Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 145498 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Hanrichie
"Sistem informasi penugasan pengajaran dosen (Sirando) adalah salah satu sistem informasi manajemen sumber daya manusia berkaitan dengan penugasan pengajaran dosen Fasilkom UI. Sistem ini dibutuhkan oleh manajemen Fasilkom UI untuk mengelola tugas pengajaran dosen sesuai dengan beban yang dimiliki setiap dosen. Namun, selama penggunaan sistem tersebut terdapat beberapa masalah pada aplikasi seperti pemeliharaan aplikasi yang sulit untuk dikembangkan lebih lanjut dikarenakan pengembangan kode tanpa standar dan desain antarmuka aplikasi Sirando yang kurang user-friendly dan inkonsisten. Kedua permasalahan berhubungan erat dengan maintainability dan usability sehingga kedua aspek tersebut menjadi fokus pada penelitian ini. Peningkatan usability dilakukan dengan penerapan user-centered design (UCD) pada aplikasi. Sementara itu, aspek maintainability ditingkatkan melalui evaluasi dan implementasi ulang aplikasi. Model waterfall digunakan sebagai basis proses pengembangan arsitektur aplikasi. Hasil penerapan kedua pendekatan penelitian tersebut diuji menggunakan metode evaluasi kualitatif seperti group usability testing serta metode evaluasi kuantitatif seperti system usability scale (SUS), static code analysis, dan mean time to repair (MTTR). Group usability testing dan SUS diikuti oleh manajemen akademik Fasilkom UI, sedangkan MTTR diikuti oleh mahasiswa Fasilkom UI. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa skor SUS dari aplikasi Sirando versi baru adalah 69,15 untuk tampilan desktop dan 66,68 untuk tampilan mobile yang termasuk dalam adjective rating “OK”. Hasil static code analysis dan pengujian MTTR juga menunjukkan maintainability aplikasi yang lebih baik pada versi baru aplikasi, yaitu berhasil mencapai 98% line coverage, penurunan signifikan terhadap technical debt, dan nilai MTTR yang lebih baik.

Information system for teaching assignments of lecturers (Sirando) is one of the management information system related to teaching assignments of lecturers in Fasilkom UI. The system helps the management of Fasilkom UI manage the teaching assignments of lecturers according to the teaching load of each lecturer. However, during the use of the system there were several problems in the application such as difficulty in maintaining the web application to develop further because of unstandardized code development and interface design that is not user-friendly and inconsistent. Both problems are closely related to maintainability and usability of web applications so these two aspects are the focus of this research. The usability of the application is improved by applying user- centered design (UCD), whereas the maintainability aspect is improved through re- evaluation of Sirando’s architecture and implementation. The waterfall model is used as the basis for the application architecture development process. Both results of the research approaches are tested using qualitative evaluation methods such as group usability testing as well as quantitative evaluation methods such as system usability scale (SUS), static code analysis, and mean time to repair (MTTR). Group usability testing and SUS are followed by academic management of Fasilkom UI, while MTTR is followed by student of Fasilkom UI. The evaluation shows that the SUS score of the newly developed version of Sirando is 69,15 for the desktop display and 66,68 for the mobile display which has the adjective rating “OK”. The evaluation using a static code analysis tool and MTTR shows that the maintainability aspect of the newly developed version of Sirando is better than the past version, achieving 98% line coverage, a significant reduction in technical debt, and a better MTTR value."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Hanrichie
"Sistem informasi penugasan pengajaran dosen (Sirando) adalah salah satu sistem informasi manajemen sumber daya manusia berkaitan dengan penugasan pengajaran dosen Fasilkom UI. Sistem ini dibutuhkan oleh manajemen Fasilkom UI untuk mengelola tugas pengajaran dosen sesuai dengan beban yang dimiliki setiap dosen. Namun, selama penggunaan sistem tersebut terdapat beberapa masalah pada aplikasi seperti pemeliharaan aplikasi yang sulit untuk dikembangkan lebih lanjut dikarenakan pengembangan kode tanpa standar dan desain antarmuka aplikasi Sirando yang kurang user-friendly dan inkonsisten. Kedua permasalahan berhubungan erat dengan maintainability dan usability sehingga kedua aspek tersebut menjadi fokus pada penelitian ini. Peningkatan usability dilakukan dengan penerapan user-centered­ design (UCD) pada aplikasi. Sementara itu, aspek maintainability ditingkatkan melalui evaluasi dan implementasi ulang aplikasi. Model waterfall digunakan sebagai basis proses pengembangan arsitektur aplikasi. Hasil penerapan kedua pendekatan penelitian tersebut diuji menggunakan metode evaluasi kualitatif seperti group usability testing serta metode evaluasi kuantitatif seperti system usability scale (SUS), static code analysis, dan mean time to repair (MTTR). Group usability testing dan SUS diikuti oleh manajemen akademik Fasilkom UI, sedangkan MTTR diikuti oleh mahasiswa Fasilkom UI. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa skor SUS dari aplikasi Sirando versi baru adalah 69,15 untuk tampilan desktop dan 66,68 untuk tampilan mobile yang termasuk dalam adjective rating “OK”. Hasil static code analysis dan pengujian MTTR juga menunjukkan maintainability aplikasi yang lebih baik pada versi baru aplikasi, yaitu berhasil mencapai 98% line coverage, penurunan signifikan terhadap technical debt, dan nilai MTTR yang lebih baik.

