Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 173676 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Qonita Nur Iffat
"Aplikasi cloud Point of Sale (POS) merupakan teknologi yang terlibat dalam melakukan pencatatan penjualan, pembayaran, serta proses yang berkaitan di dalamnya dengan memanfaatkan penyimpanan data di internet. Kegunaan dari aplikasi cloud POS memberikan manfaat yang cukup besar bagi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dalam menjalankan usahanya. Dengan mengintegrasikan teori technology affordance dan teori Unified Theory of Acceptance and Use of The Technology 2 (UTAUT2), penelitian ini mengidentifikasi faktor-faktor technology affordance dari aplikasi cloud POS dan faktor-faktor yang memengaruhi intensi penggunaan aplikasi cloud POS pada pelaku UMKM. Penelitian ini dilakukan dengan mixed-method. Penelitian kualitatif dilakukan dengan melakukan wawancara bersama 10 narasumber pelaku UMKM yang telah menggunakan aplikasi cloud POS. Pengolahan data kualitatif dilakukan dengan menggunakan grounded theory. Kemudian, dilanjutkan dengan penelitian kuantitatif dilakukan dengan menyebarkan kuesioner online dengan 243 responden pelaku UMKM yang telah menggunakan aplikasi cloud POS dan diolah dengan metode Structural Equation Model Partial Least Square (PLS-SEM). Penelitian ini berhasil mengidentifikasi technology affordance aplikasi cloud POS berupa monitorability, recordability, transactionability, decision supportability, dan accessibility. Melalui uji PLS-SEM, penelitian ini menunjukkan jika performance expectancy, effort expectancy, facilitating condition, social influence, dan price value memengaruhi intention to adopt. Selain itu, ditemukan juga bahwa pelaku UMKM di Indonesia masih kurang sadar terkait adanya risiko dari penggunaan teknologi cloud.

Cloud Point of Sale (POS) application is a technology that is involved in recording sales, payments, and processes related to it by utilizing data storage on the internet. The use of the cloud POS application provides considerable benefits for Micro, Small, and Medium Enterprises (MSMEs) in running their business. By integrating technology affordance and Unified Theory of Acceptance and Use of The Technology 2 (UTAUT2), this study identifies the technology affordance factors of the cloud POS application and the factors that influence the intention to use the cloud POS application among MSME actors. This research was conducted with mixed-methods. Qualitative research was conducted by interviewing 10 MSME actors who have used the cloud POS application. Qualitative data processing is done by using grounded theory. Then, it was followed by quantitative research conducted by distributing online questionnaires with 243 MSME respondents who had used the cloud POS application and processed it using the Structural Equation Model Partial Least Square (PLS-SEM) method. This research successfully identifies the technology affordance of the cloud POS application in the form of monitorability, recordability, transactionability, decision supportability, and accessibility. Through the PLS-SEM test, this research shows that performance expectancy, effort expectancy, facilitating condition, social influence, and price value affect the intention to adopt. In addition, it was also found that MSME actors in Indonesia are still not aware of the risks associated with using cloud technology."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fikra Shafna
"Aplikasi cloud Point of Sale (POS) merupakan teknologi yang terlibat dalam melakukan pencatatan penjualan, pembayaran, serta proses yang berkaitan di dalamnya dengan memanfaatkan penyimpanan data di internet. Kegunaan dari aplikasi cloud POS memberikan manfaat yang cukup besar bagi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dalam menjalankan usahanya. Dengan mengintegrasikan teori technology affordance dan teori Unified Theory of Acceptance and Use of The Technology 2 (UTAUT2), penelitian ini mengidentifikasi faktor-faktor technology affordance dari aplikasi cloud POS dan faktor-faktor yang memengaruhi intensi penggunaan aplikasi cloud POS pada pelaku UMKM. Penelitian ini dilakukan dengan mixed-method. Penelitian kualitatif dilakukan dengan melakukan wawancara bersama 10 narasumber pelaku UMKM yang telah menggunakan aplikasi cloud POS. Pengolahan data kualitatif dilakukan dengan menggunakan grounded theory. Kemudian, dilanjutkan dengan penelitian kuantitatif dilakukan dengan menyebarkan kuesioner online dengan 243 responden pelaku UMKM yang telah menggunakan aplikasi cloud POS dan diolah dengan metode Structural Equation Model Partial Least Square (PLS-SEM). Penelitian ini berhasil mengidentifikasi technology affordance aplikasi cloud POS berupa monitorability, recordability, transactionability, decision supportability, dan accessibility. Melalui uji PLS-SEM, penelitian ini menunjukkan jika performance expectancy, effort expectancy, facilitating condition, social influence, dan price value memengaruhi intention to adopt. Selain itu, ditemukan juga bahwa pelaku UMKM di Indonesia masih kurang sadar terkait adanya risiko dari penggunaan teknologi cloud.

