Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 145311 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Mohammad Rizki
"Latar belakang: Pentingnya kemampuan kepemimpinan bagi seorang dokter dalam menjankan tugas memunculkan pemikiran untuk mulai menumbuhkannya secara terstruktur dalam pendidikan kedokteran. Untuk mencapai tujuan ini, diperlukan suatu model pendidikan kepemimpinan yang efektif. Dalam upaya merancang model pendidikan kepemimpinan ini, perlu digali harapan dosen sebagai komponen inti perancang kurikulum. Dengan mengetahui harapan dosen, institusi dapat menentukan langkah-langkah strategis yang diperlukan dalam rangka keberhasilan rancangan dan implementasi model pendidikan kepemimpinan dalam kurikulum Fakultas Kedokteran Universitas Mataram. Metode: Studi kualitatif dengan menggunakan wawancara mendalarn pada 11 dosen Fakultas Kedokteran Universitas Mataram yang diperoleh melalui maximum variαtion sampling; Data dianalisis secara kualitatif untuk mendapatkan isu dan tema yang penting. Hasil: Dosen Fakultas Kedokteran Universitas Mataram menganggap kepemimpinan penting untuk diajarkan di kurikulum. Kepemimpinan 1m mencakup. ranah pengetahuan, keterampilan dan sikap. Sebagian besar dosen mengharapkan pendidikan kepemimpinan diterapkan secara terintegrasi di kurikulum. Indikator penilaian yang diharapkan dosen meliputi kemampuan komunikasi, kualítas pribadi, keterampilari interpersonal, visioner, 'kemampuan mempengaruhi, kerjasama kelompok, dan kemampuan berorganisasi. Metode penilaian yang tepat masih menjadi isu yang menjadi perhatian sebagian besar dosen, namun dosen mengharapkan adanya standar penilaian yang telah ditetapkan sebelumnya. Simpulan: Harapan dosen mengenai pendidikan kepemimpinan adalah pendidikan kepemimpinan ini diberikan secara terintegrasi dengan metode belajar yang mengutamakan praktek mencakup ranah pengetahuan, keterarnpilan dan sikap dengan standar pencapaian yang telah ditetapkan sebelumnya.

Background: The importance of physician leadership has driven the need to systematically cultivate it as early as medical students enter medical education. In cultivating physician leadership systematically, an ideal model of physician leadership education is crucial. Teachers' expectation wiII give significant contribution in a search of such a model since they will be the core of curriculum planning team. Therefore, it is important to know teachers' expectation of physician leadership education in medical curriculum. Methods: In-depth interviews were undertaken using maximum variation sampling with 11 teachers of Faculty of Medicine, University of Mataram . The data were analysed qualitatively to identifikasi important issues and themes. ResuIts: Teachers consider leadership as an important competence for future physicians. Physician leadership. comprises knowledge, skills and attitudes. Most teachers prefer it to be delivered integratively in medical curriculum. They expect it to be delivered using multiple methods ranging from lecture to field-work. The expected outcomes include communication skills, personal quality, interpersonal skills, ViSion setting, inf1uencing skills, teamwork, and organizing skills. Teachers consider assessment of physician leadership is still needed to be clearly defined. Conclusion: Teachers' expectations of physician leadership education are integrative delivery; comprises knowledge, skills, and attitudes; delivered by multiple learning methods; and clearly defined assessment criteria."
Jakarta: Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, 2008
T56852
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Boy Subirosa Sabarguna
Jakarta: UI-Press, 2010
378.199 BOY p
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
cover
cover
"This research of background overshadow by existence of some problems of arising out in course of study like for example less obedient the lecturer to discipline teach and less precisely instruction method used by unfavourable ways of lecture in teaching to generate ugly perception among student to lectre, so that in the end will affect at degradation of education quality"
384 WACA 7:23 (2008)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Evie Anggriyani
"ABSTRAK
Penerapan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) di FIK-UI diharapkan akan
menghasilkan lulusan yang dapat memberikan perubahan yang lebih baik di
bidang keperawatan di tempat kerja. Penerapan KBK menuntut mahasiswa lebih
aktif dan mandiri, hal ini yang menimbulkan kecemasan pada mahasiswa. Tujuan
dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran tingkat kecemasan pada
mahasiswa ekstensi FIK UI dalam mengikuti pembelajaran KBK. Penelitian ini
merupakan penelitian deskriptif terhadap 87 mahasiswa ekstensi secara total
sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa semua mahasiswa ekstensi
FIK-UI mengalami kecemasan: 86.02% cemas berat, 12.64% cemas sedang dan
1.15% cemas berat sekali (panik). Penelitian lebih lanjut untuk mengeksplorasi
faktor-faktor yang menyebabkan kecemasan dalam mengikuti proses belajar
dengan KBK perlu dilakukan. Metode pembelajaran yang lebih kondusif dan
tidak menimbulkan kecemasan berat bagi mahasiswa juga perlu dirancang oleh
dosen FIK-UI.

