Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 144378 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Melda Nesta Febrina
"PT. Takeda Indonesia merupakan salah satu perusahaan farmasi yang berdiri sejak 1971 dan berfokus dalam memproduksi obat-obatan. Pada tahap penyimpanan salah satu produk di industri tersebut, diperlukan tambahan waktu untuk menurunkan suhu tablet sebelum disimpan dalam bag yang mempengaruhi produktivitas pabrik dalam memenuhi kebutuhan produksi. Hal ini menginisiasi perlunya penggunaan mesin vacuum sealer untuk mengeliminasi tambahan waktu tersebut. Tujuan penulisan ini adalalah untuk memastikan bahwa mesin dapat memberikan performa yang sesuai dengan syarat yang telah ditetapkan. Metode penelitian dilakukan dengan pengamatan dan pengambilan data atas kegiatan kualifikasi kinerja terhadap mesin tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mesin memberikan proforma sesuai dengan yang dipersyaratkan.

PT. Takeda Indonesia is a pharmaceutical company that was founded in 1971 and focuses on producing medicines. At the storage stage of one of the products in this industry, additional time is needed to reduce the temperature of the tablets before they are stored in bags, which affects factory productivity in meeting production needs. This initiates the need to use a vacuum sealer machine to eliminate this additional time. The purpose of this writing is to ensure that the machine can provide performance in accordance with the specified requirements. The research method was carried out by observing and collecting data on the performance qualification activities. The research results show that the machine provides the proforma as required."
Depok: Fakultas Farmasi Universitas ndonesia, 2022
PR-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Dinda Kurnia Azzahra
"Industri farmasi merupakan salah satu fasilitas produksi sediaan farmasi dimana apoteker dapat melaksanakan pekerjaan kefarmasian. Salah satu kegiatan yang dilakukan di industri farmasi untuk memastikan bahwa sistem atau peralatan yang digunakan bekerja sesuai dengan spesifikasi yang telah ditetapkan adalah Kualifikasi Kinerja. Kualifikasi Kinerja adalah verifikasi terdokumentasi bahwa peralatan dan sistem penunjang yang terhubung secara bersama, dapat bekerja secara efektif dan reprodusibel berdasarkan metode proses dan spesifikasi yang disetujui. Salah satu peralatan yang dilakukan kualifikasi kinerja di PT. Harsen Laboratories adalah autoclave. Kualifikasi kinerja terhadap autoclave dilakukan untuk membuktikan bahwa autoclave dapat bekerja dengan baik sesuai dengan parameter yang ditentukan.Metode yang digunakan untuk melakukan kualifikasi kinerja yaitu secara eksperimental yang mengacu pada parameter pengujian kualifikasi kinerja autoclave, yaitu uji kebocoran, kalibrasi prerun dan postrun, uji distribusi dan penetrasi panas dalam keadaan kosong dan bermuatan, serta uji lethality dan indikator biologi (spore strips). Berdasarkan hasil yang diperoleh, pada uji kebocoran autoclave tidak terdapatkebocoran dengan penurunan tekanan rata-rata 0 KPa/menit, pada uji kalibrasi prerun danpostrun dinyatakan baik dan valid dengan rata-rata deviasi tidak melebihi 0,5 oC, pada ujidistribusi panas dalam keadaan kosong dan bermuatan memenuhi kriteria keberterimaan dengan hasil selisih suhu pembacaan thermocouple tidak lebih dari 5°C, pada uji lethality menunjukkan autoclave dapat menghancurkan jasad bakteri dengan hasil accumulative lethality (F0) lebih besar dari 12, dan pada uji indikator biologi (spore strips) menunjukkan hasil negatif dan dengan hasil positif pada kontrolpositif. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil Kualifikasi Kinerja terhadap Autoclave D-06 di Fasilitas Injeksi Hormon sudah memenuhi syarat yang ditetapkan.

