Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 131269 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Heksa Galuh Wicaksono
"Dengan semakin meningkatnya tuntutan kepada perguruan tinggi sebagai lembaga pendidikan untuk mampu mencetak sarjana-sarjana yang andal dalam bidangnya serta kompetisi antar perguruan tinggi untuk selalu memberikan servis yang baik kepada peserta didiknya dalam menghadapi gbbalisasi, makin banyak kegiatan yang sifatnya untuk merumuskan kembali visi misi dan pencapaian target dalam bisnis ini.
Pada kasus Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang. tercapai sebuah kesepakatan dalam perumusan Misi dan Visi serta Tujuan yang bekah melibatkan segenap elemen level manajamen untuk yang pertama kali dalam sejarahnya. Akan tetapi meskipun hal ini telah dilakukan, pelaksanaan kegiatan manajemen sehari-hari masih belum mampu secara optimal untuk mencerminkan aktualisasinya sebagai sebuah prioritas yang runut dan rinci dalam pengambilan kebijakan.
Pada penelitian ini difokuskan untuk membuat sruktui organisasi sebagai landasan awal yang menentukan dalam proses system otorisasi manajamen yang rapi, mendeskripsikan prioritas strategi yang berorientasi terhadap masalah kualitas dengan kontrol yang menggunakan Metode Hoshin Kanri dan Hoshin Planning.

Follow with progressing to desire college as institution for successful in good scholarship and competition between college to give best service for student in global incline and so many works business to get vision, mission and objective.
At ITN Malang case, not to long have formulation of Mission, Vision and Objective with participation all management level for the first time. Although that, Implementation of daily management still haven't optimal to realize actuality as systemic priority for policy.
This research focused to make organization structure as based in best management information system, description strategic priority as oriented quality topic by control with Hoshin Kanri methode and Hoshin Planning software to accommodate database."
2000
T10132
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Grindley, Kit
Jakarta: Pustaka Binaman Pressindo, 1985
658.514 GRI et
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Akhmad Hidayatno
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1996
S36276
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Wahyu Eko Priyo Utomo
"Manajemen strategi adalah segala hal untuk meraih dan mempertahankan keunggulan kompetitif yaitu sesuatu yang berbeda dengan yang lain. Mendapatkan dan menjaga keunggulan kompetitif adalah esensi dari kesuksesan jangka panjang organisasi. Perumusan dan pelaksanaan strategi adalah kuncinya. Kesuksesan jangka panjang adalah meraih kentungan yang berkelanjutan. Balanced scorecard terbukti mampu menterjemahkan tujuan jangka panjang yang dinyatakan dalam visi dan misi perusahaan kedalam empat perspektif yaitu: finansial, pelanggan, proses bisnis internal dan pembelajaran dan pertumbuhan.
Hoshin kanri adalah metodologi implementasi strategi jangka pendek untuk memperjelas pelaksanaan aktivitas-aktivitas yang diperlukan. Perusahaan agen alat berat adalah perusahaan pemberi jasa pelayanan yang menjual produk alat berat, jasa perbaikan dan perawatan serta suku cadang. Sistem manajemen strategi yang terintegrasi yang mampu menyelaraskan tujuan jangka panjang dan tujuan jangka pendek diperlukan untuk menjaga kinerja perusahaan secara menyeluruh.
Balanced scorecard generik untuk perusahaan agen alat berat dengan memberikan 14 KPI yang pembobotan kepentingannya menggunakan metode Analytic Network Process (ANP), kemudian diintegrasikan dengan hoshin kanri sehingga menghasilkan rencana jangka pendek yang komprehensif, pada tiga departemen di setiap Strategic Business Unit (SBU) yang selaras dengan strategi jangka panjang perusahaan.

Strategic management is all about gaining and maintaining competitive advantage that is anything makes a difference from others. Getting and keeping competitive advantage is essential for long term success in a organization. And both excellence strategy formulation and execution is the key. Long term success is gaining sustain profitable growth. Balanced scorecard is proven capability to translate long term objective that stated in company vision and mission into four perspectives i.e. financial, customer, internal process, learning and growth.
