Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 49997 dokumen yang sesuai dengan query
cover
cover
Sukirno
"Academic Health System (AHS) menjadi fokus utama untuk kinerja dari Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyrakat dan Keperawatan Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. AHS adalah konsep yang mengintegrasikan universitas dengan berbagai penyedia layanan kesehatan yang berfokus pada penelitian, layanan klinis, pendidikan, dan pelatihan yang didukung oleh fasilitas dan infrastruktur yang memadai. Salah satu infrastrukturnya adalah menyediakan fasilitas dan sumber belajar yang memadai dengan kualitas layanan yang baik. Untuk mendukung AHS, Perpustakaan Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan di Universitas Gadjah Mada selalu melakukan upaya untuk meningkatkan kualitas layanan kepada civitas akademika.
Metode yang digunakan untuk penelitian ini adalah metode kuantitatif, dengan 99 responden dari total 6708 populasi dosen dan mahasiswa. Hasil penelitian terhadap nilai indeks penyajian menggunakan metode analisis servqual, diperoleh bahwa kesenjangan kualitas layanan terbesar (-) ada pada layanan penitipan barang dilakukan dengan cepat yaitu -0,17. Nilai tersebut menggambarkan bahwa kualitas dari pelayanan tidak memuaskan pemustaka. Sedangkan terhadap layanan terkecil tidak ada celah (+) pada kesesuaian penempatan buku dengan label yang ada di rak yaitu 0,28. Nilai tersebut menggambarkan bahwa layanan tersebut memuaskan bagi pemustaka.
Rekomendasi dalam penelitian ini adalah Perpustakaan Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan untuk menjaga kualitas layanan untuk memuaskan pemustaka dan perlu meningkatkan kualitas layanan agar dapat memuaskan bagi pemustaka."
Jakarta: Perpustakaan Nasional RI , 2019
020 MPMKAP 26:1 (2019)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Seno Yudhanto
"Skripsi ini membahas kompetensi pustakawan referensi Perpustakaan Universitas Gadjah Mada dalam melayani pengguna. Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi kompetensi yang dimiliki oleh pustakawan referensi Perpustakaan Universitas Gadjah Mada dengan berdasar pada Professional Competencies for Reference and User Services Librarians milik Reference and User Services Association (RUSA), suatu divisi bawahan American Library Association (ALA). Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan metode fenomenologi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pustakawan referensi memenuhi dua kompetensi dari lima kompetensi yang ditetapkan oleh Reference and User Services Association (RUSA), yaitu kompetensi akses dan kompetensi dasar pengetahuan. Sedangkan kompetensi kolaborasi, pemasaran, dan evaluasi dan pengkajian sumber-sumber dan layanan secara keseluruhan belum terpenuhi. Penulis menyarankan agar pustakawan referensi meningkatkan kompetensi dalam hubungan dengan profesi, kompetensi pemasaran, dan kompetensi evaluasi dan pengkajian sumber-sumber dan layanan. Selain itu, Perpustakaan Universitas Gadjah Mada juga perlu untuk menerapkan program-program agar memiliki pustakawan referensi yang berkompeten.

The focus of this study is the reference librarian competencies of Academic Library at Gadjah Mada University in serving the users. The purpose of this study is to identify competencies owned by reference librarian at Gadjah Mada University Library based on Professional Competencies for Reference and User Services Librarians belonging to Reference and User Services Association (RUSA), subdivision of American Library Association (ALA). This research is qualitative descriptive with phenomenolgy method.
The result of this study shows the reference librarians fulfilled two of five competencies defined by Reference and User Services Association (RUSA), that is access and knowledge base. While collaboration, marketing, and evaluation and assessment of resources and services has not been fulfilled. The author also suggest that reference librarians should increase collaboration within profession, marketing, and evaluation and assessment of resources and services competencies. Besides, Gadjah Mada University Library need to implement any programs to have competent reference librarians.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2013
S45967
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Hasnil Randa Sari
"Alat kesehatan merupakan komponen penting dalam pelayanan kesehatandisamping obat. Selain memiliki fungsi sosial, alat kesehatan juga memiliki fungsiekonomi dan menjadi komoditas yang memiliki nilai menjanjikan. Indonesia adalahpasar yang besar untuk pemasaran alat kesehatan dengan nilai pasar sekitar 800 jutaUSD pada tahun 2015 dan diperkirakan mencapai 1,2 miliar USD pada tahun 2019 BMI, 2015 . Namun, kebutuhan alat kesehatan masih dipenuhi lebih dari 90 alatkesehatan impor. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik IndeptInterview. Hasil penelitian: Komunikasi pada implementasi kebijakan hilirisasi hasilriset alat kesehatan di Universitas Gadjah Mada masih belum efektif. Sumber daya diUniversitas Gadjah Mada seperti SDM, fasilitas dan dana belum optimal. Struktur Birokrasi, belum adanya SOP dalam pelaksanaan hilirisasi hasil riset alkes.