The pharmaceutical industry is one of the pharmaceutical dosage form production facilities where pharmacists can carry out pharmaceutical work. One of the activities carried out in the pharmaceutical industry to ensure that the system or equipment used works in accordance with predetermined specifications is Performance Qualification. Performance Qualification is the documented verification that supporting equipment and systems connected together, can work effectively and reproducibly based on approved process methods and specifications. One of the equipment carried out performance qualification at PT. Harsen Laboratories is an autoclave. Performance qualification of the autoclave is carried out to prove that the autoclave can work properly to the specified parameters. The method used to perform performance qualification is experimentally which refers to the parameters of autoclave performance qualification testing, namely leakage test, prerun and postrun calibrations, heat distribution and penetration tests in empty and charged states, as well as lethality tests and biological indicators (spore strips). Based on the results obtained, in the autoclave leak test there is no leakage with an average pressure drop of 0 KPa/minute, on prerun and postrun calibration test it is declared good and valid with an average deviation not exceeding 0,5 oC, on heat distribution test in an empty and charged state it meets the acceptance criteria with the results of a temperature difference in thermocouple readings of no more than 5 oC, on lethality test showed that the autoclave can destroy bacterial bodies with accumulative lethality (F0) results greater that 12, and the biological indicator test (spore strips) showed negative results and with positive results in positive controls. So it can be concluded that the results of autoclave D-06 performance qualification at the hormone injection facility is specified to the requirements."
Depok: 2022
PR-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Risa Rahmayati
"Beragam aktivitas yang menggunakan mikroba pada laboratorium mikrobiologi industri farmasi dapat memunculkan risiko terjadinya kontaminasi mikroba terhadap operator atau lingkungan sekitar. Salah satu upaya untuk pencegahan terjadinya kontaminasi dan kontaminasi silang adalah dengan menerapkan sistem tata udara yang baik, yang dapat memberikan perlindungan kepada operator serta menciptakan kondisi kerja yang nyaman. Sistem tata udara atau sistem HVAC (Heating, Ventilation, Air Conditioning) yang baik perlu dilakukan kualifikasi agar memastikan sistem tata udara tetap memenuhi persyaratan untuk dilakukan aktivitas pada area atau ruangan tersebut (BPOM, 2018; World Health Organization, 2011). Salah satu kualifikasi yang dilakukan adalah Kualifikasi Kinerja atau Performance Qualification. Kualifikasi kinerja merupakan verifikasi terdokumentasi bahwa suatu sistem, fasilitas, atau peralatan yang terpasang dan difungsikan dapat bekerja secara efektif serta memberikan hasil yang dapat terulang berdasarkan metode dan spesifikasi yang telah disetujui (BPOM, 2018). Pada laporan tugas khusus ini, dilakukan dokumentasi kualifikasi kinerja sistem tata udara pada Laboratorium Mikrobiologi di PT Sydna Farma dan dilakukan analisis terhadap data-data yang didapatkan. Data yang didapatkan adalah data pemantauan jumlah partikel menggunakan particle counter; data pemantauan jumlah bakteri menggunakan metode Sedimentation Plate, RODAC Plate, dan MAS; data pemantauan aliran udara (air flow) dan pertukaran udara (air changes); serta data pemantauan suhu, kelembaban, dan tekanan dalam ruangan di area laboratorium mikrobiologi. Berdasarkan data dan analisis yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa kualifikasi kinerja sistem tata udara pada Laboratorium Mikrobiologi di PT Sydna Farma telah memenuhi spesifikasi yang ditetapkan berdasarkan CPOB tahun 2018.

