Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 162038 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Aris Setiawan
"Data adalah aset yang berharga bagi organisasi karena data yang berkualitas dapat memberikan keuntungan dan nilai bagi perusahaan serta memberikan peluang adanya pengembangan bisnis baru apabila dikelola dengan baik. Sedangkan kualitas data yang buruk dapat memberikan dampak negatif antara lain keputusan bisnis yang tidak akurat, penurunan pendapatan, peningkatan biaya operasional, penurunan kepercayaan dan kepuasan pelanggan, peningkatan waktu pemrosesan data, dan tidak dapat memenuhi kepatuhan terhadap peraturan maupun ekspektasi bisnis. PT IDN adalah fintech yang memberikan kemajuan teknologi digital dalam sektor pendidikan di Indonesia dengan menawarkan pengelolaan dan pembayaran tagihan pendidikan secara online. Penelitian ini mencoba untuk menilai tingkat kematangan kualitas data di PT IDN dengan menggunakan delapan karakteristik kualitas data dalam Loshin’s Data Quality Framework. Hasil dari penilaian ini didapatkan bahwa PT IDN memiliki tingkat kematangan kualitas data sebesar 1 pada komponen prosedur, tata kelola, standar, teknologi, dan pengelolaan kinerja. Sedangkan tingkat kematangan kualitas data sebesar 2 ditemukan pada komponen harapan, dimensi, dan kebijakan informasi. Berdasarkan hasil dari penilaian maturitas manajemen kualitas data saat ini dan tingkat maturitas kualitas data yang diinginkan, maka didapatkan adalah 12 rekomendasi aktivitas-aktivitas yang dapat dilakukan oleh PT IDN untuk meningkatkan kualitas datanya berdasarkan DAMA-DMBOK.

Data is an asset for organizations because quality data can provide benefits and value to the company and provide opportunities for new business development if managed properly. Meanwhile, poor data quality can have negative impacts including inaccurate business decisions, decreased revenue, increased operating costs, decreased customer trust and satisfaction, increased data processing time, and unable to meet regulatory compliance and business expectations. PT IDN is a fintech that provides advances in digital technology in the education sector in Indonesia by offering online management and payment of education bills. This study tries to assess the maturity level of data quality at PT IDN by using eight data quality characteristics in Loshin's Data Quality Framework. The results of this assessment show that PT IDN has a maturity level of data quality of 1 on the components of procedures, governance, standards, technology, and performance management. While the maturity level of data quality of 2 is found in the components of expectations, dimensions, and information policies. Based on the results of the current data quality management maturity assessment and the desired level of data quality maturity level, it is found that there are 12 recommended activities that PT IDN can do to improve its data quality based on DAMA-DMBOK."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2021
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Aris Setiawan
"Data adalah aset yang berharga bagi organisasi karena data yang berkualitas dapat memberikan keuntungan dan nilai bagi perusahaan serta memberikan peluang adanya pengembangan bisnis baru apabila dikelola dengan baik. Sedangkan kualitas data yang buruk dapat memberikan dampak negatif antara lain keputusan bisnis yang tidak akurat, penurunan pendapatan, peningkatan biaya operasional, penurunan kepercayaan dan kepuasan pelanggan, peningkatan waktu pemrosesan data, dan tidak dapat memenuhi kepatuhan terhadap peraturan maupun ekspektasi bisnis. PT IDN adalah fintech yang memberikan kemajuan teknologi digital dalam sektor pendidikan di Indonesia dengan menawarkan pengelolaan dan pembayaran tagihan pendidikan secara online. Penelitian ini mencoba untuk menilai tingkat kematangan kualitas data di PT IDN dengan menggunakan delapan karakteristik kualitas data dalam Loshin’s Data Quality Framework. Hasil dari penilaian ini didapatkan bahwa PT IDN memiliki tingkat kematangan kualitas data sebesar 1 pada komponen prosedur, tata kelola, standar, teknologi, dan pengelolaan kinerja. Sedangkan tingkat kematangan kualitas data sebesar 2 ditemukan pada komponen harapan, dimensi, dan kebijakan informasi. Berdasarkan hasil dari penilaian maturitas manajemen kualitas data saat ini dan tingkat maturitas kualitas data yang diinginkan, maka didapatkan adalah 12 rekomendasi aktivitas-aktivitas yang dapat dilakukan oleh PT IDN untuk meningkatkan kualitas datanya berdasarkan DAMA-DMBOK.

