Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 140126 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Sihombing, Tiur
"Latar Belakang: Penduduk lanjut usia (lansia) terus mengalami peningkatan seiring kemajuan di bidang kesehatan yang ditandai dengan meningkatnya angka harapan hidup, menurunnya angka kematian dan jumlah orang dengan demensia (ODD) yang juga cenderung bertambah. Masalah kesehatan jiwa ini kurang teridentifikasi oleh para tenaga kesehatan dan lansia itu sendiri. Oleh karena itu penting dilakukan identifikasi dan penilaian kebutuhan yang tidak terpenuhi (unmet needs) bagi para lansia dengan demensia khususnya demensia ringan hingga sedang. Kebutuhan yang tidak terpenuhi (unmet needs) yang sudah teridentifikasi disertai dengan persepsi dan harapan para lansia akan menjadi masukan positif dalam merancang program layanan day hospital care.
Metode: Penelitian ini menggunakan mixed method design. Penelitian tahap pertama adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan instrumen CANE (Camberwell Assessment of Need for the Elderly) untuk menilai kebutuhan yang tidak terpenuhi (unmet needs) pada lansia dengan Demensia ringan – sedang. Penelitian tahap kedua adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode Delphi yang dilaksanakan dalam dua putaran dan melibatkan sembilan ahli yang berprofesi dan berkecimpung menangani lansia. Putaran pertama dengan menggunakan kuesioner berisi open-ended question yang dituangkan dari berbagai referensi menghasilkan rancangan konsep awal isi materi modul. Putaran kedua merupakan pengembangan isi materi modul dengan menggunakan kuesioner empat skala Likert. Hasil putaran kedua dianalisis dengan menilai median dan Interquartile Range (IR) untuk menghasilkan konsensus para ahli sehingga modul layanan Day Hospital Care terbentuk.
Hasil: Dari penelitian tahap pertama didapatkan lima proporsi unmet needs terbesar, yaitu pertemanan (26,0%), distres psikologis (20,8%), relasi akrab (19,8%), daya ingat (16,7%), dan kegiatan harian (10,4%). Dari putaran pertama metode Delphi diperoleh masukan dari para ahli untuk pengembangan isi materi yang terdapat dalam rancangan konsep awal modul. Hasil putaran kedua dari analisis skala Likert ditemukan adanya konsensus di antara para ahli bahwa isi materi yang tercantum dalam modul telah sesuai dengan target yang ingin dicapai dalam setiap bagian (bagian awal, bagian tengah, dan bagian akhir) dalam modul.
Simpulan: Pembuatan modul layanan Day Hospital Care ini melalui dua tahap penelitian yaitu penelitian kuantitatif dan penelitian kualitatif sehingga menghasilkan suatu modul yang terstruktur, yang berisikan materi yang telah sesuai dalam setiap bagian dengan target yang akan dicapai.

Background: The number of elderly population continues to increase as the advancement in healthcare grows, which is shown by the increase of life expectancy, the declining mortality rates, and the surge of person with dementia (PwD). This mental health issue is barely identifiable by health workers and the elderly themselves. Therefore it is important to evaluate and identify the unmet need of the people with dementia, especially mild to moderate dementia. The unmet needs that have been identified along with the perceptions and expectations of the elderlies will be positive inputs in designing the Day Hospital Care Service program.
Methods: This study uses the mixed method design. The first phase is a quantitative research which utilizes CANE (Camberwell Assessment of Need for the Elderly) instrument to assess the unmet needs of the elderlies with mild to moderate dementia. The second phase is a qualitative research which utilizes the Delphi method that is done in two rounds and involves nine experts who worked with the elderlies. The first round uses a questioner with open-ended questions from various references that assembles an early concept of the module’s contents. The second round is about the development phase of the module’s contents which uses the four scale Likert questionnnaire. The outcome from the second round is analyzed by assessing the median and Interquartile Range (IR) to generate a consensus by the experts so that the Day Hospital Care service module is established.
Results: The first phase of the research procured five substantial unmet needs proportion, which are friendship (26.0%), psychological distress (20.8%), close relations (19.8%), memory dysfunction (16.7%), and daily activities (10.4%). The first round uses the Delphi method which procures insight from experts to develop the early concept of the module’s contents. The results of the second round from the Likert scale, resulting a consensus among the experts regarding the contents that is written in the module are in accordance with the targets to be achieved in each section (the beginning, the middle, and the end) of the module.
Conclusion: The production of The Day Hospital Care Service module requires a two phase research which are quantitative and qualitative research, hence producing a module that is well-structured, which contains materials that has been accurate in every section with a goal to be achieved.
"
Jakarta: Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, 2022
SP-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Delis Septianti Balgis
"Rumah Sakit Khusus Daerah (RSKD) Duren Sawit merupakan salah satu rumah sakit di daerah Jakarta Timur yang telah mendukung pengembangan Sistem Informasi Kesehatan Daerah (SIKDA) DKI Jakarta, yaitu dengan cara mengimplementasikan Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS). Saat ini RSKD Duren Sawit sedang dalam tahap penerapan keamanan informasi SIMRS berdasarkan ISO/IEC 27001. Hal tersebut selaras dengan adanya Peraturan Mentri Kominfo No.4 tahun 2016 tentang sistem standar manajemen pengamanan informasi untuk penyelenggaraan sistem elektronik. Namun berdasarkan hasil evaluasi indeks Keamanan Informasi (KAMI) dari Badan Siber dan Sandi Negara, penerapan keamanan informasi di RSKD Duren Sawit belum memenuhi standar keamanan informasi. Penyebab utama dari permasalah tersebut ialah belum adanya penerapan manajemen risiko yang belum mengacu pada standar keamanan informasi. Oleh karena itu, perlu adanya perancangan manajemen risiko keamanan informasi untuk SIMRS RSKD Duren Sawit. Penelitian ini menggunakan kerangka kerja ISO/IEC 27005 sebagai panduan dalam merancang manajemen risiko serta mendukung konsep umum yang ditetapkan dalam ISO/IEC 27001. Pengumpulan data dilakukan dengan dua cara yaitu primer dan sekunder. Pengumpulan data primer berdasarkan wawancara secara langsung di Bagian Pelaksanan SIMRS RSKD Duren Sawit. Pengumpulan data sekunder dilakukan dengan menganalisis dokumen internal RSKD Duren Sawit terkait SIMRS. Penelitian ini menghasilkan 7 skenario risiko yang akan diterima (accept) dan 62 skenario yang akan dikontrol (mitigate). Rekomendasi kontrol disusun dengan mengacu pada ISO/IEC 27002. Berdasarkan penelitian ini dapat meminimalisir dampak kerugian bagi RSKD Duren Sawit. Selain itu, dapat meningkatkan keamanan informasi pada SIMRS RSKD Duren Sawit yang sesuai dengan regulasi pemerintah, serta dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan dan pengambilan keputusan pihak manajemen demi peningkatan layanan SIMRS RSKD Duren Sawit.

