Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 124471 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Muhamad Deni
"Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara dukungan sosial melalui media sosial terhadap tingkat well-being mahasiswa di Universitas Indonesia. Studi-studi terdahulu sebagian besar menemukan bahwa kepribadian mahasiswa, peran institusi pendidikan, dan dukungan sosial memiliki asosiasi terhadap tingkat well-being pada mahasiswa. Namun pembahasan tentang dukungan sosial mayoritas masih terbatas pada saluran offline saja, belum mencakup pada saluran Online. Oleh karena itu, Peneliti memiliki argumen bahwa dukungan sosial yang diterima oleh mahasiswa melalui saluran media sosial memiliki hubungan dengan well-being mahasiswa. Studi ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui survei secara online pada sampel sebanyak 325 responden yang berasal dari populasi yaitu Mahasiswa tingkat akhir Universitas Indonesia yang dipilih menggunakan teknik penarikan sampel probability sampling dengan teknik multistage stratified random sampling. Studi ini juga melakukan wawancara mendalam untuk memperoleh data pendukung. Hasil penelitian menemukan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara tingkat dukungan sosial melalui media sosial dengan tingkat well-being mahasiswa Universitas Indonesia. Dukungan sosial melalui media sosial berupa dukungan emosional, social companionship, informasional, dan instrumental memiliki hubungan yang signifikan serta berkorelasi positif terhadap well-being mahasiswa Universitas Indonesia. Artinya semakin tinggi tingkat dukungan sosial melalui media sosial yang diterima, maka semakin tinggi juga tingkat well-being mahasiswa Universitas Indonesia. Temuan peneliti juga menunjukkan bahwa teman kuliah memiliki peran paling signifikan dalam memberi dukungan sosial melalui media sosial khususnya dalam dukungan emosional, social companionship, dan informasional. Sementara orang tua memiliki peran penting dalam dukungan intstrumental. Selain itu, saluran dukungan sosial juga tidak hanya melalui media sosial melainkan terdapat juga platform video conference seperti Zoom dan Google Meet juga sering digunakan

This study aims to examine the relationship between social support through social media on the level of well-being of students at the University of Indonesia. Most previous studies have found that student personality, the role of educational institutions, and social support have associations with the level of well-being in students. However, discussions about social support for the majority are still limited to offline channels, not including online channels. Therefore, the researcher has an argument that the social support received by students through social media channels has a relationship with student well-being. This study uses a quantitative research method with data collection techniques through online surveys on a sample of 325 respondents from the population, namely final year students at the University of Indonesia who were selected using a probability sampling technique with a multistage stratified random sampling technique. This study also conducted in-depth interviews to obtain supporting data. The results of the study found that there was a significant relationship between the level of social support through social media and the level of well-being of University of Indonesia students. Social support through social media in the form of emotional support, social companionship, informational, and instrumental has a significant relationship and is positively correlated to the well-being of University of Indonesia students. This means that the higher the level of social support received through social media, the higher the level of well-being of University of Indonesia students. The research findings also show that college friends have the most significant role in providing social support through social media, especially in emotional support, social companionship, and informational. While parents have an important role in instrumental support. In addition, social support channels are also not only through social media but there are also video conferencing platforms such as Zoom and Google Meet which are also often used."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Endang Widiastuti
"Skripsi ini membahas mengenai gambaran subjective well-being ibu tunggal selama COVID-19. Gambaran mengenai subjective well-being ibu tunggal akan dipaparkan yang terbagi menjadi dua kurun waktu yang berbeda yaitu subjective well-being ibu tunggal selama Pandemi COVID-19 dan subjective well-being selama periode kehidupannya sebagai seorang ibu tunggal. Gambaran subjective well-being ibu tunggal akan ditinjau dari dua dimensi, yaitu dimensi afektif yang terdiri dari afek positif dan afek negatif serta dimensi kognitif yang ditinjau dari kepuasan hidup yang dimilikinya. Selain itu juga akan dibahas mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi subjective well-being ibu tunggal. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data yaitu wawancara mendalam dan studi literatur. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif sehingga akan menggambarkan situasi dan karakteristik subjective-wellbeing ibu tunggal. Sedangkan teknik pemilihan informan yang digunakan pada penelitian menggunakan teknik purposive sampling dimana pemilihan setiap informan bukan dilakukan secara acak namun sesuai dengan setting dalam penelitian ini yaitu melibatkan 4 orang informan yang ada di kota Tangerang Selatan.

