Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 16337 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Kuglin, Fred A.
New York: AMACOM , 2001
658.8 KUG s
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Nabila Fajri Kusuma Ningrum
"Optimalisasi proses pembelian langsung melalui platform e-commerce Business-to-business (B2B) memainkan peran penting dalam mengurangi waktu proses pengadaan barang dan jasa. Misalnya, menyederhanakan pencarian dan perbandingan produk dan pemasok. Namun, hanya sedikit penelitian yang dilakukan mengenai perbaikan proses bisnis dan penilaian tingkat kepentingan atribut kualitas proses pembelian langsung melalui e-commerce pada suatu korporasi besar. Untuk mengurangi kesenjangan penelitian ini, penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki proses bisnis pembelian langsung yang didasari oleh prioritisasi kualitas atribut permasalahannya. Dua metode penelitian diterapkan: Pertama, Multi Criteria Decision Making (MCDM) dengan Fuzzy Analytical Hierarchy Process (FAHP) digunakan untuk mengidentifikasi atribut kualitas kritis yang didapatkan dari artikel jurnal dengan persetujuan praktisi ahli di industry terkait. Kedua, Business Process Reegineering (BPR) digunakan untuk memperbaiki proses bisnis pembelian langsung untuk meningkatkan efisiensi proses end-to-end. Hasil analisis MCDM menghasilkan urutan prioritisasi kategori pada proses pembelian langsung antara lain Financial Flow, Commercial Flow, Information Flow, Logistics Flow, dan Design Flow. Selain itu, BPR yang dilakukan dapat meningkakan waktu proses pembelian langsung hingga 18%. Studi ini memberikan wawasan praktis bagi praktisi pengadaan dalam menyusun proses bisnis pembelian langsung melalui platform e-commerce di korporasi besar.

Efficient procurement processes are crucial for oil and gas companies to meet their business needs. This study focuses on improving the direct purchasing process of an Indonesian oil and gas company through its MSMEs E-commerce platform. The research employs a two-step approach: first, Multi Criteria Decision Making (MCDM) with Fuzzy Analytical Hierarchy Process (FAHP) is used to prioritize critical quality attributes based on expert opinions; second, Business Process Reengineering (BPR) is applied to redesign the process based on the prioritized attributes. The FAHP analysis reveals that Financial Flow, Commercial Flow, and Information Flow are the top priority categories, with payment accuracy, order fulfillment, and system integration being the most critical attributes. The redesigned process, which eliminates redundant steps and improves payment and order handling, achieves an 18% reduction in processing time. The findings provide practical insights for procurement practitioners in structuring direct purchasing processes via e-commerce platforms and highlight the value of combining MCDM and BPR for process improvement."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2024
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nisa Aziza
"ABSTRAK
Peningkatan jumlah pengguna internet menjadi salah satu pemicu
meningkatnya para pengguna e-commerce di Indonesia. Namun, perkembangan
industri e-commerce di Indonesia tidak sejalan dengan penyediaan infrastruktur
yang sepadan. Salah satu infrastruktur yang dinilai buruk adalah sistem
pembayaran. Bank, sebagai pihak penyelenggara sistem pembayaran, terus
berupaya mengembangkan produk teknologi sistem pembayaran. Salah satunya
dengan mengembangkan aplikasi internet banking yang juga merupakan salah satu
upaya untuk mereduksi biaya operasional perbankan. Sebuah penelitian terkait
persepsi pengguna terhadap teknologi tersebut dibutuhkan untuk membantu para
manajer dan desainer perangkat lunak. Penelitian ini merupakan studi kasus pada
KlikBCA. Analisis faktor yang berhubungan dengan proses penerimaan pengguna
terhadap produk teknologi internet banking untuk transaksi berbelanja online akan
dilakukan menggunakan model terintegrasi TAM dan TTF. Analisis akan dilakukan
dan data akan diolah menggunakan metode Structural Equation Modelling (SEM).
Hasil penelitian menunjukkan rendahnya manfaat yang dirasakan, namun
kemudahan yang tinggi dan rendahnya kecocokan antara tugas dan teknologi, yang
menyebabkan teknologi ini berada pada kuadran II dalam kerangka
usefullness/EOU Grid.