Information system for teaching assignments of lecturers (Sirando) is one of the management information system related to teaching assignments of lecturers in Fasilkom UI. The system helps the management of Fasilkom UI manage the teaching assignments of lecturers according to the teaching load of each lecturer. However, during the use of the system there were several problems in the application such as difficulty in maintaining the web application to develop further because of unstandardized code development and interface design that is not user-friendly and inconsistent. Both problems are closely related to maintainability and usability of web applications so these two aspects are the focus of this research. The usability of the application is improved by applying user-centered design (UCD), whereas the maintainability aspect is improved through re-evaluation of Sirando’s architecture and implementation. The waterfall model is used as the basis for the application architecture development process. Both results of the research approaches are tested using qualitative evaluation methods such as group usability testing as well as quantitative evaluation methods such as system usability scale (SUS), static code analysis, and mean time to repair (MTTR). Group usability testing and SUS are followed by academic management of Fasilkom UI, while MTTR is followed by student of Fasilkom UI. The evaluation shows that the SUS score of the newly developed version of Sirando is 69,15 for the desktop display and 66,68 for the mobile display which has the adjective rating “OK”. The evaluation using a static code analysis tool and MTTR shows that the maintainability aspect of the newly developed version of Sirando is better than the past version, achieving 98% line coverage, a significant reduction in technical debt, and a better MTTR value."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Cynthia Mutiara
"Penelitian ini bertujuan untuk membuat antarmuka sistem pencarian generatif untuk dokumen hukum, dengan tujuan meningkatkan efisiensi pencarian informasi bagi praktisi hukum. Penelitian ini merupakan bagian dari proyek Lexin: Universitas Indonesia Center For Legal Informatics. Sistem ini menunjukkan keefektifan pencarian informasi hukum dengan bantuan model generatif kecerdasan buatan yang membantu menyederhanakan dan merangkum berbagai dokumen hukum sesuai dengan query yang diberikan oleh praktisi hukum kepada sistem. Pendekatan yang digunakan dalam pembuatan antarmuka sistem pada penelitian ini adalah User-Centered Design (UCD). Hasil akhir dari penelitian ini adalah prototype dengan data riil dan dievaluasi dengan menggunakan usability testing dan System Usability Scale (SUS). Hasil evaluasi menunjukkan bahwa sistem dapat digunakan dengan baik menurut usability testing dan memiliki skor SUS terbaik 95. Hal ini mengimplikasikan bahwa sistem pencarian generatif dapat membantu pengguna mendapatkan informasi dan dokumen hukum yang relevan.