Cloud Point of Sale (POS) application is a technology that is involved in recording sales, payments, and processes related to it by utilizing data storage on the internet. The use of the cloud POS application provides considerable benefits for Micro, Small, and Medium Enterprises (MSMEs) in running their business. By integrating technology affordance and Unified Theory of Acceptance and Use of The Technology 2 (UTAUT2), this study identifies the technology affordance factors of the cloud POS application and the factors that influence the intention to use the cloud POS application among MSME actors. This research was conducted with mixed-methods. Qualitative research was conducted by interviewing 10 MSME actors who have used the cloud POS application. Qualitative data processing is done by using grounded theory. Then, it was followed by quantitative research conducted by distributing online questionnaires with 243 MSME respondents who had used the cloud POS application and processed it using the Structural Equation Model Partial Least Square (PLS-SEM) method. This research successfully identifies the technology affordance of the cloud POS application in the form of monitorability, recordability, transactionability, decision supportability, and accessibility. Through the PLS-SEM test, this research shows that performance expectancy, effort expectancy, facilitating condition, social influence, and price value affect the intention to adopt. In addition, it was also found that MSME actors in Indonesia are still not aware of the risks associated with using cloud technology."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Manik, Jonathan
"Industri perbankan di Indonesia saat ini belum mengadopsi layanan cloud computing akibat dari peraturan Bank Indonesia dan Pemerintah. Penelitian ini bertujuan menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi perusahaan perbankan untuk mengadopsi layanan cloud computing dilihat dari konteks technology, environtment, dan organization. Analisis ini menggunakan kerangka TOE (Technology-Organization-Environtment), teori DOI (Diffusion of Innovation), dan metoda PLS (Partial Least Square).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor technology tidak berpengaruh signifikan bagi perusahaan perbankan untuk mengadopsi cloud computing, namun faktor organization dan environtment berpengaruh signifikan bagi perusahaan perbankan dalam mengadopsi cloud computing, dimana model yang dihasilkan dalam penelitian ini cukup kuat (moderate) sebesar 36.1 %.

The banking industry in Indonesia has yet to adopt cloud computing services as a result of the regulation of Bank Indonesia and the Government. This study aims to explain the factors that affect the banking companies to adopt cloud computing services viewed from the context of technology, environtment, and organization. This analysis uses a framework TOE (Technology-Organization-Environment), the theory DOI (Diffusion of Innovation), and the method of PLS (Partial Least Square).
These results indicate that the technology factors had no significant effect for banking companies to adopt cloud computing, but the organization and environtment influential factors significant for the banking companies to adopt cloud computing, where the model is produced in this study is quite strong (moderate) of 36.1%.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2015
T44403
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Surya Ariansyah
"ABSTRAK<>br>
Organisasi XYZ merupakan unit TIK pusat yang melayani kebutuhan TI seluruh unit eselon 1 di lingkungan Organisasi ABC. Salah satu target Organisasi XYZ pada tahun 2015 adalah pencapaian kepuasan penguna layanan TIK sebesar 4.03 terhadap layanan cloud, layanan email dan internet dan layanan service desk. Kepuasan pengguna layanan TIK ini merupakan indikator keberhasilan Organisasi XYZ dalam memberikan layanan TIK yang prima. Akan tetapi pada tahun 2015 target pencapaian kepuasan pelanggan tidak tercapai. Salah satu penyebabnya terkait dengan layanan cloud yang mendapatkan nilai terendah. Berdasarkan pendapat pengguna hal ini disebabkan karena belum adannya evaluasi layanan cloud yang diminta oleh penyedia layanan, belum adannya kajian kebutuhan, tidak terdapat perencanaan kapasitas layanan cloud, dan sering terjadi insiden terhadap layanan kritikal yang di cloud kan. Penyebab tersebut tersebut merupakan pendapat yang belum tentu menjadi penyebab utama sehingga perlu digali lebih dalam untuk mengetahui faktor utama penyebab ketidak puasan pengguna layanan cloud server di lingkungan Organisasi ABC. Penelitian ini melakukan pengumpulan