Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 59730 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Safhira Fadya Tsamara
"Sebuah teks tidak dapat muncul dengan sendirinya atau secara mandiri dan selalu terpengaruh dengan karya-karya yang telah ada sebelumnya. Pengaruh tersebut terbagi menjadi dua jenis, yaitu pengaruh secara eksplisit dan implisit. Chil Wol Chil Il merupakan lagu milik grup musik wanita Red Velvet yang menggambarkan rasa sedih akan perpisahan yang dilalui oleh sepasang kekasih. Kemudian, Gyeonu wa Jingnyeo merupakan cerita rakyat Korea yang mengisahkan tentang sepasang kekasih, Gyeonu dan Jingnyeo yang dipisahkan secara paksa oleh kaisar langit akibat kelalaian mereka. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis adanya intertekstualisme pada kedua teks tersebut. Penulis menggunakan metode deskriptif kualitatif dan pendekatan intertekstualitas Julia Kristeva. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya intertekstualitas yang ditunjukkan pada alur dari kedua teks. Berdasarkan struktur umum alur yang dikemukakan oleh Sudjiman, intertekstualitas tersebut berada pada bagian tengah dari teks yang terdiri dari tikaian (conflict) yaitu ketika Gyeonu dan Jingnyeo dipisahkan secara paksa dan rumitan (complication) yaitu pada saat Gyeonu dan Jingnyeo terhalang oleh tebing raksasa. Kemudian pada bagian akhir teks yang terdiri dari leraian (falling action) yaitu ketika sekelompok burung magpie membantu Gyeonu dan Jingnyeo dan selesaian (denouement) yaitu pada saat Gyeonu dan Jingnyeo dapat bertemu setiap tahunnya dengan bantuan sekelompok burung magpie.

A text can not exist by itself instead will always be influenced by already existing texts. The influence is divided into two types, explicit and implicit influence. Chil Wol Chil Il is a song by Red Velvet that tells the story about a sad separation of a pair of lovers. Meanwhile Gyeonu wa Jingnyeo is a Korean folktale that tells the story about a pair of lovers named Gyeon-u and Jing-nyeo who are separated by the sky emperor due to their negligence of their responsibilities. The purpose of this research is to analyze the intertextuality within both texts. This research uses descriptive qualitative methods and Julia Kristeva’s concept of intertextuality to analyze both texts. The results of this research indicates the intertextuality correlation between both texts located on the plot of both texts. Based on common structure of plot by Panuti Sudjiman, intertextuality of both texts are located in the middle of the texts that consists conflict which is when Gyeonu and Jingnyeo were both separated by force and complication, which shows when Gyeonu and Jingnyeo were being hindered by a massive cliff. Then at the end of the texts consist of falling action, which is when a flock of magpie birds are helping both Gyeonu and Jingnyeo to cross the giant cliff and denouement, which is when Gyeonu and Jingnyeo can finally meet on the same day each year with the help of the magpie birds.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2023
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Choi, Nae-ok
Seoul, Korea: (Ju) Chang Jak gwa Bi pyong sa, 2001
KOR 398.21 CHO b (1)
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Ayuningdyah Dewanti
"[ABSTRAK
Jurnal ini membahas tentang pesan yang terdapat dalam salah satu cerita rakyat Korea yang berjudul Heungbu
wa Nolbu. Cerita ini merupakan cerita rakyat yang populer di kalangan anak-anak dari sekian banyak cerita
rakyat yang terdapat di Korea. Heungbu wa Nolbu menceritakan tentang kehidupan kakak beradik dengan sifat
yang bertolak belakang. Sifat inilah yang akan mengajarkan kepada para pembaca mengenai kebaikan dan
keburukan yang terjadi dalam kehidupan, baik tentang perilaku maupun dampak dari perilaku tersebut. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui pesan yang terkandung dalam cerita Heungbu wa Nolbu dan menjadikan
cerita ini sebagai pelajaran dalam kehidupan sehari-hari. Dalam melakukan penelitian, penulis menggunakan
metode deskriptif kualitatif dan close reading untuk menganalisis serta menjelaskan hal-hal yang terkait dengan
penelitian ini. Penelitian dimulai dengan pencarian teks cerita Heungbu wa Nolbu dalam bahasa Korea dan
sumber-sumber lain yang terkait dengan cerita Heungbu wa Nolbu, kemudian seluruh sumber dibaca, dipahami,
dianalisis dan diinterpretasikan. Melalui langkah tersebut, penulis menemukan kesimpulan bahwa cerita rakyat
Korea Heungbu wa Nolbu ini memiliki pesan utama agar kita harus peduli sesama makhluk hidup yang ada di
lingkungan sekitar kita. Selain itu juga, sesama saudara harus saling mengasihi dan tidak boleh acuh satu sama
lain.ABSTRACT This journal discusses the messages contained in a Korean folklore entitled Heungbu wa Nolbu. This story is a
folklore that are popular among children of many folklore in Korea. Heungbu wa Nolbu tells about the life of
brothers with opposite character. This kind of character that will teach readers about the good and bad that
happens in life, both on the behavior and the impact of such behavior. The purpose of this study was to
determine the message contained in the story Heungbu wa Nolbu and make this story as a lesson in daily life. In
conducting the research, the writer used descriptive qualitative and close reading to analyze and explain matters
related to this research. The study begins with the story text search Heungbu wa Nolbu in Korean and other
sources related to the story Heungbu wa Nolbu, then the entire source read, understood, analyzed and interpreted.