This research aims to create a generative search system interface for legal documents, with the goal of improving information search efficiency for legal practitioners. This study is part of the Lexin project: Universitas Indonesia Center for Legal Informatics. The system demonstrates the effectiveness of legal information retrieval with the assistance of a generative artificial intelligence model that helps simplify and summarize various legal documents according to the query provided by legal practitioners to the system. The approach used in designing the system interface in this research is User-Centered Design (UCD). The final result of this research is a prototype with real data, evaluated using usability testing and the System Usability Scale (SUS). The evaluation results show that the system is well-usable according to usability testing and has a best SUS score of 95. This implies that the generative search system can help users obtain relevant legal information and documents."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Adeline Sonia Sanusie
"Penelitian ini bertujuan untuk membuat antarmuka sistem pencarian generatif untuk dokumen hukum, dengan tujuan meningkatkan efisiensi pencarian informasi bagi praktisi hukum. Penelitian ini merupakan bagian dari proyek Lexin: Universitas Indonesia Center For Legal Informatics. Sistem ini menunjukkan keefektifan pencarian informasi hukum dengan bantuan model generatif kecerdasan buatan yang membantu menyederhanakan dan merangkum berbagai dokumen hukum sesuai dengan query yang diberikan oleh praktisi hukum kepada sistem. Pendekatan yang digunakan dalam pembuatan antarmuka sistem pada penelitian ini adalah User-Centered Design (UCD). Hasil akhir dari penelitian ini adalah prototype dengan data riil dan dievaluasi dengan menggunakan usability testing dan System Usability Scale (SUS). Hasil evaluasi menunjukkan bahwa sistem dapat digunakan dengan baik menurut usability testing dan memiliki skor SUS terbaik 95. Hal ini mengimplikasikan bahwa sistem pencarian generatif dapat membantu pengguna mendapatkan informasi dan dokumen hukum yang relevan.

This research aims to create a generative search system interface for legal documents, with the goal of improving information search efficiency for legal practitioners. This study is part of the Lexin project: Universitas Indonesia Center for Legal Informatics. The system demonstrates the effectiveness of legal information retrieval with the assistance of a generative artificial intelligence model that helps simplify and summarize various legal documents according to the query provided by legal practitioners to the system. The approach used in designing the system interface in this research is User-Centered Design (UCD). The final result of this research is a prototype with real data, evaluated using usability testing and the System Usability Scale (SUS). The evaluation results show that the system is well-usable according to usability testing and has a best SUS score of 95. This implies that the generative search system can help users obtain relevant legal information and documents."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Irsyad Taqiuddin
"Penelitian ini bertujuan untuk membuat antarmuka sistem pencarian generatif untuk dokumen hukum, dengan tujuan meningkatkan efisiensi pencarian informasi bagi praktisi hukum. Penelitian ini merupakan bagian dari proyek Lexin: Universitas Indonesia Center For Legal Informatics. Sistem ini menunjukkan keefektifan pencarian informasi hukum dengan bantuan model generatif kecerdasan buatan yang membantu menyederhanakan dan merangkum berbagai dokumen hukum sesuai dengan query yang diberikan oleh praktisi hukum kepada sistem. Pendekatan yang digunakan dalam pembuatan antar muka sistem pada penelitian ini adalah User-Centered Design (UCD). Hasil akhir dari penelitian ini adalah prototype dengan data riil dan dievaluasi dengan menggunakan usability testing dan System Usability Scale (SUS). Hasil evaluasi menunjukkan bahwa sistem dapat digunakan dengan baik menurut usability testing dan memiliki skor SUS terbaik 95. Hal ini mengimplikasikan bahwa sistem pencarian generatif dapat membantu pengguna mendapatkan informasi dan dokumen hukum yang relevan.

This research aims to create a generative search system interface for legal documents, with the goal of improving information search efficiency for legal practitioners. This study is part of the Lexin project: Universitas Indonesia Center for Legal Informatics. The system demonstrates the effectiveness of legal information retrieval with the assistance of a generative artificial intelligence model that helps simplify and summarize various legal documents according to the query provided by legal practitioners to the system. The approach used in designing the system interface in this research is User-Centered Design (UCD). The final result of this research is a prototype with real data, evaluated using usability testing and the System Usability Scale (SUS). The evaluation results show that the system is well-usable according to usability testing and has a best SUS score of 95. This implies that the generative search system can help users obtain relevant legal information and documents.