Rumah Sakit Khusus Daerah (RSKD) Duren Sawit is one of the hospitals in the East Jakarta area that has supported the development of the Regional Health Information System DKI Jakarta (SIKDA), by implementing the Hospital Management Information System (SIMRS). Currently RSKD Duren Sawit is in the stage of implementing information security SIMRS based on ISO/IEC 27001. This is in line with the Regulation of the Minister of Communication and Information No. 4 of 2016 concerning the standard system of information security management for the implementation of electronic systems. However, based on the results of the evaluation of Indeks Keamanan Informasi (KAMI) from Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), the application of information security in RSKD Duren Sawit is not yet fulfilled information security standards. The root cause of these problems is because information security risk management does not refer to information security standards. Therefore, it is necessary to design an information security risk management for SIMRS RSKD Duren Sawit. This research uses the ISO / IEC 27005 framework as a guide in designing risk management and supports the general concepts from ISO / IEC 27001. Data collection will be divided into primary and secondary data. Primary data collection is based on direct interviews with Bagian Pelaksanan SIMRS RSKD Duren Sawit. Secondary data collection will be done by analyzing the internal documents of RSKD Duren Sawit related to SIMRS. This research produces 7 risk scenarios that will be accepted and 62 scenarios that will be controlled (mitigate). Control recommendations are prepared by referring to ISO/IEC 27002. Based on this research can minimize the impact of losses for the Duren Sawit RSKD. In addition, it can improve information security on the Duren Sawit RSKD SIMRS in accordance with government regulations and can be used as a material for consideration and management decision making for the improvement of SIMRS RSKD Duren Sawit service.
"
Jakarta: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2020
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Amarina Anggraini
"Era perdagangan bebas yang telah disepakati dalam kerangka AFTA, APEC dan WTO mengharuskan setiap perusahaan meningkatkan perhatiannya kepada kebutuhan dan keinginan pelanggan. Dimana kebutuhan dan keinginan pelanggan tidak hanya terfokus pada keistimewaan karakteristik produk/jasa yang ditawarkan tetapi juga kualitas pelayanan yang menyertai produk/jasa tersebut, seperti waktu pelayanan dan ketepatan penyerahan.
Farmasi adalah salah satu unit di rumah sakit yang memberikan layanan produk dan jasa dalam bentuk layanan resep. Dimana bagi pelanggan mutu layanan resep farmasi yang baik umumnya dikaitkan dengan kecepatan pelayanan. Aktivitas yang terjadi pada proses operasi layanan resep diduga dipengaruhi oleh faktor jenis resep, jumlah item dan shift.
Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh faktor jenis resep, jumlah item dan shift terhadap efektifitas siklus aktivitas proses layanan resep farmasi rawat jalan di RS. Haji Jakarta yang diukur dengan rasio siklus efektifitas (CE) dikaitkan dengan kepuasan pelanggan dan persepsi pelanggan terhadap waktu yang terbentuk akibat aktivitas proses layanan resep.
Penelitian ini dilakukan di Unit Farmasi RS. Haji Jakarta dari tanggal 8 April sampai dengan 19 April 2002. Sampel penelitian sebanyak 231 lembar resep, penelitian dilakukan dengan pendekatan time motion study, survey dan wawancara mendalam.
Analisis yang digunakan adalah analisis univariat, bivariat dan multivariat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas proses layanan resep di farmasi Rawat Jalan RS. Haji Jakarta memiliki nilai rata-rata CE sebesar 38,75%. Ini berarti bahwa aktifitas layanan resep masih belum efektif karena masih terkandung aktifitas yang bersifat tidak menambah nilai. Tingkat kepuasan pelanggan terhadap layanan resep Farmasi Rawat Jalan RS. Haji Jakarta masih rendah dimana 55,4% menyatakan "kurang puas". Persepsi pelanggan terhadap waktu tunggu yang ditanggung saat menebus obatnya di Farmasi Rawat jalan RS. Haji Jakarta masih rendah dimana 45,7% menyatakan "lama" atas pelayanan resep Farmasi RS. Haji Jakarta.
Dari analisis bivariat didapat faktor yang berhubungan dengan kinerja aktivitas proses layanan resep farmasi rawat jalan yanitu faktor 'jenis resep' dan 'jumlah item' (beban resep). Dari analisis multivariat didapat variabel yang paling dominan berhubungan dengan kinerja aktivitas proses layanan resep farmasi rawat jalan yaitu faktor 'jenis resep'.
Berdasarkan hasil penelitian diharapkan informasi tentang kinerja proses layanan resep Farmasi Rawat Jalan di RS. Haji Jakarta dapat dijadikan pedoman bagi proses perbaikan dalam meningkatkan mutu layanan kefarmasian. Dengan melakukan pengelolaan aktivitas yang menambah nilai akan dihasilkan kinerja yang lebih efisien.

