Ditemukan 115331 dokumen yang sesuai dengan query
Azalea Vinny Raisya Rosandya
"Periode emerging adulthood ditandai dengan memasuki jenjang pendidikan di perguruan tinggi dan menjadi mahasiswa. Banyak mahasiswa yang rela merantau ke kota lain demi mendapatkan pendidikan yang lebih baik. Mereka akrab disebut sebagai mahasiswa rantau. Meskipun begitu, pergi merantau tidak lepas dari berbagai hal yang menimbulkan stres. Oleh sebab itu, mahasiswa rantau perlu memiliki kemampuan resiliensi yang baik. Faktor individu dan keluarga memiliki peran yang sangat penting terhadap resiliensi. Keseimbangan antara faktor individu dan keluarga dapat terlihat dari kemampuan diferensiasi diri. Penelitian ini bertujuan untuk melihat peran diferensiasi diri sebagai prediktor dari resiliensi pada mahasiswa rantau. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Peneliti melakukan pengambilan data secara daring dengan menyebarkan kuesioner Differentiation of Self Inventory - Short Form untuk mengukur diferensiasi diri dan The 14-Item Resilience Scale untuk mengukur resiliensi. Total partisipan penelitian ini adalah 134 mahasiswa rantau yang berusia antara 18-24 tahun (M = 20,45 SD = 1,380). Hasil analisis multiple regression menunjukkan bahwa diferensiasi diri secara signifikan dapat memprediksi resiliensi mahasiswa rantau (R2 = 0,208, p < 0,05). Dari empat dimensi, dimensi I-position dan emotional cutoff secara signifikan mampu memprediksi resiliensi. Oleh karena itu, mahasiswa rantau dianjurkan untuk meningkatkan diferensiasi diri dengan mengoptimalkan I-position dan tidak melakukan emotional cutoff.
Emerging adulthood period is marked by entering higher education and becoming college students. Many college students apply to a university in other cities to get a better education. They are called sojourn students. Even so, living away from their hometown can cause a lot of stress. Therefore, sojourn students need to have good resilience skills. Individual and family factors have an important role in resilience. The balance between individual and family factors can be seen from the ability to differentiate themselves. This study aims to examine the role of differentiation of self as a predictor of resilience on sojourn students. This study is a quantitative research. Data were collected online using Differentiation of Self Inventory - Short Form and The 14-Item Resilience Scale questionnaire. The total participants of the study were 134 sojourn students aged between 18-24 years old (M = 20,45 SD = 1,380). The result of multiple regression analysis shows that differentiation of self significantly predicts the resilience of sojourn students (R2 = 0,208, p < 0,05). From the four dimensions, the I-position and emotional cutoff dimensions were significant to predict resilience of sojourn students. Therefore, sojourn students are encouraged to improve differentiation of self by optimizing their I-position and not doing emotional cutoff"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Windy Nabila Amalia
"Ide bunuh diri menjadi perilaku yang muncul pertama sebelum tindakan bunuh diri terjadi sehingga meningkatkan faktor protektif dapat menjadi cara efektif dalam mengurangi perilaku tersebut. Salah satu upayanya dengan meningkatkan welas diri. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi peran dari welas diri terhadap ide bunuh diri pada mahasiswa rantau. Partisipan keseluruhan berjumlah 186 mahasiswa dengan masa perkembangan dewasa awal yang berusia 18-25 tahun, merantau, dan tinggal sendirian di asrama, indekos, atau apartemen selama berkuliah. Partisipan diukur dengan menggunakan alat ukur Self-Compassion Short Form (SCS-SF) dan Depressive Symptom Index-Suicidality Subscale (DSI-SS). Data yang didapatkan dianalisis menggunakan teknik regresi linear sederhana dengan hasil menunjukkan bahwa welas diri secara signifikan dengan arah hubungan negatif terhadap tingkat ide bunuh diri pada mahasiswa rantau (R^2 = 0,236, p < 0,05). Dengan kesimpulan, setiap peningkatan welas diri dapat menurunkan tingkat ide bunuh diri. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan pengembangan langkah intervensi preventif dari faktor risiko ide bunuh diri pada mahasiswa rantau.