Various activities that use microbes in the microbiology laboratory of the pharmaceutical industry can pose a risk of microbial contamination to the operator or the surrounding environment. One of the method to prevent contamination and cross-contamination is to implement a good air conditioning system, which can provide protection to operators and create comfortable working conditions. A good air conditioning system or HVAC (Heating, Ventilation, Air Conditioning) system needs to be qualified to ensure that the air conditioning system still meets the requirements for activities in the area or room (BPOM, 2018; World Health Organization, 2011). One of the qualifications carried out is Performance Qualification. Performance qualification is a documented verification that a system, facility, or equipment installed and functioned can work effectively and provide repeatable results based on approved methods and specifications (BPOM, 2018). In this task report, documentation of air conditioning system performance qualifications was carried out at the Microbiology Laboratory at PT Sydna Farma and analysis was carried out on the data obtained. The data obtained are particle count monitoring data using particle counter; bacteria count monitoring data using Sedimentation Plate, RODAC Plate, and MAS methods; air flow and air changes monitoring data; as well as indoor temperature, humidity, and pressure monitoring data in the microbiology laboratory area. Based on the data and analysis conducted, it can be concluded that the performance qualification of the air conditioning system at the Microbiology Laboratory at PT Sydna Farma has met the specifications set based on CPOB in 2018."
Depok: Fakultas Farmasi Universitas ndonesia, 2022
PR-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Nur Fitria
"Profesi apoteker memiliki peran penting dalam industri farmasi, rumah sakit, pelayanan, dan pemerintahan. Seorang calon Apoteker harus melakukan Praktik Kerja Profesi Apoteker agar mendapatkan bekall dan pengalaman yang diperlukan untuk menjadi Apoteker yang professional dalam memasuki dunia pekerjaan. Praktik Kerja Profesi Apoteker dilaksanakan di PT. Takeda Indonesia periode Bulan Januari – Maret 2022 dan Apotek Kimia Farma Galaxy Periode Maret 2022. Dengan dilaksanakannya Praktik Kerja Profesi Apoteker, calon Apoteker diharapkanmendapatkan pengalaman dan gambaran mengenai pekerjaan yang dilakukan oleh Apoteker di dunia kerja, khususnya di bidang industri farmasi dan apotek.

The pharmacist profession has an important role in the pharmaceutical industry, hospitals, services, and government. A pharmacist candidate must carry out the Pharmacist Professional Practice in order to gain skills and experiences that needed to become a professional pharmacist in entering the world of work. This time, Pharmacist Professional Practices are carried out at PT. Takeda Indonesia for the period January – March 2022 and Kimia Farma Galaxy Pharmacy for the period March 2022. By implementing the Pharmacist Professional Practice, A pharmacist candidate is expected to gain experience and an overview of the work carried out by Pharmacists in the world of work, especially in the pharmaceutical and pharmacy industry."
Depok: Fakultas Farmasi Universitas Indonesia, 2022
PR-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Ibnu Fathur Rifqy
"Profesi apoteker mempunyai peran penting dalam pekerjaan kefarmasian. Salah satu hal penting yang harus dilakukan untuk menjadi seorang apoteker profesional adalah berpartisipasi langsung dalam melakukan praktik kefarmasian. Maka dari itu, calon apoteker dituntut untuk menjalani prktik profesi sebagai bekal dan pengalaman untuk memahami peran apoteker dan meningkatkan kompetensi sebelum memasuki dunia kerja. Praktik Kerja Profesi Apoteker dilaksanakan di PT Takeda Indonesia periode Januari – Maret 2022 dan Apotek Roxy Poltangan periode Mei 2022. Melalui proses PKPA di industri farmasi, pedagang besar farmasi, dan apotek tersebut, calon apoteker diharapkan mampu memperoleh wawasan, pengetahuan, keterampilan, dan pengalaman yang sesuai untuk melakukan pekerjaan kefarmasian.

