Ditemukan 95629 dokumen yang sesuai dengan query
Yola Lista Valentina
"Meningkatnya aktivitas belanja makanan secara online seiring dengan perkembangan teknologi menyebabkan meningkatnya jumlah sampah kemasan sekali pakai. Penerapan dan pengembangan biopolimer telah menarik perhatian dalam industri pengemasan makanan, sehingga diperlukan model penerimaan yang dapat menggambarkan penerimaan penggunaan kemasan biopolimer dalam pengantaran belanja makanan melalui aplikasi GoFood. Model konseptual penerimaan penggunaan kemasan Biopolimer pada riset ini merupakan integrasi dari variabel-variabel dari theory of planned behavior (TPB) dengan variabel tambahan pengetahuan lingkungan (environment knowledge) dan variabel kepedulian lingkungan (environment concern). Sampel pada penelitian ini adalah masyarakat Indonesia yang menggunakan layanan aplikasi pengiriman makanan GoFood. Analisis data menggunakan metode Structural Equation Modeling (SEM). Hasil yang diperoleh melalui riset ini ialah terdapat 5 faktor yang memengaruhi yaitu sikap (attitude), perilaku yang diharapkan (perceived behavior), niat kemasan hijau (green packaging intention) dan perilaku kemasan hijau (green packaging behavior), variabel tambahan pengetahuan lingkungan (environmental knowledge). Pengetahuan lingkungan berpengaruh positif terhadap sikap, sikap berpengaruh positif terhadap niat kemasan hijau, perilaku yang dirasakan memiliki pengaruh positif terhadap niat kemasan hijau, dan niat kemasan hijau memiliki pengaruh positif terhadap perilaku kemasan hijau. Faktor-faktor dan hubungan antar faktor tersebut menjadi faktor yang terdapat pada model penerimaan penggunaan kemasan pengiriman belanja makanan melalui aplikasi GoFood. Kebaruan pada model yang dikembangkan memberikan hasil bahwa pengetahuan lingkungan (environmental knowledge) berpengaruh terhadap sikap (attitude).
The application and development of biopolymers has attracted attention in the food packaging industry, so an acceptance model is needed that can describe the acceptance of the use of biopolymer packaging in the delivery of food purchases through the GoFood application. The conceptual model for acceptance of the use of Biopolymer packaging in this research is the integration of variables from the theory of planned behavior (TPB) with additional environmental knowledge and environmental concern variables. The sample in this study is Indonesian people who use the GoFood food delivery application service. Data analysis used the Structural Equation Modeling (SEM) method. The results obtained through this research are that there are 5 influencing factors, namely attitude, expected behavior, green packaging intention and green packaging behavior, an additional variable of environmental knowledge. knowledge). Environmental knowledge has a positive effect on attitudes, attitudes have a positive effect on green packaging intentions, perceived behavior has a positive influence on green packaging intentions, and green packaging intentions have a positive influence on green packaging behavior. These factors and the relationship between these factors are the factors contained in the acceptance model for the use of food shopping delivery packages through the GoFood application. The novelty of the developed model gives the result that environmental knowledge influences attitudes."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Rinan Alqiacy
"Mobile instant messenger adalah suatu teknologi komunikasi yang dapat mengirimkan pesan dengan cepat melalui perantaraan jaringan internet dari satu mobile ke mobile yang lain. Mobile instant messenger yang akan diteliti dalam penelitian ini adalah WhatsApp dan LINE. Penelitian ini bertujuan untuk menguji teori Technology Acceptance Model TAM , di mana perceived usefulness dan perceived ease of use sebagai faktor penentu penggunaan teknologi mobile instant messenger. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan sifat eksplanatif dan deskriptif. Hasil penelitian ini menemukan bahwa perceived usefulness dan perceived ease of use berhubungan secara positif dan signifikan terhadap penggunaan WhatsApp dan LINE.
