Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 58921 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Tajuddin Nur
"Karena kereta konvensional bergerak dengan sistem perputaran roda diatas rel., maka tidak dapat dihindari polusi bising yang diakibatkan gesekan antara roda dan rel. Untuk menghindarinya terutama pada kecepatan tinggi, dikembangkan penggerak motor sinkron liner dengan sistem tanpa kontak dengan rel. Pada tesis ini akan dibahas mengenai perancangan, ukuran dan konstruksi Motor Sinkron Linier (MSL) untuk kereta listrik.

Conventional trains moving wheels on rail can not avoid noise pollution caused by friction between wheels and rails. To avoid this, expecially at high speeds, linear synchronous motors with no rails contact have been developped. In this thesis linear synchronous motors, design, dimension and construction for electric trains will be considered."
2001
T5109
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Katri Yulianto
"Teknologi motor dengan permanen magnet semakin sering digunakan pada penggerak kendaraan listrik, hal ini dikarenakan motor dengan permanen magnet memiliki power density dan efisiensi yang lebih baik daripada motor induksi. Pada penelitian ini melakukan desain motor sinkron permanen magnet kapasitas 5 kw, sebagai penggerak pada sepeda motor listrik, dengan jenis internal rotor, tipe Interior Permanen Magnet Synchronous Motor (IPMSM). Magnet yang digunakan menggunakan jenis Neodymium Iron Boron (NdFeB). Motor didesain pada wilayah operasi kecepatan putar 1200-4000rpm, dengan target ideal torsi dari 40Nm saat kecepatan 1200rpm s.d 12Nm saat kecepatan 4000rpm. Desain awal dilakukan melalui perhitungan desain, dengan menyesuaikan parameter ketersedian komponen yang ada, dilanjutkan dengan membuat gambar desain 2D dimensi awal hasil perhitungan, kemudian diekspor ke software finite element motorsolve untuk dilakukan analisa kinerjanya. Dari simulasi kinerja telah didapatkan hasil desain yang mendekati spesifikasi desain. Desain motor menghasilkan keluaran daya sekitar 4.85 kW dengan torsi keluaran 38.63Nm pada kecepatan 1200 rpm, dan 9.68Nm pada kecepatan 4020 rpm, dengan efisiensi motor sebesar 94.2%. Dari prototipe yang dihasilkan terjadi perbedaan parameter hasil uji pada resistansi, Ld dan Lq, sehingga masih terdapat ketidaksesuaian pada prototipe dengan hasil simulasi.

Permanent magnet motor technology is increasingly being used in electric vehicle propulsion because permanent magnet motors have higher density and efficiency than induction motors. This research develops a permanent magnet synchronous motor with a capacity of 5 kw for use as a drive on an electric motorcycle, with an internal rotor type, Interior Permanent Magnet Synchronous Motor (IPMSM). The design uses Neodymium Iron Boron (NdFeB) Magnets. The motor is designed for speeds ranging from 1200 to 4000rpm, with an ideal target torque of 40Nm at 1200rpm and 12Nm at 4000rpm. The design is carried out by calculations, by adjusting the parameters of the availability of existing components, until the design dimensions are obtained, then create a 2D design drawing and export it to the finite element motorsolve software for performance analysis. The design results from the performance simulation are close to the design specifications. The motor design generates approximately 4.85 kW of power with an output torque of 38.63Nm at 1200 rpm and 9.68Nm at 4020 rpm and a motor efficiency of 94.2 percent. From the resulting prototype, there is a difference in the test results parameters of resistance, Ld and Lq."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2021
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ermawan Darma Setiadi
"Tesis ini membahas tentang technology scorecard yang digunakan untuk menilai aplikasi aktifitas teknologi dalam suatu proses transformasi produksi di industri manufaktur. Transformasi produksi dimulai dari proses desain, produksi dan pengadaan atau logistik. Dalam menilai aplikasi teknologi tersebut, teknologi dipandang sebagai komponen yang terbagi 4 yaitu technoware, humanware, inforware dan orgaware. Teori tersebut dikenal dalam Atlas technology yang merupakan suatu pendekatan teknometrik dimana 4 komponen tersebut diurai dalam degree of sophistication (DOS), State of the art (SOA), komponen teknologi serta kontribusi komponen teknologi. DOS akan mengurai tingkat teknologi yang dimiliki oleh perusahaan, SOA akan menilai proses transformasi produksi serta kontribusi teknologi menilai sejauh mana teknologi berperan dalam proses transformasi tersebut. Idealnya semakain efisien, produktif dan efektif maka nilai komponen teknologi akan mendekati nilai 1.