Data is an asset for organizations because quality data can provide benefits and value to the company and provide opportunities for new business development if managed properly. Meanwhile, poor data quality can have negative impacts including inaccurate business decisions, decreased revenue, increased operating costs, decreased customer trust and satisfaction, increased data processing time, and unable to meet regulatory compliance and business expectations. PT IDN is a fintech that provides advances in digital technology in the education sector in Indonesia by offering online management and payment of education bills. This study tries to assess the maturity level of data quality at PT IDN by using eight data quality characteristics in Loshin's Data Quality Framework. The results of this assessment show that PT IDN has a maturity level of data quality of 1 on the components of procedures, governance, standards, technology, and performance management. While the maturity level of data quality of 2 is found in the components of expectations, dimensions, and information policies. Based on the results of the current data quality management maturity assessment and the desired level of data quality maturity level, it is found that there are 12 recommended activities that PT IDN can do to improve its data quality based on DAMA-DMBOK."
Jakarta: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2021
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Tarigan, Junaidi Cerdas
"Dalam rangka melakukan pengawasan dan pengaturan terintegrasi terhadap seluruh sektor jasa keuangan di Indonesia, pemerintah Republik Indonesia bersama dengan Dewan Perwakilan Rakyat telah membentuk Otoritas Jasa Keuangan berdasarkan Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2011 tentang Otoritas Jasa Keuangan. Dengan terbentuknya Otoritas Jasa Keuangan ini diharapkan tujuan penguatan sektor jasa keuangan di Indonesia dapat tercapai dengan adanya satu institusi pengawas dan pengatur di sektor jasa keuangan. Sejak terbentuknya Otoritas Jasa Keuangan telah disusun dan diterbitkan ratusan kebijakan di sektor jasa keuangan dan secara khusus terdapat beberapa ketentuan yang diterbitkan oleh Otoritas Jasa Keuangan di bidang Pasar Modal. Namun demikian, kebijakan dan pengaturan yang diterbitkan oleh Otoritas Jasa Keuangan tersebut belum memberikan dampak signifikan secara khusus kepada Perusahaan Efek, karena belum memperhatikan postur industri, inklusi Pasar Modal yang masih sangat kurang, dan beberapa kebijakan yang dirasa menjadi beban tambahan bagi Perusahaan Efek.

In order to do integrated supervision and regulation of financial services sector in Indonesia, the government and the House of Representatives of Indonesia established Otoritas Jasa Keuangan Indonesia Financial Services Authority based on Law Number 21 of 2011 concerning Otoritas Jasa Keuangan. Through Otoritas Jasa Keuangan, it is expected that the strengthening of financial services sector in Indonesia can be achieved under one supervisory and regulatory institution. Since its establishment, Otoritas Jasa Keuangan issued many regulations and policies in financial services sector, specifically in the Capital Market sector. However, the regulations and policies issued by Otoritas Jasa Keuangan have not had any significant impact to Securities Companies, because the policies and regulations have not taken into account the structure of Indonesia Capital Market industry, insufficient Capital Market inclusion, and many of that policies and regulations are deemed to be additional cost by the Securities Companies."
2017
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ni Putu Ayu Kartika Diva Putri
"Laporan magang ini mengevaluasi kesesuaian prosedur yang dijalankan oleh PT MDR dalam aktivitas konsolidasi laporan keuangan PT AGL. PT AGL merupakan entitas anak perusahaan dari PT MDR dengan persentase kepemilikan 99,99% yang bergerak di bidang kesehatan digital. PT MDR didirikan pada tahun 2021 sebagai entitas anak baru dan merupakan bentuk ekspansi PT CHR (salah satu perusahaan seluler di Indonesia) dalam bidang digital. Fokus pembahasan terletak pada kesesuaian prosedur PT MDR dalam aktivitas konsolidasi laporan keuangan PT AGL dengan PSAK No. 65 tentang Laporan Keuangan Konsolidasian. Prosedur yang menjadi bahasan utama adalah terkait 3 (tiga) tahapan penting dalam proses konsolidasi. Berdasarkan evaluasi yang telah dilakukan, diperoleh hasil bahwa prosedur konsolidasi yang dilakukan oleh PT MDR terhadap laporan keuangan PT AGL telah sesuai dengan referensi dan standar akuntansi yang berlaku.

