Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 195007 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Santoso Tri Raharjo
"Perkembangan organisasi pelayanan sosial dalam masyarakat Indonesia, tidak terlepas dari sifat kesukarelaan anggota masyarakat untuk membantu sesama. Sifat 'gotong royong', 'gugur gunung', 'rawe-rawe rantas' dan nama-nama lain yang berbeda-beda di setiap daerah merupakan wujud dari kepedulian dari sebagian warga masyarakat untuk membantu warga masyarakat lainnya yang mengalami kesusahan. Merekalah yang kemudian dikenal sebagai volunteers (relawan) yang secara sukarela menyumbangkan tenaga, pemikiran dan materinya tanpa mempertimbangkan imbalan. Dalam perkembangan selanjutnya, permasalahan sosial makin beragam, sehingga membutuhkan keahlian dan mekanisme penanganan yang lebih terorganisir.
Relawan sosial sebagai salah satu ujung tombak kegiatan pelayanan sosial menjadi penting untuk diperhatikan, khususnya berkaitan dengan kemampuan dan keterampilan mereka dalam kegiatan pelayanan. Selain itu para relawanlah yang menjadi pelaksana operasional kegiatan di lapangan; merekalah sebenarnya pekerja garis depan dari suatu organisasi pelayanan sosial. Namun demikian pada umumnya para relawan sulit dikendalikan dibandingkan dengan staf, dan terkadang mereka tidak memiliki kebutuhan secara ekonomis atas pekerjaan yang dia lakukan dalam suatu organisasi, sehingga ketika ia merasa tidak nyaman atau tidak betah dia akan pergi begitu saja. Latar belakang relawan yang berbeda baik persepsi dan motivasi yang mereka miliki memerlukan perhatian khusus dari para pengurus organisasi pelayanan sosial.
Pendidikan dan pelatihan relawan merupakan salah satu upaya pengembangan sumber daya relawan sebagai bagian dari manajemen sumber daya manusia perlu dikaji dan dikembangkan dalam upaya efektivitas pelayanan sosial. Hal yang mendasari secara akademis perlunya kajian ini adalah untuk memperkaya telaah mengenai kerelawanan dan khususnya memperoleh pemahaman secara mendalam mengenai proses pendidikan dan pelatihan yang diselenggarakan.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengembangan sumber daya relawan melalul pendidikan dan pelatihan relawan di Mitra Citra Remaja (MCR) PKBI Jawa Barat. Kemudian secara khusus pula ingin mengetahui mengenai Informasi dan motivasi relawan masuk ke MCR-PKBI, jenis pelatihan, tujuan, fasilitator, metode, waktu, sarana dan prasarana pendidikan dan pelatihan, dan manfaat pendidikan dan pelatihan relawan dalam kegiatan pelayanan di Mitra Citra Remaja Bandung.
Penelitian ini menggunakan tipe penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan mewawancarai 9 (sembilan) orang tenaga relawan dan 6 (enam) orang staf MCR-PKBI Jawa Barat yang diperoleh secara purpossive. Hasil penelitian menunjukkan bahwa informasi teman merupakan informasi pertama sekaligus menjadi daya tank utama mereka aktif di MCR-PKBI Jawa Barat. Berbagai motivasi lain yang mendorong mereka aktif di lembaga ini adalah mengisi waktu luang, mencari pengalaman, memperoleh keterampilan dan pengetahuan barn, serta teman-teman baru.
Pendidikan dan pelatihan relawan di MCR-PKBI Jawa Barat dilaksanakan berdasarkan pola-pola tertentu yang sudah ada dan dilaksanakan secara berkala. Namun dalam pelaksanaan di lapangan telah dilakukan beberapa modifikasi sesuai dengan kebutuhan dan potensi di lembaga MCR-PKBI Jawa Barat itu sendiri. Jenis pelatihan di MCR dilakukan secara berjenjang, yaitu pelatihan dasar, pelatihan lanjutan, pengayaan di masing-masing divisi dan pelatihan khusus. Tujuan utama dan penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan adalah meningkatkan pengetahuan, sikap dan keterampilan peserta untuk dapat berperan sebagai peer educator dan konselor dalam kesehatan reproduksi remaja.