Through these steps, the authors found the conclusion that the Korean folklore, Heungbu wa Nolbu has main
message that we should care about our fellow human beings in the environment around us. In addition, a brother
has to love one another and should not be indifferent to each other.;This journal discusses the messages contained in a Korean folklore entitled Heungbu wa Nolbu. This story is a
folklore that are popular among children of many folklore in Korea. Heungbu wa Nolbu tells about the life of
brothers with opposite character. This kind of character that will teach readers about the good and bad that
happens in life, both on the behavior and the impact of such behavior. The purpose of this study was to
determine the message contained in the story Heungbu wa Nolbu and make this story as a lesson in daily life. In
conducting the research, the writer used descriptive qualitative and close reading to analyze and explain matters
related to this research. The study begins with the story text search Heungbu wa Nolbu in Korean and other
sources related to the story Heungbu wa Nolbu, then the entire source read, understood, analyzed and interpreted.
Through these steps, the authors found the conclusion that the Korean folklore, Heungbu wa Nolbu has main
message that we should care about our fellow human beings in the environment around us. In addition, a brother
has to love one another and should not be indifferent to each other., This journal discusses the messages contained in a Korean folklore entitled Heungbu wa Nolbu. This story is a
folklore that are popular among children of many folklore in Korea. Heungbu wa Nolbu tells about the life of
brothers with opposite character. This kind of character that will teach readers about the good and bad that
happens in life, both on the behavior and the impact of such behavior. The purpose of this study was to
determine the message contained in the story Heungbu wa Nolbu and make this story as a lesson in daily life. In
conducting the research, the writer used descriptive qualitative and close reading to analyze and explain matters
related to this research. The study begins with the story text search Heungbu wa Nolbu in Korean and other
sources related to the story Heungbu wa Nolbu, then the entire source read, understood, analyzed and interpreted.
Through these steps, the authors found the conclusion that the Korean folklore, Heungbu wa Nolbu has main
message that we should care about our fellow human beings in the environment around us. In addition, a brother
has to love one another and should not be indifferent to each other.]"
Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2015
MK-PDF
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Korea: Seoul: Maekyung Chul Pan, 2006
R KOR 403.303 MAE n
Buku Referensi  Universitas Indonesia Library
cover
Korea: Seoul Donga il bo sa, 2006
R KOR 495.73 DON e
Buku Referensi  Universitas Indonesia Library
cover
Isabel Rehmalemna
"Dalam memasarkan produk atau jasa dikenal konsep merk atau brand. Kegunaannya untuk mengidentifikasi sekaligus membedakan produk atau jasa yang dipasarkan dengan produk atau jasa sejenis. Merk atau brand juga berfungsi membangun hubungan produk atau jasa dengan konsumennya. Hubungan tersebut tercermin dalam identitas merk, yaitu gabungan berbagai komponen merk yang ingin dipresentasikan perusahaan kepada publik, baik yang terlihat maupun tak terlihat. Artikel ini ingin melihat bagaimana Azarine, sebuah brand kecantikan lokal, membangun dalam kolaborasinya dengan Red Velvet yang memindahkan konsep “Red” mereka dengan mengacu pada Meaning Transfer Model (MTM) oleh McCracken (1989). Teori ini menganalisis bagaimana makna yang dimiliki selebriti dipindahkan kepada merk yang direpresentasikan selebriti tersebut. Metode yang digunakan dalam penulisan ini adalah studi literatur dan analisis materi promosi Azarine. Hasilnya, tiga dimensi makna personality, physical appearance, dan performance dalam konsep “Red” oleh Red Velvet yang cantik alami, cerah, dan ceria dicerminkan dan direpresentasikan dalam identitas merk Azarine melalui presentasi produk kolaborasinya dan keseluruhan materi promosinya.