Hoshin kanri in a short term strategy implementation methodology to clarify strategy into required actions. Heavy duty dealer company is a customer service company that deliver service for heavy duty machine selling, repair and maintenance service, spare part. Integrated strategy management system is required to clarify long term objective and short term objective to maintain entire company performance.
Generic balanced scorecard for heavy equipment dealer company with 14 KPIs given that weighted using Analytic Network Process (ANP) than integrated with hoshin kanri resulting comprehensive short term plan in three departments of Strategic Business Unit (SBU), align with the company long term strategy.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2009
T26145
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Zulfa Hudaya
"Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimumkan konversi TKKS menjadi etanol, furfural, dan listrik yang terintegrasi dengan sistem generasi kukus agar menghasilkan performa ekonomi dan lingkungan yang optimum. Performa ekonomi diukur dengan NPV (net present value) sedangkan performa lingkungan diukur melalui emisi CO2 hasil analisis life cycle. Hasil optimisasi menunjukkan bahwa suhu optimum untuk reaksi hidrolisis adalah 180°C dan pemenuhan fraksi kukus massa dari generasi kukus tenaga surya yang optimum berada pada rentang 0-0,28 yang ditunjukkan oleh kurva Pareto. CSP mampu memenuhi seluruh kebutuhan kukus secara finansial pada pembangunan unit ke-10 dengan proyeksi learning curve. Split fraksi TKKS untuk objektif optimum didapatkan pada fraksi massa TKKS sebesar 0.25 ke unit reaktor hidrolisis.

The purpose of this research is to optimize the conversion process of EFB to ethanol, furfural, and electricity through co-production principal integrated with solar-assisted steam generation system, to achieve optimum economic and environmental performances. Economic performance is measured by NPV, while environmental performance by CO2 emission through life cycle analysis. The multi-objective optimization shows that the optimum temperature of hydrolisis reaction is 180°C and solar-assisted generation system is applicable for fulfilling steam need until 0,28 of mass fraction, which are represented by Pareto curve. CSP can fulfill all demand of steam funancially when the 10th unit established by learning curve projection. Fraction split of EFB into hydrolisis reactor is optimum at 0,25.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2016
S63155
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Weihrich, Heinz
New York: McGraw-Hill , 1985
658.4012 WEI m
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Katili, Putiri Bhuana
"Dalam pelaksanaan otonomi daerah kesiapan sumber daya Iokal termasuk sumber daya manusia (SDM) merupakan suatu prasyarat yang harus dipenuhi. Perguruan tinggi merupakan salah satu lembaga yang berperan penting dalam penyiapan SDM Sejalan dengan hai tersebut, Fakultas Teknik - Universitas Tirtayasa (FT-Untirta) sebagai sebuah lembaga pcndidikan tinggi teknik di protinsi Banten mendapat tantangan yang lebih berat di masa mendatang. Untuk itu diperlukan perbaikan yang terus menerus dalam pengelolaannya terutama dalam sistem manajemen. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengkaji sistem manajemen yang diterapkan di FT-Untirta. Acuan yang digunakan dalam kajian tersebut adalah kriteria-kriteria pada Malcolm Baldrige National Quality Award (MBQNA) dan Badan Akreditasi Nasional-Perguruan Tinggi (BAN-PT). Di dalam penelitian ini, data dan informasi yang berkaitan dengan pengelolaan FT-Umirta diperoleh dari dokumentasi yang tersedia. Selain itu, sebagai pelengkap, juga disusun kuesioner. Dari penelitian diperoleh beberapa kesesuaian antara kriteria MBQNA dan BAN-PT daiam hal : Faculty and Staff Focus; Educational and Support Process Management; dan Organizational Pedormance Result _ MBQNA mempunyai cakupan yang lebih Iuas. Kriteria yang tidal: terdapat pada BAN-PT adalah : Leadership dan Strategic Planning. Kekurangan BAN- PT untuk kedua hal tersebut diatasi dengan metoda Hoshin Kanri. Dalam penyusunan strategic planning diaunnkan metoda Hoshin Kanri. Keunggulan Hoshin Kanri terletak pads penentuan fokus dalam rencana jangka panjaun dan menengah serta penjabarannya (deployment) di dalam program kerja.