ABSTRACT
The increasing number of internet users in Indonesia, is one of the triggers
of the rising e-commerce users. However, the development of e-commerce industry
in Indonesia is not in line with the provision of infrastructure that is commensurate.
One considered as poor is payment system infrastructure. Bank, as the organizer of
the payment system, continue to develop their payment system technology
products. One of them is by developing internet banking application which is also
one of the efforts to reduce the cost of banking operations. A study on the user's
perception of the technology is needed to help managers and software designers.
This research is a case study on KlikBCA. Analysis of factors associated with the
acceptance process of the users of internet banking technology products for online
shopping transactions will be conducted using an integrated model of TAM and
TTF. The analysis will be performed and the data will be processed using Structural
Equation Modeling (SEM).. The results showed low perceived benefits, but the ease
of high and low match between task and technology, which led to this technology
is in quadrant II within the framework of usefullness / EOU Grid."
2015
S59303
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rayport, Jeffrey F.
Boston: McGraw-Hill, 2001
658.84 RAY e
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Rayport, Jeffrey F.
Boston: Irwin, McGraw-Hill, 2001
658.872 RAY e
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Mohammad Nur Aliman Karim
"Teknologi saat ini sangat berkembang pesat, khususnya di bidang teknologi informasi. Banyak perusahaan-perusahaan yang memanfaatkan teknologi internet untuk membantu meningkatkan bisnisnya. Dari hanya sebatas media untuk meningkatkan brand awareness sampai dengan menjual produknya melalui internet. Salah satunya adalah PT XYZ yang memiliki situs e-commerce xyz.com. Banyaknya pesaing menuntut para PT XYZ untuk meningkatkan kinerja mereka yang salah satunya diperoleh dengan cara meningkatkan jumlah transaksi yang dilakukan oleh pelanggan lama. Pada tulisan ini akan dibahas faktor-faktor yang mempengaruhi repurchase intention pelanggan XYZ.com.
Model penelitian ini diadaptasi dari model DeLone & McLean Updated IS Success Model, Expectation-Confirmation Model, dan beberapa penelitian sejenis. Pengambilan data untuk penelitian ini menggunakan survei kepada para pelanggan XYZ.com melalui media online. Dari data isian kuesioner yang terkumpul didapatkan sebanyak 374 data valid. Setelah data survey terkumpul kemudian akan dianalisa menggunakan metode structural equation modeling (SEM) berbasis variance yaitu partial least square (PLS) dengan menggunakan perangkat lunak SmartPLS 3.0. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa customer satisfaction dan customer trust berpengaruh secara signifikan terhadap repurchase intention.

Technology has been expand so fast for now, specially for information technology. Many company use internet to improve their business. From simply use internet just for increasing brand awareness to selling their product through internet as their main channel. One of those company is PT XYZ with their e-commerce website XYZ.com. Because of business competition forced PT XYZ want to improve transaction from their existing customer to boost their performance. This research will explain factors that impacting repurchase intention customers on XYZ.com.
The resarch model was adapted from DeLone & McLean Updated IS Success Model, Expectation-Confirmation Model and other similar research. Data was collected using survey to XYZ.com customers through online survey. There is 374 valid data was collected from survey. Data was analysed using structural equation modeling (SEM) variance based that called partial least sqare (PLS) by using SmartPLS 3.0. This research resulting customer satisfaction and customer trust affect significantly to repurchase intention.
"
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2016
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Winggar Pastian Pramulina
"Penjualan mobil di Indonesia dari tahun ke tahun semakin tinggi. Namun hal ini diikuti juga dengan meningkatnya persaingan usaha dalam penjualan sehingga PT Astra International Tbk, yang memiliki merek Toyota, Daihatsu, Isuzu, BMW, dan Peugeot, mengalami penurunan penjualan pada tahun 2014. Untuk dapat memenangkan persaingan tersebut di masa depan, PT Astra International Tbk - AstraWorld sebagai anak perusahaan ditunjuk sebagai penanggung jawab untuk mendukung kegiatan penjualan Sales Operation PT Astra International Tbk ingin berkontribusi dalam meningkatkan penjualan dengan merancang strategi e-commerce untuk dapat memperluas area penjualan dan mendapatkan penjualan dan pangsa pasar yang sesuai dengan target yang diharapkan. Penelitian yang dilakukan yaitu dengan menggunakan strategi e-business Chen dipadukan dengan strategi marketing untuk mendapatkan strategi e-commerce. Hasil penelitian berupa rekomendasi strategi e-commerce dan rencana tindakannya yang dapat diterapkan oleh PT Astra International Tbk - AstraWorld.