This internship report addresses the procedures undertaken by PT MDR in consolidating PT AGL’s financial statements. PT AGL is a subsidiary company of PT MDR with a 99.99% ownership that operates in the digital healthcare sector. PT MDR was established in 2021 as a new holding company that represents the expansion of PT CHR (a cellular company in Indonesia) in the digital sector. The primary focus of the discussion revolves around the adequacy of PT MDR's procedures in consolidating PT AGL's financial statements in accordance with PSAK No. 65, which pertains to Consolidated Financial Statements. The main topics under examination relate to 3 (three) significant stages in the consolidation process. Upon evaluation, it has been determined that PT MDR's consolidation procedures for PT AGL's financial statements align with the relevant references and accounting standards."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Mohammad Ilham Dwiputra
"Laporan magang ini membahas mengenai evaluasi prosedur finalisasi atas laporan keuangan pada PT GGWP Indonesia yang dilaksanakan oleh KAP WML Indonesia untuk tahun buku 2021. PT GGWP Indonesia adalah perusahaan yang bergerak pada produksi komponen otomotif dan memiliki klien yang tersebar secara nasional maupun secara internasional. Evaluasi berfokus pada kesesuaian kegiatan prosedur finalisasi atas laporan keuangan yang dilakukan dengan kerangka evaluasi meliputi Standar Audit (SA). Berdasarkan evaluasi yang sudah dilakukan terhadap prosedur audit yang sudah dilaksanakan, yaitu finalisasi atas laporan keuangan, sudah sesuai dengan standar yang berlaku dan kerangka evaluasi, yaitu Standar Audit (SA), dan Hayes, et al. (2014). Selain itu, seluruh asersi yang ingin diuji juga sudah terbuktikan melalui prosedur finalisasi atas laporan keuangan. Selain itu, laporan magang ini juga berisikan refleksi diri selama menjalankan program magang beserta kegiatan tindak lanjut kedepannya untuk proses pengembangan diri berdasarkan aspek positif dan negatif yang terjadi dalam pengalaman program magang.

This internship report discusses audit procedure of financial statement finalisation on PT GGWP Indonesia conducted by KAP WML Indonesia for the fiscal year 2021. PT GGWP Indonesia is a company engaged in the production of automotive component and has clients both nationally and internationally. The evaluation focuses on the compatibility of the audit procedure of financial statement finalisation performed with the evaluation framework, which includes Standar Audit (SA). Based on the evaluation of audit procedures performed, which is the financial statement finalisation procedures, are already following applicable standards and evaluation framework, which are Standar Audit (SA) and Hayes, et al. (2014). Moreover, all the assertions which are need to be tested have been verified through financial statement finalisation procedure. This internship report also include self-reflection from the internship program and the next step plan for the self- improvement process based on positive and negative aspect that happened in the internship program’s experience."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Dinda Riski Maheresmi
"Laporan magang ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan prosedur eliminasi atas transaksi antar entitas dalam satu grup PT XYZ. PT XYZ merupakan salah satu perusahaan terbesar di Indonesia yang bergerak di 7 (tujuh) segmen bisnis dan memiliki puluhan entitas anak sehingga diperlukan adanya proses konsolidasi. Proses eliminasi transaksi antar entitas merupakan proses yang sangat penting dalam rangka membentuk laporan keuangan konsolidasian. Evaluasi dalam laporan ini berfokus pada eliminasi transaksi melalui pembuatan jurnal suspense. Proses eliminasi ini dibandingkan dengan SOP Pengerjaan Jurnal Suspense PT XYZ. Hasil analisis dan evaluasi menunjukkan bahwa tahapan pengerjaan jurnal suspense sudah sesuai dengan prosedur pengerjaan di SOP dan PT XYZ telah melakukan eliminasi atas transaksi antar entitas dalam satu grup. Pada bagian akhir laporan magang, dilakukan refleksi dan evaluasi diri terhadap kegiatan magang sebagai Accounting Analyst Intern di PT XYZ.