In marketing products or services, there is a term named brand as a means to identify a product or service as well as distinguishing it from similar product or service in the market. Additionally, a brand serves to establish a relationship between the product or service and its consumers. This relationship is reflected in the brand identity, a term that comprises both tangible and intangible components that a company aims to present to the public. This article aims to see how Azarine, a local beauty brand, constructs its brand identity in collaboration with Red Velvet, specifically by adopting the "Red" concept, basing it on McCracken's Meaning Transfer Model (MTM) (1989). This theory analyzes how the meanings associated with a celebrity are transferred to the brand represented by that celebrity. The methods employed in this writing include literature review and analysis of Azarine's promotional materials. The findings reveal that the three dimensions of meanings which consisted of personality, physical appearance, and performance inherent in Red Velvet's "Red" concept— characterized by natural beauty, brightness, and cheerfulness—are reflected and represented in Azarine's brand identity through the presentation of collaborative products and overall promotional materials.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2020
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Bunga Astya Syafitri
"Skripsi ini membahas tentang romantisisme dalam tujuh buah puisi yang ditulis oleh Kim So-wol. Ketujuh puisi tersebut adalah Geumjandi, Huimang, Bugwi-gongmyeong, Yejeon-e Micheo Mollasseoyo, Azalea, dan Samsoo Kapsan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik dan kecenderungan tema romantik yang terdapat dalam karya-karya tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan dilakukan dengan metode deskriptif-analisis. Kesimpulan akhir dari skripsi ini adalah puisi-puisi Kim So-wol memiliki karakteristik romantik yang kuat, dengan sikap berlebih-lebihan yang menjadi karakteristik utama, serta tema melankoli romantik dan sentimentalisme sebagai tema yang dominan dipakai.

This undergraduate thesis analyzes the existence of romanticism of seven poems written by Kim So-wol. Those poems are exactly Geumjandi, Huimang, Bugwi-gongmyeong, Yejeon-e Micheo Mollasseoyo, Yet-iyagi, Jindallae-kkot, and Samsoo Kapsan. The purpose is to find romantic characterictic and preference of themes which are reflected of them. This research is a qualitative research with descriptive-analitic method. Nine of romantic characteristic and four romantic themes are obtained on this research. This analysis has come up with a conclusion that Kim So-wol poems are strong with romantic characteristics, especially hyperbole, and aim to the tendency of using romantic melancholy and sentimentalism theme as favorite.;"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2016
S64760
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Venty Rosalin Handayani
"Makalah ini menganalisis representasi warna merah red di dalam lagu Taylor Swift yang berjudul Red. Tujuan dari analisis ini adalah mencari tahu ragam emosi yang ditunjukkan oleh warna merah di dalam lagu melalui penggunaan metafor dan simbolisasi tertentu di dalam lirik lagu dalam mengekspresikan emosi penyanyi dan bagaimana hal ini mendukung makna dari lagu Red sendiri secara keseluruhan. Di dalam Red Swift secara konsisten menggunakan beberapa perbandingan untuk merepresentasikan dan mengekspresikan perasaannya sebagai tokoh wanita di dalam lagu.
Analisis ini berdasarkan pada teori semiotik guna menganalisis penggunaan simbol atau tanda tertentu yang ditemukan di dalam lagu dan semantik dalam menganalisis makna di balik lirik-lirik lagu dengan mengacu kepada hubungan antar kata untuk melihat representasi warna merah di dalam lagu secara utuh
Hasil dari analisis ini menunjukkan bahwa warna merah merepresentasikan emosi seperti penyesalan hasrat dan cinta yang dirasakan penyanyi terhadap tokoh pria di dalam lagu Warna merah sendiri merepresentasikan tidak hanya perasaan cinta seperti ditunjukkan dalam 'loving him was red' tetapi juga emosi yang membara atau penuh dengan hasrat serta cinta yang kuat seperti dalam liriknya 'burning red'. Warna merah sendiri juga digambarkan sevagai hasrat seksual seperti diimplikasikan dalam 'touching him'. Faktanya warna merah sendiri seringkali dipandang sebagai warna yang merepresentasikan seksualitas dan sensitivitas.

