Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 10488 dokumen yang sesuai dengan query
cover
cover
"Semakin pesat berkembangnya teknologi saat ini semakin pesat pula perkembangan masyarakat mengenai teknologi, tetapi sebagian besar masyarakat terutama generasi muda banyak yang tidak mengetahui bagaimana cara membuat Ketupat. Ketupat merupakan salah satu unsur dalam khasanah kebudayaan nusantara. Banyak orang mengenal ketupat, tetapi banyak pula masyarakat yang tidak bisa membuat ketupat. Untuk itu dibuatkan aplikasi tentang pembelajaran ketupat yang berjudul Aplikasi Pembelajaran Aneka Ketupat Berbasis Animasi. Aplikasi ini ditujukan kepada anak-anak tingkat Sekolah Dasar dan tidak menutup kemungkinan untuk masyarakat Bali terutama generasi muda. Aplikasi ini dapat memberikan pembelajaran mengenai pembuatan ketupat, kegunaan ketupat dan evaluasi pembelajaran. Tujuan dari pembuatan aplikasi ini adalah untuk mengajarkan kepada generasi muda tentang pembuatan ketupat agar nantinya tradisi membuat ketupat tidak punah. Manfaat dari aplikasi ini adalah sebagai alat bantu mengajar secara interaktif dan mandiri untuk anak-anak tingkat Sekolah Dasar dan masyarakat Bali terutama generasi muda, karena pembelajaran ini sudah dilengkapi dengan langkah-langkah yang terstruktur dan dilengkapi dengan evaluasi pertanyaan tentang ketupat sehingga pengguna bisa mengetahui sejauh mana kemampuan mereka. Metode pengembangan sistem yang digunakan adalah metode Waterfall. Kesimpulan yang didapat dari perekayasaan ini adalah aplikasi ini dapat memberikan pembelajaran mengenai pembuatan, kegunaan, dan evaluasi pembelajaran dari Ketupat Nasi, Ketupat Taluh, Ketupat Gatep, Ketupat Sirikan Sibak, Ketupat Sirikan bungkulan, dan Ketupat Sari."
005 JEI 3:1 (2013)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Hanifa Rahmah
"ABSTRAK Pendidikan sebagai salah satu upaya pemberdayaan memainkan peran penting dalam upaya meraih kesejahteraan individu maupun sosial. Namun, kualitas pendidikan di Indonesia belum dapat dikatakan sepenuhnya memberdayakan. Salah satu hal yang dapat diupayakan untuk memperbaikinya adalah dengan melakukan program pengembangan profesi guru. Pemanfaatan media pembelajaran berbasis teknologi digital dapat menjadi sebuah cara untuk menempatkan guru sebagai subjek pembelajar yang mandiri. Dengan pemanfaatan teknologi digital melaui internet, guru dapat mengakses materi yang dibutuhkannya kapan saja dan dimana saja.  Riset ini dilakukan untuk mengetahui pemanfaatan teknologi digital yang dilakukan oleh Kampus Guru Cikal dalam konteks pengembangan guru berbasis komunitas pada Komunitas Guru Belajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Kesimpulan yang didapatkan dari hasil penelitian ini adalah Kampus Guru Cikal menggunakan pendekatan partisipatif nondirektif dalam melakukan pengembangan yang berpusat pada guru melalui pemanfaatan teknologi digital yang berfungsi sebagai sumber rujukan, sumber informasi, forum diskusi, tempat berpartisipasi untuk mengambil aksi dan media publikasi. Serangkaian tindakan lanjutan dilakukan untuk penguatan dan perluasan dampak pemberdayaan.

ABSTRACT Education as one of empowerment effort played an important role in achieving social or individual welfare Nonetheless, the quality of education in Indonesia still far from what so-called empowerment. One of the effort to uphold a betterment was to do a teacher development program. Utilization of technology as a learning medium could be mean to grow the autonomous spirit of learning that pose teacher as its subject. By the utilization of technology, such as social media and internet media, a teacher could access contents needed at anywhere and anytime. Kampus Guru Cikal came up with the practice of teacher development which utilizing technology as a medium to bring teacher-centric development. The aim of this study is to collect and describe data and information about the perspective of a teacher development organization, Kampus Guru Cikal on teacher career development, information technology usage, and the follow-up of information technology usage. The method that is operated in this research was descriptive- qualitative method. The conclusion of this research was Kampus Guru Cikal using a non-directive rticipative approach in doing teacher-center development through information technology usage which enabled as the reference, information source, discussion forum, participation place to take action and publishing media. The follow-ups were commitedin order to strengten and expand the impact of empowerment."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2019
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
cover
cover
cover
"Aplikasi pengembangan sistem pengendalian dengan menggunakan sistem interface. Telah dibangun interfacing eksperimen gerak jatuh bebas berbasis PC dengan pengembangan bahasa pemrograman Visual Basic 6.0. Pembuatan perangkat keras dengan penggunaan DAQ sebagai akusisi data, phototransistor sebagai sensor detektor objek jatuh, relay sebagai saklar non-aktif solenoida untuk menahan dan melepaskan benda dan interfacing dengan menggunakan komunikasi serial. Pembuatan software kit dengan dilengkapi fitu-fitur login, pengolahan data berupa grafik dan least square, pengendalian on/off relay, dan penyimpanan data dalam format TXT. Pengujian eksperimen untuk variasi tinggi pada ketinggian 40 cm dengan interval 2 cm didapatkan nilai (g) dari hasil perhitungan dengan metode least square sebesar ± 9,8."
[Universitas Indonesia, ], 2006
S29263
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
cover
cover
Mudhoffir
Bandung: Ramaja Karya, 1986
370.152 3 MUD p
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>