Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 203109 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Damar Wisnu Djati
"Tesis ini membahas perubahan paradigma auditor internal, dan bagaimana perubahan paradigma tersebut berperan dalam proses manajemen risiko pada salah satu perusahaan BUMN di Indonesia. Auditor internal merupakan unsur penting dalam entitas. Auditor internal memiliki peran untuk memberikan nilai tambah bagi entitas, dengan melakukan peran selain melakukan fungsi audit. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan analisis deskriptif dengan menggunakan metode observasi dan wawancara dengan beberapa narasumber. Maupun dengan menyebarkan kuesioner kepada individu-individu yang menjadi subjek penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa auditor internal telah mengalami perluasan peran dalam entitas, dan telah meninggalkan peran penjaga. Tetapi disisi lain auditor internal masih belum berperan secara penuh dalam manajemen risiko, terdapat beberapa peran yang dapat dilakukan tetapi tidak dilakukan oleh auditor internal.

The focus of this study is the paradigm change of internal auditor, and how the changing play a role in the risk management process on one state-owned company in Indonesia. Internal auditor is an element that essential in a entity. Internal auditor role is to give an adding value, by doing function other than audit role. The research was conducted using a descriptive approach through observation and interviews with some parties. Questionnaire also were given to individual that becomes subject in this research. The results indicate that the obeserved internal auditor has expand it role in the entity, and leaving the role of a watchdog. But on the other hand the internal auditor is still not fully participate in the risk management, there are some roles that can be done but not done by the internal auditor."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Falatehan Musavi
"Bank umum dapat menerapkan kerangka Three Lines Model, dengan audit internal yang sebagai pengawas dan pemberi asurans kepada governing body lewat implementasi audit internal berbasis risiko (RBIA), guna memitigasi risiko-risiko yang muncul akibat krisis selama penyebaran COVID-19 di Indonesia. Bank XYZ merupakan perusahaan yang menerapkan metodologi RBIA dalam kerangka Three Lines Model untuk memitigasi risikonya. Penelitian ini dilakukan guna mengetahui bagaimana peran RBIA dalam kerangka Three Lines Model di Bank XYZ untuk memitigasi risiko yang dihadapi pada krisis semasa pandemi lewat analisis deskriptif dengan metode kualitatif berjenis studi kasus evaluatif untuk membandingkan penerapan yang sudah dilakukan Bank XYZ dengan teori yang ada. Hasil penelitian menunjukan bahwa Bank XYZ telah menerapkan kerangka sistem pengendalian internal lewat penerapan Three Lines Model dan mengaitkannya ke dalam metode audit internal berbasis risiko (RBIA) secara efektif. Hal ini dicapai dengan menerapkan prosedur, kebijakan, dan koordinasi antar fungsi lini pertahanan dengan baik untuk memitigasi risiko yang muncul akibat krisis terkait risiko ketidakpatian COVID-19, risiko keuangan dan ekonomi, risiko cybercrime, risiko countercyclical. Transformasi digital, sistem audit yang agile, proses pengelolaan risiko dan pengawasan terhadap aktivitas baru dan risiko kredit, pembuatan tools digital yang membantu pengelolaan risiko, serta penyempurnaan sistem pengendalian yang sudah ada ataupun sistem baru pada unit bisnis umum maupun unit digital merupakan faktor yang membantu Bank XYZ untuk mengatasi risiko yang muncul sebagai dampak dari pandemi.

Commercial banks can apply the Three Lines Model framework, with internal audit acts as a supervisor and providing assurance to the governing body through the implementation of a risk-based internal audit (RBIA), to mitigate risks arising from the crisis during the spread of COVID-19 in Indonesia. XYZ Bank is a company that applies the RBIA methodology within the Three Lines Model framework to mitigate its risks. This research created to find out the role of RBIA within the framework of the Three Lines Model at Bank XYZ to mitigate the risks faced during a crisis during a pandemic through descriptive analysis using a qualitative method with evaluative case study type compare the implementation of XYZ Bank with the existing theory. The results of the study show that XYZ Bank has implemented an internal control system framework through the implementation of the Three Lines Model by linking it to the risk-based internal audit (RBIA) method effectively. The effectiveness is achieved through the proper implementation of procedures, policies, and coordination between line functions to mitigate emerging risks, such as the risks of COVID-19 uncertainty, financial and economic risks, cybercrime risks, countercyclical risks. By implementing digital transformation, agile system audits, the process of managing and supervising new activities and credit, creating digital tools that assist risk management, as well as improving existing control systems or new systems in general business units and digital units are factors that help XYZ Bank to overcome the risks that arise as a result of the pandemic."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Mega Sari Nusa
"Selama tahun 2016 hingga 2017, ditemukan adanya kasus pelanggaran prosedur dan penggelapan uang pembayaran pajak di PT XYZ. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengendalian internal pada siklus pembayaran pajak PT XYZ dengan menggunakan 5 (lima) faktor penting dalam membentuk dan membuktikan efektifitas pengendalian internal yaitu Segregation of Duties, Policies and Procedures, Documentation, Oversight and Review dan User Access and Rights. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang dilakukan pada PT XYZ dengan unit analisis adalah divisi pajak perusahaan. Metode pengumpulan data dilakukan melalui proses wawancara semi terstruktur dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa sistem pengendalian internal pada PT XYZ memiliki kelemahan yang signifikan pada proses pengeluaran kas pada pembayaran pajak yang membuka kesempatan terjadinya manipulasi (fraud) yang dilakukan oleh pegawai divisi pajak. Selain itu, divisi pajak berada di luar lingkup pekerjaan internal audit sehingga desain dari sistem pengendalian internal belum memadai dan efektif.