One of the conditions for the implementation of 'Region Autonomy' concept is the readiness of local resources. Human resources is one of the resources should be prepared. University has an important role for human resources development In regard of the region autonomy, Engineering Faculty of Tirtayasa University (FT-Untirta) as engineering education institution in Province of Banten will get more challenge in the fixture. For that reason, a continuous improvement in the management system of the faculty is needed. The aim of the study is to elucidate the application of the management system in FT-Untirta. Criteria from Malcolm Baldrige National Quality Award (MBQNA) and National Accreditation Board for Universities (BAN-PT) is applied as reference for evaluation. Data and information for the study are obtained from the existing faculty documents. In addition of that, to get more comprehensive information a set of questioner are prepared and distributed. From the study can be concluded that there are good agreement between MBQNA and BAN-PT in some aspect especially in the following criteria : Faculty and Staff Focus; Educational and Support Process Management; and Organizational Performance Result. But, it is also found that Leadership and Strategic Planning criteria are not exist in the criteria's of BAN-PT. The lack of these criteria for BAN-PT has been overcome by application of Hoshin Kanri method. Hoshin Kanri method has been applied for strategic planning development Hoshin Kanri method has advantages in determining focus for long-term and medium-term planning and its deployment for current activity."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2001
T3659
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Widiyo Dwihartanto
"ABSTRAK
Perkembangan ilmu pengetahuan dewasa ini berkembang dengan pesatnya. Hal ini didukung pula oleh perkembangan teknologi informasi yang saat ini telah memasuki segala sendi-sendi kehidupan manusia. Merupakan hal yang wajar bila sekarang perkembangan budaya manusia sangat dipengaruhi oleh teknologi informasi dan sistem informasi ini.
Salah satu yang ilmu pengetahuan yang berkembang dengan pesat adalah ilmu Teknik Industri. Ilmu pengetahuan ini dapat dikatakan unik karena selain ia bersifat dinamis mengikuti perkembangan zaman, ilmu ini juga dapat diaplikasikan pada hampir seluruh segi-segi kehidupan manusia. Tidaklah mengherankan banyak perguruan tinggi yang mengajarkan ilmu ini kepada mahasiswanya.
Hal yang sama juga berlangsung di Universitas Indonesia. Melalui Jurusan Mesin Fakultas Teknik Universitas Indonesia, ilmu ini diajarkan pada salah satu program studinya yakni Program Studi Teknik Industri. Pengajarannya dimulai sejak tahun 1978 hingga saat ini dimana pada saat permulaannya berupa suatu Kabinet Teknik Industri.
Mengikuti perkembangan zaman, dirasakan wang gerak pengajaran ilmu Teknik Industri ini perlu diperluas. Hal ini merupakan suatu kewajaran, mengingat sifat ilmu ini dinamis dan mengikuti perkembangan zaman. Timbul pemikiran untuk mengubah status Program Studi Teknik Industri menjadi suatu jurusan yang Iangsung berada di bawah Fakultas Teknik Universitas Indonesia. Mengantisipasi pemikiran tersebut, merupakan suatu hal yang baik jika ada suatu perencanaan pengembangan Program Studi Teknik Industri menjadi Jurusan Teknik Industri, sehingga nanti pada pelaksanaannya dapat menjadi suatu masukan yang berguna bagi pengembangan pemikiran tersebut.
Salah satu hal utama perencanaan pengembangan ini adalah sarana yang dibutuhkan oleh sebuah jumsan sebagai tempal untuk melaksanakan kegiatan belajar mengajar, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat. Sarana yang mendasar tersebut diantaranya adalah gedung, Iaboratorium, dan perlengkapannya yang merupakan sarana fisik. Dalam perencanaan fisik tersebut, akan Iebih mudah jika digunakan pendekatan manajemen proyek karena pendekatan ini dilakukan secara menyeluruh meliputi perencanaan proyek, pelaksanaan, dan kontrol pada proyek tersebut.