Berdasarkan tingkat kepentingan dari komponen teknologi, akan diperoleh koefisien kontribusi teknologi. Nilai ini akan disebut sebagai capaian sumber daya. Capaian sumber daya akan di gabung dengan nilai balance scorecard dari perusahaan. Balance scorecard meliputi 4 perspektif yaitu keuangan, pelanggan, proses bisnis internal serta pembelajaran dan pertumbuhan. Balance scorecard dianggap sebagai nilai capaian manajemen. Jadi technology scorecard akan mengintegrasikan capaian sumber daya dan capaian manajemen.

This thesis will explore the pre model of technology scorecard which implement to valued technology activity in production transformation process inmanufacturing company. Production transformation process started from design, production and inbound logistic. Technology has involve and embedded in all the production transformation. The theory of technology mainly based on Technology Atlas project which held on 1992. As a technometric approach, the four components will split on degree of sophistication (DOS), State of the art (SOA), technology component and technology contribution coefisient. DOS will explore level of companies technology, on the other side SOA will explore the production transformation process. Ideally technologi contribution coeficient score will be 1 (one) for the company which succeed to adopt a proper technology strategy.
Base on the priority on the technology component, the technology contribution coefisien (TCC) will treat as the company resource performance. This performance will merge to the companies performance balance scorecard as management performance. The sum of those two performance will be apply as the pre model of Technology Scorecard.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2009
T26146
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Ainil Syafitri
"Penggunaan motor induksi linier untuk kereta magnet memiliki tantangan dalam menjaga kestabilan dan keamanannya karena gaya yang timbul akibat adanya interaksi fluks magnetik antara magnet permanen dan inti besi, yang menyebabkan timbulnya getaran dan kebisingan yang disebut dengan gaya deten. Salah satu sumber timbulnya gaya deten adalah efek ujung akhir yang timbul karena terputusnya lintasan. Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka dilakukan perancangan dan perhitungan bentuk gigi diujung akhir menjadi bentuk melengkung cekung dimana berdasarkan penelitian sebelumnya dengan bentuk melengkung cembung di gigi akhir pada motor sinkron linier berhasil menurunkan sebagian dari efek karena ujung akhir. Pada penelitian ini perancangan dan perhitungan bentuk melengkung dari gigi diujung lintasan dilakukan dengan membuat model menggunakan pendekatan persamaan parabola, hiperbola dan eksponensial dengan dimensi bidang X, Y, Z sebesar 660mm x 360mmx 360 mm. Pengambilan data untuk kerapatan magnet dilakukan dengan bantuan perangkat lunak Ansis dengan meshing 10 mm sedangkan perhitungan besarnya gaya deten berdasarkan persamaan matematis dilakukan menggunakan perangkat lunak MatLab. Perhitungan besarnya gaya deten dengan menggunakan MatLab menghasilkan nilai tertinggi untuk pendekatan parabola sebesar 0,07882 N dan nilai terendah 0.00579 N, dengan pendekatan hiperbola menghasilkan nilai tertinggi 0,303 N untuk nilai k besar dan 0,00645 N untuk nilai k kecil dan pada pendekatan eksponensial nilai tertinggi 0,00045N dan nilai terendahnya 0,00034N.