Pharmacists have important role in pharmacy practice. One of important things that must be done to become a professional pharmacist is participate directly in the practice of pharmacy. Therefore, prospective pharmacists are required to undergo professional practice as a provision and experience to understand the role of pharmacists and increase competence before entering the world of work. The Professional Practice of Pharmacist is held at PT Takeda Indonesia for the period January – March 2022 and Apotek Roxy Poltangan for the May 2022 period. Through the activities in the pharmaceutical industry, distributor, and pharmacy, prospective pharmacists are expected to be able to obtain appropriate insight, knowledge, skills, and experience to perform pharmaceutical practice. "
Depok: Fakultas Farmasi Universitas Indonesia, 2022
PR-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Adristi Arum Nabilah
"PT. Takeda Indonesia adalah salah satu perusahaan milik asing yang bergerak dalam bidang farmasi. Peraturan BPOM No. 17 Tahun 2019 tentang Persyaratan Mutu Suplemen Kesehatan membuat PT. Takeda Indonesia mengubah formulasi dari produk utamanya, yakni Vitacimin. Pada saat dilakukan validasi terhadap reformulasi tablet ditemukan adanya perubahan warna pada granul dan terjadinya melting dan mottling pada tablet. Hasil investigasi menemukan adanya kekurangan indikator proses pengeringan pada mesin fluid bed dryer sehingga ditambahkan sensor relative humidity, sensor air flow, dan sensor temperatur produk pada mesin agar granul dapat dihasilkan secara konsisten. Analisa perlu dilakukan untuk melihat pengaruh antara parameter proses pengeringan dengan granul yang telah dikeringkan oleh fluid bed dryer. Granul yang telah dikeringkan pada saat validasi proses dilakukan pengukuran LOD (Loss on Drying), PSD (Particle Size Distribution), dan Bulk & Tap Density. Ditemukan bahwa penambahan sensor pada mesin fluid bed dryer dapat memungkinkan operator untuk memantau perubahan kelembaban, laju alir udara, dan suhu pada dalam mesin fluid bed dryer. Granul yang dikeringkan selama validasi proses menunjukkan granul pada sebagian besar batch tidak kering secara merata, ukuran granul paling banyak berukuran ≤ 150 μm, dan granul memiliki laju alir yang baik. Kurang meratanya pengeringan pada granul dikarenakan kelembaban udara yang masuk pada mesin dapat mencapai 81, 8% sehingga perlu adanya pengaturan kelembaban udara yang masukke dalam mesin fluid bed dryer.

PT. Takeda Indonesia is a foreign-owned company engaged in the pharmaceutical sector. BPOM Regulation No. 17 of 2019 concerning Health Supplement Quality Requirements made PT. Takeda Indonesia changed the formulation of its main product, namely Vitacimin. During the validation of the tablet reformulation, it was found that there was a change in the color of the granule and the there is an occurrence of melting and mottling of the tablet. The results of the investigation found a lack of drying process indicators on the fluid bed dryer machine so that relative humidity sensors, airflow sensors, and product temperature sensors were added to the machine so granules could be produced consistently. An analysis needs to be carried out to see the effect between the parameters of the drying process and the granules that have been dried by a fluid bed dryer. Granules that have been dried during the validation process are measured for LOD (Loss on Drying), PSD (Particle Size Distribution), and Bulk & Tap Density. It was found that the addition of sensors to the fluid bed dryer machine can enable the operator to monitor changes in humidity, air flow rate, and temperature in the fluid bed dryer machine. Granules that were dried during process validation showed that the granules in most of the batches were not evenly dried, the most granule sizes were ≤ 150 μm, and the granules had good flow ability. The uneven drying of the granules is due to the humidity of the air entering the machine which can reach 81.8% so it is necessary to regulate the humidity of the air entering the fluid bed dryer machine."