The Free-Trade era in the result of the AFTA, APEC and WTO Agreement are driving companies to focus more on their customer needs. Not only focusing on the characteristic specialities of the products/services offered, but also the quality that comes along within the product/service itself, such as service time and deliver accuracy.
Pharmacy is a unit in the hospital that gives products and services in the form of receipt services. Whereas for the customers, a good pharmacy's receipt services quality are usually related to providing quick service. The activities that occured in a receipt services operational process are hypothetically influenced by several factors; the receipts' kind, number of items and work-shift.
This research intended to discover the influence of all the above factors on how effective the activities cycle in a pharmacy's receipt services operational process in a hospital which are measured by the Cycle Effectiveness (CE) ratio, related to customers' satisfaction and perception about the formed time after the receipt services process.
The research took place in the Pharmacy Unit of the Rumah Sakit Haji Jakarta from April 8th to April 19th 2002. The research samples included 231 medical receipts. The research was also done with several approaches; time motion study, survey, and deep interviews.
The analyses being used are univariate, bivariate and multivariate analysis. The result of this research shows that the average CE value of the activity process in the pharmacy's receipt services in the Rumah Sakit Haji Jakarta are 38,75% which mean that such activity is not effective because there are still some non-added value activities. The customers' level of satisfaction is still low where there is still 55,4% stated 'not satisfied'. The customers' perception of the time length taken to wait for the medicine is still low, where 45,7% stated 'long' for the pharmacy's receipt services in the Rumah Sakit Haji Jakarta.
There's a factor concluded from the bivariate analysis that related to the performance of the activity process in the pharmacy's receipt service, which is the 'kind of receipts and numbers of item' factor. While from the multivariate analysis the most dominant variable related to the performance of the activity process in the pharmacy's receipt service, which is the 'kind of receipts'
Based on this research, hopefully the information about the performane of the activity process in the Rumah Sakit Haji, Jakarta pharmacy's receipt services can be used as some sort of guidance to improve process and increase the pharmacy's service quality. By managing an added value and a non-added value activity we will have a much more efficient performance as a result.
"
Depok: Universitas Indonesia, 2002
T444
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Feni Dwi Lestari
"Latar Belakang: Rumah Sakit Khusus Daerah Duren Sawit telah memiliki pengalaman besar dalam penanggulangan bencana Penyakit Infeksi Emerging (COVID-19), namun Rumah Sakit belum melakukan analisa dan merancang hospital disaster plan untuk penyakit infeksi. Ancaman bencana PINERE di masa mendatang dilaporkan akan menjadi lebih serius, sering terjadi karena faktor perubahan ekologi yang cepat, perubahan iklim dan peningkatan perjalanan. Rumah Sakit harus memiliki kesiapsiagaan terhadap bencana PINERE. Oleh karena itu, rumah sakit harus memiliki Hospital Disaster Plan Penyakit Infeksi.
Metode: Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, riset operasional menggunakan modifikasi dari Pedoman Kesiapsiaan Rumah Sakit Terhadap Epidemi oleh WHO, Daftar Tilik Kesiapan Rumah Sakit Dalam Masa Pandemi COVID-19 oleh Kemenkes dan teori manajemen risiko bencana. Lokasi penelitian di Rumah Sakit Khusus Daerah Duren Sawit yang merupakan milik Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.
Hasil: Penelitian ini menghasilkan rancangan Hospital Disaster Plan Penyakit Infeksi Emerging dan Re-Emerging (PINERE) Rumah Sakit Khusus Daerah Duren Sawit.
Kesimpulan: Rancangan Hospital Disaster Plan Penyakit Infeksi Emerging dan Re-Emerging (PINERE) Rumah Sakit Khusus Daerah Duren Sawit dapat dibahas lebih lanjut oleh manajemen Rumah Sakit untuk digunakan sebagai kesiapsiagaan terhadap bencana penyakit infeksi.

Background: The Duren Sawit Hospital has great experience in managing the Emerging Infectious Disease (COVID-19) disaster, but the hospital has not yet carried out an analysis and designed a hospital disaster plan for infectious diseases. The threat of future Infectious Disease disasters is reported to be more serious, often due to factors such as rapid ecological change, climate change and increased travel. Hospitals must have preparedness for the PINERE disaster. Therefore, hospitals must have a Hospital Disaster Plan for Emerging and Re-Emerging Infectious Diseases.
Methods: This research is qualitative research, operational research using modifications of the WHO Guidelines for Hospital Preparedness against Epidemics, the Hospital Readiness Checklist during the COVID-19 Pandemic by the Ministry of Health and disaster risk management theory. The research location is at the Duren Sawit Hospital which belongs to the DKI Jakarta Provincial Government.
Results: This research resulted in a draft Hospital Disaster Plan for Emerging and Re-Emerging Infectious Diseases (PINERE) for the Duren Sawit Regional Special Hospital
Conclusion: The draft Hospital Disaster Plan for Emerging and Re-Emerging Infectious Diseases for the Duren Sawit Hospital can be discussed further by the Hospital management to be used as preparedness for infectious disease disasters.
"
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ade Yanti Hidayat
"

