maksimal.
Agar penerapan strategi progresif berjalan dengan baik, diperluka perawatan
teknologi End to End QoS yang baik. Dari hasil analisa SWOT yang
dikombinasikan dengan QSPM, didapatkan bahwa mekanisme perawatan berkala
berdasarkan kombinasi periode waktu tertentu atau pertumbuhan jaringan
mendapatkan nilai yang lebih besar dibandingkan opsi tanpa perawatan dan
perawatan berdasarkan periode waktu atau pertumbuhan jaringan saja

ABSTRACT
Technology of End to End QoS (Quality of Services) is a traffic prioritization
technology in IP (Internet Protocol) -based network and the solution for delay
problem caused by IP network characteristics. In its development, THP/ARP
(Traffic Handling Priority/Retention Priority Allocation) feature is used for data
services prioritization and controlled by the PCRF (Policy and Charging Rule
Functin) for the pricing mechanism.
PT. XL Axiata have not seen the End to End QoS technology as a key factor in
maintaining the network quality and the main solution for revenue growth
decreasing trend as result of displacement use of conventional services (SMS and
voice) into OTT (over The Top) services. This is evident from the lack of planing
for maintenance mechanism for End to End technology and THP/ARP feature
have not been exploited on the PT. XL Axiata's product. Though the THP/ARP
feature can be used to develop PT. XL Axiata data services business, while the
contribution of data services is only about 18% for revenue of PT. XL Axiata.
Implementation strategy of End to End QoS analysis using strategy management
theory, by identifying associated internal and external factors with the technology,
then map it to SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, and Threats) and
QSPM (Quatitative Strategic Planning Matrix) analysis to determine primary and
supporting strategies.
Based on the result of the SWOT analysis, PT. XL Axiata is in Quadrant I and
according to Pearce and Robinson (1998), companies that are in the quadrant has
a good strategic position ans suggested using a progressive strategic, meaning
PT. XL Axiata in prime conditio and steady, so it is possible to continue to
expand, growing, and achive the maximum progress.
In order to make the progressive strategy implementation running well, it requires
good maintenance of End to End QoS technology. The result of SWOT combined
with QSPM analysis is the regular maintenance mechanism based on the
combination of a specific time period or network growth gain greater value than
no maintenance option, and maintenance options based on the time period only or
network growth only."
Jakarta: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014
T47068
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Kiki Rizki Yunita
"Percepatan pelayanan perizinan di Indonesia dibutuhkan untuk meningkatkan peringkat kemudahan berusaha (EODB). Pemerintah Indonesia telah membuat portal layanan perizinan terintegrasi elektronik yang dikenal dengan sistem Online Single Submission (OSS) yang dikelola oleh Badan Koordinasi Penanaman Modal dan diintegrasikan dengan sistem pelayanan perizinan Pemerintah Daerah, dimana dalam pelaksanaannya masih terdapat keterlambatan 42% dalam penyelesaian Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) sampai dengan Oktober 2020. Penelitian ini bertujuan untuk membuat rancangan peningkatan kualitas pelayanan SIUP melalui OSS berdasarkan prioritas perbaikan kualitas layanan dengan melibatkan 150 responden. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah e-SQual untuk menentukan gap scoring antara persepsi dan ekspektasi, Model Kano digunakan untuk mengidentifikasi atribut perbaikan dan prioritas perbaikan layanan, dan metode Quality Function Deployment (QFD) digunakan untuk mendeskripsikan atribut layanan yang diinginkan oleh pelanggan menjadi komponen fungsional organisasi. Penelitian ini menghasilkan peningkatan kualitas layanan prioritas yang diharapkan oleh masyarakat sebagai pengguna layanan, yang diterjemahkan ke dalam respon teknis perbaikan dari penyedia layanan sistem OSS. Prioritas utama yang perlu dilakukan oleh organisasi penyedia layanan dalam hal ini BKPM RI dan DPMPTSP DKI Jakarta dalam usaha meningkatkan kualitas layanan SIUP melalui OSS adalah dengan melakukan penambahan petugas untuk layanan konsultasi secara daring (add personnel for online consulting services) dimana penambahan jumlah personil untuk berkonsultasi secara daring memungkinkan penyampaian informasi yang jelas sehingga meminimalisir permasalahan yang timbul.

