Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 99211 dokumen yang sesuai dengan query
cover
cover
Rts. Tiara Hilda Safitri
"Penelitian ini dilakukan di UPT Perpustakaan Universitas Sriwijaya (UNSRI) Palembang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh layanan perpustakaan digital melalui website terhadap flow experience pemustaka di Perpustakaan UNSRI. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif inferensial. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan kuesioner, 388 kuesioner online yang valid. Teknik penentuan sampel menggunakan metode simple random sampling. Adapun metode pengukuran instrument menggunakan skala likert dan pengolahan data menggunakan SPSS (Statistical Product and Solution) versi 25. Teknik pengujian hipotesis menggunakan analisis koefisien korelasi, koefisien determinasi dan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa layanan perpustakaan digital melalui website berpengaruh positif dan signifikan terhadap flow experience. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari analisis korelasi dan dibuktikan dengan analisis regresi linier sederhana menghasilkan t hitung sebesar 25,336. Pengujian hipotesis taraf signifikansi (a) ditetapkan 0,05 (5%) dan menggunakan uji dua pihak (sig. 2-tailed), serta didasarkan pada derajat kebebasan (degree of freedom) dk =n-2, yaitu 388-2 = 386, sehingga diperoleh nilai t tabel = -1,64881. Maka nilai t hitung > t tabel (25,336 > -1,64881), sehingga Ho ditolak dan Ha diterima yang bermakna flow experience dapat dipengaruhi oleh layanan perpustakaan digital melalui website.

This research was conducted at UPT Sriwijaya University Library (UNSRI) Palembang. The purpose of this study was to analyze the effect of digital library services through websites on the user experience flow in the UNSRI Library. This study uses quantitative inferential methods. Data collection methods used in this study used a questionnaire, 388 valid online questionnaires. The technique of determining the sample using a simple random sampling method. The instrument measurement method uses a Likert scale and data processing uses SPSS (Statistical Product and Solution) version 25. Hypothesis testing techniques using correlation coefficient analysis, coefficient of determination, and simple linear regression analysis. The results of this study indicate that digital library services through the website have a positive and significant effect on flow experience. Based on the results obtained from the correlation analysis and proved by simple linear regression analysis produces a count of 25.336. Hypothesis testing significance level (a) is set at 0.05 (5%) and uses a two-part test (sig. 2-tailed), and is based on the degree of freedom dk = n-2, which is 388-2 = 386, so we get the value of t table = -1,64881. Then the value of t count> t table (25.336> -1.664881), so that Ho is rejected and Ha is accepted, which means that the flow experience can be influenced by digital library services through the website."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2020
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Murzilla
"ABSTRAK
Bahan pustaka adalah salah satu unsur penting dalam sebuah sistem perpustakaan. Nilai informasi yang dikandung didalam suatu bahan pustaka, serta harga bahan pustaka yang relative cukup mahal, mengharuskan perpustakaan melakukan upaya-upaya pelestarian. Upaya pelestarian bahan pustaka di perpustakaan tidak hanya dalam hal fisik, tetapi juga dalam hal informasi yang terkandung didalamnya. Agar bahan pustaka yang dimiliki dapat digunakan dalam jangka waktu yang relatif lama, perlu suatu penanganan agar bahan pustaka terhindar dari kerusakan, atau setidaknya diperlambat proses kerusakannya, dan mempertahankan kandungan informasi itu yang sering disebut pelestarian bahan pustaka. Penulisan makalah ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor penyebab kerusakan bahan pustaka dan bagaimana mekanisme pelestarian bahan pustaka tersebut. Hasil yang didapat bahwa faktor penyebab kerusakan bahan pustaka adalah yang utama faktor manusia, biologi dan faktor penempatan koleksi. Pelestarian bahan pustaka yang ada pada UPT Perpustakaan Universitas Sriwijaya ada dua cara yaitu cara langsung dan cara tidak langsung. Secara langsung seperti kebersihan lingkungan, rak dari debu-debu, menjaga kelembaban, dan lain-lain. Secara tidak langsung seperti memperbaiki kerusakan buku, menganti buku yang dihilangkan, merawat koleksi, reproduksi dan penyiangan. Menyimpan dan memelihara bahan pustaka harus dilakukan dalam kondisi yang baik, yang merupakan syarat terpenting untuk mencegah kerusakannya