Mobile Instant Messenger is a communication technology that can send messages quickly through the medium of the Internet network from one mobile to another mobile. Mobile instant messenger that will be examined in this study is WhatsApp and LINE. This study aims to test the theory of Technology Acceptance Model TAM , in which perceived usefulness and perceived ease of use as determinants of the use of mobile instant messenger technology. The research method used is quantitative research with explanative and descriptive nature. This research found that perceived usefulness and perceived ease of use were positively and significantly associated with the use of WhatsApp and LINE."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2017
S67556
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Aditya Prayudhi
"Aplikasi pengiriman makanan online adalah salah satu sektor aplikasi seluler dengan pertumbuhan yang paling cepat. Selama pandemi, terdapat banyak layanan pengiriman makanan tradisional yang beralih ke platform daring, dan terdapat perusahaan baru yang memanfaatkan peluang ini untuk terlibat dalam operasi pengiriman makanan daring atau pindah ke platform digital. Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara variabel yang mempengaruhi penggunaan aplikasi pengiriman makanan online dengan mengembangkan model konseptual berdasarkan model Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT2) dengan menambahkan kepuasan pelanggan dan advokasi sebagai variabel tambahan dalam analisis. Data dikumpulkan dari 366 responden dengan menggunakan survei online dan dianalisis menggunakan PLS-SEM. 9 hipotesis dikembangkan, dimana delapan di antaranya diterima, dan satu ditolak. Temuan ini dapat digunakan untuk membantu perusahaan pengiriman makanan online untuk memahami faktor yang mungkin dapat memengaruhi niat pelanggan untuk terus menggunakan aplikasi pengiriman makanan dan hal ini dapat berimplikasi pada desain dan pemasaran layanan ini di pasar Indonesia.
Online food delivery applications are one of the fastest growing mobile applications sectors. During the pandemic, many traditional food delivery services have moved to online platforms, and there are new companies taking advantage of this opportunity to engage in online food delivery operations or move to digital platforms. This study aim to examine the relationships between variable that influences the usage of online food delivery applications by developing a conceptual model based on the Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT2) model with customer satisfaction and advocacy as an additional variable in our analysis. Data were collected from 366 respondents using an online survey and analyzed using PLS-SEM. 9 hypotheses were developed, of which eight were accepted, and one were rejected. Our findings can be used to help online food delivery companies to understand the factor that might influence the continuance intention of customer to the food delivery app and it will have implication for the design and marketing of these services in the Indonesian market."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Denzel William Mandela
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mengenai layanan aplikasi pengiriman makanan di Indonesia serta bagaimana perbedaannya antara generasi Y dan generasi Z. Variabel yang diteliti pada penelitian ini yaitu pengaruh atribut aplikasi pengiriman makanan (CNV, DSG, TRS, PRC, VFC) terhadap Perceived Value yang selanjutnya mengarah kepada Attitude dan Intention to Coninuously Use. Sampel yang diteliti adalah individu yang berdomisili di Indonesia, berusia 17-41 tahun, dan aktif dalam menggunakan aplikasi pengiriman makanan. Jumlah responden yang berpartisipasi pada penelitian ini adalah 314 responden. Data yang merupakan hasil jawaban dari responden diolah menggunakan metode Structural Equation Modeling (SEM) dan software LISREL. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Convenience, Trustworthiness, dan Price memiliki pengaruh positif terhadap Perceived Value yang selanjutnya mengarah kepada pengaruh positif terhadap Attitude dan Intention to Contiuously Use. Hasil perbandingan antara generasi Y dan generasi Z menunjukkan mereka tidak memiliki perbedaan signifikan pada pengaruh atribut aplikasi terhadap Perceived Value. Keterbatasan penelitian, implikasi manajerial, dan saran penelitian selanjutnya dijelaskan dalam penelitian ini.