Suicidal ideation emerged as the first behavior before the act of suicide itself. Therefore, increasing protective factors could have been an effective way to reduce such behavior. One of the efforts was by enhancing self-compassion. This study aimed to identify the role of self-compassion in suicidal ideation among out-of-town college students. The total number of participants was 186 students in early adulthood aged 18-25 years, who lived alone in dormitories, boarding houses, or apartments during their studies. The participants were assessed using Self-Compassion Short Form (SCS-SF) and the Depressive Symptom Index-Suicidality Subscale (DSI-SS). The data obtained were analyzed using simple linear regression techniques, with the results showing that self-compassion significantly negatively correlated with the level of suicidal ideation among out-of-town college students (R2 = 0.236, p < 0.05). In conclusion, the study found that increases in self-compassion led to reductions in the level of suicidal ideation. The findings of this study were expected to be a basis for developing preventive intervention steps against the risk factors of suicidal ideation among out-of-town students."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Nadhifah Ramadhanti
"Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) membuat mahasiswa yang berada di tahun pertama mengalami banyak tantangan tambahan selama masa transisi ke dunia perkuliahan. Dalam keadaan ini, kemampuan mahasiswa baru untuk dapat berpikir rasional, meregulasi emosinya, dan juga menjaga hubungan yang sehat dengan orang lain sangatlah penting. Penelitian ini bertujuan untuk melihat peran diferensiasi diri dalam memprediksi penyesuaian diri di perguruan tinggi pada mahasiswa baru selama PJJ. Dalam penelitian yang merupakan penelitian kuantitatif ini, pengambilan data dilakukan secara daring dengan menggunakan dua alat ukur, yaitu Differentiation of Self Inventory-Short Form (DSI-SF) untuk mengukur diferensiasi diri dan College Adjustment Questionnaire (CAQ) untuk mengukur penyesuaian diri di perguruan tinggi. Melalui teknik convenience sampling, didapatkan 132 partisipan. Mereka merupakan mahasiswa baru yang masuk kuliah di tahun 2021 dan melaksanakan PJJ. Berdasarkan hasil analisis regresi, ditemukan bahwa diferensiasi diri secara signifikan dapat memprediksi penyesuaian diri mahasiswa baru di perguruan tinggi selama PJJ (R2= 0,225, adjusted R2= 0,219, p < 0,05). Hasil ini menunjukkan bahwa individu dengan diferensiasi diri yang baik akan memiliki kemampuan untuk menyesuaikan diri lebih baik di perguruan tinggi. Selain itu, analisis tambahan yang dilakukan peneliti juga menemukan bahwa dimensi I-position merupakan dimensi dari diferensiasi diri yang memberikan kontribusi paling besar dalam memprediksi penyesuaian diri di perguruan tinggi. Temuan ini menunjukkan bahwa penting bagi mahasiswa baru untuk mengembangkan diferensiasi diri mereka agar dapat menyesuaikan diri lebih baik di perguruan tinggi.