Infeksi Daerah Operasi (IDO) merupakan salah satu infeksi terkait pelayanan kesehatan yang dapat terjadi pada pasien yang menjalani operasi. Salah satu upaya pencegahan terjadinya infeksi daerah operasi adalah dengan melakukan penerapan care bundle infeksi daerah operasi. Penerapan care bundle dianggap patuh apabila elemen care bundle dilakukan secara menyeluruh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan penerapan care bundle IDO dengan kejadian infeksi daerah operasi (IDO) di Rumah Sakit Fatmawati tahun 2023. Desain penelitian ini dengan menggunakan studi kasus kontrol dimana pengambilan data secara retrospektif dengan menggunakan sampel 388 dari data surveilans infeksi Healthcare Associated Infections (HAIs) dan data audit penerapan care bundle IDO Komite Pencegahan dan Pengendalian Infeksi Rumah Sakit Fatmawati, terdiri dari kelompok kasus 97 terjadi IDO dan kelompok kontrol 291 tidak terjadi IDO. Analisa data dilakukan dengan menggunakan regresi logistik. Hasil penelitian ini mendapatkan bahwa penerapan care bundle tidak patuh memiliki risiko 1,66 kali terjadi infeksi daearah operasi (IDO) dibandingkan dengan penerapan care bundle  patuh dengan (OR=1,66; 95% CI: 1,007-2,735) dan terbukti signifikan secara statistik  dengan p-value 0,046 (<0,05) setelah dikontrol oleh variabel umur dan variabel klasifikasi luka. Variabel kovariat yang juga berhubungan terhadap kejadian infeksi daerah operasi (IDO) di Rumah Sakit Fatmawati adalah umur ≥ 60 tahun berisiko 2,05 kali terjadi infeksi daerah operasi (IDO) dibandingkan umur < 60 tahun (OR= 2,05; 95% CI=1,08-3,89) dan variabel klasifikasi luka operasi terkontaminasi – kotor berisiko 4,48 kali terjadi infeksi daerah operasi (IDO) dibandingkan dengan luka bersih – bersih terkontaminasi (OR= 4,48; 95% CI=1,93-10,42). Hasil penelitian ini dapat juga menjadi masukan bagi Rumah SakitFatmawati untuk dapat lebih meningkatkan kepatuhan penerapan bundle dalam upaya pencegahan infeksi daerah operasi (IDO)

 


Surgical Site Infection (SSI) is one of the health care Associated infections that can occur in patients undergoing surgery. One effort to prevent surgical site infections (SSI) is to implement surgical site infection care bundle. The implementation of care bundle is considered compliant if the care bundle elements are carried out thoroughly. This study aims to determine the relationship between the implementation of SSI bundle care and the incidence of surgical site infections (SSI) at Fatmawati Hospital in 2023. This research design uses a case control study where data is collected retrospectively using a sample of 388 from Healthcare Associated Infections (HAIs) infection surveillance data, and audit data on the implementation of the SSI care bundle of the Fatmawati Hospital Infection Prevention and Control Committee, consisting of a group of 97 cases where SSI occurred and a control group of 291 where SSI did not occur. Data analysis was carried out using logistic regression. The results of this study found that implementing non-compliant care bundle had a 1.66 times risk of surgical site infection (SSI) compared to implementing compliant care bundle with an (OR=1,66; 95% CI: 1,007-2,735)  and was proven to be statistically significant with a p-value 0.046 (<0.05) after being controlled by age variables and wound classification variables. Covariate variables that are also related to the incidence of surgical site infection (SSI) at Fatmawati Hospital are age ≥ 60 years having a 2.05 times risk of surgical site infection (SSI) compared to age < 60 years (OR= 2,05; 95% CI=1,08-3,89) and The classification variable for contaminated - dirty surgical wounds has a 4.48 times risk of surgical site infection (SSI) compared to clean - clean contaminated wounds (OR= 4,48; 95% CI=1,93-10,42). The results of this research can also be input for Fatmawati Hospital to further improve compliance with bundle implementation in efforts to prevent surgical site infections (SSI).

 

 

"
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2024
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Meliana Zailani
"ABSTRAK
BOR yang rendah, biaya satuan rawat inap yang makin meningkat serta rasio tempat tidur per penduduk yang masih rendah, merupakan hal yang mendasari perlunya perbaikan mutu admisi rumah sakit. Penelitian potong lintang digunakan untuk mengetahui besaran masalah ketidaktepatan admisi. Sebagai instrumen pengukuran ketepatan admisi digunakan Protokol Evaluasi Ketepatan Admisi yang mengacu pada Evaluation Appropriateness Protocol for Appropriateness Admission. Rancangan penelitian kasus kontrol dipilih unluk melihat faktor penyebab dan peranannya.
Tujuan
Mengetahui besaran masalah ketidaktepatan admisi dan faktor penyebabnya, serta mengembangkan model diagnostik prakiraan ketidaktepatan admisi.
Metodologi dan Cara Penelitian
Penelitian dilakukan di ruang rawat inap bagian Ilmu Penyakit Dalam dan Bedah RSCM bulan Nopember 2000 sampai dengan Mei 2001.Uji validasi dan reliabilitas dilakukan pada tahap persiapan. Besar sampel penelitian potong lintang 323. Besar sampel penelitian kasus kontrol dengan sampel 570, 190 kasus dan 380 kontrol. Sampel diambil secara acak dari populasi penelitian yang terpilih.
Hasil penelitian
Uji validasi menghasilkan sensitivitas 87,5%,spesifisitas 66,6%, LR 2,65
Rasio ketidaktepatan admisi di RSCM 31, 6%
Variabel yang berperan terhadap ketidaktepatan admisi, variabel Rujukan (OR 7,564; CI95% 3,781; 15, 131) dari Faktor rujukan, variabel Jaminan pihak ketiga dari Faktor Jaminan Pihak ketiga (OR 4,089; CI95%2, 193-7, 625); variabel perencanaan pemeriksaan atau tindakan medis (OR 3,26; CI 95% 1,194; 8,897)dan variabel pelaksanaan asuhan keperawatan (OR 2,309; CI95% 1,481-3,599) dari faktor Pelayanan Provider; variabel Waktu admisi dari Faktor sikap pasien.(ORO, 115,CI 95% 0,072;0,814 )Variabel Kelengkapan pemeriksaan medis (or 1,475 95%Cl 0,949; 2,291) dari Ketersediaan Geografis(OR 3,405; 95%CI 0,895; 12,949) meskipun perannya secara statistik tidak bermakna, tetap diikutkan dalam permodelan dengan pertimbangan dibutuhkan secara teori dan kenyataan.
Permodelan logistik regresi yang dihasillkan dikembangkan dengan pembobotan dan skoring faktor, untuk memperoleh model diagnostik yang lebih mudah dalam penentuan probabilitas ketidaktepatan admisi.
Ketidaktepatan admisi dipengaruhi oleh faktor rujukan, faktor pelayanan provider, faktor pola pembiayaan dan faktor sikap pasien.