This study aims to determine the perception of food delivery application in Indonesia and how the difference is between generation Y and generation Z. The variable studied in this study is the effect of food delivery application attributes (CNV, DSG, TRS, PRC, VFC) towards Perceived Value, Attitude, and Intention to Continuously Use. The samples studied were individuals who were domiciled in Indonesia, aged 17-41 years, and were active in using food delivery application. The number of respondents who participated in this study were 314 respondents. All data obtained from respondents' answers are processed using the Structural Equation Modeling (SEM) method and the LISREL software. The results of this study indicate that Convenience, Trustworthiness, and Price have a positive influence on Perceived Value which lead to a positive influence on Attitude and Intention to Continuously Use. The results of the comparison between generation Y and generation Z did not show significant differences in the effect of application attributes towards Perceived Value. Limitations, managerial implications, and recommendations for further research are provided in this study."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Raden Vasthu Broto Ariyo
"Penggunaan teknologi di bidang kesehatan bukanlah hal yang baru. Pemanfaatan teknologi informasi memberikan dampak pemberian pelayanan kesehatan yang lebih baik dan berkualitas. Resep elektronik merupakan salah satu terobosan teknologi di bidang kesehatan, yang digunakan oleh dokter di fasilitas Kesehatan, namun belum semua dokter menggunakannya. Penilitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi nyata penggunaan resep elektronik di RS Permata Cibubur melalui pendekatan Technology Acceptance Model (TAM). TAM merupakan suatu model yang menjelaskan perilaku pengguna teknologi informasi yang berlandaskan atas kepercayaan (beliefs), sikap (attitude), minat (intention) dan hubungan perilaku pengguna (user behavior relationship). Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain non-eksperimental dan analisis dengan pendekatan cross sectional, kemudian dilakukan wawancara mendalam dan observasi terhadap informan. Didapatkan hasil yang signifikan bahwa terdapat pengaruh tidak langsung oleh aspek persepsi kemudahan penggunaan terhadap kondisi nyata penggunaan resep elektronik, aspek persepsi tentang kemanfaatan berpengaruh secara tidak langsung terhadap kondisi nyata penggunaan resep elektronik, serta aspek minat perilaku untuk menggunakan memiliki pengaruh langsung yang signifikan terhadap kondisi nyata penggunaan resep elektronik. Sedangkan pada aspek sikap terhadap penggunaan tidak berpengaruh secara signifikan dengan kondisi nyata penggunaan resep elektronik. Dalam upaya peningkatan penerimaan penggunaan resep elektronik, aspek persepsi kemudahan penggunaan menjadi pertimbangan utama yang harus diperhatikan dengan seksama. Semakin mudah penggunaan, maka akan semakin berminat untuk menggunakan resep elektronik tersebut. Yang menjadi tantangan ke depan pada pengembangan resep elektronik adalah jaringan internet yang lambat, sistem resep yang sering mengalami error, desain dan terminologi sistem yang tidak user friendly, fitur atau kemampuan sistem yang belum sesuai dengan kebutuhan dokter, sosialisasi petunjuk atau pedoman penggunaan belum menyeluruh, serta pelatihan penggunaan yang belum dilakukan secara berkala dan menyeluruh.
The use of technology in the health sector is nothing new. Utilization of information technology has an impact on providing better and quality health services. Electronic prescriptions are one of the technological breakthroughs in the health sector, which are used by doctors in health facilities, but not all doctors use them. This research aims to determine the real conditions of using electronic prescriptions at Permata Cibubur Hospital through the Technology Acceptance Model (TAM) approach. TAM is a model that describes information technology user behavior based on beliefs, attitudes, intentions and user behavior relationships. This is a quantitative research with non-experimental design and analysis using a cross-sectional approach, and then conducted in-depth interviews and observation of informants. Significant results were obtained that there was an indirect effect by the perceived ease of use aspect on the real conditions of using electronic prescriptions, the perceived usefulness aspect indirectly influenced the real conditions of using electronic prescriptions, and the behavioral interest aspect to use had a significant direct effect on real conditions use of electronic prescriptions. Meanwhile, the attitude towards use aspect does not significantly influence the real conditions of using electronic prescriptions. In an effort to increase acceptance of the use of electronic prescriptions, aspects of perceived ease of use are the main considerations that must be considered carefully. The easier it is to use, the more interested it will be to use the electronic prescriptions. The challenges going forward in the development of electronic prescriptions are slow internet networks, prescription systems that often experience errors, system design and terminology that are not user friendly, system features or capabilities that are not in accordance with doctor's needs, dissemination of instructions or usage guidelines that are not comprehensive, as well as usage training that has not been carried out periodically and thoroughly."