This study discusses the description of subjective well-being and single mother family resilience both before the Pandemic and during the COVID-19 Pandemic. The description of single mothers will be discussed through the roles as working mothers and as housewives, as well as the personalities of single mothers. Subjective well-being in single mothers will be viewed from the affective dimension consisting of positive and negative affect as well as cognitive dimensions. Furthermore, it will also discuss the resilience of single mother families seen from 5 dimensions, namely dimensions of legality and family integrity, dimensions of physical resilience, dimensions of economic resilience, dimensions of social psychological resilience, and dimensions of socio-cultural resilience. This research is a type of qualitative research that uses data collection techniques, namely in-depth interviews and literature studies. The type of research used descriptive research so that it will describe the situation and characteristics of the informants. Meanwhile, the informant selection technique used in the study used purposive sampling technique in which the selection of each informant was not carried out randomly but according to the setting in this study involving 4 informants in the city of South Tangerang"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2021
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Anggis Laras Damayanti
"ABSTRAK
Anak-anak di Indonesia cenderung memiliki tingkat kesejahteraan obyektif yang rendah, tetapi kesejahteraan subyektif yang menarik dari anak-anak Indonesia cukup tinggi. Sejumlah penelitian sebelumnya menemukan bahwa struktur sosial ekonomi dan keluarga sebagai faktor yang berkontribusi pada tingkat kesejahteraan subjektif anak-anak yang tinggi. Untuk memperkaya studi sebelumnya, peneliti menggunakan faktor lain untuk menjelaskan tingginya tingkat kesejahteraan subjektif anak-anak, yaitu dukungan sosial dari orang tua, guru, dan teman. Dalam penelitian ini, jenis kelamin dan tingkat sekolah digunakan sebagai variabel kontrol dalam melihat hubungan antara dukungan sosial dan kesejahteraan subjektif anak-anak. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan survei terhadap 340 anak-anak dari SMP Negeri 2 dan SMA Negeri 3 Depok yang dipilih melalui multistage stratified random sampling. Hasilnya menunjukkan bahwa anak-anak memiliki tingkat kesejahteraan subjektif dan dukungan sosial yang tinggi. Dukungan sosial dari orang tua, guru, dan teman berkorelasi positif dengan kesejahteraan subjektif anak-anak. Selanjutnya, hasil menunjukkan bahwa jenis kelamin mempengaruhi hubungan antara dukungan sosial dan kesejahteraan subyektif anak-anak dengan model elaborasi dari pola spesifikasi, sedangkan tingkat sekolah mempengaruhi hubungan antara dua variabel dengan model elaborasi dari pola penjelasan.