The use of linear induction motors for magnetic trains deals with challenges in maintaining stability and safety because of the forces that arise due to the interaction of magnetic fluxs between the permanent magnets and the iron core, which causes vibrations and noise called detent forces. One of the detent force sources is the end effect that occurs due to limitations in the track. To solve this problem, designing and calculating the tooth shape at the end into a concave curved shape based on previous research with a convex curved shape for in the last tooth on a linear synchronous motor succeeded in reducing some of the effects due to the end teeth. In this study, the design and calculation of the tooth's curved shape at the end of the track was conducted by making a model using the parabolic, hyperbole, and exponential equation approach. The dimensions X Y Z planes of 660mm x 360mmx 360 mm. Data collection for magnetic density was carried out with the help of Ansis software with a meshing of 10 mm. In contrast, the amount of detent force based on mathematical equations was carried out using MatLab software. The detent force calculation using MatLab produces the highest value for the parabolic approach of 0.07882 N. The lowest value is 0.00579 N. With the hyperbolic approach, it reaches the highest value, 0.303 N for large k values and 0.00645 N for small k values . In the exponential value approach, the highest value is 0.00045N, and the lowest value is 0.00034N%."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2020
D-pdf
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Dewa Nyoman Adnyana
"Penelitian ini bertujuan untuk menentukan jenis dan faktor-faktor penyebab terjadinya kerusakan pada baut pengikat motor traksi dari sebuah rangkaian kereta rel listrik (KRL). Jenis-jenis pengujian yang dilakukan dalam penelitian ini meliputi uji komposisi kimia, metalografi, fraktografi, dan uji sifat mekanis seperti uji tarik dan kekerasan. Hasit penelitian menunjukkan bahwa baut tersebut mengalami patah lelah (fatigue) akibat beban lentur bolak-balik (reverse bending) yang cukup besar. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa baut yang patah tersebut ternyata memenuhi persyaratan spesifikasi yang direncanakan, disamping pada baut tersebut tidak dijumpai adanya cacat yang berarti.

The aim of this investigation was to determine the type and factors causing failure on fastening bolts of traction motor of an electric train. In this investigation various tests were carried out including chemical composition analysis, metallographic and fractographic examinations, and mechanical property tests such as tensile and hardness measurements. The results show that the bolts experienced fatigue failure due to an excessive loading of reverse bending. In addition, the results also show that the failed bolts met the intended specification, and no significant defects were found in the bolts."
1999
JIRM-1-3-Des1999-58
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Marhaindro Waluyo
"Memasuki perdagangan bebas dan era globalisasi banyak hal-hal yang harus dipersiapkan, di antaranya adalah kesiapan para peneliti dan pengembang teknologi dalam temuan-temuan yang bersifat inovatif. Namun sejauh ini kontribusi para peneliti dan pengembang teknologi pada dunia usaha atau industri masih banyak kekurangannya. Sedikit sekali hasil penelitian yang bersifat komersil. Terkait dengan hal tersebut, program percepatan implementasi dan komersialisasi hasil-hasiI riset dan teknologi sangat diperlukan. Program ini diharapkan dapat meningkatkan daya serap hasil riset dan teknologi dalam negeri ke berbagai dunia usaha. Beberapa pengalaman memperlihatkan bahwa dunia industri sangat sangsi dengan hasil kerja dan kualitas penelitian di Indonesia, karena hasil-hasil riset selama ini banyak yang tidak dilengkapi oleh sejarah perjalanan suatu penelitian atau dokurnentasi yang lengkap dari hasil penelitian tersebut.
Berkaitan dengan hal tersebut, ada suatu usaha untuk meningkatkan nilai tawar teknologi yang dilakukan secara bertahap untuk mencapai komersialisasi. Hubungan-hubungan kemitraan dilakukan untuk dapat dijadikan model dalam percepatan komersialisasi hasil-hasil riset. Ada 6 hasil penelitian yang mempunyai karakteristik berbeda-beda. Ada yang sudah sukses komersil dan yang akan sukses. Model kemitraan dari 6 hasil penelitian jika dilakukan akan menghasilkan suatu model yang terintegrasi. dan diharapkan model tersebut sinkron dengan tahapan-tahapan dalam menaikkan nilai tawar teknologi serta mempercepat komersil.
Dalam studi ini, proses tahapan menaikkan nilai tawar teknologi dicoba untuk diperbaiki; jika perlu didesain ulang dalam bentuk proses yang efisien, pendekatan yang dilakukan adalah dengan metode Business Process Reengineering agar diperoleh waktu yang lebih pendek. Model partnerhip (kemitraan) yang terintegrasi dilakukan dengan pendekatan secara skematik dan untuk mengukur efektifitas partnership dilakukan dengan radarchart untuk lebih mengetahui perbedaan efektifitasnya.