Distance Learning exposes first year students to many additional challenges during their transition to college life. In this situation, their ability to be able to think rationally, regulate their emotions, and also maintain healthy relationships with other people is very important. This study aims to examine the role of differentiation of self in predicting college adjustment in first year students during distance learning. In this quantitative research, the data collection is done online using two measuring tools, namely the Differentiation of Self Inventory – Short Form (DSI-SF) to measure differentiation of self and the College Adjustment Questionnaire (CAQ) to measure college adjustment. Through convenience sampling technique, obtained 132 participants. They are new students who enter college in 2021 and carry out distance learning. Based on the results of the regression analysis, it was found that differentiation of self could significantly predict college adjustment during distance learning (R2 = 0.225, adjusted R2 = 0.219, p < 0.05). These results indicate that individuals with good differentiation of self will have a better ability to adapt better in college. In addition, additional analysis conducted by researchers also found that the I-position dimension from differentiation of self contributes the most in predicting college adjustment. These findings indicate that it is important for freshmen to develop their differentiation of self in order to better adjust to college."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Yasmin Syifa Syauqiyah
"Beragam kesulitan dan tuntutan akademik dapat terjadi pada mahasiswa ketika memasuki perguruan tinggi. Mereka dituntut untuk mampu beradaptasi dalam menghadapi tantangan dan kegagalan selama menjalani studi hingga tamat. Hal itulah yang membuat mahasiswa tidak lepas dari berbagai hal yang menimbulkan rasa stres dan kurang menerima diri sehingga bisa berdampak pada psychological wellbeing mereka. Beberapa penelitian terdahulu telah menemukan bahwa psychological wellbeing dipengaruhi oleh berbagai faktor, salah satunya adalah resiliensi akademik. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk melihat peran resiliensi akademik terhadap psychological wellbeing pada mahasiswa. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan teknik analisis statistik regresi linear sederhana. Alat ukur yang digunakan adalah Ryff’s Psychological Wellbeing Scale dan Academic Resilience Scale-30. Partisipan penelitian ini melibatkan 238 mahasiswa (Perempuan = 73.9%; mean usia = 21.44; SD = 0.823). Hasil penelitian menunjukkan bahwa resiliensi akademik memiliki peran yang signifikan dan positif terhadap psychological wellbeing mahasiswa sebesar 33.7%. Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang bagaimana resiliensi akademik berperan penting terhadap psychological wellbeing mahasiswa.
The academic difficulties and demands can be faced by students when they pursue higher education. They are required to be adaptable in facing challenges and failures along their studies until they successfully graduate. This situation causes these college students to experience various issues that lead to stress and low self-esteem, which can impact their psychological wellbeing. Previous studies have found that psychological wellbeing is influenced by various factors, one of which is academic resilience. Therefore, the aim of this study is to examine the role of academic resilience in the psychological wellbeing of students. This research is a quantitative study using simple linear regression analysis techniques. The measurement tools used are the Academic Resilience Scale-30 and Ryff’s Scale of Psychological Wellbeing. The participants of this study involved 238 college students (Female = 73.9%; mean age = 21.44; SD = 0.823). The results of the study indicate that academic resilience has a significant and positive role in the psychological wellbeing of these students, accounting for 33.7%. The research results are expected to provide a deeper understanding of how academic resilience contributes to psychological wellbeing among college students."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Noviyanti Tri Wahyuni
"Penelitian ini bertujuan untuk melihat peran mindfulness dan academic self-efficacy terhadap resiliensi pada mahasiswa S1 Universitas Indonesia. Responden dalam penelitian ini sebanyak 213 orang dari seluruh fakultas yang ada di Universitas Indonesia. Instrumen penelitian yang digunakan antara lain Mindfulness Attention Awareness Scale MAAS, College Academic Self-Efficacy Scale CASES, dan Connor Davidson Richardson Resilience Scale CD-RISC. Melalui simple regression, diperoleh hasil bahwa mindfulness dan academic self-efficacy berperan terhadap resiliensi pada mahasiswa S1 Universitas Indonesia R= 0.153, p < 0.01; = 0.023, R= 0.340, p < 0.001; = 0.116. Individu yang mindful memiliki kemampuan coping yang baik melalui self-regulation dan kemampuan self-regulation dapat membuat individu mempertahankan kesehatan psikologisnya. Ketika individu mampu untuk mempertahankan kesehatan psikologisnya maka individu mampu untuk mengatasi stres yang dialami, hal tersebut menandakan individu memiliki resiliensi. Kemudian, academic self-efficacy akan membantu individu untuk mengembangkan rasa menghargai diri yang akan mempengaruhi kemampuan individu dalam menghadapi rintangan yang dialami.