Gaya fasilitator yang disukai oleh peserta atau relawan selain menguasai akan bidangnya adalah yang santai, lugas, tidak kaku dalam penyampaian materinya dan bisa humor. Failitator yang mampu melihat suasana dan mampu menghangatkan suasana pelatihan sehingga peserta tidak bosan. Para fasilitator pelatihan berasal dari dalam yaitu dan MCR PKBI yang kompeten dalam penyampaian materi tertentu. Sedangkan fasilitator yang berasal dan luar adalah mereka yang dikenal dan diketahui ahli dalam bidangnya, baik dari perguruan tinggi atau LSM lain.
Metode dan teknik yang dipergunakan dalam pendidikan dan pelatihan di MCR-PKBI Jawa Barat, antara lain ceramah, diskusi dan tanya jawab (CTJ), juga memanfaatkan permainan peran (role play) dan permainan-permainan (games), simulasi, bahas kasus serta teknik-teknik ice breaking untuk mencairkan suasana. Ketepatan dalam menggunakan berbagai teknik dalam pelatihan juga terkait dengan kamampuan fasilitator dalam menyampaikan materinya.
Waktu penyelenggaraan pelatihan relawan paling tidak satu tahun sekali untuk pelatihan dasar, sedangkan pelatihan lainnya disesuaikan dengan kebutuhan. Sarana dan prasarana pelatihan sebagian besar telah disediakan oleh pihak MCR PKBI sendiri. Untuk mengetahui respon peserta terhadap pelatihan dipergunakan pre-tes dan pos-tes; sedangkan evaluasi menyeluruh mengenai penyelenggaraan pelatihan itu sendiri belum dilakukan.
Rekemondasi berkaitan dengan penyelenggaraan pelatihan di MCR-PKBI Jawa Barat antara lain pencatatan proses penyelenggaraan pelatihan perlu dikembangkan sehingga dapat terlihat efektivitas pelatihan. Perlu kiranya mengadakan pelatihan untuk pelatih (training for trainer) untuk meningkatkan kualitas pelatihan dan serta tersedianya sejumlah pelatih yang berasal MCR-PKBI itu sendiri.
Relawan MCR-PKBI Jawa Barat, walaupun telah memeproleh pendidikan dan pelatihan, kemudian diikat dengan kontrak dan peluang jenjang karier untuk menjadi staf, namun tetap saja tingkat 'tum-over'-nya tinggi. Sehingga diperiukan perhatian khusus berkaitan dengan upaya pmeliharaan dan pengembangan relawan yang sudah terlatih dengan cara yang lain, misalkan dengan mengembangkan kegiatan kegiatan yang bersifat penguatan keeratan hubungan antar staf dan relawan."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2003
T12269
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yunita Wulandari
"ABSTRACT
Dalam organisasi pelayanan kemanusiaan terdapat kecenderungan bahwa pelibatan relawan dalam pelayanan hanya ditujukan untuk kegiatan yang sifatnya insidental saja, dan belum mensinergikan relawan dalam struktur organisasi secara berkelanjutan. Selain itu, terdapat juga suatu kondisi dimana terjadi ketimpangan antara jumlah staf dan relawan. Sehingga jumlah staf yang sedikit harus dibebani dengan peran pengelolaan relawan, beriringan dengan berbagai pekerjaan yang biasa mereka lakukan. Berdasarkan permasalahan tersebut, skripsi ini membahas mengenai proses pelaksanaan manajemen relawan yang diterapkan dalam organisasi pelayanan kemanusiaan Sekolah Relawan, beserta dengan faktor pendukung dan penghambat proses pengelolaan tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan desain deskriptif. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa Sekolah Relawan melakukan pengelolaan relawan secara langsung, dan memiliki enam tahapan utama, yaitu 1 persiapan internal, 2 rekrutmen, 3 orientasi dan pelatihan, 4 penugasan atau aksi, 5 penguatan dan pemberian dukungan, dan 6 pengawasan. Adapun faktor yang mendukung proses pengelolaan relawan adalah keberadaan visi dan misi yang mengarah pada relawan, motivasi pribadi relawan, suasana kekeluargaan dan pengaruh pimpinan organisasi. Sedangkan faktor penghambat yang dialami, antara lain belum adanya bagian khusus yang menangani relawan, kesibukan lain yang dimiliki relawan, dan hambatan komunikasi.