Acceleration of licensing services in Indonesia is needed to increase the ease of doing business (EODB) ranking. The Indonesian government has created an electronic integrated licensing service portal known as the Online Single Submission (OSS) system which is managed by the Investment Coordinating Board and integrated with local government’s online licensing system, where in its implementation there is still a 42% delay in the completion of the Business Trading License (SIUP) until October 2020. This research aims to make a design to improve the service quality of SIUP through OSS based on priority services involving 300 respondents. The method used in this research is e-SQual to determine gap scoring between perceptions and expectations, Kano Model is used to identify improvement attributes and service improvement priorities, and the Quality Function Deployment (QFD) method is used to describe the service attributes desired by customers into organizational functional components. This research produces priority service quality improvements that are expected by the community as service users, which is translated into the technical responses of improvements from OSS system service providers. The main priority that needs to be done by service provider organizations in this case BKPM RI and DPMPTSP DKI Jakarta in an effort to improve the quality of SIUP services through OSS is to add personnel for online consulting services where additional personnel for online consulting services are added. online allows the delivery of clear information so as to minimize problems that arise. "
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2021
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rico Very Andriawan
"Skripsi ini membahas tentang perbandingan kualitas layanan jaringan dengan menggunakan mekanisme keamanan jaringan berupa Firewall dan Virtual Private Network (VPN). Jaringan yang dirancang akan menjalankan aplikasi jenis real time yaitu Voice Over Internet Protocol (VoIP) yang berjalan melalui Internet Protocol Version 4 (IPv4) dan Version 6 (IPv6) untuk mendapatkan nilai Quality of Service tertentu, yakni delay, jitter, packet loss dan throughput. Dalam proses pengujian dilakukan enam skenario untuk melihat performa jaringan, parameter yang dilihat yaitu packet loss, delay, throughput dan jitter dari aplikasi VoIP. Skenario pertama melihat performa jaringan pada kondisi normal melalui IPv4, skenario kedua melihat performa jaringan pada kondisi normal melalui IPv6, skenario ketiga menambahkan saluran VPN pada jaringan berbasis IPv4, skenario keempat menambahkan saluran VPN pada jaringan berbasis IPv6, skenario kelima menambahkan firewall dari jaringan VPN berbasis IPv4, skenario keenam menambahkan firewall dari jaringan VPN berbasis IPv6. Skenario pertama dan kedua digunakan sebagai perbandingan untuk melihat seberapa besar peninkatan atau penurunan performa jaringan dengan sebelum diimplementasikan mekansme keamanan jaringan berupa VPN atau VPN dan firewall. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penambahan mekanisme kemanan pada jaringan dapat menambah delay komunikasi pada aplikasi VoIP sebesar 3.01 sampai 36.70 ms untuk jaringan berbasis IPv4 dan 1.00 sampai 43.1 ms untuk jaringan berbasis IPv6, jitter sebesar 0.0017 sampai 0.0025 ms untuk jaringan berbasis IPv4 dan 0.0017 sampai 0.0066 ms untuk jaringan berbasis IPv6.

This paper discusses the comparative quality of network services using network security mechanisms such as Firewall and Virtual Private Network (VPN). Networks are designed to be run in real time application types, Voice Over Internet Protocol (VoIP), which runs through the Internet Protocol Version 4 (IPv4) and Internet Protocol Version 6 (IPv6) to get the value Quality of Service particular, delay, jitter, packet loss and throughput. The data obtained will be analyzed to find the effect of network security mechanisms on the quality of a network service. Network with security mechanism performance was examined by conducting six scenarios, and there are several network parameters that measured during the simulation such as delay, throughput, jitter, and packet loss. The first two scenarios tried to assess the network performance on the normal condition that through IPv4 for first and IPv6 for second, third and fourth scenarios assessed the network performance with VPN implementation that through IPv4 for third and IPv6 for fourth, the last two scenarios assessed the network performance with VPN and firewall implementation that through IPv4 for fifth and IPv6 for sixth. The first and second scenario is used as a comparison to see how implementation of security mechanism affect the network performance. The results shows that by security mechanism would increase the delay up to approximately 3.01 until 36.70 ms for IPv4-based and 1.00 until 43.2 ms for IPv6-based, increase the jitter approximately 0.0017 until 00.25 ms for IPv4-based and 0.0017 until 0.0066 ms for IPv6-based."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014
S58492
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Andi Aulia Putra
"ABSTRAK