Kesimpulan: Implementasi kebijakan hilirisasi hasil riset alat kesehatan di Universitas Gadjah Madamasih belum optimal dalam penyelenggaraan hilirisasi hasil riset alat kesehatan.Hambatan: Komunikasi periset Universitas Gadjah Mada dengan LKPP kurangbersinergi sehingga produk-produk yang dihasilkan yang seharusnya dapat disusundalam tata kelola pengadaan alat kesehatan masih adanya penolakan oleh LKPP. Disposisi pada persepsi penggunaan alat kesehatan luar negeri lebih bagus mutunyaserta kurangnya minat industri untuk memproduksi alat kesehatan dan pelaku usahauntuk menanamkan investasi di bidang industri alat kesehatan. Sumber daya perisetsecara kuantitas yang masih kurang dalam mendukung riset alat kesehatan secarakonsisten, selama ini fungsi dosen sebagai tenaga pengajar dan sebagai periset. Sertalaboratorium pengujian yang masih kurang bagi periset Universitas Gadjah Mada.Struktur organisasi kurang menyusun SOP tugas direktur, periset dan tim advokasidalam melaksanakan tanggungjawabnya sehingga kurangnya pencapaian tujuan dariprototype, Izin Edar, HAKI, dan komersialisasi hasil riset.

Medical devices are an important component of healthcare besides drugs. Inaddition to having a social function, medical devices also has an economic function andcommodity that has promising value. Indonesia is a big markets for medical devicesmarketing with a market value of about 800 million USD by 2015 and is estimated toreach 1.2 billion USD by 2019 BMI, 2015 . However, the need for medical devices isstill fulfilled by more than 90 of imported medical devices. This research usesqualitative method with In depth Interview technique. Research Result of Communication on the hilirization policy implementation of medical devices researchresults in Gadjah Mada University still not effective. Resources at Gadjah MadaUniversity such as human resources, facilities and funds have not been optimal.Bureaucracy Structure, the have not SOP in the the hilirization policy implementation ofmedical devices research results.
Conclusion the hilirization policy implementation ofmedical devices research results in Gadjah Mada University is still not optimal in thehilirization implementation of medical devices research results. Obstacles Gadjah MadaUniversity researchers'communication with LKPP is less synergic so that the productsthat should be arranged in the governance of medical devices procurement are stillrejected by LKPP. The disposition on the perception of the use of foreign medicaldevices is of better quality and the lack of industry interest in producing medical devicesand business actors to invest in the medical devices industry. Research resources inquantity are still lacking in supporting the research of medical devices consistently, sofar the function of lecturers as teaching staff and as a researcher. And testinglaboratories are still lacking for Gadjah Mada University researchers. Theorganizational structure lacks the SOP of the director's job, the researchers and theadvocacy team in carrying out their responsibilities resulting in a lack of achievement ofthe objectives of the prototype, Circulation License, HAKI, and commercialization ofresearch results.