"
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Meutia Khalbi Yuventa
"Pejabat pengelola informasi dan dokumentasi atau PPID adalah sistem layanan informasi publik yang dimiliki oleh Kementerian Luar Negeri RI atau Kemlu RI. PPID bertugas melaksanakan kegiatan penyimpanan, pendokumentasian, penyediaan, dan pelayanan informasi publik. PPID merupakan implementasi Undang-Undang No. 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (UU KIP). Website PPID Kementerian Luar Negeri dapat diakses melalui tautan berikut https://e-ppid.kemlu.go.id/. Tetapi berdasarkan evaluasi singkat terhadap desain antarmuka website PPID Kemlu RI masih terdapat kekurangan pada aspek user experience. Berdasarkan landasan desain yang kami pakai yaitu Shneiderman's Eight Golden Rules of Interface Design masih terdapat kekurangan dalam poin offer informative feedback, cater to universal usability, strive for consistency. Adanya penelitian ini ditujukan untuk memperdalam pemahaman mengenai permasalahan yang dirasakan oleh pengguna. Dari pemahaman tersebut akan diberikan output berupa desain alternatif website PPID Kemlu RI yang di desain dengan pendekatan User Centered Design (UCD). Selain itu, terdapat pula evaluasi desain antarmuka atau User Interface (UI) dan usability dengan metode usability testing dan contextual interview. Penelitian ini menghasilkan rancangan desain antarmuka yang memiliki skor evaluasi yang baik, dengan rata-rata success rate pada usability testing sebesar 97,8%. Penelitian ini kemudian ditutup dengan saran yang dapat diterapkan pada penelitian selanjutnya.

The information and documentation management officer or PPID is a public information service system owned by the Indonesian Ministry of Foreign Affairs or the Indonesian Ministry of Foreign Affairs. PPID is tasked with carrying out storage, documentation, provision and service of public information. PPID is an implementation of Law no. 14 of 2008 concerning Openness of Public Information (UU KIP). The PPID Ministry of Foreign Affairs website can be accessed via the following link https://e- ppid.kemlu.go.id/. However, based on a brief evaluation of the interface design of the Indonesian Ministry of Foreign Affairs' PPID website, there are still deficiencies in the user experience aspect. Based on the design basis that we use, namely Shneiderman's Eight Golden Rules of Interface Design, there are still deficiencies in the points of offering informative feedback, catering to universal usability, striving for consistency. This research is aimed at deepening understanding of the problems felt by users. From this understanding, output will be provided in the form of an alternative design for the Indonesian Ministry of Foreign Affairs' PPID website which is designed using a User Centered Design (UCD) approach. Apart from that, there is also an evaluation of the interface design or User Interface (UI) and usability using the usability testing and contextual interview methods. This research produced an interface design that had a good evaluation score, with an average success rate in usability testing of 97.8%. This research then closes with suggestions that can be applied in further research."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Asfiolitha Wilmarani
"Software Product Line Engineering (SPLE) merupakan paradigma untuk memproduksi perangkat lunak dengan waktu, usaha, dan biaya yang minimal. Adaptive Information System for Charity Organization (AISCO) adalah perangkat yang dikembangkan dengan pendekatan SPLE untuk menghasilkan aplikasi web bagi organisasi sosial. Proses memproduksi aplikasi melibatkan sebuah kerangka pengembangan yang bernama Prices-IDE, yaitu sebuah development framework yang mendukung SPLE. Penelitian terdahulu telah mengembangkan UI Generator yang dapat mentransformasikan diagram IFML (Interaction Flow Modeling Language) menjadi source code sebuah aplikasi React. Akan tetapi, antarmuka yang dihasilkan masih sangat sederhana, belum menimbang prinsip desain antarmuka pengguna, dan belum menggunakan pendekatan SPLE. Terlebih, fitur kustomisasi antarmuka yang sudah ada belum terintegrasi dengan Prices-IDE. Penelitian ini mengusulkan variasi komponen antarmuka yang telah diperbarui, serta metode untuk melakukan kustomisasi antarmuka saat runtime. Proses pengembangan melibatkan pembuatan prototipe dan penyesuaian terhadap UI Generator berdasarkan rancangan yang diusulkan. Aplikasi yang dihasilkan kemudian dianalisis dan dites dengan functional testing secara manual oleh penulis menggunakan 16 skenario tes. Audit performa menggunakan Lighthouse juga dilakukan terhadap aplikasi dari UI Generator versi sebelum dan setelah diperbarui. Berdasarkan tes dan analisis tersebut, disimpulkan bahwa UI Generator yang diperbarui dapat menghasilkan aplikasi React yang mempertahankan fungsionalitas yang sudah ada, mengalami peningkatan dalam performa sebanyak 14%, dan kini memiliki tambahan fitur kustomisasi UI.

