Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 147447 dokumen yang sesuai dengan query
cover
cover
Tilaar, H.A.R.
"How should education respond to globalization? Globalization is the process of change. Global culture means modernity stressing on rationality, The process of globalization is a network system integrating global livelihood in time-space compression. It is comprised of economic, politic and cultural globalization. The relationship between globalization and education can be seen with the establishment of the knowledge-based society.
The element of modernity in the process of globalization needs to be adapted through education integrating local values. Therefore education should be adapted the global values especially in creating innovative and intelligent individuals in the knowledge-based society Indonesian society will be as competitive as other global society if they are veil trained and intelligently equipped with English and computer languages as required in the process of globalization.
"
2005
JSAM-X-2-JulDes2005-4
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Odemus Bei Witono
"Pendidikan Berbudaya dan Modern mengisahkan aneka kejadian yang mencerminkan peristiwa
kebudayaan dalam lingkup pendidikan. Budaya sekolah
merupakan suatu hal yang penting dalam pendidikan
modern. Budaya sekolah seharusnya menjadi bagian
penting dan integral dalam mengembangkan
pendidikan modern yang dapat menjawab tantangan
zaman. Pendidikan tidak hanya soal berbagi pengetahuan,
tetapi juga tentang membentuk karakter, menghargai nilai nilai budaya, dan mempersiapkan generasi muda dalam
menghadapi tantangan masa depan. Pendidikan yang baik
mampu mengakar kuat pada budaya lokal dan nasional
sambil tetap membuka diri terhadap perkembangan global.
Buku ini mengulas berbagai aspek penting dalam pendidikan. Mulai dari teori dan filosofi pendidikan, peran teknologi
dalam pembelajaran, hingga studi kasus dari berbagai
negara yang berhasil mengintegrasikan budaya lokal
dalam sistem pendidikan. Selamat membaca dan menikmati rangkaian makna budaya pendidikan dalam
tulisan buku ini. Salam literasi."
Jakarta: PT Kompas Media Nusantara, 2025
370 ODE p
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Warouw, Yaspan C.
[Jakarta]: Jemmars, 1986
370 War p
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Lidya Triana
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2002
S6915
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ratih Putri R.
Jakarta: Jurnal Sosial Ekonomi Pekerjaan Umum, 2014
JSEPU 6:1(2014)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Dhanisa Kamila
"Skripsi ini membahas tentang pengaruh ajaran Konfusianisme yang berkembang di Korea Selatan terhadap persaingan pemerolehan pendidikan tinggi di masyarakat modern Korea Selatan. Dengan menggunakan metode deskriptif analisis, hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh dari ajaran Konfusianisme terhadap persaingan dalam pendidikan di masyarakat modern Korea Selatan melalui nilai-nilai familisme, chemyeon, grupisme, elitisme, dan paternalisme. Nilai-nilai tersebut mendorong masyarakat Korea untuk bersaing dengan ketat demi meraih pendidikan terbaik yang mengindikasikan pada masa depan yang cerah.

This thesis discusses about the influence of Confucianism towards education competitiveness in modern Korea society. Using descriptive analysis method, the analysis focuses on the values of Confucianism and its relation to the phenomenons of education competition in modern Korean Society, particularly in the acquisition of higher education. The result shows that Confucianism gives strong influence on education competition in Korean modern society through its familism, chemyeon, groupism, elitism, and paternalism values. Those values encourage Korean society to strictly compete in order to achieve the best education that indicates a bright future."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2016
S62727
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rivers, William L.
Jakarta: Prenada Media , 2003
302.23 RIV m
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Alviana Inas Azizah
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari pendidikan dan pendapatan terhadap adopsi Teknologi informasi dan komunikasi di Indonesia dan mengakomodasi analisis interaksi antara pendidikan dan pendapatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan instrumental variabel pada variabel pendapatan dengan menggunakan instrumen karakteristik rumah. Metode yang digunakan untuk mengestimasi dampak adalah metode two stage least square dengan menggunakan data dari SUSENAS 2018 dan PODES 2018. Level unit dalam penelitian ini adalah individu dengan menggunakan sampel sebanyak 804.703 sampel. Hasil menemukan bahwa terdapat interaksi antara pendidikan dan pendapatan yang berbeda pada adopsi TIK dan terdapat variasi pada jenis TIK yang berbeda.

This study discusses about the impact of education and income towards the adoption of information and communication technology in Indonesia and accommodate the analysis of interaction term between education and income. This study uses instrumental variables on income variables using house characteristics as the instruments. The method that used to estimate the results is the two-stage least square method using data from SUSENAS 2018 and PODES 2018. The unit level in this study is individuals using a sample of 804,703 samples. The result of this study shows that there is interaction term between education and income on ICT adoption and have different variations on different types of ICT.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Abdullah Idi
"Sosiologi pendidikan adalah ilmu pengetahuan yang membahas proses interaksi sosial anak-anak melalui keluarga, masa sekolah sampai dewasa dengan kondisi-kondisi sosio-kultural yang terdapat di dalam masyarakat dan negara. Dalam praktiknya sosiologi pendidikan sangat terkait erat dengan sekolah, khususnya sistem pendidikan dalam masyarakat, termasuk pengembangan pendidikan secara berkelanjutan. Sosiolog berpendapat bahwa struktur kekuasaan dan kebutuhan masyarakat individu menentukan arah pendidikan. Konsep Sosiologi dapat lebih membantu memahami masalah pendidikan, sebab Sosiologi memiliki alat-alat dan teknik ilmiah untuk mempelajari pendidikan dan dapat memberikan sumbangan berharga kepada sistem pendidikan dalam masyarakat. Melalui analisis hubungan dan interaksi manusia dalam pendidikan, akan diperoleh prinsip-prinsip dan generalisasi hubungan manusia dalam sistem pendidikan. Sosiologi pendidikan merupakan analisis ilmiah atas proses sosial dan pola-pola sosial yang terdapat dalam sistem pendidikan. Dengan demikian, para pendidik diharapkan dapat mengenal sosiologi dan memanfaatkannya, walaupun ia bukanlah ahli sosiologi. Bagi seorang pendidik/guru, pengetahuan tentang perubahan sosial dan pendidikan serta berbagai dinamika perubahan sosial diperlukan sebagai upaya antisipatif dan responsif terhadap perubahan tersebut yang diharapkan berdampak positif dalam proses pembelajaran. Buku Sosiologi Pendidikan ini memuat konsep-konsep sosiologis yang menjadi alat analisa bagi para pendidik/guru untuk memudahkan proses belajar mengajar dan pengembangan pendidikan. Buku ini ditujukan untuk mahasiswa S1, S2 dan S3 di kalangan ilmu Pendidikan dan tentu saja bagi para praktisi pendidikan."
Depok: Rajawali Press, 2019
370.19 ABD s
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>