data dengan menggunakan cara wawancara sebagai data primer dan hasil SKP, observasi sebagai data sekunder, kemudian melakukan pemetaan ke Quality Model of Cloud Service terdiri dari 6 enam faktor yaitu Usability, Security, Reliability, Tangibility, Responsiveness dan Empathy, dari hasil pemetaan tersebut kemudian dilakukan survei dengan dengan menyebarkan kuesioner yang diisi oleh pegawai yang kompeten/ahli dalam bidang layanan cloud server atau yang bertanggung jawab di organisasi. Data yang diperoleh kemudian diolah dengan menggunaka teknik Analytical Hierarchy Process AHP . Hasilnya diperoleh bahwa faktor utama ketidakpuasan pengguna layanan cloud server adalah terkait dengan faktor tangible, reliability, usability sedangkan subfaktor adalah profesionalism, user interface aesthetic, availability, stability, learnability, dan protection, dari hasil pemataan permasalahan tersebut kemudian disusun rekomendasi perbaikan menggunakan pendekatan COBIT 5, ITIL v3, NIST SP 800-146 dan penelitian sebelumnya

ABSTRACT<>br>
XYZ Organization is a central ICT unit that serves the IT needs of all echelon 1 units within the ABC Organization. One of the target of XYZ Organization in 2015 is the achievement of ICT service user satisfaction of 4.03 to cloud service, email and internet service and service desk. User satisfaction of ICT services is an indicator of XYZ 39 s Organization success in providing excellent ICT services. However, in 2015 the target of achieving customer satisfaction is not achieved. One of the cause factors associated with cloud services that get the lowest value. Based on the user 39 s opinion this is due to the lack of an evaluation of cloud services requested by the service provider, not necessarily the needs assessment, no cloud service capacity planning, and frequent incidents of critical services in the cloud. The cause is an opinion that is not necessarily the main cause factors so it needs to be explored more deeply to determine the main factors causing dissatisfaction of cloud server service users within the ABC Organization.This study collected data using interview method as primary data and SKP result, observation as secondary data, then mapping to Quality Model of Cloud Service consist of 6 six criteria that is Usability, Security, Reliability, Tangibility, Responsiveness and Empathy. Conducting survey method by spreading questionnaires filled by competent employees experts in the field of cloud server service or responsible in organization. The data obtained is then processed by using Analytical Hierarchy Process AHP technique. The result obtained that the main factor of dissatisfaction of cloud server service user is related to tangible, reliability, usability factors then sub factors profesionalism, user interface aesthetic, availability, stability, learnability sub factors, then compiled recommendation improvement using approach COBIT 5, ITIL v3, NIST SP 800 146 and previous research"
2017
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Wulan Indriani
"ABSTRAK
Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam sebuah organisasi merupakan sebuah alat penting dalam mencapai tujuan bisnis organisasi tersebut. Salah satu teknologi yang dapat mencapai tujuan tersebut adalah cloud computing, yang memungkinkan layanan dapat diakses dari mana saja secara nyaman. Cloud computing juga dapat memungkinkan akses terhadap layanan jaringan bersama dari suatu sumber daya komputasi yang telah dikonfigurasi.
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kesesuaian Kementerian Luar Negeri RI dalam mengadopsi cloud computing dengan menggunakan pemodelan Misra Mondal Model dan menentukan tipe cloud deployment yang tepat menggunakan pendekatan AHP (Analytic Hierarchy Process) serta kriteria yang ditentukan berdasarkan analisa BCOR (Benefit, Cost, Opportunity, Risk). Dalam penelitian ini dilakukan wawancara, penyebaran kuesioner dan juga studi literatur untuk metode pengumpulan datanya.
Hasil dari penelitian ini yaitu organisasi Kementerian Luar Negeri berada di range yang dapat dimungkinkan untuk mengadopsi teknologi cloud. Sedangkan hasil penelitian untuk tipe deployment yang paling sesuai di Kementerian Luar Negeri adalah tipe deployment private cloud.

ABSTRACT
The use of information technology in an organization is an important tool to achieve the business goals of the organization. One of the technology that can be used for that purpose is cloud computing which enable some services could comfortably accessed anywhere. Cloud computing also enabling access to the shared network in some computing resource that have been configured.