Software Product Line Engineering (SPLE) is the paradigm for producing a diverse set of similar software products with lower cost, time, and effort. Adaptive Information System for Charity Organization (AISCO) is a tool to generate web applications for charity organizations developed with an SPLE framework. The process of generating web applications is assisted by Prices-IDE, a development framework that supports SPLE. Previous studies have succeeded in developing a UI Generator that transforms an IFML (Interaction Flow Modeling Language) Diagram into the source code of a React application. However, the generated UI display is barebones, does not consider UI design principles, and was not developed with the SPLE approach. Moreover, the existing UI customization feature is entirely separate from Prices-IDE. This study proposes a revamped UI design, interface variations of the generated application, and a way to customize said interface during runtime. The development process involves creating a prototype based on the proposed design, then applying necessary adjustments to the UI Generator. Applications generated by the renewed UI Generator are then analyzed and tested using functional testing with 16 scenarios and performance audits with Lighthouse. Based on these analyses and test results, it is concluded that the updated UI Generator can generate React applications that maintain previous functionalities, with the addition of a UI customization feature and an increase by 14% in performance.
"
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
"Kemajuan teknologi informasi telah membawa dampak signifikan di berbagai sektor, termasuk pendidikan. Di era globalisasi ini, kemampuan berbahasa asing menjadi sangat penting, dan teknologi pendidikan, khususnya mobile learning, memudahkan pembelajaran dengan fleksibilitas waktu dan tempat. Duolingo, aplikasi belajar bahasa asing yang populer, meskipun efektif, mendapat berbagai kritik dari pengguna terkait antarmuka yang kurang intuitif, navigasi yang membingungkan, dan fitur yang tidak selalu membantu dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan desain alternatif aplikasi Duolingo menggunakan pendekatan User-Centered Design (UCD) dengan melibatkan user research, diuji menggunakan usability testing (UT), dan prototyping untuk mengumpulkan data kualitatif dan kuantitatif dari pengguna. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa proses pendaftaran mudah dan cepat, fitur Double XP dan tantangan antara teman efektif, serta umpan balik sangat membantu, namun visibilitas dan navigasi beberapa fitur perlu ditingkatkan. Saran perbaikan mencakup penambahan panduan visual, informasi yang lebih jelas, dan representasi visual yang lebih efektif. Dengan menggunakan Shneiderman’s Eight Golden Rules of Interface Design, diharapkan perbaikan ini akan meningkatkan pengalaman pengguna dan membuat aplikasi lebih intuitif dan mudah digunakan. Keterbatasan penelitian termasuk jumlah partisipan yang terbatas dan fokus pada evaluasi kualitatif, sehingga penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mendapatkan data yang lebih komprehensif.

Advances in information technology have brought significant impacts in various sectors, including education. In this era of globalisation, foreign language proficiency has become very important, and educational technology, especially mobile learning, facilitates learning with flexibility of time and place. Duolingo, a popular foreign language learning app, while effective, has been criticised by users for its unintuitive interface, confusing navigation, and features that are not always helpful in learning. This research aims to develop an alternative design for the Duolingo app using a User-Centered Design (UCD) approach involving user research, usability testing (UT), and prototyping to collect qualitative and quantitative data from users. The evaluation results showed that the registration process was easy and fast, the Double XP feature and challenges between friends were effective, and feedback was helpful, but the visibility and navigation of some features needed to be improved. Suggestions for improvement included the addition of visual guides, clearer information, and more effective visual representations. Using Shneiderman's Eight Golden Rules of Interface Design, it is hoped that these improvements will enhance the user experience and make the app more intuitive and easy to use. Limitations of the study include the limited number of participants and the focus on qualitative evaluation, so further research is needed to obtain more comprehensive data."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rasika Ayuningtyas
"Permasalahan dalam kegiatan presensi mahasiswa cukup sering ditemukan di lingkungan UI seperti menitip presensi ke teman, antrian presensi yang panjang, dan perihal mahasiswa yang lupa untuk melakukan presensi. Tujuan penelitian ini adalah merancang antarmuka aplikasi pencatatan kehadiran dengan pendekatan user-centered design. Proses dimulai dengan melakukan analisis kebutuhan pengguna dengan melakukan evaluasi kualitatif dari pengguna aplikasi serupa dengan kuesioner online sehingga menghasilkan persona dan user requirements. Proses perancangan desain dilakukan dengan mengembangkan prototipe berdasarkan studi literatur, prinsip desain interaksi, dan user requirements. Proses dilanjutkan dengan melakukan evaluasi desain. Evaluasi desain kuantitatif dilakukan dengan SUS dan UEQ untuk menyatakan kelayakan aplikasi, sedangkan evaluasi desain kualitatif dilakukan dengan usability testing untuk mendapatkan feedback langsung dari pengguna yang akan digunakan untuk pengembangan kedepannya. Rancangan antarmuka aplikasi pencatatan kehadiran berhasil dibuat dengan nilai akhir SUS 72.84 yang termasuk kategori good dan nilai akhir UEQ di atas 1.00 untuk semua aspek pengalaman pengguna.