ABSTRACT
The implementation of implementation Competency-Based Curriculum (CBC) in
FIK-UI is expected to the produce a graduates who can provide improvement in
the nursing workplace. This implementation demands students to be more active
in learning and independent, which cause anxiety in students. The purpose of this
study was to determine the anxiety level overview on FIK-UI extension students,
in studying by using the CBC. This study examines 87 extensions program
students in total sampling. The results indicate that all FIK-UI extensions program
students experience anxiety rating from: 86.02% severe anxiety, 12.64% mild
anxiety and 1.15% panic. These is a to need conduct further research to explore
the factors that cause anxiety in students attending the CBC, and to fine a more
conducive method of learning that does not cause severe anxiety for FIK-UI
students."
Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2012
S42740
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
"WHO telah mengembangkan strategi penanggulangan TB dengan strategi DOTS (Directly Observed Treatment Short-course) dan telah terbukti sebagai strategi penanggulangan yang secara ekonomis paling efektif (cost effective). Tujuan program adalahmeningkatkan keterlibatan pasien TB dan masyarakat dalam penanggulanganTB melalui peran komunitas dan UPK (UnitPelayanan Kesehatan) pemerintah dan swasta. Mahasiswa kedokteran di Fakultas Kedokteran Universitas YARSI, dalam mempelajari permasalahan TB secara komprehensif belajar untuk mengetahui dan memahami bagaimana terjadinya penularan TB di masyarakat dan faktor faktor yang menyebabkan terjadinya TB di masyarakat, mendeteksi adanya TB di masyarakat, bagaimana penderita mengakses pelayanan kesehatan yang ada dan faktor faktor yang meyebabkan penderita mengakses pelayanan kesehatan tersebut. Proses pembelajaran tersebut berada dalam kegiatan diagnosis komunitas yang masuk dalam Blok Kedokteran Komunitas di Semester 6. Pembelajaran tersebut memanfaatkan kegiatan Program Community GF ATM Round 8 YARSI TB Care yang digunakan sebagai wahana pendidikan Kedokteran Komunitas. Mahasiswa akan mengunjungi pasien TByang sedang menjalanipengobatan untuk melakukan diagnosis komunitas dengan5langkah: menentukan area permasalahan, menentukan instrumen pengumpulan data, mengumpulkan data, menganalisis data, menyusun intervensi pemecahan masalah. Mahasiswadalam melakukan diagnosis komunitas tersebut berinteraksi dengan pasien TByang sedang menjalani pengobatan, keluarga pasien, dan komunitas yang berada disekitar keluarga pasien berada. Diharapkan dengan memahami permasalahanTBsecara komprehensif, mahasiwa kedokteran akan menjadi profil dokter masa depan menurut WHO: Five Star Doctor yang mencakup: Health Care Provider, Decision Maker, Educator, Manager dan Community Leader.
"
610 JKY 20:3 (2012)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Purwati
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 1989
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Syarifah Nora Andriaty
"Latar Belakang. Pendidikan yang baik sangat dibutuhkan untuk meningkatkan sumber daya manusia di bidang kedokteran dan pelayanan kesehatan di Indonesia. Uji Kompetensi (UK) berperan sebagai instrumen penilaian lulusan dokter yang memenuhi Standar Kompetensi Dokter Indonesia (SKDI). Penelitian ini mempunyai fokus dalam mengeksplorasi kemungkinan penyebab kegagalan mahasiswa FK Unaya dalam menghadapi uji kompetensi sehingga hasil penelitian ini dapat dimanfaatkan dalam usaha peningkatan kualitas lulusan.
Metode. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan rancangan studi kasus. Penelitian ini dilakukan dengan melakukan Focus Group Discussion (FGD) terhadap mahasiswa yang lulus dan tidak lulus uji kompetensi dan wawancara mendalam terhadap pemangku kepentingan, staf pengajar preklinik dan klinik.
Hasil. FGD dilakukan sebanyak 5 kali dan 3 wawancara mendalam terhadap pemangku kepentingan, 6 wawancara mendalam terhadap staf pengajar. Setelah data dianalisis dengan pendekatan tematik diperoleh faktor yang mempengaruhi uji kompetensi mahasiswa FK Unaya yaitu 1. Faktor yang potensial mempengaruhi keberhasilan uji kompetensi dari segi proses pendidikan terdiri dari faktor akademik (karakteristik pembelajar orang dewasa, materi pembelajaran, pengajaran dan pembelajaran, sumber daya, evaluasi hasil) dan faktor non akademik (motivasi) 2. Faktor yang potesial mempengaruhi uji kompetensi saat pelaksanaan ujian terdiri dari faktor akademik (metode belajar, materi ujian yang tidak dikuasai, bentuk soal kasus) dan faktor non akademik (internal: karakteristik pembelajaran orang dewasa, motivasi, konsentrasi, kesehatan; eksternal: metode Computer Based Test, lingkungan belajar)
Kesimpulan. Faktor yang potensial menentukan kelulusan mahasiswa yang lulus uji kompetensi adalah mahasiswa yang lulus memiliki karakteristik pembelajar dewasa dan memiliki motivasi untuk lulus uji kompetensi.

Background. Good education is strongly needed in order to improve human resources in the field of medicine and health service in Indonesia. License examination (UK) plays a role as an instrument to asses medical students competence, however the number of Unaya's students who pass the exam is still low. This research focused on exploring the possible causes of Unaya's medical students failure in the license examination. This research can be used to improve the quality of the graduates.
Method. This is a qualitative research using case study design. A series of focus group discussions (FGDs) to the students who passed and failed in the license examination and in depth interviews to the stakeholders, preclinical and clinical teachers were completed.
Result. Five FGDs involving 13 students who passed and 12 students who failed the license examination, were conducted. Three in depth interviews to the stake-holders and 6 in depth interviews to the medical teachers were also completed. Following a thematic analysis, the results are 1. Potential factors from the education process that may influence outcomes of license examination: academic factors (adult learner, content, teaching and learning, resources, and student evaluation) and non academic factor (motivation). 2. Potential factors that may influence during the examination, are: academic factors (learning method, knowledge, MCQ format) and non-academic factors (internal: adult learner characteristic, motivation, concentration, health; and external: assessment method, learning environtment).
Conclusion. Educational process and test preparation have important roles in the competency test result. Despite some obstacles in educational process in FK Unaya, there were still a few students who could pass the exam which might be due to their adult learner characteristics and self motivations.
"
Jakarta: Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, 2015
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>