"
1996
S36529
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Lukman Arhami
"Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi keinginan dan kebutuhan konsumen, tingkat pelayanan JTM FT UNJ menurut persepsi pelanggan; mengidentifikasi isu-isu strategis tentang kualitas pelayanan JTM FT UNJ berdasarkan keinginan dan kebutuhan konsumen dan membuat usulan strategi peningkatan kualitas layanan dengan mengintegrasikan Metode QFD dengan Hoshin-Kanri. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah survey.
Adapun hasil dari penelitian ini adalah: (1) Harapan terhadap terhadap layanan di JTM FT UNJ adalah sebagai berikut: (a) Kualitas SDM yang menunjang (dosen dan karyawan) sehingga mampu memberikan layanan pendidikan dan administrasi yang baik: 14,28%; (b) Pembelajaran berlangsung dengan interaktif didukung dengan kurikulum yang sesuai dengan perkembangan IPTEKs dan tuntutan kerja: 26,19 %; (c) Efektifitas pengelolaan dan keramahan dalam melayani mahasiswa: 9,52%; (d) Lulus dengan tepat waktu dengan kualitas penelitian yang baik: 9,52%; (e) Ketersediaan sarana dan prasarana perkuliahan:35,72%;(f) Pencitraan publik dengan memanfaatkan/membuat media informasi:4,77%; (2) Kinerja JTM FT UNJ dalam memberikan pelayanan pendidikan dinilai kurang memuaskan. Hal ini dapat terlihat dari tingginya gap antara ekspektasi dan persepsi terhadap kualitas layanan. Gap terbesar adalah 4 sebanyak 1 item (2,08%) pada kritera nomor K6, gap 3 sebanyak 20 item (41,67%) dan (3) Relevansi dan daya saing dapat memenuhi kebutuhan pelanggan sebesar 33,687%. Penguatan tatakelola dan akuntabilitas 28,291%. Pencitraan publik memiliki konstribusi dalam memenuhi kebutuhan pelanggan adalah 16,435% dan pengembangan sumber daya manusia memiliki porsi sebesar 21,832%.. (4) Proses perencanaan strategi mengintegrasikan QFD dengan Hoshin Kanri dibuat usulan strategi dan penyebarannya samapi level 2 dalam struktur organisasi Jurusan Teknik Mesin. Usulan tersebut terdiri dari 13 strategi pada level pertama dan 57 strategi pada level kedua.

The focus of this study is to recognize the needs and requirements of customers, to dicover the level of services quality in Mechanical Engineering Departement based on customers views, to identify the strategies issues the services quality in Mechanical Engineering Department based on the needs and requirements of customers, to develop the planning strategic for improvement the quality services by integrated QFD and Hoshin Kanri. The methodology research is survey.
The results of this research are: (1) Costumers? expectation are: (a) Human resources (lecturer and employer) so it present good quality in education and administration: 14,28%, (b) the interactive learning process supported by appropiate curriculum and scientific development: 26,19%; (c) the efectivity and friendly management to support students: 9,52%, (d) finish study at the certain time and better quality in research: 9,52%; (e) the preparation of equipments for learning process: 35, 72%; (f) Public image through formulate information media: 4,77%; (2) Quality services in Mechanical Engineering Departement in provide educational process is low satisfied. It is because the high discrepancy between expectetion and perception to quality services. The most discrepancy are: 1 item (2,08%) in criterion number K6, discrepancy 3 include 20 items (41, 67%) and (3) The significance and competitiveness accomplish the costumer needs: 33, 687%. The supported of management and accountability: 28, 29%. The contribution of public image in services the costumers is 16,435% and empowering the human resources is 21,832%. (4) Planning process of strategy by integrated QFD and Hoshin Kanri is construct the proposal of strategy and the dissemination until second level in organization structure of Mechanical Engineering Departement. The proposal include 13 of strategies in fisrt level and 57 of strategies in second level."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2008
T24682
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Mager, Robert F.
Belmont California: Fearon Publ., 1975
371.621 MAG p
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>