ABSTRACT
In the human service organization there is a tendency that volunteer involvement in services is only aimed at incidental activities only, and has not synergized them in the organizational structure. In addition, there is also a condition where there is an imbalance between the number of staff and volunteers. So the small number of staff should be burdened with the role of volunteer management, along with the various jobs that they usually do. Based on these problems, this study discuses about volunteer management process conducted by Sekolah Relawan with the supports and obstacles. This study used qualitative method and descriptive design approach. The result of study show that Sekolah Relawan performs direct volunteer management, and has six main stages 1 internal preparation, 2 recruitment, 3 orientation and training, 4 assignment or action, 5 strengthening and support, and 6 supervision This volunteer management process are supported by the existence of vision and mission that leads to volunteer, personal motivation of volunteers, family atmosphere in organization and influence of board of directors. Whereas, the obstacles are the absence of volunteer manager, other activities owned by volunteers, and communication barriers."
2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dara Kinasih Sisherninda
"ABSTRAK
Strategi Komunikasi untuk mengimplementasikan Kegiatan Sukarela Karyawan dalam Program CSRStudi Kasus Karyawan Membangun Desa di Pertamina Hulu Energi ONWJDara Kinasih Sisherninda, Magdalena Wenas, CPR, M. Comm Departemen Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Indonesia, Kampus UI, Depok, 16424, Indonesia Email: darakinasihs@ymail.com Abstrak Tanggung jawab sosial perusahaan adalah salah satu hal yang harus dimiliki oleh setiap perusahaan. Pada saat ini, kegiatan tanggung jawab sosial juga semakin berkembang dan beragam, salah satunya adalah kegiatan sukarela karyawan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi strategi komunikasi apa yang digunakan oleh tim dalam mengundang karyawan untuk berpartisipasi dalam kegiatan Karyawan Membangun Desa. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk memeriksa apakah kegiatan Karyawan Membangun Desa memberikan manfaat bagi karyawan dan perusahaan atau tidak. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Penulis melakukan wawancara kepada salah satu anggota tim. Analisis isi dilakukan untuk menginterpretasikan isi wawancara ke dalam konteks dengan berfokus pada strategi komunikasi yang digunakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tim menggunakan campuran komunikasi vertikal dan horizontal. Selain itu, hasilnya juga menunjukkan bahwa ada beberapa manfaat bagi karyawan dan perusahaan. Kata kunci: Strategi Komunikasi, Aktivitas sukarelawan karyawan, Corporate Social Responsibility.

ABSTRACT
Communication Strategy to Implement Employee Volunteering Activities in CSR ProgramCase Study of Karyawan Membangun Desa in PHE ONWJ.Dara Kinasih Sisherninda, Magdalena Wenas, CPR, M. Comm Department of Communication, Faculty of Social and Political Science, Universitas Indonesia, Kampus UI, Depok, 16424, Indonesia. E-mail: darakinasihs@ymail.com Abstract Corporate social responsibility is one of the things that every company should have. At this time, social responsibility activities are also growing and diverse, one of which is the voluntary activities of employees. This study aims to identify what strategy communication used by the team in inviting employees to participate in the activities of Karyawan Membangun Desa. In addition, this study also aims to check whether the activities Karyawan Membangun Desa provide benefits to employees and companies or not. The research method used in this research is qualitative method. The author conducted an interview to one of the team members. Content analysis is done to interpret the content of the interview into the context by focusing on the communication strategy used. The results showed that the team used a mixture of vertical and horizontal communications. In addition, the results also show that there are some benefits to employees and companies. "
2018
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Nabillah Ulfah
"Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui gambaran praktik pekerjaan sosial di rumah sakit jiwa. Praktik pekerjaan sosial dalam bidang kesehatan jiwa merupakan hal yang penting bagi pemulihan ODGJ Orang Dengan Gangguan Jiwa maupun Orang Dengan Masalah Kejiwaan ODMK terutama untuk mengintegrasikan mereka kembali ke masyarakat setelah menerima pelayanan di rumah sakit jiwa. Walaupun memegang peran yang penting, didapati bahwa praktik pekerjaan sosial di rumah sakit jiwa di Indonesia masih belum optimal. Penelitian ini dilakukan di RSJ Dharmawangsa dan RSJ Soeharto Heerdjan sebagai dua rumah sakit jiwa di Jakarta yang menjadi tujuan terbesar untuk menerima pelayanan kesehatan jiwa. Informan dari penelitian ini adalah segenap tenaga kesehatan jiwa profesional seperti pekerja sosial, psikiater, psikolog, perawat, dan terapis okupasi, serta klien penerima pelayanan. Hasil penelitian ini mendeskripsikan praktik pekerjaan sosial di masing-masing rumah sakit jiwa yang dibagi dalam lima tema yaitu tugas dan peran pekerja sosial, kolaborasi tim profesi kesehatan jiwa, tantangan praktik pekerjaan sosial dan strateginya, ketidaksesuaian pelayanan promotif, dan perspektif dan pendekatan dalam penyampaian pelayanan.