The purpose of this study was to see the role of mindfulness and academic self efficacy towards resilience among undergraduate students in Universitas Indonesia. Respondents of this study are 213 from all majors in Universitas Indonesia. Instruments used in this study are Mindfulness Attention Awareness Scale MAAS, College Academic Self Efficacy Scale CASES, and Connor Davidson Richardson Resilience Scale CD RISC. Using simple regression, results show that mindfulness and academic self efficacy plays a role in resilience among undergraduate students in Universitas Indonesia R 0.153, p 0.01 0.023, R 0.340, p 0.001 0.116. Mindful individual have good coping skills through self regulation an this will enable individual to maintain their psychological health. When they are able to maintain their psychological health, then they can cope with the stress and it indicates the individual has resilience. Then, Academic self efficacy will help the individual develop self esteem that will affect their ability to face the adversity experienced."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Nahda Hanura
"Memiliki ide bunuh diri dapat mengakibatkan seseorang untuk merencanakan hingga melakukan upaya bunuh diri. Kelompok mahasiswa yang berusia 18-25 tahun, atau tahap usia emerging adulthood, merupakan kelompok yang rentan untuk memiliki ide bunuh diri karena mahasiswa berada di tahap usia untuk melakukan eksplorasi diri, namun terdapat tuntutan akademik, tanggung jawab, dan tututan untuk bersikap mandiri di perguruan tinggi yang berbeda dengan tingkat pendidikan pada tahap usia perkembangan sebelumnya. Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi ide bunuh diri adalah resiliensi yang berperan sebagai faktor protektif dalam membantu individu untuk bangkit kembali dan menghadapi kesulitan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui resiliensi dalam mempengaruhi ide bunuh pada mahasiswa. Partisipan penelitian ini berjumlah 649 orang yang merupakan mahasiswa yang berusia 18-25 tahun di Indonesia. Alat ukur Depressive Symptom Index-Suicidal Subscale digunakan untuk mengukur ide bunuh diri dan Connor-Davidson Resilience Scale-10 digunakan untuk mengukur tingkat resiliensi. Berdasarkan hasil analisis simple regression, diperoleh bahwa resiliensi dapat memprediksi ide bunuh diri secara signifikan pada mahasiswa dengan koefisien korelasi yang negatif, Hal tersebut menunjukkan semakin tinggi resiliensi pada mahasiswa, maka ide bunuh diri yang dimiliki akan cenderung semakin rendah.
Having suicidal ideation may lead a person to plan suicide which also may result in a suicide attempt leading to death. College students at the age of 18-25, known as the emerging adulthood stage, are at increased risk of suicidal ideation because it is the age where they explore themselves, yet as a student, they have academic demands, growing responsibilities, and autonomy in college, contrast to their previous educational level and developmental stage. Amongst the factors that can influence suicidal ideation is resilience which acts as a protective factor in helping individuals to be able to bounce back and face difficulties. The aim of this research was to examine the role of resilience as a predictor of suicidal ideation in college students. The participants of this research were 649 college students ranging 18-25 years old in Indonesia. The Depressive Symptom Index – Suicidal Subscale was used to measure suicidal ideation and the Connor-Davidson Resilience Scale-10 was used to measure the level of resilience. According to the simple regression analysis used, the result indicates that resilience significantly predicts suicidal ideation in college students with a negative correlation coefficient. Therefore, the higher resilience in college students, the lower possibility they have of having suicidal ideation."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Bagus Tri Nugroho
"Melihat lingkungan perkuliahan yang dipenuhi dengan berbagai tuntutan dan situasi yang dapat menekan mahasiswa, dimana berdampak pada kondisi mahasiswa yang menjadi depresi, tertekan, dan frustasi. Kondisi ini cenderung membuat mahasiswa menjadi reaktif dan mendorong mahasiswa menunjukkan agresivitas. Self-compassion yang dianggap sebagai salah satu faktor protektif terhadap agresivitas, berperan penting dalam mereduksi dan mencegah agresivitas pada mahasiswa. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan desain penelitian regresi, dimana peneliti menyebarkan kuesioner self-compassion (Skala Welas Diri) dan agresivitas (Bush-Perry Aggression Questionnaire) pada partisipan untuk melihat peran self-compassion terhadap agresivitas. Sebanyak total 130 mahasiswa sarjana dari berbagai universitas di Indonesia dengan rentang usia 18-25 tahun berpartisipasi dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil analisis regresi linear sederhana, diketahui bahwa self-compassion berperan secara signifikan terhadap agresivitas pada mahasiswa di Indonesia (R² = 0,271, p < 0,001 ). Hasil yang didapatkan menunjukkan bahwa self-compassion dapat memprediksi agresivitas secara signifikan sebesar 27,1%.