This internship report aims to evaluate the implementation of the elimination procedures for intercompany transactions within the PT XYZ group. PT XYZ is one of the largest companies in Indonesia, operating in seven business segments and owning numerous subsidiaries, so that requires a consolidation process. Eliminating intercompany transactions is crucial for preparing consolidated financial statements. This report focuses on evaluating the elimination of transactions through the creation of suspense journals. The process is compared with PT XYZ's SOP for Suspense Journal Preparation. The analysis shows that the stages of suspense journal preparation comply with the SOP and PT XYZ has eliminated intercompany transactions within the group. At the end of the report, there is a reflection and self-evaluation of the internship activities as an Accounting Analyst Intern at PT XYZ."
Depok: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Indonesia, 2024
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Galuh Riawati
"Pada tahun 2023 Kementerian BUMN menduga adanya manipulasi laporan keuangan PT X dengan adanya pelaporan laba selama bertahun-tahun namun arus kas negatif, gagal bayar sehingga digugat pailit. Penelitian bertujuan menganalisis indikasi manipulasi laporan keuangan dan pengendalian internal atas laporan keuangan (ICOFR) di PT X perusahaan dari tahun 2013-2022. Indikasi manipulasi laporan keuangan diperoleh dari  perhitungan Beneish M-Score. Analisis  ICOFR dilakukan dengan skoring menggunakan manual content method terhadap 90 indikator ICOFR A Compendium of Approaches and Examples. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat indikasi manipulasi laporan keuangan pada PT X kecuali pada tahun 2020 dan 2021 dan pengendalian internal atas laporan keuangan semakin membaik dari tahun ke tahun. Nilai ICOFR yang bagus tidak menjamin laporan keuangan terbebas dari indikasi manipulasi laporan keuangan.

In 2023, the Ministry of State-Owned Enterprises suspects that there has been manipulation of the financial reports of PT X, with reporting profits for years but negative cash flow, failure to pay so that it was sued for bankruptcy. The research aims to analyze indications of manipulation of financial reports and internal control over financial reports (ICOFR) at PT X. The research uses secondary data in the form of company annual reports from 2013-2022. Indications of financial report manipulation are obtained from the Beneish M-Score calculation. ICOFR analysis is carried out by scoring using the manual content method of 90 ICOFR A Compendium of Approaches and Examples indicators. The research results show that there are indications of manipulation of financial reports except in 2020 and 2021 and internal control over financial reports is getting better from year to year. Good ICOFR score does not guarantee that financial reports are free from indications of manipulation."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2024
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Alia Ranti
"Laporan magang ini disusun untuk mengevaluasi penyajian laporan keuangan PT XYZ tahun 2023 berdasarkan PSAK 1 dan PSAK 2 dari segi non-audit. Evaluasi dilakukan untuk memastikan kepatuhan penyajian laporan keuangan PT XYZ dengan standar akuntansi yang berlaku. Evaluasi dilakukan dengan memeriksa kelengkapan komponen laporan keuangan yang terdiri dari laporan posisi keuangan, laporan laba rugi dan penghasilan komprehensif lain, laporan arus kas, laporan perubahan ekuitas, dan catatan atas laporan keuangan terhadap kesesuaian penyajian komponen laporan keuangan dengan ketentuan standar akuntansi yang berlaku. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa laporan keuangan PT XYZ tahun 2023 telah sesuai dengan PSAK 1 dan PSAK 2. Auditor juga telah memberikan opini wajar tanpa pengecualian. Dalam laporan magang ini, Penulis juga membahas refleksi diri berdasarkan pengalaman berharga yang didapat selama magang di KAP ABC dalam menggunakan platform Workiva, meningkatkan keterampilan manajemen waktu dan proyek, serta bekerja bersama tim.