This study aims to describe social work practices conducted in mental hospitals. Social work in mental health area is important to help people with mental disorders to re integrate with the society. Despite of its importance, it is known that social work in mental hospitals in Indonesia has not been optimal. The study is conducted in RSJ Dharmawangsa and RSJ Soeharto Heerdjan as some of main destinations for people to seek for professional helps. The participants of this study are professional workers in mental health team such as social workers, psychiatrists, psychologists, nurses, and occupational therapist, as well as the clients. The results are elaborated in five themes which talk about social workers rsquo tasks and roles, health professional team collaboration, challenges and strategies in social work practice, misapplication of promotive services, and perspective and approach to services."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Norman David Krisnando Sabandar
"ABSTRAK
Skripsi ini mengkaji kegiatan sukarela yang dilakukan lansia di Klinik Lentera Pamulang. Kesukarelawanan yang dilakukan lansia berorientasi pada nilai kristiani yaitu diakonia. Klinik ini mentrasmisikan nilai diakonia kepada sukarelawan melalui peranan tokoh keagamaan dan kegiatan organisasi. Dengan pendekatan etnografi, skripsi ini menunjukkan bahwa nilai diakonia yang disampaikan oleh tokoh keagamaan dan kegiatan organisasi diterima oleh sukarelawan. Penerimaan nilai diakonia turut meningkatkan motivasi sukarelawan melakukan pelayanan sosial kepada masyarakat. Meningkatnya motivasi sukarelawan melakukan pelayanan sosial memberikan manfaat kepada masyarakat. Dengan demikian, nilai diakonia merupakan pedoman utama sukarelawan saat menjalankan kesukarelawanan di tengah kehidupan masyarakat

ABSTRACT
This study discussed about volunteerism activities of the older adults in Klinik Lentera, Pamulang. Volunteerism which was conducted by this volunteers have orientation with Christian value called diakonia. This clinic transmitted diakonia value to the volunteers by the role of the spiritual key person and also by the activities of organization. In this study, the ethnography approach showed the diakonia value was transmitted by the spiritual key person and the activities of organization accepted by the volunteers. Diakonia value acceptation increased the volunteers motivation to conduct social services. This motivation gave benefits to the community. Thus, diakonia value became the volunteers guideline to give the social services in the community. "
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Jakarta: Rajawali, 1992
307.72 PEM
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Jakarta: Rajawali, 1985
307.72 PEM (2)
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Fiffer, Steve
New York : Doubleday , 1994
361.370 9 FIF f
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Silvia Fatmah Nurusshobah
"Panti Sosial Marsudi Putra (PSMP) Handayani Sosial melibatkan pekerja sosial PKSA untuk berperan dalam penanganan ABH yang berada di lingkungan keluarga pasca reintegrasi sosial. Dengan pendekatan kualitatif, tesis ini menggambarkan peran pekerja sosial terhadap ABH di lingkungan keluarga pasca reintegrasi sosial. Adapun peran tersebut antara lain melakukan verifikasi, membantu pembukaan dan pencairan rekening tabungan, pemenuhan kebutuhan, pendampingan, penguatan keluarga dan laporan. Hambatan dalam pelaksanaannya antara lain lemahnya kualitas SDM, kurangnya pengawasan pihak PSMP Handayani, lokasi tempat tinggal ABH yang jauh, dan ketentuan/ kondisi dalam PKSA yang dirasa kurang efektif bagi pekerja sosial PKSA.

Panti Sosial Marsudi Putra (PSMP) Handayani involving social workers to role in handling of children in conflict with the law (ABH). With a qualitative approach, this thesis describes the role of social workers within the ABH in the family after social reintegration. The roles include verification, making of savings, meet the needs, strengthening family, and reports. Barriers to implementation include lack quality of social worker, lack monitoring from PSMP Handayani, residence location of ABH far, and terms/ conditions in Child Welfare Program (PKSA) were deemed less effective for social workers."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2013
T32925
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>