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Athaya Vita Krisrana
"Pesatnya penggunaan aplikasi on demand menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi perusahaan penyedia aplikasi yang dapat membantu konsumen dalam memenuhi kebutuhan seharinya. Penelitian ini ingin membahas salah satu layanan pesan antar makanan yang tersedia di masing-masing aplikasi tersebut yaitu Gofood dan Grabfood. Perkembangan layanan Gofood dan Grabfood yang pesat juga mempengaruhi pola konsumsi konsumen Muslim di Indonesia, sehingga cenderung untuk melakukan konversi. Kemudian penelitian ini ingin mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi konversi. Penelitian ini dilakukan mixed method dengan melakukan focus group discussion dan menyebarkan kuesioner. Berdasarkan hasil FGD terdapat variabel lain yang dianggap memberi pengaruh pada konversi yaitu desain pembayaran sehingga variabel laten yang diteliti pada penelitian ini diantaranya desain visual, desain informasi, desain navigasi, desain pembayaran, dan desain kolaborasi. Penelitian ini menggunakan Structural Equation Modelling (SEM) dengan mengolah data kuesioner yang memiliki skala likert 1-7 menggunakan SPSS 28 dan SmartPLS 3.0. Dihasilkan bahwa desain informasi, desain navigasi, desain pembayaran dan desain kolaborasi mempengaruhi konversi penggunaan layanan Gofood dan Grabfood. Namun desain visual tidak mempengaruhi konversi penggunaan layanan Gofood dan Grabfood oleh konsumen Muslim di Indonesia.
The rapid use of on-demand applications is one of the factors influencing application provider companies that can assist consumers in meeting their daily needs. This study wants to discuss one of the food delivery services available in each of these applications, namely Gofood and Grabfood. The rapid development of Gofood and Grabfood services also affects the consumption patterns of Muslim consumers in Indonesia, so they tend to convert. Then this research wants to know the factors that affect the conversion. This research was carried out with a mixed method by conducting focus group discussions and distributing questionnaires. Based on the results of the FGD, there are other variables that are considered to have an influence on the conversion, namely payment design so that the latent variables studied in this study include visual design, information design, navigation design, payment design, and collaboration design. This study uses Structural Equation Modeling (SEM) by processing questionnaire data which has a Likert scale of 1-7 using SPSS 28 and SmartPLS 3.0. The result is that information design, navigation design, payment design and collaboration design affect the conversion of Gofood and Grabfood service usage. However, the visual design does not affect the conversion of the use of Gofood and Grabfood services by Muslim consumers in Indonesia."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2021
S-Pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Tri Rahmawati
"Pertumbuhan pasar di Indonesia yang meningkat setiap tahunnya membuat Indonesia menjadi pasar potensial dalam bisnis digital. E-commerce menjadi alternatif bagi banyak masyarakat Indonesia untuk mencari dan membeli produk. Salah satu e-commerce yang banyak memanjakan konsumennya adalah Gojek yang merupakan perusahaan teknologi atau startup kebanggaan Indonesia dalam melayani konsumen dengan sistem B2C (business to consumer) melalui jasa ojek. Salah satu fitur Gojek yang paling banyak digunakan di Indonesia adalah GoFood. Layanan ini memberikan jasa pemesanan makanan secara online melalui aplikasi Gojek. Untuk menunjang perkembangannya, merchant GoFood kerap memberikan diskon untuk promosi beberapa produk tertentu. Oleh karena itu, penelitian ini akan berfokus pada pengaruh discount framing terhadap brand reputation dan brand image pada purchase intention dan actual behavior. Penelitian ini menggunakan purposive sampling yang melibatkan 154 pengguna layanan GoFood di Jabodetabek. Data kemudian dianalisis menggunakan Structural Equation Modelling (SEM) dengan perangkat lunak LISREL. Peneliti menemukan bahwa discount framing berpengaruh secara signifikan baik terhadap purchase intention maupun actual behavior.