Depok: Fakultas Farmasi Universitas ndonesia, 2022
PR-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Salsabiela Haz Ekaputri
"Pengkajian mutu produk obat merupakan salah satu aspek dari Cara Pembuatan Obat yang Baik (BPOM RI, 2018). Pada laporan ini, penulis melakukan pengolahan data terkait hasil kajian yang dilakukan selama proses produksi tablet X dan pengolahan data yang dipaparkan terfokus pada salah satu aspek parameter kritis yaitu, bobot minimum obat 100 tablet. Kajian diawali dengan melakukan input follow up action dari laporan Product Quality Review (PQR) tahun fiskal sebelumnya, input ringkasan bets yang diproduksi dan data yang dibutuhkan untuk penyusunan laporan PQR (hasil uji in process control, parameter kritis, hasil perhitungan rekonsiliasi, dan hasil pengujian Quality Control), input dokumen penunjang berupa penilaian risiko, mengkaji data pemastian mutu, input laporan validasi dan kualifikasi, daftar pemasok, pengendalian perubahan, laporan hasil uji stabilitas, laporan hasil uji sampel pertinggal, investigasi komplain pemasok, dan lain-lain. Pengolahan data dalam bentuk trend dilakukan untuk melihat proses yang dilakukan. Saat melakukan penarikan kesimpulan, metode yang digunakan adalah control chart dan nilai kapabilitas (CpK). Berdasarkan tren, pada proses bobot minimum obat 100 tablet, seluruh titik masuk dalam chart control atau tidak ada satu titik yang melewati Upper Control Limit atau Lower Control Limit. Berdasarkan nilai kapabilitas, proses yang dilakukan stabil dan dalam keadaan kontrol statistik karena nilai Cpk lebih dari 1.5, yaitu 5.68. Penggunaan nilai kapabilitas ditambahkan untuk memperkuat penarikan kesimpulan dan mengetahui kestabilan selama proses.

Assessment of the quality of products is one aspect of Good Manufacturing Practices (BPOM RI, 2018). One aspect of Good Manufacturing Practices is assessing the quality of medicinal products. In this report, the authors perform data processing related to tablet X's production process. The processing of the data presented focuses on one aspect of the critical parameter, namely, the minimum weight of the drug is 100 tablets. The study begins by inputting follow-up actions from the Product Quality Review (PQR) from the previous fiscal year, inputting a summary of the batch produced and the data needed for the preparation of the PQR report (in process control test results, critical parameters, reconciliation calculation results, and test results of Quality Control), input of supporting documents in the form of risk assessment, reviewing quality assurance data, input of validation and qualification reports, list of the supplier, stability test results reports, test results reports residual samples and investigation of complaints, etc. Data processing in the form of trends is carried out to see the process carried out. The methods to conclude the processes are the control chart and capability value (CpK). Based on the trend, in the process of weighing the minimum drug 100 tablets, all points are within the control chart or there is not one point that passes the Upper Control Limit or Lower Control Limit. Based on the capability value, the process carried out is stable and in a state of statistical control because the Cpk value is more than 1.5, which is 5.68. The use of the capability value is added to strengthen the conclusion and determine the stability during the process."