ABSTRACT
The low rate of HOR and the increasing of inpatient unit cost and the tow rate of heal/population become the basic reasons for improving the quality of hospital admission. Admission research has to he performed for quality improvement. By means epidemiological approach a cross-sectional design was used to determine inappropriate admission and case-control study to reveal risk factor and its consequences.
The Aim of Study
The general aim of this study is to obtain information on the rate of inappropriate admission problem in RSCM and the influencing factors and to search out o model tier predicting diagnostics of inappropriate admission
Method
Population taken for research was the inpatients in inpatient installation A and B of RSCM from December 2001 to May 2002. Research performed in two stages i.e.
Preliminary study was taken to ensure the validation and reliability instrumentation research stages, which consist of two sub stages i.e.:
Cross-sectional study in search of the proportion of admission inappropriateness according to the Appropriateness Admission Evaluation Protocol, and
Case-control study to test the hypotheses
Samples for arts, sectional study were 323 patients and 570 were taken as samples to ease control study. where 190 patient were for case study and 3817 were taken as control.
Result and Discussion
Sensitivity and specificity were ST.5 and 66.6 percents
Kappa coefficient was 0,56 - 0.74 percents so that it was concluded that there was a good agreement.
Cross-sectional study indicated that inappropriate admission (proportion) was 31.6 percents.
Multivariate analysis results revealed that a model designed from independent and dependent variables can he constructed with inferences such as:
Referral Factors:
Patients without referral has a risk of 7.6 higher than patients with referral
Provider Factors:
Imperfect medical examination planning or medical procedure scheduling has o risk of admission inappropriateness 3.3 higher than proper medical arrangement Patient's Perception Factors:
Patients admitted with perception of emergency have a risk of admission inappropriateness -115 lower than patient with out emergency admission
Payment Scheme Factors:
Patient covered by the insurance company has o risk of admission inappropriateness of 4.1 higher than patients paying with other payment scheme.
Inappropriate admission s influenced by several factor, service provider's factor, payment scheme factor and patient's perception factor.
"
Depok: Universitas Indonesia, 2004
D573
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Arinda Kurnitasari
"Skripsi ini membahas mengenai utilisasi pelayanan rawat inap program Jamkesda Kota Yogykarta tahun 2013-3015 berdasarkan jenis kepesertaan, jenis kelamin, umur, dan kelas rumah sakit. Penelitian ini adalah penelitian analisiskuantitaf yang bersifat deskriptif dengan pendekatan cross sectional dengan mengolah data sekunder yang di dapat dari tempat penelitian. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah total sampling. Seluruh data klaim dari 1 Januari 2013 s/d 31 Desember 2015 digunakan sebagai sampel. Analisis yang dilakukan adalah analisis Univariat.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengguna pelayanan rawat ina program Jaminan kesehatan Daerah Kota Yogyakarta menurun hing setengahnya dari tahun 2013 ke tahun 2015 yaitu dari 4.644 menjadi 2.422 yan sebanding dengan peningkatan jumlah peserta Badan Penyelenggara Jamina Sosial (BPJS) Kesehatan sedangkan rerata cost sharing pengguna berkisar Rp 1.004.640 s/d Rp 1.279.369 yang menunjukkan bahwa kemampuan bay pengguna Jamkesda setara iuran BPJS kesehatan selama tiga tahun. Jumlah kas rawat inap dari semua kelompok peserta menurun tetapi rata-rata biaya raw inapnya memiliki tren bervariasi yang dipengaruhi besaran biaya diagnos penyakit dan besaran cost sharing, yaitu pada tahun 2013 sebesar 28,7% nai menjadi 40% pada tahun 2014 dan turun di tahun 2015 menjadi 26,2%.
Jumlah kasus untuk jenis kelamin perempuan lebih tinggi yaitu 1.933 (55,4%) dan 1.37 (56,6%). Meskipun demikian, rata-rata biaya rawat inap untuk jenis kelamin lak laki selalu lebih tinggi dari jenis kelamin perempuan. Jumlah kasus terbanya pada umur 0-4 tahun (>10%) kemudian menurun hingga umur 10-14 tahun (<4 lalu naik lagi hingga puncaknya pada umur 50-54 tahun (7,6%-10,6%) dan setela itu menurun hingga umur 80+. Rata-rata biaya rawat inap semakin ting sebanding dengan kenaikan klasifikasi kelas rumah sakit. Rumah sakit kelas adalah yang paling tinggi rata-rata biaya rawat inapnya dan rumah sakit kelas adalah rumah sakit yang paling banyak penggunanya sedangkan rumah sakit kel C penggunanya paling sedikit.