ABSTRACT
Children in Indonesia tend to have low levels of objective well-being, but attractive subjective well-being of Indonesian children is quite high. A number of previous studies have found that socioeconomic and family structures are factors that contribute to the high level of subjective well-being of children. To enrich previous studies, researchers used other factors to explain the high level of subjective well-being of children, namely social support from parents, teachers, and friends. In this study, gender and school level were used as control variables in seeing the relationship between social support and children's subjective well-being. This research was conducted using a survey of 340 children from SMP Negeri 2 and SMA Negeri 3 Depok selected through multistage stratified random sampling. The results show that children have a high level of subjective well-being and social support. Social support from parents, teachers and friends is positively correlated with children's subjective well-being. Furthermore, the results show that gender influences the relationship between social support and subjective well-being of children with the elaboration model of the specification pattern, while the school level influences the relationship between the two variables with the elaboration model of the explanation pattern."
2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhamad Ikhsan
"ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan tingkat dukungan sosial terhadap tingkat well-being pekerja di bidang industri kreatif digital. Penelitian sebelumnya cenderung melihat faktor individual dan organisasional sebagai faktor yang berkontribusi terhadap tingkat well-being pekerja. Dalam rangka memperkaya studi-studi sebelumnya, penelitian ini berusaha menjelaskan well-being pekerja melalui dukungan sosial yang dimiliki pekerja, khususnya keluarga, atasan dan rekan kerja. Dukungan sosial diyakini dapat memberikan sumberdaya yang dapat membentuk dan meningkatkan fungsi dalam bekerja, sehingga semakin tinggi dukungan sosial yang diterima maka semakin tinggi well-being yang dirasakan oleh pekerja dan sebaliknya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data diperoleh melalui survei kepada 130 pekerja kreatif digital di Jakarta. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pekerja kreatif digital memiliki tingkat well-being dan dukungan sosial yang cenderung rendah. Dukungan sosial yang bersumber dari keluarga, atasan dan rekan kerja terbukti berhubungan dengan tingkat well-being pekerja. Selain itu, didapatkan hasil dukungan sosial yang bersumber dari atasan dengan bentuk dukungan appraisal sebagai variabel yang paling berhubungan dengan well-being pekerja di bidang industri kreatif digital.

ABSTRACT
This study explains the effect of social support level to creative digital worker well-being. Previous studies found that individual internal and organizational as factors that contribute to level of worker well-being. To enrich previous studies, This study seeks to explain worker well-being through social supports, especially from family, supervisor and co-workers. Social support is believed to provide resources that can form and improve functionality in work, so the higher the social support is received then the higher the well-being perceived by workers and vice versa. This study uses quantitative approaches with data collection techniques obtained through surveys to 130 creative digital worker in Jakarta. The results show that creative digital worker have a low level of well-being and social support. Social support from family, supervisor and co-workers is positively correlated with workers well-being. This research also found that social support from supervisor and appraisal support as the most associated variabel with worker well-being."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dio Anggara
"ABSTRACT
Penelitian ini menjelaskan pengaruh tingkat dukungan sosial terhadap tingkat well-being mahasiswa migran penerima program Afirmasi Pendidikan ADik Papua dan Daerah 3T terdepan, terluar, dan tertinggal di Universitas Indonesia. Studi-studi sebelumnya memperlihatkan bahwa mahasiswa memiliki permasalahan terkait ketidaksiapan mental, hubungn sosial, dan ekonomi. Studi melihat permasalahan mahasiswa migran sebagai bentuk rendahnya tingkat well-being yang disebabkan oleh rendahnya tingkat dukungan sosial. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengen teknik pengumpulan data diperoleh melalui survei kepada 34 mahasiswa, wawancara mendalam kepada 6 mahasiswa, studi dokumen, dan observasi. Dalam analisis dukungan sosial, pihak yang dinilai paling memberikan dukungan adalah teman dan orang tua, sedangkan yang kurang memberikan dukungan adalah pemerintah daerah. Sementara itu dalam analisis well-being, skor terendah terdapat pada mental well-being. Uji regresi menunjukkan terdapat tiga model yang memiliki pengaruh signifikan terhadap well-being mahasiswa yaitu dukungan emosional, dukungan jaringan, dan dukungan informasi. Sementara itu, peneliti menduga terdapat varibel lain yang turut mempengaruhi well-being mahasiswa yaitu jaringan kelompok keagamaan mahasiswa berdasarkan wawancara mendalam dan observasi dan religiositas mahasiswa berdasarkan studi litelatur.