"
Palembang: UPT Perpustakaan Universitas Sriwijaya, 2017
020 JKDMM 1:33 (2017)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Abdul Halim
"Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sikap mahasiswa program sarjana Universitas Indonesia terhadap layanan sirkulasi di UPT Perpustakaan Universitas Indonesia. Tipe penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner atau angket. Jumlah sampel sebanyak seratus (100) responden. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan accidental sampling. Analisa data dilakukan dengan menggunakan Rumus Persentase dan Skala Sikap Likert. Hasil penelitian menunjukkkan bahwa sikap mahasiswa program sarjana Universitas Indonesia terhadap aspek-aspek Iayanan sirkulasi: sistem terbuka (open access) adalah sangat positif; Prosedur keanggotaan perpustakaan, kegiatan browsing (melihat-lihat dan membaca-baca buku di rak), keterangan tentang peraturan layanan sirkulasi, sirkulasi terautomasi, proses peminjaman buku, proses pengembalian buku, cara penggunaan OPAC (Online Public Access Catalog), suasana di ruangan koleksi buku, sikap staf layanan sirkulasi, dan keterampilan staf layanan sirkulasi adalah positif; Jam buka perpustakaan, letak ruang koleksi buku, rambu-rambu petunjuk buku di rak, susunan atau letak buku di rak, lamanya waktu peminjaman buku, jumlah meja dan kursi baca di ruangan koleksi buku adalah cenderung positif; Jumlah uang denda atas keterlambatan pengembalian buku, jumlah katalog komputer (OPAC) adalah cenderung negatif; Jumlah maksimal buku yang dapat dipinjam adalah negatif."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2000
S15171
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
M. Quraisy Mathar
"Penelitian ini lebih diararahkan pada mutu layanan perpustakaart UPT Perpustakaan UNHAS. Mutu layanan memiliki keterkaitan dengan pemenuhan kebutuhan pemakai. Promosi perpustakaan merupakan salah satu jalan keluar untuk masalah tersebut. Penelitian ini juga berupaya untuk meningkatkan persepsi sebagian pengguna perpustakaan, khususnya di lingkungan UNHAS agar dapat lebih memahami keberadaan UPT Perpustakaan UNHAS secara lebih luas. Secara keseluruhan fokus penelitian ini adalah mutu layanan perpustakaan UPT Perpustakaan UNHAS yang dihubungkan dengan promosi dan persepsi pengguna tentang organisasi perpustakaan tersebut. Penelitian ini menggunakan suatu kerangka teoritis dalam menentukan variabel-variabel independen (variabel x) yaitu promosi dan persepsi pengguna tentang organisasi perpustakaan maupun variabel dependen (variabel y) yaitu mutu layanan.
Tujuan penelitian ini adalah :
1) Untuk mengetahui besarnya hubungan dan pengaruh promosi terhadap mutu layanan. 2) Untuk mengetahui besarnya hubungan dan pengaruh persepsi pengguna tentang organisasi perpustakaan terhadap mutu layanan.
3) Untuk mengetahui besarnya pengaruh promosi dan persepsi pengguna tentang organisasi perpustakaan secara bersama terhadap mutu layanan UPT Perpustakaan Universitas Hasanuddin (UNHAS) Makassar.
Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Fakultas Ilmu-Ilmu Sosial Universitas Hasanuddin Makassar angkatan tahun 2000. Sampel penelitian sebesar 100 orang. Penelitian ini menggunakan pendekatan survei. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen kuesioner. Uji Normalitas data menggunakan Uji Kolmogorov-Smimov yang selanjutnya dibandingkan dengan D-tabel. Hipotesis pertama dan kedua diuji dengan menggunakan teknik regresi dan korelasi linier sederhana dengan mengaplikasikan rumus Korelasi Pearson Product Moment, sedangkan hipotesis ketiga menggunakan teknik regresi dan korelasi ganda yang diuji dengan uji-F.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa :
1) Terdapat hubungan positif antara promosi dengan mutu layanan, artinya semakin tinggi nilai promosi maka semakin tinggi pula nilai mutu layanan.