This essay analyses the representation of the colour red in Taylor Swift's song, Red. The aim of this essay is to find out what kinds of emotion red, as colour, represents in the song through the use of metaphor and certain symbolization in the song in expressing the emotion of the singer and in supporting what Red, the title of the song, means. In Red, Swift continuously uses some comparisons to represent and to express her feelings as the woman character in the song.
This analysis is based on the theory of semiotics in analysing the use of certain symbols or signs found in the song and semantics in analysing the meaning behind the lyrics by referring to the connection between words to see the representation of red in the song as a whole.
The result of this analysis shows that red represents such emotions like regret, desire, and love that the singer feels towards the man. Red represents not only love as described in 'loving him was red', but also the burning or passionate and intense love emotion as in 'burning red'. Red is also interpreted as a sexual desire as implied in 'touching him'. In fact, red is often viewed as a colour that represents sexuality and sensitivity.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2014
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Nur Rahmah Az Zahra
"Penelitian ini mengkaji perbandingan penokohan dan tema dalam cerita rakyat Namukkunkwa Seonyeo dari Korea dengan cerita rakyat Jaka Tarub dari Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah metode close reading dengan analisis penokohan dan tema dalam cerita rakyat dilihat dari pengaruh kebudayaan masyrakat tempat kedua cerita rakyat berasal. Hasil dari penelitian ini adalah perbedaan penokohan dalam kedua cerita rakyat dipengaruhi oleh nilai dan kebudayaan pada masyarakat sumber cerita rakyat berasal, sedangkan persamaan yang ada dalam kedua dongeng dipengaruhi oleh struktur geografis tempat kedua cerita rakyat berasal yang cenderung mirip sehingga menimbulkan beberapa persamaan nilai kebudayaan dalam masyarakat tempat cerita rakyat berasal.

This research is focused on comparing the characters and themes between Korean folklore Namukkunkwa Seonyeo with Indonesian folklore Jaka Tarub. The method that used in this thesis is close reading method with analysist about the characters and themes of folklores judging from culture of people in folklores origin place. The result of the study is the difference between this two folklore affected by the value and culture of people in the origin place where this two folklores came, whilst the equation between this two folklore affected by the similarity in geographic where the origin places of this two folklore so as some of the culture between the origin places have similarity."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2014
S57558
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ade Triana Lolitasari
"Perkembangan teknologi digital di Korea Selatan secara tidak langsung mempengaruhi kesusastraan mereka. Salah satu contohnya adalah digitalisasi karya sastra, khususnya cerita rakyat. Perubahan media cerita tentunya menyebabkan perubahan isi maupun cara penyampaian. Penelitian ?DIGITALISASI CERITA RAKYAT KOREA KONGJWI dan PATJWI: SEBUAH PERBANDINGAN? bertujuan untuk menjelaskan digitalisasi cerita rakyat di Korea yang menyebabkan cerita tidak lagi disampaikan hanya melalui bentuk teks melainkan telah mengalami penambahan efek suara, gerak, dan penyederhanaan cerita dalam bentuk digital. Bentuk digital ini dipublikasikan dan dapat diakses secara bebas. Pemaduan dari berbagai media dalam cerita digital membuat cerita tersajikan dengan lebih baik dan memberikan kesan lebih kepada penonton.

The advancement of digital technology in South Korea indirectly has affected Korean Literature. One of the examples is digitalization of Korean folklore. The digitalization give effects to the folklore itself and creates a new way in storytelling by using digital medias. A research about ?Digitalization Korean Folklore Kongjwi and Patjwi: A Comparison" has a purpose to explain the whole things about the folklore itself. The Digitalization of Korean folklore made the story of it to be no longer only be submitted through a text but has experienced the addition of sound effects, motion, and simplification of the story which is then presented in digital form. This digital form has been published and can be freely accessed by anyone. The proper integration of various medias in the digitalized story makes the story more interactive and gives more impression to the audience.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2014
S56731
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>