This thesis discusses about the utilization of the inpatient-hospital care service of the Jaminan kesehatan daerah (Jamkesda) program at the city of Yogyakarta during year 2013-3015 based on the membership, sex, age, and hospital's class. This research is descriptive - quantitative research by using cross sectional approach. This research processes the secondary data in the research place. The technique in collecting the sample for this research is total sampling. All the claimed data in January 1st until December 31st 2015 is used as the sample. This research using univariat analysis.
The result of this research shows that the users of hospitalized service who uses Jamkesda program in Yogyakarta decreasing from 2013 to 2015 almost half of it that is from 4,644 become 2,422. It is comparable with the raise of BPJS Kesehatan members. Meanwhile, the cost sharing of the users is around Rp. 1,004,640 to Rp. 1,279.369. It shows that the ability of the Jamkesda members is same as BPJS Kesehatan members for three years. The amount of the hospitalized cases from all participants groups is decreasing, but the average of hospitalized cost has various trends influenced by disease diagnostics cost and cost sharing, that is 28.7% in 2013 become 40% in 2014 and in 2015 it is decreasing up to 26.2%.
The case for female is higher that is 1,933 (55.4%) and 1,371 (56.6%). However, the average hospitalized cost for male is higher than female. The greatest number of case is between the age of 0-4 years old (>10%) and then decrease until 10-14 years old (<4%) and increase up to the top of 50-54 years old (7.6%-10.6%) and after that decrease up to 80+ years old. Mostly, the hospitalized cost is getting higher compare to the raise of the hospital class classification. A-Class hospital has the highest rate and B-Class hospital is used by the most users, while C-Class hospital has the least users.
"
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2016
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dewita Restati
"ABSTRAK
Setiap pimpinan perusahaan, selalu dihadapkan kepada masalah pengambilan keputusan dan strategi dari pelaksanaan kegiatan perusahaan dalam rangka pencapaian tujuan dan sasaran perusahaan. Untuk dapat mengambil keputusan yang tepat dan strategi yang baik, para manajer membutuhkan informasi yang tepat dan lengkap.
Informasi yang tepat adalah, informasi yang isinya sesuai dengan yang dibutuhkan, penyampaiannya tepat pada waktu atau saat yang dibutuhkan dan disampaikannya tepat pada tempat atau tujuannya, yaitu orang yang membutuhkannya. Sedangkan informasi yang lengkap adalah, informasi yang menyeluruh sesuai dengan apa yang dibutuhkan dan tidak ada yang kurang.
Agar informasi yang dibutuhkan dapat tepat dan lengkap serta teratur diterimanya sesuai dengan masalah yang dihadapi para manajer, maka diperlukan Sistem Informasi. Demikian pula di Bidang Pemasaran, di mana memerlukan Sistem Informasi Pemasaran.
Rumah Sakit Graha Medika khususnya Bidang Pemasaran, dalam pengamatan penulis selama melakukan residensi belum mengembangkan Sistem Informasi Pemasarannya. Pengamatan ini didapat pada saat terjadi kendala dalam memasarkan Medical Check Up. Dan adanya Sistem Informasi Pemasaran ini akan membantu menghadapi permasalahan yang ada.
Tujuan penelitian adalah, agar didapat suatu desain Sistem Informasi Pemasaran yang seharusnya berlaku, serta memperoleh deskripsi mengenai mekanisme kerja dari komponen-komponen dalam Sistem Informasi Pemasaran, melalui permasalahan pemasaran yang dihadapi Bagian Medical Check Up.
Metode penelitian yang dipakai adalah, kualitatif-deskriptif.
Dari hasil penelitian ditemukan bahwa, Sistem Informasi. Pemasaran Rumah Sakit tidak ada, untuk itu diusulkan beberapa model Sistem Informasi Pemasaran. Hasil akhir dari model yang diusulkan adalah berupa gabungan model yang ada, dan kebutuhan informasi dari pihak yang berkepentingan dengan model tersebut, yaitu dari pihak Direksi, Kepala Bidang Pemasaran, Kepala Bagian Front Office dan Kepala Bidang Infosystem. Mekanisme kerja Sistem Informasi Pemasaran Rumah Sakit ini adalah berupa:
Sumber informasi: intern dan ekstern pemasaran
Proses: melalui sistem penunjang keputusan menjadi informasi
Hasil: rekomendasi keputusan pemasaran, yang diminta persetujuannya kepada Direksi untuk menjadi "Keputusan Pemasaran".
Pelaksanaan dari sistem yang akan dikembangkan ini diharapkan dapat meningkatkan kinerja, sehingga menjadi lebih efektif dan efisien untuk mencapai tujuan dan sasaran.

ABSTRACT
Development of a Marketing Information System at Graha Medika Hospital and Its Application to Medical Check UpsEvery company manager is constantly faced with the need to make decisions and form strategies for the company activities within the framework of reaching out the company's goals and targets. In order to make correct decisions and farm good strategies, managers need accurate and complete information.
Correct information is the information which is needed, conveyed at the right time i.e. when it is needed and conveyed to the correct place or for whom it is meant, i.e. the person who needs it. Complete information is thorough information in accordance with what is needed and with nothing lacking.
In order that the required information be accurately, completely and regularly received in accordance with problems faced by managers, an information system is .needed. The same is true in the field of marketing, where a Marketing Information System is needed.
Graha Medika Hospital, specifically in the field of marketing, after carrying out observations during the time the written was conducting "residensi" (stage before re-search), the hospital has not yet developed a Marketing Information System. The observations were made at a time when problems were arising in marketing Medical Check Ups. And the presence of a Marketing Information System would help to solve existing problems.
The objective of this research was to design an applicable Marketing Information System which should be put in place, and to obtain description regarding the work mechanism of the component of a Marketing Information System, through marketing problems, which were faced by Medical Check UP Department.
Method of Research used was descriptive - qualitative.
From the results of the research, it was found that the Hospital does not have a Marketing Information System, for this purpose several Marketing Information Systems were proposed. The 'final results of the proposed model is a combination of existing models, and the need for information of the relevant party with the said model, i.e. the Board of Directors, the Head of Marketing Division, the Head of Front Office Division, and the Head of Info system Division. Work mechanism of the Hospital Marketing Information System, are in the form of :
Information sources : internal and external marketing
Process: through the decisions support system it becomes information.
Results: recommendation of marketing decisions, which requires the Board of Directors approval to be "Marketing Decisions".
The implementation of the system to be developed is hoped to increase performance, so that the hospital becomes more effective and efficient in reaching out its goals and targets
"
Depok: Universitas Indonesia, 1996
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Rusmin
"Globalization era gives changing on 5c which is country, costs, customer. competitor and company Changing it charge hospital to increase service quality to patient and its family. Changing that also give impact on emulation that progressively tight deep grab potential market compartment The other impact is felt is increasing total bed so utilisasi is hospital that menurun can and can also increase. This condition of gets to be seen on case study at two swasta's hospitals that is at Makassafs city which is hospital Stella Maris and (`mestelina?s hospital hits utilisasi service nurses to lodge VIP'S class on year 2009. On year 2007 2008 RSG?S houses note GIMLET number services to nurse VIP?S class lodge just 53 % and 54 %, meanwhile RSSM is even greater which is 76 % and 74 %.
This research constitute research with quantitative approaching and kualitatitl Its aim wants to know determinant that is engaged utilisasi and quality picture services swasta's hospital. Observational data as data of primary which is acquired quantitative data with method surveys to utilize kuesioner where sample in observational it as much 200 respondents, one that its amount established by sampling tech slratzfied random is sampling with allocation method proportional. For kualitatifs data by methodics visceral interview on to amount to informan. There is data even its secondary is gotten by undertaking studies document.
Result observationaling to point out that no relationship among predisposing'S factor, enabling's factor and need's factor with utilisasi services to nurse VIP'S class lodge on RSG and RSSM 2009. Quality picture services hospital on RSSM better compared with by RSG. Picture services doctor on the two hospital with better. Appreciative picture services and RSSM'S rate less expensive and better than RSG. Therefore Stella Maris's hospital party and Grestelina's hospital needs to shortly notice utilisasi's determinant and increases hospital service quality, quality services doctor, point services hospital and mengkaji is rate that at establishes.