The growth of e-commerce in Indonesia, which increases every year, makes Indonesia a potential market for digital business. The sector is an alternative way for many Indonesians to find and buy products. One e-commerce that pampers its consumers a lot is Gojek, which is a technology company and a prided startup of Indonesia that serves consumers with a B2C (business to consumer) system through motorcycle taxi services. Among the most widely used Gojek features in Indonesia is GoFood. The service provides online food ordering services through the Gojek application. To support its development, GoFood merchants often provide discounts for the promotion of certain products. This study investigates the effects of discount framing on brand reputation and brand image on purchase intention and actual behavior. This study uses purposive sampling involving 154 GoFood service users in Jabodetabek analyzes the data using Structural Equation Modeling (SEM) with LISREL software. This study finds that discount framing had a significant effect on both purchase intention and actual behavior."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Muhammad Alief Fano
"Reformasi administasi perpajakan mendorong pemerintah untuk melakukan digitalisasi sistem perpajakan. Pemerintah harus mengoptimalkan pelayanan sehingga wajib pajak dapat menyelesaikan kewajiban pajaknya dengan mudah sehingga meningkatkan kepuasan masyarakat. Sebagai bentuk reformasi administrasi perpajakan yang dilakukan oleh Direktorat Jenderal Pajak maka diluncurkan aplikasi M-Pajak agar masyarakat mendapatkan pelayanan pajak yang lebih personal dan cepat. Aplikasi tersebut dapat digunakan oleh pelaku UMKM untuk melakukan pencatatan, menghitung pajak, serta membayar pajaknya. Dalam penelitian skripsi ini bertujuan untuk menganalisis faktorfaktor yang mempenaruhi penerimaan dan penggunaan teknologi pada aplikasi M-Pajak berdasarkan teori Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT) oleh Venkatesh. Pendekatan yang digunakan dalam penelitan ini adalah kuantitatif; metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dan pengolahannya menggunakan SmartPLS. Hasil penelitian menunjukan bahwa empat hipotesis diterima dan satu hipotesis ditolak. Hipotesis yang diterima adalah Perfromance Expectancy berpengaruh terhadap Behvaioral Intention, Social Influence berpengaruh terhadap Behvaioral Intention, Facilitating Conditions berpengaruh terhadap Behvaioral Intention, dan Behavioral Intention berpegnaruh terhadap Use Behavior.
Tax administration reform encourages the government to digitize the tax system. The government must optimize services so that taxpayers can complete their tax obligations easily, thereby increasing public satisfaction. As a form of tax administration reform carried out by the Directorate General of Taxes, the M-Pajak application was launched so that people get more personalized and faster tax services. This application can be used by MSMEs to record, calculate taxes and pay taxes. In this thesis research, the aim is to analyze the factors that influence the acceptance and use of technology in the M-Pajak application based on the Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT) by Venkatesh. The approach used in this research is quantitative; The data collection method uses a questionnaire and processing uses SmartPLS. The research results showed that four hypotheses were accepted and one hypothesis was rejected. The accepted hypothesis is that Performance Expectancy influences Behavioral Intention, Social Influence influences Behavioral Intention, Facilitating Conditions influences Behavioral Intention, and Behavioral Intention influences Use Behavior."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Nita Setyaningrum
"Tesis inin membahas pengembangan dari model penerimaan teknologi {TAMJ} yang mengintegrasikan teori difusi inovasi. persepsi resiko. kepercayaan dan word ( (mouth dapat menentukan adopsi belanja online. Data dikmnpulkau melalui survey yang dilakukan te(hadap mahasiswa Magister Manajemen Universitas Indonesi L Analisa jalur digunakan untuk menguji hubungan kausal antar variabel di dalam model yang diajukan. Hasil penelitian ini mengkonfirmasi bahwa model penerimaan teknologi dan teori difusi inovasi relevan untuk adopsi belanja online, dimana ;Hm;:eiwd usefulness, perceived ease of use, word of mouth. dan behavioral intention berpengaruh secara signifikan terhadap actual use belanja online.
