Ditemukan 1928 dokumen yang sesuai dengan query
Klaiman, M.H.
Cambridge, UK: Cambridge University Press , 1991
415 KLA g
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Trask, R.L.
London ; New York: Routledge, 1996
R 415.014 TRA d
Buku Referensi Universitas Indonesia Library
Heine, Bernd
New York : Cambridge University Press, 2005
306.44 HEI l
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Starosta, Stanley
London: Pinter Publishers, 1988
415 STA c
Buku Teks SO Universitas Indonesia Library
Minarni Try Astuti
"Skripsi ini membahas pembentukan prefiks se- dan makna gramatikalnya dalam kumpulan cerpen Kompas edisi Januari 2012—Maret 2013. Kumpulan cerpen Kompas edisi Januari 2012—Maret 2013 digunakan sebagai korpus data dalam penelitian ini. Penelitian ini bertujuan menjelaskan pembentukan prefiks se- dan makna gramatikal yang dihasilkan dari afiksasi prefiks se-. Teori klasifikasi kelas kata, perubahan kelas kata, dan makna gramatikal prefiks se- digunakan untuk tercapainya tujuan penelitian. Berdasarkan hasil penelitian, prefiks se- dapat bergabung dengan 10 kelas kata selain kelas kata artikula, fatis, dan interjeksi. Afiksasi prefiks se- membentuk 6 kelas kata, yaitu adjektiva, nomina, adverbia, numeralia, preposisi, dan konjungsi. Afiksasi prefiks se- juga menghasilkan makna gramatikal sebanyak 20 makna.
This undergraduate thesis discussed the formation of the prefix se- and its grammatical meaning which are found in the January 2012 – March 2013 edition of Kompas’ compilation of short stories. The corpus of this research is the January 2012 – March 2013 edition of Kompas’ compilation of short stories. The purpose of this research was to explain the formation of the prefix se- and the grammatical meaning which was caused by the affixation of the prefix se-. The theories of classification and change of word class as well as the grammatical meaning of the prefix se- were used in order to achieve the purpose of this research. The research found that the prefix se- can be adjoined with 10 word classes, excluding the article, phatic, and interjection. The affixation of the prefix se- formed 6 word classes, namely adjective, noun, adverb, numeral, preposition, and conjunction. The affixation of the prefix se- also produced 20 grammatical meanings."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2013
S45976
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Raina Rosanti
"
ABSTRACTPassive Voice banyak digunakan di surat-surat kabar, artikel-artikel di majalah-majalah dan tulisan-tulisan ilmiah. Passive voice digunakan karena object dari active voice merupakan informasi yang lebih penting dibandingkan dengan subjectnya. Tujuan tulisan ini menjawab pertanyaan bagaimanakah (1) kemampuan penguasaan Passive Voice Mahasiswa Semester 4 Prodi Perbankan dan Keuangan TA 2015-2016, (2) memaparkan kesalahan-kesalahan penggunaan Passive Voice dan (3) memaparkan penyebab-penyebab terjadinya kesalahan-kesalahan penggunaan Passive Voice tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, yaitu dengan mendeskripsikan secara sistematis dan akurat tentang kemampuan penguasaan Pam've Voice para responden. Pengambilan data sampel terpilih berjumlah 70 mahasiswa (purposive sampling) dengan data berupa hasil Pre test dan Post test Passive Voice dalam bahasa Inggris dan dianalisis dengan teori contrastive based error analysis. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan penguasaan Passive Voice mahasiswa semester 4 Program Studi Perbankan dan Keuangan meningkat sebesar 0,54 atau 8,19%; dengan nilai rerata Pre test 6,59 dan Post test 7,13. Kesalahan-kesalahan responden dalam menjawab pertanyaan karena faktor (1) mis informatin errors yang terbagi ke dalam 2 (dua) kelompok, yaitu mis tense sebesar 35,71% dan regularization sebesar 57,41 % dan juga karena faktor (2) omission error sebesar 7,14%. Dan penyebab terjadinya kesalahan kesalahan ini bersumber dari responden sendiri yaitu adanya Interlingual error."
Medan: Politeknik Negeri Medan, 2017
338 PLMD 20:1 (2017)
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library
Gieser, Carl Richard
Nasuli: Summer Institute of Linguistics, 1963
499.25 GIE g
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Amsterdam : John Benjamins, 1978
415 VAL
Buku Teks Universitas Indonesia Library
El-Dahdah, Antoine
[Place of publication not identified]: Librairie Du Liban Publishers, 1993
R 492.7 DAH d
Buku Referensi Universitas Indonesia Library
Fitriana Ferhadija Yasid
"Penelitian ini membahas penggunaan alat kohesi gramatikal pada wacana naratif lisan yang dituturkan anak usia prasekolah 4 mdash;6 tahun . Penelitian ini dilakukan untuk melihat pengaruh gender pada penggunaan alat kohesi gramatikal anak usia prasekolah. Subjek penelitian ini adalah 28 anak perempuan dan laki-laki yang bersekolah di Taman Kanak-kanak Bogor. Data penelitian ini adalah tuturan narasi oleh subjek penelitian berdasarkan buku cerita bergambar tanpa tulisan. Data tersebut diperoleh melalui Teknik elisitasi produksi. Selain itu, terdapat pula data berupa gambaran demografis subjek dan orang tua subjek yang didapatkan dari kuesioner. Perbandingan penggunaan alat kohesi gramatikal dianalisis secara statistik dan dikaitkan dengan sejumlah teori mengenai pemerolehan bahasa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat kecenderungan berbeda pada anak perempuan dan laki-laki dalam memproduksi alat kohesi gramatikal. Akan tetapi, perbedaan kecenderungan tersebut tidak signifikan.
This research analyzed the use of grammatical cohesion devices in narrative discourse between Girls and Boys in preschool age. This research is done to see how gender could affect preschool kids in using grammatical cohesion device. The subjects of this research are 28 girls and boys who attended Bogor Kindergarten. The data used in this research is narratives speech that were told by the kids based on wordless picture story book which obtained by using elicited production task technique. Other than that, there were also demographic visual of the subject and their parents based on the questionnaire that given before. The comparison between subject rsquo s use of grammatical cohesion device were analyzed statistically and linked to several theories about language acquisition and gender studies. The result shows that there are several trends in the use of grammatical cohesion device between girls and boys. However, the statistical analysis indicates that the difference is not significant."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2017
S69944
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library