Analisis dilakukan dan dihasilkan suatu bentuk proses komersialisasi yang sederhana dan lebih efisien dalam bentuk blok diagram yang menghasilkan pengurangan waktu yang cukup penting disertai kendala yang menyebabkan prosesnya menjadi lama. Perbaikan proses dilakukan terhadap kurva s, dengan menyisipkan satu proses paten turunan. Model partnership yang dihasilkan dikendalikan sepenuhnya oleh Ieadership dengan efektifitas partnership pendanaan dalam kondisi kurang. Telah terjadi sinkronisasi dalam percepatan komersialisasi yaitu dilakukannya peningkatan nilai tawar teknologi bersama-sama dengan melakukan partnership.

Entering free trade and globalization era many things which must be drawn up, among others is the readiness of all technological developer and researchers in finding having the character of inovative. But so far contribution all technological developer and researchers at corporate world or industry still many the negatives. Pittance result of research having the character of commercial. Related to the mentioned, program acceleration of pickings commercialisation and implementation research and technological very need. This program is expected can improve absorpsion result of researching and domestic technology of various corporate world. Some experiences show that very dubious industrial world with result work and quality of research in Indonesia, because pickings research into during the time many which do not equip by journey histories or complete documentation of research result.
Relating to the mentioned, there is an effort to improve value bargain technology step by step to reach commercialisation. Partner relations done to be able to be made by model in acceleration of pickings commercialisation research. There is 6 research result having characteristic different each other. There is success which have commercial and to success. Model partner from 6 research result if united will yield an integrated model. and expected by the the model synchronize with steps in boosting up value bargain technology and also quicken commercially.
In this study, step process boost up value bargain technology tried to be improve;repaired, if needing redesain in the form of efficient process, approach taken with method of Business Process Reengineering so that obtained shorter time. model of partnerhip integrated to be done with approach by schematic and to measure partnership efektifitas done with radarchart to be more know the difference of him.
Analysis done and yielded by an form process more efficient and simple commercialisation in the form of diagram block yielding reduction of accompanied by important enough time of constraint causing the process of becoming llama. Repair of process done to curve of s, inserted one generation patent process. Model yielded to be partnership to be controlled fully by leadership with financing partnership efektifitas in a condition less. happened synchronization in acceleration of commercialisation that is the conducting of improvement of value bargain technology together with partnership.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2006
T16881
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Pramuditya Soewondo
"Pengembangan perumahan bagi masyarakat golongan ekonomi menengah ke bawah (termasuk rumah susun sederhana), umumnya tersingkir ke daerah pinggiran (sub-urban), karena lahan pada kawasan dengan aksesibilitas baik dan dekat dengan fasilitas (pusat kota) yang harga tinggi. Orientasi pengembangan di Jabodetabek sampai saat ini masih mengacu kepada keberadaan akses jalan, baik jalan tol (jalan bebas hambatan) maupun jalan biasa. Dan belum seperti di Singapura, dimana pengembangan perumahan telah mempertimbangkan transportasi massal yang cepat dan terjangkau. Hal ini mengakibatkan penghuni rumah susun di Jabodetabek terbebani dengan waktu tempuh perjalanan yang lama dan biaya transportasi yang tinggi.
Penelitian ini mengacu pada penerapan pengembangan yang dilakukan di Singapura dengan mengembangan rumah susun di kawasan sekitar stasiun pemberhentian KRL. Penelitian ditujukan untuk mengetahui apakah kawasan sekitar stasiun pemberhentian KRL berpotensi dan layak untuk dikembangkan sebagai rusun sederhana. Hal ini untuk mengkaitkan transpotasi massal khususnya keberadaan stasiun dengan potensinya sebagai kawasan pertumbuhan atau pengembangan. Dari kelima koridor KRL, yaitu menuju Bekasi, Tangerang, Depok dan Bogor, serta jalur dalam kota, Jalur Jakarta - Serpong dipilih sebagai studi kasus. Digunakan pendekatan dan analisis dalam lingkup kajian Real Estate yaitu dengan melakukan analisis pasar, analisis lokasi dan analisis investasi.