From 2016 to 2017, there was a case of procedural violations and embezzlement of tax payments at PT XYZ. This study aims to evaluate internal control in the PT XYZ tax payment cycle by using 5 (five) important factors in establishing and proving the effectiveness of internal control, namely Segregation of Duties, Policies and Procedures, Documentation, Oversight and Review and User Access and Rights. This research is a case study with a qualitative approach conducted at PT XYZ with the unit of analysis at the corporate tax division. The data collection method was done through a semi-structured interview process and documentation. The data analysis technique used is descriptive qualitative analysis. The results of this study indicate that the internal control system at PT XYZ has a significant weakness in the cash disbursement process on tax payments which opens up opportunities for manipulation (fraud) by employees of the tax division. In addition, the tax division is outside the scope of internal audit work, so the design of the internal control system is not adequate and effective."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Calista Putri Riyantama
"Laporan magang ini memiliki tujuan untuk mengevaluasi prosedur test of details yang dilakukan oleh KAP KIM atas asersi cutoff pada akun penjualan PT F dan PT G dalam laporan keuangan yang berakhir pada 31 Desember 2022. PT F dan PT G menjual unit dan spare part mesin konstruksi jalan raya. Evaluasi yang dilakukan bertujuan untuk membandingkan kesesuaian proses audit yang dimiliki KAP KIM dengan standar audit (SA) yang berlaku, yaitu SA 315 tentang Pengidentifikasian dan Penilaian Risiko Kesalahan Penyajian Material Melalui Pemahaman atas Entitas dan Lingkungannya, SA 500 tentang Bukti Audit, dan SA 530 tentang Sampling Audit. Prosedur audit yang dibahas terbatas pada prosedur test of details yang berfokus pada asersi cutoff. Berdasarkan evaluasi yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa prosedur audit KAP KIM atas asersi cutoff pada akun penjualan PT F dan PT G telah sesuai dengan SA 315, SA 500, dan SA 530.

This internship report aims to valuate the test of details procedure carried out by KAP KIM on the cutoff assertion for PT F’s and PT G’s sales accounts in the financial statements that ended on December 31, 2022. PT F and PT G sell road construction machinery units and spare parts. The evaluation aims to compare the suitability of the audit process owned by KAP KIM with the applicable auditing standards (SA), namely SA 315 regarding Identifying and Assessing the Risks of Material Misstatement Through Understanding of Entities and Their Environment, SA 500 regarding Audit Evidence, and SA 530 regarding Audit Sampling. The audit procedures discussed are limited to test of details procedure which focuses on the cutoff assertion. Based on the evaluation conducted, it can be concluded that KAP KIM's audit procedures for the cutoff assertion on the sales accounts of PT F and PT G are in accordance with SA 315, SA 500, and SA 530.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Hildayati Ihsan
"Penulisan laporan magang ini bertujuan untuk mengevaluasi dan memberikan rekomendasi atas prosedur audit substantif KAP RJ terhadap akun pendapatan PT JILIN dengan mengacu pada aturan dan standar audit yang berlaku sebagai kerangka evaluasi. Evaluasi dilakukan terhadap lead schedule, rekonsiliasi buku besar, test of details, dan prosedur cut-off akun pendapatan PT JILIN kemudian memberi kesimpulan dan rekomendasi berdasarkan evaluasi tersebut. Sehubungan dengan evaluasi yang telah dilakukan, hasil evaluasi menyatakan bahwa secara keseluruhan prosedur yang diterapkan dalam audit substantif akun pendapatan PT JILIN telah sesuai dengan standar audit dan teori yang berlaku. Selain itu, laporan magang ini juga membahas mengenai refleksi diri penulis selama melaksanakan kegiatan magang di KAP RJ. Penulis menjelaskan evaluasi, analisis, hingga kesimpulan terhadap beberapa pengalaman yang berkesan dari kegiatan magang, kemudian menentukan tindak lanjut yang perlu dilakukan untuk dapat mengembangkan potensi dan kualitas diri penulis.