"
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2018
T50655
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Program Pascasarjana Universitas Indonesia,
Majalah, Jurnal, Buletin  Universitas Indonesia Library
cover
Tristiana Candra Dewi Trias Iriani
"ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui cara
penyelenggaraan pelayanan majalah ilmiah (2) mengetahui
keterpakaian majalah ilmiah dan kepuasan pemakai atas
pelayanan majalah ilmiah, (3) mengetahui hubungan antara
keterpakaian dengan kepuasan pemakai. Penelitian ini
dilakukan sebagai penelitian evaluatif. Subjek penelitian
adalah mahasiswa S2/S3 Universitas Gadjah Mada yang aktif
menggunakan jasa pelayanan majalah ilmiah yang tercatat
pada periode pemakaian 1995/1996. Perpustakaan Pascasarja-
na Universitas Gadjah Mada menyediakan jasa layanan maja-
lah ilmiah ini sebagai upaya untuk mendukung pelaksanaan
Tri Dharma Perguruan Tinggi bagi pemakai utamanya.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyelenggaraan
pelayanan majalah ilmiah telah diupayakan untuk memenuhi
kebutuhan 50 program studi yang ada pada Program Pascasar-
jana UGM, Serta telah didukung oleh staf pelayanan yang
memiliki latar belakang pendidikan dan ketrampilan yang
diperlukan dan dengan sarana pendukung pelayanan yang
sesuai untuk kegiatan pelayanan dan sistem layanan yang
lebih memuaskan pemakai. Hasil penelitian terhadap keter-
pakaian apabila ditinjau dari aspek frekuensi kunjungan
masih rendah, karena mahasiswa yang berkunjung ke pelaya-
nan majalah per hari hanya 23 orang atau sebesar 0,7 dari
keseluruhan mahasiswa yang sebetulnya menjadi pemakai
potensial. Dari aspek lamanya waktu berkunjung dan volume
pemanfaatan majalah, pemakai banyak yang berkunjung mini-
mal seminggu sekali untuk memanfaatkan 2 sampai 3 judul
majalah dalam tempo 1 sampai 2 jam lebih pada setiap kali
kunjungannya. Hasil evaluasi terhadap kepuasan pemakai
akan kualitas, waktu dan biaya pelayanan menunjukkan
tanggapan yang berbeda-beda, namun secara umum banyak yang
ditanggapi positif (memuaskan pemakai). Tanggapan negatif
(tidak memuaskan) terutama terhadap (1) aspek kualitas
layanan, yakni judul majalah yang tersedia masih dianggap
belum memadai dengan program studi dan nomor majalah
sering tidak lengkap, penempatan majalah yang terpisah
antara nomor terbaru dengan yang terjilid dan penempatan
ruang layanan fotokopi yang berjauhan dengan ruang pelaya-
nan majalah, fasilitas foto kopi yang kualitas hasilnya
dianggap tidak memuaskan.(2) aspek waktu, yakni jam buka
pelayanan yang ditanggapi belum memadai dan majalah yang
sedang dalam proses penjilidan untuk dapat tersaji kembali
di ruang pelayanan memakan waktu lama. (3) Aspek biaya,
yakni biaya fotokopi dianggap cukup memberatkan. Hasil uji
hipotesis menunjukkan tidak ada hubungan antara keter-
pakaian dengan kepuasan pemakai.
Secara statistik :1) Terdapat hubungan secara nyata
antara keterpakaian majalah ilmiah dengan kepuasan pemakai
2) Tidak ada hubungan secara nyata antara frekuensi kun-
jungan dengan kepuasan pemakai 3) Tidak ada hubungan
secara nyata antara lamanya waktu berkunjung dengan kepua-
san pemakai 4) Tidak ada hubungan secara nyata antara
volume penggunaan dengan kepuasan pemakai.

Abstract
The Objectives of this research are 1) to identity
the scientific Journal service management 2) to identity
the usage and users satisfaction of scientific Journal
service 3) to identity the relationship between the usage
and the user's satisfaction. The Subjects of this research
are the postgraduate students of Gadjah Mada University
who are active used the scientific journal service, within
the period of 1995/1996.
The Result of the research shows that the scientific
journal service has been organized by collecting the
journals that are appropriate and suitable with the 50
study programs in the Gadjah Made University Postgraduate
Programs. The service has been supporrted by profesional
staff and sufficient fasilities. The result of the re-
search on the evaluation of the usage of the service
observed bassed on the visiting frequency, the length of the
visiting and the volume of the Journal using is still low.
The result of the evaluation on the user?s satisfaction of
the service quality, time, and its fee shows positive re-
sponds. Furthermore, the result of show that 1) there is
relationship between the usage of the service and the
user's satisfaction 2) there is no relationship between
the visiting frequency and user?s satisfaction 3) the
length of the visiting and user's satisfaction 4) volume
of the journal using and user?s satisfaction."
1998
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Yogyakarta: 2016
KHAZANAH 7:3 (2014)
Majalah, Jurnal, Buletin  Universitas Indonesia Library
cover
Yogyakarta: Arsip Universitas Gajah Mada, 2013
KHAZANAH 7:3 (2014)
Majalah, Jurnal, Buletin  Universitas Indonesia Library
cover
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>