The number of car sales in Indonesia shows the growth trends.It is followed by the rapid competition among the sales operation of many car brands, includin PT Astra International Tbk which has 5 brands, they are Toyota, Daihatsu, Isuzu, BMW, dan Peugeot. Unfortunately, in 2014 Astra lost the number of car sales. To be able for winning back the competition in the future, PT Astra International Tbk ndash AstraWorld is appointed to support the activity using e commerce initiative to expand selling area and grab more customers as expected. This research using Chen framework strategy combined with marketing strategy. The result would be the e commerce strategy recommendation and action plans that could be implemented by PT Astra International Tbk ndash AstraWorld to support Astra sales operation."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2017
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fransisca Sheilla Xavera
"Diawali dengan hadirnya internet yang merubah perilaku konsumen dari offline menjadi online. Hal ini membuka peluang bagi pemasar dalam kategori fashion untuk mengembangkan usahanya melalui media digital, terutama fashion lokal Indonesia. Didukung dengan meningkatnya daya beli konsumen tiap tahun, membuat startup e-commerce dalam kategori fashion dapat berkembang pesat. Meskipun industri fashion kerap berubah tiap saat dan merupakan bisnis yang cukup sulit untuk dijalani karena persaingan yang sangat ketat terutama di media digital, LocalBrand.co.id dapat bertahan. Karena itu LocalBrand.co.id merupakan salah satu contoh kasus yang dapat dijadikan acuan untuk memulai sebuah bisnis fashion secara digital. Dengan menerapkan 4P marketing mix, konsistensi kualitas, LocalBrand mampu merubah consumer perception akan brand lokal dan menciptakan brand image yang kuat dibenak konsumen. Dengan keseluruhan aspek ini, tidaklah mengherankan jika LocalBrand.co.id banyak dicari oleh konsumen dan dapat merubah keputusan pembelian dari global ke lokal.

Started by the existence of the internet that transform consumer behavior from offline to online. This condition gave a change to marketers in fashion category to expand their business through digital media, especially for local fashion in Indonesia. Supported by consumers purchasing power that increase each year, startup e-commerce in fashion category could be easily developing their business. Although fashion industry is changing rapidly time to time and become business that hard to undertaken because the intense competition especially in digital media, LocalBrand.co.id can survived. That’s why LocalBrand.co.id is a good case to used as a reference to enter fashion business in digital. With apply 4p from marketing mix, and keep the consistency of product quality, LocalBrand could change consumers perception for local brand and create strong brand image on consumers memory. With all those aspects, it was not surpring that LocalBrand.co.id was searched by lot of people and could change consumer buying decision from global to local."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2016
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Mas Mokhamad Soedarmaji
"
ABSTRAK
Pada era perkembangan komputer khususaya dalam teknologi informasi, internet merupakan sebuah fenomena tersendiri dengan sifatnya yang fleksibel, mudah dipakai dan relatif murah. Internet telah menjadi suatu perangkat teknologi informasi yang dapat menjangkau pengguna internet di seluruh dunia.
Globalisasi yang melanda dunia membuat kompetisi pads bidang bisnis semakin ketat, Ini mendorong kalangan bisnis untuk mencari berbagai terobosan untuk memperkuat daya saing terhadap yang lain. Internet adalah salah satu wahana alternatif dan merupakan suatu pasar bisnis berskala besar yang sedang dan terus berkembang. Hal ini membuat pars kalangan bisnis untuk melakukan suatu perdagangan atau transaksi melalui inter-net, atau yang disebut dengan perdagangan elekronik.
Dalam Skripsi ini akan dijelankan mengenai cara melakukan perdagangan atau transaksi bisnis melalui internet, yaitu dengan mengimplementasikan program aplikasi Net.Commerce yang merupakan salah sate produk dari IBM untuk mewujudkan suatu perdagangan elektronik berbasis internet dengan mendirikan toko elektronik. Sistem perdagangan tersebut dibuat dan uji cobs dilakukan di perusahaan PT.USI JAYA / IBM melalui jaringannya yang ada.
Pada Skripsi ini akan dibahas mengenai aplikasi Net.Commerce itu sendiri dan beberapa tahapan proses. Diantaranya adalah yang pertama yaitu proses instaiasi, lalu dilanjutkan dengan proses penggunaan dan implementasi, yang terakhir adalah mengenai cara pembuatan toko dengan uji coba melakukan perdagangan elektronik melalui internet yang menggunakan sistem Net.Commerce. Perangkat keras yang digunakan adalah RISC System/6000 sebagai server, dan ThinkPad sebagai client, sedangkan perangkat iunaknya berupa internet browser seperti Netscape Navigator 3.0 dan sistem dari Net.Commerce yang mengandung IBM DB2 Versi 2.I.2 atau diatasnya dan IBM Internet Connection Secure Server (ICSS) Versi 4.1.1. Dan sistem operasi yang dipergunakan adalah AIX 4. I.5.
Setelah sistem dapat dijalankan, maka proses perdagangan melalui internet, yaitu dengan mengunjungi sites sebagai toko elcktronik yang menawarkan berbagai produknya dan melakukan pembelian atas produk tersebut dapat terlaksana.
"
1997
S39459
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Liebowitz, Stan J.
""Once upon a time, it was widely thought that Internet commerce could exist apart from traditional business strategy, and that all the known financial models previously relied on could be disregarded."
New York: [American Management Association;, ], 2002
e20438138
eBooks  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>