ABSTRACT
This study explains the effect of social support level to migrants students well being receiving Papua Education Affirmative ADIK program and 3T Outside, Outermost and Left behind regions at the University of Indonesia. Previous studies discussed that students have problems related to mental, social, and economic unpreparedness. This study explains the migrant students problems as a form of low levels of well being caused by low levels of social support. This study uses quantitative approaches with data collection techniques obtained through surveys to 34 students, in depth interviews to 6 students, document studies, and observations. In the analysis of social support, the parties who are most likely to provide support are friends and parents, while the local governments give less supports. Meanwhile, in a well being analysis, the lowest score is in the well being mentality. Regression test showed that there are three models that have significant influence on student well being that is emotional support, network support, and information support. Meanwhile, the researcher suspect that there are other variables that influence the well being of students, namely the network of religious groups of students based on in depth interviews and observation and students religiosity based on review study.
"
2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Chatarina Vania Maharani Wicaksono
"Penelitian ini bertujuan untuk meneliti hubungan antara penggunaan media sosial dan stres sosial terhadap social well-being. Studi-studi mengenai social well-being di Asia menemukan bahwa aspek non-ekonomi seperti nilai dan norma budaya, tradisi, relasi dan agama yang beragam antar negara memiliki asosiasi terhadap social well-being sehingga aspek tersebut perlu diperhitungkan. Peneliti berargumen bahwa penggunaan media sosial dan stres sosial memiliki hubungan dengan social well-being. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara tingkat penggunaan media sosial terhadap tingkat social well-being dan tidak terdapat hubungan yang signifikan antara tingkat stres sosial terhadap tingkat social well-being. Fungsi media sosial pada masa pandemi menjadi aspek vital sehingga menjadikan temuan ini berlawanan dengan temuan sebelumnya, media sosial memberikan lebih banyak manfaat secara positif sehingga meredam sisi negatif dari media sosial. Temuan penelitian menunjukkan bahwa aspek ekonomi masih menjadi faktor yang menentukan kepuasan hidup individu. Metode yang digunakan dalam penelitian kuantitatif ini adalah menggunakan data primer yang diambil melalui teknik survei yang disebarkan secara daring pada sampel dari populasi yaitu Jabodetabek yang berusia usia 19 hingga 40 tahun dengan total 419 responden. Peneliti juga menggunakan wawancara mendalam untuk mengumpulkan data pendukung

This study aims to examine the relationship between social media use and social stress on social welfare. Studies on social well-being in Asia find that non-economic aspects such as cultural values and norms, traditions, relations and religions that vary between countries have associations with social well-being, therefore these aspects need to be taken into account. Researcher argue that social media use and social stress have a relationship with social well-being. The results showed that there was a significant relationship between the level of social media use and the level of social well-being and there was no significant relationship between the level of social stress and the level of social well-being. The function of social media during the pandemic is an important aspect so that this finding is contrary to previous findings, social media provides more benefits in a positive way so that it is viewed negatively than social media. The research findings show that the economic aspect is still a factor that determines individual life satisfaction. The method used in this quantitative research is to use primary data taken through survey techniques that are boldly distributed to a sample of the population, namely Jabodetabek aged 19 to 40 years with a total of 419 respondents. Researchers also use indepth interview to collect supporting data."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Gema Fitri Khinanthi
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui deskripsi mahasiswa Universitas Indonesia berdasarkan resiliensi, motivasi belajar, dan dukungan sosial teman yang dimiliki. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk menganalisis hubungan resiliensi terhadap motivasi belajar pada mahasiswa Universitas Indonesia dengan memperhatikan adanya dukungan sosial teman sebagai variabel moderator, yang dilakukan dengan menggunakan metode Partial Least Square (PLS). Data yang digunakan adalah data primer sejumlah 607 mahasiswa jenjang S1 Universitas Indonesia angkatan 2018, 2019, 2020 dan 2021 yang aktif pada tahun akademik 2020/2021, yang diambil menggunakan purposive sampling. Berdasarkan 607 responden, diperoleh bahwa 51% mahasiswa memiliki resiliensi tinggi, 57% mahasiswa memiliki motivasi belajar tinggi, dan 53% mahasiswa memiliki dukungan sosial teman tinggi. Hasil penelitian menunjukkan resiliensi berpengaruh secara signifikan terhadap motivasi belajar. Selain itu, diperoleh pula bahwa variabel dukungan sosial teman tidak memberikan pengaruh signifikan terhadap hubungan resiliensi dengan motivasi belajar.