This study present an extended technology of acceptance model (TAM) that integrates innovation diffusion theory, perceived risk, trust, and word of month into TAM model to investigate what determines online shopping adoption. Data was collected from a survey of student of Magister Manajemen, University of Indonesia. Path analysis was used to evaluate the causal effect among variables within proposed model. The finding of this study confirm that technology of acceptance model and innovation diffusion theory is relevant for online shopping adoption 1rhere perceived usefulness, perceived ease of use, word of mouth, and behavioral intention significantly affected actual use of online shopping."
Depok: Program Pascasarjana Universitas Indonesia, 2009
T32437
UI - Tesis Open Universitas Indonesia Library
Mawaddah
"Berkembangnya UMKM yang setiap tahun terus meningkat jumlahnya, sebagai pelaku usaha mengakui bahwa kebutuhan untuk berinvestasi teknologi untuk sebuah toko itu dibutuhkan, salah satunya adalah teknologi sistem aplikasi POS (Point of Sales). Oleh karena itu, perusahaan jasa teknologi sistem aplikasi POS harus melihat peluang ini untuk memanfaat pelaku UMKM untuk loyal menggunakan sistem aplikasi POS. Pada penelitian ini, peneliti ingin menjelaskan anteseden apa saja yang mempengaruhi pelaku UMKM untuk loyal dalam penggunaan sistem aplikasi POS berdasarkan teori TAM. Penelitian ini dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada 321 responden dan memiliki tujuan untuk meneliti anteseden apa saja yang mempengaruhi pelaku UMKM untuk loyal dalam menggunakan sistem aplikasi POS. Pada penelitian ini pelaku UMKM akan loyal untuk menggunakan sistem aplikasi POS ketika sistem tersebut memberikan kemudahan dan memberikan manfaat pada pelaku UMKM. Selain itu, fasilitas berupa sumber daya manusia, finansial, informasi penggunaan yang jelas, mudah menghubungi tim support, sistem memiliki fitur keamanan role access user dan teknologi yang terhubung dengan teknologi lainnya (dapat diandalkan) juga dapat menjadi anteseden dari pelaku UMKM menggunakan sistem. Hasil dari penemuan pada penelitian ini memiliki implikasi untuk mengembangkan teknologi sistem aplikasi POS agar pelaku UMKM loyal menggunakan aplikasi ini secara lebih efektif, baik secara teori maupun praktik.
The development of MSMEs continues to increase in number every year, as business actors recognize the need to invest in technology for a store is needed, one of which is POS (Point of Sales) application system technology. Therefore, POS application system technology service companies must see this opportunity to benefit MSME players to be loyal to using the POS application system. In this study, researchers want to explain what antecedents influence MSME actors to be loyal in using the POS application system based on the TAM theory. This research was conducted by distributing questionnaires to 321 respondents and aimed to examine what antecedents influenced MSME actors to be loyal in using the POS application system. In this study, MSME actors will be loyal to using the POS application system when the system provides convenience and provides benefits to MSME actors. In addition, facilities in the form of human resources, finance, clear usage information, easy contact with the support team, the system has a user role access security feature and technology that is connected to other technologies (reliable) can also be an antecedent of MSME actors using the system. The results of the findings in this study have implications for developing POS application system technology so that loyal MSME players use this application more effectively, both in theory and practice."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library