2) Terdapat hubungan positif antara persepsi pengguna tentang organisasi perpustakaan terhadap mutu layanan, artinya semakin tinggi nilai persepsi pengguna tentang organisasi perpustakaan maka semakin tinggi pula nilai mutu layanan.
3) Terdapat hubungan positif antara promosi dan persepsi pengguna tentang organisasi perpustakaan terhadap mutu layanan secara bersama, artinya semakin tinggi nilai kedua variabel bebas tersebut maka semakin tinggi pula nilai mutu layanan di UPT Perpustakaan UNHAS.

The Relationship between Promotion and Users Perception of Library Organization with Service Quality in UNHAS LibraryThe research accentuated on service quality of UNHAS Library. Service quality has a relationship with the fulfillment of user needs. Library promotion is one way to approach it. This research attempted to increase the users perception, especially those in UNHAS, in order to more comprehend the existence of UNHAS Library broader. In general, the focus of the research was service quality of UNHAS Library linked with promotion and users perception of library organization. This research implemented a theoretical frame in defining independent variables namely promotion and users perception of library organization and dependent variable namely service quality.
The aims of this research were:
1) To find out the correlation degree between promotion with service quality.
2) To find out the correlation degree between users perception of library organization with service quality.
3) To find out the correlation degree between promotion and users perception of library organization with service quality of UNHAS Library.
The population of this research was student of Faculty of Social Science in UNHAS to where they entered in 2000. Its sample was 100 students. This research applied survey method. Data was collected by using questionnaires. Normality test applied Kolmogorov-Smirnov test, subsequently followed by D-table comparison. The first and second hypotheses assessed by simple regression technique and simple correlation conducting Pearson Product Moment correlation. Whereas the third hypotheses used multiple regression technique and multiple correlation conducting F-test.
The results of this research were:
1) There is a positive correlation between promotion and service quality, it means that the higher the promotion degree is, then the higher service quality will be.
2) There is a positive correlation between users? perception of library organization and service quality, it means that the higher the users? perception of library organization degree is, then the higher service quality will be.
3) There is a positive correlation between promotion and users perception of library organization with service quality, it means that the higher the users perception of library organization and promotion degree is, then the higher service quality of UNHAS Library."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2003
T10828
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Siti Rachma
"Tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas layanan sirkulasi dilihat dari tingkat kepuasan pemakai, serta masalah yang dihadapi pada layanan sirkulasi di Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. Tipe penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan teknik pengumpulan data utama melalui kuesioner, ditunjang dengan wawancara dan penelusuran literatur. Pengambilan sampel dilakukan secara kebetulan (accidental sampling) dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Data yang terkumpul diolah dan dianalisa dengan menggunakan rumus Persentase dan Skala Sikap Liken.
Dari hasil penelitian diketahui bahwa tingkat kepuasan pemakai terhadap prosedur dan persyaratan keanggotaan serta OPAC adalah tinggi; tingkat kepuasan pemakai terhadap jam buka perpustakaan, katalog, kecepatan layanan serta layanan dan bantuan staf perpustakaan adalah cenderung tinggi; tingkat kepuasan pemakai terhadap sistem layanan tertutup, prosedur peminjaman dan layanan fotokopi adalah cenderung rendah; tingkat kepuasan pemakai terhadap sistem baca di tempat adalah rendah.