The purpose of this research are to identify the suitability of cloud computing adoption by using Misra Mondal model and to select the most suitable cloud deployment type by using AHP (Analytic Hierarchy Process) and the specified criteria by using BCOR (Benefit, Cost, Opportunity, Risk) Analysis. On this research, the data collection method are interviews, questionnaires, and also study the literature.
The results from this research is that Ministry of Foreign Affairs on the range which cloud computing technology could be possible to adopt. While the other results of this research in the Ministry of Foreign Affairs for the most appropriate type of cloud deployment type is private cloud type."
Jakarta: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2014
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
"Bank Perkreditan Rakyat (BPR) sebagai salah satu pemain terbesar dalam bisnis keuangan mikro di Indonesia telah meningkatkan penggunaan Sistem Informasi/Teknologi Informasi (SI/TI) untuk mendukung bisnis mereka. Namun, hanya sedikit dari mereka yang menyadari isu-isu seputar investasi TI. Ada kekhawatiran tentang tidak tersedianya sumber daya yang cukup untuk membeli, memelihara, dan mengamankan SI/TI mereka sendiri. Di sisi lain, investasi yang besar diperlukan dan akhirnya menjadi momok bagi BPR yang paling menerapkan SI/TI untuk mendukung pengembangan bisnis mereka. Penelitian ini menganalisis nilai ekonomi dari penerapan komputasi awan di BPR. Analisis dilakukan, pertama dengan mengidentifikasi dan mengukur relevansi manfaat SI/TI menggunakan Ranti?s IS/IT Generic Business Values dan kedua dengan menempatkan nilai-nilai yang diukur atau manfaat pada metode Economic Value Added (EVA), untuk melakukan analisis keuangan. Komputasi awan mampu memberikan solusi bagi masalah yang dihadapi oleh BPR seperti dapat dilihat dari nilai EVA positif. Oleh karena itu, komputasi awan merupakan pendekatan yang berharga bagi BPR untuk bergerak maju. Resiko investasi SI/TI dapat ditransfer ke penyedia komputasi awan, dengan kata lain, tidak ada waktu untuk berpikir tentang teknologi usang sebelum Return of Investment (ROI) tercapai.

Abstract
Bank Perkreditan Rakyat (BPR) as one of the biggest players in Indonesia?s microfinance business has increased their use of Information Systems/Information Technology (IS/IT) to support their business. However, only few of them are aware of issues around IT investment. There are concerns about the unavailability of sufficient resource to purchase, maintain, and secure their own IS/IT. On the other hand, a large investment is needed and it eventually becomes the scourge for most rural banks to apply IS/IT to support their business development. This research analyzes the economic value of implementing cloud computing in BPR. Analysis is done, firstly by identifying and quantifying the relevant IS/IT benefits using Ranti?s IS/IT Generic Business Values and, secondly by putting the quantified values or benefits into Economic Value Added (EVA) method to do the financial analysis. Cloud computing is able to provide solutions for problems faced by BPR as can be seen from the positive EVA value. Hence, the cloud computing is a valuable approach for BPR to move forward. IS/IT investment risk can be transferred to cloud computing providers, in other words, there is no time to think about outdated technology before Return of Investment (ROI) is achieved."
[Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia], 2011
pdf
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Ansar Fitria
"Cloud computing adalah teknologi baru hasil pengembangan dari sistem berbasis Internet dengan sumber daya komputasi dalam skala besar yang disediakan melalui Internet untuk pengguna. Aplikasi multimedia pada cloud membutuhkan Quality of Service (QoS) seperti bandwidth, delay, dan lain-lain. Penyediaan QoS merupakan tantangan pada multimedia cloud computing.
Penelitian ini mengusulkan sistem QoS MEC, sebuah sistem QoS cloud computing dengan kombinasi teknologi Hadoop dan metode Load Balancing berbasis Eucalyptus untuk aplikasi multimedia. Hadoop merupakan platform yang bersifat open source digunakan untuk data berukuran besar yang diproses secara terdistribusi dan paralel. Load balancing merupakan metode untuk membagi beban kerja server.