This study aims to determine the description of Universitas Indonesia students based on their resilience, learning motivation, and social support from their friends. In addition, this study also aims to analyze the relationship between resilience and learning motivation in Universitas Indonesia students with social support of friends as moderating variable, using the Partial Least Square (PLS) method. The data used is primary data of 607 S1 Universitas Indonesia active students from 2018, 2019, 2020, and 2021 in the academic year 2020/2021 taken by purposive sampling. Based on 607 respondents, it was found that 51% of students had high resilience , 57% of students had high learning motivation, and 53% of students had high social support from friends.The results showed that resilience had a significant effect on learning motivation. In addition, it was also obtained that the variable of friends' social support had no significant effect on the relationship between resilience and learning motivation."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Melia Fahira Fazrine
"Untuk membantu proses pembelajaran, memperoleh informasi, dan berkomunikasi, mahasiswa membutuhkan sarana yang dapat memenuhi kebutuhan tersebut, salah satunya adalah media sosial. Namun, penggunaan media sosial memiliki dampak negatif, salah satunya yaitu munculnya ujaran kebencian. Ujaran kebencian dapat berdampak negatif bagi kondisi psikologis mahasiswa dan menurunkan kesejahteraan subjektif. Maka, penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara ujaran kebencian di media sosial dengan kesejahteraan subjektif dari dua sudut pandang, yaitu sudut pandang pelaku ujaran kebencian dan sudut pandang yang mengungkap ujaran kebencian. Sebanyak 200 mahasiswa (M=21.39, SD=1.021) berpartisipasi dalam penelitian ini. Penelitian ini menggunakan metode penelitian korelasional untuk melihat hubungan kedua variabel. Alat ukur The PERMA-Profiler untuk mengukur kesejahteraan subjektif dan alat ukur kecenderungan melakukan ujaran kebencian untuk mengukur perilaku ujaran kebencian yang digunakan dalam penelitian ini. Berdasarkan uji korelasi yang dilakukan menggunakan teknik analisis Pearson Correlation, ditemukan bahwa tidak ada hubungan positif dan signifikan antara ujaran kebencian dengan kesejahteraan subjektif dari sudut pandang pelaku (r = -0.078, p > 0.05) dan tidak ada hubungan positif dan signifikan antara kebencian berbicara dengan kesejahteraan subjektif dari sudut pandang yang terpapar (r = 0.073, p > 0.05). Artinya, ditemukan bahwa tidak ada hubungan antara ujaran kebencian dengan kesejahteraan subjektif pada mahasiswa.

To help the learning process, obtain information, and communicate, students need tools that can meet these needs, one of which is social media. However, the use of social media has a negative impact, one of which is the emergence of hate speech. Hate speech can negatively affect a student's psychological condition and degrade subjective well-being. Thus, this study aims to see the relationship between hate speech on social media and subjective welfare from two points of view, namely the point of view of the perpetrator of hate speech and the point of view that reveals hate speech. A total of 200 students (M= 21.39, SD= 1,021) participated in this study. This study used a correlational research method to see the relationship between the two variables. The PERMA-Profiler measuring instrument for measuring subjective well-being and the tendency to measure hate speech to measure hate speech behavior were used in this study. Based on the correlation test conducted using the Pearson Correlation analysis technique, it was found that there was no positive and significant relationship between hate speech and subjective well-being from the perpetrator's point of view (r = -0.078, p > 0.05) and there was no positive and significant relationship between hate speech and subjective well-being from the exposed point of view (r = 0.073, p > 0.05). Which means, it was found that there is no relationship between hate speech and subjective well-being in students."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Indy Naila Syadira Amiruddin
"Salah satu kegiatan yang menjadi tren selama pandemi COVID-19 adalah online buying. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui variabel-variabel yang memengaruhi sikap online buying, menganalisis profil sikap online buying mahasiswa aktif Universitas Indonesia dan peran variabel demografi sebagai variabel moderator. Variabel-variabel yang akan dianalisis adalah sikap online buying, emotional well-being, social health, physical health well-being, subjective well-being, keadaan finansial, etnosentrisme konsumen, umur, jenis kelamin, tempat tinggal selama pandemi COVID-19, pendidikan terakhir ibu, pendidikan terakhir ayah, pekerjaan ibu, pekerjaan ayah, asal SMA dan asal fakultas. Penelitian ini menggunakan teknik analisis Partial Least Square, Classification and Regression Tree dan Multi-Group Analysis. Data yang digunakan adalah data primer yaitu 1500 mahasiswa Universitas Indonesia angkatan 2018, 2019, 2020 dan 2021 yang aktif pada tahun akademik 2021/2022 semester genap. Hasil dari penelitian ini adalah variabel laten emotional, physical health, subjective well-being, social health dan etnosentrisme konsumen memengaruhi sikap online buying. Profil mahasiswa sikap online buying tidak terencana adalah subjective well-being tinggi, etnosentrisme dan social health rendah. Profil mahasiswa sikap online buying terencana adalah etnosentrisme dan physical health well-being tinggi. Variabel demografi umur, tempat tinggal selama pandemi COVID-19, pendidikan terakhir ibu, pendidikan terakhir ayah, pekerjaan ibu, pekerjaan ayah, asal SMA dan asal fakultas menjadi variabel moderator.