Perkembangan teknologi digital telah menjadikan sistem automatisasi berkembang pesat. Tuntutan efisiensi dalam kegiatan operasi sebuah industri menjadikan sistem automatisasi menjadi bagian yang tidak terpisah dalam kegiatan-kegiatan operasi perusahaan manufaktur. Dalam menjalankan sistem automatisasi sensitifitas peralatan menjadi permasalahan yang sering terjadi dikarenakan kualitas sumber energi yang kurang baik, antara lain energy listrik. Masalah yang timbut yang dapat menyebabkan berhentinya proses produksi adalah turunnya tegangan temporer dibawah 0,9 p.u. Hal ini menyebabkan peralatan-peralatan yang memiliki tingkat sensitifitas yang tinggi seperti Programming Logic Control (PLC), Adjustable Speed Drive (ASD) dan Komputer (PC) menjadi padam. Namun karena gangguan tersebut temporer (kurang dari 1 detik) maka utilitas tidak merasakan hal tersebut sebagai gangguan, namun pelanggan merasakan sebagai gangguan. Selama tiga tahun terakhir (2017-2019), PLN UP3 Cikokol telah melakukan pengambilan data sampling pada salah satu pelanggan PLN, PT. Toray Politech Jakarta. Berdasarkan hasil evaluasi data kejadian dip pada jaringan listrik menyebabkan bertambahnya Energy Not Sale (ENS) sebesar 653,08 MWh pada pelanggan tersebut. Untuk itu maka dibutuhkan solusi untuk menghilangkan gangguan temporer yang disebabkan oleh dip tegangan. Studi ini akan membandingkan keekonomian antara Battery Energy Storage Sistem (BESS) dan Rotary uninterruptible Power Supply (RUPS). Penerapan kedua peralatan ini membutuhkan investasi yang akan berdampak kepada kenaikan biaya operasi PLN dan pelanggan. Dari hasil kajian dengan melakukan simusasi asumsi Pay Back period yang ditetapkan dalam jangka waktu 5 tahun maka didapat kanaikan Rupiah/kWh jual sebesar sebesar 201 Rp/kWh atau sebesar 17,86%, dan 623 Rp/kWh atau sebesar 55,44%

ABSTRACT
The Development of digital technology has made automation system devices become advance. Efficiancy demands on industrial operation make automation system as one of part that cant be sparated in operational manufacture industry. Sensitivity devices in automatic control system come to one of problem that can be finded, especialy in electrical power source quality. The case that could make problem when voltages drop become less then 0,9 pu, the control device likes Programming Logic Control (PLC), Adjustable Speed Drive (ASD) dan computer (PC) will mal function. In other side, voltage drop less than 1 second will not write as electrical disturbance in PLN, but operational process in customer will be shut-down. In last three years (2017-2019) PLN UP3-Cikokol had captured data from one of customer, PT Toray Politech Jakarta. Base-on data evaluation, dip voltage events in electrical network will make ENS (potensial energy sells) lost up to 653,08 MWh. Therefore it's important to fine the solution from this problem. This study would evaluate the economics between Battery Energy Storage system (BESS) and Rotary Uninterrupted Power Supply (RUPS). Investation cost dan operational cost will be counted and would be finded. By using assumption payback periode 5 years, additional price per kWh would be 201 Rp/kWh (17,86%) and 623 Rp/kWh (55,44%).
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2020
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rizki Hashi Wiyantirta
"Saat ini persaingan di industri retail minyak dan gas khususnya SPBU sangat kompetitif dan semuanya bersaing untuk meningkatkan kualitas pelayanan. Namun, sampai saat ini juga belum ada pengukuran kualitas terhadap digitalisasi yang telah hadir di SPBU. Tujuan dari tesis ini adalah untuk mengetahui dan mengidentifikasi kualitas layanan terhadap digitalisasi di SPBU menggunakan pendekatan Servqual terintegrasi Best Worst Method (BWM). Selain itu, penelitian ini juga ingin menunjukkan perbandingan metode antara Servqual yang familiar digunakan untuk mengukur kualitas layanan dengan metode Multi-Criteria Decision Making (MCDM) baru yaitu BWM. Data kriteria dimensi Servqual dan BWM dikumpulkan dari beberapa sumber seperti pakar ekspertis, Tools, dan literatur jurnal. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan 2 (dua) kuesioner yang pertama sesuai aturan Servqual dan yang kedua sesuai aturan BWM dengan target masing-masing 50 responden. Subjek penelitian ini dilakukan di 3 (tiga) SPBU Full Self Service area Jakarta, Tangerang, dan Bekasi. Pada tahap pertama didapatkan hasil pengukuran nilai Gap dengan Servqual dan hasil pengukuran peringkat dengan BWM. Setelah itu pada BWM dilakukan pembobotan lokal masing-masing kriteria dan sub-kriteria dan hasil akhir dilakukan agregasi sehingga didapatkan pembobotan global. Hasilnya menunjukkan reliable karena skor rasio konsistensi dibawah batas maksimal. Penelitian ini menemukan bahwa dimensi Digitalisasi dan Responsiveness serta Self Service dan Aplikasi Mobile pada sub-kriteria perlu ditingkatkan agar layanan SPBU meningkat. Tesis ini memiliki beberapa kekurangan yang perlu disempurnakan karena factor atau aspek bersifat dinamis dinamis dan dapat diperluas sesuai dengan kebutuhan jaman seperti faktor lokasi, factor social, dan lain-lain. Dilain hal metode ini dapat dikembangkan dan dipergunakan di berbagai sector serta dikombinasikan dengan metode lainnya seperti AHP, MOORA, TOPSIS, dan lain-lain.