Hasil pengujian menunjukkan bahwa terjadi percepatan response time dan peningkatan throughput, terbesar terjadi pada saat jumlah koneksi per detik 5000. Persentase percepatan response time video ukuran 58,4 MB, adalah 20,42 %; video ukuran 137 MB, adalah 21,36%; video ukuran 249 MB, adalah 21,51%. Persentase peningkatan throughput video ukuran 58,4 MB, adalah 12,52%; video ukuran 137 MB, adalah 13,39%; video ukuran 249 MB, adalah 14,09%.

Cloud computing is a new technology development results of Internet-based systems with computing resources on a large scale are provided via the Internet to the user. Multimedia application in the cloud requires Quality of Service (QoS) such as bandwidth, delay, and others. Provision of QoS is a challenge on a multimedia cloud computing.
This research proposed a QoS MEC system, a QoS cloud computing system with technology combination of Hadoop and Load Balancing method based Eucalyptus for multimedia applications. Hadoop is an open source platform which is used for large data that is distributed and processed in parallel. Load balancing is a method to divide the workload of the server.
The test results show that there is accelerated response time and increased throughput and largest occurred when the number of simultaneous access is 5000. Percentage of acceleration response time for video size of 58.4 MB is 20.42%; video size of 137 MB is 21,36%; and video size of 249 MB is 21,51%. The increased percentage of throughput for video size of 58.4 MB is 12,52%; video size of 137 MB is 13,39%; and video size of 249 MB is 14,09%.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2013
T35100
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Herdaya Adiyasa
"Minat cloud computing semakin meningkat seiring meningkatnya popularitas teknologi internet. Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi faktor yang memengaruhi organisasi dalam mengadopsi layanan cloud computing. Secara perspektif akademik, penelitian ini dilakukan untuk melanjutkan penelitian adopsi cloud computing di Indonesia. Bersamaan dengan itu, penelitian ini juga diusulkan untuk membantu PT Mastersystem Infotama MSI mengidentifikasi faktor yang memengaruhi adopsi layanan cloud computing oleh pelanggannya. Penggunaan kerangka kerja technology-organization-environment TOE diusulkan sebagai dasar model penelitian. Hipotesis-hipotesis diusulkan sesuai dengan konteks yang ada pada TOE. Responden adalah perusahaan yang merupakan pelanggan dari MSI. Dari data 179 responden, hasil uji menggunakan PLS menunjukkan bahwa dukungan manajemen puncak adalah pendorong utama. Kompleksitas teknologi adalah satu-satunya penghambat. Kemudian faktor lain seperti faktor keuntungan relatif, faktor keselarasan rencana adopsi dengan rencana bisnis, dan faktor tekanan kompetitif juga terbukti mendorong adopsi layanan cloud computing.

Interest in cloud computing is increasing as the popularity of internet technology increases. This study aims to investigate the factors that affect the organization in adopting cloud computing services. From an academic perspective, this research is conducted to continue the cloud computing adoption research in Indonesia. At the same time, the study is also proposed to help PT Mastersystem Infotama MSI identify factors that influence the adoption of cloud computing services by its customers. The use of technology organization environment TOE framework is proposed as the basis for the research model. The hypotheses are proposed according to the context of the TOE. Respondents are companies that are customers of MSI. From the data of 179 respondents, test results using PLS indicate that top management support is the main driver. The complexity of technology is the only obstacle. Then other factors such as relative advantages, alignment of adoption plans with business plans, and competitive pressure factors also proved to encourage the adoption of cloud computing services."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2018
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Yudhi Kusnanto
"Cloud computing adalah sebuah paradigma komputasi yang berkembang dari teknologi yang ada, seperti grid computing, virtualisasi dan Internet. Cloud computing memberi ilusi sumberdaya komputasi yang tak terhingga, yang dapat diakses dari mana saja, kapan saja. Meskipun cloud computing berpotensi memberikan manfaat yang besar, namun masalah keamananya masih menjadi pertanyaan, yang mana menghambat adopsinya. Persoalan keamanan pada cloud computing menjadi semakin rumit karena karakteristik cloud computing yang khas seperti kelenturan alokasi sumberdaya, dan pengguna yang jamak.
Jaringan cloud berbasis platform Eucalyptus banyak diterapkan pada fasilitas cloud privat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui potensi hambatan atas pelayanan jaringan cloud akibat serangan yang terarah (targeted attack), pada sistem jaringan cloud berbasis platform Eucalyptus. Pengujian menunjukan adanya peningkatan waktu respon hingga 2863,22% akibat serangan terarah terhadap layanan web administrasi.