Diketahui pula bahwa pengetahuan pemakai terhadap Perpustakaan Nasional Republik Indonesia adalah cenderung rendah. Pemakai tidak mengetahui tugas dan fungsi perpustakaan nasional sebagai pusat deposit dan pelestarian literatur nasional. Hal inilah yang menjadi masalah dalam layanan sirkulasi. Pemakai merasa kebebasan mereka dalam mengakses dan memperoleh bahan pustaka yang dibutuhkannya dibatasi oleh kebijakan yang diterapkan perpustakaan nasional yang cenderung lebih melindungi koleksinya."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 1998
S14851
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dwi Astuty
"Barcode (sandi lurik) merupakan salah satu jenis input komputer yang menekankan pada kecepatan dan ketepatan pemrosesan data, sehingga diharapkan tidak terbentuk antrian pada suatu layanan sirkulasi yang menggunakan input jenis ini. Nilai optimal kinerja layanan kontrol sirkulasi yang menggunakan input ini, dapat dianilisa dengan pendekatan teori antrian (queuing theory) yang termasuk ke dalam kajian Operational research; yang dapat diterapkan dalam dunia perpustakaan Selama 18 hari observasi pendahuluan, ternyata di perpustakaan The British Council Jakarta (yang telah menggunakan sandi lurik) masih terdapat tingkat antrian pemakai yang berkisar antara 3 - 27 orang. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan dengan mengungkapkan faktor faktor ketidak-optimal-an kinerja sistem dan petugas sirkulasi (human error) tersebut. Berdasarkan data selama I (satu minggu observasi di meja sirkulasi, terdapat 34 kejadian dari total 150 kali waktu pengamatan ; dimana jumlah pemakai 1 item yang datang ke meja sirkulasi (Xi) tidak sama dengan jumlah pemakai 1 item yang terlayani (Yi). Hal ini menyebabkan nilai total rata-rata kedatangan pemakai (z.; baca: lambda) di meja sirkulasi menjadi sama dengan atau lebih besar dari nilai total rata-rata pelayanannya (_ ; baca : myu). Keadaan ini merupakan indikasi adanya ketidak-optimal-an kinerja."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 1996
S15216
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Jajang Burhanudin
"ABSTRAK
Tesis ini membahas tentang pendapat pemustaka terhadap kinerja pegawai di bagian sirkulasi dan referensi Perpustakaan UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Penelitian ini adalah penelitian survai dengan pendekatan kuantitatif. Populasi adalah pemustaka aktif mahasiswa Program Magister UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Sampel diambil menggunakan purposive sampling sebanyak 21 responden. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja pegawai perpustakaan cukup baik. Peneliti menyarankan agar perpustakaan hendaknya terus meningkatkan pengetahuan dan sikap pegawai.

ABSTRACT
The focus of this study is users? perceptions of librarian performance with concentrate on circulation division and reference division at the Library of State Islamic University Sunan Gunung Djati Bandung. This is a survey research with quantitative approach. Population of this research is library active users of Master students of State Islamic University Sunan Gunung Djati Bandung. The samples taken are 21 persons of the population by using purposive sampling. The data were collected by questionnaire and interview. The data were analyzed with descriptive analytical method. The research results show good in services. The researcher suggests that library should improve librarian knowledge and behavior.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Bidaya Universitas Indonesia, 2009
T26724
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Faisal Ifzaldi
"Skripsi ini membahas pendapat pemustaka terhasap layanan sirkulasi perpustakaan yang menggunakan teknologi radio frequency identification (RFID) di salah satu Perustakaan The Brityish International School Jakarta, yaitu The Dickens Library. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain deskriptif. Hasil penelitian maenyarankan bahwa The Dickens Library hendaknya dapat mempertahankan keunggulan layanan sirkulasi perpustkaannya dengan mengoptimalkan, merawat dan menjaga teknologi RFID. The Dickens Library perlu menindaklanjuti temuan penelitian berupa masalah pada sistem pendeteksi RFID. Penelitian lenjutan perlu dilakukan untuk mengevaluasi sistem RFID.

The focus of this study is the opinion of library users about the new library circulation system in The British International School Jakarta. The library known as The Dikens Library uses radio frequency identification (RFID) for library circulation system to replace barcode system as an automatic data capture device. This research is quantitative descriptive interpretative. The data were collected by distributing questionnaires to respondents. The researcher suggests the The Dikesns Library should optimalize the use of RFID technology abd maintain the hardware supporting RFID system. The Dikens Library needs to follow up on the findings of the research."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2010
S15118
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>