Pendekatan secara kualitatif dan kuantitatif memberikan gambaran kondisi suatu pasar properti dan kondisi lokasi kawasan studi. Selain melakukan kajian-kajian literatur dan data sekunder dari individu dan suatu intansi pemerintah, data primer didapatkan dengan wawancara dan penyebaran kuesioner pada penumpang KRL untuk analisis pasar mikro sebagai karateristik target pasar. Analisis pasar menunjukkan adanya peningkatan jumlah penumpang KRL diikuti dengan usaha perbaikan fasilitas dan pelayanan KRL oleh PT. KCJ. Pada tahun 2008, jumlah penumpang mencapai 233.852.501.
Berdasarkan hasil survey penumpang KRL didapat beberapa diantara mereka termasuk pada golongan ekonomi menengah ke bawah (53%) dan sebagian termasuk pada golongan ekonomi menengah (47%). Mereka adalah kelompok yang membutuhkan rumah susun sederhana. Dengan demikian kawasan di sekitar stasiun pemberhentian dapat memicu perkembangan menjadi pusat-pusat kegiatan, termasuk rumah susun sederhana.
Berdasarkan hasil analisis lokasi terdapat tiga lokasi stasiun Stasiun Jurang Mangu, Stasiun Ciater dan Stasiun Rawabuntu. Ketiga kawasan tersebut masih masuk ke dalam kawasan dengan waktu tempuh kurang dari 45 menit perjalanan, dimana masih sesuai untu kawasan perumahan bagi commuter. Selain itu, harga lahan pada kawasan tersebut masih relatif rendah sehingga akan fleksibel untuk mengembangan rumah susun sederhana.
Berdasarkan hasil analisis investasi diketahui bahwa lahan yang layak untuk dikembangkan debagai rumah susun pada harga lahan maksimal Rp 1.000.000/m2,dan didapatkan nilai IRR 22%. Sehingga kesimpulan yang didapat dalam studi ini, mengindikasikan bahwa rumah susun sederhana memiliki potensi dan layak dikembangkan pada kawasan sekitar stasiun Kereta Rel Listrik (KRL).

Houisng development for low-economy class (including flat), is now done in the sub-urban, because of high price of the land with good access and close to city centre. Development orientation in Jabodetabek, up to this moment, still refers to road access, both toll and normal road. And unlike Singapore, where housing development has considered mass transport which is fast and affordable. As a result, flat occupants in Jabodetabek has to deal with long travelling time and high travelling cost.
This research refers to concept implemented in Singapore where flats are developped nearby the stations of mass transport. The aim is to investigate whether the area nearby the station of electric-driven-train or known as KRL is potential for flat development. It is to relate mass transport, in particular the presence of station for development area.Out of five corridors of KRL,towards Bekasi, Tangerang, Depok and Bogor, as well as inner city corridor, the corridor of Jakarta - Serpong is selected as case study.
Approaches and analysis in the scope of real estate assessment are used: market analysis, location analysis, and investment analysis. Quantitative and qualitative approaches give the picture of a property market and situation of location of studied area. In addition to study literature from secondary data coming from an individ or a governmental agency, primary data is collected through interview and questionnaires towards KRL user for micro-market analysis as characteristic target market.
Market analysis shows increase of KRL user, followed by facility and service improvement of KRL by PT KCJ. In 2008, the user of KRL reaches 233.852.501. The survey to the user of KRL has shown that most of the user belong to low-class economy (53%) and the remaining belongs to middle-class (47%). These people are the groups which need flat for housing. It is concluded that area surrounding the stations could be developped as center of activities, including flats.
Based on result of location analysis, there are three locations: Station Jurangmangu, Station Ciater, and Station Rawabuntu. Al three locations are still within the area which require less than 45 minutes of travelling time from the city centre. Thus, it is still convenient for commuting daily. Furthermore, the land price in those areas are relatively low, so that it will be flexible in flat development.
Result of investment analysis has revealed that the appropriate land for flat development is at land which has maximal price of Rp 1.000.000/m2 and IRR is given at 22%. The conclusion of this study indicates that flat has great potential and is feasible to be developped near the stations of KRL.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2009
T26712
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1990
S38187
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>