Penerapan pembatasan dan kendali laju data (rate control, rate limit) pada penelitian ini merupakan solusi untuk mengurangi dampak serangan terarah. Dengan langkah mitigasi ini peningkatan beban dapat dikendalikan sehingga tidak memengaruhi pelayanan. Pengujian kerentanan menunjukan layanan jaringan cloud berbasis platform Eucalyptus tidak memiliki ancaman kerentanan yang berpotensi menjadi serangan keamanan.

Cloud computing is a computing paradigm that evolve from existing technology, such as grid computing, virtualization and the Internet. Cloud computing provides an illusion of unlimited computing resources, which can be accessed from anywhere, anytime. Despite the potential gains achieved from the cloud computing, the model security is still questionable which hindered adoption. The security problem becomes more complicated under the cloud model as new dimensions have entered into the problem scope related to the model architecture, multi-tenancy, elasticity, and layers dependency stack.
Eucalyptus based cloud network service widely deployed as private cloud infrastructure. Experiment on this paper focused on finding potential denial-ofservice (DoS) and the impact on ability to provide services during attack. We observe an increase on response time up to 2863,22% during targeted attack to the web-based management service.
Mitigation effort by implementing rate control and rate limit on cloud controller help on reducing average system load to an acceptable level, which prevents disruption of the service. Vulnerability testing in this research shows that Eucalyptus web-based management does not have exploitable security hole.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2013
T34855
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Laili Gita
"Data kehadiran adalah data yang penting baik di lingkup sekolah, universitas, maupun perkantoran untuk karyawan. Presensi yang berupa tandatangan dapat dipalsukan oleh siapa saja dan kapan saja. Sehingga dibutuhkan sebuah perangkat yang dapat mempermudah proses absensi sekaligus mendeteksi keterlambatan siswa/pegawai sebelum memasuki ruangan. Skripsi ini mengembangkan Smart Presence System berbasis Face Recognition dengan machine learning yang dirancang dengan komputasi pada awan (Cloud Computing) dan komputasi pada sebuah node/titik (Fog Computing). Skripsi ini melakukan perbandingan performa Smart Presence System yang dibangun dengan Cloud Computing menggunakan layanan AWS Face Rekognition dan Fog Computing yang ditulis menggunakan bahasa Python dengan library OpenCV yang menggunakan perangkat Raspberry Pi sebagai titik komputasi. Penulis telah melakukan pengujian perbandingan waktu komputasi, penggunaan memori, serta penggunaan biaya antara Cloud Computing dan Fog Computing. Pengujian waktu komputasi dilakukan dengan menggeser router/titik uji sejauh 3 meter, 5 meter dan 7 meter dari sensor kamera. Pengujian waktu komputasi pada Cloud Computing didpat sebesar 11.02 detik, 2.99 detik dan 3.02 detik dengan total penggunaan memori sebesar 0.0042 MB dan total biaya yang diperlukan untuk membangun rancangan Cloud Computing sebesar Rp2.819.516 dalam penggunaan 12 bulan. Dan rata-rata waktu untuk komputasi pada fog sebesar 0.723 detik, 0.99 detik, 1.94 detik dengan total penggunaan memori sebesar 540MB dan total biaya untuk membangun rancangan ini sebesar Rp2.220.00 dalam penggunaan 12 bulan.

Attendance document is an important thing in schools, universities, and offices for employees. Attendance is usually done by giving a signature on a piece of paper, and it can be forged by anyone. In school, attendance is usually done manually by the teacher and it takes time. So we need a device that can simplify the attendance process and can not be forged. This thesis has developed a Smart Presence System with machine learing designed with Cloud Computing and Fog Computing. This Thesis compared the performance of The Smart Presence System that built with Cloud Computing using AWS Rekognition and Fog Computing that built in Raspberry pi and written in python and library Opencv. The author has tested the comparison of Cloud Computing and Fog Computing in Computing Time, Memory usage and Cost. Computing time testing is done by shifting the router/test point as far as 3 meters, 5 meters, and 7 meters. The computing time on Cloud Computing were 11.02s, 2.99s, and 3.02s with total memory usage of 0.0042MB and the total cost is Rp.2.819.516 in 12 months of use. And The computing time on Fog Computing were o.72s, 0.99s, and 1.94s with the total memory usage of 540MB and the total cost to build this architecture is Rp2.220.000 in 12 months of use.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>