Depok: Fakultas Farmasi Universitas Indonesia, 2021
PR-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Fionna Christie Emmanuela
"Berdasarkan Peraturan Badan Pengawas Obat dan Makanan Nomor 6 Tahun 2020 tentang Cara Distribusi Obat yang Baik, harus ada seorang apoteker penanggung jawab (APJ) di sebuah Pedagang Besar Farmasi (PBF) yang bertanggung jawab untuk memastikan mutu produk obat di sepanjang jalur distribusi agar sesuai dengan persyaratan dan tujuan penggunaannya. Dalam laporan ini telah dilakukan observasi terhadap peran apoteker di PT. Enseval Putera Megatrading Tbk (EPM) dalam melaksanakan CDOB, khususnya pada pelaksanaan kualifikasi kinerja area penyimpanan suhu terkontrol 2-8°C pada container chiller yang dilakukan dengan melakukan pemetaan suhu, studi buka tutup pintu, dan uji notifikasi alarm. Secara keseluruhan, EPM telah menerapkan CDOB dengan baik, khususnya pada manajemen mutu, bangunan dan peralatan, inspeksi diri, transportasi, dokumentasi, dan ketentuan khusus produk rantai dingin (cold chain product/ CCP). Selain itu, seorang APJ di EPM berperan dalam melakukan pengawasan, pengendalian dan pencatatan terhadap keluar-masuknya produk serta melaksanakan pekerjaan berdasarkan prosedur kerja yang berlaku sesuai standar ISO 9001, CDOB, Quality Manual, GDP, dan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Di sisi lain, kualifikasi kinerja yang telah dilakukan pada container chiller menunjukkan bahwa hasil pemetaan suhu memiliki rata-rata suhu terendah 4,26°C dan rata-rata suhu tertinggi 5,39°C. Kemudian, hasil studi buka tutup pintu menunjukkan dan suhu yang terbaca pada sistem sensor suhu berada pada rentang 2,9 – 4,8°C, dan hasil uji notifikasi alarm menunjukkan bahwa sensor yang terhubung ke sistem keamanan dapat membaca penyimpangan suhu saat mesin dimatikan. Alarm buzzer dan alarm pada pos keamanan dapat menyala, serta sistem dapat mengirimkan pemberitahuan penyimpangan suhu melalui whatsapp ke personel terkait dalam waktu 10 menit. Berdasarkan hal-hal tersebut diatas, dapat disimpulkan bahwa proses kegiatan pengadaan, penyimpanan, dan pendistribusian obat serta peran apoteker yang dilaksanakan di Distribution Center PT. Enseval Putera Megatrading Tbk memenuhi aspek-aspek CDOB. Selain itu, kualifikasi kinerja terhadap container chiller diluluskan, dan container chiller tersebut dapat digunakan untuk menyimpan produk rantai dingin (2-8 °C).

According to Regulation of The Indonesian Food and Drug Authority (BPOM) Number 6 of The Year 2020 about Good Distribution Practices for Drugs, there must be a responsible pharmacist in a Pharmaceutical Distributor who is accountable for ensuring the quality of drug products along the distribution chain to comply with requirements and intended use. This report presents observations on the role of pharmacists at PT. Enseval Putera Megatrading Tbk (EPM) in implementing Good Distribution Practices, particularly in the performance qualification of the controlled temperature storage area of 2-8°C in the chiller room. This was done through temperature mapping, door open-close studies, and alarm notification tests. Overall, EPM has successfully implemented Good Distribution Practices, especially in quality management, infrastructure and equipment, self-inspection, transportation, documentation, and specific requirements for cold chain products (CCP). Additionally, a responsible pharmacist at EPM plays a role in supervising, controlling, and documenting the flow of products, while complying with ISO 9001, Good Distribution Practices, Quality Manual, GDP, and relevant regulations. The performance qualification conducted on the chiller room indicated that the temperature mapping results had an average low temperature of 4.26°C and an average high temperature of 5.39°C. The door open-close study showed that the temperature recorded by the sensor system ranged from 2.9°C to 4.8°C, and the alarm notification test indicated that the security system could detect temperature deviations when the machine was turned off. The alarm buzzer and security alarm were triggered, and the system could send the notifications via WhatsApp to relevant personnel within 10 minutes. Based on the informations, it can be concluded that the storage and distribution processes of the products, as well as the role of pharmacists carried out at the Distribution Center 1 of PT. Enseval Putera Megatrading Tbk are comply with the aspects of Good Distribution Practices. Furthermore, the performance qualification of the chiller container has been approved, and the chiller container can be used to store cold chain products (2-8°C)."