Some problems in the student attendance system are found in the University of Indonesia, such as leaving attendance to friends, long queues, and students forgetting to attend. The purpose of this study was to design an attendance recording application interface with a user-centered design approach. The process begins with analyzing user needs by conducting a qualitative evaluation of similar applications with an online questionnaire resulting in personas and user requirements. The design process is carried out by developing a prototype based on literature studies, interaction design principles, and user requirements. The process is continued by conducting a design evaluation. Quantitative design evaluation is done with SUS and UEQ to state the feasibility of the application, while qualitative design evaluation is carried out with usability testing to get direct feedback from users that will be used for future development. The design of the attendance recording application interface has been successfully created with a final score of SUS 72.84 which is in the good category and a final UEQ score above 1.00 for all aspects of the user experience, which means it is good enough but needs further development."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Marcia Nadin Pramasiwi
"Ride-hailing merujuk pada proses di mana penumpang memesan layanan transportasi ke tujuan tertentu melalui aplikasi di ponsel mereka, yang kemudian dijawab oleh pengemudi yang tersedia dengan harga yang disepakati. Salah satu aplikasi ride-hailing yang unik dalam pendekatan bisnisnya adalah inDrive yang memberikan kebebasan kepada pengguna untuk menentukan tarif perjalanan mereka. Terdapat beberapa faktor yang mendukung pengguna untuk menggunakan aplikasi ride-hailing dan salah satu faktor yang terpenting adalah keamanan. Berdasarkan hasil Survei Nasional Pelecehan Seksual di Ruang Publik, 4,79% responden mengalami pelecehan saat menggunakan layanan transportasi online. Temuan ini menjadi alasan utama dilakukannya penelitian ini di mana digunakan pendekatan mixed methods research yang menggabungkan metode kualitatif dan kuantitatif. Metode kualitatif melibatkan wawancara daring, sementara metode kuantitatif melibatkan penyebaran kuesioner daring. Dalam penelitian ini, pendekatan User-Centered Design (UCD) digunakan untuk pengembangan desain fitur keamanan aplikasi inDrive yang berupa high-fidelity prototype. Analisis hasil dari kedua tahap tersebut menunjukkan skor SUS sebesar 75,6 dalam evaluasi kuantitatif dari tahap usability testing dan beberapa saran serta pendapat dalam evaluasi kualitatif. Pada tahap akhir penelitian, dibentuk kesimpulan dan juga saran untuk penelitian selanjutnya. Hasil desain antarmuka yang diusulkan tim peneliti dapat digunakan inDrive untuk meningkatkan keamanan, mempertahankan kepercayaan dan kepuasan pengguna, serta memperkuat posisi aplikasi di pasar.

Ride-hailing refers to the process in which passengers book transportation services to specific destinations through mobile applications, which are then responded to by available drivers at agreed-upon prices. Ride-hailing application that has a unique business approach is inDrive, which allows users to determine their own fare for the journey. There are several factors that support users in using ride-hailing applications, with one of the most important factors being safety. Based on the results of the National Survey on Sexual Harassment in Public Spaces, 4.79% of respondents experienced harassment while using online transportation services. This finding serves as the primary reason for conducting this research, which utilizes a mixed methods research approach that combines qualitative and quantitative methods. The qualitative method involves online interviews, while the quantitative method involves the distribution of online questionnaires. In this study, the User-Centered Design (UCD) approach is used for the development of inDrive application's security feature design, in the form of a high-fidelity prototype. The analysis of the results from both stages indicates a System Usability Scale (SUS) score of 75.6 in the quantitative evaluation of the usability testing stage, as well as several suggestions and opinions in the qualitative evaluation. In the final stage of the research, conclusions and recommendations for further research are formulated. The proposed interface design results by the research team can be utilized by inDrive to enhance security, maintain user trust and satisfaction, and strengthen its position in the market."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>