This internship report was prepared to evaluate the presentation of PT XYZ's 2023 financial statements based on PSAK 1 and PSAK 2 from a non-audit perspective. The evaluation was carried out to ensure compliance of PT XYZ's financial statement presentation with the applicable accounting standards. The evaluation involved examining the completeness of the financial statement components consisting of the statement of financial position, the statement of profit or loss and other comprehensive income, the statement of cash flows, the statement of changes in equity, and the notes to the financial statement, to ensure their compliance with the applicable accounting standards. The evaluation results indicate that PT XYZ's financial statements for 2023 are in accordance with PSAK 1 and PSAK 2. The auditor has also provided an unqualified opinion. In this internship report, the author also discusses self-reflection based on the valuable experiences gained during the internship at KAP ABC, including the use of the Workiva platform, improving time and project management skills, and working as part of a team. Key Words: Accounting, PSAK"
Depok: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Indonesia, 2024
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Tania Uma Marvelyn
"Laporan magang ini merupakan hasil evaluasi selama kegiatan magang di PT XYZ yang membahas dan mengevaluasi prosedur dan konstruksi Rekonsiliasi Bank di PT XYZ. Kegiatan utama dalam penyusunan Laporan Keuangan di PT XYZ adalah melakukan Rekonsiliasi Bank. Rekonsiliasi Bank akan dilakukan pada awal bulan dan berdasarkan evaluasi; Proses Rekonsiliasi Bank telah dilakukan dengan baik setiap bulannya oleh pihak yang berwenang.

This internship report is the result of an evaluation during the internship activities at PT XYZ that discusses and evaluates the procedure and construction of Bank Reconciliation in PT XYZ. The main activity in preparing the Financial Statements in PT XYZ is making Bank Reconciliation. Bank Reconciliation will be done at the beginning of the month and based on the evaluation; Bank Reconciliation process has been done properly on a monthly basis by the authorized person."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Gerald Oktavianus Hugo
"Laporan magang ini mengevaluasi prosedur analisis dan valuasi bisnis yang dilakukan di PT. YCD Sekuritas Indonesia dengan teori-teori yang dengan skema analisis top-down. Skema tersebut dimulai dari analisis makroekonomi, industri, strategi bisnis dan keuangan emiten, dilanjutkan dengan proses forecasting laporan keuangan, dan berakhir pada valuasi bisnis. PT. YCD Sekuritas Indonesia adalah perusahaan efek dengan penawaran utama berupa layanan perantara perdagangan efek berbasis ekuitas kepada klien lokal maupun asing. Produk yang ditawarkan PT. YCD Sekuritas Indonesia adalah laporan hasil riset yang berguna bagi keputusan investasi klien-kliennya. Penulis turut berkontribusi dalam proses analisis dan valuasi bisnis yang menjadi bahan laporan inisiasi salah satu perusahaan publik di Indonesia, terutama dari segi pembuatan model finansial dan valuasi bisnis perusahaan. Berdasarkan hasil evaluasi, proses analisis dan valuasi bisnis di PT. YCD Sekuritas Indonesia sudah sesuai dengan teori-teori yang ada. Akan tetapi, terdapat perbedaan metode dan input yang digunakan PT. YCD Sekuritas Indonesia dalam perhitungan Free Cash Flow to Firm (FCFF) dan Weighted Average Cost of Capital (WACC) dengan teori yang ada namun perbedaan tersebut memiliki alasan yang jelas berdasarkan praktiknya. Selain itu, laporan magang ini juga membahas refleksi diri penulis selama kegiatan magang dan rencana pengembangan diri usai penulisan dan proses magang di PT. YCD Sekuritas Indonesia.

This internship report evaluates the business analysis and valuation procedures carried out at PT. YCD Sekuritas Indonesia with theories based on a top-down analysis scheme. The scheme starts with analysis of macroeconomics, industry, business strategy and financial analysis, continues with the process of forecasting financial statements, and ends with business valuation. PT. YCD Sekuritas Indonesia is a securities company with main offerings in the form of equity-based securities brokerage services to local and foreign clients. The product offered by PT. YCD Sekuritas Indonesia is a research report that is useful for its clients' investment decisions. The author contributes to the process of business analysis and valuation which is the subject of an initiation report for one of the public companies in Indonesia, especially in terms of making the company's financial model and business valuation. Based on the evaluation results, the business analysis and valuation process at PT. YCD Sekuritas Indonesia is in accordance with existing theories. However, there are differences in the methods and inputs used by PT. YCD Sekuritas Indonesia in calculating Free Cash Flow to Firm (FCFF) and Weighted Average Cost of Capital (WACC) with the existing theory, but these differences have clear reasons based on practice. In addition, this internship report also discusses the author's self-reflection during the internship and self-development plans after writing and the internship process at PT. YCD Sekuritas Indonesia."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>