The purpose of this internship report is to evaluate and provide recommendations on KAP RJ's substantive audit procedures for PT JILIN's revenue accounts by referring to the applicable auditing rules and standards as an evaluation framework. Evaluation is carried out on the lead schedule, ledger reconciliation, test of details, and PT JILIN's revenue account cut-off procedure and then provides conclusions and recommendations based on this evaluation. With respect to the evaluation that has been carried out, the results of the evaluation stated that overall, the procedures applied in the substantive audit of PT JILIN's revenue account in accordance with applicable auditing standards and theories. In addition, this internship report also discusses the author's self-reflection while carrying out internship activities at KAP RJ. The author describes the evaluation, analysis, and conclusions on several memorable experiences from the internship activities, then determines the follow-up actions that need to be done to be able to develop the potential and quality of the writer."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Zelvia Angrayani
"Laporan magang ini berisi tentang evaluasi prosedur audit substantif yang dilakukan KAP Bintang atas akun aset tetap PT Merkurius di Laporan Keuangan tahun 2020 dan analisis refleksi diri selama menjalani kegiatan magang. PT Merkurius merupakan perusahaan yang bergerak di bidang pariwisata. Laporan ini berfokus pada evaluasi pelaksanaan prosedur audit substantif terhadap aset tetap PT Merkurius yang dilakukan KAP Bintang. Berdasarkan evaluasi dan analisis yang dilakukan, prosedur audit yang dijalankan oleh KAP Bintang sudah sesuai dengan standar akuntansi yang berlaku yaitu PSAK 16 dan Standar audit yang diterapkan di Indonesia.

This internship report contains an evaluation of the substantive audit procedures carried out by KAP Bintang on the fixed asset account of PT Merkurius in the 2020 Financial Statements and self-reflection analysis during internship activities. PT Merkurius is a company engaged in the tourism sector. This report focuses on the evaluation of the implementation of the substantive audit procedures on the property and equipment of PT Merkurius conducted by KAP Bintang. Based on the evaluation and analysis carried out, the audit procedures carried out by KAP Bintang are in accordance with the applicable accounting standards, namely PSAK 16 and auditing standards applied in Indonesia."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisinis Universitas Indonesia, 2021
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Lulu Fauziatul Hasanah
"Laporan magang ini bertujuan untuk membahas dan mengevaluasi prosedur audit yang dilakukan oleh KAP HAL atas akun piutang usaha PT LFH. PT LFH adalah perusahaan yang mengelola kawasan industri. Prosedur audit yang dilakukan selama kegiatan magang untuk akun piutang usaha yang akan dievaluasi adalah prosedur substantif. Berdasarkan hasil evaluasi yang telah dilakukan, prosedur audit substantif yang dilakukan KAP HAL atas piutang usaha PT LFH telah sesuai dengan teori dan standar audit yang berlaku di Indonesia. Laporan magang ini juga menyertakan refleksi diri penulis selama menjadi peserta magang di KAP LFH. Hasil evaluasi refleksi diri menyatakan bahwa penulis harus meningkatkan kemampuan komunikasi dan teknikal sebagai seorang auditor. Kemudian rencana tindak lanjut dibuat untuk mempersiapkan diri dalam dunia kerja di masa depan sebagai seorang auditor.

This internship report aims to discuss and evaluate audit procedures carried out by KAP HAL on PT LFH's accounts receivable accounts. PT LFH is a company that manages industrial estates. The audit procedure carried out during the internship for the accounts receivable account to be evaluated is the substantive procedure. Based on the results of the evaluation that has been carried out, the substantive audit procedures carried out by KAP HAL on PT LFH's trade receivables are following the prevailing auditing theories and standards in Indonesia. This internship report also includes the author's self-reflection while being an apprentice at KAP LFH. The results of the self-reflection evaluation stated that the writer had to improve his communication and technical skills as an auditor.
An action plan is made to prepare oneself for the world of advanced work in the future as an auditor."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2021
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Syifa Shafira Ayuningtyas
"Laporan magang ini membahas tentang evaluasi prosedur audit substantif atas akun beban umum PT ZAT yang dilakukan oleh KAP SNS untuk periode audit interim sampai dengan tanggal 30 November 2022. PT ZAT adalah perusahaan yang bergerak di bidang asuransi. Prosedur audit yang telah dilakukan antara lain pembuatan lead schedule, melakukan tie up saldo dengan rincian, melakukan analytical review procedure, dan melakukan vouching dokumen pendukung. Evaluasi dilakukan dengan membandingkan kesesuaian pelaksanaan prosedur audit substantif atas akun beban umum oleh KAP SNS dengan standar dan literatur audit terkait lainnya yang berlaku. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa prosedur audit substantif atas akun beban umum PT ZAT yang dilaksanakan oleh KAP SNS telah sesuai dengan standar dan literatur audit yang berlaku. Selain itu, laporan magang ini juga memuat refleksi diri terhadap aktivitas magang yang telah dilakukan serta rencana tindak lanjut di masa depan.