Depok: Fakultas Farmasi Universitas ndonesia, 2022
PR-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Ria Artha Rani
"Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) melalui Peraturan BPOM Nomor 33 Tahun 2018, menyatakan bahwa Industri Farmasi, Pelaku Usaha Obat Tradisional, Pelaku Usaha Sumplemen Kesehatan, Pelaku Usaha Kosmetika, atau Pelaku Usaha Pangan pemilik Izin Edar wajib menerapkan 2D barcode. Fungsi dari pemberian nomor serialisasi atau 2D barcode ini untuk menghindari terjadinya pemalsuan obat selama proses distribusi obat kepada konsumen.Oleh sebab itu, perlu dilakukan pengkajian implementasi serialisasi untuk mengetahui apakah kebijakan yang dilakukan telah sesuai dengan peraturan yang berlaku. Selain itu juga untuk mengetahui kekurangan dan kelebihan dari implementasi serialisasi, serta mendapatkan solusi dari kekurangan tersebut.

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) through BPOM Regulation Number 33 of 2018, states that the Pharmaceutical Industry, Traditional Medicine Business Actors, Health Supplement Business Actors, Cosmetics Business Actors, or Food Business Actors holding Distribution Permits are required to apply 2D barcodes. The function of providing serialization numbers or 2D barcodes is to prevent drug counterfeiting during the drug distribution process to consumers. In addition, it is also to find out the advantages and disadvantages of implementing serialization, and getting solutions to these deficiencies."
Depok: Fakultas Farmasi Universitas Indonesia, 2022
PR-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Nabila Alhaura
"Salah satu peran seorang apoteker adalah sebagai life-long learner, sehingga penting bagi seorang apoteker untuk terus meningkatkan pemahaman dan kompetensinya di dunia farmasi. Bagi seorang calon apoteker, satu cara untuk meningkatkan hal tersebut adalah dengan melakukan Praktek Kerja Profesi Apoteker (PKPA). Bidang yang dipraktikkan oleh calon apoteker Universitas Indonesia pada saat PKPA di antaranya adalah apotek serta industri (Pabrik dan/atau Distributor) atau klinis (RS atau Puskesmas). Pada Laporan PKPA ini dapat dipelajari dan juga diterapkan terkait konsep Good Manufacturing Practice (GMP), terutama mengenai validasi pembersihan sebagai tugas khusus PKPA di Industri (PT Takeda Indonesia), yang dilaksanakan selama 3 bulan, dari Januari – Maret 2021. Selain itu juga, dapat dipelajari dan juga diterapkan terkait pelayanan farmasi seperti pengkajian resep, menyiapkan obat, pelayanan informasi obat (PIO), konseling dan bahkan cara membuat rancangan kerjasama untuk pengobatan rujuk balik (PRB) sebagai tugas khusus PKPA di Apotek (Apotek Atrika), yang dilaksanakan selama 1 bulan, dari Maret – April 2021. PKPA ini dilakukan dengan harapan calon apoteker mampu mengemban tanggung jawab dalam melaksanakan tugasnya di bidang apapun yang akan ditempuh olehnya nanti, baik itu merupakan bidung apotek, bidang industri ataupun bidang klinis.

One of a pharmacist’s roles is being a life-long learner, so it is important to continuously upgrade their knowledge and competency within the field. For an upcoming pharmacist, one of the ways to upgrade them is by doing Pharmacist Field Practice (PKPA). The sector that will be practiced by the upcoming pharmacist of Universitas Indonesia during PKPA are either from practice in pharmacy, industrial (Manufacturer and/or Distributor) or clinical (Hospital or Puskesmas). In this report, we can learn and implement concepts of Good Manufacturing Practice (GMP), especially regarding cleaning validation as the specific task in the industrial PKPA (PT Takeda Indonesia), implemented for 3 months, from January – March 2021. Aside from that, we can also learn and implement concepts of pharmaceutical services such as recipe screening, drug preparation, drug information service (PIO), counselling, and how to plan a referral treatment as the specific task for the PKPA in pharmacy (Apotek Atrika) implemented for 1 month, from March – April 2021. The field practice is conducted in hopes that upcoming pharmacists will be able to uphold their responsibilities and tasks in any sector, be it pharmacy, industrial or even clinical."
Depok: Fakultas Farmasi Universitas Indonesia, 2021
PR-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>