Seeing that the college environment is filled with various demands and situations that can put pressure on college students, which has an impact on college students' conditions become depressed, stressed, and frustrated. This condition tends to make college students reactive and encourages students to show aggressivity. Self-compassion, considered a protective factor against aggressivity, plays an important role in reducing and preventing aggressivity in students. In this research, the researcher used regression design on research, where the researcher distributed self-compassion (Skala Welas Diri) and aggressivity (Bush-Perry Aggression Questionnaire) to participants to see the role of self-compassion on aggressivity. 130 undergraduate and diploma students from various universities in Indonesia with an age range of 18-25 years participated in this research. Based on the results of simple linear regression analysis, it is known that self-compassion plays a significant role in aggressivity among college students in Indonesia (R² = 0.271, p < 0.001). The results obtained show that self-compassion can significantly predict aggressivity by 27.1%."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Dwiyanti Nur Annisa
"Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah terdapat peran efikasi diri dalam memengaruhi kemunculan ide bunuh diri pada mahasiswa. Berdasarkan hasil survei, dikatakan bahwa kelompok usia mahasiswa merupakan kelompok yang rentan mengalami ide bunuh diri, sehingga diperlukan upaya yang dapat mencegah kemunculan ide bunuh diri. Salah satu upaya tersebut yaitu meningkatkan efikasi diri. Partisipan pada penelitian ini merupakan 694 mahasiswa aktif perguruan tinggi. Data diolah dan dianalisis menggunakan analisis regresi linear sederhana untuk melihat seberapa besar peran efikasi diri terhadap ide bunuh diri dan independent sample t-test untuk melihat apakah ada perbedaan skor ide bunuh diri pada jenis kelamin, sumber dukungan sosial, dan riwayat diagnosis gangguan kesehatan mental. Partisipan diukur dengan menggunakan alat ukur General Self-Efficacy Scale (GSES) dan Depressive Symptom Index - Suicidality Subscale (DSI-SS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peran efikasi diri terhadap ide bunuh diri, sehingga dapat dikatakan bahwa efikasi diri dapat memprediksikan kemunculan ide bunuh diri. Pada penelitian ini ditemukan bahwa tidak terdapat perbedaan tingkat ide bunuh diri pada jenis kelamin laki-laki maupun perempuan. Mahasiswa yang tidak memiliki sumber dukungan sosial dan memiliki diagnosis gangguan kesehatan mental ditemukan memiliki tingkat ide bunuh diri yang lebih tinggi. Berdasarkan hasil penelitian ini, ditemukan bahwa efikasi diri dapat menjadi faktor protektif ide bunuh diri, sehingga mahasiswa disarankan agar meningkatkan efikasi diri supaya dapat mengurangi kemunculan ide bunuh diri.