Currently, competition in the oil and gas retail industry, especially gas stations, is very competitive and all of them compete to improve service quality. However, until now there has been no quality measurement of digitalization that has been present at gas stations. The purpose of this thesis is to find out and identify the quality of service to digitalization at gas stations using the Best Worst Method (BWM) integrated Servqual approach. In addition, this research also wants to show a comparison of the familiar Servqual method used to measure service quality with the new Multi-Criteria Decision Making (MCDM) method, namely BWM. Servqual and BWM dimension criterion data were collected from several sources such as expert experts, tools, and journal literature. Data collection was carried out by distributing 2 (two) questionnaires, the first according to Servqual rules and the second according to BWM rules with a target of 50 respondents each. The subject of this research was conducted at 3 (three) Full Self Service gas stations in the Jakarta, Tangerang and Bekasi areas. In the first stage, the Gap value measurement results were obtained with Servqual and the ranking measurement results with BWM. After that, the local weighting of each criterion and sub-criteria is carried out in BWM, and the final results are aggregated to obtain a global weighting. The results show reliable because the consistency ratio score is below the maximum limit. This study found that the dimensions of Digitalization and Responsiveness as well as Self Service and Mobile Applications on the sub-criteria need to be improved so that gas station services improve. This thesis has several shortcomings that need to be refined because the factors or aspects are dynamic and can be expanded according to the needs of the times such as location factors, social factors, and others. On the other hand, this method can be developed and used in various sectors and combined with other methods such as AHP, MOORA, TOPSIS, and others."
Jakarta: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Agus Sri Budi Cahyono
"Layanan Triple Play pada jaringan IP memerlukan teknik penerapan QoS terstandar
yang dapat menjamin kualitas layanan. Bila QoS tidak diimplementasikan dengan baik maka
berbagai masalah yang berkaitan dengan QoS dapat muncul yang dapat membuat layanan
Triple Play tidak berjalan dengan maksimal. Masalah ? masalah tersebut antara lain adalah
low throughput, dropped packet, errors, latency, jitter, out of delivery, dan terjadinya saturasi
bandwidth.Saturasi bandwidth merupakan faktor penting yang harus diperhatikan di jaringan
IP. Bagaimana menggaransi setiap kelas dari QoS akan mendapatkan bandwidth yang cukup
ketika terjadi network congestion. Diusulkan teknik policing traffic untuk memisahkan trafik
voice dari kelas yang lain daripada menggunakan teknik (Low Latency Queuing ? Weight Fair
Queuing) LLQ-WFQ. Hasilnya memperlihatkan bahwa penggunaan traffic policing dengan
penerapan (Random Early Detection) RED dapat menjamin semua kelas traffic dapat
terhindar dari saturasi bandwidth. Parameter hasil pengukuran memperlihatkan nilai end to
end delay untuk voice 0.02 second, voice jitter 0.00025 second,video delay 0.05 second,video
jitter 0.0005. Nilai paramater tersebut memenuhi rekomendasi standard ITU-Y1541.
Sedangkan untuk delay antrian 0.02 second.

ABSTRACT
Standard QoS implementation needs by IP network to gurantee the quality of Triple
Play service. Without good implementation of QoS many problem will happen regarding the
service quality. Problems come to such us low throughput, dropped packet, errors, latency,
jitter, out of deliverly and bandwidth starvation .Bandwidth starvation is an important factor
to consider when implementing in IP network. How to deliver all class facing network
congestion. Traffic policing has been proposed to used for separate voice traffic from other
class instead of using Low Latency Queuing (LLQ). Results show traffic policing with
combination using Random Early Detection (RED) can guarantee all class get enough
bandwidth and avoid bandwidth starvation. Simulation results show end to end delay for
voice 0.02 second, voice jitter 0.00025 second,video delay 0.05 second,v ideo jitter 0.0005.
These paramaters accepted ITU-Y1541 standard. For queuingdelay paramater the result is
0.02 second."
2016
T45400
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>