Era globalisasi memberikan perubahan pada 5C yaitu country, costs. customer, competitor dan company. Perubahan ini menuntut rumah sakit untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada pasien dan keluarganya. Perubahan tersebut juga memberikan dampak pada persaingan yang semakin ketat dalam merebut pangsa pasar potensial. Dampak yang lain dirasakan adalah peningkatan jumlah tempat tidur sehingga utilisasi rumah sakit dapat menurun dan juga dapat rneningkat. Kondisi ini dapat dilihat pada studi kasus di dua rumah sakit swasta yang ada di kota Makassar yaitu rumah sakit Stella Maris dan rumah sakit Grestelina mengenai utilisasi layanan rawat inap kelas VIP pada tahun 2009. Pada tahun 2007-2008 rumah RSG mencatat angka BOR layanan rawat inap kelas VIP hanya 53 % dan 54 %, sedangkan RSSM lcbih besar yaitu 76 % dan 74 %.
Penelitian ini merupakan pcnclitian dengan pendekatan kuantitatif dan kualitati Tujuannya ingin mengetahui determinan yang berhubungan dengan utilisasi serta gambaran kualitas layanan rumah Sakit Swasta. Data penelitian berupa data primer yaitu data kuantitatif yang diperoleh dengan metode survei menggunalcan kuesioner dimana sampel dalam penelitian ini sebanyak 200 responders, yang jumlahnya ditetapkan dengan teknik sampling stratified random sampling dcngan metode alokasi proporsional. Untuk data kualitatif dengan metode wawancara mendalam pada sejumlah informan. Adapun data sekundemya diperoleh dengan mclakukan telaah dokumen.
Hasil penelitian mcnunjukka.n bahwa tidak ada hubungan antara faktor predisposing, faktor enabling dan faktor need dengan utilisasi Iayanan rawat inap kelas VIP pada RSG dan RSSM tahun. Gambaran kualitas layanan rumah sakit pada RSSM Iebih baik dibandingkan dengan RSG. Gambaran layanan dokter pada kedua rumah sakit sama baiknya. Gambaran nilai layanan dan tarif RSSM lebih murah dan lebih baik dibandingkan RSG. Oleh karenanya pihak rumah sakit Stella Maris dan rumah Sakit Grestelina perlu untuk segera memperhatikan determinan utiilisasi dan meningkatkan kualitas layanan rumah sakit, kualitas layanan dokter, nilai layanan rumah sakit dan mengkaji tarif yang di tetapkan."
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2009
T32069
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Bambang Hadi Kartiko
"Pendahuluan :
Dengan meningkatnya bidang perumahsakitan pada saat sekarang ini yang juga diikuti dengan peningkatan dari "demand" masyarakat akan pelayanan kesehatan yang bermutu, maka diperlukan pengelolaan suatu rumah sakit yang efisien dan bermutu.
Namun dalam hal pengelolaan tersebut banyak faktor yang berperan, disamping sumber daya yang ada pada rumah sakit juga ada beberapa indikator sebagai tolok ukur keberhasilan / efisiensi dari suatu rumah sakit diantaranya adalah lama hari rawat dari pasien rawat inap.
Pada penelitian ini akan dianalisa faktor-faktor yang berhubungan dengan lama hari rawat pasien operasi di bagian kebidanan dan penyakit kandungan rumah sakit PMI Bogor, oleh karena sebagian bestir ( 72.28 %) dari 267 pasien yang mengalarni salah satu dari operasi seksio sesaren salpingooforektomi atau hietoroldomi mongalami perpanjangan lama hari rawat.
Tujuan peneltian :
Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini, adalah untuk melakukan analisa deskriptif faktor-faktor yang berhubungan dengan lama hari rawat pasien yang mengalami salah satu dan operasi seksio sesarea, salpingooforektomi atau histerektomi di bagian kebidanan dan penyakit kandungan nunah sakit PMI Bogor.
Metodologi penelitian:
Rancangan / disain penelitian ini, adalah merupakan studi "cross sectional"
Populasi penelitian adalah, pasien rawat inap di bagian kebidanan dan penyakit kandungan yang mengalami salah satu dari operasi seksio sesarea, salpingooforektomi atau histerektomi periode Januari sanipai dengan Desember 1994, sedangkan sampel penelitian adalah total populasi yaitu sebanyak 267 kasus yang mengalami salah satu dari ketiga nrncam operasi tersebut. Dan data yang digunakan merupakan data sekunder yang berasal dari catatan medik pasien di bagian rekam medik. Analisa yang dipergunakan adalah analisa univariat untuk melihat distribusi frekuensi dan analisa bivariat yang dalam hal ini dipergunakan penghitungan Odd Ratio dan uji Chi square.
Hasil penelitian:
Dari tujuh variabel yang diajukan ternyata lima variabel yang menunjukkan hubungun yang benuakna secara statistik dengan lama hari rawat pada operasi seksio sesarea, empat variabel pada operasi salpingooforektomi dan tiga variabel pada operasi histerektomi,dalam hal mana, tiga variabel ( sifat operasi, kelas perawatan dan penaggung jawab biaya ) menunjukkan hubungan yang bermakna secara statistik dengan lama hari rawat pada ketiga macaru operasi tersebut.
Kesimpulan :
Dari hasil penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa dari ketiga variabel yang menunjukkan hubungan yang bermakna secara statistik terhadap lama hari rawat, ternyata variabel sifat operasi dan kelas perawatan merupakan variabel yang selalu konsisten, artinya bahwa kedua variabel tersebut selalu muncul dan tetap pada setiap tindakan operasi. Dari variabel alasan pulang, disini peran dokter dalam menentukan kepulangan pasien dari rumah sakit mempunyai kontribusi yang cukup besar, hal ini dapat dimengerti oleh karena pasien yang pulang dari rumah sakit akan merasa puas apabila dipulangkan oleh dokter yang merawatnya. Sebaliknya variabel infeksi luka operasi menunjukkan hubungan yang tidak bermakna secara statistik dengan lama hari rawat pada ketiga macam operasi tersebut, hal ini antara lain oleh karena keterbatasan pada penelitian ini.
Saran :
Oleh karena variabel sifat operasi dan kelas perawatan mempunyai hubungan yang cukup erat dengan lama hari rawat, maka disurankan pada pihak rumah sakit bila menangani kasus-kasus yang termasuk dalam kategori ini hendaknya lebih intensif sehingga diharapkan terjadinya perpanjangan lama hari rawat dapat diperkecil.
Kiranya pihak rumah sakit memotivasi tenaga medis khususnya dokter ahli kebidanan dan penyakit kandungan untuk mempertimbangkan kepulangan pasien, sehingga diharapkan dapat membantu dalam upaya menekan terjadinya perpanjangan lama hari rawat.