This study was conducted to see whether there is a role for self-efficacy in the emergence of suicidal ideation in college students. Based on the survey, it was said that the student age group is a group that is prone to experiencing suicidal ideation, so efforts are needed to prevent the emergence of suicidal ideation. One of the effort is to increase self-efficacy. Participants in this study were 694 active college students. The data were processed and analyzed using simple linear regression analysis to see how big the role of self-efficacy on suicidal ideation and independent sample t-test to see differences in suicide ideation scores on gender, sources of social support, and history of mental health disorder diagnosis. Participants were measured using the General Self-Efficacy Scale (GSES) and Depressive Symptom Index - Suicidality Subscale (DSI-SS). The results show that there is a role of self-efficacy in suicidal ideation, so it can be said that self-efficacy can predict the emergence of suicidal ideation. In this study, there was no difference between male and female suicidal ideation. Students who did not have a source of social support and had a diagnosis of a mental health disorder had higher rates of suicidal ideation. Based on this study, it was found that self-efficacy is a protective factor for suicidal ideation, so students are advised to increase self-efficacy so to reduce the emergence of suicidal ideation."
Depok: Fakultas Psikologi Univeraitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Siti Maimunah
"Mahasiswa tingkat akhir sarjana menghadapi permasalahan-permasalahan akademik yang lebih sulit dari tingkat sebelumnya sehingga memerlukan resiliensi akademik. Penelitian sebelumnya menemukan bahwa religiusitas Islam dapat meningkatkan resiliensi akademik. Penelitian ini bertujuan untuk melihat seberapa besar peran religiusitas Islam, beserta masing-masing dimensinya terhadap resiliensi akademik pada mahasiswa muslim berwarganegara Indonesia yang berada di tingkat akhir studi. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linear sederhana dengan hasil uji ( R2=.234, F(1,102)=31.245, p=.000) yang menunjukkan bahwa religiusitas Islam memiliki peran yang signifikan terhadap resiliensi akademik. Penelitian ini juga membuktikan dimensi Islamic worldview dan religious personality juga memiliki peran yang signifikan terhadap resiliensi akademik. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat menjadi alternatif untuk membantu mahasiswa tingkat akhir menghadapi permasalahan akademik yang dialami.
Undergraduate final year students face academic problems that are more difficult than the previous level and thus require academic resilience. The previous study finds that Islamic religiosity can enhance academic resilience. This research aims to examine the role of Islamic religiosity, along with its dimensions, to academic resilience of Indonesian Muslim students who are in their final year of study. This study employs the simple linear regression analysis with test results ( R2=.234, F(1,102)=31.245, p=.000) which show that Islamic religiosity has a significant role in academic resilience. This study also proves that both the Islamic worldview and religious personality dimensions also have a significant role in academic resilience. The results of this study are expected to be an alternative to help final-year students deal with academic problems they experience."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Rizka Nurul Hijriah
"Setiap manusia memiliki hak untuk meningkatkan kualitas hidupnya, salah satunya melalui pendidikan. Namun, perguruan tinggi yang memadai masih terpusat di pulau Jawa dan Bali sehingga calon mahasiswa memutuskan merantau. Mahasiswa rantau akan lebih dituntut untuk bisa menghadapi tantangan baru terkait hal akademis maupun kehidupan sehari-hari yang jauh dari orang tua dan teman sebaya dari tempat asal. Dengan begitu, mahasiswa rantau membutuhkan resiliensi yang tinggi untuk beradaptasi. Dalam praktik pekerjaan sosial, konsep yang berkaitan dengan resiliensi, yaitu strengths perspective yang menyoroti kemampuan atau kekuatan seseorang untuk mewujudkan pemberdayaan dan memperbaiki kualitas hidup dengan proses peningkatan kekuatan interpersonal. Terdapat dua sumber faktor pengaruh protektif untuk mengembangkan resiliensi, yaitu melalui konsep diri sebagai sumber daya internal dan dukungan sosial teman sebaya sebagai sumber daya eksternal. Penelitian terdahulu menunjukkan adanya perbedaan hasil yang beragam dari banyaknya faktor pengaruh resiliensi dengan subjek mahasiswa dalam berbagai kondisi. Oleh karena itu, penelitian dilakukan untuk melihat ada atau tidaknya pengaruh konsep diri dan dukungan sosial secara bersamaan terhadap resiliensi pada mahasiswa rantau. Dengan adanya pemahaman konsep diri yang baik dan dukungan sosial teman sebaya yang tinggi, mahasiswa rantau akan membantunya berpikir secara positif ketika mengatasi tantangan dalam beradaptasi selama merantau. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian deskriptif. Teknis pengumpulan data menggunakan stratified random sampling. Sampel yang didapat berjumlah 214 mahasiswa aktif Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia angkatan 2020-2023 yang berasal dari luar wilayah Jabodetabek. Hasil analisis univariat diketahui sebagian besar responden memiliki tingkat resiliensi sedang sebesar 73.4% (n = 157), memiliki tingkat konsep diri sedang sebesar 66.8% (n = 143) dan merasakan dukungan sosial teman sebaya tingkat sedang sebesar 71% (n = 152). Dari hasil analisis bivariat diketahui bahwa terdapat pengaruh konsep diri terhadap resiliensi mahasiswa rantau yang signifikan (B = 0.208, Wald = 42.098, p < 0.001). Pada hasil penelitian, pengaruh dukungan sosial teman sebaya terhadap resiliensi mahasiswa rantau tidak signifikan (p = 0.41). Hasil penelitian analisis multivariat diketahui X2(4, N = 214) = 65.836, p < 0.001 yang menunjukkan bahwa variabel konsep diri dan dukungan sosial teman sebaya secara signifikan memberikan akurasi yang lebih baik dalam memprediksi resiliensi. Pengaruh konsep diri dan dukungan sosial teman sebaya secara bersamaan menjelaskan 34% variabilitas dalam tingkat resiliensi mahasiswa rantau FISIP UI.
Every human being has the right to improve the quality of his life, one of which is through education. However, adequate tertiary institutions are still concentrated on the islands of Java and Bali, so prospective students decide to migrate. Overseas students will be more required to be able to face new challenges related to academics and daily life far from their parents and peers from their place of origin. That way, overseas students need high resilience to adapt. In social work practice, a concept related to resilience, namely a strengths perspective, highlights a person's ability or strength to realize empowerment and improve the quality of life through the process of increasing interpersonal strength. There are two sources of protective influence factors for developing resilience, namely through self-concept as an internal resource and social support from peers as an external resource. Previous research shows that there are various differences in results from the many factors influencing resilience among student subjects in various conditions. Therefore, research was conducted to see whether or not there was an influence of self-concept and social support simultaneously on resilience in overseas students. By having a good understanding of self-concept and high social support from peers, overseas students will help them think positively when overcoming challenges in adapting while abroad. This research uses a quantitative approach and descriptive research type. The data collection technique uses stratified random sampling. The sample obtained was 214 active students from the Faculty of Social and Political Sciences, University of Indonesia class 2020-2023 who came from outside the Jabodetabek area. The results of univariate analysis showed that the majority of respondents had a moderate level of resilience of 73.4% (n = 157), had a moderate level of self-concept of 66.8% (n = 143) and felt a moderate level of peer social support of 71% (n = 152). From the results of the bivariate analysis, it is known that there is a significant influence of self-concept on the resilience of overseas students (B = 0.208, Wald = 42.098, p < 0.001). In the research results, the effect of peer social support on the resilience of overseas students was not significant (p = 0.41). The results of the multivariate analysis research showed that X2(4, N = 214) = 65.836, p < 0.001, which shows that the variables of self-concept and peer social support significantly provide better accuracy in predicting resilience. The effect of self-concept and peer social support together explains 34% of the variability in the level of resilience of FISIP UI overseas students."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library