This internship report discusses the evaluation of substantive audit procedures on the general expense account of PT ZAT conducted by KAP SNS for the interim audit period until November 30, 2022. PT ZAT is a company engaged in the insurance sector. The audit procedures performed include creating a lead schedule, conducting balance tie-ups with details, carrying out analytical review procedures, and examining supporting documents through vouching. The evaluation is carried out by comparing the suitability of the implementation of substantive audit procedures on the general expense account by KAP SNS with the applicable standards and other relevant audit literature. The results of the evaluation show that the substantive audit procedures on the general expense account of PT ZAT conducted by KAP SNS are in accordance with the applicable standards and relevant audit literature. In addition, this internship report also contains a self-reflection on the internship activities that have been carried out and follow-up plans for future actions."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Hakky Cahya Putranto
"Laporan magang ini bertujuan untuk mengevaluasi jenis asersi manajemen yang diuji dalam prosedur audit penyusunan lead schedule aset tetap dan vouching KAP WRT atas pembelian peralatan medis PT RSE untuk periode yang berakhir pada 31 Desember 2021. Selain itu, laporan ini mengevaluasi jenis prosedur pengumpulan bukti audit yang dilaksanakan KAP WRT berdasarkan Standar Audit (SA) 500 mengenai Bukti Audit. Evaluasi dilakukan dengan membandingkan prosedur yang dijalankan dengan teori dalam buku teks dan standar audit. Berdasarkan hasil evaluasi, prosedur penyusunan lead schedule aset tetap dan vouching atas pembelian peralatan medis PT RSE telah menguji asersi completeness, occurrence, existence, dan accuracy. Sementara itu, prosedur pengumpulan bukti audit yang dilakukan sesuai dalam SA 500 adalah inspeksi dan permintaan keterangan.

This internship report’s objective is to evaluate the assertions assessed from the audit procedures conducted by WRT Accounting Firm, which are fixed asset lead schedule and vouching of medical equipment addition of PT RSE for the period ending December 31, 2021. This report also evaluates which procedures to obtain audit evidence conducted by WRT Accounting Firm according to International Standard on Auditing (ISA) 500 regarding Audit Evidence. The evaluation is carried out by comparing the procedures performed with the theories from audit textbook and auditing standards. Based on the evaluation, the procedure of fixed asset lead schedule and vouching of medical equipment addition have assessed completeness, occurrence, existence, and accuracy assertion. Meanwhile, the procedures to obtain audit evidence according to ISA 500 are inspection and inquiry."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Rana Evan Febrian
"Laporan magang ini membahas tentang evaluasi prosedur test of details atas akun pendapatan PT PIM yang dilakukan oleh KAP MRE untuk periode interim September 2022. Aktivitas yang dievaluasi adalah vouching atas sampel pendapatan PT PIM dengan dokumen pendukung yang ada untuk memastikan setiap pendapatan yang dicatat oleh PT PIM benar-benar terjadi dan nominal yang tercatat telah sesuai dengan dokumen pendukung tersebut. Tujuan dari evaluasi ini untuk membandingkan penerapan prosedur test of details pada aktivitas vouching yang dilakukan oleh KAP MRE dengan standar dan konsep audit yang berlaku. Evaluasi dilakukan berdasarkan teknik vouching dan ketercapaian aktivitas vouching atas pengujian asersi occurrence dan accuracy. Hasil dari evaluasi tersebut dapat disimpulkan bahwa prosedur yang dilakukan oleh KAP MRE telah sesuai dengan standar audit yang berlaku dan konsep audit yang relevan.

This internship report discusses the evaluation of the test of details procedures on the revenue accounts of PT PIM conducted by KAP MRE for the interim period of September 2022. The activity evaluated was the vouching of a sample of PT PIM's revenue with supporting documents to ensure that every recorded revenue by PT PIM actually occurred and the recorded amount corresponded to the supporting documents. The objective of this evaluation was to compare the application of test of details procedures in the vouching activity conducted by KAP MRE with the applicable audit standards and concepts. The evaluation was based on the vouching technique and the achievement of vouching activities regarding the testing of occurrence and accuracy assertions. The results of the evaluation can be concluded that the procedures performed by KAP MRE were in accordance with the applicable audit standards and relevant audit concepts."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>