The Factors those to be Connected With The Length of Stay of The Surgical Patient in The Section of Obstetrics and Gynecology at The Hospital PMI BogorIntroduction :
Along with the increasing of the present day field of hospitalization that to be followed by the increasing of the public's "demand" to obtain a healthy service with a good quality, in this case that the hospital itself should be handled in an efficient manner and in a good quality of service. However, in the handling itself there are so many factors with their own roles, not only due to the resource that is present in the hospital itself but also due to some indicators those exist as a measure of success 1 efficiency of the hospital, such as the length of stay of the inpatient. In this research, all factors those to be connected with the length of stay of the surgical patient in the section of obstetrics and gynecology at the hospital of PMI Bogor, because a large part of 267 patients has one of the surgical inpatients of the sectio caesarea, salpingooforectomy or histerectomy those have a lengthening of the length of stay.
The goal of the research :
The goal of this research is an analytical description of the factors those to be connected with the length of stay of the in patient that has one of the surgical treatments of the sectio caesarea, salpingooforectomy or histerectomy in the section of obstetrics and gynecology at the hospital of PMI Bogor.
Methodology of the research :
The design of this research is a "cross sectional" study.
The population of the research is the inpatient in the section of obstetrics and gynecology that has one of the surgical treatments of the sectio caesarea, salpingooforectomy or histerectomy during a period from January to December 1994, while the sampling of the research is a total population of the 267 cases those to be involved in one of the three kinds of the surgical treatments. The data that to be used is a secondary data that to be obtained from the medical record of the patient in the section of the medical copy. The analysis those to be used are, univariant analysis to see the distribution of the frequency, and the bivariant analysis use Odd Ratio and Chi square test for calculating.
The result of the research :
Of the seven variables those to be proposed in fact, only five of them show a meaningful connection statistically with the length of stay for the surgery of sectio caesarea, four variables for the surgery of salpingooforectomy and three variables for the surgery of histerectomy, however the three variables such as ( the nature of the surgery, the clue of the treatment and the underwriter of the cost) show a meaningful connection statistically with the length of stay for three kinds of the surgeries.
Conclusion :
The result of this research provides a conclusion that from the three variables those show a meaningful connection statistically toward the length of stay, in fact the variable of the nature of the surgery and the class of the treatment are the variables those always have been consistent, in another words both variables always present and exist in the measure of the surgery. By the variable of the reason of the homed patient, in this case the role of a physician to decide a homed patient out of the hospital has sufficiently large contribution, however it is understood that a homed patient that out of the hospital is no doubt owing a satisfaction because the patient is allowed to go home by a permission from the doctor who has treated him. In contrast that the variable of the infection wound of surgery shows an unmeaning connection statistically towards the length of stay against the three kinds of the surgeries, it is due to the limitation owned by this research.
Suggestion :
It is clear enough, both variables such as the nature of the surgery and the class of the treatment have a very close connection toward the length of stay, and therefore to be suggested, that the hospital as a medical center would handle all the cases in this category in more intensive way, to be hoped that it could decrease the lengthening of the length of stay. To be that the hospital as a medical center could motivate the medical persons especially the horned patient, in this case to be hoped that it could help the effort in decreasing the lengthening of the length of stay.
References : 38 ( 1969 - 1994 ).
"
Depok: Universitas Indonesia, 1996
T3619
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>