One of the activities that has become a trend during COVID-19 pandemic is online buying. The purpose of this study is to determine the variables that influence the online buying behavior, analyze the profile of online buying behaviour of active students at the Universitas Indonesia and the role of demographic variables as moderator variables. The analyzed variables are online buying behavior, emotional well-being, social health, physical health well-being, subjective well-being, financial condition, consumer ethnocentrism, age, gender, place of residence during the COVID-19 pandemic, mother's last education, father's last education, mother's occupation, father's occupation, high school origin and faculty origin. This study uses Partial Least Square, Classification and Regression Tree and Multi-Group Analysis. The data used is a primary data with 1500 students of Universitas Indonesia batch 2018, 2019, 2020 and 2021 who are active in even semester 2021/2022 academic year. The results of this study are emotional well-being, physical health, subjective well-being, social health and consumer ethnocentrism affect online buying behavior. The profiles of students with unplanned online buying behavior are high subjective well-being, low ethnocentrism and social health. The profiles of students with planned online buying behavior are students with high ethnocentrism and physical health well-being. Demographic variables of age, place of residence during the COVID-19 pandemic, mother's last education, father's last education, mother's occupation, father's occupation, high school origin and faculty origin became moderating variables."
Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Kevin Balya
"

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara fleksibilitas kognitif dan persepsi dukungan sosial terhadap mental well-being serta ingin mengetahui variabel mana yang berperan lebih besar terhadap mental well-being mahasiswa. Penelitian ini bersifat korelasional yang menggunakan sampel mahasiswa (N=242). Alat ukur yang digunakan pada penelitian adalah Warwick-Edinburgh Mental Well-Being Scale (WEMWBS), Cognitive Flexibility Inventory (CFI), dan The Multidimensional Scale Perceived Social Support (MSPSS). Hasil analisis multiple regression antara fleksibilitas kognitif dan persepsi dukungan sosial terhadap mental well-being menunjukkan hasil yang signifikan (𝑅² = 0,475, p < 0,001). Persepsi dukungan sosial lebih berperan terhadap mental well-being (𝛽 = 0,48, p < 0,001) dibandingkan fleksibilitas kognitif (𝛽 = 0,401, p < 0,001). Sehingga, fleksibilitas kognitif maupun persepsi dukungan sosial dapat membantu mahasiswa dalam menjaga kondisi mental well-being.

 


This study aims to determine the relationship between cognitive flexibility and perceptions of social support on mental well-being and to find out which variables have a greater role in students' mental well-being. This research is correlational using a student sample (N=242). The measuring instruments used in this study were the Warwick-Edinburgh Mental Well-Being Scale (WEMWBS), Cognitive Flexibility Inventory (CFI), and The Multidimensional Scale Perceived Social Support (MSPSS). The results of the multiple regression analysis between cognitive flexibility and perceptions of social support on mental well-being showed significant results ( =² = 0.475, p < 0.001). Perception of social support plays a more important role in mental well-being (𝛽 = 0.48, p < 0.001) than cognitive flexibility (𝛽 = 0.401, p < 0.001). Thus, cognitive flexibility and perceptions of social support can help students maintain mental well-being.

"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>